Monday, December 25, 2017

4 Cara Menjaga Kesehatan Mental dari Pengaruh Negatif Media Sosial

December 25, 2017 0 Comments

Berbicara tentang dunia digital, sepertinya kita semua setuju ya, dunia ini adalah dunia yang tanpa batas. Hanya dengan kata-kata  yang kita tulis lewat layar ukuran sekian milimeter, seantero dunia orang-orang berpotensi untuk tahu. Yup, peranan media sosial pastinya salah satu yang menjadi faktor utamanya.

Media sosial memang bukan hal baru lagi dalam kehidupan di zaman modern. Dari bangun tidur hingga tidur lagi orang-orang tidak lepas dari yang namanya media sosial. Banyak ragam media sosial yang ada tidak lantas membuat para penggunanya terkotak-kotak. Faktanya satu orang bisa memiliki lebih dari satu akun media sosial. 

Di tengah gempitanya penggunaan media sosial dikalangan  masyarakat, sayangnya ada saja tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab menjadikan media sosial sebagai lahan penyebaran berita fitnah atau hoax. Tidak sedikit orang yang menjadi korban dari berita bohong ini. Bukan hanya itu, media sosial tak jarang juga dijadikan sebagai sarana untuk adu argumen. Karena tidak saling bertatap muka langsung, masing-masing orang bisa saja dengan lantangnya melontarkan kata-kata kasar. Padahal kebenaran dari berita yang ia komentari pun belumlah jelas titik terangnya. 

Makanya terkadang membaca berita di media sosial terkadang bisa memicu beragam penyakit, salah satunya adalah penyakit yang menggerogoti kesehatan mental. Seperti stress, cemas, imsomnia, bahkan depresi. Bahkan salah satu artis terkenal di Korea Selatan baru-baru ini nekad mengakhiri hidupnya sendiri salah satunya adalah depresi. 

Jadi, jangan pernah sepelekan kesehatan mental Anda, ya. Karena memang terbukti banget gangguan kesehatan mental ini bisa berakibat fatal.

Terus, bagaimana dong caranya agar kesehatan mental kita tidak terganggu oleh hal-hal negatif di media sosial ?

1.       Jangan mudah percaya dengan berita yang ada di media sosial. 

Sebelum memberi komentar, atau melakukan tindakan share, like dan sebagainya, sebaiknya mencari tahu lebih jauh kebenaran berita tersebut bisa dengan cara browsing di internet, atau hubungi pihak-pihak yang kredibel.

2.       Batasi waktu dalam menggunakan media sosial dengan cara me-non-aktifkan notifikasi untuk semua akun media sosial. 

Dengan begini kita menjadi lebih terlindungi dari banjirnya informasi. Dalam infografis “How To Prevent Social Media Depression” penulis Nicola Brown mengatakan bahwa semakin banyak waktu yang kita habiskan di dunia maya, semakin kita merasakan ‘kehilangan’. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan bisa memanipulasi otak sehingga lebih rentan terhadap kegoyahan mental, harga diri yang rendah sehingga mencegah kita untuk berpikir mengenai diri sendiri.

3.       Ubah fungsi media sosial dari sebelumnya sebagai tempat ajang curhat dan pergaulan semata menjadi sarana bisnis dan kreatifitas. 

Dari pada meng-share detail kehidupan pribadi Anda lebih baik kolom status di media sosial dimanfaatkan untuk mendatangkan pundi-pundi pendapatan.

4.       Perbanyak kegiatan atau bersosialisasi di dunia nyata. 

Dengan membatasi waktu di dunia maya, otomatis Anda akan memiliki waktu luang yang lebih yang bisa dimanfaatkan untuk bersosialisasi dengan orang-orang di dunia nyata. Bisa itu keluarga sendiri, sahabat, rekan kerja, atau gunakan waktu luang Anda untuk berolah raga dan aktifitas keagamaan.

Oke, gais. Inilah cara-cara yang aku gunakan agar bisa menjaga kesehatan mental dari pengaruh negatif media sosial.

Kalo kamu ada cara tersendiri, kah ?
Share dong, gais.

---------
Artikel ini diikut sertakan dalam  Collaborative Blogging KEB (Kumpulan Emak-emak Blogger) sebagai tanggapan atas trigger post dari kelompok Raisa, yang ditulis oleh Giftalvina dengan judul Kesehatan Mental, Sepele tapi .... ?

Wednesday, December 20, 2017

Sasa Santan Kelapa, Solusi untuk Makanan Sehat dan Praktis

December 20, 2017 0 Comments


Hai, gais!
Pengen makan makanan bersantan tapi takut memakan waktu banyak terus takut kalau tak sehat? Tenang, sekarang ada Sasa Santan Kelapa. Produk santan dalam kemasan ini sangat praktis untuk kamu yang dikejar-kejar waktu, nih. Lagipula, jika takut dengan masalah kesehatan, santan sebenarnya juga bisa membuat sehat, kok!  

Tidak percaya?
Sebelum mendapatkan santan kelapa, umumnya kita kan harus mengupas kelapanya terlebih dahulu, lalu repot-repot memarut dan memeras. Dengan santan instan ini, gak  perlu lagi melakukan itu karena santan ini siap pakai dan sangat mudah penggunaannya. Apalagi, ternyata, santan instan ini serbaguna. Bisa memasak apa saja menggunakan santan kelapa instan.
 
Apalagi, ternyata produk keluaran brand Sasa ini aman bagi kesehatan. Tidak menggunakan bahan pengawet dan bahan berbahaya lain. Jadi, sebagai konsumen tak perlu takut sakit setelah mengonsumsinya. Ah, jangan-jangan masih takut untuk menggunakannya karena mitos santan bisa membuat kadar kolesterol tinggi? Sekaligus menyebabkan banyak penyakit? 
Aduh, pernyataan ini tidak sepenuhnya benar, lho. Penyakit kolesterol tinggi itu bergantung pada lemak jenuh yang dikonsumsi serta kandungan kolesterol dalam darah Anda. Sedangkan santan sendiri mengandung lemak nabati yang tidak berpengaruh pada kadar kolesterol. Lemak jenuh biasanya berasal dari lemak hewani yang bersumber dari daging-dagingan.
Setelah tahu fakta itu, Anda pasti tak ragu lagi untuk memasak menggunakan santan kelapa instan ini. Apalagi, aroma dan rasa yang dihasilkan Sasa Santan Kelapa ini masih sangat segar. Sama persis seperti santan yang baru dibeli, dikupas lalu diperas oleh tangan Anda sendiri.
Makan-makanan yang mengandung santan sangat banyak ragamnya. Ada yang berat dan mengeyangkan seperti nasi uduk. Lauk-pauk seperti rendang, opor, dan sayur lodeh. Atau kue-kue seperti serabi, bolu dan masih banyak lagi. Semuanya tampak menggiurkan. Anda tak akan membuang kesempatan mencicipinya hanya karena anggapan santan itu jahat, kan?

Gulai siput sawah ini semakin lezat karena dimasak dengan Santan Sasa 😋😋

Bahkan, sebenarnya olahan santan juga bisa sangat menyehatkan Anda. Santan kaya akan kandungan fosfor dan magnesium serta vitamin. Fosfor berguna sebagai penguat tulang dan gigi selain kalsium yang telah banyak diketahui. Magnesium membuat otot Anda lebih rileks hingga tak terjadi kram, dan vitamin berguna untuk kesehatan Anda.
Nah, bagi Anda yang mau diet, ternyata tak ada salahnya untuk tetap makan makanan bersantan. Itu karena lemak yang terkandung dalam santan merupakan asam lemak dari rantai pendek yang dapat diubah dengan cepat menjadi energi. Jadi tidak menimbun lemak. Berbeda sekali dengan anggapan-anggapan negatif yang kurang memiliki pondasi yang kuat.
Bahkan, olahan santan kelapa juga masih mengandung asam laurat, asam kaprat, dan lipit mikroba yang berfungsi sebagai anti jamur, anti bakteri, dan anti virus. Dalam tubuh, asam laurat akan diubah menjadi monolaurin yang efektif melawan virus dan bakteri penyebab herpes, influenza hingga HIV.
Ada study yang dilakukan mengenai masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir pantai. Secara umum, mereka sehat dan jauh dari penyakit jantung dibanding masyarat perkotaan atau pegunungan. Ternyata, kuncinya mereka sering makan olahan santan kelapa. Jadi, ternyata santan juga bermanfaat bagi jantung.
Tetap sehat meskipun mengonsumsi santan kelapa? Tentu saja! Bukankah makanan olahan santan kelapa itu sangat lezat? Bahannya pun sekarang mudah didapat karena telah tersedia santan dalam bentuk kemasan yang praktis seperti Sasa Santan Kelapa.  

So, ga usah pake mikir lama lagi, gais. Ayo berkreasi membuat masakan lezat dengan  santan Sasa. 
Santan Sasa, Aslinya Santan.
 

Tuesday, December 19, 2017

Tentang Rapor Anak Dan Rangking Yang di Perdebatkan

December 19, 2017 1 Comments

Beranda FB-ku beberapa hari ini cukup panas dengan beberapa status teman sehubungan dengan rapor anak. 

“Ntar lagi terima rapor neh, siap-siap aja beranda bakal dipenuhin foto mak-mak yang pamer sama rangking anaknya.” Cetus salah satu akun. Dan kemudian status itu pun kemudian mendapat respon beragam.

“Buat saya ga penting rangking, yang penting anakku jadi orang baik aja udah cukup.”
“Rangking di sekolahan gak menjamin masa depan anak, toh faktanya banyak yang dulunya gak rangking di sekolah sekarang jadi orang sukses.”
“Aku terima rapor anak, langsung pulang aja tuh, ga nanya-nanya sama walikelasnya perihal rangking anak, walo pun sama gurunya pasti ada daftarnya. Karena buat apa, sih. Rangking itu ga penting-penting banget, lah. Karena anak ga rangking bukan berarti bodoh, kan ?”

Daaaan ... banyak lagi komen-komen senada yang aku baca.

Please, deh. 

Apa iya persoalan rangking ini ga sebegitu pentingnya ?

Jika rangking ini memang ga penting, lalu buat apa ada kejuaraan ini, turnamen itu, olimpiade ini, dan beragam lomba lainnya ? Bukannya hasil dari semua itu adalah rangking juga ? 

Mengapa rangking di bidang non akademis menjadi sesuatu yang ‘wah’, trus prestasi di bidang akademis jadi persoalan ?

Menurut aku pribadi, nih, ya.
Rangking ini tetap perlu di adakan, dengan tujuan untuk memotivasi siswa untuk lebih giat dalam belajar. 


Tetapi, yang menjadi problem di sini adalah kecendrungan para orang tua yang justru mengkotak-kotakkan kemampuan anak-anak hanya terbatas pada rangking sekolah. Anak yang rangking itu pintar, anak yang ga rangking itu bodoh.


Pemikiran seperti itu justru yang harus dibuang dalam pikiran kita. Aku setuju dengan pendapat salah satu komentator di atas, “... anak ga rangking bukan berarti bodoh, kan ?” Ini benaaar. Tapi jangan lantas mengharamkan pemberian rangking dalam rapor anak.

Karena nyatanya, pemberian beasiswa pendidikan untuk siswa di sekolah juga berdasarkan rangking, kan ?

Kalo aku pribadi justru lebih concern sama pembentukan karakter anak. Gimana caranya agar anak tetap low profile sekalipun dia juara, gimana caranya anak gak down disaat dia gagal. Gimana caranya menanamkan pikiran positif kepada anak agar gak iri dengan prestasi temannya. Gimana caranya anak bisa menemukan bakat istimewa pada dirinya. Gimana caranya meyakinkan anak bahwa apa pun yang dia lakukan, dia tetap berharga bagi orang tuanya.

Ketika mau terima rapor, Aira pernah bertanya, "Nda, kalo Aira ga juara lagi gimana ?" Aku selalu menggenggam tangannya erat, menatap matanya lembut kemudian berkata, "juara atau enggak Aira di sekolah, bagi bunda Aira selalu juara di hati bunda. Bunda tetap bangga dengan Aira karena Aira sudah rajin belajar, rajin ibadah dan jadi anak yang baik hati. Bunda gak akan kecewa karena bunda tahu Aira udah melakukan yang terbaik. Jadi Aira jangan pernah merasa sedih, ya, Nak."

Sebagai orang tua Aira, aku dan ayahnya pastilah sama dengan orang tua lain pada umumnya. Pengen anaknya berprestasi, baik itu di sekolah atau pun di luar sekolah. Tapi, kami tidak menjadikan itu sebagai beban pada anak. Yang terpenting bagi kami adalah anak menikmati proses belajarnya di sekolah. Dia merasa nyaman dan tidak terbebani. Jika dia dapat rangking Alhamdulillaah, kalo tidak ya tidak masalah.

Jadi, kalo ada emak-emak yang pajang foto rangking anaknya di media sosial, wajar kok menurut aku. Mungkin itu salah satu wujud rasa bangga atas perjuangan anaknya dalam belajar. Positive thinking ajalah. Silahkan like atau ucapkan selamat dengan tulus kalo mau. Kalo rasa-rasanya mengganggu, tinggal pilih option aja, trus klik ‘sembunyikan kiriman’. Tidak ada paksaan untuk nge-like status mereka, kan ?

Yang perlu banget aku ingetin nih sama ibu-ibu yang pengen majang foto rapor anaknya di media sosial, tolong jaga poin-poin berikut, ya.

·         Jangan memajang info pribadi anak yang tertera di rapor anak.
Kalo mau pajang nilai-nilai rapor boleh aja, tapi tutupin dong info-info pentingnya. Karena ini demi si anak juga, kan. Jangan sampai rasa bangga kita dimanfaatin tangan-tangan gak bertanggung jawab.

·         Hindari menggunakan caption dan hashtag dengan nama sekolah anak
Udah kebiasaan emak-emak zaman now nih, kalo bikin status ga lengkap rasanya kalo ga pake hashtag. #EdisiTerimaRaporAnak #SDCitaCitaBangsa #JuaraISDCitaCitaBangsa. Ini lebih berbahaya lagi, maak. Berarti secara gak langsung kita udah menyediakan bank data untuk mereka-mereka yang berniat jahat. Karena sang pelaku tinggal narik data dari hashtag, udah, dapet semua tuh data anak. 

·         Jangan gunakan fitur Siaran Langsung saat terima rapor anak
Ampuuun. Ini lebih bahaya lagi, karena yang namanya siaran langsung ya terekam semua dong, ya. Ada tempat acara, seragam anak, dan semua data-data yang penting. Kalo niatnya mau merekam momen penting biar ayah anak bisa nonton momen-momen mendebarkan saat anak menerima penghargaan, tapi ga perlu siaran live gitu juga kali ya. Off the record aja, ntar bisa nonton juga kan di rumah. Atau pake video call aja sama si papah. Kan bisa juga.

Oke, ya, gais.
Itu aja cerewetan dari aku. Mohon maaf, kalo ada kata-kata yang enggak berkenan.
Semoga bermanfaat. Kalo ada yang pengen di tambahin boleh banget lho drop di komen.
Sampai jumpa di postingan berikutnya.


Friday, December 15, 2017

Software Payroll Indonesia Memudahkan Urusan Payroll

December 15, 2017 0 Comments


Perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat membawa dampak yang sangat membantu dalam segala aktivitas, termasuk aktivitas bisnis dan administrasinya. Misalnya saja dalam hal penggajian atau payroll, sistem payroll yang komperhensif yang ditawarkan oleh berbagai macam provider software atau aplikasi Payroll membuat kita semakin mudah untuk memperbaiki sistem yang tradisional yang selama ini anda kerjakan.

Namun sebelum itu, Sudah tahu apa itu software payroll atau hanya payroll saja? Sebelum tahu apa itu definisi dari software payroll Indonesia, cari tahu dulu yuk apa itu payroll.


Apa itu Payroll?


Kata payroll berasal dari bahasa inggris yang jika langsung diartikan adalah daftar gaji. Tapi pengertian payroll sebenarnya bukan itu. Payroll merupakan sebuah sistem administrasi penggajian yang merupakan pekerjaan rutin staf HRD dan hal ini masuk ke dalam bagian terpenting dari suatu perusahaan yang memiliki pegawai atau karyawan.

Payroll ini biasanya dikerjakan oleh bagian HRD di suatu perusahaan. Bagian HRD  menghitung berapakah gaji yang harus dibayarkan ke tiap pegawai dan apakah itu sudah sesuai dengan kinerja dari pegawai tersebut. Gaji yang diberikan ke tiap pegawai tersebut dihitung dari uang pokok uang makan uang transport  uang harian uang lembur dan lain-lain. Sudah pasti akan sangat memusingkan kalau dihitung secara manual.

Terlebih kalau jumlah pegawai di perusahaan tersebut mencapai ratusan atau bahkan ribuan. Ditambah lagi kalau staf bagian HRD tidak banyak. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untung menghitung dan sudah pasti akan memakan waktu yang sangat lama. Karena itulah kenapa akhirnya hadir software payroll.

Baca selengkapnya: Apa itu Payroll?

Software Payroll Memudahkan Payroll Pegawai


Software payroll merupakan sistem pengajian karyawan dari suatu perusahaan yang dibuat untuk bisa mempermudah dan membantu staf HRD dalam menghitung gaji pegawai.  Software payroll akan secara otomastis menghitung dari uang pokok, uang harian, uang makan, uang lembur dan lain sebagainya.


Apa Manfaat Perusahaan Menggunakan Software Payroll?


Ada cukup banyak manfaat yang bisa didapat oleh perusahaan yang menggunakan software payroll dan berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Menghemat waktu

Kalau dengan sistem manual penghitungan gaji untuk 100 orang pegawai bisa menghabiskan waktu beberapa hari, dengan software payroll bisa dikerjakan dengan lebih cepat,mungkin cukup dalam 1hari. Kenapa bisa? Karena di software payroll sudah tersedia penghitungan gaji yang didasarkan pada kehadiran yang sudah dihubungkan dengan alat finger print (absensi menggunakan sidik jari). Sudah terdapat pula modul lembur yang bisa mempermudah penghitugan gaji berdasarkan catatan lembur tiap pegawai pada software payroll.

2. Tidak membutuhkan terlalu banyak staf HRD

Kalau biasanya untuk menghitung gaji 100 orang pegawai dalam 1 hari butuh staf HRD lebih dari 3-5 orang, dengan software payroll, perhitungan gaji bisa dikerjakan oleh cukup dengan 1-2 staf HRD. Lebih sedikit karyawan yang di pekerjakan sudah pasti akan lebih menghemat keuangan perusahaan.

Bagaimana, masih ragu untuk menggunakan software payroll? Jika masih ragu, langsung saja konsultasi dengan penyedia software payroll karena saat ini sudah cukup banyak penyedia software payroll Indonesia yang siap membantu Anda dan salah satu yang terbaik adalah LinovHR. 
Segera hubungi LinovHR yang dengan senang hati akan menjawab semua pertanyaan yang akan Anda ajukan. Ingin mengetahui lebih lengkap tentang Software Payroll LinovHR? Kunjungi websitenya langsung aja, ya, https://www.linovhr.com/about/

7 Bahasa Cinta, Ungkapan Cinta Yang Selalu Ada di Hati Bunda

December 15, 2017 0 Comments

Sebagai ibu pekerja, aku pernah disebut sebagai ibu yang tidak punya perasaan. Kok tega, sih, meninggalkan anak usia batita dengan neneknya yang udah sepuh ? Kan, kasihan neneknya, jadi ga bisa menikmati hari tua dengan santai.

Padahal ini memang maunya mama mertua aku, lho. Dan itu juga ga aku lepas 100%, untuk makan anak, tetap aku yang siapin pagi-pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Siang-siang tetap aku pantau via telepon, nanyain mama kewalahan atau tidak, nanyain kondisi anak. Semaksimal mungkin keep in touch-lah dengan perkembangan anak dan neneknya.

Selang beberapa waktu kemudian, ketika Aira aku masukin PAUD, nyinyiran mereka pun berganti. 

Anak ngomong aja belum bisa, kok udah dimasukin ke PAUD, sih ?
Sebesar apa, sih, gaji yang didapat sampai-sampai anak di nomor duakan gitu ?
Anak ditinggal lagi tidur, pulang ke rumah pun anak udah ngantuk, ntar anak ga kenal sama ibunya lagi baru tahu rasa, deh.

Ya, ampuuuun.
Sepertinya mereka bahagia banget, ya, mengomentari hidup aku. 

Mendengar nyinyiran yang bertubi-tubi gitu gak lantas membuat aku patah arang. Aku juga memilih untuk balas mendebat kata-kata mereka, karena memang rasanya percuma. Toh, yang tahu pasti alasan sebenarnya adalah aku dan lingkaran keluarga terdekat aku.

Orang-orang di luar sana, kan, tidak tahu betapa rumit permasalahan keluarga yang tengah aku hadapi. Dan pastinya tidak ada manfaatnya juga, kan, aku menceritakan aib keluarga sendiri kepada orang lain.

Waktu berlalu, suatu Minggu, aku sedang bermain dengan Aira dan ayahnya di halaman rumah. Beberapa tetangga lalu lalang di depan rumah dengan tatapan aneh. Kemudian salah satu dari mereka pun mampir. Mungkin saking penasarannya, mereka ga tahan untuk ga bertanya.

“Wah ... senangnya Aira main sama ayah dan bunda, ya. Padahal sering ditinggal, ya, mbak, tapi kok tetap dekat sama bundanya ?”

Aku dan suami pun saling pandang.

Kami berdua memang sibuk berkerja di luar rumah. Dari 24 jam sehari, 10-12 jam tersita oleh perkerjaan. Pulang dari berkerja, sesampainya di rumah rasa lelah pasti udah ga bisa disembunyikan. Tapi di sanalah letak perjuangan kami. Terutama aku sebagai ibunya yang meskipun turut berkerja mencari nafkah, tapi bukan berarti bisa lepas dari kewajiban ibu rumah tangga. Tapi sejalan dengan komunikasi yang baik dengan suami, sejauh ini semua hambatan itu bisa aku atasi.

Aku berkomitmen, betapa pun lelahnya raga sehabis berkerja, sesampai di rumah aku harus menanggalkan semua lelah itu, kemudian menggantinya dengan spirit baru, demi menciptakan waktu berkualitas bersama Aira. Aku melupakan semua hiruk pikuk perkerjaan rumah tangga yang pastinya sudah berteriak minta aku jamah. Tapi aku say, NO. It’s time for Aira. 100% just for Aira. Singkirkan semua gadget jauh-jauh dan fokus sepenuhnya kepada Aira.

Memangnya bisa berapa lama, sih ? Anak kecil, kan, cepat tidurnya. Apa iya bisa lama-lama ?

Aku akui, quality time-nya aku dan Aira di hari kerja saat itu rata-rata hanya 3-4 jam. Dari pukul 5 sore sampai 9 malam. Tapi kembali lagi, ini bukan tentang kuantitas, tapi tentang kualitas. Karena fakta yang aku lihat di lingkungan sekitar, banyak ibu-ibu yang full time di rumah, tapi tetap tidak memiliki kedekatan emosi dengan anak. Bahkan banyak anak-anak yang berkembang tidak sesuai dengan usianya. Mereka menjadi dewasa sebelum waktunya.

Itu karena apa ?

Karena ibu yang seharusnya menjadi guru pertama dalam kehidupan mereka tidak hadir dalam pendidikan emosi mereka. Karena kesibukan perkerjaan rumah tangga, kehadiran ibu digantikan oleh televisi, handphone, playstation, dan lain-lain. Bagi mereka asalkan anaknya diam dan ga rewel itu udah cukup.

Padahal tayangan-tayangan yang disaksikan anak-anak saat ini tidak semuanya aman. Baik secara moril dan etika apa lagi secara agama. 

Makanya tidak ada jaminan, ibu full time di rumah bisa lebih baik dalam mengasuh anaknya di bandingkan dengan ibu-ibu berkerja. Ibu berkerja itu yang pastinya adalah kurang tidur dan kurang istirahat, tapi untuk perhatian dan cinta sama anak mereka ga ada beda dengan ibu yang full di rumah. So, please, stop nyinyirin ibu berkerja, yaaa.

7 Bahasa Cinta, Ungkapan Cinta Yang Selalu Ada di Hati Bunda

Sebagai ibu pekerja, aku sadar sepenuhnya waktu yang kumiliki sangat kurang bersama anak, makanya agar anak tetap merasa dicintai dan diperhatikan, aku berusaha menerapkan 7 bahasa cinta dalam menciptakan bonding antara aku dan anak.

1.      Waktu yang berkualitas

Seperti yang aku kemukakan di atas tadi, waktu yang berkualitas hanya akan tercipta jika kuantitas yang dimiliki diiringi dengan kedekatan emosi antara orang tua dan anak. Waktu Aira masih kecil, aku biasanya mulai dengan memandikannya, setelah itu rebutan memilih baju apa yang akan dia kenakan. Kemudian kami bermain hingga tiba waktunya makan malam. Aku pun menyuapinya makan dengan sabar, kemudian kembali bermain, hingga waktunya tidur.

Sekarang Aira sudah tidak bayi lagi. Dia sudah berusia 8 tahun, dia sudah bisa mandi sendiri, dan juga makan sendiri. Tapi bukan berarti quality time untuknya berkurang. Justru harus semakin di tingkatkan. Kami biasanya mengisinya dengan nonton bareng setelah menemaninya membuat PR. Kadang-kadang menggambar bersama, membuat kolaborasi, Aira yang menggambar trus aku yang mewarnai. Kemudian hasilnya kami pajang di dinding kamar. Dia senang, aku pun bangga. We knew, we love each others.

2.      Kata-kata positif berupa pujian atau dukungan

Sebagian orang berpendapat bahwa pujian tidak baik bagi perkembangan jiwa anak, karena bisa mengakibatkan anak tumbuh menjadi manusia yang besar kepala. Ini adalah pendapat yang keliru. Sebuah pujian yang diberikan di saat yang tepat  dan cara yang tepat justru membuat anak tumbuh menjadi manusia yang percaya diri karena ia merasa dihargai.

Pertanyaannya, kapan saat yang tepat memberi pujian, dan bagaimanakah cara yang tepat dalam memberi pujian kepada anak ?

Pujilah anak saat ia berhasil melakukan sesuatu secara mandiri. Berilah pujian dengan tulus dan spesifik. Hindari kata-kata singkat seperti “bagus”, “baik”, “keren”. Lengkapi kata singkat tadi dengan kalimat pendukung yang spesifik.

Misalnya seperti ketika Aira berhasil merapikankan kamarnya sendiri. Dengan ekspresi takjub aku pun berkata, “Subhanallaah, pintarnya anak bunda. Bisa merapikan kamar sendiri, bantal sudah tersusun, selimut sudah dilipat. Terimakasih, ya, sayang.”

3.      Sentuhan fisik

Anak sangat membutuhkan sentuhan fisik berupa pelukan sayang, belaian, ciuman, atau elusan. Selalu menggandeng tangannya saat berjalan. Bahkan tepukan kecil di pundaknya saat ia sedang menghadapi masalah bisa menjadi kekuatan, lho. 

Sekali pun anak sudah tidur lelap, aku selalu membiasakan diri untuk memeluk dan mencium keningnya setiap malam. Begitu juga pagi hari, ketika akan berangkat kerja, aku dan suami selalu memeluk Aira dengan erat sambil membisikkan salam. Dengan cara ini rasa cinta dan perhatian kami langsung sampai kepada Aira.

4.      Tatapan mata atau kontak mata

Berikan tatapan mata yang hangat dan lembut saat berkomunikasi dengan anak. Pastikan posisi mata ibu dan anak sejajar sehingga menciptakan kedekatan yang lebih intens. Sebaiknya jangan melihat yang lain di saat anak berbicara dengan kita. 

Untuk hal ini aku pernah di protes oleh Aira. Hari itu hari libur, jadi kami sedang santai di kamar sambil bermain lego. Aira asyik membentuk rumah, aku pun fokus membangun benda lainnya. Trus dia bertanya sesuatu, dan aku menanggapinya tanpa mengalihkan pandangan dari lego yang aku pegang. 

“Bundaaaa, Aira tanya, lihat Airalah, Ndaa !”

Yup .. aku salah banget. Padahal udah bener, kan, yah. Quality timenya udah bagus, tapi jadi ga sempurna lagi, karena anak merasa terabaikan dengan fokus ibunya yang terbagi.


5.      Pelayanan

Yang dimaksud pelayanan ini tentu saja bukan menjadi pembantu anak, trus anak tinggal duduk manis di balik meja. Tetapi berusaha semaksimal mungkin memberi bantuan di saat anak membutuhkan bantuan. Atau dengan memberikan perhatian ekstra di saat anak sedang melakukan hal yang baik. Memberikannya obat yang tepat di saat demam pun adalah salah satu pelayanan terbaik yang ibu bisa berikan kepada anak.

Seperti yang Aira alami beberapa hari yang lalu. Sepulang sekolah, badannya terasa panas. Aku lihat matanya merah, dan bibirnya kering. Ketika di cek dengan thermometer, suhunya mencapai 380C. Tanpa pikir panjang lagi, aku segera mengambil Tempra Syrup dari kotak obat. Sejak dulu aku memang hanya percaya  pada Tempra untuk menurunkan panas Aira saat demam. Mulai dari Tempra Drop ketika Aira masih bayi,  hingga sekarang Tempra Forte untuk Aira yang berusia di atas 6 tahun. Selain karena aman di lambung, Tempra Syrup ini juga tidak perlu di kocok karena larut 100%. Ditambah lagi dengan dosis yang tepat sehingga tidak menimbulkan over dosis atau pun kurang dosis. 


Memberikan Aira Tempra Syrup disaat demam adalah salah satu contoh pelayanan terbaik yang bisa aku berikan sebagai ibu.

6.      Pemberian hadiah

Hadiah tidak selalu berarti barang-barang mewah dan mahal. Bisa dengan benda-benda kecil, sederhana tapi diberikan dengan penuh ketulusan. Seperti membelikan makanan kesukaan anak saat kembali dari kantor. Hal sederhana, tapi berdampak besar dalam perkembangan emosi anak. Jadi sekalipun ibunya sibuk di kantor, dia tetap yakin ibunya sayang dan cinta kepadanya karena selalu ada di hati dan ingatan ibunya.

7.      Perhatian yang terpusat

Ditengah-tengah kesibukan yang luar biasa, terlebih lagi jika memiliki anak lebih dari satu, usahakan agar ibu memberikan waktu dan perhatian hanya kepada satu anak saja secara terpusat dan ekslusif tanpa kehadiran anak-anak yang lain. Misalnya di suatu hari, ibu mengajak anak pertama jalan-jalan, disaat bersama dengannya bicaralah dari hati ke hati, dan sungguh-sungguh mendengarkannya. Di lain hari, giliran anak kedua diperlakukan sama. Kemudian, barulah lakukan bersama-sama seluruh anggota keluarga.

Perhatian yang terpusat ini sangat baik bagi perkembangan jiwa anak yang sehari-harinya pasti berebut perhatian orang tuanya dengan saudara-saudaranya yang lain.

Jangankan dengan saudara kandung. Aira saja, ketika berkumpul dengan para sepupunya, aku tetap berusaha meluangkan waktu untuk melipir sejenak dari kerumunan itu, mengajaknya ngombrol kemudian mendengarkan dia bercerita. Mungkin hanya sekitar 15-20 menit, tapi itu telah mengembalikan kepercayaan dirinya yang bisa saja merasa terabaikan oleh kesibukan orang-orang dewasa di sekitarnya.

Memang tidak ada orang tua yang sempurna di dunia ini, baik itu ayah atau pun ibu. Dan pastinya tidak ada rumusan baku yang bisa menjamin kebahagiaan seseorang di dunia ini, termasuk anak kita sendiri.

Tapi aku meyakini sepenuhnya, dalam dunia anak, tidak ada yang lebih sempurna dari pada cinta seorang ibu yang tulus. Karena cinta seorang ibu itu mampu memberikan rasa aman, memberi rasa dihargai, membuat diri anak merasa berarti.
Seorang ibu sekalipun dengan semua keterbatasannya, tidak akan pernah berhenti memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anaknya, karena memang akan #SelaluAdaCintadiHatiBunda.
 =====
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger PerempuanNetwork
dan Tempra.




Wednesday, December 13, 2017

Harga Rumah Murah Di Bekasi Terbaru Bulan Ini

December 13, 2017 0 Comments







Ingin memiliki rumah terbaru di kawasan kota besar ? Anda tidak perlu bingung mencari karena rumah murah di Bekasi akan menjadi pilihan rumah terbaik untuk Anda dan keluarga. Mencari rumah berkualitas dengan harga yang terjangkau memang tidak mudah. umumnya, rumah yang dijual di kota besar dengan kualitas terbaik harganya pasti melangit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masih ada rumah yang dijual murah namun kualitasnya terjamin. Untuk mendapatkannya, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa rumah yang Anda pilih memiliki kualitas terbaik dan secara harga lebih murah dibandingkan dengan yang lain. 
 
Rumah Murah Di Bekasi Terbaru Bulan Ini merupakan salah satu rumah terbaik yang recommended untuk dijadikan pilihan. Rumah ini memiliki berbagai kelebihan yang akan membuat Anda semakin betah tinggal di dalamnya. Belum lagi harganya yang miring akan membuat Anda merasa semakin puas dan nyaman. Nah, untuk menghilangkan rasa penasaran Anda, simak ulasan mengenai rumah murah di Bekasi berikut ini. 


Rumah terbaru kualitas terbaik

Anda tentu tidak ingin sembarangan dalam memilih rumah. nah, rumah dijual ini recommended untuk Anda karena termasuk rumah terbaru dengan nuansa yang kekinian. Mengikuti trend bangunan ala modern yang membuat Anda tidak ketinggalan jaman. Tidak hanya itu, rumah terbaru ini juga hadir dengan kualitas yang terbaik sehingga Anda akan nyaman dan betah tinggal di dalamnya. Kualitas yang dimaksud tidak hanya dari sisi kekuatan bangunan namun juga dari sisi model rumah yang ditawarkan. Rumah dijual ini juga hadir dengan tawaran fasilitas memadai yang akan semakin memudahkan keseharian Anda. 

Harga rumah terjangkau

Yang tidak kalah menarik dari rumah terbaru ini adalah harganya yang terjangkau. Untuk membuktikan harganya, Anda bisa membandingkan harga rumah ini dengan rumah lain yang serupa. Tentu rumah ini akan lebih murah. Tidak hanya itu, Anda yang kebetulan modalnya minim untuk membayar rumah dengan cara cash bisa membayar melalui sistem kredit atau cicilan.

Itulah uraian mengenai rumah murah di Bekasi terbaru bulan Ini yang akan menjadi pilihan hunian terbaik untuk Anda dan keluarga. Hanya dengan membeli rumah ini Anda merasa mudah dari sisi pembayaran karena harganya yang murah. selain itu, Anda akan merasa puas dengan kualitasnya yang terbaik. Nah, tunggu apa lagi! segera hubungi agen properti kami untuk pembelian dan dapatkan tawaran harga promo hanya untuk pembelian di bulan ini.

Tuesday, December 12, 2017

Daftar Harga Sewa Rumah Jakarta

December 12, 2017 0 Comments




Mencari rumah sedikit lebih susah jika kamu adalah tipikal orang yang sangat pemilih. Lagi pula memilih rumah juga pastinya tidak boleh sembarangan karena ada banyak hal yang perlu di perhatikan seperti lokasi dari rumah tersebut, keadaan rumah, keamanan dan juga jangan sampai rumah yang dibeli ini melebihi dana yang sudah dikumpulkan sebelumnya. 

Cara yang seperti ini juga berlaku jika kamu ingin sewa rumah Jakarta yang mana menyewa rumah juga tidak boleh sembarangan.

Banyak orang yang lebih memilih menyewa rumah terlebih dahulu dari pada langsung membeli rumah. Bukan hanya harga rumah yang cukup tinggi namun bagi para perantau yang baru saja bekerja di kantor tentunya adalah hal yang sangat tidak mungkin. Bahkan pada saat ini banyak developer yang menyewakan rumah dengan harga sewa yang sangat terjangkau sehingga masyarakat yang belum memiliki rumah dapat memiliki tempat tinggal walaupun hanya menyewa.

Membuat daftar harga sewa rumah

Agar bisa mendapatkan harga sewa rumah Jakarta yang murah dan sesuai dengan harapan maka kita bisa langsung melakukan pembuatan daftar beberapa rumah yang memang dijual dengan harga yang murah. Dengan membuat list seperti itu, kita bisa menemukan rumah yang mana bisa sesuai dengan dana yang dimiliki.

Dan selain itu, kita juga bisa melihat bagaimana kualitas dari bangunan rumah, desain dari rumah tersebut, seberapa luas tanah dan rumah, umur dari rumah dan masih banyak. Tentunya dengan membuat list rumah di daerah Jakarta ini akan sangat membantu calon penyewa yang membutuhkan.

Mencari sewa rumah di pinggiran kota

Selanjutnya adalah dengan melihat sewa rumah Jakarta yang ada di pinggiran kota. Kamu bisa melakukan hal ini jika memang kamu sudah tidak bisa menemukan rumah yang memiliki harga sewa sesuai dengan kemampuan Kamu di lokasi perkotaan. Akan tetapi, walaupun Kamu memilih rumah pada lokasi pinggiran kota maka usahakan kamu memilih lokasi yang masih lumayan dekat dengan kota. Karena dengan begitu, Kamu tidak perlu harus jauh- jauh jika ingin bepergian seperti ke tempat kerja.

Ingin mendapatkan sewa rumah dengan harga sesuai? Maka gunakan jasa agen property yang dapat membantu kamu untuk menemukan rumah dengan harga sewa yang cocok untuk kamu. Dengan menggunakan jasa agen property ini, kamu bisa mendapatkan daftar harga sewa rumah di Jakarta yang tentu tidak akan mengecewakan.

Wednesday, December 6, 2017

Review K-Movie : The King's Case Note

December 06, 2017 3 Comments
Annyeong chingu !

Bosen sama drama-drama kerajaan yang rajanya selalu takut sama parlemennya ?
Nah, kali ini aku rekomendasikan film dengan tema kerajaan yang karakter rajanya bisa banget bikin kamu jatuh cinta.

Di film ini kamu gak bakal ketemu sama raja yang menye-menye karena di ancam sama mentri-mentrinya di parlemen. Dia adalah raja yang bener-bener nyentrik, dan sssst ... usil juga lho !

Satu dari sekian keusilan raja : Sulap

Pengen tau sinopsis singkatnya ?
Yuk, baca dulu filmographinya.





Judul : The King's Case Note
Genre : Adventure, Comedy
Sutradara : Moon Hyeon Seong
Skenario : Kang Hyung Sung
Durasi : 114 menit
Pemeran : Lee Sung Kyun, Ahn Jae Hong, Jung Hae In


Sinopsis Film The King's Case Note

Lee Yejong adalah adik kandung dari raja yang berkuasa. Namun sayangnya raja tewas dalam pertarungan berdarah buah dari konspirasi jahat dari lawan-lawan politiknya.
Berhubung putra mahkota yaitu Pangeran Jo Seong masih sangat kecil, Yejong pun naik tahta menggantikan kakaknya.

Awalnya musuh-musuh politik si kakak tadi happy banget, karena mereka pikir Yejong yang masih muda itu gak tahu apa-apa, pastinya bakal mudah dikendalikan.

Tapi mereka salah, Yejong justru jauh lebih berkarakter dari kakaknya.

Dia cerdas, menguasai banyak ilmu pengetahuan, pemberani dan juga ahli pedang. Karena kecerdasannya itulah, dia pun mengetahui praktik kotor para mentri sehubungan dengan
pertambangan besi di wilayah kerajaannya. Salah satu dari komplotan mentri itu adalah teman seperguruannya yaitu Nam Yoon Hee yang juga menjabat sebagai Gubernur Prop. Hamgil.

Sadar bahwa Yejong telah mengendus praktik kotor mereka, Nam dan kawan-kawan pun tidak mau tinggal diam. Mereka pun menebar teror untuk menggoyahkan kepemimpinan Yejong.

Di balai kota, mereka letakkan patung orang-orangan sawah yang di dadanya digantungkan tulisan bernada kutukan yang bunyinya, kalau Raja tidak segera turun, maka ikan monster akan membinasakan rakyat yang mencari nafkah di sungai. Dalam kerumunan itu, kemudian muncullah tokoh kepercayaan raja dalam keadaan sekarat berlumuran darah, berjalan tertatih sambil menggumamkan nama raja. Namun hanya beberapa saat, karena tidak lama kemudian dia pun tumbang dengan tubuh terbakar.

Rakyat resah, parlemen pun panas. Mereka menuntut raja untuk segera mengambil tindakan tegas untuk mengakhiri teror tersebut.

Tapi Yejong yang cerdas udah feeling banget, ada yang ga beres nih di kerajaannya. Jelas-jelas kutukan yang tertera di patung orang-orangan sawah tersebut bermuatan adu domba antara dirinya dan ponakan yang notabene adalah sang putra mahkota sejati. Ditambah lagi hasil otopsi jenazah yang sangat aneh, karena terdapat bubuk fosfor putih, yang jika dipicu dengan percikan api, maka akan menghasilkan pembakaran.

Yejong pun melakukan manuver politik, ia memancing reaksi lawan-lawan politiknya dengan menemui Pangeran Jo Seong di kediaman mantan ratu, lalu mengeluarkan perintah agar Jo
Seong pergi meninggalkan kerajaan untuk menuntut ilmu. Tindakan Yejong tersebut tentu saja dilaporkan langsung oleh mata-mata kepada para pengkhianat.

Malamnya, Pangeran Jo Seong pun di culik.

Parlemen gempar, tapi Yejong tetap tenang. Dia sudah mengantongi nama orang-orang yang berada di balik penculikan Pangeran Jo Seong, tapi Yejong tidak mau terpancing dengan permainan mereka.

Dalam pertemuan dengan mentri-mentri di parlemen, dedengkotnya mentri pun kembali mendesak raja untuk take action. Tapi Yejong  menanggapinya dengan santai, dengan balik berkata penyebar rumor akan mendapat hukuman sangat berat.

Tapi dedengkot tua itu mana mau kalah sama tanggapan santai raja. Dia justru melontarkan kata-kata yang sengit, bahwa teror ikan monster itu adalah sebuah pertanda bahwa raja sudah tidak diakui lagi oleh langit.

Tapi Yejong tetap ga bergeming. Ditengah kemelut politik yang panas itu, dia justru pengen pergi refreshing naik kapal pesiar ! Rakyat kenak teror sama ikan monster, pangeran mahkota diculik, dia malah pengen pergi pesiar ? Ckckck. Kalo aja si Yejong ini presiden Indonesia pasti kenyang deh kenak bully sama netizen! Hahaha ...

Eiitts ... jangan su'udzon dulu, gais. Ternyata si Yejong ini pergi pesiarnya ga jauh-jauh kok. Dia pergi rekreasi ke sungai Gwangnaru, tempatnya sang ikan monster itu beraksi.

Di sinilah aku melihat karakter pemimpin yang bener-bener ga takut mati. Ketika raja-raja pada umumnya bersembunyi di balik kawalan pengawal, Yejong ini justru dengan semangat
menggebu bergabung dengan para pemburu ikan untuk melumpuhkan ikan monster itu. Tapiiii, si Yejong ini berani juga karena punya modal keules, doi kan jago bela diri, yaah. Kalo lu ga bisa apa-apa trus maju juga ke medan perang, sama aja bunuh diri, bo !
Hahaha. Jadi inti teteup ukur kemampuan diri, lah, yaaa.



Sayangnya upaya perburuan ikan monster itu gagal, dan justru berakhir malapetaka, Raja Yejong terjatuh ke sungai.

Tapi, bukan Yejong dong namanya kalo nyerah begitu aja. Mengandalkan bakat yang dimiliki oleh Obo si sekretaris kerajaan, dia pun meminta Obo untuk mengingat kembali apa yang ia
lihat saat mereka berada di dalam sungai. Waaah ... si Obo ini emang bisa banget diandelin. *kalo ikut ujian akhir semester bisa dijamin dia bakalan juara terus nih* Dia pun memberi tahu raja bahwa di bawah ikan monster itu dia melihat kura-kura yang sangat besar.

Yejong pun paham. Sesuatu yang dikatakan Obo mirip kura-kura itulah yang mengendalikan si ikan monster.

Untuk memuaskan rasa penasarannya, Yejong mengajak Obo pergi menemui cenayang yang terkenal. Menurut informasi yang ia dapat, cenayang ini sakti banget nih. Dia bisa membaca masa depan dan juga mengetahui rahasia masa lalu orang-orang yang baru ia temui.

Sesampainya di tempat praktek si cenayang, ternyata antriannya panjang banget. *miriplah sama antrian gas elpiji 3 kiloan, hahaha* Walau pun ga sabar, tapi demi menjaga penyamaran mereka, ya, mereka tetap ngantri.

Tibalah giliran mereka berdua. Yejong dan Obo menunggu cenayang di ruang prakteknya, dan dari balik tirai tipis sang cenayang pun muncul. Glek ! Cenayangnya cuantiiiikkk. Yejong dan Obo sampe mangap tanpa sadar. Hahaha. *Ternyata rajanya manusia biasa jugak* Cenayang pun unjuk kebolehannya. Dia meramal Obo, bla ... bla ... bla ... Tapi Yejong yang jenius mah kagak percaya begitu aja.

Cenayangnya  cantik kayak gini

Melihat pasiennya tidak bereaksi sebagai mana yang diharapkan, cenayang pun mengeluarkan jurus saktinya. Pertunjukan hantu. Dia menyerahkan sebuah kendi
kepada Obo, dan mengatakan bahwa kendi itu berisikan hantu.

Obo yang oon mah percaya seratus persen, apa lagi tutup kendi itu mengeluakan suara-suara seolah-olah bakal ada yang akan keluar dari dalamnya. Obo pun refleks menghindar dan langsung pamit meninggalkan ruangan. Momen itu pun dimanfaatkan Yejong, untuk ikutan pamit, sambil melarikan satu buah kendi di dalam lengan bajunya.

Di perjalanan pulang, Yejong meminum air kendi itu, dan sadar bahwa cenayang itu palsu. Mereka pun melanjutkan perjalanan kembali ke istana. Tapi seseorang membuntututi mereka.

Sadar akan hal itu Yejong pun memanggil Black Cloud, ksatria andalannya. Waaah ... Black Cloud ini guanteng banget gaaais. Kalo kamu ada nonton Goblin, nah ... dia jadi first love-nya Eun Tak di sana. Tau, kan, siapaaaa ? Sejak kehadiran si Black Cloud, langsung berasa dapat jack pot deh nonton film ini, hahaha.

Black Cloud pun bertarung dengan si tukang buntut. #Eh

Ksatria menang, dong, yaaah. Tapi sayang, belum sempat diserahin ke Raja Yejong, si stalker tadi malah koit bunuh diri. Tapi kematiannya ga sia-sia kok, karena dengan begitu Yejong berhasil mengantongi senjata yang ia pake untuk bunuh diri, dan Yejong langsung tau dari mana senjata itu berasal.

Sesampainya di istana, Yejong pun memerintahkan konselor untuk mencari buku yang berhubungan dengan ilmu sains. Yejong yakin banget, ikan monster dan kendi berhantu itu
berhubungan dengan ilmu sains, bukan ilmu sihir. Dan bener juga, ternyata di perpustakaan istana ditemukan salah satu buku sains yang ditulis oleh ilmuwan yang bernama Jang. Tapi sayang, ilmuwan itu telah menghilang. Mereka pun melakukan penyelidikan, guna mengetahui keberadaan ilmuwan Jang.

Penyelidikan mereka membuahkan hasil, menurut data dari staf kerajaan, ilmuwan ternyata memiliki seorang anak. Dan anak tersebut, baru saja membeli sebidang tanah di hulu sungai Gwangnaru.

Merasa menemukan benang merah, Yejong dan Obo pun langsung berangkat menuju tempat yang dimaksud.

Disebuah ladang ilalang, mereka pun menemukan sebuah gubug. Tapi ketika dilihat ke dalam, tidak terdapat tanda-tanda kehidupan manusia, karena di dalamnya hanya ada seekor sapi yang tertambat pada sebuah tuas mesin penggilingan tradisional. Tapi  Yejong ga mau menyerah. Dia yakin banget sapi itu tau sesuatu. Dan instingnya bener, ketika punggung sapi itu di tepuk, dia pun berjalan mengitari ruangan. Hal itu mengakibatkan satu pintu rahasia terbuka.

Bagaikan mendapat harta karun, Yejong pun masuk ke pintu rahasia itu. Alangkah kagetnya ia ketika sampai di ruangan yang ada dibalik pintu itu. Sebuah ikan raksasa yang belum selesai di rakit, dan juga sebuah tabung besar menyerupai kura-kura. Inilah sumber teror di kerajaannya. Tanpa ragu lagi Yejong pun mengantongi nama pelaku berikutnya.
Tapi, mereka belum beruntung, ketika sedang seriusnya mengamati rakitan ikan monster itu dengan detailnya, tiba-tiba pintu tertutup. Dan anak ilmuwan itu pun muncul. Lha ... ternyata si cenayang tadiiiii.

Ya ampun.

Yejong pun bernegosiasi untuk meloloskan diri. Tapi percuma, karena putri ilmuwan Jang udah bulat tekadnya mo membunuh Raja Yejong sesuai perintah yang ia terima. Sebelum
melarikan diri, dia menyulut api pada sumbu bahan peledak yang ternyata emang udah disiapin untuk menjebak Raja Yejong. Dalam hitungan detik, gubuk itu pun meledak.

Duh ... gimana nasib Raja Yejong ?
Berhasil ga dia melarikan diri ?
Penasaran, kan ?
Tonton aja sisanya, yaaaa.

Review K-Movie : King's Case Note


Actor dan karakter

Menurut aku Lee Sun Kyun ini pas banget meranin karakter Raja Yejong yang nyentrik ini. Untuk urusan acting mah, aktor yang satu ini emang udah ga diragukan lagi, yah.
Karena emang udah pengalaman bermain dalam beragam genre. Aku aja suka sama dia waktu main di Coffee Prince bareng Gong Yoo dan Yoon Eun Hye. Trus pernah jadi pengacara sadis di film bareng Kim Go Eun. Pernah juga jadi chef temperamen di Pasta bareng Gong Hyo Jin. Dan yang terakhir yang udah aku tonton adalah dia jadi produser di drama My Wife's Having An Affair This Week bareng Song Ji Hyo. Dan pastinya masih banyak lagi drama dan film lainnya, jadi aktingnya so pasti natural banget.


Sedangkan yang jadi sekretaris raja, adalah Ahn Jae Hong yang jujur aja aku ga kenal sama nih aktor. Tapi aktingnya juempollll. Keren banget. Bisalah ngimbangin aktingnya Lee Sun Kyun yang jelas-jelas udah senior banget.


Daaan, ada bonus oppa ganteng. Sutradaranya pinter bener nih milih aktor, menjadikan Jung Hae In sebagai Black Cloud. Aku suka ! Aku Sukaaaa ! Eh ... pada kenal sama oppa ganteng ini kan, yah ? Kalo belum tonton Goblin dulu deh, dia udah wara-wiri duluan di sonoh.


Berasa dapat jack pot nih, liat oppa yg satu ini



Ide cerita

Aku acungin jempol buat ide cerita dan skenarionya yang berbobot dan seger banget. Meskipun berlatar belakang kerajaan tapi dialog-dialog yang di tampilkan tidak kaku dan monoton.

Jadinya kita yang nonton ga merasa bosan. Di film ini kamu ga bakal nemuin para abdi-abdi istana itu bicara seperti 'orang tua'. Karena emang rajanya yang ga suka dengan hal itu. Kalo istilah kitanya nih, ini raja gaul, gitu, lho !

Cara rajanya menyelesaikan kasus demi kasus kesannya brilian banget, dan ditambah lagi dengan ending yang menyentuh. Aaah ... aku beneran jatuh cinta dengan film ini. Jadi kalo ada yang berpendapat film bagus ga ada artinya tanpa ada adegan dewasa, buang jauh-jauh deh opini lo. Terbukti banget kok. Ini film bener-bener ga ada adegan romannya, tetap bisa keren kok.
Beneran, deh.


Visual efect dan teknologi

Latar belakang sejarah tidak lantas membuat film ini miskin visual effect. Justru disitu letak uniknya, mereka mampu menghadirkan inovasi teknologi sesuai zamannya. Di salah satu scene diperlihatkan bahwa raja berhasil mengetahui rekayasa teknologi dalam teror ikan monster. Kayaknya disinilah cikal bakal dikembangkannya kapal selam di Joseon.

Ini lho cikal bakal kapal selam di Joseon


Nilai moral

Apalah artinya sebuah tontonan, jika tidak ada muatan moral di dalamnya.
Nah, film The King's Case Note ini nilai moralnya banyaaaak banget., diantaranya aku rangkum sebagai berikut :

- Jadi pemimpin jangan harus berwawasan luas biar ga mudah diakalin bawahan atau pun lawan.
- Seorang pemimpin harus tegas dan pemberani, tidak mudah panik.
- Seorang pemimpin kudu jeli membaca situasi, tahu waktu yang tepat untuk bertindak.
- Jangan rakus sama harta, toh harta ga bakalan lo bawa mati.
- Jangan percaya sama cenayang, peramal dan sejenisnya, itu semua cuman trik belaka. *jadi ingat Demian deh, wkwkwkwk*
- Jaga kepercayaan yang diberikan orang lain dengan baik.
- Jangan mudah percaya dengan rumor yang beredar tanpa sumber yang jelas.

Oke, gais.
Demikian review film kali ini. Semoga kamu suka, ya.
Ada yang udah nonton juga ?
Share pendapatmu dong di komen.

Aku akhiri dengan pantun



Memang pahit buah mengkudu,
Apa lagi kalo di jus tanpa gula.
Terimakasih udah baca reviewku,
Aku tunggu komentarmu, ya.