Saturday, June 25, 2016

Review : Steal My Heart

June 25, 2016 0 Comments
Halo, aku datang lagi nih sama review K-Drama. Atau lebih tepatnya K-Movie kali yah, hehe.
Kali ini satu buah film yang diproduksi tahun 2013 lalu. Meski bukan film baru, tapi aku yakin sejadul apa pun sebuah film, itu akan senantiasa baru bagi orang yang belum pernah menontonnya. Bener, gak ?

Oke, tanpa perlu basa-basi, berikut review K-Movie Steal My Heart versi Merry Day.

Review K-Movie : Steal My Heart

merry day - steal my heart
Judul Film          : Steal My Heart
Sutradara          : Lee Hyun Jong
Tayang perdana : Desember 2013
Durasi               : 1 jam, 55 menit
Pemeran Utama : Joo Won sebagai Lee Ho Tae
                           Kim Ah-joong sebagai Yoo Jin Soo

Mengisahkan tentang lika-liku kehidupan seorang polisi dalam menangkap penjahat. Film ini sedikit banyak membuka mata penonton bahwa pelaku kejahatan bisa saja adalah seseorang yang dikenal oleh polisi. Dan disinilah letak dilemanya, jika seseorang itu hanya kenalan biasa mungkin proses penangkapannya tidak akan berbelit-belit. Tetapi jika pelaku kejahatan itu ternyata pernah memiliki hubungan khusus dengan polisi tersebut bagaimana ? Masihkah polisi itu bersikap profesional ?


Jalan cerita film ini sedikit menyerupai film lawas tahun 1990-an. Pernah menonton film Catch Me If You Can yang diperankan oleh Leonardo de Caprio, gak ?

Nah, bagi kamu yang pernah menonton film itu pasti akan merasakan kemiripan cerita dalam film ini. Yaitu sama-sama memperlihatkan kriminal skill dari seorang pencuri, dan diakhir cerita skill mereka itu akhirnya digunakan oleh kepolisian untuk mengungkap kejahatan-kejahatan lainnya.

Perbedaannya adalah, di film Steal My Heart ini memuat hubungan percintaan antara polisi dengan pelaku kejahatannya. Disinilah uniknya. Bagaimana perjuangan polisi tadi yang berusaha untuk mengurangi masa hukuman kekasihnya dengan turut membantu barang-barang yang dicuri itu dikembalikan ketempatnya, dengan begitu maka para korban akan menarik semua tuntutannya.

Sinopsis K-Movie Steal My Heart

Kepolisian Seoul sedang diresahkan oleh kasus pembunuhan berantai yang sangat rumit dimana tidak ada kemiripan antara kasus pertama dengan kasus-kasus berikutnya. Namun berkat kejelian dari seorang kriminolog yang bernama Lee Ho Tae, dia berhasil mengarahkan para detektif kepada satu nama tersangka.

Lee Ho Tae ini terkenal jenius, analisanya selalu tepat, sehingga dia tidak pernah gagal dalam menangkap penjahat. Dia memegang teguh sebuah prinsip bahwa untuk menangkap seorang penjahat tidak boleh melibatkan perasaan, tetapi harus mengutamakan rasio.
Sesuai petunjuk yang diberikan Ho Tae, maka mereka  pun melakukan pengintai di lokasi yang diduga menjadi TKP berikutnya. Dan memang benar, tersangka pembunuhan itu muncul dengan semua ciri-ciri yang disebutkan oleh Lee Ho Tae. Ditempat persembunyiannya para polisi menunggu dengan berdebar, detik-detik untuk menangkap basah pelaku.

Sesuatu yang tidak terduga terjadi, ketika tiba-tiba satu mobil melintas dengan kecepatan tinggi dan menabrak pelaku. Awalnya pelaku itu masih sempat berdiri, tapi mobil yang menabrak tadi kembali mundur dan menabrak pelaku lagi untuk yang kedua kalinya. Dan kali ini pelaku tidak mampu lagi bangkit. Sementara mobil yang menabrak tadi telah melarikan diri.

Polisi pun bergegas melarikan tersangka yang menjadi korban tabrak lari itu kerumah sakit dengan perasaan pesimis, karena tidak ada barang bukti yang mereka dapatkan. Dalam suasana crowded itu, tiba-tiba petugas yang masih ada di TKP memberi kabar bahwa mereka menemukan mayat korban.
Antara ingin kesal dan berterimakasih, Lee Ho Tae memutuskan untuk mencari tahu keberadaan pelaku tabrak lari itu. Berkat kegigihan dari timnya, dia pun berhasil mengantongi nama Yoo Jin Soo

Dia mengelilingi beberapa tempat yang dicurigainya, mulai dari tempat parkir hingga bengkel-bengkel terdekat. Tetapi nihil. Petunjuk justru ia dapat ketika melewati satu rumah, yang didepannya sedang parkir mobil yang ia cari.

Tanpa pikir panjang lagi, Ho Tae pun mendatangi rumah itu. Disinilah hal mengejutkan lainnya terjadi. Ternyata Yoo Jin Soo yang dia cari-cari itu adalah pacar pertamanya yang lost contact selama sepuluh tahun.



Pertemuan itu ternyata menghidupkan kembali rasa cinta dihati Ho Tae. Dan disinilah dia mulai melanggar prinsipnya sendiri. Ho Tae tidak tega untuk menyerahkan Jin Soo ke kantor polisi, justri sebaliknya dia membawa Jin Soo untuk tinggal bersamanya. Saat itu dalam pikirannya, kesalahan Jin Soo hanyalah menabrak lari seseorang saja, bukanlah kejahatan besar.

Tetapi keesokan harinya, dia dikejutkan oleh fakta lain yang di kemukakan oleh rekan detektifnya. Ternyata Jin Soo bukanlah wanita biasa, tetapi dia adalah seorang pencuri profesional yang telah masuk dalam daftar pencarian orang di Seoul. Saat itu Ho Tae mengalami perperangan dahsyat dalam dirinya, antara melindungi wanita yang dicintainya atau menegakkan hukum sesuai jabatan yang diembannya. Dan lagi-lagi dia melanggar prinsipnya sendiri.

Apakah Jin Soo berhasil ditangkap ?
Bagaimana dengan kisah cinta mereka ? Apakah mereka kembali bersama ?
Lantas apa hubungannya antara peringatan 100 hari jadian mereka sepuluh tahun yang lalu itu dengan Ho Tae yang jadi polisi ?
Kira-kira faktor apa ya yang membuat Jin Soo itu menjadi seorang pencuri ?
Daripada penasaran, mending ditonton aja deh. Aku jamin kamu gak akan kecewa.

Pendapatku tentang film ini.

Over all aku suka dengan film ini. Meski bertemakan crime gitu, tapi dikemas dengan ringan karena juga dibumbui dengan adegan-adegan kocak. Namun sedikit yang membuat aku merasa kurang connect adalah ketika Yoo Jin Soo memberikan materi ‘kuliah’ tentang teknik mencuri. Memang sih bukan di universitas formal seperti yang kita tahu, tetapi apa iya ada perkumpulan semacam ini ya ? Apa tidak terlalu gamblang ? Logikanya, untuk seseorang dengan level pencuri profesional seperti Yoo Jin Soo seharusnya dia tidak berkeliaran di satu kota dengan menggunakan kartu kreditnya, tanpa mengganti identitasnya, dan juga bergaul bebas dengan masyarakat umum dengan santainya. Sementara flyer tentang dirinya telah disebar ke seantero kota.

Menurut aku mungkin lebih masuk akal jika Jin Soo ini mengenakan riasan untuk menyamar. Atau saat beraksi menggunakan topeng kulit misalnya. Dengan begitu identitasnya menjadi tersamarkan dengan baikkan ?
 

Sunday, June 19, 2016

Review K-Drama : Mood Of The Day

June 19, 2016 2 Comments

Resensi Film

Judul                      : Mood of the Day
Judul Lainnya         : Keunalui Bonwigi
Genre                     : Drama, Comedy, Romance
Sutradara                : Jo Kyu-Jang
Negara                    : Korea
Di tayangkan pada   : 14 Januari 2016
Pemain utama          : Yoo Yeon-Seok berperan sbg Jae-Hyun
                                 Moon Chae-Won berperan sbg Soo-Jung


Sinopsis Singkat

Drama ini berkisah tentang seorang wanita bernama Soo Jung yang diperankan oleh Moon Chae Won. Sewaktu dia pergi menaiki kereta api menuju Kota Busan dia bertemu dengan seorang laki-laki yang duduk satu tempat dengannya. Laki-laki itu bernama Jae Hun yang diperankan oleh Yoo Yeon Seok. Dia adalah seorang laki-laki yang cerewet dan jail. Saking jailnya, bisa-bisanya dia bilang 'pengen tidur bersama Soo Jung' hanya setelah 5 menit duduk bersama di kereta. Absurd banget ga sih ?

Pertemuan Soo Jung dan Jae Hun ternyata bukan sebuah pertemuan yang hangat dan romantis namun sebaliknya, Jae Hun terus mengajak Soo Jung bicara dan sembari menggoda Soo Jung, namun Soo Jung bukannya merasa senang namun beberapa kali dibuat jengkel oleh sikap Jae Hun.

Mereka selalu beradu mulut dan pertikaian mereka memuncak ketika Kereta Api yang mereka tumpangi mendadak rusak, Soo Jung dan Jae Hun dengan terpaksa harus turun dan mencari kendaraan alternatif agar bisa sampai ditujuan. Dan terpaksa saling berbagi kendaraan untuk digunakan secara bersama-sama.

Soo Jung dan Jae Hun melewati hari penuh dengan perdebatan. Hingga suatu waktu, Soo Jung menemukan sisi lain dari Jae Hun, begitu juga Jae Hun yang diam-diam telah tergugah hatinya oleh kehadiran So Jung, dan itu membuat mereka terus melakukan perjalanan mereka meski mereka tak mengetahui kota yang mereka datangi.



Bagaimana sifat Jae Hun yang membuat Soo Jung Jengkel?
Apa mungkin mereka akan saling jatuh Cinta ?
Ayo, ga usah mikir panjang lagi deh, tonton aja akting mereka yang pasti akan mengocok perut.

Pendapatku tentang drama ini




Drama ini lucu dan juga fresh banget, tapi aku ga rekomendasikan drama ini untuk ditonton oleh anak-anak di bawah umur. Karena beberapa adegan di drama ini harus di sensor habis jika ingin tayang di layar kaca Indonesia. Ditambah lagi, nilai moral dari drama ini juga ga cocok untuk budaya masyarakat kita. Meskipun tidak ada dialog atau pun prolog yang mengarahkan penonton untuk melakukan hubungan cinta satu malam, tetapi adegan yang ada justru melegalkan hubungan pra nikah itu. Tapi jika semua itu dikesampingkan, aku cukup puas dengan akting mereka. 



Ketika hariku ditentukan oleh Ctrl+Alt+Del

June 19, 2016 0 Comments



Ketika hariku ditentukan oleh Ctrl+Alt+Del

Ini bukan tentang K-Drama yang berjudul sama yang dibintangi oleh Moon Chae Won itu ya gais, tapi ini adalah tentang kejadian yang aku alami kemarin. Kalo di K-Drama MoodOf The Day, diawali dengan peristiwa naas first femalenya yang ketimpuk bola basket dipagi hari *apes banget sih mbaak*. Sedangkan aku cukup puyeng dengan instruksi bos yang tiba-tiba minta aku periksa semua komputer di kantor.

Sumber



Yang membuat miris itu bukan perihal tugasnya, karena memeriksa komputer itu satu-satu kan ga begitu rumit ya, karena ga perlu stetoskop, aku cuma nyalain, trus biarkan beberapa saat, klik beberapa aplikasi dan software yang ada, kalo komputernya berjalan biasa, ga nge-hang, berarti udah bisalah di bilang oke. *Ini sih standarnya mak-mak banget, hahaha*.

Yang bikin puyeng itu adalah semua komputer di kantor itu ada passwordnya. Dan sialnya, si empunya komputer udah ga pada kerja lagi karena pengurangan tenaga kerja waktu itu. Sejak Chevron mengadakan pengurangan man power besar-besaran pada bulan April lalu, yang akhirnya berimbas pada banyaknya proyek yang berakhir, dan perusahaan-perusahaan kontraktor pun terpaksa merumahkan karyawannya. Dan hal ini membawa pengaruh yang siginifikan bagi usaha yang ada di Duri. Bukan rahasia lagi, 60% warga Duri berkerja di perusahaan kontraktor Chevron.




Salah satu efek paling tragis yang aku rasakan adalah, kami harus rela ditinggal rekan-rekan kerja yang masuk daftar PHK. Dan aku adalah salah satu yang merasakan dilema, antara simpati atau bersyukur. Rasanya sedih melihat teman-teman kehilangan perkerjaan, tetapi disatu sisi aku juga harus bersyukur, karena masih memiliki perkerjaan.

Okeh, kembali ke topik. Jadi aku puyeng, pusing, dan galau, tapi juga gengsi. Iyyaahh, aku ini orangnya gengsian banget. Jadi disaat bos mempercayakan satu tugas kepadaku, rasanya gengsi banget kalo aku nolak karena alasan ga tau caranya. Lain cerita kalo tugas itu diluar hal yang biasa aku kerjakan, perbaiki genteng misalnya, atau perbaiki sambungan listrik yang korslet. Kalo disuruh ngerjain itu mah aku ga bakalan gengsi buat nolak, karena memang ga berhubungan dengan yang biasa aku kerjain.

Nah, sekarang yang disuruh bos kan ngecek komputer, bukan pula memperbaiki komputer, masa aku nolak dan bilang ga bisa ? Gengsi banget kan ya ? Kalo kerjaan kecil seperti itu aja aku ga bisa, gimana dia bisa kasih tugas yang lebih bagus ?

Fix, karena gengsi, dengan pede aku pun bilang “OKE”, setelah itu jongkok di pojokan. #hayati-bingung-bang.

Cara membuka password di Windows 7

Episode selanjutnya udah pasti dong aku putar otak buat cari solusi. Cara simplenya sih ada ya, aku kan tinggal telpon teman-teman yang eks-user komputer itu, trus nanyain passwordnya. Tapi, kok hati kecil ini kembali dilema, rasanya aku ga tega ngebebani mereka dengan pertanyaan seputar kantor lagi, rasanya kok seperti membuka luka lama dihati mereka, akhirnya aku pun kembali jongkok di pojokan. #Hayati ga tega bang.

Tapi apa iya aku harus semelow ini ? Hanya gara-gara komputer gitu ? Iihh... cemen bangett !

Gak lah. Percuma dong dunia ini memiliki si jenius Google. Sama beliau mah ga perlu gengsi n malu buat nanya-nanya. Karena dijamin 100%, dia bisa merahasiakan apa-apa yang kita pertanyakan. Percaya deh.

Dan, setelah mengetikkan kata kunci “Cara membuka password Windows 7” aku pun mendapatkan cara untuk mengatasi dilema tadi. #Oh-hayati-sungguh-bahagia-bang.

Jadi, rasanya aku juga terlalu pelit deh kalo ilmu gretongan gini disimpan sendiri. Dan mumpung dalam suasana ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana kita dianjurkan untuk selalu berbagi kebaikan. Dan ini adalah salah satu caraku untuk berbagi kebaikan, yaitu dengan berbagi tips Cara Membuka Password Windows 7 :

1.      Nyalakan komputer
2.      Ketika muncul “Starting Windows”, tekan tombol Ctrl+Alt+Del
3.     Dilayar berikutnya pilih “Launch Startup Repair”. Proses ini berlangsung selama kurang lebih 2-3 menit, pada dialog box berikutnya klik “Cancel”. Proses sesudah ini berlangsung agak lama, kurang lebih 8-10 menit.
4.     Selanjutnya muncul lagi dialog box, cari tanda panah dibawah pilihan ‘dont send’, klik tanda panah itu, setelah muncul keterangan scroll ke bawah, klik opsi yang paling bawah.
5.      Akan terbuka file notebook, klik file, lalu open.
6.      Setelah itu, cari folder System32 di lokal data (biasanya di partisi C, folder windows). Oh ya jangan lupa, pada opsi Type Document pilih All File
7.      Cari file dengan nama ‘sethc’, ubah namanya menjadi ‘sethccjk’
8.      Cari file ‘cmd’, copy, lalu paste (hasilnya jadi cmd_copy), ganti namanya menjadi ‘sethc’
9.      Lalu close, dan klik finish. Setelah ini komputer akan mati.
10.  Nyalakan kembali komputer, dan biarkan loading seperti biasa sampai muncul tampilan user dan password. Di kolom password tekan shift dengan cepat sebanyak 5x. Ini tujuannya untuk menampilkan command promt yang kita set di lokal data tadi.
11.  Selanjutnya akan muncul jendela command prompt, ketikkan ‘net user’ lalu enter
12.  Hasilnya akan muncul data administrator dan user account komputer kita.
13.  Langkah berikutnya adalah mengganti atau menghapus password yang ada dengan cara, ketikkan net user  user account *. Ingat ya, agar commandnya berjalan, pastikan ada spasi sebelum tanda bintang. Dan satu lagi, jika user account kamu terdiri dari 2 kata atau lebih, maka tambahkan tanda petik diawal dan akhir user account.
14.  Jika kamu ingin menghapus password yang ada, maka tekan enter 3x sampai tulisan succesfully muncul. Atau kamu juga bisa mengetikkan password yang diinginkan disetiap pilihan yang ada, sampai tulisan succesfully muncul.
15.  Dan selesai. Selanjutnya kamu bisa login tanpa password atau dengan password yang baru kamu buat.

Ga sulit kan gais ?
Oh ya, kalo penjelasanku kurang jelas, karena bahasanya rada-rada absurd, seabsurd K-Drama Mood Of The Day yang reviewnya bisa kamu baca di sini, kamu juga bisa banget lho lihat step by step di tempat aslinya di sini.

Oke ya, sampai jumpa di postingan berikutnya.
See ya..







Friday, June 17, 2016

7 Cara Pencegahan Penyakit bersama In Harmony Clinic

June 17, 2016 0 Comments

Kisahku dan Penyakit

Aku adalah salah satu saksi hidup dimana orang-orang terkasih harus pergi karena direnggut penyakit. Ayah yang didera strooke selama sepuluh tahun akhirnya berpulang di tahun 2007, dan ibu yang harus menyerah karena jantung pun menyusul di tahun 2009. Masa-masa suram disaat melihat mereka terbaring tak berdaya dan merintih kesakitan di tempat tidur gak akan pernah bisa aku lupakan sampai kapan pun. Ditambah lagi dengan masa-masa kelam disaat kehilangan mereka yang menyisakan rasa perih dan trauma. Khawatir aja kalau-kalau berikutnya adalah giliranku atau pun kerabat lainnya. Terlebih lagi saat ini mertua juga telah dibayang-bayangi penyakit maag dan hipertensi. Gara-gara itu setiap harinya kami selalu kuatir dan was-was akan kesehatan mereka. Saking traumanya, mereka lagi tidur pulas pun aku amati dekat-dekat. Cemas banget kalo-kalo penyakit itu merenggut mereka dari hidup kami.


Satu hal lagi yang sangat tidak mengenakkan ketika berhadapan dengan penyakit itu adalah masalah uang. Biaya yang tidak sedikit selalu menghantui proses pengobatan mereka. Apa lagi jika penyakit itu adalah penyakit berbahaya yang menuntut biaya pengobatan yang super duper mahal. Jadi ketika ada orang yang bilang sehat itu mahal, aku kurang setuju. Karena faktanya sakit itulah yang mahal. Mahal harga obatnya, biaya rawat inapnya, sampai ke biaya untuk yang jagain si sakit tadi. Benar-benar harus merogoh kocek sampe sedalam-dalamnya.


Zaman Modern = Banyak Penyakit


Pernah dengar ga, ada yang bilang, 'zaman dulu penyakit ga sebanyak sekarang' ? Dulu kami ga kenal tuh sama kanker, tumor, apalagi AIDS. Satu-satunya penyakit yang kami khawatirkan saat itu adalah cacar dan TBC. Itu adalah salah satu pernyataan yang aku dengar dari orang tua di keluarga kami.


Mendengar dia bicara begitu aku tersenyum saja. Wajar saja dia berpendapat begitu, karena faktanya zaman dulu dokternya kan ga sepintar dokter sekarang. Perkembangan ilmu kedokteran yang begitu pesat tentu saja telah berhasil mengatasi penyakit yang dulunya masuk kategori berbahaya seperti cacar dan TBC. Dan perkembangan ilmu kedokteran jugalah yang berhasil menemukan jenis-jenis penyakit baru yang diakibatkan oleh virus-virus baru.


Tepatnya itu semakin wajar lagi mengingat zaman dulu polusi juga tidak separah sekarang. Zaman dulu berapa banyak sih jumlah kendaraan bermotor ? Dalam satu kota mungkin masih bisa dihitung dengan jari. Sementara ruang terbuka hijau juga sangat melimpah. Jadi orang-orang masih bisa menikmati oksigen segar dengan sepuasnya. Coba bandingkan dengan kita yang hidup dizaman sekarang ini. Udara yang kita hirup sudah tercemar berbagai macam, mulai dari asap kendaraan, asap pabrik, sampai asap rokok. Begitu juga air dan tanah. Tidak sedikit sungai-sungai di negeri ini yang dijadikan sebagai tempat pembuangan limbah. Dan semua itu adalah cikal bakal bagi beraneka ragam virus untuk tumbuh dan berkembang.



Berikut 7 Cara Pencegahan Penyakit yang aku dan keluarga jalani sehari-hari:

1. Jaga kebersihan diri, rumah dan lingkungan


Aah.. kalo ini mah keciilll.

Ada yang berpendapat begitu ?

Kalo kamu udah menerapkan poin pertama ini sih mungkin akan berpendapat begitu. Karena kebersihan tentu telah menjadi kebiasaan sehari-hari.

Tapi, bagi orang-orang yang malas dan ga peduli sama kebersihan, poin pertama ini bakal susah banget untuk mereka jalani. Jangankan untuk bersih-bersih rumah dan pekarangan, mandi pun dia jarang. Bahkan cuci tangan sebelum makan aja dia bisa lupa. Padahal tubuh yang udah dipakai untuk beraktiftas seharian itu pasti berkeringat. Nah, kolaborasi antara debu dan keringat yang menempel ditubuh inilah yang mengundang kuman untuk bersarang.

Dan ini juga berlaku untuk rumah dan lingkungan yang apa bila tidak dijaga kebersihannya akan menjadi sarang kuman dan bakteri. Dengan selalu menjaga kebersihan diri, rumah dan lingkungan maka kita bisa terhindar dari penyakit diare, cacingan, pes, malaria, hingga DBD.




2. Hindari asap rokok


Jika susah untuk meminta orang-orang terdekat agar berhenti merokok, maka hindarilah mereka disaat mereka merokok. Jika perlu, di rumah buat peraturan 'No Smoking Area'. Ini penting banget agar kita-kita yang tidak merokok ini bisa terbebas dari asap rokok.


dari pada mulut berbusa ngomong sama orang yang begini, mending menghindar deh, sayangi nyawa lo yang cuma ada satu 


Perihal rokok ini, kadang-kadang aku suka mikir sendiri. Udah jelas-jelas barang yang satu ini lebih banyak mudharat dari pada manfaatnya, tapi kok masih juga dijual bebas dipasaran ? Kalo memang rokok ini adalah salah satu penyumbang devisa, maka pabrik-pabriknya ga bisa ditutup, lantas kenapa ga dibuat mahal aja ? Jadi yang bisa konsumsi hanya kalangan terbatas aja, ga merakyat seperti sekarang ini.


Padahal jelas-jelas dikemasannya sudah dituliskan dengan huruf besar, ROKOK MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN. bahkan ada warning keras dibawahnya, "MEROKOK, MEMBUNUHMU" tapi orang-orang tetap juga tuh merokok. Ini membuktikan betapa rendahnya kesadaran masyarakat kita akan bahayanya rokok ini.


3. Jangan tambahkan vetsin atau MSG pada masakan



Masakan yang dibubuhi vetsin atau Mono Sodium Glutamate (MSG) memang terasa lezat. Tetapi tahu ga, tanpa disadarirasa lezat itu bisa membawamu lebih dekat ke kematian ?

Dari informasi yang aku baca, setiap orang membutuhkan sekitar 11 gram glutamate, yang dapat diperoleh dari sumber protein alami untuk mendukung fungsi otak dan metabolisme tubuh. Selain itu MSG alami ini juga bisa diperoleh dari proses fermentasi zat tepung dan gula tebu. Sayangnya, yang beredar di masyarakat adalah MSG buatan hasil olahan bahan kimia. Inilah yang menyebabkan MSG itu menjadi berbahaya bagi kesehatan.


Memang sih, dampak buruknya tidak akan dirasakan secara langsung. Tetapi jika dikonsumsi dalam waktu lama, maka MSG ini bisa memicu penyakit-penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker, kerusakan sistem syaraf, gangguan pernafasan, organ genital dan lainnya.


Hal ini terjadi karena dalam pembuatannya, MSG dibuat pada proses pemanasan pada suhu tinggi dan waktu lama sehingga dapat membentuk pirolitis yang bersifat karsinogenik yaitu senyawa berbahaya yang dapat memicu kanker.

Selain itu, salah seorang mantan ahli bedah syaraf benama Russell Blaylock dalam buku berjudul Excitotoxins -The Taste That Kills, menyebutkan bahwa MSG mengandung zat kimia yang bersifat excitotoxin sehingga dapat merusak sel-sel otak.


Mantan ahli bedah syaraf benama Russell Blaylock dalam buku berjudul Excitotoxins -The Taste That Kills, menyebutkan bahwa MSG mengandung zat kimia yang bersifat excitotoxin sehingga dapat merusak sel-sel otak.


Sumber asli: https://tradisioanal-obat.blogspot.co.id/2015/05/efek-bahaya-msg-bagi-kesehatan.html


Mengkonsumsi MSG dalam waktu lama menyebabkan penimbunan asam glutamat di dalam jaringan sel otak, sehingga mengakibatkan kelumpuhan.


4. Menjauhi makanan cepat saji/instan


Di zaman sekarang, dimana orang-orang hidup super sibuk dan mendewakan 'waktu adalah uang', maka makanan cepat saji adalah satu solusi untuk menghemat waktu. Gimana gak, untuk kenyang mereka tidak perlu menghabiskan jatah waktu istirahat siang mereka kan ? Tetapi makanan cepat saji sebenarnya sangat tidak baik bagi kesehatan. Karena makanan cepat saji itu pada umumnya mengandung bahan-bahan seperti gula buatan, pewarna makanan, pengawet dan penyedap rasa. Hal inilah yang membuat makanan cepat saji tampak menggugah selera sehingga orang-orang menjadi ketagihan.


Sayangnya, rasa ketagihan mereka itu berdampak buruk pada kesehatan. Salah satu dampak buruk dari mengkonsumsi makanan cepat saji ini adalah obesitas. Bahan-bahan yang digunakan dalam mengolah makanan cepat saji membuat tubuh mengalami kesulitan untuk mengurai lemak yang masuk sehingga mengakibatkan kegemukan.


Selain itu, makanan cepat saji juga mengandung lemak jahat atau lemak trans. Hal inimembuat hati harus berkerja lebih keras untuk membersihkan berbagai zat yang tergolong beracun dalam tubuh, akibatnya lama kelamaan menyebabkan kerusakan hati.


Jika makanan cepat saji bisa menyebabkan obesitas, maka sudah bisa dipastikan dia juga bisa menyebabkan diabetes. Karena obesitas ini punya koloni, dan dia bisa mengundang penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes, kardiovaskular dan hipertensi.


Hmm.. memang ga salah deh keputusan untuk menjauhi makanan cepat saji ini. Kamu juga, jangan akrab-akrab sama menu yang satu ini ya.


5. Perbanyak makan sayur dan buah.


Buah dan sayuran memiliki beragam vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena mereka berfungsi untuk memenuhi asupan nustrisi tubuh agar selalu sehat dan segar.


Tak hanya itu, sayuran dan buah juga kaya akan serat, yang bermanfaat demi kelancaran pencernaan. Sayur dan buah juga dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang bisa mengikat radikal bebas sehingga mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.



Ga harus sayur dan buah import, yang lokal sama kok kandungan nutrisinya 



Mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari membuat tubuh kita sehat dan terhindar dari penyakit karena sayur dan buah itu bermanfaat untuk :
  • Menurunkan tekanan darah sehingga terhindar dari penyakit hipertensi
  • Menurunkan kolesterol sehingga terhindar dari resiko terkena penyakit jantung 
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh selalu sehat dan tidak mudah sakit
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi, sehingga terhindar dari osteoporosis 

Wow.. beruntunglah mereka yang menyukai buah dan sayuran, dan bagi kamu yang masih enggan makan sayur dan buah mulai biasakan gih,, emangnya ga mau punya tubuh sehat dna segar ?



6. Penuhi kebutuhan vaksin


Meskipun memiliki keterkaitan yang erat, sebenarnya vaksin, vaksinasi dan imunisasi itu berbeda. Perbedaannya adalah :
  • Vaksin adalah jenis produk yang digunakan untuk memperoleh sistem kekebalan.
  • Vaksinasi adalah suntikan yang diberikan untuk menghasilkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit yaitu dengan cara melemahkan atau membunuh organisme penyebab penyakit.
  • Imunisasi adalah suatu proses agar terlindungi dari penyakit dengan cara pemberian vaksin pada proses vaksinasi. 



Vaksin untuk orang dewasa:

  • Vaksin toksoid untuk pencegahan tetanus
  • Vaksin HPV quadrivalent (gardasil) untuk pencegahan HPV 
  • Vaksin Varicella untuk pencegahan cacar air 
  • Vaksin Typhoid untuk pencegahan penyakit Thypus 
  • Vaksin MMR untuk pencegahan campak, gondongan dan rubella 
  • Vaksin influenza untuk pencegahan penyakit flu 
  • Vaksin polisakarida pneumokok untuk pencegahan pneumonia 
  • Vaksin hepatitus A & B untuk pencegahan penyakit hepatitis A dan B 
  • Vaksin meningitis 
  • Vaksin herpes zoster 


Vaksin yang wajib untuk anak-anak:

  • Vaksin BCG untuk pencegahan TBC
  • Vaksin toksoid untuk pencegahan tetanus, difteri dan pertusis 
  • Vaksin polio 
  • Vaksin campak 
  • Vaksin hepatitis B 

Hayooo... coba diingat lagi,, vaksinmu udah lengkap belum nih ?



7. Olah raga teratur



Ada yang malas olah raga di sini ?

Hmm.. mulai sekarang buang jauh-jauh deh rasa malasnya. Karena apa ? Karena berolah raga secara teratur dan tidak berlebihan adalah salah satu cara untuk bisa sehat optimal.

Dengan rutin berolah raga seseorang akan mendapatkan manfaat yang berlimpah yaitu :

  • Mengontrol berat badan sehingga terhindar dari obesitas
  • Menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik sehingga terhindar dari strooke, diabetes, kanker dan penyakit jantung 
  • Meningkatkan jumlah oksigen dan nutrisi yang sampai ke sel sehingga kekuatan otot dan daya tahan meningkat. 
  • Meningkatkan produktifitas hipppcampus yang memacu daya ingat 
  • Melancarkan aliran darah 
  • Meningkatkan Hormon totesteron yang berpengaruh pada gairah seks. 
  • Membantu menyeimbangkan hormon sehingga terhindar dari penyakit gangguan hormon 
  • Meningkatkan zat antibodi yang berarti juga meningkatkan sistem imun 

Tuh.. tau manfaatnya sebanyak itu masih mikir buat berolah raga ?



#IChooseToPrevent : Cegah Sakit bersama In Harmony Clinic


Untuk warga Jakarta ada kabar super baik nih. Karena beralamat di Jl. Percetakan Negara IVB No. 48 Johar Baru, Jakarta Pusat, In Harmony Clinic hadir dengan mengusung konsep medical, preventive, alternative health.

Bukan hanya memberikan pelayanan dalam pengobatan, In Harmony Clinic juga mensosialisasikan upaya-upaya preventive untuk pencegahan penyakit.


Ada 3 jenis layanan yang diberikan oleh In Harmony Clinic :

1. In Harmony Clinic medical
2. In Harmony Clinic immunity
3. In Harmony Clinic alternative/herbal


Jadi selain memberi pengobatan secara medis, In Harmony Clinic juga menawarkan solusi pengobatan secara herbal. Sedangkan untuk tindakan pencegahan juga menyediakan layanan vaksinasi lengkap dengan jadwal yang jelas.

Aku udah ubek-ubek rumahnya Mbah Google, tapi tetep aja ga nemu dimana Bp. Charlie itu berada. Jadi sorry ga bisa kasih liat penampakan Bp Charlie itu gimana. Ada yang tau orangnya ga ? Pengen kenalan sama orang yang dermawan kaya dia, biar ketularan dermawan juga :)

Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, In Harmony Clinic juga mengadakan program layanan kesehatan untuk Panti Werdha Wisma Mulia dalam program In Harmony Clinic Charity. Program ini dimotori oleh Bp Charlie yang juga merupakan donatur tetap program kesehatan bagi anak-anam di RSCM. Ide yang dicetuskan oleh Bp Charlie ini ditindak lanjuti oleh In Harmony Clinic dengan membangun visi Oma Sehat Wisma Mulia 2012.

In Harmony Clinic ini berkomitmen untuk menciptakan pusat layanan kesehatan holistik yang menyediakan berbagai opsi layanan medis, alternative dan preventive.





***


Tulisan ini diikut sertakan dalam Blog Competition "Tindakan Pencegahan Penyakit" bersama Blogger Perempuan dan In Harmony Clinic
***






Sunday, June 12, 2016

3 Hal Yang Menjadi Pertimbangan Ketika Ingin Menambah Momongan

June 12, 2016 0 Comments

Dulu, waktu aku awal-awal nikah, orang-orang suka banget kepo nanyain, “udah isi, belum ?”
Mau itu ketemu di jalan, di pasar, bahkan di pesta kawinan tetangga orang-orang suka banget tuh nanyain udah hamil apa belum. Sebelum aku menjawab dengan kata ‘udah’, sepertinya telinga mereka berasa ada yang kurang aja. Ibarat sayur tanpa garam, hambar aja gitu.

Trus, waktu berjalan, setahun, dua tahun, dan seterusnya. Ketika aku udah punya anak satu, ketemu lagi nih sama mereka-mereka itu. Liat aku udah gendong anak lantas apa kekepoan mereka hilang ? Ga lho, justru nambah. “Udah berapa orang nih ?”, “Masa masih satu aja ?”, “Kapan kakaknya dikasih adek ni ?” and bla-bla-bla.

Dilain kondisi, ada orang yang anaknya rame, susun paku lagi. Jarak kelahirannya mepet banget, masing-masing satu tahun aja. Lima tahun nikah, anaknya enam #eh. Komen mereka beda lagi donk, “wah, tokcer ya, Jeng”, “apa ga ribet punya anak rapat gitu ?”, “Ntar apa ga pusing sama biaya mereka ?”, and so on, and so on. What the ...

Kok berasa seperti dikejar-kejar gitu ya ?

Padahal mo punya momongan apa enggak, mo nambah lagi apa enggak, mo punya anak satu atau selusin itu kan hak segala bangsa. Kayanya ga perlu dikomenin pake panjang kali lebar trus jadi luas juga kan, ya. 

Beda orang, pasti beda pola pikirnya. Apa yang menurut kita baik, belum pasti cocok bagi mereka. Kalo kita berpendapat punya anak 2 itu cukup, mereka boleh saja bilang ga cukup. Kita kan ga tau rencana mereka apa. Siapa tau, mereka bercita-cita pengen buat tim sepakbola sendiri, ya kan ?

Aku sendiri adalah salah satu dari beberapa orang yang suka merasa sedikit kesal jika ditanyaain, “kapan nambah adek Aira ?”. 

Suka merasa gerah ketika ada yang komen, “Airanya kan udah gede, udah bisalah dikasih adek.” 

Aku berasa pengen kabur kalo ada orang yang nanya,”Ga kasihan liat Aira tumbuh sendiri, kan dia kesepian ga ada temannya.”  

Dan aku merasa pengen ngegampar orang yang suka nanya bin nuduh,”Kamu ga mo nambah anak lagi karena ayahnya kaya ‘gitu’ ya ?” 

Errrrr.... what the ...

Ada banyak hal yang jadi pertimbangan ketika seseorang ingin menambah anak, berikut aku rangkum 3 diantaranya, apa saja itu ? Cekidot yuk :

1.       Faktor Finansial

Tidak semua orang menganut prinsip “banyak anak, banyak rezeki”. Beberapa dekade sebelumnya prinsip ini mungkin memenuhi kepala para orang tua zaman dahulu. Makanya ga heran, kalo ada teman yang terlahir sebagai anak ke 8 dari sembilan bersaudara. Saat itu ketika jumlah penduduk Indonesia masih belum sebanyak sekarang, saat program Keluarga Berencana belum berjalan maksimal, orang-orang mah masih santai saja punya anak banyak gitu.



Lain dulu, lain sekarang pastinya. Orang tua zaman sekarang mikirnya udah semakin kompleks. Agar tumbuh dengan baik, anak itu butuh makanan yang bergizi. Anak butuh pakaian yang layak, butuh tempat tinggal yang nyaman.Dan yang tidak kalah pentingnya, demi masa depan mereka, anak butuh pendidikan yang memadai. Dan biaya untuk pendidikan itu ga sedikit. Makanya banyak orang tua yang bertahan dengan satu atau dua orang anak tujuannya ya itu, biar mereka bisa maksimal memenuhi kebutuhan hidup dan pendidikan mereka.

2.       Faktor Kesiapan Mental Orang Tua

Ada beberapa pasangan suami istri yang tidak begitu sejalan dalam mendampingi tumbuh kembang anaknya. Jika kamu punya suami yang super care, yang mau sinsingkan lengan bajunya untuk sekedar berbagi tugas dalam mengurus anak mah mungkin ga akan berpikir dua kali buat nambah momongan. Karena kamu ga akan sendirian mengurus anak, ada suami yang senantiasa ada mengulurkan tangannya. Disaat kamu sibuk dengan perkerjaan rumah tangga, ada suami yang mau berbagi tugas untuk gantiin popok anak, ada suami yang mau bantu mandiin anak. Ada suami yang dengan senang hati bermain dengan anaknya.



Tapi, jika suami kamu bukan tipe laki-laki yang mau direpotkan dalam urusan anak, maka menambah momongan adalah hal yang terakhir ada dalam pikiran istrinya. Dengan anak satu saja si istri udah kewalahan mengurusnya, apa lagi kalo dua atau tiga. Ya kalau punya uang berlebih, bisalah bayar baby sitter buat bantu-bantu jagain anak. Tapi, mempercayakan anak sama baby sitter di zaman gini ? Kalo aku sih ga berani. Kalo memang ada budget berlebih, mending buat bayar asisten rumah tangga kali ya, dengan begitu anak bisa sepenuhnya diurus sama ibunya.

3.       Faktor Anak Pertama

Ada lho orang tua yang merasa khawatir anak pertamanya tumbuh kurang kasih sayang jika menambah momongan. Ini mungkin berlaku buat anak pertamanya yang masih usia balita ya. Usia ini kan periode emas, dimana anak akan menyerap maksimal semua info yang ada disekitarnya. Jadi jika diusia ini dia udah memiliki adek, semaksimal apa pun usaha orang tua dalam mencurahkan perhatian dan kasih sayang pasti terbagi juga dengan sang adek yang jelas-jelas lebih membutuhkan perhatian ekstra. Karena kondisi inilah ada orang tua yang memilih untuk menunda menambah momongan. Karena mereka ingin memberikan kasih sayang maksimal untuk anak pertama di periode emas mereka. 



Nah, itu dia 3 alasan umum yang jadi bahan pertimbangan orang tua dalam menambah momongan. Pastinya ada lagi faktor khusus lainnya. Entah itu faktor kesehatan, karena penyakit misalnya. Entah itu adalah faktor psikis, sepert trauma misalnya. Yang jelas orang pasti memiliki hal-hal yang jadi pertimbangan mereka, apakah itu hal-hal yang bersifat umum seperti hal diatas, atau alasan pribadi yang kita tidak berhak untuk mengetahuinya. 



Jadi biar ga ada rasa kesal yang tersisa di hati, kalo ketemu sama kenalan, teman atau saudara yang baru punya anak satu, ga usah kepo deh ya. Sebelum melontarkan pertanyaan kepada mereka, ingat 3 hal diatas deh. Udah cukup mewakili jawaban mereka kan ?

======================
Images credit to : 1, 2, 3, 4, 5
======================

Wednesday, June 8, 2016

Jaga Hati, Jaga Mata dengan Puasa

June 08, 2016 0 Comments
Halo, gais.
Masih ingat sama pepatah yang bilang, "dari mata turun ke hati " ga ? Ingatlah ya. Kalo diibaratkan sebuah rumah nih, maka mata adalah jendelanya. Tempat si empunya rumah untuk melihat dunia.

Semuanya berawal dari mata, apa saja yang kita lihat, akan diproses oleh otak. Otak menganalisa secara logika apa yang mata kita lihat lalu meneruskan hasil analisanya ke hati. Hasil analisa otak itu adalah informasi yang berupa kata sifat, ada baik, cantik, pintar, buruk, berguna, jelek dan lain-lain. Selanjutnya informasi yang dikasih oleh otak tadi direspon deh oleh hati. Ntar hatilah yang akan memberi label, dia suka, tidak suka, benci, atau no comment atas apa yang mata lihat. Kurang lebih seperti itu ya rentetannya.

Jadi, ga salah kalo disebut, mata itu adalah awal dari segalanya. Manusia bisa menjadi 'malaikat' atau 'setan' dalam satu waktu hanya gara-gara pandangan mata.

Teman-teman pasti belum lupa sama kejadian-kejadian naas yang dialami oleh beberapa saudara kita yang diperkosa dan dibunuh oleh orang-orang yang tidak bermoral. Secara akal sehat rasanya sungguh tidak masuk akal bagaimana mereka bisa tega melakukan tindakan keji itu. Terlepas dari pengaruh alkohol yang mereka konsumsi, jika pelaku itu bisa menjaga mata dan hatinya apakah akan kejadian ? Aku yakin, jawabnya pasti tidak.

Karena sudah sangat jelas, pandangan mata itu bisa menimbulkan syahwat dalam hati manusia.

Aku pernah baca salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Al-'ala bin Ziyad, dia berkata bahwa Rasulullah bersabda, "Janganlah engkau mengikutkan pandanganmu pada pakaian seorang wanita. Sesungguhnya pandangan menimbulkan syahwat dalam hati."

Dan hadist ini diperkuat lagi oleh hadist lainnya yang diriwayatkan oleh Ibnul Qoyyim, "Kebanyakan maksiat itu masuk kepada seorang hamba melalui empat pintu, keempat pintu itu adalah kilasan pandangan, betikan di benak hati, ucapan dan tindakan."

Syetan itu emang ga akan pernah bosan-bosannya untuk menggoda manusia agar terjerumus dalam kesesatan. Sepertinya itu emang tujuan hidup syetan itu dimuka bumi ini, biar temannya semakin banyak di neraka nanti. Bayangin aja, hanya dengan memandang pakaian wanita aja, syetan bisa menjerumuskan manusia ke lembah maksiat.

Hari gini, dizaman serba canggih ini, dimana dunia berada dalam genggaman, syetan pun ga mo kalah. Dia pun menjelma dalam berbagai rupa. Jadi sekalipun seseorang menjauhi dirinya dari dunia luar dengan mengurung dirinya dalam sebuah kamar bergembok sekali pun, bukan berarti dia akan aman dari maksiat. Karena hanya dengan sebuah smartphone di tangan, maksiat itu toh tetap bisa ia lakukan. Apa lagi kalo smartphonenya punya quota berlimpah. Yang bersangkutan bisa download segala macam itttuuhh. Ya kalo yang dia baca, tonton atau download adalah hal-hal yang bertemakan religi. Kalo yang lain, gimana ? Tetap aja jadi maksiat kan ?

Trus, kalo memang godaan syetan itu begitu dahsyat, lantas bagaimana cara agar tetap bisa menjaga mata dan hati ini dari maksiat ?

Yoi, Allah udah punya cara jitu untuk membentengi kita dari godaan syetan yang terkutuk itu yaitu dengan berpuasa. Puasa yang betul-betul dijalankan dengan penuh keikhlasan untuk meraih ridho ilahi. Bukan puasa yang-yuk, yang siang-siang buka periuk. Bukan pula puasa 'yang-duran'  alias siang tidur seharian. Tapi puasa yang dibangun dengan sepenuh hati, diperkuat dengan sholat lima waktu, sholat tarawih, tadarus, qiyamul lail, dan banyak amalan baik lainnya.

Kita harus tetap kerja dan beraktifitas seperti biasa, karena kerja itu kan ibadah. Tapi yang perlu kita jaga adalah pandangan kita, agar hati kita ini tetap bersih dan jauh dari maksiat, sehingga ucapan dan tindakan kita juga terhindar dari maksiat.

Kalo sehari-hari biasanya suka stalkingin Song Joong Ki di instagram, bok ya puasa gini di hindari atuh, biar hatimu ga jadi bias, trus menghayal yang tidak-tidak. Ntar puasa jadi batal disalahin Song Joong Ki, padahal kitanya yang ga bisa nahan pandangan. Emangnya dia ada suruh kita buat kepo in aktifitas dia seharian ? Enggak, kaaan ?
*self reminder iniiih*

Atau, kalo di hari-hari biasa suka download scene-scene favorit dari K-Drama, dengan puasa gini ya jangan lagi deh. Percuma donk kamu nahan lapar seharian tapi pahalanya mental di bawa sama babang Healer. Hehe..
*and this is self reminder ... again .. :p*

Jadi intinya, jaga mata dengan tidak memandang hal-hal yang mengundang maksiat. Mending gunain mata buat nyari pahala yang banyak. Baca Al Qur'an, baca artikel religi, nulis artikel motivasi, bikin doodle yang ngajak kebaikan, dan banyak lagi hal lainnya yang bisa dilakukan oleh mata tanpa harus mengotori hati dan pikiran kita.

Salah satunya mungkin bisa seperti yang aku buat di bawah ini :
Karena harta hanyalah pelengkap, kebahagiaan terbesar seorang wanita adalah ketika suami senantiasa membimbingnya untuk mengenal Rab-nya lebih dekat.

Puasa, Jaga Hati dan Pandangan yaa. Yang cewek tutupin auratnya, yang cowok ga usah kepo ngintipin apa yang dibalik jilbab cewek !


Kalo kamu ? Punya cara jitu untuk menjaga mata dan hatinya ga ?
Share di comment donk, terimakasih.


Berkata Al-‘Ala’ bin Ziyad, “Janganlah engkau mengikutkan pandanganmu pada pakaian seorangwanita. Sesungguhnya pandangan menimbulkan syahwat dalam hati” - See more at: http://matasalman.com/kemuliaan-menjaga-pandangan/#sthash.72gid3X2.dpuf
Berkata Al-‘Ala’ bin Ziyad, “Janganlah engkau mengikutkan pandanganmu pada pakaian seorangwanita. Sesungguhnya pandangan menimbulkan syahwat dalam hati” - See more at: http://matasalman.com/kemuliaan-menjaga-pandangan/#sthash.72gid3X2.dpuf
Berkata Al-‘Ala’ bin Ziyad, “Janganlah engkau mengikutkan pandanganmu pada pakaian seorangwanita. Sesungguhnya pandangan menimbulkan syahwat dalam hati” - See more at: http://matasalman.com/kemuliaan-menjaga-pandangan/#sthash.72gid3X2.dpuf





Tuesday, June 7, 2016

5 Kebiasaan Orang Indonesia Yang Tidak Patut Dilestarikan

June 07, 2016 0 Comments
Hola !
Aku datang lagi, gais.
Kali ini dengan sedikit uneg-uneg ditambah sejumput kekesalan. Iya, kesel liat orang-orang yang habitnya mengganggu kenyamanan orang lain. Kesel liat orang-orang yang merasa super duper penting, trus menerobos SOP, mengabaikan yang namanya peraturan. Kalo ketemu orang-orang tipikal begini rasanya tuh pengen banget ikat satu-satu trus gantung di laut, biar jadi umpan ikan hiu sekalian. *devil laugh*
 
Berdasarkan pengamatanku beberapa waktu terakhir, aku merasa kok rata-rata orang Indonesia itu memiliki habit yang bener-bener ga patut untuk dilestarikan. Bahkan untuk mereka-mereka yang katanya berpendidikan sekalipun tetap aja masih menganut kebiasaan nenek moyang yang udah jelas minim peraturan itu.

Berikut ini, aku rangkum 5 Kebiasaan Orang Indonesia Yang Tidak Patut Dilestarikan :

1. Tidak Tertib Mengantri

Curhatan seputar kejadian ini pernah aku tuliskan di blog ini juga.
Silakan baca Susahkah Untuk Ngantri ? 
Coba saja lihat di acara-acara pembagian sembako, mereka mau ga ngantri dengan tertib ? Bahkan ada diantara mereka yang tewas terinjak karena tidak kuasa menahan dorongan orang-orang brutal yang tidak sabar mengantri di belakangnya.

Belum lagi di jalan raya, pas jalan macet karena ruas jalan yang rusak atau pun ada kendaraan yang mogok. Hanya karena ga sabar nunggu giliran untuk jalan, mereka memaksakan diri untuk tetap jalan. Hasilnya, macet berlapis terjadi, kemacetan yang seharusnya selesai dalam 30 menit berubah menjadi sehari penuh.

Dan masih banyak lagi contoh-contoh kasus yang memperlihatkan betapa buruknya kebiasaan orang Indonesia dalam mengantri.

Image result for anime orang antri

2. Buang Sampah Sembarangan

Hm, ini dia satu lagi kebiasaan orang Indonesia yang bener-bener ga bisa diwariskan ke anak-cucu. Sekalipun hanya bungkus permen, seharusnya tetap dibuang di tempat sampah. Lihat saja bencana banjir dimana-mana yang salah satu faktor penyebabnya adalah tersumbatnya aliran air karena sampah.

Image result for anime buang sampah sembarangan
sumber

Meskipun di tempat-tempat tertentu udah ditaruh peringatan untuk tidak membuang sampah sembarangan, tapi tetap saja sampah ada di mana-mana. Bahkan di bawah papan peringatan itu sendiri sampah menumpuk dengan cantiknya.

Apakah lingkungan bersih  itu hanya tugas dan tanggung jawab petugas kebersihan aja ?
Percuma aja ada petugas kebersihan, ntar kalo semua orang udah nyadar sama kebersihan, mereka ga ada kerjaan lagi donk.

Ini bener-bener satu dari sekian banyak pikiran picik yang harus dibuang. Kalo semua orang udah nyadar sama pentingnya kebersihan, maka banjir akan berkurang, budget untuk gaji petugas kebersihan bisa digunakan untuk anggaran yang lain, dan lingkungan pun menjadi asri. Kita tidak akan khawatir lagi melepaskan anak-anak untuk main diluar rumah karena tempat bermainnya telah bersih.

3. Tidak Mematuhi Rambu-rambu Lalu Lintas

Pernah liat pengendara belok tanpa nyalain lampu sign gak ? Atau pernah liat pengendara menerobos lampu merah ?

Kejadian-kejadian seperti itu sering banget terjadi, tanpa memperdulikan keselamatan orang lain, tanpa nyalain lampu sign dia langsung aja belok. Yang parahnya lagi, dari sebelah kiri, dia memotong kendaraanku, trus langsung belok ke kanan. What the ... Nyebelin banget kan ? Entah berapa kali aku nyaris nyium aspal gara-gara attitude pengendara yang buruk begitu.

Ada lagi yang berputar arah seenak perutnya, padahal jelas-jelas di depannya ada rambu-rambu U-turn dicoret, tanpa mempedulikan itu dia langsung berputar arah. Masa bodo sama pengendara lainnya yang bisa saja kesenggol olehnya.

Image result for anime melanggar lalu lintas

Jelas-jelas di pinggir jalan itu di pasang rambu-rambu di larang parkir, eh ... mereka justru enjoy ngetem dibawahnya. Yang beginian itu paling sering angkutan kota. Maksud dia sih nyari penumpang, tapi dia ga nyadar gara-gara dia ngetem di tempat yang dilarang parkir, jalanan jadi penuh dan macet.

Image result for anime melanggar lalu lintas

4. Tidak Menghargai Fasilitas Umum

Coba amati, kira-kira berapa unit sih telepon umum yang masih berfungsi dengan baik ? Berapa banyak toilet umum yang masih layak ? Berapa banyak marka jalan yang terpasang dengan baik ?

Image result for gambar fasilitas umum rusak 
Image result for gambar fasilitas umum rusak

Jawabannya pasti seragam, bisa dihitung dengan jari.

Padahal fasilitas umum itu dibuat oleh negara dengan tujuan masyarakat bisa menggunakannya dengan nyaman. Tapi, gara-gara toilet umum yang ga terawat baik, orang-orang jadi malas buang air disitu dan orang-orang memutuskan untuk buang air ditempat lain. Akibatnya, lingkungan jadi bau pesing !

Gara-gara telepon umum yang dicongkel oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab, orang-orang yang membutuhkan jadi korban. Mereka yang ga punya hape jadi ga bisa menghubungi kerabatnya.

5. Membully Orang Lain

Ini berhubungan dengan kebiasaan di media sosial. Pernah perhatiin orang-orang yang saling berkomentar atas status tertentu ga ? Ada yang pro dan kontra itu sih biasa ya, hanya apa harus dengan kata-kata yang tidak senonoh begitu ? Apa harus dengan kata-kata yang menghina dan merendahkan orang lain ? Sekalipun tidak suka dengan status tersebut, rasanya masih banyak kata-kata yang lebih pantas untuk menggambarkan ketidak sukaan kita.

Image result for anime bully
sumber

Negara kita berazazkan Pancasila, yang nilai-nilai luhurnya seharusnya dijadikan tauladan dalam bersikap dan bertutur kata. Tapi kenyataanya, masih banyak sekali orang-orang Indonesia yang mengabaik etika yang satu ini.

Gimana, gais ?
Kira-kira kamu pernah melakukan hal-hal tersebut diatas ga nih ?


Monday, June 6, 2016

3 Alasan Aku Tidak Mau Move On Dari Song Joong Ki

June 06, 2016 0 Comments
Hadeh .. aku tuh rada-rada ngerasa kalo tulisan kali ini lebih tepat disebut curhat gaje.
*belum apa-apa udah pesimis ? what the .... *

Iya, pasti gak jelas banget bagi orang-orang yang bukan pencinta K-Drama.
Makin ga jelas banget lagi bagi orang-orang yang ga nonton Descendant Of The Sun.
Mereka jelas-jelas ga ngertilah alasan 'klasik' kita *eh.. aku aja kali ya* yang berkata tidak bisa move on dari bayang-bayang si kapten, hihihi.

Tapi, whatever they say lah ya, aku mah milih tetap berada di jalanku sekarang, tidak akan move on dari Song Joong Ki.

Image result for song joong ki
katakan sama gue, siapa yang bisa menampik ketampanannya ??

Ga tau juga sampe kapan, yang jelas saat ini aku nikmati rasa fall in love sepihak ini dengan damai.

*tuh keren kan gue, cinta sepihak merasa damai ?*

Kayaknya konyol ya ?
Iya, aku akui, emang konyol.
Tapi aku rela kok dibilang konyol karena memang ada kalanya aku suka senyum-senyum sendiri karena kebayang sama salah satu adegan yang ada di drama itu.

Dan aku juga ga marah kok di bilang t*l*l gara-gara merasa bahagia karena mengingat moment itu. Iya, karena aku sih maklum aja, bagi orang-orang yang bukan k-drama addict seperti aku pastilah merasa aneh, kok bisanya baper separah itu.

Nah, bagi kamu-kamu yang 'mungkin' masih menyimpan tanda tanya besar di ruang benak kamu tentang kami-kami *elo aja kali Mer* yang sampai hari ini tidak bisa move on, boleh donk aku kasih jawaban versi aku. Iya, ini versi aku ya, dan pasti banyak alasan versi k-drama-lovers lainnya yang aku yakin ga kalah keren dari alasan yang aku punya.

Tapi sebelumnya aku jelasin dulu, mengapa Song Joong Ki ? Kenapa bukan move on dari dramanya aja ?

Yes, you got it !

Kira-kira nih ya, jika tokoh Kapten Yoo Si Jin diperankan oleh aktor lain lu bakal baper seperti sekarang ga ?

Kalo aku jawabnya, mungkin tidak. Aku ngerasa karakter Yoo Si Jin itu cocok banget sama Song Jong Ki. Karena beberapa kali melihat tayangan-tayangan fan meetingnya, Song Joong Ki itu orangnya emang rada-rada pecicilan seperti Kapten Yoo itu. Jadi kalo aku boleh ngambil kesimpulan, suksesnya drama DOTS itu, 40%nya adalah karena karakter Yoo Si Jin ini. 30% dari jalan cerita, dan 30% sisanya adalah berkat akting memukau Song Hye Kyo.

See ? Aku berani kasih persentase 40% untuk karakter Yoo Si Jin yang emang kuat banget dalam drama ini. Bagiku, Yoo Si Jin is Song Jong Ki, and Song Jongki is Yoo Si Jin.  Thats why, makanya aku kasih judul tulisan ini 3 Alasan Aku Tidak Mau Move On Dari Song Jong Ki.

Oke, ga perlu panjang lebar lagi, ini dia 3 Alasan Aku Tidak Mau Move on dari Song Jong Ki.

1. I Just Wanna be Happy

Yes, as simple as that. Aku merasa bahagia setiap kali terbayang Kapten Yoo Si Jin di drama Descendant Of The Sun. Dan aku merasa hari ku berwarna setiap kali mendengar lagu-lagu soundtracknya. Aku kadang juga suka ngikik sendiri pas ingat scene 'wasiat' dr.Kang yang diumumin seantero markas itu. Gimana mimik malunya dr. Kang karena itu, juga gimana ekpresi Kapten Yoo yang merasa diatas angin, semua masih terlihat jelas.

Jadi dari pada menyiksa hati dan pikiran karena dilema antara move on or not, aku ambil jalan tengah aja, aku memilih menikmati rasa fall in love sepihak ini. Buat apa sih ? Just see next point :)

2. My Hormon is still active

Yey, hormon aku masih aktif keles, jadi nikmatin ajjaaah. Hahaha.. ngapain pake malu-malu kalo lo baper. Aku sih enjoy banget lho waktu liat adegan romantis mereka. Kadang-kadang sampe rancu sendiri, yang di kiss Kang Mo Yeon kenapa perutku yang kedat kedut ? Hahahaha... Mereka emang sukses banget meranin karakternya.

Image result for descendants of the sun
paling suka moment ini, Yoo Si Jin-nya ngegemesiin :)

3. Creative Story

Aku ngacungin sepuluh jari buat script writernya yang kreatif. Yang bisa memadukan cerita antara dua profesi yang jelas-jelas sangat berbeda. Meskipun ada beberapa orang yang berpendapat, karakter Kapten Yoo Si Jin dibuat berlebihan.

Ya, mungkin memang iya berlebihan bagi mereka yang paham dunia militer. Masak sih perwira sekelas Kapten bisa dijemput pake helikopter ? Panglima aja mungkin ga gitu-gitu amat. Ah, kalo aku yang awam sih, ga peduliin itu. Itu hanya drama kan ? Dan tentu aja fiksi. Jadi setiap orang bebas berimajinasi dalam fiksi.



Bukannya mendiskreditkan karya bangsa sendiri, tapi coba aja bandingkan dengan sinetron yang ada di negeri ini ?

Ada ga sinetron yang bisa membuat lo senyum-senyum sendiri ?
Ada ga sinetron yang bisa buat lo hapal adegan setiap episodenya ?
Ada ga sinetron yang bisa membuat lo kepo buat nyari tau lebih jauh tentang semua orang yang terlibat dalam setiap prosesnya ?
Ada ga sinetron yang bisa membuat lo rela menghabiskan quota internet lo hanya untuk sekedar menonton 'behind the scene'nya di youtube ?

Kalo ada rekomendasiin ke aku deh, aku pasti tonton.

Oke, itu aja.

Kalo kamu gimana ?