Sunday, September 29, 2019

4 Kamera Belakang Oppo A9 2020 Ini Membuatku Pengen Ganti HP

September 29, 2019 1 Comments

Sebagai orang yang berkerja dengan mengandalkan gadget, jujur aja aku selalu tergiur setiap kali melihat ada gadget baru dengan fitur-fitur canggih.

Semakin beda fitur gadget itu dengan gadget yang lain, maka aku semakin penasaran, deh. Apalagi kalo fitur canggih itu ga ada di hape yang aku pake, duuuuh ... mupengnyaaaaa.

Nah, kali ini Oppo A9 2020 hadir dengan fitur yang beda banget dengan gadget lainnya, yaitu memiliki fitur 4 kamera belakang.

Empat kamera belakang lho, gaiiis.

Wah, asli aku penasaran banget, nih. Jadi untuk menjawab rasa penasaran ini, aku pun langsung searching tentang spesifikasi dari Oppo A9 2020 ini.

So, Oppo A9 2020 ini memiliki 1 kamera depan dan 4 kamera belakang.

Kamera depan memiliki konfigurasi 16 MP yang disupport AI Beautification. Jadi untuk urusan selfie ga usah diragukan lagi, ya, kualitasnya.

Empat kamera belakang terdiri dari 48 MP f/1.8, 8 MP f/2.25 ultrawide, 2 MP f/2.4, dan 2 MP f/2.4 depth sensor.



Kamera belakang, Quad Camera dengan 48 MP f/1,8 ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang hobi traveling karena bisa menangkap objek yang jauh sekalipun. Dengan spesifikasi kamera yang setara mirrorless ini, hasil jepretan dijamin sangat jernih. Bahkan setelah 8x zoom kualitas gambar tetap tidak pecah.

Sedangkan kamera belakang yang 8 MP f/2.25 ultrawide ini akan sangat berguna untuk kamu yang pengen mengabadikan kenangan bersama teman atau keluarga yang jumlahnya banyak. Jadi tidak perlu membidik dengan jarak jauh agar semua orang masuk dalam frame kamera, cukup gunakan kamera belakang dengan fitur 8 MP f/2.25 maka dengan jarak dekat pun semua orang bisa masuk dalam frame dengan wajah yang terlihat jelas.

Kamera belakang dengan kapasitas 2 MP f/2.4 bisa digunakan untuk mendapatkan hasil monokrom. Cocok deh untuk kamu yang pengen vloging dengan suasana sendu.

Pengen mendapatkan foto dengan efek bokeh pun bisa karena Oppo A9 2020 memiliki fitur kamera depth sensor. Hanya dengan memfokuskan bidikan pada objek saja, maka kamu akan mendapatkan foto dengan efek blur di belakangnya.

Nah, kabar gembira untuk kamu yang suka mengabadikan momen di malam hari, karena Oppo A9 2020 ini memiliki fitur Night Mode 2.0. Dengan fitur Night Mode ini, hasil jepretan di malam hari pun tetap terlihat jelas.


Dengan kualitas kamera yang begitu cemerlang, bagaimana performa Oppo A9 2020?

Oppo A9 2020 ini didukung oleh chipset prosesor Qualcom Snapdragon 665 yang dilengkapi CPU octa-core 4x2.0 GHz Kryo 260 gold dan 4x1.8 GHz Kryo 260 silver, dan GPU Adreno 610. Maka ga heran kalau chipset snapdragon ini bisa mengurangi tingkat konsumsi hingga 20%.

Untuk sistem operasi Oppo A9 2020 ini menggunakan sistem antarmuka Color Os 6.0.1 dan Android 9.0 pie.

Kapasitas memori Oppo A9 2020 ini pun sangat menggiurkan. Betapa tidak, dengan 8 GB RAM, internal memori mencapai 128 GB, dan tersedianya slot eksternal memori yang bisa menampung hingga 256 GB tentu saja pengguna bisa menggunakan ponsel cerdas ini dengan aman dan lancar tanpa kekhawatiran apa pun.

Kamu pencinta game online?

Bersyukurlah, gais. Oppo A9 2020 ini memiliki kinerja yang sangat mumpuni karena telah dilengkapi dengan fitur Game Boost, Frame Boost, dan Touch Boost. Dengan begitu kamu bisa bermain dengan puas tanpa gangguan apa pun.

Bagaimana dengan baterai?

Untung mendukung performanya, Oppo A9 2020 memiliki baterai dengan kapasitas 5000 mAh yang mampu bertahan untuk 11,8 jam streaming video, dan 7,7 jam untuk bermain game online. Satu kali pengisian, baterainya bisa bertahan selama 19 jam.

Wow!

Idaman pencinta drama Korea banget ini pasti. Drama 16 episode bisa tuntas dalam 1 hari. Hahaha.

Bagi kamu yang banyak beraktifitas di luar ruangan pasti sering merasa kesel kalo ada yang nelpon pas lagi berada di bawah sinar matahari yang terik karena layar ga terlihat jelas, sehingga ga tahu siapa yang nelpon. Salah-salah jawab kan berabe.

Nah, dengan Oppo A9 2020 kamu ga bakalan ngerasain bete-kesel-jengkel karena hal di atas, gais. Karena faktanya Oppo A9 2020 ini dibekali dengan Sunlight Visibility Improvement yang bikin layar hape tetap terlihat jelas meskipun di bawah sinar matahari yang menyilaukan.

So, gais. Gimana pendapat kamu tentang Oppo A9 2020 ini? Pengen beli, ga?

Kalo aku, 'kasih 4 yes deh'.
Jumpa di counter, ya.









Thursday, September 12, 2019

Suka Menunda Perkerjaan? Siap-siap Rezeki Melayang

September 12, 2019 1 Comments



Bagiku ini pengalaman berharga banget, gais. Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu aku menerima email, berupa penawaran kerjasama blog. Setelah nego-nego rate, akhirnya deal, jobnya berupa CP dengan fee sekian. Lumayan deh dari pada lu manyun. Hehe.

Selang beberapa menit email berikutnya masuk lagi. Aku ga langsung buka, karena dari notifikasi keliatan pengirimnya adalah pemberi job tadi. Jadi aku udah yakin aja yang dia kirim pasti CP tadi.

Qadarullah, Dzikri demam malam itu, jadi fix job itu belum aku sentuh sama sekali, karena fokus merawat Dzikri yang sedang rewel.

Dua-tiga hari berselang, Alhamdulillah Dzikri udah pulih, tinggal batuk pilek aja, selintas ingatan tentang job itu melintas di kepala. Dalam hati membatin, ntar malam aja deh tunggu Dzikri tidur dulu biar bisa fokus.

Then, you know what, guys? Ternyata 6 hari sudah berlalu, dan aku masih belum menyentuh kerjaan itu sama sekali.

Oh my God.

Rasa bersalah pun membuncah di dada. Mumpung Dzikri lagi tidur siang, aku pun segera membuka email dan mengunduh file yang mereka kirimkan.

Ma syaa Allah.
Ternyata CPnya ga cuma satu, gaiiiiss.
Ditotalin nominalnya jadi sangat lumayan jumlahnya.

Allah beneran masih sayang aku.

Langsung aku kebut deh ngerjain itu artikel sambil ga berhenti mengucap syukur. Walaupun terselip rasa sesal yang luar biasa.

Ya, ini pelajaran yang sangat berharga. Aku ga tau apa yang terjadi jika aku masih saja menunda-nunda mengerjakan job ini. Bisa jadi rezeki yang seharusnya mendarat di rekening, berpindah 'bandara' lalu mendarat di rekening blogger lainnya.

So, jangan pernah menunda-nunda perkerjaan ya, gais. Bisa-bisa rezeki kita melayang, lho.


Wednesday, September 11, 2019

Sebelum Berganti Tahun, Yuk Nikmati Beragam Promo Menarik dari Kartu Kredit BCA

September 11, 2019 0 Comments


Menjelang akhir tahun, sejumlah bank baik milik pemerintah ataupun swasta pasti menyediakan promo menarik terutama bagi mereka yang memegang kartu kredit. Umumnya kartu kredit digunakan untuk membayar segala jenis barang dengan sistem kredit dimana toko tersebut menyediakan diskon ataupun cashback bagi pemilik kartu dari bank terkait. Salah satu promo menarik dari bank yang kerap kali bekerjasama dengan beberapa toko ataupun restaurant ternama adalah promo kartu kredit BCA.


Promo Kartu Kredit BCA Tahun 2019


Sebelum akhir tahun 2019, kamu bisa memanfaatkan sederet promo menarik jika menggunakan kartu kredit BCA. Promo tersebut hadir dengan lebih banyak lagi merchant dan pastinya cocok digunakan untuk mengisi liburan akhir tahun. Tanpa berlama-lama, yuk kita simak apa saja promonya berikut ini.

1. Promo Kartu Kredit BCA, “Shibuya Quarter”

Siapa yang gemar makanan Jepang? Nah, kartu kredit BCA sedang memberikan penawaran berupa potongan harga hingga 20% dengan melakukan transaksi minimal Rp 150 ribu di restaurant ternama Shibuya Quarter di Paris Van Java, Bandung. Menariknya, promo ini berlaku setiap hari loh. Selama kamu menggunakan kartu kredit BCA, Debit BCA, Flazz, dan Sakuku. Masa periode nya sendiri terbilang cukup lama, mulai dari 16 Maret 2019 hingga 15 September 2019.

2. Promo Kartu Kredit BCA, “Optik Melawai & Optik Keluarga”

Bosan dengan kacamata yang digunakan saat ini? Coba saja datangi Optik Melawai dan Optik Keluarga. Karena optik tersebut sedang mengadakan promo seperti beli 1 gratis 1 khusus pengguna kartu kredit BCA dan Debit BCA. Promo ini juga berlaku di seluruh outlet Optik Melawai dan Optik Keluarga dengan ketentuan frame atau sunglasses yang kedua (gratis) maksimum seharga 80% dari produk pertama. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi optik tersebut karena promo tersebut hanya berlaku hingga 12 September 2019.

3. Promo Kartu Kredit BCA, “Gramedia”

Sebuah pepatah pernah mengatakan bila buku adalah gudangnya ilmu, maka dari itu kamu harus memanfaatkan promo dari kartu kredit BCA berupa potongan harga sebesar 25% untuk membeli buku di toko buku ternama Gramedia. Syarat dan ketentuannya sangat mudah, cukup datangi Gramedia di hari Jumat atau Sabtu dan belilah buku terbitan Kompas Gramedia dengan sistem pembayaran Sakuku, kartu kredit BCA, Flazz, dan tahapan Xpresi BCA. Promo ini juga berlaku sampai 28 Desember 2019, yuk segera kunjungi Gramedia di daerah terdekatmu.

4. Promo Kartu Kredit BCA, “Calais”

Pecinta bubble tea pasti sudah tidak asing dengan produk minuman yang satu ini. Hingga 25 November 2019, Calais memberikan penawaran berupa beli 2 gratis 1 untuk pengguna kartu kredit BCA, Flazz, Sakuku, dan tahapan Xpresi BCA. Promo tersebut berlaku di beberapa outlet Calais seperti Kalimantan Selatan, Banten, Bekasi, Jakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Padang, Pekanbaru, dan beberapa kota lainnya. Kalau kamu penasaran apakah kotamu juga termasuk, coba saja di cek melalui laman situs promo BCA.

5. Promo Kartu Kredit BCA, “Grand Hyatt Jakarta”

Untuk mengisi liburan akhir tahun, kamu bisa menggunakan promo potongan harga 20% dan harga special kamar Rp 4, 75 juta untuk 2 malam di Grand Hyatt Jakarta. Hotel bintang 5 yang terletak di Plaza Indonesia ini tidak hanya memberikan penawaran berupa room program saja, tetapi juga dining program berupa beli 1 gratis 2 dan diskon 15% untuk restaurant di Grand Hyatt Jakarta yang meliputi Burgundy, C’s Steak and Seafood Restaurant, Fountain Lounge, Grand Café, Seafood Terrace, dan Sumire Japanese Restaurant dengan minimum transaksi Rp 500 ribu. Promo ini hanya berlaku hingga 31 Desember 2019 untuk jenis pembayaran BCA Card Platinum, BCA Mastercard (Platinum, Black, World, BWS), BCA Visa (Platinum, Black, SQ, Corporate), dan BCA American Express Platinum.



Itulah beberapa promo kartu kredit BCA yang tidak boleh kamu lewatkan sebelum pergantian tahun 2019. Tunggu apalagi? Segera kunjungi merchant-merchant diatas ataupun ajukan pembuatan kartu kredti BCA jika kamu belum memilikinya. Informasi lain mengenai promo kartu kredit BCA juga bisa kamu baca di https://www.cekaja.com/banks/bca/kartu-kredit/promo.

6 Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

September 11, 2019 1 Comments



Bagi bayi tidur yang nyenyak sangat penting karena berpengaruh pada perkembangannya. Bayi yang kurang tidur akan rentan diserang penyakit karena daya tahan tubuhnya kurang.

Tidak sedikit orangtua yang mengeluhkan bahwa tidur bayinya tidak nyenyak, akibatnya bayi rewel sepanjang malam. Jika ini dibiarkan berlarut-larut tentu saja tidak baik bagi kesehatan bayi. Bukan hanya itu, ibu yang kurang istirahat juga menjadi mudah terserang penyakit. Jika ibu sakit, akan banyak dampak buruknya terhadap bayi. Bayi jadi kurang terurus, dan juga bayi bisa beresiko tertular penyakit dari ibunya. Itulah sebabnya tidur yang berkualitas bagi bayi itu sangatlah penting.

Ketika bayi mendapatkan tidur yang berkualitas, maka hormon-hormon pertumbuhannya akan berkerja secara maksimal dan juga memperbaiki sel-sel yang rusak.

Bagaimanakah ciri-ciri bayi telah mendapatkan tidur yang berkualitas?

Ciri-ciri bayi tidur berkualitas sangat mudah diketahui. Wajahnya rileks, ototnya lemas, dan juga saat bangun dia tampak ceria. Nah, jika bayi Anda nampak memiliki ciri-ciri seperti itu, maka berbahagialah karena itu tandanya si bayi telah mendapatkan tidur yang berkualitas.

Lantas bagaimanakah caranya agar bayi bisa mendapatkan tidur yang berkualitas?

Ada beberapa cara yang ibu harus siapkan sebelum menidurkan bayi agar bayi mendapatkan tidur yang berkualitas.

1. Ciptakan suasana yang tenang.

Sejak dalam kandungan bayi sudah terbiasa mendengarkan irama circadian atau suara-suara alami yang tercipta pada jam biologis tubuh. Bayi menyukai irama circadian ini, sehingga tubuhnya pun mengikutinya.Ssampai saat ia dilahirkan kemudian beradaptasi dengan lingkungan. Agar bayi tidur nyenyak, ciptakan suasana yang tenang dan tentram, dengan begitu secara otomatis tubuh bayi akan bereaksi dan mengenali bahwa itu adalah saatnya untuk tidur.



2. Pastikan perut bayi kenyang.

Sebelum tidur, berilah bayi susu agar bayi tidak terbangun karena lapar atau haus. Bayi yang mengonsumsi ASI akan tetap terbangun setiap 2-3 jam sekali untuk menyusu, tetapi itu adalah hal yang wajar karena ASI lebih mudah dicerna oleh tubuh, beda dengan susu formula yang membuat metabolisme tubuh bayi menjadi lebih lambat.



3. Gunakan popok dengan daya serap tinggi.

Bayi terbangun dari tidurnya bukan hanya karena bayi merasa lapar atau haus, tetapi juga bisa disebabkan karena bayi merasa resah oleh popoknya yang basah. Oleh karena itu gunakanlah popok dengan daya serap tinggi sehingga bayi tidak akan terbangun meskipun sudah pipis beberapa kali.



4. Mandikan dengan air hangat.

Air hangat bisa menenangkan dan membantu anak untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, karena itu memandikan atau membasuh bayi dengan air hangat sekitar 2-3 jam sebelum tidur bisa membuat bayi merasa rileks dan tidur lebih lama.



5. Atur pola tidur bayi sedini mungkin.

Untuk bayi usia 0-4 bulan memang belum bisa diterapkan pola tidur yang khusus, karena bayi yang baru lahir masih terbawa kebiasaannya dalam rahim. Tetapi untuk bayi yang telah berusia di atas 4 bulan sudah bisa mulai diatur pola tidurnya karena otak anak sudah bisa mengenali siang dan malam. Terapkan tidur siang dan tidur malam dengan waktu yang konsisten. Usahakan waktu tidur siang lebih pendek dari tidur malam, karena siang adalah waktunya bayi untuk bereksplorasi dalam pertumbuhannya. Jika waktu siang dihabiskan dengan banyak tidur maka bayi akan mengalami keterlambatan dalam tumbuh kembangnya.



6. Gunakan ayunan bayi yang berkualitas.


Tidak bisa dipungkiri bayi tidur bayi akan lebih nyenyak apabila diayun. Tetapi pemilihan ayunan yang tidak tepat justru membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga tidurnya pun tidak nyenyak. Ayunan bayi yang kualitasnya tidak bagus biasanya ditandai dengan suara yang berisik, gerak ayunan yang tidak stabil, dan bantalan ayunan yang keras sehingga membuat bayi kesakitan. Karena itu gunakanlah ayunan bayi yang berkualitas tinggi.

Jadi, kualitas tidur bayi memang tidak bisa diabaikan sama sekali karena berpengaruh besar dalam tumbuh kembangnya. Jika ingin bayi Anda tumbuh dengan optimal, selain memberikan asupan nutrisi yang terbaik, maka pastikan bayi Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.


Tuesday, September 10, 2019

Langkah Praktis Pinjam Uang Hingga Puluhan Juta, Dijamin Tanpa Ribet

September 10, 2019 0 Comments



Meminjam uang hingga puluhan juta rupiah sering kali terkendala lantaran proses yang diminta pihak penyedia pinjaman terbilang rumit. Padahal sekarang ini sudah banyak bermunculan penyedia pinjaman online atau fintech yang mana prosedurnya sangatlah mudah. Cukup sertakan dokumen pendukung seperti KTP, NPWP dan fotokopi slip gaji terakhir, kamu sudah bisa pinjam uang bahkan sampai puluhan juta sekalipun.


Langkah Praktis Pinjam Uang Praktis


1. Tentukan prioritas dan tujuan

Sebelum kamu memutuskan untuk pinjam uang melalui pihak penyedia pinjaman seperti bank dan lembaga keuangan, coba buat terlebih dahulu daftar prioritas beserta tujuan dari meminjam uang tersebut. Apakah untuk modal usaha atau memenuhi kebutuhan lainnya yang mendesak. Sebaiknya hindari meminjam uang untuk memenuhi keinginan yang mungkin saja tidak terlalu dibutuhkan. Karena ditakutkan saat masa jatuh tempo pembayaran telah tiba, kamu tidak bisa melunasi tagihan. Lantaran sudah membeli barang yang harganya selangit jauh dari kondisi keuangan pribadi.

2. Buat Perencanaan Keuangan

Setelah menentukan apa saja prioritas dan tujuan kamu dalam meminjam uang, buatlah daftar perencanaan keuangan agar kamu bisa memperkirakan total bersih pendapatan kamu setelah menghitung berapa pendapatan setiap bulan dan dikurangi seluruh pengeluaran. Tujuannya untuk mengetahui apakah keuangan kamu masih aman setelah adanya pengeluaran berupa cicilan kredit yang harus dibayarkan setiap bulannya.

3. Melakukan riset dan membandingkan

Sudah sepatutnya kamu melakukan riset kecil-kecilan melalui internet atau bertanya langsung kepada kerabat yang mungkin sudah paham betul mengenai seluk-beluk pihak penyedia pinjaman uang. Setelah data-data sudah terkumpul, selanjutnya coba bandingkan atara satu dan bank lainnya yang menawarkan pinjaman baik secara agunan (jaminan) maupun tanpa agunan. Salah satu jasa penyedia pinjam uang terpercaya dan sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bisa kamu gunakan adalah CekAja.com. Startup dibidang finansial ini akan memberikan kamu seluruh data bank yang turut bekerja sama untuk membantu masyarakat Indonesia meminjam uang dengan cicilan ringan dan bunga rendah.



4. Cek suku bunga

Ketika kamu melakukan riset terhadap beberapa bank atau lembaga keuangan, cek juga suku bunga yang diberikan tiap lembaga. Dengan melakukan perbandingan dari segi suku bunga, kamu bisa mengetahui lembaga atau bank mana yang menerapkan suku bunga paling rendah. Apalagi bila kamu ingin pinjam uang hingga puluhan juta rupiah yang mana biasanya suku bunga diberikan tak kalah besar.

5. Lengkapi segala persyaratan

Setelah menentukan lembaga keuangan mana yang ingin dituju, persiapkan pula beberapa dokumen pendukung. Catat apa saja dokumen yang diminta pihak lembaga keuangan karena satu lembaga dengan lembaga lainnya itu memiliki persyaratan berbeda terkait identitas diri calon nasabah. Salah satu contohnya seperti CekAja.com yang memiliki persyaratan berbeda meliputi calon nasabah wajib menyertakan bukti kewarganegaraan Indonesia (WNI) dan harus berusia 21 tahun hingga 55 tahun dengan penghasilan tetap setiap bulannya minimal Rp 2,5 juta.

Itulah beberapa langkah praktis yang bisa kamu lakukan sebelum melakukan pinjam uang hingga puluhan juta rupiah. Ingat, jangan pernah meminjam uang kepada pihak rentenir kalau kamu tidak mau besaran suku bunga yang diberikan melebihi kemampuan dan kondisi bayar. Pinjamlah uang di pinjaman online yang terpercaya dan pastinya sudah mengantongi izin dari OJK. Cukup kunjungi laman situs https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/ dan rasakan seluruh kepuasan dalam meminjam uang.







Monday, September 9, 2019

Apa yang Menyebabkan Bibir Mengelupas?

September 09, 2019 1 Comments



Apa yang Menyebabkan Bibir Mengelupas? Bibir terbuat dari kulit yang lembut dan halus. Akibatnya, bibir dapat dengan mudah retak dan terbelah dalam kondisi tertentu.

Meskipun bibir mengelupas bisa terasa sakit, berdarah dan membelah biasanya tidak mengindikasikan masalah serius. Meskipun demikian, kondisi ini bisa menyusahkan, jadi penting untuk memahami penyebab bibir pecah-pecah dan cara-cara untuk mempromosikan penyembuhan.

Penyebab bibir pecah


Karena bibir yang pecah dapat berkembang secara bertahap, mungkin sulit untuk menentukan penyebab pastinya. Memahami kemungkinan alasan dapat membantu kamu menentukan cara terbaik untuk mengobati dan mencegah perpecahan di masa depan.

Penyebab umumnya meliputi:

Peradangan bibir

Bibir pecah-pecah adalah bentuk peradangan bibir yang dipicu oleh iritasi kulit. Bibir dapat menjadi sangat kering dan pecah-pecah setiap saat sepanjang tahun karena faktor lingkungan seperti cuaca dingin, udara kering, dan paparan angin.

Cheilitis angular secara spesifik memengaruhi sudut mulut dan dapat disebabkan oleh faktor lingkungan dan sejumlah penyebab lainnya.

Bibir sangat rentan terhadap pengelupasan, pengelupasan, pembelahan, dan kekeringan karena mereka tidak memiliki perlindungan yang sama dari unsur-unsur seperti kulit lainnya. Mereka juga tidak dapat menghasilkan uap air sendiri.

Kerusakan akibat sinar matahari

Kami menggunakan tabir surya untuk melindungi tubuh kita dari sinar UV yang berbahaya dari matahari. Penting juga untuk melindungi bibir kamu.

Mengekspos bibir yang tidak terlindungi dari sinar matahari dapat menyebabkan peradangan. Paparan jangka panjang menyebabkan bibir menjadi kaku dan kering, menyebabkan retak atau pecah.


Apa saja Penyebab Bibir Mengelupas?



Cidera bibir

Bibir pecah juga dapat terjadi setelah cedera. Ini termasuk pukulan ke mulut, jatuh dan mengenai mulut Anda, menggigit bibir, atau memotong kertas. Selain bibir pecah, kamu juga mungkin mengalami pendarahan dan pembengkakan.

Dehidrasi

Kadang-kadang, bibir pecah karena masalah medis yang mendasarinya seperti dehidrasi. Ini adalah saat tubuh kamu tidak memiliki jumlah cairan yang cukup. Kamu bisa mengalami dehidrasi karena muntah, diare, berkeringat hebat, dan sakit.

Ada juga risiko dehidrasi jika kamu tidak minum cukup cairan. Dehidrasi membuat tubuh kamu lebih sulit untuk berfungsi dengan baik. Dehidrasi parah bisa mengancam jiwa.

Kekurangan vitamin dan mineral


Vitamin B termasuk tiamin, niasin, biotin, asam folat, dan riboflavin. Ini adalah vitamin yang larut dalam air yang berperan dalam metabolisme, menyediakan energi, dan membantu tubuh kamu melawan penyakit.

Karena vitamin B juga berkontribusi pada kulit yang sehat, kekurangan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, bibir pecah-pecah, kekeringan, dan ruam. Kadar seng dan zat besi yang rendah juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, terutama di sudut mulut.

Alergi

Reaksi alergi terhadap lipstik, pasta gigi, pelembab, dan benda apa pun yang diaplikasikan pada atau di sekitar bibir kamu dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. Gejala lain dapat berupa kekeringan parah, iritasi dan gatal-gatal, atau ruam seperti eksim akut pada bibir.

Jika kamu mengalami masalah bibir setelah menggunakan produk bibir baru, hentikan penggunaan dan lihat apakah kondisi kamu membaik. Kondisi ini dapat menjadi berkelanjutan jika masalah yang menyebabkan alergi tidak teridentifikasi dan diperbaiki.

Kapan harus ke dokter

Banyak kasus bibir pecah dapat disembuhkan dengan pengobatan rumahan. Hal ini terutama berlaku pada kasus-kasus yang disebabkan oleh pecah-pecah atau kering, sering sebagai akibat dari panas ekstrem, dingin, atau angin.

Tetapi karena bibir mengelupas dan bibir yang pecah juga bisa mengindikasikan masalah medis yang mendasarinya, temui dokter jika bibir kamu memburuk atau jika ada gejala lain.

Sunday, September 8, 2019

Fakta-Fakta Menarik Dibalik Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

September 08, 2019 0 Comments


Setelah pertimbangan secara matang mengenai bagian lokasi Indonesia manakah yang layak untuk dijadikan sebagai ibu kota baru pengganti Jakarta, keputusanpun telah ditetapkan untuk menjadikan Provinsi Kalimantan Timur, yakni di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Sebagian Kabupaten Kutai Negara sebagai Ibu Kota Baru Republik Indonesia.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa hingga kini kegiatan seluruh perekonomian berpusat di Pulau Jawa, khususnya di Jakarta, yang membuat Pulau Jawa semakin padat dibandingkan di pulau-pulau lainnya. Hal ini tentunya menimbulkan kesenjangan karena secara tidak langsung kemajuan perubahan infrastruktur pun juga menjadi lebih berpusat kepada pulau Jawa, yang membuat pulau-pulau di bagian Indonesia lainnya menjadi lebih tertinggal.

Maka dari itu, sekaligus dalam rangka pemerataan, bapak Joko Widodo (Jokowi) selaku Presiden Republik Indonesia memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota Baru ke luar pulau Jawa, yakni dengan keputusan akhir yaitu di Pulau Kalimantan, lebih tepatnya di Kalimantan Timur.

Dikarenakan inilah, Pulau Kalimantan menjadi buah bibir yang saat ini tengah banyak dibicarakan oleh masyarakat luas. Lalu, apa saja sih fakta-fakta menarik dibalik pindahnya Ibu Kota ke Kalimantan Timur? Yuk kita simak ulasannya bersama-sama.


Fakta-Fakta Menarik Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur




1. Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai Lokasi Ibu Kota Baru

Sesuai dengan yang telah diumumkan oleh Presiden Jokowi pada hari Senin, 26 Agustus silam, ibu kota baru akan resmi dipindahkan ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Menurut Jokowi itu sendiri, keputusan tersebut diambil setelah pemerintah melakukan kajian dan mengintensifkan studi selama tiga tahun terakhir.

Mengapa Kalimantar Timur? Selain memasuki urutan ke-3 sebagai pulau terbesar di dunia, pulau Kalimantan juga dinilai aman dari bencana alam seperti gempa bumi yang saat ini sudah mulai mengancam Jakarta. Dihuni oleh berbagai kelompok etnis yang beragam juga membuat Kalimantan memiliki karakteristik keberagaman budaya dengan mencerminkan ‘Bhineka Tunggal Ika’ yang dianut oleh Indonesia saat ini.

2. Mengusung Konsep ‘Green City’

Pemerintah tengah mempersiapkan desain moda transportasi massal yang pada nantinya akan siap melayani para penduduk di calon ibu kota baru Indonesia kelak. Transportasi massal tersebut juga akan saling terintegrasi dengan konsep ramah lingkungan. Tujuannya agar moda angkutan massal ini akan dijadikan sebagai pilihan utama bagi masyarakat dalam bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya.



Jenis moda transportasi yang saat ini tengah dipersiapkan ialah dimulai dari MRT (Mass Rapid Transit), LRT (Light Rail Transit), hingga BRT (Bus Rapid Transit). Nah, keinginan Jokowi dalam membangun kota ramah lingkungan tidak hanya diwujudkan dengan menyediakan berbagai fasilitas moda transportasi, melainkan juga dengan dibangunnya RTH (Ruang Terbuka Hijau) dan memperbaiki kawasan konservasi hutan.

3. Jakarta Akan Menjadi Pusat Bisnis

Layaknya kota New York di Amerika, Jakarta akan tetap menjadi pusat bisnis dan perdagangan, baik itu di ranah nasional maupun internasional, sehingga perbaikan infrastruktur pun akan tetap dilakukan di Jakarta. Perpindahan ibu kota hanya berpengaruh terhadap pusat pemerintahan saja, tetapi tidak kepada pusat bisnis.

Mulai dari kemacetan yang tidak terkontrol, peningkatan jumlah penduduk, hingga terjadinya gempa bumi membuat Jakarta sudah tidak layak untuk dijadikan sebagai ibu kota, dan hal inilah yang mendasari Presiden Jokowi untuk memindahkan ibu kota ke pulau yang jauh lebih aman dan nyaman, khususnya sebagai pusat pemerintahan.

Perpindahan ibu kota sepertinya menjadi langkah terbaik agar jumlah penduduk tidak terlalu melonjak di pulau Jawa saja. Perlu diketahui bahwa sebelum Indonesia, ada beberapa negara lainnya yang juga pernah memindahkan ibu kota nya dan telah terbukti lebih memajukan negara mereka lho, seperti Australia yang pernah memindahkan ibu kotanya dari Melbourne ke Canberra atau Brazil yang memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke kota baru bernama Brasilia.

Banyak sekali fakta-fakta dibalik pindahnya ibu kota baru yang menarik untuk kamu ketahui. Ingin mengetahui fakta-fakta lainnya? Baca saja berita lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/ibu-kota-baru-di-kalimantan-timur-ini-fakta-faktanya/


Note:
Image source: https://nasional.sindonews.com/read/1400059/12/ibu-kota-pindah-dari-jakarta-ke-luar-jawa-akan-diseriusi-1556588317

Saturday, September 7, 2019

Yang Belum Banyak Diketahui dari Drama Korea Arthdal Chronicles

September 07, 2019 0 Comments


Jika kamu mengikuti kabar dari aktor tampan Song Joong-Ki, sudah tentu tidak lagi asing dengan drama korea berjudul Arthdal Chronicles, bukan? Sejak Maret 2018 silam, Song Joong-Ki telah dilirik menjadi peran utama pria dalam drama korea yang berkonsep unik ini. Arthdal Chronicles yang sering disebut dengan The Chronicles of Aseudal ini hadir dengan warna baru di antara jajaran drama korea yang pernah ada selama ini, karena konsep ceritanya akan dipenuhi dengan latar belakang sejarah atau Sageuk.


Mengenal Tokoh-Tokoh Arthdal Chronicles




Kim Young-Hyun bersama Park Sang-Yeon sebagai penulis skenario dari drama ini menciptakan sebuah tanah fiksi yang mereka namakan dengan Aseudal. Dengan latar zaman yang kuno, Song Joong-Ki yang memerankan tokoh Eun-Sum diceritakan lahir dengan nasib sebagai pembawa bencana di Aseudal karena Blue Star (bintang kehancuran atau Star of Disaster) yang mengalir di dalam energinya.

Biarpun begitu, Eun-Sum memiliki seorang ibu yang menyelamatkannya hingga ia tumbuh besar. Saat tumbuh dewasa, Eun-Sum mengalami begitu banyak kesulitan, namun ia tetap bisa kembali ke Aseudal setelah mengembara dari Blue Stone Village. Tepat setelah kehilangan kedua orang tuanya, Eun-Sum kemudian tinggal bersama Suku Wahan. Ia kemudian terkenal akan kepribadian, kemampuan, dan penampilannya yang luar biasa.

Jang Dong-Gun yang memerankan Ta-Gon justru diceritakan sebagai seorang pahlawan di dalam perang Aseudal dengan pengalamannya selama 20 tahun merebut kemenangan dalam setiap perang. Dengan mimpi dan ambisinya untuk menjadi raja pertama Aseudal, Ta-Gon telah berjasa banyak dalam membuka jalan kemakmuran bagi Aseudal. Ta-Gon adalah tokoh yang sangat berkuasa di Aseudal.

Sedangkan Kim Ji-Won yang memerankan Tan-Ya, diceritakan sebagai generasi dari Suku Wahan yang hidupnya dipenuhi dengan ambisi menjadi seorang polisi wanita yang pertama ada. Tan-Ya yang padahal seorang putri mahkota pertama di dalam Kekaisaran Arthdal ini justru menyimpan energi kutukan yang sama dengan Eun-Sum. Ketika Eun-Sum bertemu dengannya, Tan-Ya dengan mudahnya menjadi cinta pertama di hati Eun-Sum.

Berbeda lagi dengan Taeal-Ha yang diperankan oleh Kim Ok-Vin. Taeal-Ha yang berasal dari suku Hae memiliki reputasi sebagai wanita tercantik di Aseudal. Sayangnya, Taeal-Ha harus menjadi seorang mata-mata atau Yeomari Suku Hae untuk mengamati Ta-Gon dan juga ayahnya, San Hanung, dalam misi menaklukkan Arthdal.


Yang Membuat Arthdal Chronicles Berbeda dari Drama Korea Kebanyakan



Tentu saja selain konsepnya yang fantasi di-mix dengan konsep historikal, Arthdal Chronicles menyimpan berbagai keunikan yang tidak bakal kamu temukan di drama korea yang lain. Apa saja itu? Keunikan drama korea ini dimulai dari konflik utamanya yang tidak melulu dibumbui dengan konsep romansa, tetapi cenderung tentang ambisi untuk merebut kekuasaan dan adegan saling membunuh.

Ada banyak sekali intrik dan teka-teki yang membuat kamu tidak rela mengakhiri episode yang sedang kamu tonton. Dikemas dengan sinematografi yang tidak main-main dan pemilihan pemain yang berkualitas, Arthdal Chronicles semakin epik untuk disaksikan. Apalagi faktanya drama korea ini diproduksi dengan budget yang super mewah.

Dimulai dari pemilihan pemain, efek visual berbasis CGI, pemilihan properti, hingga penulis skenario terkenal, drama yang menghabiskan 40 miliar won ini tentu saja bukan drama kacangan yang dapat dianggap sebelah mata. Jika boleh diberi analogi, Arthdal Chronicles merupakan film Game of Thrones-nya negara Korea. Kalau saja kedua peran utama ini benar-benar menghancurkan Arthdal, apa yang akan dilakukan oleh Ta-Gon, ya?



Friday, September 6, 2019

Baru Pertama Kali Dapet Panggilan Interview? Tidak Perlu Gugup! Ini Dia Pertanyaan yang Paling Sering Muncul

September 06, 2019 0 Comments

Bagi fresh graduate, mencari kerja menjadi tantangan tersendiri yang mau tidak mau harus mereka hadapi, meskipun memang tidak mudah. Perlu diakui bahwa mencari kerja pertama bagi fresh graduate cenderung lebih sulit dibandingkan orang-orang yang telah memiliki pengalaman sebelumnya, apalagi bila fresh graduate tersebut sama sekali belum memiliki aktivitas yang berarti selama kuliah, seperti pengalaman magang, freelance, organisasi, dan sebagainya, yang tentunya harus mencari strategi bagaimana agar CV mereka dapat terlihat menarik dihadapan para HRD atau rekruiter.

Nah, bagi kamu yang saat ini tengah menanti telepon panggilan interview dari perusahaan incaran, janganlah hanya menunggu. Mending pelajari saja mengenai pertanyaan interview yang paling sering muncul dari HRD dan persiapkanlah jawabanmu sebaik-baiknya. Siapa tahu kamu bisa langsung diterima kerja.


Pertanyaan Interview yang Paling Sering Muncul




1. Ceritakan Tentang Dirimu

Meskipun terdengar sepele, menceritakan dirimu sangatlah penting bagi HRD untuk menilai latar belakang sekaligus caramu berkomunikasi. Tidak dapat dihindari, sesi interview di berbagai perusahaan manapun pasti akan dimintai untuk menceritakan dirimu secara merinci. Tetapi perlu diketahui bahwa jangan cerita terlalu dalam atau yang bersifat pribadi.

HRD tidak akan perduli dengan kisah percintaanmu atau konflik yang pernah kamu hadapi. Mereka hanya ingin tahu mengenai pendidikan serta pengalaman yang pernah kamu miliki sebelumnya agar dapat menilai apakah latar belakang yang kamu miliki akan cocok dengan perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

Jadi, kalau diminta untuk menceritakan mengenai dirimu, jangan bertele-tele dan langsung saja mengarah kepada keluarga, pendidikan, serta prestasi apa saja yang pernah kamu capai. Mulai dari pengalaman organisasi baik itu di dalam dan di luar kampus, pengalaman olimpiade yang pernah kamu ikuti, pertukaran pelajar, dan masih banyak lagi. 


2. Sebutkan Kelebihan dan Kekuranganmu

Jika diminta untuk menyebutkan kelebihan yang kamu miliki, berusahalah untuk tidak sombong dan tetap rendah hati. Cobalah untuk mencari kelebihan yang berhubungan dengan posisi yang tengah kamu lamar. Sebagai contoh bila kamu melamar sebagai finance, maka kamu bisa mengakatakan bahwa kelebihanmu adalah cepat berhitung dan teliti. Selain itu, kamu juga sebaiknya menyebutnya kelebihan seperti ‘mudah beradaptasi’, ‘fast learner’, dan sebagainya. Jangan lupa pula untuk memberikan contoh atau mendemonstrasikan bagaimana kamu dapat mengaplikasikan kelebihan tersebut ke dalam lingkungan pekerjaan.

Nah, sedangkan untuk menyebutkan kekurangan, sesi ini mungkin akan sedikit lebih sulit karena ketika kamu salah menyebutkan sebuah kata, bisa saja HRD justru akan menganggapmu sebagai sosok yang bermasalah dan tidak cocok bagi perusahaan. Untuk mensiasatinya, carilah sesuatu yang bukan menjadi keunggulanmu tetapi sedang berusaha kamu perbaiki. Semisal, kamu mengatakan bahwa kamu merupakan sosok yang pelupa, maka cara mensiasatinya ialah dengan selalu membawa buku catatan untuk mencatatat berbagai hal penting. Contoh lainnya bila kamu kurang berani dalam hal public speaking, kamu bisa menyebutkan bahwa saat ini kamu sudah membiasakan diri untuk bertemu dengan banyak orang di luar, seperti bergabung ke dalam organisasi atau komunitas.

3. Gaji yang Diinginkan

Mendapatkan gaji pertama setelah berjuang selama bertahun-tahun mengenyam pendidikan pasti merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Hanya saja, sebagai fresh graduate ada baiknya untuk tidak blak-blakan mengenai gaji yang diinginkan, apalagi bila kamu belum memiliki pengalaman ataupun skill yang terbilang mumpuni.

Bukannya tidak boleh, hanya saja seorang fresh graduate yang langsung meminta gaji tinggi terkadang akan menjadi bad impression di mata HRD. Sebagai permulaan, ada baiknya bila kamu diawali dengan menjawa ‘saya tahu bahwa kemampuan saya masih tergolong minim, maka saya akan menyesuaikan dengan standar perusahaan terlebih dahulu’.

Meskipun gaji pertama kamu masih diawali dengan sebatas UMR, angka tersebut akan semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya pengalaman dan skill yang kamu miliki. Makanya, jangan langsung rendah diri dulu ya.

Sesi interview memang merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu namun juga sekaligus menegangkan. Karena disinilah yang akan menjadi penentu apakah kamu akan berhasil mendapatkan pekerjaan atau tidak. Nah, agar momen interviewmu berjalan dengan lancar dan kamu berhasil mendapatkan pekerjaan yang telah menjadi impianmu, ada baiknya untuk mencari tahu beberapa hal yang berhubungan dengan pertanyaan interview sebelumnya.

Pastinya kamu tahu kan bahwa pewawancara tidak akan hanya menanyakan 3 pertanyaan yang telah disebutkan di atas? Selain ketiga poin yang baru saja disebutkan, masih banyak lagi jenis-jenis pertanyaan yang sekiranya akan ditanyakan oleh HRD ketika wawancara kerja. Ingin tahu jenis pertanyaan lainnya? Yuk baca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/jangan-gugup-ini-10-pertanyaan-yang-sering-muncul-di-sesi-interview-kerja/