Follow Us @soratemplates

Sunday, February 10, 2019

Resolusi Bisnis Blog di Tahun 2019





Tahun 2013 adalah awal mula blog ini aku buat. Waktu itu isinya murni cuma curhat ga jelas. Sesekali cerpen, beberapa artikel lomba, sisanya hanya curahan hati belaka. Kemudian setelah bergabung di beberapa komunitas blogger di tahun 2014, baru deh aku paham, ternyata blog bisa menghasilkan uang juga. Sejak itulah blog ini mulai aku isi dengan hal-hal yang lebih berfaedah. Dari domain gratisan akupun beralih ke domain berbayar.

Memang benar, ternyata tidak butuh waktu yang lama, blogku mulai mendapat tawaran untuk penempatan artikel berbayar. Hasilnya mulai dari ratusan ribu per tahun, alhamdulillah di tahun 2018 yang lalu blogku ini sudah bisa menghasilkan rupiah rata-rata 2 juta perbulan. Tentu saja hal ini tidak termasuk free product, ya.

Kalau dibandingkan dengan kerja di kantoran, hasil segitu emang ga da apa-apanya, sih. Tapi aku sangat bersyukur karena penghasilan itu aku dapat hanya dengan berkerja di rumah, tanpa harus meninggalkan anak-anak dan suami. Jadi kewajiban sebagai ibu rumah tangga tetap bisa dijalankan sebagaimana mestinya.

Tapi, hidup itu adalah sebuah dinamika ya, gais. Rasanya akan sangat membosankan jika rutinitas yang dilakukan hanya itu-itu saja. Makanya aku memiliki impian untuk mengembangkan bisnis di tahun 2019 ini. Jika memungkinkan, gak hanya sebatas jadi blogger aja.

Untungnya kita hidup di era digital yang sangat diuntungkan dengan kemajuan teknologi sehingga  komunikasi bisa terjalin dengan begitu mudah, tanpa terhalang ruang dan waktu. Tidak terkecuali bagi usaha yang sedang aku rintis ini.

Pada suatu hari yang cerah di awal tahun 2019, qadarullah aku menerima email dari seseorang dari luar negeri. Singkat cerita dia ingin menjalin kerjasama denganku di dunia maya. Awalnya kaget juga, kenapa dia bisa memilihku dari sekian banyak blogger Indonesia di jagat maya ini. Jawabannya ternyata sangat simple, lho. Katanya, aku adalah blogger yang ga 'perhitungan' dengan backlink, dan dia simpulkan bahwa itu berarti aku adalah orang yang mudah diajak berkerjasama.

Jadi, ceritanya berawal dari beberapa bulan sebelumnya aku menerima job backlink placement. Seperti biasa aku tulis artikelnya, kemudian menempatkan backlink sesuai anchor text yang diminta. Yang mereka katakan 'ga perhitungan' itu ternyata adalah link do-follow yang aku berikan. Padahal mereka ga meminta khusus untuk do-follow, tetapi aku mau memberikan do-follow. Jadi mereka sangat berterimakasih untuk itu.

Di sinilah awal ide resolusi bisnisku muncul di tahun 2019. Dari blogger biasa, aku mulai mencoba menjadi koordinator job untuk blogger di Indonesia.

Sebagai koordinator aku bertanggung jawab dalam merekrut rekan blogger, menghubungi blogger terpilih via email, memberikan rules serta mentrasfer fee. Besaran fee dan pemilihan blogger tentu saja dilakukan oleh pihak klien. Tetapi, sebagai koordinator aku berhak memberikan rekomendasi blogger mana yang sekiranya layak untuk diberikan job.

Berkerja sebagai blogger semata dibandingkan menjadi koordinator job blogger memang memberikan perbedaan yang sangat signifikan dalam hal penghasilan. Yang dulunya aku dapatkan rata-rata 2 juta perbulan, sejak jadi koordinator job ini aku bisa mendapatkan 1 juta lebih dalam satu event. Dan itu berarti bisa 2-3 kali lipatnya dalam sebulan. Alhamdulillah.

Ada keuntungan, tentu saja ada resiko yang harus aku hadapi seperti rekan blogger yang menolak tema, fee yang dirasa kurang memuaskan, hingga rekan blogger yang melanggar rules. Namun sejauh ini semua itu bisa diatasi dengan komunikasi yang baik.

Semoga Allah ridhoi resolusi bisnis yang aku lakukan ini dengan selalu memberi kelancaran dalam setiap transaksinya. Aamiin. Mohon doanya ya, gais.

Nah, gais. Kamu punya resolusi bisnis apa nih di tahun 2019? Ayo, jangan ragu-ragu karena membangun usaha lebih mudah di era digital ini. Asal ada kemauan aku yakin pasti ada jalannya.

Oh ya, teman-teman mau dapet job juga gak dariku? Agar update terus, jangan lupa follow akun sosmedku, ya. Yang pengen blognya dimasukin ke list juga boleh colek aku, kok. Ga usah takut ya gais, aku ga gigit kok. Hehehe.

Mohon doanya, ya.
Sampai jumpaaa.

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.