Saturday, September 4, 2021

7 Cara Mudah Merawat Rambut Agar Sehat


Rambut sehat merupakan mahkota yang memperindah penampilan seseorang. Tidak hanya pada wanita, pria pun akan tampak menawan dengan rambut yang tebal dan sehat. 


Selain untuk melindungi kulit kepala dari sinar matahari, rambut juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pemiliknya. Siapa sih yang tidak akan terpukau melihat rambut lebat dan tebal, tidak bercabang, dan bebas ketombe. 


Yup, rambut sehat adalah idaman setiap orang, tidak hanya wanita, pria pun sama. Itu sebabnya, perawatan rambut sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari kebotakan dini. 


Seiring dengan pertambahan usia, volume rambut juga akan semakin berkurang. Ini adalah hal yang normal, karena hormon pertumbuhan semakin berkurang, sehingga rambut yang rontok membutuhkan waktu lama untuk tumbuh kembali, bahkan berhenti tumbuh. 


Makanya jangan heran jika melihat orang tua yang rambutnya semakin tipis, bahkan mengalami kebotakan.


So, bagaimana caranya agar terhindar dari kebotakan dini? 


Rawatlah rambut sebaik mungkin dengan produk-produk yang tepat dan cara yang benar.


7 Cara Mudah Merawat Rambut Agar Sehat dan Tidak Rontok


1. Kenali jenis rambut


Sebelum melakukan perawatan rambut, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali jenis rambut kita, apakah rambut kering, berminyak, atau normal. 


Rambut kering memiliki ciri-ciri, rontok, patah, dan bercabang.


Rambut berminyak ciri-cirinya mudah lepek dan kusam.


2. Sisir rambut dengan cara yang benar


Untuk menghindari kerusakan rambut, maka sisir rambut dengan cara yang benar yaitu dimulai dari ujung rambut. Hal ini bertujuan agar rambut tidak mudah patah dan rontok. 


Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah karena rambut yang basah sangat rapuh dan mudah rontok. 


3. Pilih produk perawatan sesuai jenis rambut


Produk-produk perawatan rambut diproduksi sesuai dengan jenis rambut, jadi pilihlah yang sesuai dengan jenis rambut kita agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.


4. Cuci rambut dengan shampoo secara teratur


Kulit kepala juga mengeluarkan keringat seperti permukaan kulit lainnya pada tubuh. Jadi, harus rutin dicuci minimal dua kali seminggu.


Namun, bagi kamu yang sering melakukan aktivitas fisik, atau banyak beraktivitas di luar ruangan, maka mencuci rambut bisa dilakukan setiap hari. Apalagi jika kamu memiliki jenis rambut berminyak.


Akan tetapi, mencuci rambut setiap hari tidak dianjurkan pada pemilik rambut kering. Penggunaan shampoo yang terlalu sering justru bisa menyebabkan rambut semakin kering dan rontok. 


5. Lembabkan rambut dengan conditioner


Conditioner sama pentingnya dengan shampoo dalam hal perawatan rambut, karena conditioner bermanfaat untuk melembabkan rambut sehingga mudah diatur. 


Gunakan conditioner mulai dari pangkal hingga ujung rambut, tapi pastikan jangan sampai terkena kulit kepala karena bisa menyebabkan ketombe.


6. Gunakan hair tonic


Tidak jauh berbeda dengan kulit, rambut juga membutuhkan nutrisi agar bisa tumbuh dengan sehat. Hair tonic merupakan produk perawatan rambut yang berfungsi untuk menutrisi rambut.


Hair tonic memiliki kandungan zat-zat bermanfaat yaitu vitamin E, vitamin B2, asam laktat, dan bahan-bahan alami lainnya seperti ektrak ginseng, lidah buaya, dan urang-aring. 


Hair tonic bermanfaat dalam menguatkan akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok. 


7. Hindari penggunaan hair dryer


Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer terlalu sering sebenarnya tidak baik bagi kesehatan rambut. Hawa panas yang keluar dari hair dryer bisa menyebabkan rambut kering. Itu sebabnya mengeringkan rambut secara alami lebih dianjurkan. Atau jika ingin lebih praktis bisa gunakan kipas angin. Hal ini pastinya lebih menyehatkan bagi rambut.


So, Sobat Mei semua, itu dia 7 cara merawat rambut agar rambut kita tumbuh sehat, tidak mudah patah dan rontok.


Lakukan secara teratur, ya. Meskipun saat ini sudah banyak obat-obat penyubur rambut, tapi mencegah akan selalu lebih baik dari pada mengobati. Jika rambut kita sudah dirawat dengan rutin menggunakan produk-produk dan cara yang tepat, rambut kita akan tumbuh sehat dan bebas dari masalah.



No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.