Thursday, June 23, 2022

Cara Membuat Godok – Godok Pisang Khas Pariaman

 



Cara Membuat Godok – Godok Pisang Khas Pariaman

Cara membuat godok – godok pisang khas pariaman bisa dilakukan di rumah. Makanan yang cukup menarik ini dinamakan godok – godok pisang. Makanan ini banyak dijumpai di pulau Sumatera. Setiap dari godok – godok pisang yang ada di daerah Sumatera memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu yang populer yakni ada di pariaman. Berikut tentang Cara Membuat Godok – Godok Pisang Khas Pariaman antara lain :

Penjelasan godok – godok pisang

Jika sedang berkunjung ke Sumatera jangan lupa untuk menikmati kuliner khasnya. Yang cukup terkenal dari Pulau Sumatera dan salah satunya adalah Pariaman ini adalah godok – godok pisang. Makanan ini memiliki kelezatan dan citarasa yang khas. Untuk yang suka makanan berbahan dasar kelapa maka Anda harus mencoba makanan ini. Aroma wangi yang ditimbulkan dari godok – godok pisang bisa menggugah selera.


Siapkan bahan – bahannya

Cara Membuat Godok – Godok Pisang Khas Pariaman bisa dilakukan dengan menyiapkan bahannya. Godok – godok pisang sendiri memiliki bahan pembuatan yang cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan yang diantaranya 6 buah pisang kepok kuning, 50 gram kelapa parut, 50 gram tepung terigu, 1 sdm gula pasir, ¼ sdt garam halus dan 300ml minyak goreng. Anda perlu menyiapkan bahan ini di dapur dan bersiap untuk membuatnya.


Haluskan pisang menggunakan garpu

Langkah pertama dalam membuat godok – godok pisang khas pariaman adalah dengan menghaluskan pisang. Anda bisa menghaluskan pisang ini menggunakan garpu. Tujuan dari pisang ini dihaluskan agar pisang bisa dengan mudah membaur dengan bumbu lainnya.


Tambah bumbu lainnya

Setelah selesai menghaluskan pisang, langkah selanjutnya adalah menambah bumbu. Adapun bumbu yang perlu ditambahkan yakni 50 gram kelapa parut, 1 sdm gula pasir dan ¼ sdt garam halus. Aduk kesemua bahan yang tercampur itu dengan rata. Dengan menambahkan bumbu – bumbu lain maka sensasi rasa akan berubah dan membaur merata. Dengan adanya bumbu ini sekaligus membuat makanan semakin memiliki sensasi yang menarik untuk dicicipi.


Masukkan tepung terigu

Langkah berikutnya yakni masukan tepung terigu. Fungsi dari tepung terigu ini agar adonan ketika digoreng akan semakin renyah. Tepung terigu juga melindungi bahan dari panas sehingga yang renyah adalah bagian luarnya. Dengan menggunakan tepung makanan juga dapat lebih tahan lama dan cocok dijadikan camilan.


Ambil 1 sendok makan adonan

Untuk proses yang satu ini, maka Anda perlu mengambil 1 sendok makan adonan. Adonan yang sudah jadi dari balutan tepung terigu tersebut tinggal digoreng. Setelah selesai mengambil 1 sendok makan adonan, maka Anda bisa langsung menggorengnya. Siapkan minyak lalu nyalakan kompor. Masukan minyak kedalam wajan dan tunggu hingga panas. Masukan bahan adonan yang sudah disendok lalu tuangkan ke wajan yang panas. Tunggu hingga hidangan matang dan godok – godok pisang khas pariaman siap disajikan. 


Nikmati bersama teh dingin

Untuk memperdalam kenikmatan maka Anda bisa menyajikannya dengan ditemani minuman yang segar. Dengan menyiapkan teh dingin lalu Anda hanya perlu memakan godok – godok pisang khas pariaman bersama minuman yang segar. Anda akan merasakan sensasi menikmati hidangan yang special nan mewah. Hal ini akan semakin nikmat lagi jika menikmati godok – godok pisang bersama teman atau keluarga tercinta.


Cara Membuat Godok – Godok Pisang Khas Pariaman bisa dilakukan di rumah. Makanan khas yang bisa ditemui di Pariaman ini cukup menarik dan menggugah selera.

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.