Selasa, 04 April 2017

Pengangguran Bukan Alasan Untuk Tidak Menghasilkan Uang, 5 Peluang Usaha Rumahan Ini Terbukti Menguntungkan



Hai, gais !
Disadari atau tidak peningkatan jumlah penduduk yang signifikan dari tahun ke tahun membuat ketersediaan lapangan kerja semakin berkurang. Yes ?
 
Banyaknya lulusan tanpa diimbangi dengan lowongan pekerjaan menjadi pemicu mengapa kompetisi untuk mendapatkan karir yang mapan harus melalui seleksi yang ketat. 

Makanya gak heran banyak orang yang akhir-akhir ini berpendapat bahwa mendapatkan perkerjaan itu berbanding lurus dengan keberuntungan. Mereka yang tergolong pada kaum beruntung itu diantaranya memiliki penampilan yang oke punya, trus lulusan dari universitas, dan memiliki banyak koneksi. Bukan rahasia umum lagi, untuk masuk di perusahaan-perusahaan besar masih saja harus melibatkan ‘orang dalam’. 

Ironis, kan ?

Susahnya mendapatkan perkerjaan akhirnya mau tidak mau menempatkan seseorang pada posisi pengangguran. Mereka-mereka yang gugur dalam seleksi alam ini harus rela diberi label ‘pengangguran’.

Gak nyaman ? 

Pastinya. Siapa juga orang yang nyaman dikatai pengangguran, meskipun nyatanya adalah demikian.

Tetapi, sekalipun tidak nyaman, gak berarti harus galau juga, kan ?

Sebenarnya jika kita mau membuka hati, mata dan pikiran kita, sebenarnya masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang tanpa harus berkerja sebagai karyawan. Hanya saja, sebagian besar masyarakat kita masih memandang remeh mereka-mereka yang berkerja di rumah. Di mata sebagian besar masyarakat kita orang-orang yang pergi pagi pulang sore berpakaian rapi dan wangi itu keren dan hebat. Mereka gak perlu bersusah payah memeras tenaga, tiap bulannya angka-angka pasti mengalir ke rekening. 

Padahal ada segelintir orang yang tampak dari luar seperti tidak memiliki perkerjaan, tetapi saldo rekening mereka selalu bergerak naik. Mereka-mereka ini adalah orang-orang kreatif yang sepatutnya kita teladani. Karena mereka tidak berputus asa ketika peluang menjadi karyawan tertutup, mereka justru membuka peluang bagi diri mereka dengan memulai usaha sendiri.

5 Usaha Rumahan Yang Menguntungkan

Peluang usaha rumahan bisa menjadi alternatif jitu untuk mendapatkan penghasilan. Bila ditekuni dengan telaten, bukan tidak mungkin dengan bekerja dari rumah saja, kamu bisa meraup omset hingga puluhan juta setiap tahunnya. 

Selain memiliki waktu yang lebih efisien dan mampu mempekerjakan orang-orang yang tinggal di sekitar, kamu pun bisa menginspirasi orang lain untuk mempraktekkan tindakan serupa dan memperbaiki perekonomian mereka. 

Sayangnya ketika berencana membuka usaha, banyak orang merasa kurang yakin lantaran mereka tidak memiliki modal yang cukup. Padahal modal bukanlah persyaratan yang mutlak untuk dilunasi. Kegigihan, serta tekad yang kuat harusnya mampu mendorong mereka untuk bangkit dari keterpurukan. 

Selengkapnya, inilah 5 peluang usaha rumahan yang menjanjikan patut kamu coba.

Makanan 

Ya, bisnis di bidang kuliner memang menjanjikan dan nyaris tak pernah mati pasaran, lho gais. Terlebih jika kamu berhasil menghadirkan produk yang inovatif dan mempunyai ciri khas yang unik ketimbang kudapan yang dijual orang lain. Tanpa harus menyewa lapak dan membayar orang untuk mengawasi anak-anak, kamu bisa membuka warung di depan rumah. 



Sajikan masakan yang enak dan menggugah selera, namun dibanderol dengan harga yang ramah di kantong. Pendapatan kamu akan meningkat bila kamu membuka warung dekat kos atau mess. 

Peluang usaha rumahan juga terbuka lebar bagi kamu yang punya ketrampilan membuat kue. Pertama kamu bisa menitipkannya di warung-warung, atau membawa sampel saat ada acara arisan dengan teman dan kerabat. Ijinkan mereka untuk mencoba dan tawarkan diskon apabila mereka memesan dalam jumlah yang banyak.

Satu tips dari aku nih, buatlah judul atau nama masakan kamu itu seunik mungkin. Karena faktanya tidak ada yang benar-benar baru di atas bumi ini, kan ? 

Nah, masalahnya adalah bagaimana menarik konsumen untuk membeli masakan kamu dengan bahan yang jelas-jelas sama dengan penjual lainnya ? 

Jawabannya adalah di nama masakannya.

Sebagai contoh : Tahu Goreng.

Pedagang A menamainya dengan Tahu Goreng Pedas.
Pedagang B menamainya dengan Tahu Gila.
Nah, dari kedua makanan itu sudah bisa di pastikan, Tahu Gila lebih mengundang rasa penasaran konsumen untuk membeli.

Laundry Pakaian 

Rutinitas yang padat dibarengi dengan tumpukan deadline terkadang membuat orang malas untuk mencuci bajunya. Jangankan mereka yang berkerja di kantoran, ibu-ibu rumah tangga biasa pun sudah banyak yang mengeluhkan betapa membosankannya perkerjaan rumah tangga yang satu ini. Aku salah satunya. Hahaha. Beneran, lho, gais. Dari pada nyuci pakaian dan nyetrika aku lebih baik di suruh masak, bersihin rumah, nyuci piring, nyapu halaman. Bahkan di suruh ngecat rumah juga bakal aku jabanin. Hahaha.  

Akhirnya mereka lebih suka menyerahkan tumpukan pakaian kotornya ke Laundry untuk di eksekusi. Di samping terjamin dan rapi, mereka pun tidak perlu menyempatkan waktu selepas berkutat dengan aktifitasnya yang melelahkan. 

Saat ini terdapat usaha waralaba laundry terkenal. Jika kamu punya budget yang cukup, kamu pun bisa membelinya.

Bimbingan belajar 

Banyak orang tua yang mengeluhkan nilai ulangan harian putra-putrinya anjlok lantaran mereka tidak bisa fokus menyerap materi yang diberikan guru. Sebagai solusinya, mereka akan memasukkan anak-anaknya ke bimbel setelah jam pelajaran sekolah usai. 

Bagi kamu yang menguasai mata pelajaran tertentu, tidak ada salahnya mendirikan les-lesan di rumah. Hebatnya, peluang usaha rumahan ibu rumah tangga ini tanpa modal. Terkecuali untuk transportasi apabila kamu harus datang ke rumah pelanggan dan merekrut tenaga baru untuk membantu kamu.

Pangkas rambut 

Mayoritas orang menganggap remeh bisnis ini. Tapi siapa sangka jika keuntungan yang didapat justru berlipat ganda?. Modalnya tidak terlalu besar. Hanya peralatan standar yang dipatok dengan kisaran harga Rp 1 jutaan. 

Bayangkan saja, jika setiap orang yang datang untuk memotong rambut dihargai Rp 10.000 maka kalikan jika tiap harinya ada 10 orang yang memangkas rambutnya maka dalam sebulan kamu sudah mengantongi 3 juta rupiah dari peluang usaha rumahan ini.

Handmade 

Kerajinan tangan menjadi barang yang paling dicari wisatawan saat mereka ingin membeli oleh-oleh untuk keluarganya di rumah. Bagi kamu yang memiliki ide brilian untuk merancang kerajinan yang unik seperti gelang, kalung, dan blangkon dan lain sebagainya.

Gimana, gais ?
Kira-kira mo nyobain usaha yang mana, nih ?

8 komentar:

  1. Pengen juga usaha sendiri, makasih ya bund masukannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bun leha, kdg jenuh juga jadi bawahan terus. Kalo usaha sendiri kan kita bosnya. Hahaha. Masama bun, moga manfaat ya

      Hapus
  2. Wah, setuju mba. Usaha rumahan keliatannya kalah gengsi tp kalau ditekuni bakal menghasilkan kok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah mvak, cm sebagian kita masih suka merasa kalah pamor dr mrk yg kerja kantoran

      Hapus
  3. ini yang lagi aku alami banget kak.. aku fresh graduate dan belum rejeki untuk kerja kantoran.. sekarang aku lagi mendalami blog dan mau usaha kuliner secara online hihi.. jaman sekarang emang harus muter otak banget ya.. Salam kenal ya kak...

    khhrnisa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat ya say, umur masih muda pantang lah galau, maksimalkan semua kreatifitas yg ada pasti bisa. Ngeblog asal dijalankan dg sepenuh hati juga bisa jdi pendapatan kok.

      Hapus
  4. aku tuh mimpi bgt bs bikin usaha dr rumah cm mentalnya blom cukup kuat *alessaaaan

    BalasHapus
  5. iya buka les mengajarf pernah kepikiran ini. Pernah juga kepikiran bikin catering. ah banyak ya kepikirannya mba, dan akhirnya ga ada yg jadi. Jadinya ngeblog aja, dan mayan lo mba buat penghasilan tambahan... Hihii mTrims ya refrensinya.

    BalasHapus


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal