Saturday, August 26, 2017

Hai, gais !

Pastinya sudah sering mendengar nama destinasi wisata yang keindahannya sudah mendunia ini, kan ? Ya iyalah, masa ya iya dong. Hari gini ga pernah mendengar yang namanya Raja Ampat ? Hmmm ... mana ku percaya, ah, mana ku percaya.

Gambar : Pixabay
 
Tapi sayangnya, kemolekan alam Raja Ampat ini tidak mudah untuk dinikmati semua orang. Letaknya yang nun jauh di Papua sana adalah salah satu alasan, mengapa biaya perjalanan ke Raja Ampat sungguh sangat menguras dompet bagi wisatawan yang domisilinya di wilayah barat. Terlebih untuk ukuran wisatawan domestik sekelas eike, wah ... kudu nabung berapa taon ituuh ? Hahaha.

*mimpiin dulu aja deh*

Tapi menurut orang-orang yang udah ke Raja Ampat, semua pengorbanan yang dikerahkan itu terbayar lunas oleh indahnya pemandangan yang terpampang di depan mata. 

*tuh kan makin baper deh*

Tapiiiii ... tetep aja, kan. Yang bisa menggelontorkan biaya sebesar itu ya tentu saja hanya orang-orang tertentu yang memiliki anggaran berlebih. 

Nah ... gimana dong dengan orang-orang yang kondisi keuangannya minim seperti aku inih ? Masa iya harus gigit jari lagi. Gini-gini kita pan pengen juga ngerasain sensasinya para traveller itu, yah ? 

*kita ??? elo aja kale*

Bukannya enggak bersyukur. Emang sih, dengan kemajuan teknologi sekarang keindahan Raja Ampat masih tetap bisa dilihat meski tanpa mengunjunginya langsung. Tapi, liat di komputer sama liat langsung kan beda kan yah. Masa iya mo selfie dengan background layar kompie. Ga lucu, ah.

*wooi ... bersyukur wooi ...*

Hehehe ... iya, ya. Hidup itu kudu banyak-banyak bersyukur, biar Tuhan ga kapok bagiin semua rahmatNya, yah.

Oke.

Fix.

Aku gak akan ngeluh lagi.

Dan bener, lho. Tuhan itu Maha Penyayang dan Maha Adil. Dia tahu, ada hambanya yang pengen ke Raja Ampat tapi ga berdaya. Trus sama Dia dikasih deh tuh, sebuah tempat yang letaknya ga jauh, tapi pemandangannya gak kalah indah sama Raja Ampat.

Sama indahnya dengan Raja Ampat ?
Ah ... masa, sih ?

Pasti,deh, mikirnya pada gitu.
Iya apa iyaaaa ?

Ulu Kasok, Replika Raja Ampat Yang Mempesona

Ulu Kasok, terletak di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Propinsi Riau bagi penduduk setempat dijuluki Raja Ampat KW. Meskipun jauh berbeda, tetapi pemandangannya hampir sama dengan Raja Ampat. 

Ulu Kasok menyajikan 3 objek wisata utama , yaitu Air Terjun Ulu Kasok, Wisata Pulau dan Puncak Ulu Kasok. Nah ... Puncak Ulu Kasok inilah yang paling diminati oleh para pengunjung karena bisa dijadikan area untuk berfoto dengan pemandangan yang menyerupai Raja Ampat. 

Untuk mencapai Puncak Ulu Kasok, pengunjung harus menyediakan stamina ekstra karena harus melakukan pendakian kurang lebih 500 meter yang medannya masih berupa tanah.

jalan menuju Ulu Kasok yang memacu adrenalin


Sesampainya di Puncak Ulu Kasok pengunjung bisa berisitirahat di rumah pohon yang telah disediakan. Sayangnya, saat ini jumlah rumah pohon yang tersedia baru berjumlah 8 buah. Jumlah ini tentu saja belum mampu menampung jumlah pengunjung yang setiap harinya selalu meningkat.

rumah pohon di Ulu Kasok

Dari Puncak Ulu Kasok ini, terpampang jelas gugusan pulau-pulau kecil yang mengambang di atas permukaan danau. Tuuh .. lihat deh di gambar berikut, gak kalah indah kaaan ?

Meskipun dibilang Raja Ampat KW, pemandangannya sangat indah, lho !
spot photo yang instagramable



Fasilitas dan Akomodasi Ulu Kasok

Jika pengunjung ingin menikmati pemandangan di sekitar pulau, harus berjalan sekitar 600 meter ke tepian danau. Cukup membayar senilai Rp15.000 maka sebuah speedboat akan mengantar pengunjung untuk mengelilingi pulau yang diinginkan.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkemah di alam terbuka dengan pemandangan ala Raja Ampat, maka cukup dengan merogoh kocek senilai Rp100.000, sebuah tenda tipe A yang bisa menampung 10 orang lengkap dengan lampu badai dan tikar bisa dipakai untuk bermalam.

Untuk wisata pulau juga tersedia paket perjalanan mulai dari penginapan hingga speedboat. Khusus untuk pengunjung yang ingin memancing, akan ada seorang petugas yang memandu dan mengantarkan pemancing ke tengah danau dengan sampan tempat dimana ikan banyak berada dan terima beres deh, karena sudah termasuk paket makan.  

Oh, iya. Dari tadi ngomong panjang lebar, tapi ga ada bahas tentang tiket masuknya, ya. Hahaha ... maapkeun beta yang ga pernah traveling ini yah. Biaya masuk ke tempat wisata Ulu Kasok ini murah meriah lho sodara-sodara. Cukup bayar Rp10.000 aja perorangnya, bisa deh tuh, puaaas...puaaass... nikmatin pemandangan yang ala Raja Ampat ini.


Akses Menuju Lokasi Ulu Kasok

Naaah .. ini yang paling penting, nih. Bagi pengunjung yang berasal dari luar Riau, jika menggunakan pesawat, maka kamu kudu wajib bertolak dari kota Pekanbaru. Dari Pekanbaru, kamu akan menempuh perjalanan kurang lebih 90 km untuk sampai ke Ulu Kasok. Tapi, dont worry be happy, gais. Ulu Kasok ini letaknya di pinggir jalan lintas, kok, yaitu jalan lintas Sumbar-Riau. Jadi bisa dipastikan lokasinya mudah banget untuk ditemui.

Saran bagi pengunjung 

Agar wisata kita berlangsung aman dan nyaman ketika mengunjungi Ulu Kasok, berikut ini ada beberapa saran yang aku himpun dari beberapa sumber. 

1.       Jangan lupa membawa topi atau payung.
View-nya emang boleh mirip dengan Raja Ampat di Papua, tapi kalo urusan suhu, jangan lupa ini Riau, udaranya sangat panas jenderal. Jadi biar kulit ga gosong sediain atuh topi atau payung. Dan buat cewe-cewe yang kinclong, jangan sampe pulang dari Ulu Kasok orang-orang jadi pangling karena dekil. Pake sunblock ya, sis. Yuuuk ..

2.       Bawa makanan dan minuman ringan
Mengingat tempat wisata ini masih belum terkelola dengan baik, jadi jumlah penjual juga masih sedikit. Apa lagi habis melewati pendakian yang lu-ma-yan ituh, kan bawaannya haus bin lapar kan yah. Sok, atuh, dalam tas udah ada makanan dan minumannya. Lha .. apa mau turun lagi untuk beli makanan dan minuman ? Keburu pingsan deh... hehehe

3.       Never use High heel
Untuk mba-mba dan sista-sista yang kekinian, pastinya pengen tampil cantik mempesona dong yah waktu di photo. Hmm .. apa lagi dengan view yang indah itu, wah .. pasti semakin cetar deh kalo lengkap dengan highheel. Pleease, highheelnya di taroh di tas dulu ya, pas jalannya pake sandal atau sepatu kasual aja, karena medannya lumayan memacu adrenalin cuyyy. Dan pastinya juga licin kalo habis hujan.

4.       Pastikan baterai HP / Kamera full
Apalah artinya sebuah pemandangan yang indah kalau keberadaanmu disana tidak bisa diabadikan. Hoax, dong, bre. Hahaha. Yuk ... ah. Sebelum berangkat pastikan semua perangkat dalam keadaaan ready for action. Karena bakal kecewa kalo hasrat pepotoan kamuh terhalang oleh baterai yang tidak bersahabat.

5.       Sediakan kantong plastik
Jagalah kebersihan, karena kebersihan adalah bagian dari keindahan. Nah, lho. Slogan di tembok sekolah gue dulu, iniiih. Hihihi ... masih nampol ajah. Mengingat tempat wisata Ulu Kasok ini belum terkelola dengan baik, jadi petugasnya pun masih sangat terbatas. Yuk, bantuin jaga keindahan lokasi dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kalo mo buang sampah, kumpulin dulu dalam kantong plastik, baru deh dibuang di tempat yang telah di sediakan.

6.       Tetap waspada
Dimana pun kamu berada yang namanya waspada tetap nomor satu, dong. Jangan sampe setelah puas foto-foto, pas balik ke parkiran, eh ... kendaraan raib. Nah .. lho, nyesek kan ? Jadi pastikan kendaraan sudah terkunci dengan maksimal, ya, gais. Trus, buat yang bawa anak kecil nih, pastikan anak-anak anda berada dalam genggaman tangan anda. Ga cukup dalam pengawasan mata aja ya bapak-bapak-ibu-ibu. Karena sekeliling spot ini masih belum ada pagarnya, jadi masih rawan banget untuk anak-anak.

7.       Attitude is numero uno
Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Aiiih ... tumben nih aku pada ingat pepatah-petitih hari ini. Intinya, dimana pun kamu berada patuhilah peraturan yang ada. Terutama ketika berada di daerah yang asing seperti  Ulu Kasok ini. Jaga sikap dan ucapan, ya. Bertamu harus sopan, biar ‘tuan rumah’nya pun segan.

Oke, gais.
Sekian liputan dari aku kali ini. Semoga tertarik, dan cus ... nyobain sensasi Raja Ampat di Ulu Kasok.

Oh .. ya, ada yang udah berkunjung ke sini, kah ?
Jangan sungkan share pengalaman kamu di kolom komen, yah.

Terimakasih.

=======
Tulisan ini diikut sertakan dalam Collaborative Blogging KEB (Kumpulan Emak-emak Blogger), sebagai tanggapan atas trigger post yang ditulis oleh Primastuti Satrianto dari Grup Raisa dengan tema liburan akhir pekan.




12 komentar

Waaaaaa Riau juga pny Raja Ampat yaaa, semoga kesampaian ke Riau dan jg ke Raja Ampat. Senangnyaaaaaaa

REPLY

Riau dan Papua sama jauhnya kalau dari Makassar, hehe. Butuh dana untuk ongkos pesawatnya.
Setuju banget dengan tips terakhir, dan itu yang selalu diingatkan almarhum bapak ketika saya pergi traveling. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.

REPLY

Iya mba. Ternyata ada. Lumayanlah utk melipur lara yg blm bisa ke Raja Ampat

REPLY

Wah.. kalo dari makasar justru lebih dekat ke papua dong mba. Beruntungnya dirimuuuu *langsung deh iri*

REPLY

Wow! Keren banget pemandangannya. Indonesia memang kaya akan pemandangan alam yang indah. Jadi mestinya kita bangga dan menomorsatukan untuk keliling Indonesia daripada keliling dunia ☺

REPLY

Waoow trnyt raja ampat ad kmbranny..tp di Riau..😩😩jauh jg dr jogja..
Doakan y mb, smga sy dn klurga bs sgra mengunjungi Ulu kasok

REPLY

Riau ngga terlalu jauh dari Jakarta ya kalo dibanding Papua. Ongkos pesawat juga ngga sebikin nangis pesawat ke Papua.

Makasih infonya ya, saya baru tau kalo di Riau ada Raja Ampat KW.

REPLY

Setuju mba. Keindahan alam indonesia gak kalah cantik kok dr negara lain. Rugi banget kalo ga mau menikmati pemandangan di negeri sendiri

REPLY

Aamiin. Semoga bisa ke Raja Ampat dan juga ke Riau ya mba.

REPLY

Embeer mbaa. Utk pesawat aja PP masih bisa dapet yg 1jt an kok kalo lagi promo. Kalo ke Papua bayar segitu ntar diturunin di tengah jalan lagi. Hahaha

Sama-sama mba. Semoga bermanfaat yah

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id