Thursday, June 23, 2022

Cara Membuat Godok – Godok Pisang Khas Pariaman

June 23, 2022 0 Comments

 



Cara Membuat Godok – Godok Pisang Khas Pariaman

Cara membuat godok – godok pisang khas pariaman bisa dilakukan di rumah. Makanan yang cukup menarik ini dinamakan godok – godok pisang. Makanan ini banyak dijumpai di pulau Sumatera. Setiap dari godok – godok pisang yang ada di daerah Sumatera memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu yang populer yakni ada di pariaman. Berikut tentang Cara Membuat Godok – Godok Pisang Khas Pariaman antara lain :

Penjelasan godok – godok pisang

Jika sedang berkunjung ke Sumatera jangan lupa untuk menikmati kuliner khasnya. Yang cukup terkenal dari Pulau Sumatera dan salah satunya adalah Pariaman ini adalah godok – godok pisang. Makanan ini memiliki kelezatan dan citarasa yang khas. Untuk yang suka makanan berbahan dasar kelapa maka Anda harus mencoba makanan ini. Aroma wangi yang ditimbulkan dari godok – godok pisang bisa menggugah selera.


Siapkan bahan – bahannya

Cara Membuat Godok – Godok Pisang Khas Pariaman bisa dilakukan dengan menyiapkan bahannya. Godok – godok pisang sendiri memiliki bahan pembuatan yang cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan yang diantaranya 6 buah pisang kepok kuning, 50 gram kelapa parut, 50 gram tepung terigu, 1 sdm gula pasir, ¼ sdt garam halus dan 300ml minyak goreng. Anda perlu menyiapkan bahan ini di dapur dan bersiap untuk membuatnya.


Haluskan pisang menggunakan garpu

Langkah pertama dalam membuat godok – godok pisang khas pariaman adalah dengan menghaluskan pisang. Anda bisa menghaluskan pisang ini menggunakan garpu. Tujuan dari pisang ini dihaluskan agar pisang bisa dengan mudah membaur dengan bumbu lainnya.


Tambah bumbu lainnya

Setelah selesai menghaluskan pisang, langkah selanjutnya adalah menambah bumbu. Adapun bumbu yang perlu ditambahkan yakni 50 gram kelapa parut, 1 sdm gula pasir dan ¼ sdt garam halus. Aduk kesemua bahan yang tercampur itu dengan rata. Dengan menambahkan bumbu – bumbu lain maka sensasi rasa akan berubah dan membaur merata. Dengan adanya bumbu ini sekaligus membuat makanan semakin memiliki sensasi yang menarik untuk dicicipi.


Masukkan tepung terigu

Langkah berikutnya yakni masukan tepung terigu. Fungsi dari tepung terigu ini agar adonan ketika digoreng akan semakin renyah. Tepung terigu juga melindungi bahan dari panas sehingga yang renyah adalah bagian luarnya. Dengan menggunakan tepung makanan juga dapat lebih tahan lama dan cocok dijadikan camilan.


Ambil 1 sendok makan adonan

Untuk proses yang satu ini, maka Anda perlu mengambil 1 sendok makan adonan. Adonan yang sudah jadi dari balutan tepung terigu tersebut tinggal digoreng. Setelah selesai mengambil 1 sendok makan adonan, maka Anda bisa langsung menggorengnya. Siapkan minyak lalu nyalakan kompor. Masukan minyak kedalam wajan dan tunggu hingga panas. Masukan bahan adonan yang sudah disendok lalu tuangkan ke wajan yang panas. Tunggu hingga hidangan matang dan godok – godok pisang khas pariaman siap disajikan. 


Nikmati bersama teh dingin

Untuk memperdalam kenikmatan maka Anda bisa menyajikannya dengan ditemani minuman yang segar. Dengan menyiapkan teh dingin lalu Anda hanya perlu memakan godok – godok pisang khas pariaman bersama minuman yang segar. Anda akan merasakan sensasi menikmati hidangan yang special nan mewah. Hal ini akan semakin nikmat lagi jika menikmati godok – godok pisang bersama teman atau keluarga tercinta.


Cara Membuat Godok – Godok Pisang Khas Pariaman bisa dilakukan di rumah. Makanan khas yang bisa ditemui di Pariaman ini cukup menarik dan menggugah selera.

Monday, April 18, 2022

7 Mobil Termahal dan Termewah di Dunia 2021

April 18, 2022 0 Comments

 


7 Mobil Termahal dan Termewah di Dunia 2021 


Bagi beberapa kalangan masyarakat dengan kondisi kekayaan kelas menengah ke atas, memiliki mobil sudah menjadi keharusan dan gaya hidup yang tidak bisa dilepaskan. Bahkan, ada juga sebagian masyarakat yang berlomba-lomba memperbaharui mobil mereka dengan kualifikasi terbaru guna memenuhi hasratnya. 


Pada tahun 2021 kemarin, industri otomotif juga seolah-olah tidak berhenti dan tetap saling berlomba-lomba satu sama lain mengeluarkan produk mobil terbaik mereka dengan seri Veyron. Bahkan di era 90-an, McLaren pernah bermaksud membuat mobil F1 sebanyak 300 unit, namun hanya mampu memproduksi 72 unit saja hingga tahun 1998. 


Berikut ini akan diperkenalkan 7 mobil termahal dan termewah di dunia di tahun 2021 :


Pagani Huayra Tricolore 


Pagani Huayra Tricolore menduduki urutan nomor satu sebagai mobil termahal di dunia dengan bandrol harga hingga US$6,5 juta atau setara dengan Rp. 92,4 miliar. Mobil mewah ini harganya mahal karena memang dibuat secara terbatas oleh sang produsen, Horacio Pagani. 


Bugatti Chiron Pur Sport


Mobil termahal di dunia yang kedua berasal dari negara yang terkenal dengan desain baik pakaian atau kendaraan yang sangat mengagumkan. Karena itu, saat mendengar nama mobil Italia atau Jerman tentu yang muncul dalam pikiran adalah tentang kendaraan roda empat yang sporty, berkelas, serta penuh kemewahan. 


Namun di balik kemewahannya, pengguna harus berpikir berulang-ulang kali untuk membawa mobil mahal sekelas Bugatti karena harus menyiapkan kocek hingga US$3,6 juta atau setara Rp. 43 miliar untuk bisa membelinya. 


Lamborghini Sián FKP 37


Harga mobil ini masih serupa dengan mobil mewah dari Buggati di atas, dibandrol hingga mencapai US$3,6 juta atau setara Rp. 43 miliar. Lamborghini Sián memanfaatkan model dunia seri terbatas yang menguntungkan dengan program Veneno-nya. 


Mobil yang menggunakan mesin V12 dalam bentuk coupé ini hanya diproduksi sebanyak 63 unit saja. Kemudian, mobil dengan jenis Lamborghini ini dinamai FKP 37 sebagai penghormatan bagi mendiang Ferdinand Piëch. Lamborghini Sián FKP menjadi mobil Lamborghini tercepat hingga saat ini. 


Koenigsegg Jesko 


Mobil termahal di dunia yang menempati urutan keempat ada Christian von Koenigsegg dengan empat tempat duduk pertama yaitu Gemera bermesin Freevalve twin-turbo dan tiga silinder. Dibandrol dengan harga hingga mencapai US$3 juta atau setara Rp. 42 miliar. Namun, pada dasarnya McLaren Elva masih jauh lebih mahal. 


Aston Martin Valkyrie 


Hypercar yang ditandatangani oleh mantan CEO Andy Palmer ini masih sama dibandrol diangka US$ 3juta atau setara Rp. 42 miliar. Mobil termahal dan termewah di dunia ini dirancang oleh mantan mitra teknis dan Formula 1 Adrian Newey dari Red Bull Racing. Valkyrie didukung oleh Cosworth V12 yang disedot secara alami. Mobil super mahal ini juga memiliki semua bahan untuk menjadi mesin yang monumental. 


AMG Project One 


AMG Project One adalah mobil termahal di dunia pada level dua juta dolar, tepatnya US$2,7 juta atau setara Rp. 38 miliar. Mobil mewah ini memodifikasi powertrain hybrid V6 1,6 liter dari mobil F1 2016 Wo7 Hybrid F1 Lewis Hamilton. Kemudian mobil mahal nan mewah ini dilaporkan merubah namanya menjadi AMG One. 


Rimac C_Two 


Dan terakhir yang termasuk mobil termahal di dunia yang menduduki urutan nomor tujuh adalah Rimac C_Two. Ini merupakan mobil mewah pesaing terdekat Lotus Evija dan di Italia ukurannya diubah menjadi Pininfarina Battista. 


C_Two sendiri merupakan pembangkit tenaga listrik mobil listrik Kroasia yang bermitra dengan Porsche dan Hyundai untuk model produksi global pertamanya. 

Tuesday, March 1, 2022

5 Tips Aman Menyusui Saat Bunda Mengalami Milk Blister

March 01, 2022 0 Comments

 





Dalam pengobatan, milk blister adalah seperti lepuh hemispherical ditangani dengan serius. Milk blister dapat terjadi karena terbentuk di sejumlah jaringan dengan patologi yang berbeda, termasuk radang dingin yang terkadang muncul dan menghilang  dalam waktu yang singkat. Pada payudara, milk blister adalah lepuh susu dan juga dikenal sebagai pori-pori puting susu yang tersumbat, lepuh puting susu atau susu di bawah kulit.


Dalam bahasa ilmiah, patologi milk blister merupakan ruang kecil berisi udara berdinding tipis subpleura dengan ukuran diameter tidak lebih besar dari ukuran 1-2 cm, dan isi yang membusa sampai 1mm. Jika milk blister itu mengalami pecah, hal tersebut membiarkan udara keluar ke rongga pleura sehingga menghasilkan pneumotoraks spontan. Dan jika dalam bahasa ilmiah, oftalmologi milk blister bisa dibentuk dengan sengaja dalam pengobatan glaucoma dalam perawatan tersebut. Milk blister memang mempunyai sirkulasi yang berair. Penyumbatan yang akan mengakibatkan peningkatan tekanan mata, penggunaan perangkat modulasi luka matriks kolagen seperti ologen selama oprasi glaucoma, diketahui menghasilkan milk blister vascular dan fungsional yang berkolerasi positif dengan tingkat keberhasilan pengobatan.  


Walaupun masalah ini dapat teratasi dan membaik dengan sendirinya, namun tetapi tetap saja milk blister menjadi hal yang mengganggu karena menimbulkan rasa sakit saat menyusui sang buah hati. Tapi walaupun begitu Bunda masih aman kok untuk menyusui. Bunda bisa mengikuti tips di bawah ini jika Bunda sedang mengalami milk blister.


1. Hindari memecahkan milk blister 

Adanya bintik-bintik putih pada puting terkadang membuat ibu menyusui tergoda untuk memecahkannya. Karena hal ini bisa sembuh dengan sendirinya.

Jika Bunda mencoba menghilangkannya dengan cara tersebut, maka penyembuhan milk blister ini akan memakan waktu lebih lama lagi. Jika hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan resiko terburuk, yaitu dapat membuat kulit jadi terbuka bahkan bisa menyebabkan infeksi.


2. Cek cara pelekatan bayi

Hal penting untuk bisa memastikan agar sang buah hati melakukan pelekatan dengan tepat dan benar. Jika milk blister ini memang terjadi karena pelekatan yang tak benar dan tidak diperbaiki, maka hal ini tidak akan hilang dan akan terus kembali. 


3. Memberikan ASI pada payudara yang Lainnya

Jika milk blister yang dialami menimbulkan rasa nyeri pada salah satu payudara, maka Bunda bisa memberikan ASI melalui payudara yang satu lagi. Biasanya, rasa sakit ini terjadi karena isapan bayi di awal menyusui lebih kuat. Setelah sang buah hati menyusui untuk sementara waktu pada payudara lain, maka daya isapnya akan berkurang dan bisa dialihkan pada payudara  yang terasa sakit akibat milk blister.


4. Cobalah mengubah posisi menyusui

Bunda bisa mengubah posisi menyusui setiap kali menyusui sang buah hati. Hal ini dilakukan agar mulut bayi akan berada di tempat yang berbeda di payudara dengan melakukan perubahan posisi, yang artinya satu area tidak akan mendapatkan semua tekanan dan gesekan. Tak hanya itu, mengubah posisi juga dapat mengurangi tekanan pada area milk blister dan dapat  membantu mengurangi rasa sakit saat menyusui.


5. Konsumsi obat sakit yang aman

Apabila Anda tidak dapat menyusui akibat rasa sakit yang ditimbulkan, maka cobalah untuk konsultasikan pada dokter atau ahli laktasi. Bunda akan diberi resep obat yang aman untuk dikonsumsi selama masa menyusui seperti ibuprofen atau acetaminophen. Sebaiknya obat ini dikonsumsi satu jam sebelum menyusui untuk mengurangi rasa sakit.




Saturday, February 19, 2022

Lezatnya Cireng Nasi Kobe

February 19, 2022 0 Comments

Yuhuuu ... adakah penggemar cireng di sini? Mari kita ngumpul dulu, duduk manis membentuk lingkaran. Hehehe.


Berdasarkan info dari berbagai sumber, cireng adalah singkatan kata dari aci goreng, merupakan camilan asal Jawa Barat yang terbuat dari tepung kanji dan tepung tapioka yang kemudian dikaliskan dan dibentuk pipih lalu digoreng.


Cireng sangat nikmat disantap dalam kondisi hangat, dengan cocolan saus sambal, bumbu kacang, bumbu rujak, dan bumbu tabur sesuai dengan selera. 


Sebagai orang yang berasal dari Sumatera, jujur saja nih, awalnya aku asing banget dengan cireng ini. Pertama kali tahu-melihat-mencoba cireng itu sekitar tahun 2015, saat lagi meeting di Jakarta. Salah satu teman, peserta meeting yang berasal dari Garut membawa oleh-oleh cireng. Jadilah kami semua yang peserta meeting dari luar mencoba cireng itu pertama kalinya.


You know, gais? Aku jadi ketagihan makannya. Hahaha. Eh, tapi untuk ukuran orang yang picky eater sepertiku hal itu yang aneh lho. Biasanya aku akan berhati-hati sekali saat mencoba makanan, takut ga cocok di lidah, bawaannya bisa mual seharian. Eh, pas nyoba cireng kok langsung ketagihan. 


Sayangnya, saat kembali ke kotaku, aku tidak bisa lagi menikmati cireng ini karena belum ada pedagang cireng di tempatku. 


Saking penasarannya dengan camilan asal Sunda ini, aku sampai berburu resepnya di internet, lho. Ternyata, akhir-akhir ini sudah banyak juga varian kreasinya. Mulai dari cireng sosis keju, sampai cireng nasi. Untuk orang yang males ribet otomatis dong pilihan jatuh pada cireng nasi. Bahannya simple, urusan rasa udah pasti ga mengecewakan. Siang itu juga aku pun langsung ke minimarket untuk beli tepung bahan dasar untuk membuat cireng, pilihanku jatuh pada Kobe Tepung Bumbu Putih. 


Kobe Tepung Bumbu Putih



Kobe Tepung Bumbu Putih hadir dengan formula baru yang memiliki konsep dan tekstur yang unik. Tekstur tepung berbentuk kristal dengan butiran tepung yang renyah sehingga membuat lapisan gorengan menjadi lebih krispi dan tebal. 


Kobe Tepung Bumbu Putih ini memiliki banyak keunggulan, tekstur lebih garing dan renyah tahan lama, sudah mengandung tapioka, tanpa pengawet dan pewarna buatan, serta gluten free.  

Selain untuk gorengan, tepung ini cocok  untuk jajanan lainnya seperti aci telor yang sedang viral. 



Resep Cireng Nasi Kobe




Bahan Cireng Nasi:

- 200 gr, nasi putih

- 100 ml, air

- 1 bks, Kobe Tepung Bumbu Putih

- 10 gr, daun bawang

- Minyak goreng secukupnya.


Bahan Bumbu Rujak:

- 1 sendok makan kacang tanah (digoreng)

- 100 gr, gula merah

- Terasi, secukupnya

- 50 ml, air hangat

- 1 sachet, bon cabe level 10 (rasa original)

- 1 sdm, air asam



Cara Membuat Cireng Nasi Kobe


1. Aduk 200 gr nasi dengan 100 ml air. Campurkan 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih 75 gr dan 10 gr daun bawang. Aduk hingga tercampur rata.

2. Panaskan minyak dalam wajan. Setelah panas ambil 1/2 sendok makan adonan, goreng hingga kuning keemasan.

3. Cireng Nasi Kobe siap disajikan.


Cara membuat Bumbu Rujak:

1. Haluskan kacang tanah, gula merah, terasi dan air hangat.

2. Tuang BonCabe level 10. Campurkan dengan air asam dan aduk hingga rata.

3. Bumbu rujak siap disajikan sebagai cocolan Cireng Nasi Kobe.



Nah, itu dia resep cireng nasi Kobe yang bisa dicoba di rumah, ya. Mudah dan praktis banget, kan? Selamat mencoba.

Sunday, January 23, 2022

Ini Resep Bolu Kukus Chocolatos Lezat Dan Lembut. Dijamin Membuat Lidah Bergoyang

January 23, 2022 0 Comments



Sepertinya hampir setiap orang menyukai cokelat, termasuk kamu juga, kan? Rasa cokelat yang manis dan bisa membuat mood naik memang sangat cocok dijadikan camilan andalan kapan saja dan dimana saja. 

Selain bisa membuat mood naik, masih ada manfaat lain yang bisa kamu rasakan jika gemar mengkonsumsi cokelat, antara lain :

  • Meningkatkan Kesehatan Mata

Ternyata mengkonsumsi cokelat dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan aliran darah yang menuju ke retina akan meningkat dengan baik dan dapat membantu memperbaiki penglihatan serta kekuatan mata. 


  • Dapat Menghaluskan Kulit

Cokelat mengandung flavanols yang dapat melindungi kamu dari sinar UV, menjaga kelembapan kulit, dan menjaganya tetap bersinar. Cokelat pun bisa membantu mempertahankan elastisitas kulit serta meremajakan sel – sel kulit. Jadi, kulitmu akan terhindar dari bintik – bintik hitam dan kulit kasar. 


  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain memberikan efek senang, cokelat juga dapat membantu dalam program diet yang ingin kamu lakukan. Cokelat yang mengandung serat tinggi layaknya roti, gandum, dan juga buah – buahan dapat membantu kamu untuk diet. 


  • Sangat Baik Untuk Kesehatan Otak

Kamu mungkin tak menyangka sebelumnya jika ternyata cokelat juga bisa membuat cerdas. Bagaimana bisa? Cokelat ini akan membuat syaraf – syaraf kamu rileks sehingga bisa membantu sistem kerja otak yang bekerja untuk mengontrol semua organ. Termasuk rasa senang yang akan membuat kamu enjoy menjalankan aktivitas. 

Ternyata ada banyak sekali manfaat dari cokelat ini. Selain rasanya manis, namun juga dapat menyehatkan tubuh. Salah satu cara agar kamu bisa mendapatkan manfaat dari cokelat adalah dengan mengkonsumsi bolu kukus yang terbuat dari cokelat. 


Resep Bolu Kukus Chocolatos

Nah, di bawah ini adalah resep bolu kukus cokelat chocolatos lezat yang akan menggoyang lidahmu. Kamu tak perlu pakai cokelat yang mahal, karena chocolatos bubuk juga bisa digunakan, loh. Penasaran kan?

Yuk, langsung saja simak resep bolu kukus chocolatos lezat yang akan membuat lidah bergoyang di bawah ini !

  1. Bahan – Bahan Yang Perlu Disiapkan

Siapkan bahan – bahan ini :

  • Telur 2 butir

  • Gula pasir 6 sdm

  • Chocolatos 2 sachet

  • Air panas 6 sdm

  • Susu kental manis cokelat 2 sachet

  • Tepung terigu 6 sdm

  • Baking powder ¼ sdt 

  • Soda kue ¼ sdt

  • Garam ¼ sdt

  • Minyak 6 sdm


  1. Membuat Adonan 

Pertama – tama, masukkan Chocolatos bubuk kedalam wadah, kemudian larutkan dengan air panas, sisihkan. Selanjutnya, siapkan wadah lalu masukkan telur dan gula pasir, kocok dengan whisker sampai adonan tercampur rata. 


  1. Menambahkan Beberapa Bahan

Setelah itu tambahkan tepung terigu, baking powder, dan juga soda kue. Kocok kembali sampai tercampur rata. Selanjutnya, campurkan dengan chocolatos cair dan susu kental manis cokelat, kemudian aduk sampai tercampur rata. Tambahkan minyak lalu aduk – aduk kembali. 


  1. Kukus Sampai Matang

Setelah selesai membuat adonan, tuangkan adonan tersebut kedalam cetakan yang sudah diolesi margarin sebelumnya. Masukkan cetakan kedalam pengukus yang sudah dipanaskan. Kukus adonan sekitar 25 menit dengan api sedang. Setelah bolu matang, angkat lalu keluarkan dari pengukus. Setelah bolu hangat, segera keluarkan dari cetakan, kemudian potong – potong sesuai keinginan. 

Itulah resep bolu kukus chocolatos lezat dan lembut yang akan membuat lidah bergoyang. Cocok untuk dijadikan teman santai diakhir pekan. 

5 Tempat Makan dengan Pemandangan Indah di Jakarta

January 23, 2022 0 Comments
Cafe dengan nuansa alam, by Pixabay


    Bagi Anda para pecinta kuliner, pastinya Anda suka makan dengan nuansa alam. Pemandangan indah ini juga bisa jadi salah satu alasan Anda untuk mengunjungi tempat makan tersebut. 

    Seperti yang kita tahu Jakarta adalah sebuah kota yang besar, tapi jangan salah karena tempat makan di Jakarta juga ada yang memiliki nuansa alam. Jika kita mendatangi tempat yang berbau alam ini akan membuat aktivitas kita yang melelahkan jadi sedikit terobati.


Tempat Makan dengan Pemandangan Indah di Jakarta


Yuk kita langsung saja bahas beberapa restoran di Jakarta yang punya nuansa alam:

  • Pulau Dua Resto

Tempat makan yang pertama adalah Pulau Dua Resto. Tempat makan yang satu ini menyuguhkan pemandangan danau buatan yang sangat indah yang bisa Anda lihat dengan melewati jembatan kayu. Bangunan dari tempat makan yang satu ini  mirip dengan penginapan yang ada di desa, sehingga terasa semakin asri. Menu makan di sini terdiri atas menu Chinese food dan juga seafood, di antaranya ada udang goreng telur asin, ayam goreng daun pandan, kepiting asam manis, cumi lada hitam, dan brokoli saus tiram. Sangat cocok didatangi jika Anda pecinta seafood.


Alamat: Komplek Taman Ria Senayan, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.


  • Taman Piknik Satrimandala

Tempat makan yang kedua adalah taman piknik Satriamandala. Tempat makan yang satu ini merupakan tempat makan dengan konsep lesehan yang ada di luar ruangan. Tempat makan ini baru dibuka di awal tahun 2021. Sama dengan namanya, tempat makan ini mengusung konsep piknik, jadi saat makan Anda akan merasa seperti sedang piknik di taman. Pilihan menu di tempat makan ini cukup beragam di antaranya ada nasi ayam, pasta, dan roti bakar. Karena tempatnya outdoor sangat cocok Anda kunjungi di pagi atau sore hari.


Lokasi: Museum Satriamandala, Jalan Jenderal Gatot Subroto Nomor 14, Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.


  • Jetski Café

Tempat makan yang ketiga adalah Jetski Café, tempat makan yang satu ini sangat cocok Anda kunjungi jika suka pemandangan laut. Sangat enak jika Anda kunjungi di pagi hari atau malam. Di sini Anda juga bisa melihat sunset. Tempat makan di sini tersedia outdoor dan indoor. Untuk pilihan menunya cukup lengkap ada berbagai jenis seafood.


Lokasi: Jalan Pantai Mutiara Nomor 57, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.


  • Arborea Café

Tempat makan yang selanjutnya cocok Anda jumpai jika suka mengunjungi tempat yang memiliki nuansa teduh adalah Arborea Cafe. Tempat ini memiliki banyak sekali pepohonan yang bisa menjadikan udara di sekitarnya jadi lebih bersih. Cocok sekali untuk Anda jadikan tempat me time atau nongkrong dengan teman. Pilihan menu yang mereka sediakan di sini adalah makanan lokal, jika datang ke tempat ini Anda tidak akan merasa bahwa sedang nongkrong di Jakarta. 


Lokasi: Komplek Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto Nomor 1, Tanah Abang, Jakarta Pusat.


  • Daun Kelapa

Tempat makan yang terakhir adalah Daun Kelapa, tempat makan ini menyediakan berbagai jenis masakan Sunda. Jika ada di sini Anda akan merasakan sensasi nyaman karena pemandangannya yang sangat bagus, ada danau dan juga pepohonan yang rindang. Pilihan tempatnya ada indoor dan juga outdoor. Menu makan di sini semuanya adalah menu khas Sunda yang ditemani dengan nasi liwet. 


Lokasi: Ruko Inkopal Blok D Nomor 1, Jalan Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara.


So, siap menjelajah kuliner bernuansa alam di Jakarta?

Ketika Blogger Menjadi Novelis

January 23, 2022 0 Comments

Yuhuuu, apa kabar, Sobat Mei. Sudah lama banget ya aku tidak menyapa teman-teman semua secara personal begini. Ketahuan deh artikel-artikel sebelumnya sponsor post semua. Hahaha. 


Maapkeuuun sayyaah.


Ada yang kepo gak si Merry ini ngapain aja sampai blognya dianggurin begitu?


Ketika Blogger Menjadi Novelis


Sejak Juni 2021 lalu, aku menemukan dunia baru yang menyenangkan nih, gais. Masih seputar dunia menulis, hanya saja yang aku tulis bukan lagi artikel yang menyajikan fakta atau opini, tetapi wujud dari sebuah imajinasi. Halah!


Yup, dengan kata lain aku mencoba dunia baru yaitu menulis novel online.


Nnnaah!

Kok bisa jadi penulis novel online sih, Mer?


Awal terjun ke dunia novel digital ini sebenarnya gak sengaja juga. Bukan dari ajakan seseorang, bukan juga karena ingin beralih profesi karena bosan jadi blogger. Sama sekali bukan.


Semuanya berawal dari timeline FB yang memperlihatkan iklan novel online yang berjudul Charlie Wade. Aku tertarik menekan tombol lanjut membaca karena blurb yang disajikan berhasil mengundang rasa penasaran.


Tombol lanjut membaca itu membawaku pada laman novel digital Goodnovel. Aku mulai membaca novel Charlie Wade itu bab demi bab dengan semangat. Saat memasuki bab ke sekian, muncul notifikasi untuk membeli koin. Ternyata untuk buka bab selanjutnya harus pakai koin, dan koinnya harus beli. Huhuhu.


Aku lanjut mengunduh aplikasi karena ada keterangan bisa dapat bonus koin via aplikasi. Dari aplikasi Goodnovel inilah aku tahu bahwa siapa saja bisa bergabung jadi penulis di sana.


'Wah ... boleh juga, nih,' pikirku waktu itu.


Laman yang berisikan informasi untuk menjadi penulis di platform itu aku baca dengan serius, mulai dari syarat hingga benefit yang akan didapat oleh penulis setelah karyanya dikontrak. Di sana tertulis dengan jelas bisa mendapatkan uang senilai $100-$300 untuk kontrak eksklusif. Wow! Jelas aku tergiur banget, gaaais.


Hahaha, dasar mata duitan!


Merasa tertantang untuk mendapatkan uang itu, aku pun langsung mendaftar menjadi penulis di Goodnovel. Ternyata caranya mudah banget! Dalam hitungan detik, aku sudah punya akun penulis di platform itu, dan bisa langsung menulis cerita.


Dengan modal nekad, aku pun mulai menulis. Saat itu terlintas ide tentang wanita yang cantik dan pemberani, jadi novel itu aku beri judul 'Touch Me If You Dare'. 

Cover pertama Touch Me If You Dare



Setelah mendapatkan judul itu, aku langsung berburu gambar free copyright untuk cover. Selesai cover, apakah langsung menulis cerita? Ternyata beluuum. Hahaha, asli deh ga sabaran banget aku waktu itu. 

Formulir yang harus diisi sebelum mulai menulis bab


Sebelum menulis cerita, aku juga harus siapkan deskripsi singkat tentang novel itu dulu. Mulai deh mikir keras membuat blurb. Jujur saja, sebenarnya aku belum memiliki gambaran sama sekali itu ide cerita bakal dibawa kemana. Setelah bersemedi beberapa saat, akhirnya wangsit itu turun juga. Blurb selesai, baru deh aku lanjut menulis cerita per bab.


Aku tulis bab pertama sebanyak seribu kata, lanjut bab kedua, ketiga, dan seterusnya hingga mencapai enam ribu kata lebih pada bab lima. Jumlah ini sudah memenuhi syarat untuk pengajuan kontrak di Goodnovel.


Aku klik pengajuan kontrak, lalu isi semua kolom yang ada di formulir. Semuanya lancar banget sampai tiba di bagian akhir, yaitu outline. Mereka minta outline novel dalam 800 kata. Nah, mulai puyeng di Merry. 


'Outline itu apa lagii? Aaargh!' 


Akhirnya aku browsing, lalu baca-baca materi tentang outline novel, setelah itu shock. Outline itu garis besar cerita dari awal sampai akhir dengan alur yang lengkap dan saling berhubungan. Sementara ide di kepalaku masih mentok untuk sampai bab lima aja. Wakaka. 


'Lu niat nulis ga sih?' *ketok pake palu*


Demi menuntaskan perjuangan yang sudah dilakukan, aku kembali bersemedi. Wkekeke. 


Outline beres, klik submit, lalu menunggu kabar maksimal satu bulan. Sambil menunggu kabar dari Goodnovel, aku iseng mencari grup penulis dan fanpage Goodnovel ini di FB. Setelah bergabung di grup penulis Goodnovel, aku baru tahu kalau menulis di sana sebaiknya didampingi EA atau editor akuisisi agar proses pengajuan kontraknya lancar.


Nah, lho! Gimana, nih? Aku kan daftar dewe, ga pake EA, trus gimana pengajuan kontrakku? Apakah akan berakhir di recycle bin? Hahaha. Ya, enggaklah. Akunya aja yang lebay waktu itu. Tanpa EA pun pengajuan kontrak akan tetap diproses kok. Sayangnya aku yang belum tahu apa-apa waktu itu langsung panik.


Tanpa buang waktu, aku langsunv kontak salah satu nomor EA yang ada di grup itu, lalu menceritakan kondisiku yang terlanjur ajukan kontrak tanpa EA.


Awalnya dia bilang tidak bisa bantu karena aku masuk tidak melalui link referal miliknya. Aku nyaris pasrah, tapi dia chat lagi minta link novel yang aku ajukan.


Singkat cerita, dia bisa memasukkan ID penulisku ke bawah jaringannya, dan langsung follow up novelku ke editor in house Goodnovel. Tidak menunggu lama, hari itu juga aku dihubungi oleh editor pusat Goodnovel, menyatakan dia suka dengan cerita yang aku tulis. Selang beberapa menit, EA mengabariku kalau novelku yang berjudul TOUCH ME IF YOU DARE itu lolos kontrak ekslusif dengan nilai $110, dan profit sharing 50% dari bab terkunci. 


Aku terpana, takjup, merasa 'wow' sendiri membaca chat itu.


Ide cerita yang bener-bener mendadak itu bisa dapat kontrak ekslusif di Goodnovel?


'Ah ... aku pasti sedang beruntung,' pikirku saat itu.


Sebagai pendatang baru, yang bener-bener baru mengenal dunia menulis novel jujur aku merasa beruntung sekali mendapat kesempatan itu. Dengan senang hati aku pun menandatangani kontrak, lalu kebut menyelesaikan cerita itu hingga tamat.


Alhamdulillaah.


Oh, ya. Kalian sudah baca novelku, beluum? 


Baca dooong. Kasih kritik dan saran juga biar aku makin semangat.

Cover Touch Me If You Dare saat ini


Next artikel, aku akan sharing tentang perbandingan beberapa platform novel digital yang sudah aku coba setelah Goodnovel.


Lho, sudah menjelajah platform, Mer? 

Iya, dong. Nanti aku bagi alasannya di artikel berikut.


Sampai jumpa lagi. Jangan lupa baca novelku ya. 🤭🤭🤭