Thursday, April 19, 2018





Yuhuuuu! Bahasan kali ini masih tentang Sumatera Barat. Wah, provinsi yang satu ini memang tidak akan ada habisnya untuk dibincangkan. Kalau sebelumnya aku membahas tentang objek wisatanya, nah ... kali ini kita akan membahas tentang kulinernya nih, gais.


Yup, apa artinya traveling kalau tidak sekalian kulineran. Betul apa betul ?

Karena di artikel sebelumnya aku menulis tentang keindahan pulau-pulau perawan di Sumatera Barat, maka kuliner yang aku bahas pun tidak jauh dari pulau-pulau tersebut. 

Apa saja sih kuliner yang bisa dinikmati saat traveling ke pulau-pulau perawan itu ?

1.      Sate Lokan 

Kuliner yang satu ini memang sayang untuk dilewatkan, terutama untuk Anda yang pencinta masakan seafood. Lokan atau kerang jelas bukan hal baru bagi pencinta kuliner, karena sudah biasa diolah ke dalam berbagai bentuk menu masakan. 

Tetapi Sate Lokan ? 

Hmm ... untuk aku pribadi masih sangat asing nih, gais. Apalagi jenis kerang yang digunakan adalah jenis kerang hijau bercangkang hitam yang ukurannya lebih besar, sehingga dagingnya lebih empuk dan tebal.




Proses pembuatannya pun tergolong unik. Pertama-tama daging lokan direbus dengan berbagai bumbu rempah, setelah matang daging lokan diangkat kemudian ditusuk dengan lidi. Nah, air kaldu sisa rebusan lokan tadi ternyata tidak dibuang, justru dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat kuah sate. Wah, jadi terbayang deh aromanya yang menggoda.
Mumpung lagi berada di Padang, bisa banget menikmati Sate Lokan ini dengan sepuasnya. Kita tinggal melangkahkan kaki menuju Sate Lokan Pik Lapuik yang beralamat di Jl. Lubuk Minturun No. 24. 

Atau jika ingin yang lebih eksotis lagi, bisa banget menikmati Sate Lokan ini langsung di daerah asalnya yaitu di Pesisir Selatan tepatnya Sate Makmur yang berada di Jl. Raya Amping Parak, Sutera, Pesisir Selatan. Untuk urusan harga juga masih sangat terjangkau. Cukup membayar Rp10.000 kita sudah bisa menikmati seporsi Sate Lokan.

Ssst, konon katanya nih, kerang atau lokan ini kaya dengan protein dan asam amino. Jadi cocok banget dikonsumsi oleh pasangan yang lagi honeymoon.


2.      Soto Paru

Bosan dengan seafood ? Bagi sebagian wisatawan, menikmati hidangan laut merupakan hal yang membosankan saat berkunjung ke daerah Pesisir Selatan. Don’t worry be happy, gais. Karena di sini masih ada kok menu lezat lainnya yang non seafood yaitu Soto Paru. 




Soto Paru ini merupakan menu utama dari Kedai Buk En yang terletak  Pasar Salido yang sangat dekat dari Pantai Carocok Painan. For your information aja nih, gais. Pantai Carocok ini adalah salah satu pintu akses utama untuk menuju ke pulau-pulau perawan tadi. Jadi pas banget deh.

Untuk harga pun sangat ramah dengan kantong. Hanya dengan Rp16.000 saja Anda sudah bisa menikmati seporsi Soto Paru. Soto racikan Buk En ini sedikit berbeda dengan Soto Padang yang sudah lebih dulu dikenal khalayak ramai karena selain menambahkan kerupuk kulit yang dipotong dadu, kuahnya juga lebih kaya dengan bumbu rempah sehingga terasa lebih segar saat diseruput.


3.      Pinukuik Enggi

Makanan yang pedas sudah, yang berkuah segar juga sudah. Sekarang saatnya menikmati makanan yang manis dan gurih yaitu Pinukuik Enggi, di Batang Kapeh. 

Di kota-kota besar Anda mengenal pancake? Nah, Pinukuik ini sebutan dalam bahasa Minang Kabau. Pinukuik adalah salah satu jenis makanan ringan yang berbentuk lingkaran agak sedikit pipih dengan warna putih kecoklatan. Terbuat dari beras, air dan beberapa bumbu lainnya. Kuliner satu ini sangat cocok dimakan saat sarapan pagi ditemani segelas teh hangat. 



Tempat pembuatan pinukuik ini berada di daerah Batang Kapas, kurang lebih 30 km dari Kota Painan. Untuk urusan harga lagi-lagi sangatlah terjangkau, hanya Rp1000 perbuahnya. Cocok banget dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.




Nah, itu dia 3 kuliner di daerah Pesisir Selatan yang sudah sangat mendunia. Rasanya memanjakan lidah, tapi harganya tidak sampai merampok kantong. Tunggu apa lagi, gais. Yuk, buat agenda untuk traveling ke Sumatera Barat. Manjakan mata dan lidah dalam satu kali jalan. 

❆❆❆❆❆
Tulisan ini diikutsertakan dalam Collaborative Blog KEB (Kumpulan Emak Blogger), sebagai tanggapan atas trigger post yang ditulis oleh Rina Susanti dengan judul Kuliner Indonesia yang Enak dan Mudah Dibuat.

4 komentar

Berarti Pinukuik ini adalah adaptasi dari Pancake ya...
Jadi jajanan pasar yang harganya murah banget, rasanya pun pasti enak.

REPLY

Yang belum pernah kucoba sate lokan :)
Jadi mupeng lihat makanan-makanannya.

REPLY

Waaah dari semua menu yang ada, aku belum pernah coba semua, hahahahaha

REPLY

Wah, next time ke Sumatera Barat harus sempetin makan kuliner ini nih. Mau banget nyobain sate lokannya

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

Meirida Blog - Review dan Lifestyle . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id