Friday, March 5, 2021

Lestarikan Cantikmu, untuk Kebaikan Diri dan Lingkungan yang Berkelanjutan

March 05, 2021 0 Comments

 





Lestarikan Cantikmu, karena Menjadi Cantik itu Istimewa

Memiliki wajah yang cantik merupakan sebuah anugrah yang benar-benar harus disyukuri. Karena dengan wajah yang cantik itu berarti seseorang sudah mengantongi privilege card yang bisa mempermudah jalannya hidupnya. 

Berlebihan? 

Hmm ... coba saja renungkan sejenak, kemudian perhatikanlah bagaimana perlakuan yang diberikan orang kepada cewek cantik di tempat umum. Aku yakin banget, berbagai macam bentuk keramahan pasti bisa ditemukan. 

Sepadat-padatnya bus kota, selalu ada seat kosong untuk wanita cantik. Adaaa aja relawan yang dengan suka hati menyerahkan tempat duduknya. Hehehe.

Sebokek-bokeknya tukang ojek, dia rela nganterin cewek cakep yang ngaku lagi ga punya uang. 

Bahkan urusan birokrasi yang terkenal berbelit-belitpun bakal berlangsung cepat jika kliennya adalah orang yang memiliki paras cantik.



Lestarikan Cantikmu, karena Dikatai Mirip M****t itu Menyakitkan

Saat masih SMA dulu, aku pernah mengalami peristiwa yang membuatku mengalami krisis kepercayaan diri. Penyebabnya adalah ketika salah satu teman cowok mengatakan bahwa dia tidak suka melihatku, karena di matanya aku terlihat mirip m****t.


“Si Merida? Mana ada cantiknya. Mirip m****t dia kulihat.”


Saat mendengar kata-kata itu dari sahabatku, aku tertawa terbahak-bahak. Tetapi tentu saja itu hanya di luar saja. Di lubuk hati yang terdalam aku benar-benar terluka. Waktu itu aku berpikir begini. Aku ga pernah merasa cantik, tapi aku juga ga merasa wajahku begitu jeleknya sehingga bisa disamakan dengan hewan primata. Sejak saat itu, setiap kali bercermin, kata-kata cowok itu selalu terngiang-ngiang di telingaku.


Perasaan insecure itu terus berlanjut hingga saat aku kuliah. Aku mulai mengamati teman-teman wanita di sekitarku. Dalam hati aku merasa sangat iri melihat mereka bisa bersenda gurau dengan lepas dengan cowok-cowok di kampus. Sementara aku sendiri tetap larut dalam perasaan ‘mereka ga suka denganku karena aku tidak cantik’.


Hingga suatu hari ketika aku mengambil part time job sebagai SPG di salah satu mall, Kakak Koordinator Area menegurku saat briefing.


“Kamu SPG apa? Ga dandan, ya, sebelum kerja? Kayak hantu gitu.” Fix, aku langsung double insecure. Dulu dikatain mirip primata, sekarang dikatain mirip hantu.


Aku kembali ke counter dengan perasaan hancur. Rasanya ingin menghilang saja dari peredaran bumi. Tetapi sebuah rangkulan hangat menyentuh bahuku. Saat menoleh, aku mendapati Kak Mala, salah satu SPG senior berada tepat di sampingku.


“Sini, deh. Ikut kakak sebentar,” katanya seraya menarikku menuju toilet. Aku masih terbengong-bengong ketika melihat Kak Mala mengeluarkan sesuatu dari punch yang dipegangnya.


“Kita tuh berkerja di bawah cahaya neon yang terang banget, Dek. Jadi kalau ga  pake riasan, wajah kita bakalan terlihat pucat. Apa lagi untuk orang dengan kulit terang seperti kamu. Makanya Mbak Ika ngatain kamu mirip hantu,” jelas Kak Mala sambil terus melakukan sesuatu pada wajahku.


“Dah, siap. Coba deh kamu lihat perbedaannya,” ujar Kak Mala seraya memutar wajahku menghadap cermin. Di sana aku melihat pantulan diriku dan aku langsung takjub.


“Ini beneran aku, Kak?” tanyaku tidak percaya.


“Ya, iyalah. Masa’ hantu,” jawab Kak Mala kemudian. “Nih, untuk kamu aja. Kakak masih punya banyak,” ujarnya seraya menyerahkan beberapa benda ke tanganku. Sebuah pencil alis, eye liner, maskara, dan lisptik warna maroon.


“Saran dari kakak, mulai sekarang kamu harus mulai merawat kulit wajah kamu, Dek. Ga usah yang rumit-rumit, yang standar aja, facial wash, toner, moisturizer, dan sunscreen. Sayang lho kulit bagus gitu kalo ga dirawat.” Aku hanya manggut-manggut berusaha mencerna kata-kata Kak Mala yang 90% masih terdengar asing di telingaku.


Itulah awal mulanya aku mengenal produk kecantikan.


Aku mulai rutin menggunakan produk skincare. Meski begitu, untuk penampilan sehari-hari aku tetap hanya mengandalkan bedak, dan lisptik saja. Tapi berkat kulit yang sudah terawat, berbekal dua kosmetik itu saja aku sudah bisa mendapatkan kepercayaan diriku kembali.


Hal ini berhasil membuatku menjadi lebih ‘kebal’ ketika mendapati ujaran-ujaran yang tidak mengenakkan di kemudian hari.


Beberapa lama kemudian, setelah memiliki ponsel, aku terhubung kembali dengan teman-teman semasa SMA dulu. Kita saling bertukar kabar dan cerita. Hingga tibalah giliran ketika Si Cowok yang pernah ngatain aku itu nelpon. Kalian tahu gak kalimat pertama yang dia katakan setelah kata ‘halo’?


Dia bilang gini, ”Mer, sekarang kamu sudah cantik belum?”


Aarrgghh. Maksudnya apa coba ngomong kayak gitu? Seolah-olah aku ga ada hak untuk ngobrol dengan dia karena aku masih belum cantik. Huh! KZL!


Untungnya aku yang menerima telepon saat itu udah aku yang berbeda, yang hatinya udah strong, dan memiliki kepercayaan diri yang cukup. Jadi aku ga merasa terintimidasi lagi dengan kata-katanya yang menjurus ke body shaming begitu.


Jadi ingat dengan salah satu quote dari drama True Beauty yang baru-baru ini aku tonton.


“Kau yang memutuskan nilaimu sendiri. Jika kau percaya diri, tidak ada yang bisa menyentuhmu.”


Bagi aku pribadi nih, quote itu terasa bener banget. Ketika kita sudah percaya diri tidak ada yang bisa mengusik kita. Tapiiii, menumbuhkan rasa percaya diri ditengah ‘gempuran’ penilaian masyarakat bahwa ‘tampilan fisik itu adalah segalanya’ sungguh tidak mudah, Temaan.


Jadi di sini aku mau bilang, bahwa dampak body shaming itu ga main-main sebenarnya. Ketika kamu beranggapan itu hanya candaan, tetapi sebenarnya tidak bagi orang yang kamu katain. Meski dia tampak tertawa, tetapi hati kecilnya tetap terluka. Aku sendiri butuh waktu 5 tahun baru bisa pulih dan mendapatkan kepercayaan diriku sepenuhnya.


Jadi, please, ya, teman-teman semua. Stop body shaming, jika tidak suka dengan seseorang, jangan pernah hina penampilan fisiknya. Bagimu mungkin hanya sebatas kata-kata, tapi bagi dia itu adalah neraka.


produk kecantikan


Produk Kecantikan untuk Lestarikan Cantikmu

 

So, dari sedikit pengalaman hidupku di atas, bisa dimengerti kan, ya. Mengapa orang-orang banyak yang butuh produk kecantikan. Karena aku yakin, tidak sedikit orang yang mengalami peristiwa pahit seperti yang aku alami.


Teman-teman sudah menonton drama Korea True Beauty? Atau yang sedikit lebih lawas My Id is Gangnam Beauty?


Dua drama ini mengangkat isu body shaming dan perundungan atas ketidakcakapan wajah seseorang.


Di My ID is Gangnam Beauty, Mirae mengatasi krisis kepercayaan dirinya lewat operasi plastik. Di True Beauty, Ju Kyung mengatasi krisis kepercayaan dirinya lewat riasan. Hasilnya sama-sama bisa dilihat, bahwa perlakuan orang-orang di sekitar mereka sungguh jauh berbeda. Mereka tidak lagi menerima hinaan dan celaan. Mereka bahkan bisa menata hidup, dan merancang impian mereka dengan lebih leluasa.


Manfaat Menggunakan Produk Kecantikan


Saat ini keberadaan produk kecantikan sudah sangat penting bagi masyarakat. Meski bukan kebutuhan primer, namun produk kecantikan sudah menjadi produk yang digunakan secara rutin dan terus menerus oleh masyarakat.


Berikut manfaat penggunaan produk kecantikan menurut Mitsui (1993):


  • Sebagai alat kebersihan diri.
  • Meningkatkan daya tarik melalui make-up.
  • Meningkatkan rasa percaya diri dan perasaan tenang.
  • Melindungi kulit dan rambut dari kerusakan akibat sinar ultraviolet, polusi, dan faktor lingkungan lainnya.
  • Mencegah penuaan.
  • Membantu seseorang lebih menikmati dan menghargai hidup.


So, teman-teman terinsirasi untuk memulihkan kepercayaan diri dengan produk kecantikan? Boleh-boleh saja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya teman-teman mengetahui dulu nih penggolongan produk kecantikan berdasarkan sifat dan cara pembuatannya. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Agar teman-teman juga tahu dampak dari penggunaan produk itu nantinya.


Penggolongan Produk Kecantikan berdasarkan Sifat dan Cara Pembuatannya


1. Kosmetik Modern

Kosmetik modern pada umumnya dibuat dari bahan kimia dan diolah menggunakan alat-alat yang canggih dan modern. Jenis produk kecantikan modern ini biasanya menawarkan hasil yang cepat, atau perubahan yang instan.


2. Kosmetik Tradisional

Kosmetik tradisional merupakan produk kecantikan yang dibuat dari bahan-bahan alami. Namun berdasarkan proses pembuatannya, kosmetika tradisional ini terdiri atas 2, yaitu:

- Kosmetik Tradisional Murni yang asli diolah dari bahan alami menurut resep turun menurun. Kekurangan dari kosmetik tradisional ini adalah tidak tahan lama, jadi membutuhkan waktu dan energi ekstra di saat ingin menggunakannya. Salah satu produk kosmetik tradisional murni ini adalah bedak beras atau bedak dingin yang sampai hari ini masih banyak ditemukan di toko-toko kosmetik.

- Kosmetik Semi Tradisional yaitu kosmetik yang dibuat menggunakan bahan-bahan alami, tapi sudah diolah secara modern seperti diberi bahan pengawet.


Dualisme Produk Kecantikan Modern


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, produk kecantikan modern adalah produk kecantikan yang dibuat dari bahan-bahan kimia, dan diproses menggunakan alat-alat canggih dan modern.


Meskipun sudah dirancang dengan sebaik mungkin, bahkan dalam prosesnya disupport oleh berbagai macam peralatan canggih, tetap saja dualisme dari produk kecantikan modern ini tidak bisa dielakkan. Di satu sisi membawa manfaat positif terhadap pengguna, namun di sisi lain berdampak negatif terhadap kesehatan, serta lingkungan hidup.


Kelebihan Produk Kecantikan Modern


  • Lebih praktis, kemasan mudah dibawa dan mudah digunakan kapan saja dan di mana saja.
  • Tersedia banyak varian sesuai dengan jenis kulit.
  • Untuk kosmetik yang sudah memiliki label BPOM, pastinya juga sudah teruji secara klinis.
  • Lebih cepat memberikan hasil.
  • Produk mudah didapat.
  • Terdapat info tanggal kadaluwarsa pada kemasan.

Kekurangan Produk Kecantikan Modern


  • Tidak ramah lingkungan, karena kemasan berpotensi menjadi limbah.
  • Menimbulkan efek samping berupa iritasi, alergi, fotosensitisasi, bahkan intoksikasi.
  • Bahan-bahan kimia yang digunakan sebagai bahan pembuatan produk kecantikan, dalam jangka panjang berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan.
  • Produk kecantikan yang berbentuk spray salah satu penyumbang pencemaran udara.
  • Limbah pembuatan kosmetik modern bisa merusak lingkungan.





Potensi Komoditas Lokal untuk Produk Kecantikan Alami

Bertolak belakang dengan produk kecantikan modern, produk kecantikan alami dibuat dan diproses menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia oleh alam. Produk kecantikan alami ini pun tidak memiliki efek samping, sehingga sangat aman untuk digunakan sehari-hari.


Hanya saja sangat disayangkan saat ini masih banyak pengguna produk kecantikan yang belum sepenuhnya menyadari bahwa bahan-bahan yang terkandung dalam produk kecantikan yang mereka pakai bisa berdampak terhadap lingkungan sekitar.


Inilah yang menjadi alasan mengapa Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), Yayasan Madani Berkelanjutan, dan C Channel Indonesia menggelar diskusi dalam C Channel Class: Be an Expert for Your Skin.


Adapun tujuan utama dari digelarnya diskusi ini adalah untuk mengedukasi peserta sehubungan dengan produk kecantikan berkelanjutan. Dengan harapan bisa meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan penggunaan produk kecantikan berbasis komoditas lokal yang ramah lingkungan dan  ramah sosial.





Mengenal Beberapa Bahan Kosmetik dari Komoditas Lokal


Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang berlimpah. Berbagai macam jenis tanaman tumbuh subur di bumi Indonesia. Termasuk berbagai jenis tanaman kosmetik.


Dalam memilih produk kecantikan sangat penting bagi kita untuk memastikan kecocokan bahan yang terkandung dengan jenis kulit yang kita miliki. Agar terhindar dari efek samping penggunaan produk kecantikan dalam waktu panjang, kita harus memastikan bahwa produk kecantikan yang kita pilih terbuat dari bahan alami, dihasilkan dari proses berkelanjutan yang ramah lingkungan.


Untuk itulah perlu bagi kita untuk mengenal beberapa komoditas lokal yang dijadikan sebagai bahan pembuatan produk kecantikan:


- Pegagan (centella asiatica)

Centella Asiatica atau daun pegagan merupakan komoditas lokal yang banyak ditemukan di Indonesia. Pegagan biasanya tumbuh liar di pematang sawah, perkebunan, ladang, hingga di pinggir jalan.


Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa pegagan ini sangat baik untuk kulit karena berkhasiat dalam menstimulasi kolagen, menunda penuaan, sebagai antioksidan, melembutkan kulit, mengurangi peradangan, dan menyamarkan bekas luka.


Dengan berbagai manfaat yang dimilikinya tidak heran jika centella asiatica atau pegagan ini sekarang menjadi incaran para produsen kosmetik.


- Minyak Tengkawang

Tengkawang adalah flora jenis Shorea yang tumbuh di hutan Kalimantan Barat, dan sudah dibudidayakan sejak tahun 1881. Tengkawang merupakan salah satu tumbuhan yang bisa disebut dengan istilah ‘pokok seribu guna’, karena mulai dari batang hingga ke buahnya bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan karena memiliki nilai ekonomis apabila dikelola dengan baik.


Produk turunan dari buah Tengkawang yang paling terkenal adalah minyak tengkawang atau mentega tengkawang.  


Minyak tengkawang ini memiliki komposisi yang unik sehingga membuatnya menjadi salah satu lemak nabati terbaik dari alam. Kandungan Asam Steatrat (stearic acid) dan Asam Oleat (Oleic Acid) yang tinggi di dalam minyak tengkawang sangat baik untuk mengatasi secara alami masalah-masalah yang timbul akibat kurangnya kelembapan pada kulit dan rambut.


Berikut manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari mentega tengkawang:


  • Dengan alami melembabkan dan melembutkan kulit lebih lama daripada pelembab kimia yang lain.
  • Memperbaiki fleksibelitas dan elastisitas kulit.
  • Mencegah timbulnya kerutan.
  • Mencegah degenerasi sel-sel kulit.
  • Melindungi dari sinar UV-A dan UV-B.
  • Membantu mencegah penuaan dini.
  • Mengembalikan dan menyehatkan rambut yang kering.
  • Melembabkan bibir dan menyembuhkan luka sariawan.


Manfaat-manfaat tersebut menbuat minyak tengkawang sangat ideal untuk dibuat sebagai bahan pembuatan produk kecantikan. Mulai dari sabun batangan, pelembab, lotion, dan produk-produk perawatan kulit lainnya.



- Madu

Untuk komoditas lokal yang satu ini aku yakin sekali teman-teman pasti sudah sangat familiar, ya. Yup! Madu merupakan salah satu komoditas lokal Indonesia yang memiliki banyak khasiat sehingga sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan obat-obatan herbal dan juga kosmetik.


Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Madu mengandung alfa hidroxy acid yang bermanfaat dalam meningkatkan kekenyalan dan kekencangan kulit. Selain itu madu juga mengandung flavonoid dan asam amino yang berfungsi sebagai pelembab kulit


Kandungan nutrisi lain pada madu adalah vitamin C yang bermanfaat untuk menyamarkan flek/noda jerawat.


 

Lestarikan Cantikmu, Penggunaan Produk Kecantikan Berbasis Komoditas Lokal Bermanfaat bagi Kesehatan, Lingkungan, dan Perekonomian


Sebagaimana yang sudah aku sebutkan pada paragraf sebelumnya, bahwa penggunaan produk kecantikan berbasis komoditas lokal sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini terjadi karena produk kecantikan berbahan alami tidak memiliki efek samping, sehingga sangat aman untuk digunakan dalam jangka panjang.


Dengan menggunakan produk kecantikan berbasis komoditas lokal, berarti kita sudah turut berperan dalam melestarikan lingkungan, karena produk-produk kecantikan tersebut diolah dan diproses secara berkelanjutan sehingga tidak membahayakan lingkungan.


Selain itu, dengan menggunakan produk kecantikan berbasis komoditas lokal secara tidak langsung kita telah memberdayakan petani lokal yang dalam hal ini merupakan penyedia bahan baku kosmetik yang kita pakai. Membantu perekonomian mereka sehingga kesejahteraan mereka pun meningkat. 


 

Penutup

 

Mengupayakan kecantikan diri dengan menggunakan produk kecantikan merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan rasa percaya diri. Namun, satu hal yang kita harus selalu ingat bahwa pilihan ada di tangan kita. Apakah kita akan membeli produk kecantikan modern yang menggunakan bahan kimia, atau memilih untuk membeli produk kecantikan berbasis komoditas lokal yang pastinya menggunakan bahan-bahan alami.


Memilih produk kecantikan berbasis komoditas lokal merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kita terhadap alam dan lingkungan. Dengan menggunakan produk kecantikan berbahan alami kita telah turut berperan dalam pelestarian lingkungan, dan meningkatkan perekonomian petani lokal. Dengan demikian aktivitas kita dalam merawat kecantikan tidak hanya sebatas untuk melestarikan kecantikan kulit, namun juga turut membantu keberlanjutan alam dan sosial.


====== *** ======
Referensi:
  • https://www.protea.co.id/penggolongan-kosmetik/
  • https://umkmkalbar.id/komoditas/14-manfaat-mentega-tengkawang/

Monday, March 1, 2021

Tanya Veronika Asisten Virtual, Layanan Chat 24 Jam dari Telkomsel

March 01, 2021
tanya veronika asisten virtual

Tanya Veronika Asisten Virtual, Layanan Chat 24 Jam dari Telkomsel. Sebagai pengguna Telkomsel sejak tahun 2000-an, nama Veronika sudah sangat familiar ditelingaku. Bahkan tidak jarang kami jadikan bahan gurauan untuk ngeledekin pacar yang jarang ketemu karena sibuk kerja. Jadi pas ketemu biasanya langsung ngedrama gitu deh, sambil ajuin pertanyaan ketus.


“Siapa itu Veronika? Kenapa dia yang jawab panggilan aku? Selingkuhan kamu, ya?”

Si cowok pasang muka kebingungan, akunya ngekek di dalam hati.
Hahaha.

Sebenarnya siapa sih Veronika ini? Kok bisa ya dia menjawab panggilan semua pengguna Telkomsel? Tidak kenal maka tak sayang, gais. Yuk kita kenalan dulu dengan asisten virtual dari Telkomsel ini.


Ayo Kenalan dengan Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Veronika merupakan nama asisten virtual dari Telkomsel, sebuah layanan digital berbasis chat yang diluncurkan oleh Telkomsel dalam rangka memenuhi kebutuhan pengguna dalam melakukan berbagai transaksi mulai dari pengecekan kuota, pembelian pulsa, pembelian paket data, penukaran poin, lokasi Grapari, hingga berbagai info dan promo menarik dari Telkomsel.

Kamu penasaran gak sih kenapa asisten virtual Telkomsel ini diberi nama Veronika? Kenapa ga Mbak Tisel aja gitu? Hehe.

Usut punya usut, ternyata nama Veronika itu berasal dari VERONiCA yaitu singkatan dari Voice Response and Info Care. Sebuah sistem suara yang muncul apabila kontak yang ditelepon sedang berada di luar jangkauan.

Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi yang semakin canggih, program Veronika pun diselaraskan dengan kebutuhan pengguna yang semakin beragam. Veronika yang sekarang tidak lagi sebatas sistem suara saja, tetapi telah berubah menjadi robot chat (chatterbots) yaitu sebuah program komputer yang dirancang menyimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia dalam bentuk suara maupun teks.

Sejak 24 Agustus 2017, layanan asisten virtual ini bisa digunakan oleh semua pelanggan Telkomsel, kecuali pelanggan kartu Halo corporate dan nomor tambahan.


Cara  Mengakses Layanan Asisten Virtual Telkomsel

Dengan semua kemudahan yang diberikan oleh layanan Asisten Virtual ini siapa sih yang ga tergiur untuk mencoba? Aku yakin semua pelanggan Telkomsel pasti akan senang sekali mendapatkan layanan yang memudahkan dan memanjakan ini.

Nah, kabar gembira nih buat kita semua. Layanan Asisten Virtual Telkomsel ini bisa diakses melalui akun-akun resmi Asisten Virtual Telkomsel di beberapa aplikasi berikut ini:

- My Telkomsel
- Whatsapp (tsel.me/wa3), nomor WA 0811-1111-1111
- Facebook Messenger (tsel.me/fbVA3)
- Telegram @Telkomsel_official_bot (tsel.me/lineVA3)
- Line @Telkomsel
- Situs web Telkomsel di www.telkomsel.com

 

Cara Bertanya-jawab dengan Veronika Asisten Virtual

Meskipun Veronika ini didesain untuk melayani #LewatChatBisa tanya apa saja, bukan berarti bebas tanpa ada batasan dan aturan ya, gais. Asisten Virtual Telkomsel ini akan menjawab semua pertanyaan kamu yang berhubungan dengan produk dan layanan Telkomsel. Jangan pernah ajuin pertanyaan di luar topik tersebut. Apalagi nanyain jodoh dan ramalan nasib. Gak nyambung, mameeeen. Hehehe.

Untuk memulai percakapan, pelanggan bisa ketikkan “Halo” atau “Hai”, atau pilih menu Quick Response yang diberikan. Dalam hitungan detik kamu akan mendapat jawaban berupa promo, cashback, dan beberapa pilihan yang sering ditanyakan, seperti:

1. Isi pulsa
2. Beli paket
3. Tukar poin
4. Kirim paket untuk teman
5. Ganti kartu
6. Bantuan lainnya

Untuk melanjutkan pertanyaan, kita tinggal ketikkan nomor sesuai yang ingin ditanyakan. Kalau sudah merasa puas dengan jawaban Veronika, kamu bisa ketikkan “Batal” atau “Cancel” untuk mengakhiri percakapan.

 

Syarat dan Ketentuan Tanya Veronika Asisten Virtual

Untuk mempermudah pengguna dalam mengakses Veronika Asisten Virtual ini, Telkomsel telah mendesain sistem chatbots untuk bisa digunakan dari berbagai perangkat mulai dari smartphone ataupun dekstop. Namun, sebelum kamu menggunakan layanan Veronika Asisten Virtual ini sebaiknya kamu memahami dulu nih syarat dan ketentuan yang dibuat oleh Telkomsel berikut ini:

1. Menggunakan bahasa kasar, berbau pornografi, vulgar dan tidak etis dalam berkomunikasi menggunakan Layanan Virtual Assistant Telkomsel;

2. Merusak nama baik, mengancam, menghina, atau melecehkan orang atau badan lain;

3. Melakukan Spamming kepada Layanan Virtual Assistant Telkomsel;

4. Mengeluarkan pernyataan yang memicu konflik terhadap SARA (Suku, Agama, dan Ras);

5. Melakukan pelanggaran keamanan layanan Virtual Assistant Telkomsel;

6. Mengirimkan gambar, video, audio, link tautan, dan/atau dokumen tanpa seizin dari pemegang hak kekayayaan intelektual yang bersangkutan;

7. Mengirimkan gambar, video, audio, link tautan, dan/atau dokumen yang termasuk dalam kategori pornografi;

8. Melakukan illegal akses ke dalam Layanan Virtual Assitant Telkomsel;

9. Memberikan informasi palsu yang berdampak pada kerugian pihak lain;

10. Serta melakukan hal-hal lain yang bertentangan dengan hukum nilai-nilai yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.


Ketentuan Kode Verifikasi untuk Tanya Veronika Asisten Virtual

Pada beberapa aplikasi, kita akan diminta memasukkan kode verifikasi berupa OTP (One Time Password) untuk bisa mengakses layanan Tanya Veronika. Nah, sehubungan dengan OTP ini ada ketentuannya nih, gais.

1. Jika pelanggan salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali, interaksi pelanggan melaui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit.

2. Jika pelanggan melakukan permintaan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali, maka interaksi pelanggan melaui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit.

3. Jika pelanggan salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak sembilan kali, maka interaksi pelanggan melalui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama 1x24 jam.

So, tetap fokus satu titik, hanya itu, titik itu, tetap fokus kita kejar dan raih bintang agar tidak kena blokir, ya.

Hilangkan Kejenuhan dengan Tanya Veronika Asisten Virtual

Selain memberikan berbagai macam informasi terkait dengan produk dan layanan Telkomsel, Tanya Veronika Asisten Virtual ini juga bisa menghilangkan kejenuhan kita, lho. Caranya mudah sekali. Cukup ketikkan “Small Talk” atau “Hiburan” maka Veronika akan membalasnya dengan beberapa pilihan sebagai berikut:

1. Main tebak-tebakan
2. Buat aku tertawa
3. Inspirasi destinasi travelling
4. Cari ide makan
5. Lihat artikel lifestyle

Aku sudah mencoba semua pilihannya, nih. Dari lima pilihan itu aku suka banget dengan “Main tebak-tebakan” dan “Buat aku tertawa”. Pikiran bener-bener terasa segar kembali setelah ‘bermain’ dengan Veronika Asisten Virtual ini.

Keunggulan Layanan Tanya Veronika Asisten Virtual

Sejak memiliki ponsel sendiri di tahun 2003, aku memilih untuk menggunakan SIM Card Telkomsel. Khususnya di daerahku, saat itu hanya sinyal Telkomsel yang kuat dan stabil. Jadi untuk telponan dan sms-an aku bisa lakukan dari rumah aja, ga perlu panjat pohon dulu biar dapat sinyal. Hahaha. Meski beberapa kali ganti nomor, tapi tetap saja aku setia menggunakan kartu Telkomsel.

Jadi saat ini aku pengguna aktif kartu Halo dan kartu AS. Nah, aku sudah mencoba menggunakan layanan Tanya Veronika Asisten Virtual ini dari kedua nomor yang aku miliki. Setelah satu minggu berteman akrab dengan Veronika aku menarik kesimpulan atas beberapa keunggulan layanan Tanya Veronika ini.

1. Mudah diakses

Telkomsel memberi kemudahan untuk mengakses Veronika Asisten Virtual ini dari berbagai platform dan aplikasi. Jadi pengguna tidak harus mengunduh aplikasi khusus, karena Veronika bisa diakses dari aplikasi yang memang sudah digunakan oleh pelanggan dalam sehari-hari.

2. Layanan lengkap dan non-stop 24 jam

#LewatChatBisa tanya apa saja karena memang layanan Veronika sangat lengkap dan tersedia selama 24 jam nonstop setiap harinya. Jadi pelanggan yang dalam keadaan terdesak bisa menghubungi Veronika kapan saja dan di mana saja.

3. Respon yang cepat

Satu hal yang bikin betah ngobrol dengan Veronika ini adalah karena Veronika merespon dengan cepat semua pertanyaan yang kita ajukan. Bahkan untuk pertanyaan-pertanyaan yang di luar topik sekalipun tetap dijawab dengan cepat. Hanya sepersekian detik setelah kita meng’enter’ pertanyaan, langsung ada balasan dari Veronika. Jadi kita ga bosan karena harus menunggu lama.

4. Informatif

Selain respon yang cepat, jawaban dari Veronika juga sangat informatif dan up to date. Veronika selalu memberikan pilihan yang beragam untuk semua pertanyaan yang diajukan. Jika pertanyaan yang diajukan di luar topik yang disediakan, Veronika akan memberi jawaban yang isinya mengatakan bahwa pertanyaan kita tidak jelas, kemudian Veronika akan mengarahkan kita untuk mengajukan pertanyaan lainnya dengan menyarankan beberapa keyword.

5. Bersahabat

Chatting dengan Veronika Asisten Virtual ini bener-bener berasa ngobrol dengan teman sendiri karena bahasa yang digunakan tidak kaku tapi tetap mengutamakan kesopanan. Terasa ramah dan bersahabat banget, bikin kita betah untuk mengajukan berbagai macam pertanyaan.

6. Bisa jadi media pembelajaran

Dari menu “Small Talk” kita bisa mendapatkan berbagai macam referensi terkait gaya hidup, traveling, dan kuliner. Jadi bagi yang membutuhkan informasi terkait hal tersebut bisa Tanya Veronika Asisten Virtual aja.

Kesimpulan

Tanya Veronika Asisten Virtual merupakan inovasi cerdas dari Telkomsel yang patut banget kita apresiasi. Sebagai perusahaan yang memberikan layanan komunikasi sejak 26 Mei 1995, Telkomsel telah menerapkan teknologi seluler terkini yang terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi mulai dari menghadirkan jaringan 2G, 3G, 4G, dan dalam waktu tidak lama lagi jaringan 5G pun akan menyusul.

Dengan adanya Veronika Asisten Virtual ini, pengguna Telkomsel benar-benar dimudahkan untuk mendapatkan berbagai informasi seputar produk dan layanan Telkomsel. Pengguna juga bisa memilih dengan bebas berbagai promo yang ditawarkan.

Tuesday, February 23, 2021

BRImo Aplikasi Satu Untuk Semua

February 23, 2021 0 Comments

 



Transaksi non tunai atau cashless semakin gencar dilakukan saat ini. Makanya sangat wajar hingga tercipta 3 jenis transaksi perbankan atau banking yang mendukung transaksi non tunai ini, yakni mobile banking, internet banking, dan uang elektronik atau Tbank. 


Awalnya semua transaksi tersebut hanya bisa diakses melalui aplikasi berbeda, tapi sekarang ketiga jenis transaksi banking tersebut sudah tergabung dalam 1 aplikasi. Aplikasi yang menggabungkan ketiga jenis transaksi banking tersebut adalah BRImo, salah satu mobile banking BRI terbaru untuk android yang ditawarkan bank BRI. 


Selain baru, aplikasi ini juga menawarkan beragam fitur canggih lainnya yang bisa langsung diakses dalam satu aplikasi. BRImo merupakan aplikasi terbaru dari BRI Mobile yang menggabungkan fungsi mobile banking, internet banking, dan uang elektronik atau Tbank ke dalam satu aplikasi dengan menu transaksi yang lebih lengkap dan menarik. 


BRImo merupakan terobosan digital banking terbaru yang digagas oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) demi memberikan kemudahan dan keamanan layanan transaksi perbankan. Aplikasi BRI Mobile terbaru ini menggunakan basis data dengan mengusung user interface (UI) dan user experience (UX).  


Selain itu, aplikasi ini memungkinkan penggunanya melakukan tarik tunai tanpa kartu yang bisa mengakses pada homescreen. Nasabah pun akan diminta untuk memilih sumber dana dan nominal uang yang akan ditarik di ATM. Lalu nasabah akan mendapatkan kode unik untuk diinput di ATM. Masukan nomor telepon dan uang siap keluar dari mesin ATM. 


Tidak hanya tarik tunai tanpa kartu, nasabah juga akan dimanjakan dengan beragam fitur lainnya seperti melihat mutasi rekening hingga 1 tahun terakhir. Datanya pun bisa disimpan dalam bentuk PDF dan langsung dibagikan melalui media sosial.


Yang sering menjadi kendala adalah ketika mengecek mutasi berbasis mobile kadang hanya bisa capture 10 transaksi terakhir. Tapi kalau di BRImo nasabah bisa capture mutasi selama setahun terakhir dan bisa disimpan dalam bentuk PDF dan bisa di-share di WhatsApp jadi bisa langsung dikirim. 


Selain itu, BRImo tidak hanya dilengkapi dengan keamanan melalui username dan password untuk login, tapi juga dilengkapi dengan sistem fingerprint ketika nasabah hendak membuka aplikasi dan login face recognition.


Ada juga beragam fitur lainnya yang semakin memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Di antaranya mengisi ulang pulsa, membayar kartu kredit, membeli tiket kereta, membayar pulsa, melakukan top-up saldo GoPay, hingga mendapatkan info promo terkini dari Bank BRI.


So, bagaimana, Sobat? Sudah install aplikasi BRImo belum, nih?

Monday, February 22, 2021

Lowongan Kerja Bank BCA untuk yang Sudah Berpengalaman

February 22, 2021 0 Comments




Halo, Teman. Kabar gembira nih buat kamu yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam dunia perbankan dan ingin berkarir di Bank BCA. Saat ini ada banyak lowongan yang bisa kamu coba. Bank BCA memang membuka kesempatan bagi yang sudah berpengalaman untuk bergabung dalam membangun sistem bank yang baik. Lowongan kerja bank BCA tersedia dalam beberapa posisi.



Beberapa Contoh Lowongan Kerja Bank BCA

Pengalaman yang banyak dalam dunia perbankan sangat berpengaruh dalam pekerjaan. Semakin berpengalaman seseorang tentu pengetahuannya mengenai suatu pekerjaan juga semakin tinggi. Sehingga ketika berhadapan dengan masalah pun dia bisa menyelesaikannya dengan bijak. 

Ada beberapa lowongan menarik yang bisa kamu coba lamar apabila ingin berkarir bersama Bank BCA. Berikut ini adalah contoh lowongan kerja bank BCA untuk yang sudah experienced:



1. Banker Program

Lowongan pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki pengalaman dalam pemrograman. Pengalaman dalam latihan pemrograman sangat dibutuhkan oleh bank BCA.


Bagi yang sudah berpengalaman jangan ragu untuk mencoba mendaftarkan diri karena persyaratannya tidak terlalu berat. Nantinya lamaran akan dipertimbangkan dan diseleksi secara objektif. Bagi yang layak untuk bergabung tentu akan segera dipanggil oleh pihak bank.


2. Senior IT Enginer

Syarat yang dibutuhkan apabila kamu ingin melamar lowongan kerja bank sebagai senior IT engineer adalah memiliki pengalaman yang cukup dalam dunia informasi dan teknologi. Background pendidikan juga sangat berpengaruh. Kamu yang memiliki kemampuan yang baik dalam dunia informasi dan teknologi bisa mencoba bergabung bersama dengan bank BCA.


3. Staff Learning Development

Lowongan kerja di bank sebagai staff learning development juga banyak dibuka bagi kamu yang sudah berpengalaman. Salah satu persyaratan penting yang harus dipenuhi apabila ingin mendaftarkan diri sebagai staf development adalah memiliki pengalaman dalam dunia business support.


Semakin lama pengalaman yang dimiliki tentu akan menjadi bahan pertimbangan bagi pihak bank. Bank BCA membutuhkan orang-orang berpengalaman dengan kemampuan yang berkualitas karena sangat berpengaruh terhadap kemajuan bank.


4. Personal Banker

Lowongan kerja bank Indonesia berikutnya yang juga banyak tersedia di Bank BCA adalah sebagai personal banker. Pekerjaan seperti ini memang sebaiknya dilakukan oleh orang-orang yang sudah berpengalaman. Syarat yang dibutuhkan untuk bisa melamar lowongan pekerjaan yang satu ini adalah memiliki kemampuan dalam dunia marketing dan business relationship.


Sebenarnya masih ada banyak lowongan pekerjaan bagi kamu yang sudah berpengalaman. Cara yang paling mudah untuk bisa menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai adalah dengan membuka website karir.bca.co.id. Melalui website ini kamu bisa menemukan banyak informasi menarik mengenai lowongan pekerjaan di berbagai cabang Bank BCA.


Cara untuk mencari lowongan kerja bank yang sesuai dengan keinginan juga sangat mudah apabila melalui website tersebut. Kamu tinggal memasukkan jenis pekerjaan yang diincar maka lowongan tersebut akan muncul dengan cepat.


Berkarir bersama Bank BCA bisa memberikan kamu pengalaman yang luar biasa. Pengalaman yang didapatkan selama berkarir dengan bank BCA nantinya bisa menjadi bekal untuk karir kamu di masa depan.


Itulah beberapa contoh lowongan kerja bank BCA yang bisa kamu coba lamar. Bagi yang sudah berpengalaman tentu akan lebih mudah untuk menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat.


Image source: bekasi.pikiran-rakyat.com

Thursday, February 18, 2021

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Membersihkan Tubuh Ketika Hamil

February 18, 2021 0 Comments
tips membersihkan tubuh



Masa-masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting di mana ibu hamil harus melakukan perhatian yang lebih terhadap tubuhnya. Mulai dari asupan nutrisi yang dimakan, hingga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya.

Ada tiga alasan yang membuat ibu hamil harus lebih ekstra dalam menjaga kebersihan tubuhnya. Pertama, ibu hamil biasanya akan lebih berkeringat lantaran pengaruh hormon kehamilan. Kedua, ibu hamil akan lebih sering mengalami keputihan. Terakhir, risiko terserang infeksi kuman biasanya juga lebih besar.

Untuk itu, sudah sepatutnya ibu hamil memperhatikan kebersihan tubuhnya sebaik mungkin. Tujuannya agar kesehatan dirinya dan janinnya tidak terganggu.

Kalau begitu, hal apa saja yang harus diperhatikan ibu hamil ketika membersihkan tubuh? Simak rangkuman berikut.

Tips Membersihkan Tubuh saat Hamil


Rutin Mencuci tangan


Di masa pandemi ini, kebiasaan cuci tangan pasti semakin sering dilakukan. Ternyata, ibu hamil juga harus lebih sering melakukannya. Bukan hanya melindungi diri dari virus COVID-19, rutin cuci tangan bisa membantu ibu dan janinnya terhindar dari berbagai kuman dan virus pembawa penyakit yang tersebar dari udara, air liur, maupun kontak langsung.

Agar tangan Moms tak mudah kering karena sering cuci tangan, Moms bisa menggunakan hand cream yang diformulasikan khusus untuk melembabkan tangan. Pastikan juga hand cream yang dipilih aman untuk ibu hamil ya, Moms.


Jaga Kebersihan Organ Intim

Dr. Swati Mittal, dokter kandungan di Fortis Hospital, Gurgaon dan Dr. Seema Oberoi Lall, seorang senior Dermatolog berkata; ibu hamil akan lebih sering mengalami keputihan. Bila diabaikan, keputihan itu bisa merangsang pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan bakteri vaginosis atau infeksi vagina.

Infeksi tersebut tak boleh dianggap sepele, Moms. Vaginosis ini bisa menyebabkan komplikasi pada ibu hamil dan dapat menular ke anak saat persalinan berlangsung. Jadi, pastikan Moms selalu menjaga kebersihan vagina agar bakteri vaginosis tak berkembang biak.

Cara sederhana yang bisa Moms lakukan adalah menggunakan pakaian dalam berbahan katun dan rajin mengganti celana dalam lebih sering saat vagina mulai terasa lembab. Oh ya, hindari juga penggunaan celana ketat atau jeans agar sirkulasi udara di area vagina Moms tetap terjaga.
 

Perhatikan Kebersihan payudara

Mengutip laman Momslyfe, ukuran payudara ibu hamil akan membesar setidaknya 1,5 kali dari ukuran semula. Daerah puting serta area sekitar payudara juga akan berwarna lebih gelap dari biasanya. Belum lagi ketika memasuki trimester akhir kehamilan, puting susu Anda akan mengeluarkan kolostrum sehingga membuat payudara Moms lebih lembab.

Hal tersebut normal terjadi ya, Moms. Untuk itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan payudara Moms. Berikut ini cara membersihkan puting saat hamil yang bisa Moms lakukan:

- Gosok area payudara khususnya di bagian lipatan dengan perlahan saat mandi. Jangan menggosok atau memijatnya terlalu kencang agar tidak mengganggu keefektifan kelenjar susu saat mengeluarkan ASI. Moms juga bisa memakai minyak zaitun agar kulit payudara tidak kering ataupun terasa gatal.

- Hindari menggunakan sabun saat membersihkan payudara. Cukup bilas saja area payudara Moms dengan air hangat.

- Bila puting payudara terasa kering dan pecah-pecah, gunakan nipple cream untuk mengembalikan kelembabannya.

- Pastikan payudara Moms selalu kering dan tidak lembab. Lebih sering ganti bra jika Moms mulai merasakan gatal atau berkeringat.


Jaga Kebersihan Gigi

Peningkatan hormon estrogen saat hamil dapat memicu pembengkakan gusi. Sebab itu, wajib hukumnya ibu hamil menjaga kebersihan mulut dan giginya. Selalu pastikan Moms menggosok gigi minimal dua kali sehari. Usahakan untuk rutin mengunjungi dokter gigi semasa kehamilan untuk memastikan kesehatan gigi dan mulut ya, Moms.

Pasalnya, bila tidak diperhatikan dengan baik, gigi dan mulut yang tidak bersih dapat membuat Moms mengalami penyakit periodental (infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan tulang penyokong gigi) yang dapat mempengaruhi kesehatan janin  bahkan meningkatkan risiko kelahiran prematur.


Pastikan Kulit Selalu Bersih

Kulit Moms juga akan mengalami perubahan saat sedang hamil. Kulit bisa menjadi lebih sensitif dan timbul lipatan-lipatan tubuh. Bila tidak dijaga kebersihannya, kulit Moms bisa menjadi sangat kering dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi kulit berkelanjutan.

Maka itu, rawat kebersihan kulit tubuh dan wajah Moms sebaik mungkin selama kehamilan. Saat melakukan perawatan, jangan lupa untuk menggunakan produk kecantikan yang aman untuk ibu hamil.

Semoga Moms selalu sehat ya. Happy pregnant :)

  



Tuesday, February 16, 2021

Green Jobs, Peluang Bisnis Menjanjikan yang Ramah Lingkungan

February 16, 2021 0 Comments


Apa itu Green Jobs?


Green Jobs merupakan istilah yang diberikan oleh International Labour Organization atau ILO untuk jenis perkerjaan yang terkait dengan agenda pembangunan berkelanjutan dan rendah emisi. Dengan kata lain, green jobs merupakan jenis perkerjaan yang ramah lingkungan. Perkerjaan ini menjadi simbol dari perekonomian dan masyarakat yang mampu melestarikan lingkungan secara berkelanjutan.

Kualitas lingkungan yang semakin menurun pastinya beresiko bagi perekonimian di masa datang, karena lingkungan hidup yang terus tergerus akan menyebabkan berkurangnya sumber daya alam. Ditambah lagi dengan dampak perubahan iklim yang tidak bisa dielakkan. Hal inilah yang mendasari lahirnya aktivitas green jobs ini.

Dalam jangka panjang, green jobs merupakan peluang bisnis menjanjikan pada abad ke-21, karena potensi perkembangan nilai bisnisnya bisa mencapai 1370 miliar USD pada tahun 2020. Bisa dilihat, kan. Peluang bisnisnya sangat besar dan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Mengapa Anak Muda Perlu Berbisnis?


Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sepanjang tahun 2020 lalu secara nyata berhasil mengacaukan aktivitas perekonomian dunia. Semua sektor perekonomian mulai dari perdagangan, manufaktur, hingga pariwisata dipaksa tidak berkutik oleh virus ini.

Dampaknya, gelombang pemutusan hubungan kerja atau PHK terjadi dimana-mana. Tidak sedikit juga karyawan yang dirumahkan tanpa dibayar sebagai dampak dari lesunya kegiatan perekonomian. Bahkan negara-negara yang selama ini terkenal memiliki sistem perawatan kesehatan publik terbaik pun dibuat tidak berdaya oleh pandemi ini. Banyak negara yang mengalami resesi karena pertumbuhan ekonominya minus. Indonesia merupakan salah satu negara yang pertumbuhan ekonominya minus selama dua kuartal berturut-turut.

Agar kondisi perekonomian tidak terus memburuk, daya beli masyarakat harus kembali meningkat. Untuk itu masyarakat harus kembali memiliki penghasilan. Namun bagaimana caranya jika para perusahaan masih kesulitan untuk membayar upah pekerjanya?

Jika ketersediaan lapangan perkerjaan masih terbatas, maka pembukaan lapangan perkerjaan adalah jawabannya. Salah satu upaya pemerintah dalam mendorong terciptanya lapangan perkerjaan adalah dengan disahkannya Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Undang-undang tersebut menyederhanakan proses berusaha bagi masyarakat. Dengan begitu akan mendatangkan lebih banyak investasi sehingga lapangan kerja pun tercipta.

Dengan adanya perhatian pemerintah dalam hal pengadaan lapangan kerja ini, merupakan sebuah kesempatan bagi anak muda Indonesia untuk turut berperan aktif membangun bisnis sendiri lewat ide-ide kreatif yang dimiliki. Anak muda harus mampu memanfaatkan momentum yang ada untuk mendapatkan investasi sebanyak-banyaknya ketika ‘kran’ investasi tengah terbuka lebar.


Peluang Bisnis Green Jobs


Dikutip dari The Jakarta Post, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan bahwa kampanye perkerjaan yang ramah lingkungan sesuai dengan revolusi industri 4.0, di mana pekerjaan tidak hanya berdampak pada kesejahteraan semata, tetapi juga harus memastikan pelestarian lingkungan di masa depan.

Itulah sebabnya, peluang bisnis pada sektor green jobs merupakan alternatif perkerjaan bagi para milenial yang saat ini sedang mengalami kesulitan mendapatkan perkerjaan.

 



Berikut beberapa peluang bisnis green jobs yang menjanjikan namun tetap ramah lingkungan:

· Ecopreneur

Eco Preneur adalah wirausaha yang peduli terhadap masalah lingkungan dan kelestarian lingkungan. Dalam menjalankan kegiatan usahanya, dia akan selalu memperhatikan daya dukung lingkungan dan berusaha meminimalisir dampak dari kegiatan usahanya terhadap lingkungan.

Salah satu contoh ecopreneurship yang sudah ada saat ini adalah ‘klinik asuransi sampah’ yang diciptakan oleh Gama Albinsaid, seorang dokter yang rela dibayar dengan sampah.

Sampah yang ia terima kemudian dipilah menjadi sampah organin dan sampah non-organik. Sampah organik diolah menjadi pupuk, sampah non-organik kemudian dijual melalui sistem koperasi, dan uang yang dihasilkan digunakan untuk biasa operasional klinik kesehatan yang dimilikinya.

· Eco Design Architech

Eco design architech adalah rancangan desain bangunan yang mengutamakan kelestarian ekosistem antara manusia dan lingkungan sekitar.


 

Eco design architech dikenal juga dengan istilah arsitektur berkelanjutan atau green architecture. Arsitektur berkelanjutan ini berusaha untuk meminimalisir dampak negatif lingkungan bangunan dengan efisiensi dan moderasi dalam penggunaan bahan, energi, dan ruang pengembangan dan ekosistem secara luas. 

Gaya bangunan dirancang dan dibangun sesuai dengan prinsip-prinsip ramah lingkungan sebagai berikut:

- Hemat energi

Bangunan dirancang sedemikian rupa agar hemat energi, seperti meminimkan penggunaan pencahayaan buatan, dan memaksimalkan pencahayaan alami dari sinar matahari dengan menempatkan banyak bukaan pada bangunan.

- Memanfaatkan kondisi iklim dan alam lingkungan

Dengan prinsip ramah lingkungan, bangunan dirancang untuk beradaptasi dengan lingkungan. Misalnya, menempatkan jendela dan atap yang dapat dibuka-tutup untuk mendapatkan pencahayaan dan pengudaraan sesuai kebutuhan.

- Respect for site

Rancangan bangunan mengacu pada interaksi antara bangunan dan tapaknya. Hal ini bertujuan agar keberadaan bangunan tidak merusak lingkungan sekitar. Maka desain bangunan dibuat dengan menggunakan material yang ramah lingkungan, luas bangunan lebih kecil dari luas lahan agar terdapat ruang terbuka hijau.

- Respect for user

Pengguna dan green design memiliki keterkaitan yang erat, maka design bangunan tetap harus memperhatikan kondisi si pengguna bangunan. Apakah memiliki keterbatasan fisik? Apakah memiliki riwayat medis yang alergi material atau tumbuhan tertentu atau tidak?

- Meminimalkan penggunaan sumber daya baru

Suatu bangunan dirancang dengan memaksimalkan material yang sudah ada dan meminimalkan penggunaan material baru.
 

· Eco Fashionpreneur

Eco fashionpreneur adalah pelaku usaha bisnis fashion yang mengutamakan kelestarian alam dalam proses pembuatan produk fashionnya.

Berbisnis fashion dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan pun ternyata bukan hal yanag mustahil untuk dilakukan. Seperti yang sudah dilakukan oleh Malinda Malia, yang meluncurkan usaha fashion ramah lingkungan dengan nama Linean.


 

Linean menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan dalam proses pembuatannya, seperti serat tanaman rami, linen, eco katun, dan bahan eco friendly lainnya.

Proses pembuatan produk Linean tidak hanya sebatas memperhatikan bahan, tetapi juga mencakup pengolahan limbahnya. Limbah pembuatan produk Linean, diolah kembali menjadi produk lainnya seperti asesoris, totebag, dan tempat makeup.
 

· Electric Car Technician


Tidak tertarik dengan bisnis fashion dan arsitektur, lebih tertarik pada bidang otomotif? Menjadi mekanik mobil listrik mungkin adalah salah satu peluang bisnis yang bisa kamu coba. Era mobil elektrik kini semakin menggeliat, bengkel umum harus siap bersaing dengan bengkel-bengkel resmi jika ingin tetap survive.

Namun menjadi seorang mekanik mobil listrik tentu saja tidak bisa sembarangan. Jika tidak menguasai dengan baik, bukannya mengatasi kerusakan mobil, bisa-bisa mengalami resiko fatal bahkan berujung kematian.

Steve Nash, salah satu eksekutif Institute of The Motor Industry mengatakan bahwa di dalam mobil listrik terdapat aliran listrik setara 700 volt. Itulah sebabnya diperlukan lisensi khusus bagi mekanik mobil listrik ini, agar kecelakaan kerja bisa dihindari.

So, tertarik untuk menjadi mekanik mobil listrik? Atau ingin berbisnis bengkel mobil listrik? Pilihan ada di tangan kamu, teman.
 

· Energy Startup


Pertumbuhan startup semakin hari semakin meningkat di segala bidang, salah satunya adalah di bidang energi. Startup di bidang energi bisa dilakukan dalam berbagai cara, mulai dari penyediaan energi terbarukan, membuat device untuk penghematan energi, hingga pengolahan limbah.

Berikut adalah beberapa startup energi yang bisa kita jadikan referensi:

- Replus, merupakan startup yang menghadirkan teknologi efisiensi energi dengan produk andalannya Replus Remote. Produk ini membantu para konsumen dalam menurunkan biaya tagihan listrik.

- Erenesia, merupakan startup yang bergerak di bidang panel surya. Uniknya, mereka memanfaatkan teknologi digital lewat aplikasi. Erenesia mencoba menjadi penghubung antara penyedia jasa panel surya dengan konsumen.

- Khaira Energy, masih bergerak di bidang panel surya. Bedanya Khaira Energy berfokus pada baterai, di mana ketika tidak ada cahaya matahari, pengguna tetap bisa menggunakan energi yang tersimpan di baterai.

- Ailesh Power, merupakan startup yang fokus pada pengembangan pemanfaatan limbah kelapa sawit yang diolah menjadi energi.



· Organic Foodpreneur


Makanan organik merupakan jenis makanan yang tidak mengandung bahan kimia. Mulai dari bahan yang digunakan, hingga kemasan, semuanya menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

Beberapa ide bisnis makanan organik yang bisa dicoba adalah sebagai berikut:

- Usaha bumbu organik

Bumbu organik adalah bumbu masak instan tanpa MSG, rendah natrium dan glukosa.

- Bisnis katering sehat

Saat ini sudah banyak orang yang tertarik untuk menjalankan pola makan sehat, namun merasa kewalahan dalam menyediakan menu makannya sendiri. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis katering sehat, di mana menunya disesuaikan dengan diet harian pelanggan.

- Cold-Pressed Juice

Cold pressed juice adalah minuman sari buah yang diproses dengan cara slow juicer. Dalam proses ini pemisahan sari buah dengan ampas terjadi secara manual, tidak terjadi gesekan yang menyebabkan panas sehingga kandungan vitamin buah di dalam jus tetap terjaga.



· Solar Panel Technician

Mekanik panel surya. Seperti yang aku bahas di atas tadi, bisnis startup di bidang panel surya sudah semakin marak saat ini. Semakin banyak pengguna, pastinya akan berbanding lurus dengan jumlah produk yang butuh perawatan. Sekarang adalah waktunya untuk melengkapi skill kamu dengan pengetahuan tentang maintenance panel surya.


· Urban Farmer

Konsep urban farmer sudah cukup familiar terdengar akhir-akhir ini karena semakin diminati oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Masifnya pembangunan di perkotaan yang menyebabkan semakin tergusurnya ruang terbuka hijau, secara perlahan memengaruhi kestabilan ekosistem. Polusi semakin meningkay, sehingga berdampak buruk pada kesehatan.

Urban farming merupakan salah satu solusi atas permasalahan tersebut karena menciptakan lahan terbuka hijau di tengah padatnya bangunan perkotaan. Urban farming bisa dilakukan di lahan yang sangat terbatas, sehingga potensi untuk menghijaukan kota bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain itu, urban farming juga bisa dijadikan sumber ketahanan pangan.

Beberapa bisnis urban farming yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

- Vertikultur




Merupakan teknik budidaya secara vertikal. Vertikultur cocok untuk tanaman bayam, kangkung, kucai, sawi, selada, kenikir, seledri, dan sayuran daun lainnya.

- Hidroponik




Budidaya tanaman yang memanfaatkan air sebagai media tanam. Bisnis urban farming yang satu ini merupakan yang sedang banyak dilakukan saat ini. Tanaman yang ditanam tidak lagi sebatas sayuran, tetapi juga varian tanaman lainnya seperti padi.

- Aquaponik




Merupakan sistem produksi pangan, khususnya sayuran yang diintegrasikan dengan budidaya hewan air seperti ikan, udang, dan siput.

- Vertiminaponik




Sistem budidaya sayuran berbasis pot talang plastik secara vertikal dengan sistem aquaponik.

- Wall Gardening




Sistem budidaya wall gardening ini mirip dengan vertikultur, bedanya sistem ini memanfaatkan tembok atau dinding sebagai tempat untuk meletakkan modul tanaman. Bisnis urban farming wall gardening ini cocok digunakan untuk berbisnis tanaman hias.



· Waste Management Startup

Waste management startup atau bisnis pengolahan sampah merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan karena berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Sampah organik bisa diolah menjadi pupuk, sedangkan sampah non-organik bisa didaur ulang. Salah satu startup yang bergerak di bidang pengolahan sampah ini adalah Mountrash.

Mountrash merupakan inovasi dari PT. Mountrash Avatar Indonesia, yang memadukan teknologi digital dalam bisnis pengolahan sampahnya. Pengguna bisa mengunduh aplikasi Mountrash di playstore, kemudian mengumpulkan sampah yang sudah dipilah di rumahnya. Melalui aplikasi Mountrash, sampah dijual dan dikonversi menjadi uang. Selanjutnya Mountrash akan melakukan penjemputan sampah tersebut.

Pengelolaan sampah secara digital ini lebih menguntungkan karena pelaku usaha tidak lagi harus bersusah payah memilah sampah yang dibeli dari pemulung. Pelaku usaha cukup menyediakan lahan yang cukup untuk menampung sampah-sampah tersebut sebelum proses daur ulang dilakukan.

Penutup

Resesi ekonomi yang melanda dunia memang membuat perekonomian memburuk. Angka pengangguran meningkat, sementara kebutuhan hidup terus berjalan. Tidak sedikit orang yang menguras energinya untuk mengumpat dan menghujat pandemi yang terjadi. Kekecewaan dalam sulitnya mendapatkan penghasilan seringkali dijadikan alasan untuk mencari kambing hitam.

Tapi, rezeki tidak akan datang lewat keluhan dan umpatan yang kita lakukan. Rezeki hanya akan datang lewat usaha dan doa. Daripada kita menguras energi untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, mungkin kini saatnya kita sedikit membuka mata dan pikiran kita bahwa masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendatangkan penghasilan.

Salah satunya adalah peluang bisnis dari green jobs ini.

Mari bersama-sama dengan #EnergiMuda kita ber#KolaborAksi untuk menjaga dan melestarikan lingkungan agar Indonesia lebih bersih.

 




Thursday, February 4, 2021

Rahasia Nafas Segar Lebih Lama

February 04, 2021 0 Comments
Tips nafas segar



Memiliki nafas segar sepanjang hari merupakan salah satu cara meningkatkan rasa percaya diri. Bayangin aja, deh. Kalau nafas kita bau apa iya bisa PD bicara deket-deketan gitu? Syukur-syukur lawan bicara cuma nahan nafas, kalau dia sampe mual kan berabe, ya.

Hahaha.

Itu sebabnya aku tuliskan di awal paragraf di atas, nafas yang segar merupakan salah satu modal dalam pergaulan.

Terkadang aku sebel juga sama diri sendiri yang masih aja suka bandel dalam merawat kesegaran mulut. Akibatnya aku merasa insecure sendiri sama aroma nafas. Wakaka.

Tapi, untuk mendapatkan nafas segar lebih lama itu ternyata ga mudah ya, gais. Dari pengalamanku nih, menyikat gigi aja ga cukup untuk membuat nafas segar sepanjang hari. Butuh tips dan trik khusus agar nafas kita bisa segar dalam waktu yang lama.


Rahasia Nafas Segar Lebih Lama


So, sebelum lanjut ke tips nafas segar sepanjang hari, sebelumnya kita cari tahu dulu yuk apa yang bisa menyebabkan nafas kita menjadi bau.


Penyebab Nafas Bau



1. Dehidrasi

Saat tubuh mengalami dehidrasi, produksi air liur akan berkurang. Akibatnya mulut menjadi kering, dan bakteri pun berkembang biak di sela-sela gigi dan lidah.

Gas sulfur yang dihasilkan oleh bakteri inilah yang menyebabkan nafas menjadi bau.


2. Rokok

Rokok merupakan salah satu penyebab nafas beraroma tidak sedap. Tar pada rokok menempel pada gigi dan gusi, menyebabkam gigi menjadi kuning dan berbau.


3. Asam lambung

Gangguan asam lambung juga bisa menyebabkan aroma nafas tidak sedap.

Asam lambung yang meningkat naik ke tenggorokan, sehingga mulut menjadi asam dan berbau.


4. Menyikat gigi dengan cara yang salah

Menyikat gigi secara teratur adalah salah satu cara menjaga kesegaran mulut. Tapi jika disikat dengan cara yang salah, hasil tetap saja tidak efektif karena kotoran gigi tidak bersih sempurna.


5. Kebersihan lidah yang tidak terjaga

Lidah juga merupakan tempat bersarangnya kuman dan bakteri dalam mulut. Itu sebabnya jika kebersihan lidah tidak terjaga dengan baik maka akibatnya nafas pun berbau tidak sedap.


Nah, itulah 5 penyebab nafas tidak segar yang harus kita ketahui bersama.


Tips Nafas Segar Sepanjang Hari


1. Minum air putih yang cukup

Air putih bisa menghidrasi mulut sehingga produksi air liur berjalan lancar. Air liur ini berfungsi untuk membunuh bakteri yang ada dalam mulut. Rutin mengonsumsi air putih, bisa menghambat pertumbuhan bakteri sehingga nafas pun segar lebih lama.


2. Makan tepat waktu


Di saat perut kosong, produksi air liur akan menurun, bakteri di mulit pun tumbuh subur.

Makanlah tepat waktu agar produksi air liur tidak terganggu, sehingga bakteri di mulut tidak bisa berkembang biak.


3. Sikat gigi dan lidah setiap habis makan


Sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dan lidah merupakan sumber makanan bagi bakteri di mulut. Jika tidak segera dibersihkan, bakteri akan tumbuh subur karena metabolisme mereka lancar.

Sikatlah gigi setiap habis makan dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung anti bakteri. Jangan lupa gosok juga lidah agar bersih.

Untuk mendapatkan kesegaran lebih lama sebaiknya pilih pasta gigi dengan kandungan menthol.

Dari pengalaman aku pribadi nih, aku rekomendasikan kamu untuk mencoba pasta gigi close up biru yang memberikan kesegaran dengan sensasi dingin di mulut.


4. Berhenti merokok

Selain menyebabkan bau mulut, sebenarnya rokok ini kan memang membahayakan kesehatan, ya.

Aku tidak habis pikir deh sama orang-orang yang merokok. Cuma bisa berdoa aja semoga mereka bisa lebih menghargai kesehatan sendiri, dan segera berhenti merokok.


5. Konsumsi makanan sehat, berserat, dan memiliki kadar air yang tinggi


Serat dari makanan bermanfaat untuk membersihkan gigi dan mulut.

Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi. Sisa-sisa lemak dan gula sulit untuk dibersihkan dari gigi dan lidah. Menyebabkan nafas menjadi bau.

So, ayo ubah pola makan kita ya, gais.

Semuanya berawal dari diri kita sendiri kok, ya. Yang penting ada niat, kemauan, usaha yang gigih, dan kedisiplinan diri.

Maka nafas segar sepanjang hari pun akan menjadi milik kita.