promo enfa

Sunday, March 15, 2020

Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Cegah Covid-19


Cara mencuci tangan yang benar -  Temaaaan, masih khawatir dengan wabah virus corona covid-19? Sama, dong, kita. Semenjak Presiden Jokowi menyatakan ada WNI yang positif terkena virus ini, membuat kewaspadaanku terhadap kesehatan menjadi meningkat.

Yang bikin panik bin pusing itu adalah berseliwerannya berita-berita seputar virus corona ini di media sosial. Media ini bilang begitu, media itu bilang begini. Ditambah dengan beragam analisa yang tumpang tindih, membuat masyarakat menjadi semakin sulit untuk mendapatkan informasi yang benar.

Saking paniknya mereka melakukan hal-hal berlebihan seperti memborong masker, memborong hand sanitizer, bahkan memborong bahan makanan juga. Akibatnya bisa dilihat sendiri, stok masker, hand sanitizer, habis dimana-mana.

Bahkan ada juga pedagang nakal yang memanfaatkan situasi crowded ini untuk mendapatkan untung besar dengan menaikkan harga masker dan hand sanitizer. Ckckckck.

Sebagai warga negara yang lumayan melek digital, tentu saja aku ga boleh larut dengan berita-berita tanpa sumber yang jelas. Jadi agar pikiran tidak tersesat dalam pusaran berita hoax, aku memilih mencari informasi dari sumber-sumber yang benar-benar valid seperti dinas kesehatan dan instansi terkait.

Setelah membaca dengan teliti, aku akhirnya tahu bahwa WHO lebih menganjurkan cuci tangan dengan teratur sebagai langkah pertama agar terhindar dari virus corona covid-19 ini. Bukan memakai masker.

Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Cegah Covid-19


Sepintas, aktifitas mencuci tangan mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi seluruh manusia di dunia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa telah melakukannya berkali-kali.

Tapi, udah yakin cara mencuci tangannya sudah benar?

Telapak tangan merupakan salah satu tempat kuman, bakteri, dan virus berada. Oleh karena itu orang bisa sakit jika area mulut dan hidung sering disentuh dengan tangan.

So, biar ga siwer nih, aku mau ajak teman-teman semua untuk cek cara mencuci tangan kita selama ini, udah benarkah sesuai dengan standar kesehatan?



1. Gosok telapak dengan telapak.

Telapak tangan bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman, bakteri, dan virus penyakit. Terutama di saat berkeringat, kuman dan bakteri bisa berkembang biak dengan mudah. Untuk menghilangkannya, gosokkan kedua telapak tangan dengan menggunakan sabun.

2. Gosok punggung tangan dengan telapak.

Punggung tangan juga bisa menjadi tempat kuman bersarang. Bersihkan bagian punggung tangan dengan cara menggosokkan telapak tangan di atasnya, sampai ke sela-sela jari. Jangan lupa lumuri telapak tangan dengan sabun terlebih dahulu, ya.

3. Gosok telapak dengan telapak, dengan posisi jari saling berkait.

Langkah ini bertujuan untuk membersihkan kotoran, kuman, dan virus-virus penyakit yang ada di sela-sela jari.

4. Putar punggung jari di atas telapak tangan.

Langkah ini bertujuan untuk membersihkan area jari yang tidak tersentuh sabun pada langkah-langkah sebelumnya. Letakkan punggung jari kanan di atas telapak tangan kiri, lakukan gerakan memutar.

5. Gosok jempol dengan gerakan memutar, menggunakan telapak tangan.

Sela-sela ibu jari tidak bersih maksimal pada langkah-langkah sebelumnya. Karena itu dibutuhkan langkah khusus untuk membersihkan area di sekitar jempol. Genggam jempol kiri dengan telapak tangan kanan, kemudian gosok dengan gerakan memutar. Lakukan hal yang sama untuk jempol tangan kanan.

6. Kuncupkan jari, putar-putar di atas telapak tangan.

Langkah ini untuk membersihkan ujung-ujung jari, termasuk kuku yang merupakan salah satu sarang kotoran, dan kuman. Bersihkan area ini dengan cara menguncupka jari di atas telapak tangan, kemudian lakukan gerakan memutar.

Setelah semua langkah-langkah tersebut di atas dilakukan, bilas tangan dengan air bersih yang mengalir, sampai tangan terasa kesat. Pastikan tidak ada sisa-sisa sabun yang tertinggal. Kemudian keringkan tangan menggunakan handuk atau tissue bersih.

Untuk menjaga higienitas tangan terjaga, jangan matikan keran dengan tangan terbuka. Lapisi dengan handuk atau kain bersih, agar kuman yang menempel di keran air tidak berpindah ke tangan.

So, gais.

Mari lindungi diri kita dari kuman, dan virus-virus penyakit dengan rutin mencuci tangan dengan cara yang benar.

Cara sangat mudah, namun membutuhkan konsistensi dalam melakukannya.

Mungkin terasa canggung di awal-awal, terlebih lagi jika kita sedang dalam keadaan terburu-buru, menerapkan cara mencuci tangan dengan 6 langkah ini pasti terasa merepotkan.

Tapiiii ... kalau bukan kita yang care dengan kesehatan kita, siapa lagi? Ayo, biasakan mencuci tangan dengan cara yang benar sesuai standar kesehatan.

Mau, ya?








No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.