Tuesday, July 13, 2021

Kumpulan Doa Turun Hujan yang Dapat Diamalkan dalam Bahasa Latin Beserta Artinya





Sejatinya doa dijadikan rutinitas yang senantiasa dilafazkan saat hendak atau ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Bahkan doa juga diucapkan saat terjadinya fenomena alam misalnya seperti turun hujan.

Hujan disebut sebagai suatu hal yang mesti disyukuri atau berkah dari Allah SWT. Hujan juga menjadi salah satu sumber kehidupan bagi makhluk hidup entah manusia, hewan, ataupun tumbuhan. Karena itu, terdapat beberapa doa yang dapat dilafazkan ketika hujan turun supaya mendapatkan rahmat-Nya.

Berikut kumpulan doa saat hujan yang dapat diamalkan dalam bahasa latin beserta artinya :

1. Doa Ketika Turun Hujan

Diriwayatkan dalam hadis Bukhari nomor 1032 dari Ummul Mukminin, Aisyah ra mengatakan :

“Allahuma shoyyiban nafi’an”

Artinya, “Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat.”


2. Doa Ketika Turun Hujan Lebat

Kisah doa ketika hujan turun dengan lebat diriwayatkan dalam hadits Al-Bukhari di Kitab Awal Penciptaan. Berdasarkan Hadis Riwayat Bukhari, berikut doa yang dapat diamalkan ketika turun hujan lebat yang pernah dibaca Rasulullah SAW ;

“Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.”

Artinya, “Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.”


3. Doa Ketika Hujan Dengan Angin Kencang

Imam Muslim dalam salah satu hadis meriwayatkan bahwa ketika hujan turun yang disertai angin kencang, Rasulullah SAW membaca doa angin kencang berikut ini :

“Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiiha wa khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.”

Artinya, “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada didalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.”


4. Doa Ketika Hujan Dengan Petir

Diriwayatkan dalam hadis Imam Malik, Nabi Muhammad SAW ketika turun hujan yang diawali atau disertai dengan petir membaca doa dibawah ini :

“Subhaanalladzi yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.”

Artinya, “Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepadaNya.”
 

5. Doa Meminta Hujan Berhenti

Jika hujan turun terus dengan derasnya dapat mengakibatkan banjir. Alkisah, di zaman Rasulullah SAW juga pernah terjadi turun hujan deras selama beberapa hari. Akibatnya, banyak akses jalan yang terputus, stok makanan membusuk, serta aktivitas umat terhambat.

Kemudian Nabi Muhammad SAW memanjatkan doa ini pada Allah SWT untuk menolong umatnya :

“Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahuma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.”

Artinya, “Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.” (HR. Bukhari).

Pada dasarnya, diturunkannya hujan merupakan bentuk karunia serta berkah dari Allah SWT kepada bumi beserta isinya. Karena itu, setiap manusia patut untuk mensyukuri hujan yang turun dengan cara mengamalkan salah satu doa turun hujan yang telah disebutkan diatas.

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.