Follow Us @soratemplates

Friday, July 6, 2018

DIY : Wall Decor dari Kain Perca

Hai ... Hai...

Apa kabar semua ?
Maaf ya, gais. Jarang nongol akhir-akhir ini. Bumil lagi mager plus makir nih. Malas gerak plus malas mikir maksudnya. Hehe.

Tapi yang namanya malas ga boleh dibiarkan berlarut-larut kan, yaa. Yuuuk, mari kita berkreasi lagi. Udah lama ya aku ga bikin sesuatu ala-ala DIY gituh. Naaah, kali ini bumil pengen ngelawan rasa malas itu semua dengan kreasi dari kain perca.

WALL DECOR DARI KAIN PERCA

Bahan-bahannya :
- Kain perca warna-warni motif polos
- Glue gun
- Lem kayu
- Karton tebal ukuran kertas folio
- Benang dan jarum jahit
- Kain putih untuk kanvas (kalo aku ambilnya dari kaos bekas, sih. Hihi)

Silahkan dibaca juga : 

Cara membuat :

- Bunga
Gunting kain perca berbentuk lingkaran besar (diameter 6-7 cm) sebanyak 5 lembar, dan lingkaran kecil (diameter 4-5 cm) sebanyak 5 lembar.

Ambil satu lembar yang lingkaran besar, lipat dua, kemudian jahit jelujur dari ujung lipatan. Sampai di ujung satu lagi tarik benang sehigga membentuk kerutan, simpulkan benang. Tanpa memutuskan benang, lanjutkan pada lingkaran yang sama hingga terbentuk 5 kelopak. Kemudian satukan semua kelopak hingga membentuk bunga. Bubuhkan lem pada bagian yang bolong, tambahkan hiasan.



Lakukan hal yang sama pada kain yang lingkarannya lebih kecil.

- Daun
Pilih kain yang berwarna hijau atau kehijauan, kemudian gunting kain membentuk persegi besar dengan ukuran 8 cm dan persegi kecil dengan ukuran 6 cm.

Ambil satu persegi besar kemudian lipat dari sudut ke sudut membentuk segitiga, kemudian lipat lagi membentuk segitiga yang lebih kecil. Jahit jelujur bagian yang terbuka, kemudian tarik benangnya hingga membentuk kerutan. Simpulkan benang.



Lakukan hal yang sama pada kain persegi yang lebih kecil.

- Batang
Gunting kain bentuk memangjang dengan ukuran 15cm x 2 cm. Lem bagian tengahnya, kemudian lipat menjadi ukuran 0,5 cm.



- Kanvas

Bungkus karton dengan kain putih dengan rapi.
Dengan glue gun, tempelkan batang, daun dan bunga ke kanvas. Susun sedemikian rupa agar terlihat indah. Setelah selesai, ambil kain perca yang berwarna gelap (kalau bisa hitam atau coklat tua) tempelkan pada batang bagian bawah. Di bawahnya lagi kreasikan kain perca membentuk pot.

Taraaaaa ... Wall Decor dari kain perca pun selesai.



Gimana, gais. Mudah kan, yaaa.
Selamat mencoba dan berkreasiiii.
Mmmuuach.

*****
Artikel ini diikutsertakan dalam Collaborative Blog yang diadakan oleh KEB (Kumpulan Emak-emak Blogger) sebagai tanggapan atas trigger pos dari grup Raisa yang ditulis oleh Farida Nisa dengan judul Membuat Tempat Pensil dari Kain Perca

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.