Sunday, April 22, 2018

Destinasi Wisata Keluarga di Batam

April 22, 2018 0 Comments



Libur tlah tiba ... libur tlah tiba ... Hore! Hore! Hore!

Lihat kalender pendidikan, ternyata liburan kenaikan kelas kali ini panjang banget, ya. Kurang lebih 3 minggu, lho. Wah, harus dinikmati dengan maksimal, nih. Apalagi momen liburan kali ini juga bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, jadi semakin berkesan dong pastinya.

Karena berbagai alasan, keluargaku termasuk yang sangat jarang pergi liburan. Alasan utamanya sih pasti soal keuangan. Ya, mau gimana lagi harga tiket pesawat di hari libur itu selalu saja mahal. Akibatnya setiap musim liburan tiba kami sekeluarga hanya mutar-mutar di kota Duri aja, deh. Kadang suka iri juga melihat orang-orang yang bisa pelesiran ke tempat-tempat wisata yang indah. Dalam hati pun sering kali bertanya, “Kapan ya bisa jalan-jalan seperti mereka ?”

Berbicara tentang destinasi wisata, kami sekeluarga sudah lama mengidamkan bisa berwisata ke Batam. Batam merupakan kawasan terbesar di Kepulauan Riau yang menjadi jalur pelayaran internasional. Selain mengalami pertumbuhan yang pesat di sektor ekonomi, sektor wisata pun berkembang dengan sangat baik. Posisinya yang strategis juga membuat Batam menjadi sebuah kota yang multi cultural. Di sini bisa ditemukan berbagai tempat wisata yang ramah anak. Makanya kami sepakat menjadikan Batam sebagai destinasi wisata keluarga favorit.






Tempat Wisata Keluarga di Batam yang Ramah Anak


1.   Mega Wisata Ocarina Park
Terbentang di atas lahan seluas 40 ha, Mega Wisata Ocarina Park menjanjikan zona atraksi yang setara dengan Taman Impian Jaya Ancol. Dari 30 zona atraksi yang direncanakan baru terwujud 11 wahana, diantaranya yaitu Water Park, Kiddy Land, Kolam Bangau, Giant Wheel, dan Fliying Fox. Selain itu juga terdapat fasilitas mandi busa yang gratis. Ada juga food court, taman bermain untuk anak, dan juga tempat karaoke. Bahkan juga ada atraksi banana boat, diving, dan kapal dayung untuk penggemar olahraga air.

2.   Alun-alun Engku Putri
Dana yang terbatas jadinya pengen cari tempat wisata yang gratis, ya. Nah, Alun-alun Engku Putri ini adalah solusi yang paling tepat. Lingkungannya yang asri cocok banget dijadikan ajang foto-foto. Karena di tempat ini juga terdapat purna MTQ Nasional XXV dan taman. Karena tempatnya yang rindang dan sejuk, alun-alun ini juga sering dijadikan sebagai pusat olahraga seperti jogging, senam, tenis meja, dan juga skateboard. Anak-anak pasti betah nih.

3.   Hutan Wisata Mata Kucing
Rindu dengan wisata alam ? Nah, boleh banget nih menjajal Hutan Wisata Mata Kucing, yaitu kebun binatang mini yang terletak di tengah rimba belantara. Berbagai jenis satwa pun dipamerkan dalam kandang di kawasan ini. Ada primata, burung, hingga aneka ikan. Pernah melihat ikan arwana ukuran jumbo? Di sini kita akan menemukan ikan arwana gold yang ukurannya mencapai 1 meter, lho. Dan jumlahnya gak cuma satu, tapi puluhan ekor.
Bagi yang suka hiking berbahagialah karena di sini ada medan hutan lebat dan jalanan yang curam. Pasti bisa memacu adrenalin to the max, ya. Ditambah lagi dengan flying fox. Wah, bisa dijamin Abi Aira pasti betah. Hahaha.

4.   Kebun Raya Batam
Walaupun belum dibuka secara resmi, tetapi pesona Kebun Raya Batam ini sudah tercium oleh para wisatawan. Karena kawasan wisata ini menjadi Botanic Garden pertama di Kota Batam. Menurut info yang beredar, ada 9.480 bibit tanaman di tempat ini. Ada juga 2.017 bibit spesies tumbuhan pesisir seperti kantung semar, anggrek tanah dan lain-lain. Jadi pas banget nih untuk mengenalkan anak pada keragaman hayati.

5.   Miniatur House Indonesia
Puas menjelajah alam ? Saatnya menjelajah indonesia mini di Miniatur House Indonesia. pernah mendengar Taman Mini Indonesia Indah, kan ? Nah, Miniatur House Indonesia ini disebut-sebut kembarannya, lho.
Bangunan-bangunan tradisional dari Sabang sampai Merauke berjejer indah diselingi oleh jalan setapak yang alurnya dirancang meliuk-liuk. Lagi asyik berkeliling, tahu-tahu perut keroncongan. Tidak perlu merasa khawatir karena di area ini ada Golden Prawn Restaurant and Seafood yang menyajikan aneka kuliner nusantara. 

6.   The Illusion Museum
Tadaaaa! Akhirnya tiba juga di area foto-foto kreatif. The Illusion Museum menyediakan latar unik berupa studio dengan dekorasi terbalik. Ada ruangan kaca yang berkonsep mirror illusion dan perspective room, ada spot foto 3D art dan trick art. Totalnya ada 28 wahana yang siap memberikan sensasi baru dalam foto-foto kita. Wah, mengabadikan momen sekeluarga di sini pasti seru, ya.

7.   Pantai Nongsa
Pantai Nongsa ini menyuguhkan pemandangan laut dan lanskap gedung-gedung pencakar langit dalam sekali pandang. Karena Pantai Nongsa ini memang merupakan pintu gerbang terdekat menuju Negara Singapura. 
Pantai Nongsa ini dikelilingi panorama yang indah karena lautnya berpasir putih dan juga memiliki taman bawah laut yang menawan. Bisa diving dan snorkeling juga pastinya, ya.
Aaah, jadi semakin pengen mengunjungi Batam.

Teman-teman sudah pernah pergi ke Batam beluuuuum ?

Saturday, April 21, 2018

Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Bahagia dalam 5 Langkah

April 21, 2018 0 Comments



Sebagai ibu rumah tangga, tentu saja tidak akan pernah lepas dari yang namanya rutinitas. Jika perkerja kantoran ada libur, cuti dan sejenisnya, maka ibu rumah tangga adalah salah satu profesi yang tidak mengenal kata libur dan cuti. Bahkan semakin berwarna tanggal di kalender, makin meningkatlah kesibukan ibu rumah tangga. Kadang jadi ga suka sama kalender, ya.

*nyari temen*

Jam kerjanya pun ibarat ruang angkasa yang tidak bertepi. Dari bangun tidur hingga tidur lagi selalu saja ada yang dikerjakan. Makanya tidak heran jika banyak ibu rumah tangga yang stress menghadapi kesehariannya. 

Apalagi jika sudah menyangkut urusan domestik seperti uang belanja. Harga kebutuhan pokok yang selalu meroket adalah tantangan sehari-hari yang dihadapi ibu rumah tangga. Para suami mana mau tahu gimana jungkir baliknya ibu rumah tangga dalam mengatur keuangan. Tahunya disaat jam makan, hidangan tersedia. KZL. 

Eh, tapi ... rumus ini berlakunya untuk masyarakat kelas menengah ke bawah seperti akyu, ya. Kalau kelas atas sih udah bukan urusan perut lagi yang jadi problema mereka.

Dulu ketika media sosial belum ada, kegalauan ibu rumah tangga ini tidak pernah terdeteksi oleh orang banyak. Paling-paling yang tahu cuman tetangga, atau teman curhat di warung tempat ngutang. Tapi, semenjak media sosial ada, bertebaran deh tuh curhatan para emak. Seakan mewakili suara hati para ibu rumah tangga yang selama ini diam-diam hanya bisa teriak dibalik baskom cucian, curhatan itu pun viral. Bahkan ada yang pakai hashtag #HanyaEmakYangTahuRasanya, #SuamiHarusBaca, dan  #IRTJugaManusia. 

Aku pun berkaca sembari mengajukan pertanyaan dalam hati. Apakah aku juga merasakan hal yang sama dengan ibu-ibu di luar sana ?

Ternyata tidak semua yang mereka keluhkan itu aku rasakan. Kalau pusing dalam mengatur keuangan sih terkadang iya. Sejak resign dari perkerjaan, otomatis aku mengandalkan penghasilan suami sebagai satu-satunya sumber pendapatan keluarga. Makanya terkadang keteteran juga mengatur keuangan agar tetap cukup hingga periode gajian berikutnya. Tapi soal rutinitas yang tidak ada habisnya kok aku merasa baik-baik saja, ya ?

Karena penasaran dengan hal ini aku pun coba nongkrong dengan para ibu rumah tangga lainnya. iseng-iseng coba menggali informasi tentang kegalauan mereka dalam mengurus rumah tangga. 

Nah, dari sekian banyak ibu rumah tangga yang aku temui, akhirnya aku mendapatkan benang merah sehingga bisa menarik kesimpulan penyebab ibu rumah tangga ini merasa tidak bahagia. 

Berdasarkan kesimpulan itu juga berikut ini aku rumuskan cara Menjadi Ibu Rumah Tangga Bahagia dalam 5 Langkah.

1.   Manajemen Waktu dan Skala Prioritas
Perkerjaan kalau dituruti memang tidak akan ada ujung pangkalnya. Oleh karena itu, dibutuhkan manajemen waktu yang baik agar semua perkerjaan dapat terlaksana tanpa perlu merasa dikejar-kejar. 
Tips simpelnya adalah mulailah mengurutkan prioritas perkerjaan dan mencicil perkerjaan kecil di waktu malam. 
Contohnya, agar proses penyiapan bekal besok pagi berjalan cepat dan lancar, tidak ada salahnya segala perintilannya disiapkan pada malam hari sebelum tidur. Seperti menyiapkan bumbu, memotong sayur, dan lain-lain. Keesokan paginya tinggal eksekusi, deh. Jadinya lebih hemat waktu. Sisa waktu yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk perkerjaan lainnya seperti mencuci dan membersihkan rumah. Setelah anak dan suami berangkat, cucian selesai, rumah pun bersih. 
Hari masih pagi tapi perkerjaan sudah kelar semua ? Berarti punya waktu luang menjelang anak pulang sekolah. Wah, selamat ya, Bu. Anda baru saja mendapatkan ‘harta karun’. Waktu luang adalah harta karun tak ternilai untuk ibu rumah tangga. Bisa banget dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal. Bisa untuk leyeh-leyeh sambil nonton tivi, bisa untuk belajar menjahit, atau ngobrol sama teman. 
2.   Menghindari sifat perfeksionis
Poin nomor dua ini adalah salah satu hal yang paling menyiksa para ibu rumah tangga. Terlalu perfeksionis. 
Pengen terlihat ‘wow’ dimata orang lain, tapi justru membebani diri sendiri. Sehingga hal yang seharusnya bisa diselesaikan dalam waktu singkat, menjadi berlarut-larut. Akibatnya ibu rumah tangga terjebak pada satu perkerjaan dalam waktu lama, sedangkan antrian perkerjaan lainnya masih panjang menanti. Akhirnya stress sendiri karena perkerjaan gak kelar-kelar.
Pakaian harus disetrika semua, dari celana dalam sampai ke daster digosok semua. Padahal daster itu dipakai untuk kerja di rumah, ngerjain yang jorok-jorok, membersihkan toilet, menyapu halaman. Daster itu dipakai ya untuk menyerap keringat disaat berkerja. Jadi mengapa juga harus disetrika segala ? Waktu menyetrika yang seharusnya kelar dalam waktu 30 menit, membengkak jadi 3 jam. Coba seandainya waktu yang 2,5 jam tadi dimanfaatkan untuk menciptakan quality time bersama anak. Lebih bermanfaat, kan ?
Rumah harus rapi terus, anak bikin berantakan karena mainan berserakan selalu diomeli panjang kali lebar. Padahal kecerdasan anak justru terstimulasi lewat aktifitas bermain yang dia lakukan. 
Tidak usah terlalu perfeksionis ya, Bu. Apalagi kalau menyangkut dunia anak. Tidak apa mereka membuat rumah berantakan, kan sebagai ibunya kita bisa ajak mereka kembali merapikannya setelah selesai main. Hitung-hitung sambil ngajarin mereka untuk bertanggung jawab terhadap apa yag mereka lakukan. 
Toh, mereka bikin berantakan itu juga gak bakalan lama kok. Paling cuma sampai usia 5 tahun. Beneran tidak akan terasa kok, bu. Tidak lama lagi ibu akan merasa rindu lho dengan tingkah anak yang pecicilan, trus bikin status baper di media sosial, “time fliest so fast”, “jangan cepat besar ya naak”.
Tips simpelnya, lakukan perkerjaan sesuai porsinya saja. Jangan berlebihan, tetapi juga jangan asal-asalan. 
Tidak usah terpaku dengan penilaian orang lain terhadap kita. Karena semaksimal apa pun usaha kita dalam mewujudkan apa yang orang lain suka, tetap saja akan ada orang yang berkata tidak suka.
Segala sesuatunya tidak ada yang akan bisa sempurna, jadi mari stop berusaha untuk jadi yang sempurna. 
3.   Sediakan waktu untuk diri sendiri.
Karena terlalu larut dengan rutinitas, ibu rumah tangga banyak yang tidak memiliki waktu untuk diri sendiri atau me time. Padahal me time ini sangat diperlukan untuk mengendalikan emosi agar tetap selalu berada pada tempatnya.
Banyak cara kok sebenarnya untuk menikmati me time ini. Bisa dengan melakukan hobi, manjain diri ke salon, berkunjung ke rumah teman atau sekedar hangout dengan teman-teman di luar rumah. 
Atau bisa juga melakukan eksperimen di dapur. Mencoba resep-resep masakan baru, atau berkreasi mengolah bumbu dapur menjadi homemade skin care.
Yang pasti, sebelum Anda menikmati me time, pastikan semua perkerjaan rumah tangga yang urgent telah diselesaikan. Seperti memasak makanan. Jangan sampai karena sibuk dengan me time, anak pulang sekolah ga ada makanan yang mau dimakan. Akhirnya masakan instant jadi pelarian. Atau pengen segera hangout bareng sahabat, tapi cucian menumpuk ditinggalkan. Kembali ke poin pertama tadi, atur waktu dan perkerjaan dengan baik.
4.   Pandai-pandai dalam berteman
Teman adalah orang lain di luar lingkungan keluarga yang membuat kita bisa merasa nyaman. Biasanya berkumpul dengan teman-teman yang seide bisa menjadi salah satu obat untuk menghilangkan pikiran negatif. Makanya saling mengunjungi sesama teman itu adalah hal yang sangat baik dalam bersosialisasi. 
Ketika ada teman yang berkunjung ke rumah kita, pastilah kita merasa senang sekali. Sebagai tuan rumah kita akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk tamu. Tapi, satu hal yang harus kita ingat juga. Teman yang baik mestinya juga tahu kapan waktu berkunjung yang tepat. 
Nah, orang yang berkunjung tanpa memperhatikan waktu, tentu saja bukan orang yang tepat untuk dijadikan teman dekat. Ada lho ibu-ibu yang hobinya ngerumpi. Pagi-pagi udah datang bertamu, trus cerita panjang lebar dari utara sampai selatan.
Sebagai tuan rumah jangan pernah tenggelam dalam buaian cerita teman seperti ini. Kalau tidak enak untuk mengusir secara langsung, ladeni dia bercerita tanpa meninggalkan perkerjaan utama kita. Biarkan saja dia berceloteh tapi kita tetap lanjut berkerja. Biasanya nih, kalo hasrat bercerita dia lagi tinggi, dia pasti ngekorin kita kemana saja. Hahaha. 
 *pengalaman pribadi*
Dan tips simpelnya jangan pernah terpancing ketika si dia mulai menyebut nama orang lain. Hati-hati dengan ghibah ya, Buuu. Kalau sinyal-sinyal gosipnya mulai terbaca, alihkan secepatnya ke topik yang lain. Tentang drama Korea misalnya. Ceritanya kan bagus-bagus, cocok deh untuk jadi bahan cerita.
Atau sodorin aja dia biskuit Julie’s Peanut Butter Sandwich. Kalau mulutnya sudah disumpal dengan kelezatan biskuit Julie’s Peanut Butter Sandwich, bisa dipastikan hasrat menggosipnya akan berkurang. Karena ntar dia bakal sibuk menikmati biskuit Julie’s yang tampilannya berwarna emas creamy, dengan selai kacang yang lumer di mulut. Rasa manisnya yang pas, dan rasa kacangnya juga ga berlebihan. Jadi si bigos alias biang gosip tadi gak bakalan punya kesempatan untuk menggosip lagi.
Tapi, kalau dia masih ngotot juga mau menyebut si anu, si una sampai si hantubelau, please ... akhiri saja pembicaraan itu dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. 
*enak aja udah ngembat biskuit Julie’s sampai ke akar-akarnya masih juga ngegibah. Nehi ... nehiiiii*


Oh, ya. Biskuit Julie’s Peanut Butter Sandwich ini rendah kalori lho, hanya 90 kkal saja per dua kepingnya, pas banget untuk dijadikan camilan disela-sela kesibukan. Sebagai muslimah, aku juga gak perlu khawatir dengan kehalalannya, karena telah mengantongi sertifikat halal dari MUI. Makanya, biskuit yang diproduksi di Malaysia ini akhirnya menjadi camilan favorit aku dan Aira. Kami berdua kalo udah ketemu dengan Julie’s Peanut Butter Sandwich ini bisa jadi manusia terakus di jagad raya. Gimana enggak? Lha, 3 bungkus Julie’s Peanut Butter Sandwich bisa habis dalam waktu 15 menit. Kadang jadi sangsi juga, tadi yang makan cuman berdua, atau bertiga ? 
*satu lagi siapaaaa?*
*mendadak horor*

5.   Cari aktifitas yang bisa menghasilkan uang tambahan
Eng, ing, eng ... money alert berbunyi. Ibu rumah tangga sering berkeluh kesah karena tidak memiliki side job untuk menambah pundi-pundi keuangan keluarga. Kegalauan mereka akan rutinitas dan keuangan keluarga hanya diatasi dengan cara curhat atau nonton sinetron di televisi. Solusi ga didapat, yang ada pikiran mumet karena jalan cerita sinetron tidak berkembang sesuai harapan. “Itu si Ratna kenapa jadian sama si Dodi, sih ? Dia kan kere.”
*emangnya Ratna dan Dodi itu siapa?*
Wahai ibu rumah tangga! Ingin mendapatkan uang 10 juta perhari hanya dengan goyang jempol di rumah ? 
*aku juga maulah*
Pleaase, ga usah terpedaya sama seruan usaha yang kayak begituan. Aku tidak percaya ada hasil maksimal dengan upaya minimal.
Jadi yang realistis aja ya, Bu.
Banyak cara untuk menghasilkan uang lewat internet. Anda punya ponsel dan quota internet ? Sudah bisa digunakan untuk modal utama menghasilkan uang. 
Misalnya jualan online. Jualan online tidak selalu butuh modal besar dan juga gak harus stock barang, karena sudah ada pilihan untuk menjadi reseller, dropship atau afiliasi. 
Jualan pulsa. Usaha yang satu ini jauh lebih mudah. Dengan deposit 100.000 saja sudah bisa transaksi. Untungnya lumayan banget untuk jajan anak. Atau kalau dikumpulin sebulan, bisa juga lho untuk beli bedak. Kan lumayaaan,dari pada lu manyun ? Hehe.
Atau seperti aku aja jadi blogger. Untuk jadi blogger tidak harus punya komputer, lho. Karena banyak aplikasi yang bisa support blogger untuk menulis di ponsel.
Silahkan baca juga : Ngeblog Asyik LewatPonsel
Tidak jago menulis ? Ah, aku juga tidak jago kok, Bu. Bisa dilihat sendiri tulisan-tulisan di blog ini kebanyakan juga curhat doang. Tapi sedikit-sedikit sudah bisa menghasilkan uang. Hasilnya lumayan banget, bisalah ditabung buat beli tiket pesawat biar bisa bareng hubby. Hehehe.
Sekarang banyak banget komunitas-komunitas online yang memberikan ilmu-ilmu penulisan secara gratis. Intinya, di mana ada kemauan di sana pasti ada jalan. 
Oh, iya. Hampir aja lupa.
Ada lagi cara yang lebih jitu untuk menambah penghasilan kita-kita para ibu rumah tangga ini, lho! Yaitu dengan ikutan lomba foto yang diadakan oleh Julie’s Biscuit. Hadiahnya kece lho, Buibu. Ada microwave, alat masak dan juga voucher belanja dengan nilai total jutaan rupiah. Wah, jadi pengen ikutan juga nih. Yok, ayooo. Ada yang mau saingan sama aku gak nih ? Baca info lengkap lombanya di link berikut ya.
Jangan lupa follow juga media sosialnya.
FB : @JuliesIndonesia
IG : @julies.ind
So, let’s stop berkeluh kesah. Ibu rumah tangga juga bisa kok happy, menikmati hobi, atau me time dengan hangout bareng teman-teman asalkan bisa mengatur waktu dengan baik. 
Karena sejatinya kebahagiaan itu kita yang menentukan kok, Bu. Bukan perlakuan orang lain yang membuat kita bahagia, tetapi karena hasrat kita yang dipenuhi oleh orang lain. 
Lagi pengen makan apel, trus suami pulang bawa apel. Apakah suami yang buat kita bahagia ? Enggak, yang bikin kita bahagia ya karena hasrat untuk makan apelnya terpenuhi. Coba suami datang tanpa bawa apapun, masih bisa ngerasain rasa bahagia yang sama nggak ?
Jadi bukan tumpukan rutinitas yang bikin kita gak nyaman. Tapi hasrat kita sendiri yang menganggap rutinitas itu sebagai beban. Jika kita pandang semua sebagai amal ibadah ? Inshaa Allah, semuanya akan terasa indah.
Nah, siap untuk jadi ibu rumah tangga yang bahagia ?

Thursday, April 19, 2018

Kuliner Pesisir Selatan yang Mendunia

April 19, 2018 0 Comments




Yuhuuuu! Bahasan kali ini masih tentang Sumatera Barat. Wah, provinsi yang satu ini memang tidak akan ada habisnya untuk dibincangkan. Kalau sebelumnya aku membahas tentang objek wisatanya, nah ... kali ini kita akan membahas tentang kulinernya nih, gais.


Yup, apa artinya traveling kalau tidak sekalian kulineran. Betul apa betul ?

Karena di artikel sebelumnya aku menulis tentang keindahan pulau-pulau perawan di Sumatera Barat, maka kuliner yang aku bahas pun tidak jauh dari pulau-pulau tersebut. 

Apa saja sih kuliner yang bisa dinikmati saat traveling ke pulau-pulau perawan itu ?

1.      Sate Lokan 

Kuliner yang satu ini memang sayang untuk dilewatkan, terutama untuk Anda yang pencinta masakan seafood. Lokan atau kerang jelas bukan hal baru bagi pencinta kuliner, karena sudah biasa diolah ke dalam berbagai bentuk menu masakan. 

Tetapi Sate Lokan ? 

Hmm ... untuk aku pribadi masih sangat asing nih, gais. Apalagi jenis kerang yang digunakan adalah jenis kerang hijau bercangkang hitam yang ukurannya lebih besar, sehingga dagingnya lebih empuk dan tebal.




Proses pembuatannya pun tergolong unik. Pertama-tama daging lokan direbus dengan berbagai bumbu rempah, setelah matang daging lokan diangkat kemudian ditusuk dengan lidi. Nah, air kaldu sisa rebusan lokan tadi ternyata tidak dibuang, justru dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat kuah sate. Wah, jadi terbayang deh aromanya yang menggoda.
Mumpung lagi berada di Padang, bisa banget menikmati Sate Lokan ini dengan sepuasnya. Kita tinggal melangkahkan kaki menuju Sate Lokan Pik Lapuik yang beralamat di Jl. Lubuk Minturun No. 24. 

Atau jika ingin yang lebih eksotis lagi, bisa banget menikmati Sate Lokan ini langsung di daerah asalnya yaitu di Pesisir Selatan tepatnya Sate Makmur yang berada di Jl. Raya Amping Parak, Sutera, Pesisir Selatan. Untuk urusan harga juga masih sangat terjangkau. Cukup membayar Rp10.000 kita sudah bisa menikmati seporsi Sate Lokan.

Ssst, konon katanya nih, kerang atau lokan ini kaya dengan protein dan asam amino. Jadi cocok banget dikonsumsi oleh pasangan yang lagi honeymoon.


2.      Soto Paru

Bosan dengan seafood ? Bagi sebagian wisatawan, menikmati hidangan laut merupakan hal yang membosankan saat berkunjung ke daerah Pesisir Selatan. Don’t worry be happy, gais. Karena di sini masih ada kok menu lezat lainnya yang non seafood yaitu Soto Paru. 




Soto Paru ini merupakan menu utama dari Kedai Buk En yang terletak  Pasar Salido yang sangat dekat dari Pantai Carocok Painan. For your information aja nih, gais. Pantai Carocok ini adalah salah satu pintu akses utama untuk menuju ke pulau-pulau perawan tadi. Jadi pas banget deh.

Untuk harga pun sangat ramah dengan kantong. Hanya dengan Rp16.000 saja Anda sudah bisa menikmati seporsi Soto Paru. Soto racikan Buk En ini sedikit berbeda dengan Soto Padang yang sudah lebih dulu dikenal khalayak ramai karena selain menambahkan kerupuk kulit yang dipotong dadu, kuahnya juga lebih kaya dengan bumbu rempah sehingga terasa lebih segar saat diseruput.


3.      Pinukuik Enggi

Makanan yang pedas sudah, yang berkuah segar juga sudah. Sekarang saatnya menikmati makanan yang manis dan gurih yaitu Pinukuik Enggi, di Batang Kapeh. 

Di kota-kota besar Anda mengenal pancake? Nah, Pinukuik ini sebutan dalam bahasa Minang Kabau. Pinukuik adalah salah satu jenis makanan ringan yang berbentuk lingkaran agak sedikit pipih dengan warna putih kecoklatan. Terbuat dari beras, air dan beberapa bumbu lainnya. Kuliner satu ini sangat cocok dimakan saat sarapan pagi ditemani segelas teh hangat. 



Tempat pembuatan pinukuik ini berada di daerah Batang Kapas, kurang lebih 30 km dari Kota Painan. Untuk urusan harga lagi-lagi sangatlah terjangkau, hanya Rp1000 perbuahnya. Cocok banget dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.




Nah, itu dia 3 kuliner di daerah Pesisir Selatan yang sudah sangat mendunia. Rasanya memanjakan lidah, tapi harganya tidak sampai merampok kantong. Tunggu apa lagi, gais. Yuk, buat agenda untuk traveling ke Sumatera Barat. Manjakan mata dan lidah dalam satu kali jalan. 

❆❆❆❆❆
Tulisan ini diikutsertakan dalam Collaborative Blog KEB (Kumpulan Emak Blogger), sebagai tanggapan atas trigger post yang ditulis oleh Rina Susanti dengan judul Kuliner Indonesia yang Enak dan Mudah Dibuat.

Tuesday, April 10, 2018

Merencanakan 2nd Honeymoon ke Pulau-pulau Perawan di Sumatera Barat

April 10, 2018 0 Comments

Memasuki usia 10 tahun pernikahan, aku kembali merajut impian untuk 2nd honeymoon bersama suami tercinta. Terlebih lagi, hingga saat ini kami baru dikaruniai satu orang putri, jadi gak salah dong kalau kami ingin menambah momongan lagi. Karena si kakak udah berusia 8 tahun, sepertinya sang new baby maunya diproses di tempat yang indah-elok-permai nan romantis, deh. Hehehe.

Dalam bayanganku tempat yang seperti itu adalah sebuah pulau yang eksotis, dikelilingi oleh hamparan pasir putih di sepanjang pantai dan juga laut biru yang memesona. Kemudian kami berdua menghabiskan waktu dalam keadaan santai tanpa ada gangguan tentang perkerjaan, tentang rumah yang ditinggal, dan hal-hal disturbing lainnya. Aahh ... membayangkannya saja rasanya sudah sangat menyenangkan, apalagi jika benar-benar terwujud, ya.

Demi memuluskan rencana 2nd honeymoon ini, aku pun mencari referensi destinasi wisata yang gambarannya kurang lebih seperti yang kubayangkan. Aku mulai mengumpulkan informasi dari semua penjuru. Dari keluarga, teman, kenalan bahkan mesin pencari di dunia maya. Hasilnya membawaku pada sebuah provinsi yang ternyata tidak asing lagi. Astaga, betapa bodohnya aku sampai-sampai tidak mengenali potensi wisata di tanah kelahiran sendiri. Ckckck.

Sumatera Barat, provinsi di mana aku dilahirkan 36 tahun yang silam. Siapa sih yang tidak mengenal provinsi yang masih menjunjung tinggi adat istiadatnya ini ? Selain budayanya yang sangat kental, keindahan alamnya pun sungguh sangat memanjakan mata. Sayangnya dari sekian banyak tempat wisata di provinsi ini, masih belum banyak yang tahu bahwa Sumatera Barat juga memiliki pulau-pulau yang tidak kalah cantik dari pulau-pulau di luar negeri. Jadi rasanya sungguh sangat disesalkan ke-butaan-ku selama ini, yang selalu beranggapan bahwa surga wisata itu selalu berada di luar negeri. Padahal masih di pulau Sumatera juga tersembunyi pulau-pulau perawan nan eksotis yang pastinya sangat layak untuk dijadikan honeymoon destinations.

Menikmati Birunya Laut di Pulau Sikuai

Pulau Sikuai terletak di sisi barat provinsi Sumatera Barat. Masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.


indonesiaexplorer.net

Aku membayangkan, suasana honeymoon yang kami nikmati berdua. Tidur-tiduran di atas hamparan pasir putih, sementara mata memandang lepas ke laut biru. Terlihat burung-burung mengepakkan sayapnya melintas di atas gulungan ombak yang saling bertautan. Nun di kejauhan tampak beberapa wisatawan lainnya tengah asyik dengan aktifitas mereka masing-masing. Ada yang sedang snorkeling, ada yang berenang dengan pasangannya, ada juga yang sedang mendayung kano di tengah laut. Dan aku yang tersenyum lebar dalam pelukanmu. Ahaaay. *lebay*

Tapi ini beneran lho. Berada di Pulau Sikuai ini seakan-akan berada di pulau pribadi karena suasananya yang hening dan jauh dari keramaian.

Pulau seluas 44,4 ha ini sangat cocok untuk dijadikan honeymoon destination karena dilengkapi dengan resort yang pastinya sudah menyediakan fasilitas yang lengkap. Jadi pengunjung bisa menikmati keindahan dengan sepuasnya tanpa perlu mengkhawatirkan apapun.

Pulau eksotis ini bisa dicapai dalam waktu 45 menit dengan menggunakan transportasi laut melalui Pelabuhan Muara. Dan bisa lebih cepat lagi bila berangkat dari Dermaga Bungus yang hanya memerlukan waktu kurang lebih 35 menit.


Romantic Snorkeling dengan pasangan di Pulau Pasumpahan

Ingin merasakan pengalaman romantic snorkeling dengan pasangan ? Yes, aku pengen banget. Menyelam berdampingan sambil menikmati pemandangan bawah laut pasti akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan seumur hidup. Merasakan kaki tergelitik oleh keusilan ikan-ikan hias yang berenang kian kemari dengan lincahnya, seolah-olah mereka turut merasakan kebahagiaan pasangan yang sedang memadu kasih. 


Travelmato

Pemandangan bak surga ini bisa dinikmati sepuasnya di Pulau Pasumpahan yang terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Lokasinya pun tidak jauh dari Pulau Sikuai, kurang lebih hanya 200 meter saja, lho. Dengan menaiki speedboat pulau ini bisa dicapai dalam waktu kurang lebih 35 menit saja dari Pelabuhan Teluk Bayur.


Menikmati Keindahan Pantai dan Hutan Tropis di Pulau Pagang

Masih tidak jauh dari Pulau Sikuai, ada lagi pulau yang keindahannya sangat rugi jika dilewatkan. Di pulau ini keindahan pantai dan hutan tropis saling berlomba menarik perhatian setiap orang yang datang.

Pasir putihnya yang halus seakan memiliki kekuatan magis, menghipnotis pengunjung untuk segera melucut kasut, kemudian bertelanjang kaki menapaki pesisir pantai yang buihnya terkadang memberi sentuhan menggoda.


lifestyle.okezone.com



tourtraveljakarta.com

Pulau Pagang ini adalah pulau yang paling ‘perawan’ dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya di Sumatera Barat, makanya persiapkan diri untuk tidak kaget ketika mendapati fasilitas yang masih sangat biasa. Tapi di situlah letak keistimewaan Pulau Pagang ini. Keberadaannya yang belum terjamah banyak orang membuat suasana private benar-benar terasa.

Untuk sampai ke pulau ini tidak jauh berbeda dengan cara menuju Pulau Sikuai dan Pulau Pasumpahan, yaitu dengan menaiki speedboat dari Pelabuhan Bungus Padang.


Menikmati Sensasi Erotis di Surga Tropis Pulau Cubadak

Setelah puas bermandikan hangatnya matahari di Pulau Sikuai, berbasah-basahan menikmati romantic snorkeling di Pulau Pasumpahan, kemudian bertelanjang kaki dan bergandengan mesra sambil menyusuri pesisir Pulau Pagang yang buih pantainya menggoda, tibalah saatnya untuk melepaskan semua penat dengan menikmati seksinya pemandangan di Pulau Cubadak.


bobocantik.com


bobocantik.com


@pennybunny

Pulau Cubadak ini memiliki keindahan pemandangan yang benar-benar sangat memesona. Konon keindahan pasir putihnya tidak kalah cantik dengan pantai di Karibia, lho. Terlebih lagi pemandangan bawah lautnya yang menjadi salah satu surga bagi para penyelam. Air lautnya yang jernih membuat pemandangan di dalamnya bisa dinikmati bagaikan aquarium raksasa. Ada terumbu karang dan juga ikan-ikan hias yang bergerak lincah kian kemari, membuat siapa saja ingin langsung menceburkan diri untuk bermain bersama.

Supaya pengunjung bisa menikmati semua keindahan Pulau Cubadak ini dengan nyaman, di sini  terdapat sebuah resort yang sudah dikelola dengan sangat baik oleh investor dari Italia yaitu Paradiso Resort. Sesuai namanya, ya. Resort ini memang memanjakan tamu yang datang bagaikan di surga  sehingga membuat mereka betah dan nyaris lupa pulang. Ada kualitas pasti ada harga, ya. Untuk menikmati pelayanan dari Paradiso Resort ini pengunjung harus rela merogoh kocek senilai 1,2 juta permalamnya. Tapi demi honeymoon yang memorable harga segitu pastinya masih sangat pantas untuk diperjuangkan.

Untuk menuju ke Pulau Cubadak ini pun tidaklah sulit. Dari Bandara Internasional Minang Kabau, langsung menuju Pantai Carocok di Kota Painan, kurang lebih 2-3 jam perjalanan. Kemudian dari Pantai Carocok menaiki speedboat selama 20 menit. Jika tidak ingin repot dengan semua transportasi itu, bisa juga dengan langsung menghubungi pihak Paradiso Resort. Jika memesan penginapan selama 3 malam, Paradiso Resort dapat mengatur penjemputan di bandara. Jadi turun dari pesawat, duduk manis di bandara, trus dijemput oleh utusan Paradiso Resort, eh ... tau-tau udah nyampe aja di Pulau Cubadak. Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang ingin kamu dustakan, teman.




Wednesday, April 4, 2018

Ini Dia Beberapa Referensi Tempat Wisata Yang Baru Di Lembang

April 04, 2018 0 Comments

Hai, gais ! 

Akhir-akhir ini libur hari besar sering mampir di akhir pekan, ya ? Buat yang punya budget berlebih mungkin bisa aja langsung cuss ke luar negeri. Tapi buat orang-orang dengan penghasilan pas-pasan seperti aku nih, suka bingung ni, gais. Di mana ya destinasi wisata dalam negeri yang ramah dengan kantong ? Hehehe.

Ternyata ada nih, gais.

Salah satu destinasi favorit bagi para traveler di Indonesia adalah tempat wisata yang ada di Lembang Bandung. Lembang ini memang sebuah lokasi yang selalu diburu oleh para pelancong untuk mengisi waktu liburannya. Banyaknya tempat wiasata yang ada di Lembang ini pastinya akan membuat kita merasa bingung dengan memilih tempat mana yang akan dikunjungi. 

Nah daripada bingung sebaiknya kita baca referensi tempat wisata terbaru yang ada di Lembang. Berikut beberapa referensi berita terbaru tempat wisata yang baru di Lembang diantaranya yaitu :

  1. Floating Market 

https://visitfloatingmarket.wordpress.com


Floating market ini merupakan tempat wisata sekaligus tempat wisata kuliner. Sehingga disini wisatawan akan bisa menikmati indahnya pemandangan di tempat itu sambil mencicipi berbagai kuliner khas Bandung. Uniknya lagi kuliner tersebut akan dijual di atas sampan sampan kecil yang berderet di perairan lokasi tersebut.

2.                   De’Ranch 

sumber : http://deranchlembang.com/id/

Di De’Ranch ini kita akan bisa merasakan wisata dengan nuansa ala koboi sehingga tempat ini banyak diburu para pelancong karena keunikannya itu. Selain itu kita juga bisa benar benar seperti seorang koboi dengan menunggangi kuda dan pakaian lengkap ala koboi. Berbagai sajian kuliner dan shooping juga bisa dinikmati disini. 

3.                   Kampung Gajah Wonderland 

http://www.kampunggajah.com/

Di tempat ini pengunjung bisa menemukan berbagai wahana yang dapat memacu adrenalin. Ada sekitar 30 wahana permainan yang telah disediakan disini dan juga akan bisa menikmati wahana waterboom. Berbagai jenis kuliner juga tersedia disini sehingga tidak perlu merasa khawatir pada saat kelelahan dan merasa lapar.


4.                   Farm House 


Di Farm House ini kita akan merasakan wisata dengan nuansa Eropa dengan dipadukan keindahan dari alam nusantara. Salah satu daya tarik dari tempat ini adalah adanya rumah hobbit di area wisata itu. Berfoto dengan gaya pakaian Eropa juga dapat dilakukan di sini dan yang tidak boleh dilewatkan adalah kita juga dapat berwisata kuliner.

Oh, ya. Jika kamu mengalami kendala dalam hal transportasi menuju Lembang via Bandung, kamu bisa menyewa mobi di Dirgantaracarrental.com. Mereka menyediakan banyak mobil sesuai kebutuhan kamu, bisa untuk keluarga juga bisa untuk rame-rame bareng teman-teman. Untuk info lebih lanjut cuss deh ke websitenya langsung, ya. Disitu juga tersedia nomor kontak WA, adminnya akan melayani kamu dengan ramah

Itulah beberapa referensi tempat wisata yang baru di Lembang. Keempat tempat wisata diatas dapat dijadikan alternatif didalam mengisi waktu liburan jika sedang ingin wisata ke Lembang. Dan juga banyak spot yang bagus untuk melakukan foto untuk kemudian diposting di media sosial. Selain itu juga keempat tempat diatas menyediakan berbagai jenis kuliner untuk bisa dinikmati.