promo enfa

Saturday, August 1, 2020

Review K-Movie: Alive, Mencekam Sejak Menit Pertama



Annyeong, Chinggudeul! Meirida kembali dengan review film Korea. Kali ini aku mau mereview film Alive, salah satu film Korea terbaru di tahun 2020 ini. Sssst, review ini mengandung spoiler, lho. Jadi bagi kamu yang ga suka spoiler jangan baca sampai akhir, ya. Tapi kalau pengen tau review unik ala Meirida yang udah nonton, monggooo ... dilanjutkan bacanya, ya. 
Yuuuuk.

Filmography

Judul: Alive
Judul lain: Salaidda
Sutradara: Jo Il-Hyeong
Penulis: Matt Naylor, Jo Il-Hyeong
Rilis: 24 Juni 2020
Sinematografer: Won-ho Son
Produksi: ZIP Cinema Perspective Pictures
Distributor: Lotte Entertainment
Negara: Korea Selatan
Bahasa: Korea Korea
Durasi: 98 menit
Pemeran:
- Yoo Ah-in sebagai Joon-woo
- Park Shin-hye sebagai Yoo-bin
- Lee Hyun-wook
- Lee Chae-kyung

Review Film Korea Alive


Film ini menceritakan tentang wabah penyakit misterius yang tiba-tiba melanda Korea Selatan.

Wabah ini begitu ganas, menyebabkan mereka yang terinfeksi tidak hanya menyerang dan menularkan ke orang lain, tetapi juga menyebabkan perilaku kanibalisme yang sangat mengerikan.

Penyakit ini menyebar dengan sangat cepat ke seluruh Seoul. Dalam hitungan jam jumlah orang yang terinfeksi semakin banyak dan tidak terkendali. Akibatnya kepanikan yang diiringi suara jeritan terdengar di mana-mana.

Kota Seoul pun menjadi lumpuh. Para penyintas terjebak di dalam apartemen mereka tanpa akses komunikasi, bahkan fasilitas air bersih.

Joon-Woo (Yoo Ah-In) dan Yoo-Bin (Park Shin-Hye) adalah beberapa penyintas yang berjuang untuk bertahan hidup di kompleks apartemen yang terisolasi dari mereka yang terinfeksi virus.

Joon-Woo adalah seorang pemuda masa kini dengan karakter yang cukup percaya diri. Di tengah-tengah kondisi yang mencekam itu, dia masih bisa berpikir cerdas untuk menyelamatkan diri. 

Namun setelah beberapa hari berlalu, ketika semua upaya untuk menyelamatkan diri telah ia lakukan, ketika persediaan makanan telah habis, rasa putus asa mulai menghinggapinya. Dari pada mati di makan para mayat hidup, Joo Woo berniat untuk mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

Namun dewi fortuna masih bersamanya, beberapa detik setelah lehernya dijerat tali, sebuah sinar laser mengenai wajahnya. Ternyata cahaya laser itu berasal dari Yoo Bin yang apartemennya berada di seberang apartemen Joon Woo. Saat itulah Joon Woo menyadari bahwa dirinya tidak berjuang sendiri. 

Untuk ukuran seorang gadis yang sedang berada dalam kondisi berbahaya, Yoo Bin ini sangat berani. Dengan pengendalian diri yang luar biasa,  ia merencanakan kelangsungan hidupnya.

Meskipun kepribadian dan gaya hidup mereka berbeda, Joon Woo dan Yoo Bin memiliki misi yang sama yaitu bertahan hidup selama mungkin hingga tim penyelamat datang.  

Film ini akan menggambarkan perjuangan menegangkan mereka untuk bertahan hidup serta chemistry kocak yang diciptakan oleh kepribadian mereka yang berbeda.

Adegan-adegan yang Tidak Terlupakan dalam Film Korea Alive


😲 Salah satu adegan terepik di awal-awal pemutaran film ini adalah ketika seorang ibu dan anak yang berusaha saling menemukan di tengah-tengah kerumunan orang yang melarikan diri. 

Mereka bertemu, kemudian saling berpelukan dengan lega. Namun suasana haru itu berubah menjadi adegan mencekam yang sangat mengerikan ketika si anak tiba-tiba menyerang ibunya dengan brutal, kemudian memangsa ibunya hidup-hidup. 

😲 Dalam upaya untuk bertahan hidup, Joon Woo memberanikan diri keluar dari apartemennya. Memeriksa mayat-mayat yang bergelimpangan demi menemukan kunci apartemen mereka. Setelah dapat, dia pun masuk ke apartemen mereka untuk mendapatkan bahan-bahan makanan. Tetapiii, apartemen mereka ternyata tidak kosoooong. Hiiiiyyy...Syereeeem.

😲 Ketika Yoo Bin sedang sibuk berkomunikasi dengan Joon Woo, ternyata diam-diam sesosok zombie  berhasil menyelinap masuk. Namun karena matanya buta, dia terjebak dalam perangkap yang dibuat Yoo Bin. Dalam satu kali tebasan, Yoo Bin berhasil melumpuhkan zombie itu. Pengen tau alat yang ia gunakan? Tonton aja, ya. Kamu pasti kaget kalo aku katakan.

😲 Aksi Yoo Bin ketika melarikan diri dari apartemennya. Aku suka banget dengan akting Park Shin Hye di film ini. Dari gerakannya tergambar dengan jelas karakternya yang berani, lincah, cekatan, dan cerdas. 

Hal-hal yang Mengecewakan dari Film Korea Alive


Nothing is perfect, yes? 
Makanya aku maklum bangetlah kalo film ini juga ga sempurna. Tapi, meski begitu aku tetep tulisin nih apa-apa aja hal yang mengecewakan dari film Alive ini.

☹️ Asal sebab dari virus ini terjadi kurang digambarkan dengan jelas. Apakah dari laboratorium yang bocor, apakah dari hewan, atau makhluk dedemit lainnya. Jadi sebagai penonton aku dipaksa untuk puas dengan sebuah tanda tanya besar yang menggelayut di kepala namun tidak mendapatkan sedikitpun jawaban hingga film usai. 

☹️ Karakter Yoo Bin terlalu lama dimunculkan. Kurang lebih di menit ke 36, barulah Yoo Bin muncul, jadinya aku merasa kurang puas melihat akting Park Shin Hye di film ini. Padahal karakter Yoo Bin ini bagus banget, lho. Huhuhu.

☹️ Ada satu adegan pertarungan yang sangat mendebarkan ketika Yoo Bin duel satu lawan satu tanpa satupun alat bantu dengan zombie di dalam kamar yang tertutup. Sayangnya, adegan pertarungan tidak diperlihatkan dengan jelas, sehingga rasanya kurang masuk akal kalau Yoo Bin bisa selamat tanpa satu gigitan pun di tubuhnya. Minimalnya perlihatkanlah beberapa sisi pakaian yang koyak, misalnya di lengan, punggung, atau pundak. Apalagi zombie ini kuat banget, kan?

Nah, itu dia review film Korea Alive ala Meirida. 

Berapa rate yang kamu kasih untuk film ini, Mer?

Dalam skala 5, aku kasih 3, deh. Seandainya 3 hal yang mengecewakan itu gak ada, aku pasti kasih nilai 4. 

So, kamu udah nonton film ini belum, gaiiis?






No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.