promo enfa

Sunday, November 22, 2020

Perlindungan 1000 Hari Pertama Kehidupan dengan Sleek Baby

sleek baby


Perlindungan 1000 Hari Pertama Kehidupan


Seribu hari pertama kehidupan merupakan periode emas pertumbuhan anak. Terhitung sejak masa kehamilan, kurang lebih 280 hari dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Mulai dari pembentukan organ dalam kandungan, hingga pertumbuhan organ hingga berfungsi dengan baik berlangsung pada 1000 hari pertama kehidupan. Itulah sebabnya, 1000 hari pertama kehidupan ini sangat penting dan harus menjadi perhatian utama oleh para orangtua.

Tumbuh kembang anak pada 1000 hari pertama kehidupan ditentukan oleh beberapa faktor yaitu genetik, asupan nutrisi, dan stimulasi dari lingkungan.

Faktor genetik merupakan sebuah kemustahilan untuk dicampuri oleh tangan manusia. Sehingga gangguan pertumbuhan yang disebabkan oleh faktor genetik ini pun tidak mudah untuk dihindari, meskipun keberadaannya bisa diketahui sejak dalam kandungan.

Namun pertumbuhan optimal dalam 1000 hari pertama kehidupan tetap bisa diupayakan dengan beberapa cara, yaitu pemberian nutrisi yang cukup, dan juga memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan usia anak. 


Perlindungan 1000 Hari Pertama Kehidupan pada Masa Kehamilan


Sebagaimana yang aku singgung di awal artikel ini, 1000 hari pertama kehidupan itu terhitung sejak janin berada dalam kandungan. Ibarat orang dalam lomba lari, proses start yang sempurna memengaruhi hasil yang dicapai. Begitu juga pada pertumbuhan janin dalam kandungan. Pemberian nutrisi dan stimulasi pun harus dilakukan dengan semaksimal mungkin.

Selama kehamilan, ibu harus mengonsumsi makanan yang bergizi agar janin bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu fisik ibu juga senantiasa harus berada dalam kondisi prima. Ibu yang lelah dan stress bisa menyebabkan pertumbuhan janin terganggu. Untuk itu ibu hendaklah rileks dan menjauhkan diri dari hal-hal yang membebani pikiran. Semua ini tentu saja tidak bisa dilakukan sendiri oleh ibu. Peran ayah dan orang-orang terdekat lainnya sangatlah penting untuk menyiptakan atmosfer yang nyaman dan menyenangkan agar ibu hamil selalu sehat, sehingga janin pun bisa tumbuh dengan maksimal.


Perlindungan 1000 Hari Pertama Kehidupan Setelah Kelahiran


Proses pertumbuhan 1000 hari pertama kehidupan tidak berhenti ketika anak dilahirkan. Justru periode lanjutan ini sangat penting diperhatikan agar apa yang diperjuangkan selama masa kehamilan tidak sia-sia. Kita harus ingat, bayi yang baru lahir tidak bisa tumbuh dan berkembang baik dengan sendirinya. Dia membutuhkan perhatian secara fisik maupun batin. Fisiknya membutuhkan asupan nutrisi yang bergizi seimbang, serta stimulasi yang tepat sesuai usianya. Sedangkan batinnya membutuhkan hangatnya kasih sayang dan perhatian orang-orang sekitarnya agar ia tumbuh dan berkembang dengan hati yang bahagia.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa jika seorang anak mendapatkan nutrisi, stimulasi, dan kasih sayang yang cukup, maka akan terbentuk sinaps otak yang cukup banyak. Hal ini menentukan kecerdasan anak di masa depannya.

Selain asupan nutrisi dan pemberian stimulasi, satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah faktor kebersihan. Menjaga kebersihan juga merupakan hal yang sangat penting selama periode 1000 hari pertama kehidupan.

Pemberian nutrisi yang baik tidak cukup hanya menggunakan bahan-bahan yang premium. Kebersihan bahan-bahan, peralatan, tempat pengolahan, dan tempat penyajian harus dipastikan selalu terjaga. Tidak cukup hanya sampai di situ, kebersihan bayi pun tidak boleh luput dari perhatian. Mulai dari pakaiannya, benda yang ia sentuh, hingga ruangan tempat ia berada.

Kebersihan yang tidak terjaga dengan baik meningkatkan resiko gangguan pertumbuhan pada bayi. Bayi jadi rentan sakit, sehingga semua nutrisi yang seharusnya diserap untuk pertumbuhan beralih fungsi untuk pemulihan. Jika berlanjut, hal ini akan menyebabkan tumbuh kembang bayi menjadi lebih lambat.

Itu sebabnya sangat penting untuk menjaga kebersihan semua hal yang berhubungan dengan bayi.


Perlindungan 1000 Hari Pertama Kehidupan dengan Sleek Baby


Sleek Baby merupakans salah satu brand yang concern pada kebutuhan perawatan bayi dan ibu. Sleek Baby memahami dengan baik bahwa bayi merupakan manusia kecil yang kondisi tubuhnya masih sangat rentan sehingga sangat mudah terpapar oleh hal-hal yang membahayakan kesehatannya. Untuk itulah Sleek Baby berinovasi dengan membuat produk-produk yang diformulasi khusus untuk perawatan bayi. Sleek Baby dibuat dari bahan alami yang telah teruji secara klinis, memudahkan ibu membuat pilihan yang tepat sebagai wujud kasih sayangnya kepada si buah hati.

Produk-produk Sleek Baby:

· Sleek Baby Bottle Nipple Cleanser

Merupakan pembersih botol dan peralatan bayi lainnya yang dibuat dengan formula food grade yang pastinya aman untuk bayi. Produk ini mengandung stain removal formula yang ampuh menghilangkan sisa lemak susu dan bau amis yang menempel pada botol bayi.

· Sleek Baby Laundry Detergent

Bayi memiliki kulit yang sangat lembut dan sensitif sehingga rentan mengalam iritasi. Penggunaan deterjen yang tidak tepat bisa menyebabkan bayi mengalami iritasi. Deterjen Sleek Baby ini terbuat dari Natural Plant Extract dan free SLS sehingga tidak meninggalkan residu pada pakaian. Sedangkan formula anti jamur dan anti bakterinya mencegah pakaian dari bau apek.

· Sleek Baby Antibacterial Diaper Cream

Dari namanya sudah terlihat jelas bahwa produk ini berfungsi untuk mencegah dan mengatasi iritasi di area sekitar popok. Produk ini dibuat dengan formula hypoallergenic dan natural antibacterial, mencegah bakteri penyebab ruam muncul.

· Sleek Baby Hair & Foamy Wash

Merupakan sabun mandi dan shampoo yang khusus dibuat untuk kulit bayi yang sensitif. Busanya lembut, aman digunakan oleh bayi sehari-hari, bahkan untuk bayi yang baru lahir. Produk ini sudah teruji secara dermatologis, formula hypoallergenic dan natural antibacterialnya terbukti efektif membunuh bakteri penyebab iritasi.

· Sleek Baby Hair & Body Liquid Soap

Sabun cair yang juga berfungsi untuk shampoo, tidak pedih di mata karena dilengkapi dengan oatmilk dan chamomile yang menjaga kesehatan kulit , dan membantu merawat iritasi.

· Sleek Baby Telon Oil


Sleek Baby telon oil memiliki kandungan minyak anisa dua kali lebih banyak dari minyak telon biasa, memberikan rasa hangat, melancarkan pernafasan, dan mencegah kembung pada bayi.



Penutup

Memahami pentingnya 1000 hari pertama kehidupan maka sangat wajar jika kita harus memberikan perhatian lebih. Memberikan semua yang terbaik mulai dari asupan nutrisi, hingga stimulasi yang tepat. Terhitung mulai dari masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun, ibu harus memastikan kebersihan bayi terjaga agar bayi tidak mudah sakit. Asupan nutrisi memang penting, tapi jika kebersihannya tidak terjaga, maka nutrisi yang diterima bayi bisa menjadi sia-sia. Stimulasi tumbuh kembang bayi memang penting, tetapi jika kebersihan pakaian, peralatan, dan tempat ia bermain tidak terjaga dengan baik, maka stimulasi yang diberikan pun gagal diserap bayi dengan maksimal. Mari beri perlindungan maksimal pada 1000 hari pertama kehidupan anak kita, agar anak-anak kita bisa tumbuh sehat dan cemerlang sebagaimana yang kita impikan.

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.