Thursday, January 19, 2017

Aaahhh... aku gak tahan lagi !

Kamu-kamu tau ga sih, gais ? Beberapa hari terakhir ini aku lagi nahan diri untuk gak nulis tentang drama Korea.

Pengennya sih nulis tentang yang lain gitu, tentang anak yang lagi ujian kek, tentang penyakit-penyakit baru yang bergentayangan atau yang terbaru tentang gosip Olla Ramlan diselingkuhi.
*yang terakhir itu, hot banget ituh*

Tapi, itu semua hanya sebatas angan, karena nyatanya aku ga bisa menahan hasrat untuk menceritakan drama yang satu ini.


Goblin, Drama TV Sensasi Film Layar Lebar


Drama yang di bintangi oleh Gong Yoo dan Lee Dong Wook ini emang patut banget diacungin jempol. Kalo kamu pernah nonton film-film Hollywood yang penuh dengan efek, seperti Wars of The World, Lord of The Ring atau Harry Potter,  nah ... menyaksikan drama ini kamu-kamu bakal ngerasain sensasi yang sama.

Di episode-episode awal, drama ini dibuka dengan adegan peperangan yang efeknya keren habis. Background yang klasik, diiringi dengan backsound yang menggelegar. Bener-bener apik. Ditambah lagi dengan kekuatan akting seorang Gong Yoo yang emang udah gak diragukan lagi. Jadi buat kamu-kamu yang salama ini merasa anti dengan drama Korea yang mungkin kesannya cemen-cemen gimana gitu, saksikan drama ini deh. Aku jamin, pemikiran kamu bakal berubah seratus persen.

Sinopsis

Pada zaman dahulu kala, ada seorang jenderal perang yang tidak terkalahkan di zamannya, bernama Kim Shin yang diperankan oleh Gong Yoo. Namun sayangnya, loyalitasnya itu tidak dihargai sepantasnya oleh raja yang berkuasa. Raja muda yang masih sangat labil, dengan mudahnya dihasut oleh orang-orang di sekitarnya. Karena kecemburuannya yang besar Kim Shin pun dibunuh dengan menggunakan pedangnya sendiri ketika kembali ke istana. Dan ironisnya, jasadnya tidak dikubur atau pun dibakar, tetapi dibuang begitu saja di sebuah ladang tak bertuan. 

Kematiannya yang tidak wajar, ternyata membuat jiwa Kim Shin tetap hidup sehingga ia pun hidup dalam keabadian menjadi Goblin. Hanya ada satu cara agar jiwanya bisa mati dengan wajar, yaitu jika ia bisa menemukan wanita yang bisa melihat pedang yang tertancap di tubuhnya kemudian mencabut pedang itu. Dan wanita itu adalah pengantin Goblin.

Beberapa tahun menjelang saat ini, Kim Shin menyelamatkan seorang wanita dari kematiannya, dan ternyata wanita itu sedang hamil. Wanita itu kemudian melahirkan seorang anak perempuan yang diberi nama Ji Eun Tak (Kim Go-Eun), dan ternyata Eun-Tak ini indigo, gais. Dia bisa melihat hantu, gitu. Pada suatu malam, ibunya Eun Tak ini meninggal dunia, dan di malam itu juga Eun Tak bertemu dengan Grim Reaper yang diperankan oleh Lee Dong Wook. Yang anehnya, Grim Reaper ini ternyata lagi hilang ingatan, nih, gais. *ha..ha.. ada-ada aja ya ide cerita mereka, sampai-sampai malaikat maut pun hilang ingatan, ha..ha..ha..*

Kemampuan Eun Tak yang bisa melihat hantu itu, membuatnya bisa berkomunikasi dengan para hantu itu. Dan sejak kecil, hantu-hantu itu telah memberi bisikan kepada Eun Tak bahwa dia adalah Pengantin Goblin. 

Sejak ibunya meninggal, Eun Tak tinggal bersama keluarga bibinya. Di sini, Eun Tak diperlakukan dengan sangat buruk oleh bibi dan sepupu-sepupunya. Dari bangun tidur, hingga tidur lagi Eun Tak tidak lepas dari perkerjaan rumah tangga. Satu-satunya waktu untuk Eun Tak bisa lepas dari cengkraman mereka adalah saat jam sekolah.

Suatu hari, di hari ulang tahunnya, Eun Tak duduk menyendiri sambil memandangi laut. Mukanya sediiih banget. Eun Tak tak bisa membendung air matanya ketika mencurahkan kepedihan hatinya. Dengan kue tar di pangkuannya, Eun Tak memandang laut dengan tatapan putus asa.

Kejadian aneh tiba-tiba terjadi, sesosok makhluk tampan muncul dihadapan Eun Tak beberapa detik setelah api lilin ditiup. Wuusshh..
Inilah kali pertama pertemuan mereka.


Penokohan Karakter

Meskipun menceritakan tentang kehidupan sesosok makhluk siluman yang berusia 900 tahun lebih, tapi penggambaran karakternya tetap modern dan jauh dari kata menyeramkan. "Kesaktian" Goblin berhasil ditontonkan dengan begitu indah tanpa membuat penonton merasa lagi nonton drama kolosal ala anak negri.

Beberapa scene lucu menggelitik perut juga terjadi begitu alami antara manusia dan para makhluk siluman itu. Seperti ketika si Grim Reaper lagi jatuh cinta, trus kebingungan ketika si cewek nanyain nomor ponselnya. Bhahaha.. malaikat maut gitu, mana butuh ponsel dianya. Eh.. ga taunya si Goblin jadi sadar diri kalo ternyata dia pun ga punya ponsel, dan dia pun ga pernah pake mobil. Goblin gitu lho, mau kemana-mana kan tinggal buka pintu doang, pasti nyampe di tempat tujuan. Dia ga kenal kata jauh, juga gak kenal sama kata susah. Nah, biar kehidupan mereka lebih manusiawi, mereka pun memutuskan untuk membeli sebuah ponsel.

Tibalah waktunya mempelajari ponsel itu. Si goblin angkuh banget, dia merasa udah gak perlu diajarin, jadi dia suruh Deok Hwa untuk mengajari Grim Reaper aja. Deok Hwa pun.nurut, trus dia bilang gini, "pertama-tama kamu pergi ke playstore dulu." Tiba-tiba si goblin bergegas berdiri dan mengenakan jacketnya, trus langusng bilnag ke Grim Eaper agar bergegas untuk memakai jaket juga. Deok Hwa yang kebingungan pun bertanya, "memangnya kalian mau kemana ?" Dengan polosnya goblin menjawab, "tadi kau suruh kami pergi ke playstore, ayok kesana."
Huahahaha.

Bin..bin.. umur lo aja yang tue, 900 tahun di bumi tapi ga tau apa itu playstoe, kemane aje lo ? Hahaha..

Dan pastinya banyak lagi kejadian lucu lainnya yang sayang banget untuk dilewatin.

Makanya gais, buat kamu yang masih ragu-ragu buat nonton, buruan deh tonton. Aku jamin gak bakal kecewa. Ga percaya ? Cobain aja. Yuukk.


Chemistry yang klop dari pasangan karakter

Meskipun usia Gong Yoo dan Kim Go Eun terpaut jauh, tapi mereka mampu memainkan karakter mereka dengan begitu sempurna.

Sosok Goblin berusia 900 tahun lebih sangat pas diperankan oleh Gong Yoo. Ketenangannya karakternya seolah-olah menggambarkan bahwa dia adalah sosok mortal yang pastinya telah hidup sangat lama dimuka bumi ini, jadi tidak ada lagi hal-hal aneh yang mampu membuatnya kaget atau pun tercengang.  

Sementara Si Pengantin Goblin sendiri adalah gadis remaja yang berusia 19 tahun. Kim Go Eun berhasil memerankan kepolosannya dengan sangat baik, khas gadis remaja seumurannya. Penasaran akan banyak hal, dan tentunya ibarat bunga yang sedang merekah, keceriaannya mampu menarik perhatian orang-orang disekitarnya. Tapi dibalik keceriaan itu, sebenarnya dia adalah seorang remaja yang penuh penderitaan, ditinggal mati ibu diusia belia, dan harus hidup menderita di bawah asuhan bibinya yang sangat rakus dengan uang.

Tetapi latar belakang karakter yang benar-benar berbeda di antara mereka dapat berbaur dengan indah dalam hubungan percintaan mereka. Sang Goblin yang awalnya begitu ingin segera mengakhiri keabadian hidupnya mendadak jadi mengulur-ulur waktu karena hati kecilnya menginginkan ia bisa hidup lebih lama dengan Eun Tak. Percintaan mereka terasa romantis tanpa perlu adegan-adegan vulgar. Di sini kelihatan banget, sutradaranya dan penulisnya begitu cerdas dalam menghadirkan romansa ditengah-tengah hubungan mereka. Jemp 


Penempatan Timing Yang Pas

Drama dengan alur maju-mundur sebenarnya bisa sangat membingungkan penonton jika disajikan tanpa kronologi yang jelas. Tetapi beda dengan Goblin ini. Sutradaranya paham banget kapan harus menampilkan kisah flashback, dan kapan harus kembali ke current time. Sehingga penonton menjadi semakin paham dengan jalan cerita dan semakin hanyut dengan karakter tokoh.

Dan memang telah menjadi ciri khas drama Korea, mereka selalu berhasil menempatkan momen-momen krusial di setiap akhir episode, dan ini sudah pasti membuat penonton semakin tidak sabar menunggu episode berikutnya.

Selain itu, mereka juga menghadirkan titik klimaks yang membuat penonton nyaris lupa bernafas dan larut dalam rasa sedih berkepanjangan. Dan titik klimaks ini justru dihadirkan di episode yang tidak terduga. Hmm.. salut banget sama penulisnya yang berani "membunuh" karakter utamanya ketika masih di episode 13. Beda dengan drama-drama lain yang biasanya titik genting ini terjadi pada 2 episode terakhir, dan penonton pun jadi tahu, di episode terakhir akan ada anti klimaks.

Saat ini aku (dan penonton lain pastinya) masih saja merasakan kesedihan yang mendalam atas "hilang"nya karakter utama di Goblin ini. Dan tentu saja demi ketenangan dan kenyamanan hati sanubari, aku hanya bisa membangun skenario sendiri dan berharap banget itu Kim Shin akan kembali bereinkarnasi dan bertemu kembali dengan Eun Tak.

Semoga ya.. semoga.. yuk mari berdoa bersama-sama.





2 komentar

aku nonton juga masih sampe episode ke 13 mbak, pas pedang si goblin dicabut itu. endingnya gimana belum tau, belum dapat file filmnya hihihiii..
secara sinematografi emang menurutku drama goblin ini keren sih *sokpahamsinematografi #padahalnggaktauapa-apa hehehhee

REPLY

Aku termasuk yg baru bgt nonton dokkaebi a.k.a goblin, kalau g salah baru nonton pas bln februari, awalnya g minat,krn udah lamaaa bgt g nonton drakor, aku penyuka drakor jadul samacam fullhouse my sassy girl chun hyang coffe prince bbf pasta, aku udah g minat nonton drakor soalnya suka bikin susah move on, tapi kok orang2 pada rame ngomongin goblin lagi goblin lagi xD tau nggak difikiran aku denger kata goblin tuh malah jd inget goblin di film spiderman hahaha, trus lama2 aku coba deh nonton di youtube eps 1,2,3 loh kok seru, akhirnya donlot aplikasi viu deh nonton goblin dg cantik dr eps 4 sampe tamat g nyampe seminggu xD begadang mulu booo tiap malem, dan yess pastinya bikin susah move on :'D sudahlah ceritanya bagus, cinematografinya keren bgt hiburan buat emak2 ky aku yg jarang piknik, ost ny jugaa bagus, plus karakter n aktornya yg bikin tambah baper fiuuuhh aku harap g ada film drakor sebagus goblin lagi wkwkwk aku bahkan g nonton dots, katanya bagus juga ya & penulis ceritanya juga sama kan. Btw maaf ya komennya jadi panjang bgt gini malah curhat xD

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id