promo enfa

Saturday, February 29, 2020

Cara Sederhana Menjaga Daya Tahan Tubuh


Menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk dilakukan. Dengan begitu tubuh akan selalu dalam keadaan fit, sehingga tidak mudah sakit. Meski pun untuk mendapatkan pengobatan saat ini tidaklah sulit, karena rumah sakit sudah tersebar hingga ke seluruh pelosok negeri. Namun mencegah akan selalu lebih baik dari pada mengobati. Kalau bisa selalu sehat, mengapa harus sakit? 

Hal yang Mempengaruhi Daya Tahan Tubuh

Pola hidup dan pola makan adalah salah satu kunci agar kesehatan terjaga. Sayangnya, tuntutan gaya hidup dan kebutuhan hidup membuat banyak orang yang lalai dalam menjaga kesehatannya. 

Tuntutan gaya hidup yang bisa merusak daya tahan tubuh itu tidak sedikit, lho. Dan terasa miris melihatnya ketika orang dengan santai melakukannya dengan alasan gaul dan modern. 

Contohnya rokok, alkohol, dan junk food. Banyak lho orang yang takut dibilang kuper alias kurang pergaulan hanya karena gak merokok. Padahal sudah sangat jelas, rokok itu bisa menggerus daya tahan tubuh.

Sedangkan tuntutan kebutuhan hidup yang membuat orang lupa dalam menjaga kesehatan, salah satunya adalah begadang. Sekalipun alasannya adalah untuk berkerja, tetap saja begadang tidak baik bagi kesehatan, karena kualitas tidur di malam hari tidak bisa digantikan dengan tidur siang.

Jadi jika kita di hadapkan dengan situasi kebutuhan hidup ini, tidak adakah solusi untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu fit?


Berikut cara sederhana menjaga daya tahan tubuh:

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Vitamin dan mineral yang banyak terkandung dalam sayur dan buah sangat bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kuat dalam menghadapi serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

2. Minum air putih yang cukup

Tubuh membutuhkan banyak cairan agar tidak dehidrasi. Dehidrasi bisa mengakibatkan daya tahan tubuh melemah. Untuk itu kita harus minum minimal 2 liter sehari. Dan kebutuhan akan air putih ini bisa meningkat jika tubuh banyak bergerak, atau lama berada di ruangan ber-AC. Jadi pastikan kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi.

3. Istirahat yang cukup

Seperti yang aku sudah singgung di atas tadi, tubuh membutuhkan tidur sebagai cara untuk recovery setelah digunakan untuk beraktivitas seharian. Metabolisme tubuh akan berkurang jika tidak diimbangi dengan tidur yang cukup. 

Normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam untuk tidur. Agar tidur kita berkualitas pastikan ruangan dalam keadaan nyaman. Minim cahaya, dan minim suara.

4. Jauhi stress

Saat stress tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dalam jangka panjang bisa menurunkan daya tahan tubuh. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan agar pikiran dan tubuh kita rileks, sehingga terhindar dari stress.

5. Berolahraga dengan teratur

Rutinitas yang padat menyebabkan orang tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Padahal olahraga teratur sangat penting dilakukan agar daya tahan tubuh selalu terjaga. Untuk menyiasatinya, bangunlah lebih awal, kemudian gunakan waktu sekitar 30 menit untuk berolahraga seperti lari atau senam.

6. Jauhi rokok, alkohol, dan obat-obatan

Rokok, alkohol, dan obat-obatan memiliki kandungan zat yang membahayakan tubuh. Terpapar zat-zat berbahaya ini menyebabkan daya tahan tubuh berkurang. Untuk itu, buatlah komitmen dengan diri sendiri agar bisa jauh dari rokok, alkohol, dan obat-obatan ini. 

7. Konsumsi vitamin C

Vitamin C bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C atau asam askorbat merupakan jenis nutrisi yang larut dalam air dan tidak diproduksi oleh tubuh. Untuk itu penting bagi kita mengonsumsi vitamin C ini dengan teratur agar kebutuhan vitamin C tubuh selalu terpenuhi. 

Salah satu cara alami mendapatkan vitamin C adalah dengan makan buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, nenas, dan lain-lain.

Selain itu, kebutuhan vitamin C juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C, salah satunya adalah Vitacimin.

Vitacimin adalah cara mudah dan praktis untuk mendapatkan vitamin C karena 1 tablet Vitacimin mengandung 250 mg vitamin C. 

Tablet hisap Vitacimin mudah didapat karena sudah dijual bebas di apotik atau pun toko obat di sekitar kita. Harganya pun sangat terjangkau. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh, konsumsi Vitacimin 2 tablet sehari.

Jangan lupa, untuk selalu memperhatikan aturan pakai, ya. Jika memiliki riwayat kontra indikasi, sebaiknya dihentikan. Atau kunjungi dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.


Jangan Sia-siakan Hidup Kita

So, hidup kita hanya sekali ya, gais. Jadi jangan pernah kita sia-siakan. Ayo, jaga diri kita agar daya tahan tubuh baik sehingga terhindar dari penyakit. Hindari hal-hal yang merusak tubuh, dan fokuslah dengan hal-hal yang baik bagi kesehatan. Jangan larut dengan gaya hidup yang tidak bermanfaat, karena ketika tubuh sakit semua gaya hidup yang kita agungkan selama ini tidak lagi berarti. Sayangi diri kita, gaiiis. Kalau bukan kita siapa lagi? Masak iya Pak Jokowi?





No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.