Wednesday, October 1, 2014

Jika ditanya tentang Perkerjaan Idaman, aku yakin banget hampir semua orang akan menjawab "Perkerjaan dengan resiko kecil, tapi bayarannya besar". Karena aku sendiri adalah yang termasuk diantaranya.

"Emangnya ada perkerjaan yang seperti itu ?"
"Ada."
Ya, memang ada kan perkerjaan yang seperti itu, resiko kecil, bayarannya besar, yaitu jadi "aktor/aktris". Bisa dibilang perkerjaan ini sangat kecil resikonya.

Tapi sayangnya ga semua orang bisa menjadi aktor dan aktris kan ?
Untuk menjadi seorang Aktor/Aktris tidaklah mudah, karena kamu harus memiliki kriteria sebagai aktor/aktris dulu maka baru bisa menjadikan "aktor/aktris" sebagai profesi. Untuk  kriterianya aku nggak akan bahas disini, karena aku merasa kurang kompeten membicarakannya.

Now, back to the topic, yaitu Perkerjaan Impian.

Selain menjadi Aktor/Aktris, ada nggak perkerjaan dengan resiko kecil yang menyediakan bayaran yang besar ?

Aku sendiri masih ragu, karena memang rasa-rasanya nggak ada lagi perkerjaan yang bayarannya besar yang nyaris tanpa resiko.

Trus gimana dong dengan aku dan kamu-kamu yang nggak memiliki kemampuan untuk menjadi aktor/aktris tapi menginginkan perkerjaan yang bayarannya besar ?

Menurut aku nih ya, suka atau enggak, kita harus menerima kenyataan dengan lapang dada, dan mencari alternatif perkerjaan lain. Yang mungkin bayarannya tidak sebesar bayaran para aktor/aktris, namun dari segi resiko juga tidak besar-besar amat.

Apa saja jenis perkerjaan itu ?

Nah berdasarkan penelitian yang aku lakukan melalui Searching Engine ternama yaitu  "Mbah" Google maka didapatlah daftar perkerjaan dengan bayaran terbesar didunia.

Apa saja itu ? Ini dia 10 Perkerjaan Dengan Bayarang Terbesar

1. Pilot Pesawat Komersial

Menjadi seorang pilot memang tidaklah mudah, karena untuk menjadi seorang pilot kamu harus terlebih dahulu mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan yang tentu saja juga dengan biaya pendidikan yang nggak sedikit.

Tapi semua itu cukup impas dengan gaji fantastis yang ditawarkan oleh pihak maskapai penerbangan. Catat saja maskapai penerbangan ternama seperti Lion Air yang menggaji pilotnya dengan rata-rata 45 juta rupiah perbulannya. Sedangkan pihak maskapai Garuda Indonesia mengklaim bahwa mereka menggaji pilot mereka lebih besar yaitu sekitar 70 juta rupiah setiap bulannya.

Fantastis buanget kan ?

Tapi jangan ditanya soal resiko ya, gais. Perkerjaan ini juga masuk dalam daftar perkerjaan dengan resiko kematian terbesar lho.

2. Ahli Teknik Perminyakan

Sejalan dengan pilot tadi, untuk menjadi seorang Ahli Teknik Perminyakan juga nggak mudah, karena sebelum itu kamu harus melewati pendidikan di Universitas yang menyediakan jurusan Teknik Perminyakan. Dan biaya pendidikannya sudah pasti juga nggak murah.

Namun semua biaya pendidikan yang besar tadi akan menjadi tidak berarti jika kamu telah berkerja sebagai salah satu ahli teknik perminyakan. PT. Pertamina sebagai perusahaan minyak nasional memberikan rata-rata gaji untuk fresh graduate minimal Rp7 juta per bulan. Sedangkan untuk senior level gaji yang didapat bisa mencapai Rp150 juta per bulan. Gilla ! Gaji aku setahun ittuuuuhh.

Sebenarnya di Indonesia sendiri, gaji seorang ahli perminyakan termasuk yang paling kecil dibandingkan dengan negara lain seperti Malaysia, yang menggaji ahli perminyakan mereka hingga Rp500 juta perbulannya. Ck..ck..ck

3. Human Resources Manager

Disebut juga Manager HRD. Bedasarkan survei yang dilakukan oleh Kelly Services, Inc. pada rentang tahun 2012-2013, gaji seorang manajer HRD (Human Resources Department) yang memiliki pengalaman kerja lebih dari 5 tahun bisa mencapai maksimal Rp75 juta per bulan. Tentunya hal ini sebanding dengan beban kerjanya, karena ia bertugas mengepalai sebuah departemen yang fungsinya merekrut dan memberdayakan sumber daya manusia terbaik demi kelangsungan perusahaan.

Dan biasanya nih ya, jabatan ini diisi oleh orang-orang yang lulus dari jurusan Psikologi. Nah, kamu sekarang mahasiswa psikologi ? Good, berarti ada harapan bagi kamu untuk menduduki jabatan strategis ini nih.

4. Dokter Spesialis

Gaji sebagai seorang dokter spesialis di Indonesia memang tidak memiliki standar yang sama apalagi jika membandingkan dokter spesialis yang praktek di rumah sakit pemerintah dengan rumah sakit swasta. Seorang dokter spesialis di RS pemerintah rata-rata hanya mendapatkan Rp10 juta per bulan dan ini sudah termasuk gaji pokok, insentif, dan jasa kunjungan pasien. Berbeda dengan dokter spesialis di RS swasta yang bisa mencapai minimal Rp50 juta per bulannya.

5. Ahli Pertambangan

Hampir sama dengan para ahli perminyakan, profesi ahli pertambangan juga menjanjikan gaji selangit bagi para pegawainya. Ahli geologi yang bekerja di lokasi pertambangan bisa memiliki gaji sebesar Rp30 juta per bulan. Hal ini wajar karena untuk menjadi seorang ahli geologi yang cakap di bidangnya dibutuhkan pendidikan dan pengalaman yang cukup lama.

6. Ahli Teknik Informatika

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi di Indonesia maka semakin akan semakin dibutuhkan tenaga ahli yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Rata-rata gaji seorang software engineer dan system administrator di Indonesia adalah Rp15 juta per bulan dan dengan pengalaman kerja lebih dari 2 tahun.

7. Manager Pemasaran

Menjadi seorang manajer pemasaran merupakan sebuah profesi yang vital, kenapa? Karena manajer pemasaran bertanggung jawab untuk mengelola sistem pemasaran meliputi strategi dan analisis pasar. Untuk itu berdasarkan survei dari Kelly Services, rata-rata seorang manajer pemasaran mendapatkan gaji sebesar Rp60 juta per bulan.

8. Anggota DPR

Di Indonesia, gaji anggota DPR bisa dibilang relatif tinggi, bahkan mendapat peringkat ke-4 terbesar di dunia. Seorang anggota DPR memiliki gaji pokok sebesar Rp15 juta yang kemudian masih ditambah berbagai mencapai tunjangan sehingga total gaji mereka bisa mencapai Rp46 juta per bulan atau Rp554 juta per tahunnya. Sebuah nilai yang sangat fantastis untuk orang-orang yang hanya duduk mewakili suara rakyat Indonesia.

9. Ahli Konstruksi

Tenaga ahli konstruksi juga menjanjikan gaji yang tinggi. Untuk propinsi DKI Jakarta saja, berdasarkan surat edaran Menteri Pekerjaan Umum Indonesia pada bulan Maret 2013, ahli konstruksi dengan pendidikan S1 (fresh graduate) tanpa pengalaman bisa mendapat gaji sebesar Rp20 juta, sedangkan untuk ahli konstruksi dengan latar belakang pendidikan S3 yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun bisa mencapai lebih dari Rp60 juta per bulan.

10. Chief Executive Officer

Ini merupakan jabatan tertinggi dalam struktur pejabat korporat (eksekutif) dan posisi ini umumnya ditunjuk oleh dewan direksi sebuah perusahaan. Rata-rata seorang CEO di Indonesia bisa mendapat gaji sebesar Rp1 milyar per tahunnya. Ini pun termasuk yang paling kecil jika dibandingkan dengan CEO dari perusahaan asing.

Nah .. gimana gais ?

Kira-kira kamu memiliki kualifikasi nggak untuk mendapatkan perkerjaan-perkerjaan tersebut diatas ?

Kalo enggak, jangan merasa hampa dan putus asa ya gais.

Yuk, syukuri perkerjaan yang kita miliki sekarang karena pada dasarnya semua perkerjaan yang halal itu baik. Besar atau kecil jumlah gaji yang kamu dapat dari perkerjaan sekarang harus disyukuri karena perkerjaan itulah yang udah menafkahi kamu.

Lagi pula menurut aku nih ya, jumlah itu adalah relatif, tergantung bagaimana kita memaknainya. Karena ada orang dengan gaji 1 juta merasa cukup, akan tetapi ada orang dengan gaji 5 juta masih merasa kurang. Jadi semua itu tergantung gaya hidup yang kita jalankan.

Alahkah bijaknya, jika kamu menginginkan perkerjaan dengan bayaran yang lebih, maka tingkatkan dulu kualitas diri kamu. Agar diri kamu cukup pantas untuk bersaing mendapatkan perkerjaan tersebut.

Okkeh, gais ?

Sip.

Semoga bermanfaat ya.. Sampai jumpa di postingan berikutnya.



Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id