Sunday, October 3, 2021

Resep Kwetiau Goreng Medan Dengan Cita Rasa Khasnya

October 03, 2021 0 Comments




Siapa yang tidak mengenal kwetiau, makanan khas dari negeri China ini merupakan salah satu jenis makanan yang cukup familiar dan juga mudah ditemukan di Indonesia. Selain karena rasanya yang cocok untuk lidah orang Indonesia, kwetiau ini juga memiliki tekstur yang berbeda jika dibanding dengan mie biasanya.


Tapi apakah kamu tahu bahwa olahan kwetiau ini tidak hanya bisa diolah dengan bumbu-bumbu khas oriental tetapi juga dengan bumbu cita rasa lokal seperti kwetiau goreng medan yang memiliki rasa yang lebih familiar dengan lidah orang Indonesia.


Untuk kamu yang menyukai ragam olahan kwetiau, tapi bosan dengan rasa kwetiau yang itu-itu saja, maka kamu bisa mencoba kwetiau goreng medan ini. Jika di daerahmu sulit untuk menemukan kwetiau ini, jangan khawatir karena di sini akan diberikan resep kwetiau goreng medan yang memiliki cita rasa khas makanan daerah Sumatra.


Yuk, kita simak resep berikut ini.


Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan bahan-bahan sebagai berikut :

  • 300 gram kwetiau

  • 1 sdm minyak wijen

  • 2 butir telur bebek

  • 1 sdm kecap manis

  • 200 gram udang kupas

  • 2 buah cabai merah, iris menyerong

  • 5 buah bakso ikan, iris tipis

  • 3 buah cabai rawit merah, iris menyerong

  • 3 batang kucai, potong kecil

  • 2 sdt bubuk penyedap

  • 100 gram tauge

  • ½ sdt merica putih

  • 4 siung bawang putih, cincang halus

  • 5 sdm minyak goreng

  • 4 siung bawang merah, cincang halus



Setelah semua bahan-bahan diatas telah disiapkan, maka kita sudah bisa memulai proses pembuatan kwetiau goreng medan ini.

  • Langkah pertama yang dilakukan yaitu panaskan 2 sdm makan minyak goreng kedalam wajan, kemudian masukan 2 butir telur bebek dan orak-arik kemudian sisihkan telur ke wadah.

  • Langkah kedua yaitu masukan sisa minyak kemudian masukan juga bawang merah dan bawang putih kedalam wajan dan tumis hingga harum dan sedikit kecoklatan.

  • Langkah ketiga yaitu masukan bahan-bahan seperti bakso ikan, udang, cabai merah, dan juga cabai rawit kedalam tumisan bawang. Aduk-aduk sampai merata dan masak sampai udang matang dan tercium aroma harum.

  • Langkah keempat yaitu masukan kwetiau dan juga telur yang sudah diorak-arik ke dalam wajan tersebut. Kemudian barulah masukan tauge dan juga kucai, aduk-aduk sampai merata.

  • Langkah kelima yaitu masukan semua bumbu-bumbu seperti minyak wijen, kecap manis, bumbu penyedap, dan juga merica kedalam semua bahan tersebut. Aduk-aduk sampai merata dan jangan lupa koreksi rasa untuk mendapatkan rasa yang sesuai dengan selera.

  • Terakhir, setelah semua bahan tercampur rata maka kwetiau sudah siap untuk dihidangkan di piring saji.



Itulah resep dan juga cara pembuatan dari kwetiau goreng medan.

Bagaimana? Apa kamu tertarik untuk mencoba membuatnya?

Resep kwetiau ini bisa menjadi pilihan resep jika kamu sedang bosan dengan rasa kwetiau yang itu-itu saja.

Selain itu resep kwetiau ini juga masih bisa dikreasikan sesuai dengan selera masing-masing ya, entah itu mengganti atau menambahkan topping lain ataupun menambahkan bumbu-bumbu tambahan lainnya yang sesuai dengan selera.

Resep kwetiau goreng seperti ini sangat praktis dan mudah untuk ditiru dirumah. Kwetiau ini juga bisa menjadi salah satu opsi untuk kita yang sedang ingin mengganti jenis karbohidrat yang dimakan.



Review Scarlett Brightening Perfect Coffee Edition

October 03, 2021 0 Comments





Yuhuuu. Apa kabar, Sobat Mei? Semoga semua dalam keadaan sehat, ya. Aamiin.
Hari ini aku pengen ngobrolin tentang kopi, tapi bukan kopi yang untuk diminum, melainkan kopi yang digunakan untuk merawat kulit.

Nah, lho. Kopi untuk merawat kulit, memangnya ada?

Ada, yaitu Scarlett Whitening Perfect Coffee Edition.

Scarlett Whitening Perfect Coffee Edition merupakan produk body care beraroma kopi yang memberi efek menenangkan.

Sesuai namanya, Scarlett Brightening Body Care bermanfaat dalam mencerahkan dan menutrisi kulit. Namun, tetap harus dipahami ya, arti kata 'mencerahkan' di sini bukan berarti satu-dua kali pakai langsung mengubah kulit jadi putih, ya. Ini produk perawatan kulit, bukan aksi sulap yang sekali ucapin mantra langsung berubah. Hehe. Untuk hasil yang maksimal pastinya tetap butuh proses dan konsistensi kita dalam menggunakannya.


Keunggulan Scarlett Brightening Body Care Perfect Coffee Edition

- Sudah terdaftar di BPOM
- Bersertifikat halal
- Bahan alami
- Tidak diuji coba pada hewan


Rangkaian Produk Scarlett Brigtening Body Care Perfect Coffee Edition


Scarlett Body Scrub Coffee

Scarlett body scrub


Scarlett Body Scrub Coffee adalah rangkaian Scarlett Perfect Coffee Edition pertama yang aku coba. Aku suka sekali dengan kemasannya yang berbentuk jar plastik berukuran 250 ml. Tutupnya didesain berbentuk ulir putar, sehingga tidak mudah tumpah. Di bagian dalam masih ada lagi tutup pelindung yang menjaga kehiegenisan produk sebelum digunakan.

Pada kemasan tertera lengkap informasi seputar produk mulai dari kandungan bahan, kode produksi, authentication code, cara pakai, tanggal kadaluarsa dan juga logo halal MUI. 

Scarlett Body Scrub Cofee ini berbentuk krim berwarna coklat muda dengan butiran-butiran scrub yang mampu membersihkan kulit tanpa melukai. Aromanya kopi yang wangi benar-benar mampu memberi efek menenangkan. 

Untuk hasil yang maksimal gunakan Scarlett Body Scrub ini dua kali seminggu. Balurkan ke bagian tubuh, gosok secara perlahan sampai sel-sel kulit mati terangkat, diamkan selama 3-5 menit, lalu bilas dengan air.

Scarlett Body Scrub Coffee ini mengandung  bahan-bahan alami yang aman untuk kulit, seperti glutathione, vitamin E dan kolagen. Glutathione bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini. Vitamin E membantu regenasi kulit setelah eksoliasi, meningkatkan kadar hidrasi yang dibutuhkan kulit tubuh, dan sebagai sarana untuk rileksasi tubuh sehingga kelembaban alami kulit selalu terjaga. Serta kolagen bermanfaat untuk mencerahkan dan melembutkan kulit. 


Scarlett Shower Scrub Coffee


Scarlett Shower Scrub


Idealnya Scarlett Brightening Shower Scrub Coffee ini digunakan setelah mandi dengan body scrub. Namun, jika sedang tidak menggunakan scrub, shower scrub ini juga bisa digunakan saat mandi pagi dan sore setiap harinya. 

Ssacrlett Shower Scrub Coffee dan Scarlett Body Scrub Coffee sama-sama memiliki kandungan butiran scrub, bedanya scrub pada shower scrub ini lebih lembut dibandingkan pada body scrub.

Kemasannya berupa botol plastik dengan tutup fliptop berukuran 300 ml. Botolnya berukuran sedang, jadi sangat nyaman untuk digenggam. Warnanya bening hingga isinya yang berwarna oranye dengan bulir scrub halus terlihat jelas. 

Teksturnya berbentuk gel agak cair yang mudah berbusa saat digosok ke badan. Cara pemakainnya tidak jauh berbeda dengan sabun cair biasa, tapi aromanya benar-benar memanjakan, membuat pikiran menjadi rileks kembali. Jadi setelah mandi, kita tidak hanya mendapatkan kesegaran tubuh, tapi juga kesegaran hati dan pikiran.

Tidak jauh berbeda dengan Scarlett Body Scrub Coffee, Scarlett Shower Scrub Coffee juga memiliki kandungan glutathione dan vitamin E yang bermanfaat dalam  mengangkat sel-sel kulit mati pada tubuh, membuat kulit jadi lebih halus dan lembut,  mencerahkan kulit, serta mengembalikan kelembaban kulit.


Scarlett Fragrance Body Lotion Jolly




Rangkai terakhir dari Scarlett Brightening Perfect Coffee Edition adalah Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion Jolly. 

Body lotion ini dikemas dalam botol plastik dengan pump jadi memudahkan kita saat menggunakannya. Selain itu, pada bagian tutupnya juga terdapat lock safety yang mengamankan pump sehingga tidak mudah tumpah. Ini bermanfaat sekali karena dengan begitu body lotion ini mudah dibawa-bawa.

Scarlett Body Lotion Jolly ini wanginya sangat menyegarkan. Aromanya merupakan kombinasi dari coffee, pear, jasmine, rose, patchouli, dan sandalwood yang memberi kesan elegan dan mewah. Tidak heran, sih, karena wangi ini terinspirasi dari parfum Yves Saint Laurent Black Opium Eau De Parfume yang sudah terkenal keharumannya.

Aku suka lotion ini karena tidak lengket, dan mudah diserap oleh kulit. Biasanya jika berwudhu setelah memakai lotion, kulit pasti terasa licin dan berlendir. Namun, tidak begitu saat menggunakan Scarlett Body Lotion Jolly ini. Kulit tetap kesat seolah-olah tidak memakai lotion.

Scarlett Body Lotion Jolly memiliki kandungan bahan alami berupa glutathione, vitamin E, niacinamide, dan kojic acid yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, menutrisinya, serta membuat kulit senantiasa lembab dan sehat. 

Cara pemakaiannya sama saja dengan lotion pada umumnya, balurkan secara merata pada tangan dan kaki. Untuk hasil maksimal sebaiknya gunakan dua kali sehari pada pagi dan sore hari setiap habis mandi.



Setelah Pemakaian Scarlett Brightening Perfect Coffee Edition Selama 2 Minggu


Setelah pemakain Scarlett Brightening Perfect Coffee Edition selama 2 minggu, aku merasakan cukup banyak perubahan pada kulit yang terasa lebih lembut dan lebih cerah. Terutama pada kulit di bagian lutut dan siku yang biasanya kasar dan bersisik. 

Setelah rutin menggunakan Body Scrub dan Shower Scrub, dan Body Lotion dari Scarlett hasilnya sangat memuaskan. Kulit benar-benar terasa halus, lembut, dan kenyal. Tidak hanya itu warna kulit pun terlihat lebih cerah dari biasanya. Aroma kopi yang wangi juga bertahan lama di kulit, sehingga memberi efek menenangkan sepanjang hari.



Cara Mendapatkan Scarlett Brigtening Body Care Perfect Coffee Edition

So ... bagaimana, Sobat Mei? Penasaran pengen nyoba produk Scarlett Perfect Coffee Series ini, gak?

Kalau kamu berminat untuk mencoba produk ini silakan pesan langsung ke penjual resminya ya! Hati-hati dengan toko online yang menawarkan produk Scarlett dengan harga murah karena keasliannya tidak terjamin.

Produk Scarlett Brightening yang asli bisa dibeli website www.scarlett-whitening.com atau melalui kontak berikut:
  • Shopee: Scarlett Whitening Official Shop
  • Shopee: Scarlett_whitening
  • Instagram: @scarlett_whitening
  • Whatsapp: 087700163000
  • Line: @scarlett_whitening
Semua produk harganya flat Rp. 75.000 untuk Body Scrub, Shower Scrub, dan Body Lotion. Varian lain dari Scarlett Brightening Perfect Coffee Edition juga nggak kalah menarik untuk dicoba.

Selain Coffee, varian lain dari Scarlett Body Scrub ada Pomegrante dan Romansa. Untuk Scarlett Shower Scrub, ada pilihan Coffee, Pomegranate, Cucumber, dan Mango. 

Sedangkan untuk Body Lotion juga ada beberapa varian lainnya yaitu  Romansa, Charming, Fantasia dan Freshy. 

Selamat mencoba, ya.

See you.


Wednesday, September 29, 2021

Mengenal Gigi Palsu dan Cara Tepat Merawatnya

September 29, 2021 0 Comments

 




Halo, Sobat Mei. Apa yang terbayang dalam pikiran kalian saat mendengar kata 'gigi palsu'? Apakah kakek nenek yang udah lansia. Atau bagi pecinta kartun Upin Ipin, langsung terbayang Tuk Dalang? Hahaha.

Yup, bukan hal yang aneh sih, karena dalam pandangan masyarakat kita gigi palsu ini memang identik dengan para lansia yang pada umumnya telah mengalami permasalahan gigi. Demi kelancaran saat mengunyah makanan maka mereka menggunakan gigi palsu.

Namun, tahukah Sobat Mei semua jika gigi palsu tidak hanya dipakai oleh para lansia, tetapi orang-orang yang masih usia produktif juga sudah ada yang pakai lho.

Kenapa bisa begitu? Mereka kan masih muda, dan gigi mereka juga masih kuat dan utuh.

Hmm ... tak kenal makanya tak sayang, nih.

Mari kita mengenal gigi palsu lebih jauh.

Gigi palsu merupakan jenis alat gigi lepasan atau permanen untuk menggantikan gigi yang hilang.

Ada 3 jenis gigi palsu yang umum dipakai, yaitu:

  • Gigi palsu lengkap: gigi palsu ini bertumpu pada gusi. Mereka menggantikan deretan gigi lengkap pada gusi atas, gusi bawah atau keduanya.

  • Gigi palsu sebagian: gigi palsu ini menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang. Gigi palsu menempel pada gigi yang ada atau terkadang pada implan gigi.

  • Jembatan gigi: gigi palsu ini secara permanen menempel pada gigi di sekitarnya. Hanya dokter gigi yang dapat melepas gigi palsu jenis ini.



Pada lansia, memang sudah sewajarnya mengalami gigi hilang atau tanggal. Berbeda dengan orang-orang yang masih lebih muda, gigi mereka hilang atau tanggal bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti gigi berlubang, cedera wajah, dan penyakit gusi yang kronis. Jadi untuk membantu mereka dalam mengunyah makanan, maka dipasanglah gigi palsu.

Namun, setelah memakai gigi palsu apakah bisa dibiarkan begitu saja tanpa perawatan?

Hmm ... tentu saja tidak.

Gigi palsu juga butuh perawatan agar tidak cepat rusak dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Untuk itu para pengguna gigi palsu harus mengetahui cara merawat gigi palsu yang benar.


Cara Tepat Merawat Gigi Palsu


Gigi palsu membutuhkan perawatan rutin sebagaimana perawatan pada gigi asli.

1. Bersihkan Sisa Makanan

Cara merawat gigi palsu yang pertama yaitu menghilangkan sisa makanan dan partikel kotoran lainnya yang ada di sela-sela gigi.

Lakukan hal ini sebelum menanggalkan gigi palsu lepasan. Siramkan air ke dalam gigi palsu atau bisa juga dengan cara berkumur.

Gunakan sikat gigi berbulu halus atau kasa untuk membersihkan lidah, pipi, dan langit-langit mulut.

Setelah itu, letakkan gigi palsu di atas handuk bersih dan keringkan.


2. Bersihkan dengan Sabun

Cara merawat gigi palsu berikutnya adalah dengan mencuci dengan sabun khusus pembersih gigi palsu.

Oleskan sabun atau pembersih gigi palsu secukupnya, kemudian sikat dengan sikat berbulu lembut yang dibuat khusus untuk gigi palsu lepasan atau permanen.

Hindari menggunakan pasta gigi atau sikat gigi biasa, ya, karena produk ini abrasif sehingga bisa menggores bahan plastik yang ada pada gigi palsu.

Langkah selanjutnya, bilas dengan air mengalir di wastafel dan pastikan gigi palsu tidak terjatuh ketika sedang dibersihkan.

Untuk hasil yang maksimal, sangat disarankan untuk pertimbangkan penggunaan pembersih ultrasonik yang mampu mengirimkan gelombang suara melalui cairan pembersih gigi palsu, sehingga kotoran akan lebih mudah untuk dibersihkan.


3. Rendam Semalaman

Cara merawat gigi palsu berikutnya yang penting dilakukan adalah merendam gigi palsu itu semalaman. Gigi palsu lepasan harus tetap lembab untuk menjaga bentuknya.

Masukkan gigi palsu ke dalam air atau larutan perendam gigi palsu yang ringan semalaman. Jangan lupa ikuti petunjuk perendaman yang ada pada kemasan larutan pembersih gigi palsu.

Jangan pernah merendam gigi menggunakan air panas atau air mendidih karena dapat merusak bentuk atau membuatnya melengkung.

Sebaiknya tanyakan pada dokter gigi masing-masing untuk mengetahui cara menyimpan gigi palsu dengan benar.


4. Bersihkan Gigi dari Air Bekas Rendaman


Setelah direndam semalaman, keesokan harinya gigi palsu harus dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.

Untuk menghilangkan sisa-sisa bahan kimia yang ada pada air rendaman bersihkan gigi palsu dengan air mengalir. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan efek samping dari bahan kimia tersebut. Meski tidak mematikan, tetapi tetap saja, bahan kimia itu bisa menyebabkan mual, muntah, dan rasa panas seperti terbakar pada mulut.


5. Periksa Gigi Palsu secara Teratur

Pemeriksaan gigi palsu secara teratur harus dilakukan terutama sekali pada gigi palsu permanen.

Dokter gigi akan merekomendasikan jadwal pemeriksaan gigi palsu agar bisa dibersihkan secara profesional. Tidak hanya itu, dokter gigi juga akan memeriksa secara mendetail kondisi gigi palsu demi mencegah ketidaknyamanan pada mulut.

Pastikan untuk segera menemui dokter gigi jika gigi palsu mulai terasa longgar. Ini berbahaya sekali ya, karena gigi palsu yang longgar bisa menyebabkan iritasi, luka, dan infeksi pada mulut, lho!

Nah, Sobat Mei. Itulah 5 cara tepat merawat gigi palsu yang perlu diterapkan agar kesehatan mulut saat menggunakan gigi palsu juga terjaga.


Friday, September 24, 2021

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merias Mata

September 24, 2021 0 Comments

 



Mata adalah jendela jiwa. Pernah mendengar ungkapan lama itu kan, Sobat Mei? Yup, aku yakin kamu pasti sudah familiar mendengarnya.


Lewat tatapan mata seseorang kita bisa mengetahui apa yang sedang ia rasakan. Sedang bergembira, sedih, atau marah, semuanya tergambar jelas lewat tatapan mata kita. Kita bisa berbohong dengan ekspresi wajah, tapi sorot mata kita tetap akan berkata yang sebenarnya. 


Mata akan selalu menjadi hal terpenting dalam hidup kita, selain sebagai indera penglihatan, mata juga bisa mewakili mulut untuk menyampaikan apa yang hati kita rasakan.


Maka dari itu, tidak heran jika mata mendapat perhatian tersendiri dalam dunia make-up. Namun, merias mata tidak bisa dilakukan secara sembarangan, ya, karena bisa menyebabkan iritasi. 


Kandungan yang ada pada maskara dan eyeshadow berpotensi menyebabkan bahaya pada kesehatan mata.


Agar terhindar dari hal-hal yang membahayakan kesehatan mata, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat merias mata.


5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merias Mata


1. Kualitas produk


Saat ini di pasaran sudah menjamur produk kosmetik dengan berbagai merek dan juga kualitas berbeda. Jangan tergiur dengan harga murah ya, Sobat Mei. 


Produk kosmetik yang murah biasanya juga terbuat dari bahan yang tidak terjamin keamanannya.


Jadi pilihlah produk yang memiliki kualitas bagus, dimana kandungan bahan pembuatnya dari bahan yang alami dan tidak memiliki efek samping. Pastikan produk perias mata yang digunakan telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan.



2. Pelajari cara pemakaian produk yang aman dan benar


Saat ini di media sosial sudah banyak orang-orang yang membagi pengalamannya dalam menggunakan produk untuk merias mata. Hal itu tentu saja bagus, karena bisa mengedukasi orang-orang awam yang mungkin belum pernah melakukannya. 


Namun, aku sarankan agar kamu tetap mempedomani petunjuk pemakaian produk yang terdapat pada kemasan, karena itu adalah cara benar yang direkomendasikan oleh pihak brand. 


Selain itu, pastikan untuk merias mata di tempat yang aman dan di ruang tertutup. Hindari merias mata di atas kendaraan karena bisa menyebabkan mata mengalami cedera.


3. Cuci tangan sebelum merias mata


Mata adalah salah satu organ vital yang rentan mengalami iritasi. Itu sebabnya, sebelum merias mata menggunakan make-up, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar debu-debu yang menempel di tangan tidak berpindah ke mata. 


4. Kenali produk kosmetik yang bisa membahayakan mata


Produk kosmetik itu banyak sekali jenisnya, dan tidak semuanya aman jika  bersentuhan dengan mata. Beberapa contohnya adalah glitter, kohl, dan maskara yang berserat kecil.


Pastikan untuk menghindari penggunaan produk yang beresiko melukai mata. Terutama sekali produk-produk yang memiliki label "non intended for use in the immediate eye area".


5. Perhatikan tanggal kadaluarsa produk


Pada umumnya, produk kosmetik memiliki jangka waktu yang panjang. Namun, jika produk itu sudah terbuka, pastikan untuk tidak menggunakannya lagi setelah lebih dari tiga bulan.


Selain itu, pastikan untuk tidak merias mata di saat mata sedang mengalami iritasi atau sedang menunjukkan reaksi alergi.


Nah, Sobat Mei. Itulah 5 hal yang harus kita perhatikan saat merias mata agar mata kita terhindar dari cedera.

Semoga bermanfaat, ya.

Jangan lupa jaga kesehatan. Tetap patuhi protokol kesehatan, pakai masker, rajin mencuci tangan, hindari kerumunan, dan dapatkan vaksin segera. 


Semoga pandemi ini segera berakhir, dan kita bisa kembali bisa beraktivitas dengan leluasa. Aamiin.


Sampai jumpa pada artikel berikutnya, ya. Bye!


 


Wednesday, September 22, 2021

Recommended! Inilah Situs Game Ringan Terbaik

September 22, 2021 0 Comments

 



Bermain game merupakan sebuah aktivitas yang bisa mengendurkan urat syaraf. Asal dilakukan dengan penuh tanggung jawab, bermain games sangat baik bagi kesehatan mental. Namun, tetap harus diwaspadai karena jika waktu bermain game tidak dikendalikan maka bisa menyebabkan kecanduan sehingga membahayakan kesehatan.


Berikut manfaat positif bermain game menurut para ahli:


Aktivitas otak meningkat

Bermain game membutuhkan kerjasama yang baik antara kinerja otak dan otot. Saat bermain game otak kita berkerja untuk menyelesaikan level demi level, dan otot-otot kita bergerak untuk memainkan karakter yang ada di dalam game. Dengan bermain game aktivitas otak menjadi meningkat.


Membangun semangat kompetisi

Salah satu tujuan dalam bermain game adalah untuk menjadi pemenang. Dengan begitu bermain game juga bisa membangun semangat kompetisi pada seseorang.


Melatih team work

Sebagian game dimainkan oleh l beberapa orang sekaligus, dimana akan membentuk dua tim yang berlawanan. Dengan memainkan game kelompok ini secara tidak langsung telah melatih kita untuk berkerjasama dalam team.


Moodbooster

Bermain game bisa menjadi moodbooster, mengembalikan mood yang hilang menjadi semangat kembali. Game telah menjadi sarana hiburan yang menyenangkan dan bisa dilakukan dimana saja.


Namun, sekali lagi aku sarankan dan ingatkan ya, gais. Meskipun bermain game ini banyak manfaatnya, tapi tetap jangan berlebihan ya, karena selain menyebabkan kecanduan, bermain game berlebihan juga bisa merusak mata.


So, back to topic.


Seiring dengan semakin canggihnya teknologi, para pengembang aplikasi game pun semakin kreatif dalam meramu bentuk permainan yang beragam. Itu sebabnya saat ini kita bisa menemukan beragam genre game, mulai dari game teka-teki, petualangan, hingga game dengan tema edukasi.


Sayangnya, dengan semakin banyaknya pilihan game yang ada, secara tidak langsung juga menuntut pengguna untuk memiliki gadget yang memadai untuk memainkan game tersebut. Hal ini dipahami oleh produsen gadget dengan memproduksi handphone dengan spesifikasi yang menunjang kebutuhan aplikasi game. Salah satu spesifikasi yang paling dibutuhkan untuk bermain game di handphone adalah kapasitas RAM yang besar. 


Lantas, ada ga sih game yang bisa dimainkan pada handphone dengan kapasitas RAM kecil?


Jawabnya, tentu saja ada, yaitu game-game yang ada di situs game online. Bermain game langsung di situs game ini tidak membutuhkan RAM yang besar karena game tidak perlu diunduh dan diinstall di gadget, tapi cukup dengan memainkannya di browser saja.


Penasaran dengan nama situs game onlinenya?


Jawabannya adalah plays.org



Plays.org, Situs Game Ringan Android Terbaik


Plays.org merupakan situs game online yang bisa dimainkan via browser di laptop ataupun di ponsel android. Namun, dari pengalaman aku pribadi nih, emang lebih puas memainkannya di laptop karena layarnya lebih besar. Apalagi bagi penyandang mata minus silindris seperti aku ini, main game di layar handphone itu ternyata butuh perjuangan banget, gais. Hahaha. Akan tetapi, keuntungan memainkan game di ponsel adalah kita bisa melakukannya di mana saja, bahkan saat berpergian sekalipun.


So, berikut beberapa keunggulan plays.org yang sudah aku rasakan sendiri:


Gratis

Nah, mendengar kata gratis daun telinga langsung berdiri, kan? Hahaha, ga usah malu karena Anda tidak sendirian, pembaca. 


Yup, plays.org menawarkan berbagai macam jenis game yang bisa dimainkan secara gratis. 


Ada ponsel dan quota internet? Cuuss ... udah bisa main game tanpa khawatir harus beli koin dan sebagainya. Asyik, kan?


Banyak Pilihan

Plays.org menyediakan banyak macam game yang terbagi dalam beberapa genre. Jadi kita bisa memilih game dengan sepuasnya sesuai dengan yang kita minati.


Ada genre sports, solitare, arcades, adventures, puzzles, cartoon games, comic games, educations, simulation games, dan banyak lagi pilihan lainnya.


Ringan

Game-game yang ada di plays.org ini ringan banget, gais. Jadi tidak akan menghabiskan RAM ponsel kita. Selain itu, game-game ini juga tidak perlu diinstall, karena bisa dimainkan langsung via browser.


Fleksibel

Game-game dari plays.org juga bisa dimainkan di laptop dan handphone. Fleksibel banget kan, ya? Saat berada di rumah, mainkan di laptop untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Di saat di luar rumah, mainkan di handphone kita. Keseruan tidak pernah terputus, deh.


Dari sekian banyak pilihan game, kamu udah coba yang mana aja, Mer?


So far, aku baru nyobain dua game nih, gais, yaitu Break the Worm dan Guardians: Defenders of Mathematica.


Seruuuuuuu baaaanget. 


Break the Worm ini permainan yang menuntut kita untuk mampu bergerak cepat mengalahkan di cacing. 






Bagi yang doyan matematika pasti betah memainkan game Guardians: Defenders of Mathematica ini. Ada operasi hitungan yang harus dituntaskan untuk menyelesaikan misi. 




So, setelah mencoba beberapa game di situs game ringan terbaik ini, aku rekomendasikan Sobat Mei semua untuk menjajal game-game yang ada di plays.org ini.


Selamat bersenang-senang, Sobat Mei. Jangan lupa untuk selalu menjalani protokol kesehatan, ya. Stay healthy, stay happy. 


Sampai jumpa di artikel berikutnya, ya.

Bye.




Tuesday, September 21, 2021

Resep Cara Membuat Rawon Yang Enak dan Lezat

September 21, 2021 0 Comments

 




Rawon merupakan salah satu masakan tradisional populer yang disukai banyak orang. Masakan khas Jawa Timur ini selalu menggunakan daging sapi. Namun, ada yang membuatnya lebih khas yakni tampilan kuahnya yang berwarna hitam pekat. Ini terjadi karena adanya buah keluak atau kluwek sebagai salah satu bahan pembuatan bumbu rawon ini. 


Nah, bagi Sobat Mei yang ingin coba membuat rawon daging sapi sendiri di rumah, berikut resep cara membuat rawon yang enak dan lezat : 


Rawon Daging Sapi (Daging sandung lamur sapi)


Bahan – Bahan :


500 gr daging sandung lamur sapi

1 dengkul sapi, belah dua

3 lembar daun jeruk purut segar

1 batang serai, memarkan

1 sendok makan air asam jawa

2 batang daun bawang, iris seukuran 1 cm

1 sendok makan bumbu penyedap rasa kaldu sapi

1 sendok makan garam

5 sendok makan minyak goreng

3 liter air

Bumbu Halus :

8 butir bawang merah

4 siung bawang putih

5 buah keluak, geprek dan rendam isinya dengan air panas

1 cm kunyit, bakar

4 butir kemiri, sangrai


Pelengkap :

Telur asin 

Sambal rawit

Taoge pendek

Emping

Jeruk nipis


Cara Membuat :

  • Pertama-tama rebus daging dan dengkul sapi hingga setengah lunak. Potong daging sesuai selera. Sisihkan.
  • Lalu masukkan bumbu penyedap rasa kaldu sapi dan garam ke dalam air rebusan daging
  • Tumis bumbu halus, lengkuas, daun jeruk, dan serai hingga harum dan matang.
  • Setelah itu masukkan potongan daging ke dalam tumisan, masak hingga bumbu meresap.
  • Masukkan tumisan daging ke dalam kuah kaldu. Masak dengan api kecil hingga daging empuk.


Agar lebih nikmat sajikan hangat beserta pelengkapnya.


Rawon Daging Sapi (Daging sengkel)


Bahan – Bahan :

400 gram daging sengkel potong kotak 2 cm

1500 ml air

6 lembar daun jeruk buang tulangnya

1 batang daun bawang potong 1 cm

1 batang serai ambil putihnya, memarkan

1 sendok makan garam

¼ sendok teh merica bubuk

3 sendok teh gula pasir

2 sendok makan minyak untuk menumis

1 sendok teh asam dilarutkan bersama 1 sendok makan air

Bumbu Halus :

3 siung bawang putih

8 butir bawang merah

5 buah keluak, diseduh

4 butir kemiri sangrai

1 cm kunyit bakar

Bahan Pelengkap :

6 buah kerupuk udang

100 gram tauge

3 sendok makan sambal terasi

6 potong tempe goreng

6 butir telur asin


Cara Memasak :

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah panaskan sedikit minyak untuk menumis. Lalu masukkan bumbu halus, daun jeruk, dan serat, masak sampai aromanya keluar.
  • Kemudian tambahkan daging aduk rata serta masak hingga daging berubah warna.
  • Tambahkan air dan perasa garam, merica bubuk, air asam, dan gula pasir. Lalu masak rawon di atas api kecil sampai nkuah mendidih dan daging empuk.
  • Langkah yang terakhir, sebelum diangkat, tambahkan daun bawang. Aduk rata.


Rawon yang enak dan lezat siap dihidangkan bersama pelengkap.


Friday, September 17, 2021

Daftar 34 Provinsi di Indonesia

September 17, 2021 0 Comments


Penduduk di Indonesia saat ini ada 270 juta jiwa yang tersebar di seluruh kepulauan di Indonesia. Di karenakan Indonesia terdapat banyak sekali wilayah-wilayah kepulauan, pada masing-masing kepulauan tersebut Indonesia dibagi menjadi beberapa provinsi. Jumlah provinsi di Indonesia saat ini adalah 34 provinsi. Setiap provinsi dipimpin oleh seorang gubernur. 

Awalnya, sebelum era reformasi Indonesia mempunyai 27 provinsi. Provinsi di Indonesia disebar lagi menjadi subdivisi yang disebut dengan kabupaten dan kota. Itu semua berada di bawah naungan gubernur dengan anggota badan perwakilan lainnya. Kepala daerah dipilih berdasarkan pemungutan suara dengan masa jabatan lima tahun. 

Maka dari itu setelah masa era reformasi beberapa provinsi melakukan pemekaran yang wilayahnya di bagi-bagi menjadi dua bagian yang memiliki luas wilayah daerah yang besar. Sampai saat ini di Indonesia tidak hanya satu kali melakukan pemekaran provinsi ini, yang terakhir melakukan pemekaran adalah Kalimantan Utara pada tahun 2012.

Indonesia mempunyai wilayah yang sangat luas yaitu 5.180.083 km2, dengan berbagai keanekaragaman budaya, ras, agama dan bahasa. Keberagaman tersebut terdapat di berbagai provinsi. 

Berikut adalah provinsi-provinsi yang ada di Indonesia yang berjumlah 34 provinsi :

  1. Daerah Istimewa Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat
  4. Riau
  5. Kepulauan Riau
  6. Jambi
  7. Bangka Belitung
  8. Bengkulu
  9. Sumatera Selatan
  10. Lampung
  11. Daerah Khusus Ibukota
  12. Banten
  13. Jawa Barat
  14. Jawa Tengah
  15. Daerah Istimewa Yogyakarta
  16. Jawa Timur
  17. Bali
  18. Nusa Tenggara Barat
  19. Nusa Tenggara Timur
  20. Kalimantan Barat
  21. Kalimantan Tengah
  22. Kalimantan Utara
  23. Kalimantan Timur
  24. Kalimantan Selatan
  25. Sulawesi Utara
  26. Gorontalo
  27. Sulawesi Barat
  28. Sulawesi Tengah
  29. Sulawesi Selatan
  30. Sulawesi Tenggara
  31. Maluku Utara
  32. Maluku
  33. Papua Barat
  34. Papua

Provinsi di Indonesia dibagi dalam daerah-daerah. Daerah-daerah tersebut diatur dan ditetapkan dengan undang-undang atau peraturan yang setara dengan undang-undang. 

Ada juga beberapa provinsi atau daerah yang bersifat khusus atau istimewa. Biasanya daerah atau provinsi istimewa itu memiliki peraturan yang berbeda dengan provinsi lainnya. 

Di antara 34 provinsi tersebut ada 5 provinsi yang memiliki sifat istimewa yaitu, Aceh, Jakarta, Yogyakarta, Papua dan Papua Barat.

Provinsi Aceh menggunakan hukum syariah sebagai hukum pidana di provinsi tersebut. 

Provinsi Jakarta adalah Daerah Khusus Ibukota. 

Provinsi Yogyakarta adalah Daerah Istimewa yang dikepalai oleh Sultan Hamengkubuwono sebagai gubernurnya selama turun temurun dan Paku Alam sebagai wakilnya yang juga turun temurun. 

Provinsi Papua dan Papua Barat dibagi lagi secara resmi menjadi tujuh unit geografis. 

Selama perjalanannya setelah kemerdekaan diproklamasikan, Indonesia telah membentuk 34 provinsi. Ada beberapa provinsi yang dimekarkan dan sebagian diubah bentuknya bahkan ada juga yang dibubarkan. Maka sekarang, ada 34 provinsi di Indonesia beserta dengan ibukotanya.

Adanya perubahan-perubahan pemekaran tersebut bertujuan supaya Indonesia menjadi negara kebanggaan kita yang bersatu padu dengan dengan semboyan bhineka tunggal ika (berbeda beda tetapi satu tujuan). Maka dari itu dengan adanya pemekaran jumlah provinsi di Indonesia masing masing wilayah mempunyai anggaran anggaran masing-masing untuk membangun daerahnya.

Itulah bahasan yang dapat disampaikan kali ini tentang jumlah provinsi di Indonesia. Semoga dapat menjadi referensi dan menambah wawasan nusantara untuk kita semua.