Saturday, September 17, 2016

 Halo, gais !
Apa kabar ?
Semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat, ya. Dan kalau ada yang lagi sakit, semoga segera diberi kesembuhan oleh Allah. Aamiin.

Oh, ya, hari ini aku mau buat pengakuan nih, gais. Pengakuan bahwa sebenarnya aku ga bisa bawa motor sama sekali. Huhuhu.. malu-maluin yaa. Hari gini, gitu lhoooo..

Tapi, ya, emang gitu faktanya. Bagi aku nih, ga ada yang senyaman berada di boncengan orang lain. Huahaha.



Akan tetapi, kondisi itu berakhir seminggu yang lalu. Karena satu alasan yang tidak terelakkan, membuat aku harus memberanikan diri untuk mengendarai sepeda motor. Di usia yang udah kepala tiga baru belajar bawa motor, hmm.. kamu-kamu bisa bayangin gak betapa lebaynya aku ? Kaki gemetar, telapak tangan basah karena keringat dingin, sementara hati gak berhenti untuk istighfar. Takuuuut, banget. Terlebih lagi ketika sore pas mau pulang kantor, suami langsung bilang gini, "Ayo cepetan, Bunda harus bawa sendiri motornya, boncengin ayah."

"Apaa  ???"
Muka langsung pucat pasi, dan mendadak mobil dan sepeda motor yang melaju di jalan raya berubah menjadi fuso. Besarrr semua.

Aku mau nolak, dan berusaha ngeles buat menghindar. Tapi gak bisa, instrukturnya galak banget, cuii ! Yah, begitulah, meski kaki gemetar, telapak tangan basah, aku beranikan diri untuk mengendarai itu motor. Selama berada di jalan raya, aku membatin dalam hati, "ini rumah kok rasanya jauhhhh banget ya ?"
*ya iyalah masih jauh, lha motornya aja baru jalan 10 meter kok.. hahaha*

Alhamdulillah.. sampai juga dirumah dengan selamat.

Nyamannya berkendara dengan fiture CBS-ISS dari Honda.

Aku yang baru belajar mengendarai motor, dan alhamdulillah, dalam waktu 2 hari udah bisa pergi-pulang kantor dengan motor sendiri. Hal ini ga mungkin terjadi kan kalo aku ga merasa nyaman dengan motornya. Nah, ada rahasianya nih, gais. Yaitu fiture CBS-ISS dari Honda. 

CBS adalah singkatan dari Combi Brake System, yang fungsinya menyelaraskan rem depan dan rem belakang. Jadi ketika tuas rem kiri ditekan, maka remnya akan berfungsi ganda untuk depan dan belakang sekaligus. Ini sangat bermanfaat bagi pengendara baru seperti aku ini lho gais. Karena tau sendirilah ya, pengendara baru itu kan masih suka grogi, masih gampang kaget, juga masih mudah panik. Jadi ketika tiba-tiba panik karena sesuatu hal di jalan raya, CBS akan membuat motor berhenti secara aman bukan dadakan. Sehingga pengendara bisa terhindar dari jatuh akibat ban motor yang slip.



Sedangkan ISS atau Idling Stop System adalah fitur lain dari Honda yang fungsinya menghemat bahan bakar saat motor dalam keadaan berhenti lebih dari 3 detik. Jadi, jika fitur ini diaktifkan, maka disaat motor berhenti lebih dari 3 detik, maka otomatis mesin akan mati. Tapi matinya mesin ini tidak sama dengan keadaan sebelum dinyalakan, ya, gais. Mungkin lebih tepat jika dikatakan standby ya. Karena ketika gas diputar otomatis mesin akan kembali menyala. Jadi ga perlu di starter lagi.



Selain fitur CBS dan ISS itu, ada dua hal lagi yang juga membuat aku semakin nyaman dalam berkendara yaitu adanya Brake Lock dan Side Stand Switch.

Brake Lock ini berfungsi sebagai rem tangan yang sangat membantu ketika harus berhenti ditanjakan. Dengan adanya tuas ini, tangan ga perlu merasa pegal karena harus menekan rem terus. Selain itu rem tangan ini juga mencegah motor loncat ketika distarter.

Begitu juga dengan fungsi Side Stand Switch-nya yang membuat aku merasa nyaman banget kalo ninggalin Aira di motor ketika aku lagi belanja atau lainnya. Karena pernah kejadian kan, ketika ditinggal ibunya di motor saat berbelanja, si anak mutar gas, dan motorpun langsung terbang melayang. Masih untung si anak gak kenapa-napa. Nah, dengan adanya fitur Side Stand Switch ini hal buruk itu bisa dihindari karena motor akan otomatis mati ketika Side Stand-nya di turunkan. Trus ga ada lagi tuh cerita lupa naikin standar samping, karena selama stantar sampingnya belum naik, motor ga akan bisa di starter.

Oke, gais. Itu sepenggal cerita aku tentang nyamannya berkendara dengan Honda Beat. Ini bukan sponsor post ya. Ini murni pengalaman pribadi aku aja. Jadi kalo ada yang mau komen, monggo dipersilahkan dengan senang hati.

Sampai jumpa.

2 komentar

yg namanya Ilmu itu harus aku ambil dari mana pun datangnya...he
Thanks min

REPLY

honda memang selalu memberikan inovasi terbaiknya buat berkendara

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id