Tuesday, July 31, 2018

Sebagai ibu yang memiliki anak usia sekolah, menyiapkan bekal anak adalah salah satu tantangan tersendiri setiap harinya. Terlebih lagi jika si anak termasuk yang picky soal makanan. Ada anak yang gak mau makan sayur, ada anak yang maunya cuma telor, ada yang ga doyan pedas, dan banyak lagi lainnya. Akibatnya setiap harinya ibu harus putar otak agar anak mau memakan bekal makan siangnya.

Tapi untungnya, ada satu menu makanan yang kebanyakan anak-anak suka yaitu omelet alias telur dadar. Berdasarkan hasil survey kecil-kecilan yang aku lakukan di sekolah Aira, rata-rata menu bekal anak adalah telur dadar. Selain bahan yang mudah didapat, pengerjaannya yang mudah dan cepat sepertinya juga salah satu alasan mengapa si ibu membekali anaknya dengan telur dadar.

Meskipun demikian, alangkah bagusnya jika menu anak bisa lebih bervariasi agar anak juga mendapat asupan nutrisi lainnya selain telur.

Nah, agar nutrisi anak tetap dapat terpenuhi dengan lengkap, berikut 3 kreasi telur dadar yang sangat bisa dijadikan menu untuk bekal anak dalam beraktifitas.

1. Telur Dadar Brokoli

Sungguh  disayangkan, sangat sedikit anak yang menyukai jenis sayuran yang satu ini. Padahal kandungan nutrisi yang dimilikinya sangat tinggi. Dalam 100gr brokoli, terdapat  623Iu Vitamin A, 82.9mg Vitamin C , 47mg Kalsium dan banyak lagi mineral lainnya. Jadi sayang sekali rasanya nutrisi sepenting ini tidak bisa kita berikan kepada anak hanya karena anak tidak mau makan sayur. 

Nah, dengan sedikit kreasi, mari kita masukkan sayuran sehat ini ke dalam menu bekal anak, yaitu dengan membuatnya menjadi Telur Dadar Brokoli.

Sumber : https://cookpad.com/id/resep/5441811-omelet-brokoli


Bahan-bahan :
  • 4 btr telur
  • Sayur iris tipis : 

1 bh pakcoy  
1 bh wortel
Secukupnya brokoli
  • Bumbu iris :
2 siung bawang putih
1/4 siung bawang bombay
  • Garam
  • Merica 
  • Minyak goreng secukupnya
Cara membuat :
  • Campurkan sayur, bumbu iris dan 4 butir telur. Bubuhi garam dan merica secukupnya.
  • Aduk rata
  • Panaskan minya secukupnya, kemudian goreng dengan api sedang.
  • Telur dadar brokoli siap disajikan.

2. Telur Dadar Nasi Sosis

Kreasi telur dadar yang satu ini cocok untuk anak yang tidak suka makan nasi. Ada lho ya, anak yang gak doyan nasi, tapi maunya mie. Kalau sesekali sih ga apa-apa ya anak makan mie, tapi kalau maunya setiap hari bagaimana ? Tidak sehat pastinya. 

Nah, ayo kita akali menu si kecil dengan membuat Telur Dadar Nasi Sosis. Soal rasa jangan khawatir, deh. Dijamin anak pasti suka.

Sumber : https://cookpad.com/id/resep/5407934-omelet-nasi-sosis


Bahan-bahan :
  • 1/2 piring nasi 
  • 1 butir telur ayam  
  • 1 btr bawang putih besar
  • 1 btr bawang merah besar 
  • Sosis sapi
  • Daun bawang 
  • Saus tiram Garam
  • Margarin
  • Saus sambal 
Cara membuat :
  1. Cincang bawang putih,bawang merah,daun bawang,dan sosis sapi
  2. Kocok telur lalu masukan nasi dan bumbu-bumbu yangg sudah di cincang tadi, tambahkan saus tiram, dan garam sesuai selera.
  3. Panaskan margarin di atas teflon, masukan adonan, masak sampai matang lalu sajikan bersama saus sambal.

3. Telur Dadar Roti Tawar
Menu yang berikut ini juga cocok sebagai variasi menu bekal anak yang mungkin sudah bosan dengan menu-menu sebelumnya. Cara membuatnya pun mudah, dan anak pun suka yaitu Telur Dadar Roti Tawar.

Sumber : https://cookpad.com/id/resep/4615166-omelet-toast-maree


Bahan-bahan:
  • 3 lembar roti tawar,lubangi tengahnya 2 butir telur,kocok lepas
  • 1 batang daun bawang iris halus
  • Keju parut
  • Margarin
  • Saos
  • Mayonaise
  • Garam 
  • Lada bubuk 
Cara Membuat :
  1. Kocok telur, tambahkan daun bawang, keju,garam, dan lada bubuk, sisihkan.
  2. Panaskan margarin,taruh roti tawar yang sudah dilubangi tengahnya, tuang telur hingga agak penuh, masak hingga kedua sisi matang, angkat.
  3. Tata roti dalam piring, beri saos dan mayonise di atasnya dan siap dihidangkan.
Bagaimana, gais ? 
Cukup mudah, ya.
Kita cobain, yuk.

13 komentar

Sostel alias sosis telor nggak masuk menu nih? Lgi kekinian tuh... hehehe

Izin save resep yaaaa

REPLY

Wahh asik nih, banyak variasi untuk mengolah telur. Biar ga bosen. Coba ahhh

REPLY

Terima kasih resep-resepnya MBak, suka de praktis dan tidak pake lama, pas nih buat sarapan.

REPLY

Lumayan buat dicoba. Makasih Mba

REPLY

Suka de resepnya, mau praktik ah...

REPLY

waaah bener ... aku lupa.
next time aku tambahin deh.
silahkan disave mbak. aku juga save dari cookpad kok.

REPLY

iya mbak. selamat mencoba :)

REPLY

sama-sama mbak. emang cocok banget ni buat sarapan, bikinnya ga makan waktu :)

REPLY

sama-sama mbak. selamat mencoba :)

REPLY

ya ampun Mbak Merry..buka ini pagi-pagi jadi laper sayaa hahaha
Terima kasih resepnya, bisa buat ide bekal anak saya

REPLY

Cookpad, resep andalan saya tuh. Cocok aja saya sih. Nyari aaah resepnya...
Makasih sharingnya...

REPLY

Sluurp ,,, siang-siang baca beginian jadi ngiler. Makasih, mak, jadi ada tambahan ide buat bekalin anak sekolah

REPLY

Wah, bahan-bahan yang digunakan untuk kreasi dari telurnya komplit banget ya....
Gizinya pun jadi lengkap.

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

Meirida Blog - Review dan Lifestyle . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id