promo enfa

Sunday, September 20, 2020

Tips Keuangan Keluarga Guna Mempersiapkan Biaya Pendidikan yang Semakin Mahal

September 20, 2020 0 Comments

Tips keuangan keluarga


Tips keuangan keluarga

Bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya biaya pendidikan semakin lama nilainya jadi semakin mahal atau tinggi. Hal inilah yang membuat para orangtua hendaknya harus mempersiapkan sedini mungkin bagaimana caranya agar tidak kelimpungan memikirkan mengenai biaya pendidikan mereka. Karena pastinya setiap orangtua sendiri juga menginginkan pendidikan yang terbaik bagi buah hatinya. Mengingat ini adalah investasi besar untuk masa depan mereka. 


Sehingga jangan disepelekan, pendidikan terbaik akan membantu mereka menuju masa depan yang lebih cerah.

 

Untuk itu ikuti beberapa tips keuangan keluarga dalam menyiapkan biaya pendidikan anak berikut ini, yaitu:

 

  • Tentukan sekolah yang diinginkan buah hati

Ada baiknya bagi kita untuk mulai merencanakan sekolah mana yang akan dimasuki oleh buah hati ke depannya. Apakah ingin disekolahkan ke negeri atau swasta sehingga hal ini akan mempermudah kita untuk melihat rincian biaya yang mungkin dikeluarkan untuk kebutuhan pendidikan buah hati.

  • Riset biaya pendidikan

Ingat bahwa biaya pendidikan setiap tahunnya akan selalu mengalami peningkatan, diantaranya adalah sekitar 10 persen, jadi semakin lama otomatis jadi semakin mahal. 

Itulah mengapa kita harus riset terlebih dahulu berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan untuk pendidikan buah hati tersebut, sehingga mempermudah kita untuk menabung.


  • Mengevaluasi kondisi keuangan

Selanjutnya adalah dengan mengevaluasi kondisi keuangan, mulai di antaranya adalah dari pemasukan sampai dengan pengeluaran keluarga kita. Sehingga akan tahu bagaimana posisi keuangan keluarga kita. 

Kita juga dapat mempersiapkan porsi yang akan ditabung ataupun juga diasuransikan sesuai dengan kondisi finansial tersebut.


  • Memilih antara asuransi atau tabungan pendidikan

Ada banyak sekali produk keuangan yang dapat kita jadikan sebagai pilihan untuk membantu mempersiapkan dana pendidikan bagi buah hati, diantaranya adalah dengan asuransi atau satu diantaranya adalah tabungan. 

Keduanya memiliki plus dan minusnya masing-masing, seperti tabungan pendidikan menjamin uang tetap aman, hanya saja suku bunganya relatif kecil. Asuransi pun pilihan jenisnya lebih banyak lagi, ada yang dwiguna dan juga jenis unit link yang disertai dengan adanya manfaat investasi.


  • Investasi 

Selain itu kita juga dapat mengimbanginya dengan investasi, karena hasilnya lebih jelas dan juga besar. 

Misalkan saja kita berinvestasi di sektor properti, meskipun modal yang harus dikeluarkan untuk memulainya cukup besar. Namun setara dengan pertambahan nilai yang terjadi dari tahun ke tahun, karena semakin besar dan kelak dapat dipersiapkan untuk biaya pendidikan anak.

 

Itulah setidaknya tips keuangan keluarga untuk mempersiapkan biaya pendidikan buah hati yang semakin mahal.

Tidak bisa dipungkiri memang kondisi pandemi Covid 19 seperti sekarang ini berdampak besar pada sumber pemasukan keluarga, sehingga berapapun pemasukan yang kita dapatkan hari ini harus dikelola dengan cermat agar semua kebutuhan tetap terpenuhi dengan baik.

Monday, September 7, 2020

Inilah 5 Kesalahan Penggunaan Skincare yang Sering Dilakukan Pemula

September 07, 2020 0 Comments


Memiliki kulit cerah, bersih, dan berkilau merupakan dambaan semua wanita. Itu sebabnya para wanita berusaha untuk melakukan berbagai perawatan agar kulit wajahnya tampak cantik dan glowing. 


Namun, untuk mendapatkan kulit yang indah tentu saja tidak bisa secara instan. Apalagi jika perawatan kulit wajah ini tidak rutin dilakukan. Maka jangan heran jika kulit wajah tampak kusam dan tidak menarik saat dilihat.


Kulit akan tampak cantik, bersih, dan bercahaya jika kulit itu sehat dan terawat. Bagaimana cara merawat kulit wajah? Caranya adalah dengan menggunakan serangkaian produk skincare, sesuai dengan tahapan yang tepat.


Sayangnya, tidak sedikit kalangan pemula yang enggan melakukan perawatan ini sesuai tahapannya karena mereka menganggap tahapan penggunaan skincare untuk pemula tersebut merepotkan.


Tergiur untuk cantik, mereka malah menggunakan produk skincare yang menjanjikan hasil instan. Hasilnya? Jangan kaget jika kulit wajah justru menjadi rusak.


Inilah 5 Kesalahan Penggunaan Skincare yang Sering Dilakukan oleh Pemula


1. Tidak mengenali jenis kulit


Sebelum membeli produk skincare, hal pertama yang dilakukan adalah mengetahui jenis kulit yang kita miliki.


Menggunakan produk skincare yang tidak cocok dengan jenis kulit beresiko membuat kulit menjadi rusak.



2. Tergiur hasil instan


Kita harus mewaspadai produk-produk skincare yang menjanjikan kulit tampak indah dalam waktu singkat, karena produk tersebut bisa dipastikan mengandung bahan-bahan yang berbahaya. 


Melakukan perawatan kulit sesuai dengan tahapan penggunaan skincare memang tampak ribet dan memakan waktu. Tetapi hasilnya pasti jauh lebih baik, dan pastinya juga minim resiko.


3. Terlalu mengikuti trend


Aktif di media sosial membuat kita menjadi up to date dengan segala sesuatunya, termasuk dengan produk-produk kecantikan. Di media sosial biasanya ada produk skincare yang sedang trending, bisa karena sedang digunakan oleh artis, atau bisa juga karena promo yang mombastis. Tapi, sadarlah wahai wanita. Tidak semua produk yang trending itu cocok untuk kulit kita. 


4. Mengabaikan petunjuk pemakaian


Hal ini cukup sering terjadi di lingkungan masyarakat. Mereka menggunakan produk skincare tapi mengabaikan petunjuk pemakaian yang ada pada kemasan. Produk skincare untuk malam hari, digunakan pada siang hari. Begitu juga sebaliknya. Padahal kalau kita jeli, pada komposisi bahan pasti ada perbedaan antara krim siang dan krim malam. Jadi jangan heran jika kita tidak mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan karena penggunaan produk yang tidak tepat.


5. Sering berganti produk


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, melakukan perawatan kulit wajah tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Butuh waktu tertentu agar produk skincare yang kita gunakan menampakkan hasil. Jangan latah berganti produk hanya karena setelah satu minggu pemakaian tidak menampakkan hasil.


Nah, itulah 5 kesalahan penggunaan skincare yang sering dilakukan oleh pemula. Sebisa mungkin hindari ya, Teman. 


Bersabarlah dalam melakukan perawatan kulit wajah. Dan yang terpenting sekali rawatlah kulit wajah kita dengan penuh cinta, dengan begitu kulit akan tampak bersih, cerah, dan berkilau.








Friday, September 4, 2020

Layanan COD, Mempermudah Jual Beli Mobil Bekas dari Rumah

September 04, 2020 0 Comments

 


Layanan COD, Mempermudah Jual Beli Mobil Bekas dari Rumah - Transportasi yang memadai merupakan salah satu kebutuhan hidup masyarakat modern. Di zaman sekarang, bagi sebagian orang mobil bukan lagi barang mewah. Tapi sudah masuk kategori kebutuhan, di mana keberadaannya bisa memudahkan urusan dalam banyak hal.


Dengan mengendarai kendaraan pribadi, orang-orang tidak perlu lagi berjibaku di kendaraan umum. Jadi lebih praktis, karena irit waktu dan tenaga.


Padahal, jika dilihat dari kondisi pendapatan rata-rata masyarakat Indonesia, sepertinya belum semua orang mampu membeli mobil.


Tetapi, faktor kebutuhan membuat orang-orang berusaha keras untuk membeli mobil. Itu sebabnya, bursa jual beli mobil bekas di Indonesia tidak pernah sepi peminat.


Harga mobil bekas yang jauh lebih murah dari pada harga mobil baru, juga menjadi alasan lainnya mengapa jual beli mobil bekas menjadi lebih disukai oleh masyarakat.


Kecanggihan teknologi pun turut mempermudah usaha dan transaksi jual beli mobil bekas saat ini.


Jual beli mobil bekas kini tidak lagi harus dilakukan secara offline, di mana calon pembeli langsung mendatangi penjual. Siapa saja sekarang bisa menjual dan membeli mobil bekas secara online langsung dari rumah.


Dibandingkan transaksi offline, menjual atau membeli mobil bekas secara online jauh lebih mudah, dengan potensi keuntungan juga lebih besar. Hal ini terjadi karena sejumlah biaya bisa dipangkas, bahkan dihilangkan.


Layanan COD Mobil88, Mempermudahnya Jual Beli Mobil Bekas dari Rumah



Jual beli mobil bekas dari rumah akan terasa lebih mudah jika dilakukan pada portal. Salah satu portal jual beli mobil bekas yang terpercaya adalah mobil88.astra.co.id, atau kamu juga bisa unduh aplikasinya secara gratis di playstore bagi pengguna android ataupun app store bagi pengguna iphone.


Mobil88 merupakan anak perusahaan Astra yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun di bidang jual beli mobil.


Satu keunggulan dari Mobil88 yang paling aku sukai adalah tersedianya layanan COD atau Car on Delivery.


Apa itu Layanan COD?

Layanan COD atau Car on Delivery ini diberikan oleh Mobil88 dalam rangka mengakomodir kebutuhan masyarakat agar bisa melihat mobil impiannya tanpa harus ke luar rumah, terlebih lagi dalam masa pandemi covid-19 saat ini.


Dengan layanan COD ini, pelanggan bisa melihat dan mengecek, bahkan melakukan test drive mobil yang sebelumnya sudah dipilih di aplikasi Mobil88. Staff dari Mobil88 akan mengantarkan mobil pilihan pelanggan ke rumah, tanpa biaya alias free biaya antar showing.


Bagaimana caranya agar bisa menikmati layanan COD dari Mobil88 ini?


Caranya sangat mudah lho, Teman.

Cukup lakukan booking showing via live chat, baik di website ataupun aplikasi Mobil88.


Selanjutnya jika kamu merasa cocok dan  berminat, kemudian melakukan pembayaran atau booking senilai lima juta rupiah, maka kamu bisa mendapatkan benefit lainnya berupa garansi mesin dan jaminan 100% uang kembali.


Apa saja syarat dan ketentuan layanan COD Mobil88 ini?

• Layanan COD untuk showing mobil dan test drive ini free biaya antar dan tidak harus melakukan DP ataupun booking fee.

• Layanan COD dapat kamu request dengan maksimal lokasi antar 30km dari showroom mobil88 terdekat lokasi kamu tinggal.

• Layanan COD berlaku Senin hingga Sabtu, dengan waktu showing mobil sampai di lokasi mulai pukul 9 pagi hingga maksimal pukul 3 sore.

• Lakukan reservasi untuk layanan COD melalui live chat via website atau aplikasi mobil88 e-store

• Jika kamu berminat untuk membeli mobil yang di showing, pembayaran dapat dilakukan via mobil88 e-store atau transfer. Dokumen mobil beserta mobil yang dibeli akan diantarkan kembali setelah pembayaran dilakukan.

• Saat reservasi untuk jadwal showing dapat disertakan selfie foto diri dengan KTP/SIM/NPWP.

• Benefit extra berupa Garansi Mesin akan didapatkan jika setelah showing, kamu berminat melanjutkan membeli mobil tersebut dengan melakukan pembayaran atau booking senilai 5 juta dilakukan via mobil88 e-store.


So, itu dia layanan COD dari Mobil88 yang patut banget kamu cobain, Teman.


Kalau ada yang memberi kemudahan, mengapa kita harus memilih yang ribet?


Mobil88 dengan layanan CODnya sudah memberikan bukti bahwa kemudahan untuk membeli mobil bekas impian kini berada dalam genggaman.

Wednesday, September 2, 2020

E-Commerce dan Jasa Logistik, sebuah Simbiosis Mutualisme

September 02, 2020 0 Comments
Perusahaan logistik


Peran Penting Logistik dalam Perkembangan E-Commerce


Perusahaan logistik dan industri e-commerce bisa dikatakan,  merupakan sebuah simbiosis mutualisme, di mana mereka harus saling ada dan saling membutuhkan untuk terus maju dan berkembang. Industri e-commerce tidak akan bisa berjalan tanpa ada layanan logistik. Usaha logistik pun berkembang dengan semakin banyaknya pesanan e-commerce yang harus dikirimkan.


Perkembangan industri e-commerce di Indonesia beberapa tahun terakhir ini sangat pesat. Berdasarkan data yang dirilis oleh Bank Indonesia pada tahun 2018, transaksi e-commerce tercatat mengalami peningkatan hingga 151%. Angka ini sudah bisa dipastikan akan terus meningkat seiring dengan perubahan perilaku masyarakat dalam berbelanja yang dari awalnya offline menjadi online.


Perkembangan industri e-commerce yang meningkat tajam ini, membuat kebutuhan akan layanan logistik juga meningkat. Hal ini terjadi karena semakin banyaknya pesanan produk yang harus segera dikirim ke alamat tujuan.


Ditambah lagi, ketika pandemi covid-19 melanda dunia di awal tahun 2020 ini, yang mengharuskan masyarakat untuk beraktifitas dari rumah. Aktifitas-aktifitas sebelumnya yang biasa dilakukan secara offline, akhirnya dilakukan secara online. Sebut saja contoh kecilnya seperti berbelanja kebutuhan dapur yang biasanya langsung di pasar, namun demi terhidar dari penyebaran virus, masyarakat pun berbelanja kebutuhan online via aplikasi, atau berbelanja langsung via aplikasi chat dengan pedagang di pasar.


Yang pasti, apapun bentuk transaksi pembelian online saat ini, semuanya membutuhkan layanan logistik agar pesanan yang dibeli sampai ke rumah dengan selamat.


Tetapi, sejatinya layanan logistik itu tidak hanya sebatas layanan pengiriman barang ke konsumen. Logistik mencakup hal yang jauh lebih luas, mulai dari pergudangan, manajemen inventori, penagihan, pengemasan, label, cash on delivery, dan banyak lagi lainnya.


Tantangan yang dihadapi perusahaan logistik juga sangat beragam, tidak hanya sebatas memastikan barang konsumen sampai dengan selamat, tetapi juga memberikan layanan berupa pengembalian produk cacat, penukaran tipe barang, dan lain-lain.


Itu sebabnya para penyedia jasa logistik bersaing memberikan layanan terbaiknya kepada pengguna jasa mereka. Semakin lengkap dan baik layanan yang diberikan, maka akan semakin banyak juga konsumen yang berkerjasama dengan perusahaan mereka.




SERA, Perusahaan Logistik Terpercaya Member Group Astra


PT. Serasi Autoraya (SERA) merupakan anak perusahaan PT. Astra International Tbk yang bergerak di bidang layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia.


Selain bisnis solusi transportasi dan penjualan kendaraan bekas, di bawah bendera SELOG, SERA hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa logistik end-to-end dengan layanan yang berbeda-beda.


SERA menyediakan layanan logistik terintegrasi mulai dari perencanaan, implementasi, hingga proses monitoring melalui jasa contract logistics.


SERA sudah dilengkapi dengan Warehouse Management System (WMS). Dengan adanya sistem ini, pelanggan sangat diuntungkan karena SERA memiliki kemampuan dalam proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, dan pesanan yang sudah selesai.


Tidak hanya sampai di situ, sistem WMS juga memudahkan pelanggan melihat status persediaan barang hingga tingkat persediaan terendah secara real time.


Layanan Kurir yang Lengkap sesuai Kebutuhan


Paham dengan kebutuhan masyarakat yang sangat beragam, SERA memberikan layanan kurir ekspres yang disupport kendaraan-kendaraan di sesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.


Layanan kurir yang SERA berikan terbagi atas dua, yaitu:

1. Layanan standar, meliputi Same Day Service, Next Day Service, dan Regular Service.

2. Layanan solusi, meliputi VPD (Valuable, Perishable, Dangerous Goods) untuk dokumen atau paket dan barang-barang yang terlalu besar untuk dikirim dengan kargo biasa.


Untuk alat berat dan kargo lainnya, SERA menyediakan jasa pengiriman dengan berbagai jenis moda pengangkutan, baik untuk wilayah dalam negeri ataupun luar negeri.


Pelanggan tidak perlu cemas dengan dengan kondisi paket yang dikirimkan karena SERA memberi jaminan berupa keamanan (safety), tepat waktu (ontime), dan zero defect.


Dengan semua layanan yang diberikan oleh SERA ini, maka pelanggan bisa fokus dengan peningkatan mutu sehingga bisa bersaing merebut hati konsumen. Dengan begitu peningkatan keuntungan bisnis pun tercapai.


















Tuesday, September 1, 2020

Toyota, Mobil Favorit Keluarga Turun-temurun

September 01, 2020 0 Comments

Toyota, Mobil Favorit Keluarga Turun-temurun


Merk Toyota sudah pasti bukan nama yang baru di telinga kita, karena memang merk Toyota ini sudah ada sejak tahun 1937. Sampai saat ini, Toyota merupakan salah satu produsen mobil dengan penjualan tertinggi di dunia. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan terjadi. Spesifikasi kendaraan yang mumpuni, diimbangi dengan desain yang menawan membuat banyak mata jatuh hati kepada mobil-mobil merk Toyota.


Aku sendiri tidak mengenal begitu banyak merk kendaraan. Sejak zaman kanak-kanak, mobil favorit keluarga kami ya, Toyota.


Masih teringat dengan jelas pengalaman seru kami berlibur bersama keluarga dengan mengendarai mobil Toyota Kijang milik paman saat masih kecil dulu. Perjalanan yang jauh, melewati jalanan yang berliku dan naik-turun tetap terasa nyaman. Itu sebabnya, setiap kali paman datang dengan mobilnya kami selalu bersorak girang.


Kenangan manis masa kecil yang tidak terlupakan itu tersimpan utuh dalam ingatan kami sampai dewasa. 


Setelah menikah, tiba waktunya untuk membeli kendaraan untuk mendukung aktivitas kami sekeluarga. Sebelum mengunjungi dealer mobil, yang ada dalam bayangan kami hanya mobil Toyota.


Apalagi model dan tipe mobil Toyota sekarang banyak pilihannya. Tinggal cocokin aja dengan selera,  kebutuhan, dan budget yang kita miliki.


Beberapa di antaranya yang paling aku suka adalah: Innova, Avanza, Yaris, Veloz, Fortuner, dan banyak lagi pilihan lainnya.


Selain pilihan model dan tipe yang banyak, ketika mencari informasi tentang mobil Toyota di mesin penelusuran, kami juga dikagetkan dengan berbagai macam promo dealer Toyota yang muncul. 

Promo dealer toyota


Mulai dari promo diskon cicilan, promo diskon uang muka, promo gratis servis,  dan berbagai macam promo menarik lainnya. Hal ini tentu saja menambah kecintaan kami terjadap Toyota.


Hidup di era teknologi dan digital seperti sekarang ini kita memang diuntungkan dalam banyak hal. Termasuk dalam urusan pembelian kendaraan.


Sekarang ini, di masa pandemi yang menuntut kita untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, kita tetap bisa membeli mobil impian tanpa harus mendatangi showroom secara langsung. 


Kecanggihan teknologi memungkinkan kita untuk membeli mobil secara online. Jadi bisa dilakukan di rumah, di kantor, dan di mana saja kita berada.


What? 

Beli mobil online? Ini bukan belanja bulanan, lho! Apa tidak khawatir dengan penipuan?


Sudah pasti tidak, asalkan transaksinya dilakukan pada aplikasi resmi dealer Toyota yang terpercaya seperti Auto2000.



Auto2000 Digiroom, Hadirkan Showroom Praktis dalam Genggaman


Auto2000 yang berada di bawah manajemen PT. Astra Internasional Tbk ini, di awal pendiriannya bernama Astra Motor Sales yang memberi layanan jasa penjualan, perawatan, perbaikan, dan penyediaan suku cadang Toyota. 


Auto2000 Digiroom merupakan transformasi baru dari website Auto2000 sebelumnya. Auto2000 Digiroom kini telah menjelma menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia.


Di platform baru ini, Auto2000  semakin meningkatkan layanannya dengan memberikan pilihan fitur trade-in bagi pelanggan. Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian mobil bekas semudah menggerakkan jari di layar gadget. Transaksi pembelian mobil bekas ini berkerjasama dengan Astra Auto Trust, jadi pelanggan tidak perlu khawatir dengan kualitas produk yang dibeli.


Dengan menerapkan konsep "seamless end-to-end customer experience", Auto2000 memastikan pelanggan mendapatkan pelayanan yang sama baiknya dengan yang diterima di cabang-cabang Auto2000.


Selain itu, aplikasi ini juga membantu pelanggan dalam melakukan perawatan kendaraan, mulai dari pemesanan THS-Auto2000 Home Service, melacak status servis, hingga simulasi perhitungan pembiayaan.


Semua kebutuhan pelanggan untuk kendaraannya sudah disediakan oleh Auto2000 digiroom sebagai layanan yang praktis sehingga pelanggan bisa merasakan hadirnya showroom dalam genggamannya.




Thursday, August 27, 2020

Jaga Hutan, Jaga Dunia, dengan Adopsi Hutan

August 27, 2020 11 Comments
Adopsi hutan


Cerita dari Hutan

Malam itu rintik-rintik hujan terdengar menyentuh atap rumah. Kulirik jam di dinding, jarumnya sudah menunjukkan pukul 10 malam. Suara jangkrik terdengar bersahutan, seolah memberi tahu sekarang adalah giliran mereka untuk berjaga di muka bumi.

Sebelum melangkahkan kaki ke peraduan, aku menyempatkan diri untuk melihat anak-anak yang sudah terlelap lebih dahulu. Merapikan selimut mereka, memastikan semua jendela sudah terkunci, setelah itu melayangkan kecupan hangat seraya bisikan doa agar tidur mereka ditemani mimpi yang indah.

Malam yang tenang itu tiba-tiba terusik dengan suara keras yang terdengar begitu lantang dari area perkebunan warga di seberang jalan. Tidak hanya sekali, bahkan berkali-kali menyerupai rentetan suara tembakan.

Aku tersentak kaget, dan reflek berlari ke luar kamar sambil memegangi dada yang bergemuruh dengan kuat.

"Sepertinya 'datuk' masuk lagi," kata suamiku.

Aku paham, ternyata suara keras tadi berasal dari ledakan petasan yang digunakan warga untuk mengusir kawanan gajah.

"Abang ke luar dulu, mau lihat kejadiannya. Kamu tidur duluan, ya." Aku mengangguk kemudian masuk ke kamar setelah suara motor suamiku terdengar semakin menjauh.

Datuk. Itulah sebutan yang warga berikan untuk gajah yang kerap masuk ke area perkebunan warga.

Aku pernah dengar cerita mertua, dulunya area perkebunan warga itu merupakan area hutan lindung. Namun, entah bagaimana kejadiannya, entah siapa pihak-pihak yang terlibat, pohon-pohon di hutan itu ditebangi, semak-semak dibakar, area itu kemudian diperjual belikan kepada masyarakat.

Hutan yang merupakan rumah bagi para gajah dan hewan lainnya itu sudah semakin berkurang luasnya, sehingga tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Sekitar pukul satu dinihari, suamiku kembali ke rumah. Raut wajahnya tampak berbeda, ada kesedihan yang tersirat di matanya.

"Sedikitnya ada 14 ekor, Dek. Di satu sisi abang memaklumi kekesalan warga yang tanamannya rusak. Tetapi hati abang juga terasa hancur ketika melihat gajah-gajah itu lari terbirit-birit mendengar suara petasan. Terlebih lagi ketika melihat beberapa bayi gajah yang terseok-seok mengikuti langkah kaki ibunya. Sebagai orangtua, abang bisa merasakan kesedihan induknya. Hati kecil abang berteriak, Dek. Rasanya zalim sekali kita sebagai manusia," tutur suamiku dengan suara bergetar. 

Cerita dari hutan



Hatiku terenyuh mendengar cerita suamiku. Sebuah cerita dari hutan yang tidak pernah kubayangkan ternyata menyimpan kisah sedih seperti itu.

Gajah-gajah itu tidak serakah, tidak pula beringas tanpa arah. Mereka hanya berjuang untuk bertahan hidup, di antara pohon-pohon yang terlihat asing dan tiang-tiang beton yang berdiri tanpa kompromi di atas rumah-rumah mereka.

Keanekaragaman Hayati Hutan yang Lebih dari Sekadar Pohon


Di mata masyarakat internasional, Indonesia merupakan negara dengan mega biodiversity. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Memiliki iklim tropis dengan hutan seluas 125 juta hektar (data KLKH 2018) menjadikan keanekaragaman hayati di Indonesia cukup tinggi.

Keanekaragaman hayati di hutan tidak hanya sekadar pohon, tetapi juga mencakup makhluk hidup lainnya. Mulai dari spesies, hingga ekosistem yang tersebar di seluruh Indonesia lengkap dengan karakteristiknya masing-masing.

Setiap tahunnya, luas tutupan hutan di Indonesia terus berkurang secara signifikan. Lokadata KLHK tahun 2015 menunjukkan luas hutan Indonesia masih pada angka 128 juta hektar, namun pada tahun 2018 tersisa 125 juta hektar. Terjadi penurunan sekitar 3 juta hektar dalam kurun waktu 3 tahun, dengan asumsi rata-rata 1 juta hektar tiap tahunnya.

Hilangnya tutupan hutan ini sudah pasti membahayakan keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya. Berkurangnya luas hutan, menyebabkan ekosistem terganggu. Habitat yang berkurang mengancam keberlangsungan hidup hewan-hewan di dalamnya.

Sebagai contoh kecil, mari kita tinjau kondisi landscape Bujang Raba yang ada di Propinsi Jambi.

Hutan Jambi merupakan salah satu kawasan yang memiliki flora dan fauna dengan spesies langka di mata dunia. Seperti harimau sumatera, gajah, orang utan, bunga rafflesia, dan banyak lagi lainnya.

Harimau sumatera merupakan top predator di dalam piramida makanan, terutama di kawasan itu. Itu berarti keberadaan harimau sumatera berfungsi untuk menjaga keseimbangan ekosistem terutama ekosistem hewan mangsanya.

Ketika kawasan hutan berkurang karena adanya pemisahan menjadi kelompok-kelompok hutan yang kecil, maka harimau sumatera berada dalam posisi paling rawan untuk mengalami kepunahan dibandingkan hewan lainnya.

Hal ini terjadi karena sebagai hewan predator, harimau membutuhkan habitat yang luas agar bisa berkembang biak dengan baik. Ketersediaan makanannya sudah pasti terancam jika luas habitatnya berkurang.

Hal ini tidak jauh berbeda dengan cerita dari hutan yang aku tuliskan di awal artikel ini.

Semenjak banyaknya kawasan hutan yang beralih fungsi menjadi area perkebunan, hewan-hewan ini kehilangan habitatnya. Hewan-hewan ini kehilangan sumber makanannya. Mereka memakan tanaman yang tampak di depan mata mereka, tanpa mengetahui tanaman itu milik warga atau bukan.

Bagi masyarakat pemilik lahan, hal ini merugikan. Itulah sebabnya, setiap kali gerombolan gajah ini masuk, warga pun beramai-ramai mengusirnya dengan membunyikan petasan.

Padahal jika dipikir lebih dalam, gajah-gajah itu tidak berbuat salah. Area perkebunan yang mereka masuki itu sebelumnya adalah hutan tempat mereka tinggal. Bukan salah mereka jika mereka tidak bisa memahami ketika hutan itu beralih fungsi. 

Cerita dari hutan



Alangkah bijaknya jika setiap pengambilan kebijakan yang terkait dengan lingkungan juga memerhatikan keanekaragaman hayati sebagai hal yang utama.

Pemanfaatan dan pengolaan hutan harus diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu dan mengancam keanekaragaman hayati yang ada dalam hutan tersebut.

Jaga Hutan, Jaga Dunia, dengan Adopsi Hutan


Hutan merupakan sumber kehidupan. Hutan memberikan pasokan oksigen, menyimpan cadangan air, dan melindungi tanah dari erosi. Hutan menjaga tanah, air, dan udara tetap sehat.

Bahkan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar hutan, hutan merupakan sumber bahan pangan yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup mereka. 

Cara melestarikan hutan



Itu sebabnya sangat penting bagi kita melestarikan keberadaan hutan, karena dengan menjaga hutan, berarti kita menjaga kehidupan di muka bumi.

Salah satu cara melestarikan hutan yang bisa kita lakukan adalah dengan adopsi hutan.


Apa itu Adopsi Hutan?

Adopsi hutan adalah sebuah gerakan gotong royong dalam rangka menjaga hutan yang masih ada, mulai dari pohon tegaknya, hewannya, floranya, serta keanekaragaman hayati lain yang ada di dalamnya. 

Program pohon asuh



Melalui adopsi hutan, semua orang dari belahan dunia ini bisa terhubung langsung dengan ekosistem hutan beserta para penjaganya.

Jika kita tidak bisa secara langsung datang ke hutan, kepedulian kita bisa disampaikan melalui tangan-tangan warga setempat yang lebih paham tentang hutan dan isinya.

Kita bisa menunjukkan kepedulian dengan melibatkan diri lewat donasi untuk membiayai kegiatan patroli hutan, memberi modal usaha produksi hasil hutan non-kayu, serta penyediaan fasilitas kesehatan warga lokal.

Gerakan adopsi hutan merupakan wujud kepedulian kita sebagai bagian dari komunitas non-lingkungan.

Dengan memberi motivasi para penjaga hutan agar tak lelah menjalankan tugas dan perannya, secara tak langsung kita telah mengungkapkan rasa syukur atas apa yang telah diberikan hutan kepada kita seperti air, oksigen, keaneragaman hayati, sumber pangan, ilmu pengetahuan, dan juga sosial budaya. 


Sasaran dari Program Adopsi Hutan

Sampai saat ini, ada 4 lembaga masyarakat yang akan terbantu dengan adanya program adopsi hutan ini.

Lembaga-lembaga ini aktif memberikan kontribusi dalam upaya pelestarian hutan, menyuarakan kepedulian akan pentingnya hutan dan juga aktifitas makhluk hidup di sekitarnya. Mereka tersebar di beberapa provinsi di Indonesia, yaitu:

🌳 Forum Konservasi Leuser dan Yayasan HAkA di Aceh

🌳 Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) WARSI di Sumatra Barat, Jambi, dan Bengkulu

🌳 Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) di Kalimatan Barat

🌳 PROFAUNA Indonesia di Kalimantan Timur dan Jawa Timur.

Sayang sekali, tidak ada lembaga atau komunitas sejenis di propinsi Riau, tempat aku berada saat ini. 


Sekilas tentang Hutan di Riau

Awalnya aku tidak percaya, masa iya di propinsi yang kaya dengan sumber daya alam minyak bumi ini tidak ada satupun lembaga masyarakat yang mengusung kepedulian pada hutan.

Tetapi setelah berbincang-bincang dengan salah seorang saudara yang berkerja sebagai polisi hutan, akhirnya aku percaya.

"Riau mana ada hutan lagi, Mer. Hutan Riau sudah jadi lahan sawit semua." Ujarnya saat aku tanyakan tentang hutan Riau via sambungan telepon.

Sekilas kata-katanya memang terkesan sarkas, tetapi aku sangat mengerti mengapa dia sampai berkata begitu.

Saat mengetikkan kata 'hutan Riau' di mesin pencarian, hasilnya sungguh membuat tercengang. Top ten artikel yang ada di halaman pertama memunculkan berita dengan judul kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Untuk mencari data tentang hutan Riau, aku sampai memasukkan beberapa kata kunci, sehingga dapatlah data yang aku inginkan, tapi itu pun masih data tahun 2013.

Berdasarkan data Dinas Kehutanan Propinsi Riau tahun 2013, dari total 8 juta hektar hutan di Riau, hanya 2,6% yang merupakan areal hutan lindung, 6,19% hutan suaka marga satwa, dan 1,61% hutan bakau. Sementara sisanya terbagi untuk hutan produksi tetap 18,67%, hutan produksi terbatas 21,12%, dan areal penggunaan lain (APL) pelepasan sebesar 27,50%. 

Data hutan riau


Dari data tersebut di atas kita bisa lihat, habitat alami tempat hewan-hewan hutan hidup tersisa hanya beberapa persen saja. Sementara hutan produksi tentu saja tidak bisa lagi menjadi habitat alami hewan-hewan. Jika hewan-hewan hutan ini memasuki hutan produksi, mereka akan berbenturan dengan manusia yang sedang bertugas di sana. Mereka akan diburu, karena dianggap mengancam keselamatan warga. Ironisnya, hewan-hewan ini juga sudah tidak berdaya lagi karena ketersediaan pakan mereka di hutan alami tidak lagi mencukupi.

Dari kondisi real di lapangan seperti ini, tidak heran jika terjadi hal seperti yang aku ceritakan di awal artikel ini, ketika kawanan gajah memakan tanaman warga. 


Pentingnya Aksi Adopsi Hutan

Menyadari sepenuhnya kondisi hutan di Riau saat ini, hati kecilku terpanggil untuk turut memberikan kontribusi demi lestarinya hutan yang ada.

Untuk itulah penting sekali aksi adopsi hutan ini untuk dilakukan.

Dengan adopsi hutan, kita bisa menjaga hutan yang masih ada, sehingga tidak lagi tergerus kepentingan manusia. Dengan begitu, keanekaragaman hayati yang ada di hutan saat ini tetap terjaga. 


Cara adopsi hutan

Jika teman-teman merasa hatinya terketuk melihat kondisi hutan kita saat ini, dan ingin berpartisipasi melakukan adopsi hutan, teman-teman bisa lakukan melalui kitabisa.com.

Aksi ini merupakan salah satu bentuk perayaan Hari Hutan Indonesia 2020 yang diadakan setiap 7 Agustus. Meskipun dunia memperingati Hari Hutan Dunia setiap tanggal 27 Maret, tetapi tanggal 7 Agustus khusus didedikasikan bagi hutan Indonesia. Tahun ini merupakan tahun pertama diperingatinya Hari Hutan Indonesia. Jadi ini adalah momentum yang tepat bagi kita semua untuk bergerak. 

Hutan kita juara


Link donasi juga bisa diakses via laman situsnya harihutan.id. Di sana teman-teman akan menemukan menu Adopsi Hutan, dan kotak untuk berdonasi. Teman-teman bisa memilih nominal donasi dan metode pembayarannya sesuai yang diinginkan.

Hutan merupakan sumber kehidupan yang wajib ada hingga akhir zaman. Mari jaga hutan kita, mari jaga dunia kita, lewat aksi adopsi hutan. Dengan begitu anak cucu kita kelak, bisa menikmati kehidupan yang baik bersama dengan keanekaragaman hayati yang tetap terjaga.









Friday, August 21, 2020

Cara Aman dan Trendi Menghindari Gigitan Nyamuk

August 21, 2020 0 Comments
Cara menghindari gigitan nyamuk




Gigitan nyamuk merupakan salah satu media penularan penyakit. Beberapa di antaranya adalah demam berdarah, malaria, filaria atau kaki gajah, cikungunya, dan lain-lain. Itu sebabnya sebisa mungkin kita menghindari gigitan nyamuk ini.

Menghindari gigitan nyamuk bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu cara konvensional yang refleks kita lakukan, ya, nyamuknya dipukul pakai tangan. Tapi, cara ini tidak selalu efektif. Selain karena tidak selalu tepat sasaran, cara ini hanya bisa dilakukan jika nyamuknya satu atau dua ekor saja ya, Moms. Kalau nyamuknya datang bawa pasukan gimana? Hehehe. Menggunakan anti nyamuk berbahan kimia adalah cara yang paling umum dilakukan orang-orang. Baik itu yang berupa spray, ataupun yang dibakar.

Tetapi, menggunakan anti nyamuk berbahan kimia ini pastinya memiliki efek samping. Partikel-pertikel kimia yang lepas ke udara bisa menempel di mana-mana. Di pakaian dan benda-benda di sekitar kita. Tanpa kita sadari terhirup, dan masuk ke dalam tubuh. Dalam jangka panjang, pertikel-partikel kimia ini akan mengendap di tubuh, sehingga meningkatkan resiko terjadinya berbagai macam penyakit.

Pernah ga terlintas pertanyaan di pikiran, Moms? Kenapa sih Tuhan menciptakan nyamuk? Apa manfaatnya bagi kita manusia? Bagaimana kalau nyamuk ini kita musnahkan saja dari muka bumi? Hehehe. Sorry, jadi ngegas ya, Moms. Habisnya aku emang kesel banget sama nyamuk ini. Bekas gigitannya gatal, trus bikin kulit bentol-bentol. Belum lagi resiko penularan penyakitnya. Wajar banget kalau kita kesal dengan keberadaan nyamuk ini.

Seperti halnya manusia dan makhluk hidup lainnya,keberadaan nyamuk juga merupakan bagian dari ekosistem kita. Mulai dari fase larva hingga nyamuk dewasa, ternyata memiliki peran tersendiri dalam ekosistem.

Sulit dipercaya ya, Moms? Tapi ini adalah fakta.

Nyamuk merupakan hewan serangga yang termasuk dalam ordo Diptera, dan tergolong dalam famili Culicidae, yang memiliki lebih dari 2700 spesies. Uniknya, nyamuk-nyamuk ini sebenarnya vegetarian lho, Moms. Untuk kebutuhan hidupnya, nyamuk menghisap sari bunga, getah tanaman, dan sari buah. Secara tidak langsung, nyamuk-nyamuk ini telah membantu proses penyerbukan. Selain itu, nyamuk-nyamuk dewasa merupakan sumber makanan bagi beberapa serangga dan hewan lainnya seperti capung, ikan, cicak, dan katak.

Namun, nyamuk betina dewasa membutuhkan asupan protein untuk memberi nutrisi telur-telurnya, dan protein tersebut tidak bisa didapat dari sari-sari tumbuhan. Itu sebabnya, nyamuk betina menghisap darah dari mangsanya, karena protein yang ada dalam darah merupakan nutrisi penting baki perkembangan telur nyamuk. Jadi mangsanya nyamuk ini tidak hanya kita manusia, tetapi juga binatang.

Bahkan pada fase larva atau jentik sekalipun, tetap ada manfaatnya bagi lingkungan. Jentik nyamuk hidup dengan memakan segala organisme yang ada di dalam air, termasuk larva nyamuk lainnya. itu sebabnya jika diperhatikan dengan detail, air yang di dalamnya ada jentik-jentik nyamuk terlihat lebih jernih.

So, dari sini kita bisa lihat ya, Moms. Keberadaan nyamuk ini merupakan bagian dari ekosistem yang tidak bisa kita musnahkan begitu saja.

Daripada memikirkan cara memusnahkan nyamuk, aku pribadi memilih untuk mencari solusi agar terhindar dari gigitan nyamuk. 


Cara Aman Menghindari Gigitan Nyamuk


Seperti yang aku singgung di atas, ada beberapa cara yang sudah banyak dilakukan orang agar terhindar dari gigitan nyamuk. Mulai dari lotion anti nyamuk, anti nyamuk bakar, hingga anti nyamuk semprot.

Tetapi, ada satu cara aman yang masih awam digunakan orang yaitu dengan menggunakan gelang anti nyamuk.

Kali ini aku ingin berbagi sedikit pengalaman menghindari gigitan nyamuk menggunakan gelang anti nyamuk PARA’KITO® dari brand Evergreen Land. 

Gelang anti nyamuk parakito
Gelang Anti Nyamuk Para'kito dan kemasannya


Sekilas Tentang PARA’KITO® dari Evergreen Land


PARA’KITO® merupakan merek pertama dari Evergreen Land yang berpusat di Paris, Prancis. Produk PARA’KITO® ini diluncurkan pertama kali di Eropa pada tahun 2006, dan saat ini sudah tersebar ke lebih dari 30 negara.

PARA’KITO® merupakan perwujudan dari visi dan misi yang sama dari 3 orang pria Prancis yang berdomisi di Paris, Singapura, dan Hongkong. Mereka berbagi mimpi yang sama untuk mengurangi gangguan kehidupan dalam keseharian sehingga semua orang bisa hidup lebih lama, lebih sehat, dan lebih bahagia.

Untuk mewujudkan mimpi tersebut, mereka kemudian mendirikan Evergreen Land Ltd. yang kemudian mengembangkan produk inovatif berkualitas tinggi yang dibutuhkan dalam kehidupan, namun dengan tetap memperhatikan keberlangsungan lingkungan dengan menggunakan bahan-bahan aktif alami atau nabati. 

Gelang anti nyamuk
Gelang anti nyamuk dengan pelet terpasang



Hal ini terbukti dengan langkah-langkah konkrit yang berkelanjutan seperti:

1. PARA’KITO® menggunakan kemasan dari bahan-bahan yang dapat didaur ulang dari pemasok ramah lingkungan.

2. Gelang anti nyamuk PARA’KITO® dapat diisi ulang dan botol semprotnya terbuat dari plastik yang dapat didaur ulang atau terbuat dari produk turunan dari gula tebu.

3. PARA’KITO® mendukung Yayasan Masarang di Indonesia, dalam bentuk penanaman pohon di sekitar klinik dokter hewan Tasikoki, yaitu klinik yang merawat satwa yang terancam punah sebelum akhirnya dikembalikan ke alam.



Cara Kerja PARA’KITO®


Produk PARA’KITO® didesain berdasarkan cara nyamuk mengenali mangsa atau targetnya. Seperti yang aku tuliskan di atas, yang menghisap darah adalah nyamuk betina dewasa karena membutuhkan asupan protein untuk telur-telurnya.

Penelitian membuktikan bahwa nyamuk betina memiliki karakteristik berikut ini:

- Sensitif terhadap karbondioksida yang kita hembuskan saat bernafas.

- Bisa mendeteksi keberadaan manusia dari jarak 30 meter melalui nafas dan bau tubuh kita.

- Bisa melihat dari jarak 5-10 meter.

- Cenderung tertarik pada warna-warna yang gelap.

- Bisa mendeteksi perbedaan suhu tubuh. Nyamuk akan mendekat untuk merasakan adanya aliran darah di nadi manusia.

Memahami karakteristik nyamuk tersebut maka pelet PARA’KITO® didesain untuk memancarkan ekstrak minyak esensial dari tanaman yang berkontribusi untuk menyembunyikan bau tubuh manusia. Sehingga meskipun nyamuk bisa melihat keberadaan kita tetapi mereka tidak tertarik untuk mendekat karena mereka tidak bisa mencium aroma tubuh manusia dan tidak bisa merasakan aliran darah di nadi manusia.




Keunggulan Produk PARA’KITO®


PARA’KITO® mengurangi ketertarikan nyamuk terhadap manusia karena dilengkapi dengan teknologi Diffucontrol System yang sudah dipatenkan, menggunakan vanilin atau komponen makanan aromatik yang mengatur penguapan minyak esensial yang telah dimasukkan ke dalam pelet PARA’KITO®. Dengan demikian terjadi pelepasan dan difusi secara kontinue selama 24 jam sehari. 



Keunggulan parakito


Keunggulan dari produk PARA’KITO® adalah sebagai berikut:

- Tidak kontak langsung dengan kulit.
- Efek melindungi 24/7.
- Bisa dipakai oleh seluruh anggota keluarga, termasuk orang-orang dengan kondisi sensitif, anak-anak, dan wanita hamil.
- Difusi selama 24 jam terus menerus.
- Difusi hingga 15 hari per pelet, sehingga tidak menyisakan sampah.
- Teknologi tahan air.
- Desain gelang yang trendi.
- Buatan Prancis.



Gelang Anti Nyamuk PARA’KITO®, Cara Aman untuk Menghindari Gigitan Nyamuk


Dengan semua keunggulan yang dimiliki oleh produk PARA’KITO® tersebut di atas, aku yakin banget menggunakan gelang anti nyamuk PARA’KITO® merupakan salah satu cara paling aman dan alami untuk menghindari gigitan nyamuk, tanpa mengganggu keseimbangan ekosistem dan tanpa harus mencemari udara dan lingkungan tempat kita berada.

Dunia semestinya tempat untuk kita berpetualang dan berkreasi. Jangan biarkan gigitan nyamuk menghalangi kebebasan kita untuk mendapatkan inspirasi di alam yang luas ini. Mari lindungi diri kita, anak-anak kita, berserta orang-orang yang kita cintai dari gigitan nyamuk secara alami dengan menggunakan gelang anti nyamuk PARA’KITO®. 



So, bagaimana Mom semua? Tertarik ingin mencoba gelang anti nyamuk PARA’KITO® ini? Informasi lebih lanjut silakan cari di akun media sosial PARA’KITO®, ya.

IG: @parakito.id

FB: ParakitoID