Thursday, February 4, 2021

Rahasia Nafas Segar Lebih Lama

Tips nafas segar



Memiliki nafas segar sepanjang hari merupakan salah satu cara meningkatkan rasa percaya diri. Bayangin aja, deh. Kalau nafas kita bau apa iya bisa PD bicara deket-deketan gitu? Syukur-syukur lawan bicara cuma nahan nafas, kalau dia sampe mual kan berabe, ya.

Hahaha.

Itu sebabnya aku tuliskan di awal paragraf di atas, nafas yang segar merupakan salah satu modal dalam pergaulan.

Terkadang aku sebel juga sama diri sendiri yang masih aja suka bandel dalam merawat kesegaran mulut. Akibatnya aku merasa insecure sendiri sama aroma nafas. Wakaka.

Tapi, untuk mendapatkan nafas segar lebih lama itu ternyata ga mudah ya, gais. Dari pengalamanku nih, menyikat gigi aja ga cukup untuk membuat nafas segar sepanjang hari. Butuh tips dan trik khusus agar nafas kita bisa segar dalam waktu yang lama.


Rahasia Nafas Segar Lebih Lama


So, sebelum lanjut ke tips nafas segar sepanjang hari, sebelumnya kita cari tahu dulu yuk apa yang bisa menyebabkan nafas kita menjadi bau.


Penyebab Nafas Bau



1. Dehidrasi

Saat tubuh mengalami dehidrasi, produksi air liur akan berkurang. Akibatnya mulut menjadi kering, dan bakteri pun berkembang biak di sela-sela gigi dan lidah.

Gas sulfur yang dihasilkan oleh bakteri inilah yang menyebabkan nafas menjadi bau.


2. Rokok

Rokok merupakan salah satu penyebab nafas beraroma tidak sedap. Tar pada rokok menempel pada gigi dan gusi, menyebabkam gigi menjadi kuning dan berbau.


3. Asam lambung

Gangguan asam lambung juga bisa menyebabkan aroma nafas tidak sedap.

Asam lambung yang meningkat naik ke tenggorokan, sehingga mulut menjadi asam dan berbau.


4. Menyikat gigi dengan cara yang salah

Menyikat gigi secara teratur adalah salah satu cara menjaga kesegaran mulut. Tapi jika disikat dengan cara yang salah, hasil tetap saja tidak efektif karena kotoran gigi tidak bersih sempurna.


5. Kebersihan lidah yang tidak terjaga

Lidah juga merupakan tempat bersarangnya kuman dan bakteri dalam mulut. Itu sebabnya jika kebersihan lidah tidak terjaga dengan baik maka akibatnya nafas pun berbau tidak sedap.


Nah, itulah 5 penyebab nafas tidak segar yang harus kita ketahui bersama.


Tips Nafas Segar Sepanjang Hari


1. Minum air putih yang cukup

Air putih bisa menghidrasi mulut sehingga produksi air liur berjalan lancar. Air liur ini berfungsi untuk membunuh bakteri yang ada dalam mulut. Rutin mengonsumsi air putih, bisa menghambat pertumbuhan bakteri sehingga nafas pun segar lebih lama.


2. Makan tepat waktu


Di saat perut kosong, produksi air liur akan menurun, bakteri di mulit pun tumbuh subur.

Makanlah tepat waktu agar produksi air liur tidak terganggu, sehingga bakteri di mulut tidak bisa berkembang biak.


3. Sikat gigi dan lidah setiap habis makan


Sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dan lidah merupakan sumber makanan bagi bakteri di mulut. Jika tidak segera dibersihkan, bakteri akan tumbuh subur karena metabolisme mereka lancar.

Sikatlah gigi setiap habis makan dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung anti bakteri. Jangan lupa gosok juga lidah agar bersih.

Untuk mendapatkan kesegaran lebih lama sebaiknya pilih pasta gigi dengan kandungan menthol.

Dari pengalaman aku pribadi nih, aku rekomendasikan kamu untuk mencoba pasta gigi close up biru yang memberikan kesegaran dengan sensasi dingin di mulut.


4. Berhenti merokok

Selain menyebabkan bau mulut, sebenarnya rokok ini kan memang membahayakan kesehatan, ya.

Aku tidak habis pikir deh sama orang-orang yang merokok. Cuma bisa berdoa aja semoga mereka bisa lebih menghargai kesehatan sendiri, dan segera berhenti merokok.


5. Konsumsi makanan sehat, berserat, dan memiliki kadar air yang tinggi


Serat dari makanan bermanfaat untuk membersihkan gigi dan mulut.

Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi. Sisa-sisa lemak dan gula sulit untuk dibersihkan dari gigi dan lidah. Menyebabkan nafas menjadi bau.

So, ayo ubah pola makan kita ya, gais.

Semuanya berawal dari diri kita sendiri kok, ya. Yang penting ada niat, kemauan, usaha yang gigih, dan kedisiplinan diri.

Maka nafas segar sepanjang hari pun akan menjadi milik kita.

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.