promo enfa

Saturday, April 25, 2020

Jenis-jenis Makanan Kucing yang Cat’s Lover Harus Ketahui

jenis makanan yang disukai kucing


Kucing adalah salah satu binatang yang paling banyak dijadikan hewan peliharaan. Bulunya yang lembut dan tingkahnya yang menggemaskan merupakan beberapa alasan yang membuat orang menjadi Cat’s Lover atau pecinta kucing. Tetapi, sebagai Cat’s Lover apakah kamu sudah mengetahui jenis-jenis makanan kucing?

Kucing merupakan hewan karnivora. Kalau lihat di tayangan tivi, pada umumnya orang akan mengatakan bahwa kucing itu makanannya adalah tikus, dan hewan-hewan kecil lainnya. Tetapi, sebagai hewan peliharaan, kucing juga harus diberi makan makanan yang baik agar kesehatannya terjaga. Jangan sampai kucing yang kita pelihara, bentuk dan tingkahnya mirip dengan kucing liar yang jorok, rakus, dan beringas. Kucing peliharaan seharusnya lebih ‘beradap’ dari kucing liar karena makanannya sudah terjamin.

Merasa aneh mendengar istilah 'kucing beradap'?

Hohoho ... Kalau kalian memperhatikan dengan baik, kalian pasti bisa membedakan kucing yang dipelihara dengan benar atau tidak. Kucing yang dipelihara dengan benar tingkahnya lebih lembut, dan tidak rakus dengan makanan. Ada lho kucing yang suka mencuri. Diam-diam menyelinap masuk ke rumah, trus membuka tudung saji, kemudian memakan ikan dengan sepuasnya. Aku sendiri beberapa kali mendapati lauk di bawah tudung saji kami habis dimakan kucing liar. Rasanya geraaaaam sekali. Mau dipukul, eh ... dia udah kabur. KZL!

Trus, kucing yang beradap itu kalau pup dia juga ga sembarangan. Bahkan ada kucing yang bisa pipis dan pup di toilet. So, kucing juga bisa diajarin tata krama ya, gais.

Nah, salah satu cara mengajari kucing adalah lewat makanannya. Untuk itulah, sebagai Cat’s Lover kita harus tahu, nih. Jenis-jenis makanan yang baik dan disukai oleh kucing.


Jenis-jenis Makanan Kucing yang Cat’s Lover Harus Ketahui


jenis makanan kucing



Makanan terbaik untuk kucing benar-benar tergantung pada kebutuhannya, seperti mengandung protein tinggi, rendah karbohidrat, dan memiliki cukup vitamin dan mineral.

Makanan kucing juga tidak bisa disamakan untuk semua jenis kucing. Kucing anggora, misalnya. Makanan kucing anggora ini termasuk jenis makanan kucing yang paling harus diperhatikan, karena kucing anggora karakteristiknya tidak sama dengan kucing lokal biasa.

Jenis makanan kucing yang tepat, akan menjaga kesehatannya dan juga membantu mempercepat proses pertumbuhannya.

Berikut jenis-jenis makanan kucing yang Cat’s Lover harus ketahui:

1. Dry Food

Makanan kering lebih ekonomis karena dibuat dengan cara ekstrusi daging dengan tekanan dan suhu yang tinggi. Selain itu makanan kering juga memiliki umur simpan yang sangat lama. Jadi satu kantong makanan kering bisa bertahan untuk beberapa bulan.

Makanan kering ini juga banyak disukai oleh kucing. Meski begitu, bukan berarti kita harus repot membuatnya sendiri. Saat ini berbagai jenis makanan kering dengan varian rasa berbeda sudah banyak dijual di pet shop.


2. Wet Food

Dibandingkan makanan kering, makanan basah cenderung lebih disukai oleh kucing karena mengandung air tambahan. Ibarat kita manusia nih, makan nasi pake sayur lebih terasa nikmat, kan. Hehehe.

Makanan basah secara kesehatan juga bagus untuk kucing karena kandungan air tambahannya memiliki manfaat untuk ginjal dan seluruh sistem saluran kemih.

Mengingat begitu banyak varietas makanan basah ini yang dijual di pasaran, kita harus jeli membaca label sebelum membeli. Perhatikan kadar kandungan pada kemasan.


3. Makanan Mentah

Meskipun makanan siap saji banyak tersedia, namun jenis makanan mentah ini tetap perlu diberikan untuk kucing agar dia tidak kehilangan insting alaminya sebagai kucing. Memberi makanan mentah kepada kucing berarti memberi mereka makan daging otot hewan mentah, daging organ, dan tulang.

Kucing bisa mencerna makanan mentah dengan baik karena memiliki saluran pencernaan yang lebih pendek dan lebih asam. Karena itu beberapa patogen yang masuk tidak akan menyebabkan masalah. Meski begitu, sebagai Cat’s Lover kita tetap harus waspada, tidak semua jenis kucing bisa mentolerir makanan mentah.

Untuk jenis makanan mentah ini mungkin bisa disiapkan sendiri. Tetapi kalau tidak ingin repot, kita juga membelinya di pet shop.


4. Makanan Protein Rendah

Idealnya makanan kucing itu memiliki kandung protein yang tinggi. Namun karena alasan kesehatan adakalanya kucing memerlukan makanan rendah protein. Khususnya kucing dengan riwayat penyakit ginjal. Makanan dengan protein rendah bisa memperlambat perkembangan penyakitnya.





Nah, itulah jenis-jenis makanan kucing yang Cat’s Lover harus ketahui agar bisa memberikan makanan yang tepat untuk kucing kesayangannya.

Makanan kering adalah jenis makanan yang lebih hemat, namun mengandung banyak karbohidrat yang membuat kucing rentan terhadap diabetes. Makanan basah lebih disukai oleh sebagian besar kucing, karena lebih mudah dicerna, namun harganya cenderung lebih mahal. Jadi saran terbaiknya adalah beri campuran keduanya. Berikan kucing semua jenis makanan dengan cara bergantian. Hari ini makanan kering, besok makanan basah, besoknya lagi makanan mentah. Agar kucing tumbuh sehat, namun tidak membebani biaya pengeluaran kita.













23 comments:

  1. Mantep infonya mba. Jadi paham juga makanan mentah ternyata perlu ya sekali2, tapi ga semua kucing mau sih.

    ReplyDelete
  2. Wah jadi pengetahuan baru inii. Seneng liat kucing. Lucu gemesin. Tapi aku bukan cat lover. Ga mau meliharanya. Hihi

    ReplyDelete
  3. Saya punya tetangga yang sangat pecinta kucing, sampai kaget saya budget untuk makanannya saja. Mihil.

    ReplyDelete
  4. Wah, aku baru tahu lho ternyata ada ya kucing ya mengalami masalah dengan organ dalam termasuk ginjal. Ealah, kucing kan juga makhluk hidup, ya. Tapi beneran, nggak tega aja kalau melihat mereka harus dibedel-bedel karena sakitnya itu.

    Di rumahku tuh banyak kucing liar suka mampir. Tapi ada satu sih yang rutin banget. Kalau habis Subuh buka jendela, langsung aja dia lompat masuk. Kucingnya cantik, putih bersih. Makannya pun sedikit banget. Dia termasuk salah satu kucing yang nggak bisa makan makanan mentah, nih, jadi lebih sering diberikan khusus makanan buat kucing.

    Jadi aku setuju banget kalau makanan kucing juga tergantung kondisi kucing itu sendiri.

    ReplyDelete
  5. Wah complicated juga ya urusan makanan koceng ini hehe, ternyata ada beberapa jenis dan harus disesuaikan dengan kucingnya juga

    ReplyDelete
  6. Aduh aku gak paham. Ternyata makanan kucing macam2 juga ya. Sebenarnya anak-anakku minta pelihara kucing, tapi aku gak sanggup bersihinnya. Apalagi di Jakarta ventilasi nggak terlalu bagus karena udara cuma dari arah depan. Ditambah perintilannya yang aduhai. Wis nyerah aku, heheh

    ReplyDelete
  7. Wah walaupun ga punya pet dirumah tapi nambah ilmu banget big kalau makanan cat tu Ada berbagai Jeni's sesuai fungsi Dan manfaatnya.

    ReplyDelete
  8. Wah walaupun ga punya pet dirumah tapi nambah ilmu banget big kalau makanan cat tu Ada berbagai Jeni's sesuai fungsi Dan manfaatnya.

    ReplyDelete
  9. Banyak ya jenisnya makanan kucing, kirain dia suka ikan aja. Trus, kenapa ya mbak kira-kira kalau kucing angora biasanya makan ikan asin bulunya jadi rontok?

    ReplyDelete
  10. Hihi aku kok belum bisa mencintai mereka ya entah kenapa? Karena kecilku sakit bronchitis yang membuatku harus menjauhi mereka dalam hidupku. 19 th hidup dalam rasa sakit yang panas salah dingin salah kena bulu kucing salah pokoknya no way about kucing kata mamah dulu

    ReplyDelete
  11. baru tau kucing juga bisa diabetes, sama kaya manusia ya kebanyakan makanan karbo dan gula bikin diabet. makanya kudu hati-hati. makasih sharingnya mba, sekarang jadi paham deh sama makanan kucing, hihi

    ReplyDelete
  12. kalau ada duit, kucing ku makan whiskas..kalo ga ada bujet, kami sering ksih ikan rebus dengan nasi putih..eheheh baru tahu juga klo jenis makanan kucing banyak ya

    ReplyDelete
  13. Masya Allah, ternyata makanan kucing pun ada beragam jenisnya. Saya jadi tahu setelah membaca artikel ini. Selama ini saya tidak terlalu berakrab ria dengan kucing karena suami alergi bulunya. Tapi, sering sih melihat tetangga ngasih makanan instan ke kucing-kucing yang rajin main ke rumahnya.

    ReplyDelete
  14. Pernah punya kucing tapi kucing liar, kebetulan saja sering diberi sisa makanan sama anakku. Lama-lama jadi betah dan makin beradab, sayang sudah pergi mengikuti pasangannya. Ku sedih hiks. Mungkin dia butuh makanan seperti yang ada di artikel ini, telat tahu sih

    ReplyDelete
  15. Mantap infonya. Di rumah, anak-anak saya memelihara 2 kucing. Mereka dan ayah mereka, cat lover. Saya ... bukan! Hihi

    ReplyDelete
  16. Nambah pengetahuan banget, nih. Sekali-kali kayaknya, cocok lah kucingku diberikan makanan khusus dia. Kagak nasi campur ikan mulu. Hehehe.

    ReplyDelete
  17. Yuni bukan cat's lover sih. Tapi pernah juga memelihara kucing. Dulu, saat masih di sekolah dasar.

    Urusan makanannya juga dulu tu Yuni masih belum paham bener. Emak Yuni yang kasih makannya. Yuni cuma kebagian jatah main sama kucing aja. Hehehe

    ReplyDelete
  18. Aku juga pelihara kucing liar sih, kalo dia datang kukasih dry food aja hehe.. Makin banyak kucing dateng wkwk..

    ReplyDelete
  19. Wah aku dulu pas kecil suka melihara kucing. Tapi ya kucing kampung gitu. Yang enggak beradab hahahha. Sukanya nyolongin makanan sampe dipukulin bapak gak kapok-kapok. Sekarang aku gak terlalu suka lagi Dan gakmau melihara. Tapi kalo liat video kucing masih sukaaa

    ReplyDelete
  20. Kucing-kucing di rumah terbiasa makan makanan yang matang atau biskuit kucing, jadi mereka gak mau kalau dikasih makanan mentah. Padahal ternyata perlu juga kucing itu diberi makanan mentah ya?

    ReplyDelete
  21. Aku cat lover mba. Tapi gk paham ttg jenis2 makanan kucing. Aku tahunya makanan kucing ya wiskas itu. Baca ini jd tmbh pngetahuan. Thx y mb

    ReplyDelete
  22. Hihihi bunsay, karena nulis tentang kucing ya. Aku baru ngeuh, oh ya ya kucing peliharaan itu berbeda ya perilakunya ama kucing liar. Terus aku jadi banyak belajar juga tentang kucing, walau kucing banyak makanan instannya tapi tetep ya perlu juga dikash makanan mentah. Meni baru tahu aku. Ini kyak edukasi kucing juga ya

    ReplyDelete
  23. Aku karna punya kocheng, campur makanannya. Kadang makanan kucing, kadang masakan hari ini kwwkw

    ReplyDelete


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.