promo enfa

Friday, May 29, 2020

Dukung Anak Generasi Maju dengan Stimulasi Tumbuh Kembang si Kecil Melalui Hobinya


Halo, Moms. Anak merupakan anugrah terindah yang Tuhan berikan kepada kita para orangtua. Itu sebabnya kita pasti akan berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik agar anak-anak kita bisa tumbuh menjadi anak generasi maju.

Sejujurnya, ya Moms. Dulu aku tidak begitu paham dengan apa yang dimaksud istilah 'Anak Generasi Maju'. Namun sejak terpilih menjadi salah satu Mombassador SGM Eksplor pada tahun 2016 lalu, aku semakin paham bahwa anak generasi maju itu memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

- tumbuh tinggi dan kuat
- percaya diri
- cerdas kreatif
- mandiri
- supel

MasyaaAllah. Rasanya pasti kita akan bahagia sekali jika buah hati menunjukkan ciri-ciri tersebut di atas, ya.

Untuk mewujudkan anak generasi maju dibutuhkan usaha dan komitmen dari kita para orangtua dalam hal pemenuhan nutrisi anak agar tumbuh kembangnya bisa optimal.

Di samping pemenuhan nutrisi yang seimbang, agar tumbuh kembang anak berjalan baik sesuai usianya kita juga senantiasa harus mampu memberikan stimulasi yang tepat kepada anak.

Stimulasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar anak agar bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Stimulasi ini sangat perlu diberikan sedini mungkin dan berkesinambungan ya, Moms. Stimulasi yang kurang dan tidak tepat, justru bisa menyebabkan gangguan tumbuh kembang pada anak.

Tentu saja kita tidak ingin hal itu terjadi ya, Moms.

Jadi ada 4 aspek perkembangan yang harus dirangsang dengan stimulasi yang terarah, yaitu:

1. Kemampuan motorik atau gerak kasar.

Aspek ini merupakan yang berhubungan dengan kemampuan melakukan pergerakan dan sikap tubuh yang melibatkan otot-otot besar seperti duduk, berdiri, berjalan, berlari, dan sebagainya.

Aspek ini sangat penting karena tentu saja akan berhubungan dengan kemampuan anak untuk beraktifitas nantinya.

2. Kemampuan motorik atau gerak halus.

Merupakan aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak dalam melakukan gerakan yang menggunakan otot kecil, namun di sisi lain membutuhkan koordinasi yang cermat seperti menulis, menjepit dengan jari, dan lain-lain.

3. Kemampuan bicara dan bahasa.

Merupakan kemampuan yang berhubungan dalam memberi respon terhadap suara, berbicara, berkomunikasi, menuruti perintah, dan lain-lain.

4. Kemampuan sosialisasi dan kemandirian.

Merupakan kemampuan yang berhubungan dengan kemandirian anak seperti berpisah dengan ibu atau pengasuh, makan sendiri, berpakaian sendiri, merapikan mainan setelah bermain, berinteraksi dengan lingkungan, dan sebagainya.

Ada beberapa prinsip dasar yang harus kita perhatikan dalam memberikan stimulasi tumbuh kembang pada anak nih, Moms.

1. Lakukan stimulasi dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang.
2. Orangtua adalah role model bagi anak, karena itu penting sekali bagi kita memastikan bahwa kita akan bersikap dan berperilaku baik di hadapan anak.
3. Berikan stimulasi sesuai kelompok usia anak.
4. Lakukan stimulasi dengan cara menyenangkan tanpa ada paksaan dan hukuman.
5. Lakukan stimulasi secara bertahap dan berkelanjutan.
6. Gunakan alat bantu yang aman, sederhana, dan ada di sekitar anak.
7. Berikan kesempatan yang sama antara anak perempuan dan laki-laki.
8. Apresiasi usaha anak dengan pujian, bahkan hadiah.


Stimulasi Tumbuh Kembang si Kecil Melalui Hobinya


Saat ini Aira berusia 10 tahun, Alhamdulillah nih, Moms. Kemampuan dasarnya meliputi motorik kasar, halus, bahasa sudah terpenuhi. Namun dalam hal kemandirian memang masih banyak yang harus aku latih lagi.

Rentang usia 6-12 tahun, merupakan usia sekolah dasar. Pada usia ini anak diharapkan bisa mengembangkan kemampuan dasar dalam membaca, menulis, berhitung, dan keterampilan bersosialisasi dan berkerjasama.

Jadi stimulasi yang diberikan kepada anak seusia Aira sekarang cenderung kepada aktifitas yang merangsang kreatifitas dan sosialisasinya.

Awalnya aku sempat kebingungan mencari ide dan inspirasi cara untuk menstimulasi tumbuh kembang anak seusia Aira. Baru deh ingat, kalau di Facebook Aku Anak SGM dan website www.generasimaju.co.id itu banyak sekali info menarik seputar nutrisi, kesehatan, dan tumbuh kembang anak.

Dari sanalah aku dapat ide memberi stimulasi tumbuh kembang sesuai usianya melalui hobi yang ia miliki.

Alhamdulillah, sejak kecil Aira hobi sekali menggambar.

Jadi selama #DiRumahSaja selain menuntaskan tugas-tugas dari sekolah, Aira aku ajak untuk menggambar dengan tema tertentu. Jika biasanya dia menggambar dengan tema bebas, kali ini temanya aku tentukan. Hal ini bertujuan agar kemampuannya semakin terarah.

Seperti gambar Aira yang di bawah ini. Temanya adalah 'Terimakasih garda terdepan penanganan Covid-19'. Dengan menggambar tema ini, aku berharap bisa melatih jiwa sosial pada diri Aira dengan menanamkan rasa simpati sedini mungkin.


Gambar-gambar berikut ini temanya persahabatan.






Alhamdulillah, gambar-gambar karya Aira mendapat tanggapan positif dari guru-gurunya di sekolah.

Setelah membaca dari berbagai sumber, ternyata aktifitas menggambar ini sangat bermanfaat dalam tumbuh kembang anak, Moms.

Berikut 7 manfaat dari aktivitas menggambar bagi tumbuh kembang anak:


1. Melatih kecerdasan motorik.
2. Meningkatkan memori.
3. Mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi.
4. Melatih kesabaran.
5. Mengurangi emosi negatif.
6. Meningkatkan kreatifitas
7. Meningkatkan fokus.

Nah, bagi Moms yang merasa kebingungan dalam menstimulasi kemampuan si kecil coba deh cari ide dan inspirasinya di Facebook Aku Anak SGM dan website www.generasimaju.co.id. Selain memberikan stimulasi yang tepat, ada satu hal penting yang tidak boleh kita abaikan ya, Moms. Yaitu pemenuhan nutrisi anak dengan gizi yang seimbang.

Apalagi di bulan puasa ini. Kebutuhan nutrisi anak betul-betul harus cukup agar dia kuat berpuasa hingga waktu berbuka tiba.

Untuk Aira, aku selalu lengkapi kebutuhan nutrisinya dengan 2 gelas susu setiap harinya, 1 gelas saat sahur dan 1 gelas saat berbuka puasa.

Alhamdulillah, puasanya lancar tanpa keluhan.

Oh, iya, Moms.

Jika Moms mendapat informasi baru yang tidak biasa seputar nutrisi, kesehatan, dan tumbuh kembang anak, jangan langsung dipercaya, ya.

Dalam masa pandemi Covid-19 ini memang banyak sekali isu-isu simpang siur yang beredar di masyarakat.

Sebagai ibu kita harus cerdas memilah informasi agar tidak mudah termakan isu-isu yang masih diragukan kebenarannya.

Untuk mendapatkan informasi yang valid kita bisa bertanya langsung ke tim Careline SGM di nomor 0800-1-360-360 atau via email di carelinesgm@sarihusada.co.id. Di sana pertanyaan kita akan langsung dijawab oleh narasumber yang memang ahli di bidangnya.

Ayo, Moms. Kita dukung anak-anak kita menjadi anak generasi maju, dengan selalu memberikan asupan nutrisi dengan gizi seimbang dan stimulasi-stimulasi yang tepat agar potensi prestasinya berkembang optimal.



1 comment:

  1. dukungan asupan makanan memang berpengaruh banget ya untuk tumbuh kembang anak

    undangan nikah online

    ReplyDelete


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.