Friday, January 31, 2020

Alat yang Wajib Ada Saat Listrik Padam

January 31, 2020 0 Comments


Temaaan, ketika pemadaman listrik terjadi banyak aktifitas kita terganggu, ya. Hal itu dikarenakan saat ini kita banyak menggunakan peralatan yang membutuhkan sumber listrik untuk menyala. Makanya banyak kerugian yang ditimbulkan ketika terjadi pemadaman listrik ini. 

Selain aktifitas harian terganggu, pemadaman listrik juga membuat produktifitas pekerjaan terhambat sehingga sangat merugikan secara materil. 

Apabila terjadi pemadaman listrik paling tidak hal yang paling utama kita perlukan adalah sumber penerangan dan komunikasi, untuk itu perhatikan beberapa hal dibawah ini sebagai persiapan apabila terjadi pemadaman listrik:


1. Senter

Salah satu barang andalan untuk mengeluarkan cahaya adalah senter. Siapkan senter dengan baterai yang terisi penuh. Simpan senter pada tempat yang mudah dijangkau.

Agar alat penerangan darurat itu mudah ditemukan, tempelkan stiker yang menyala dalam gelap (glow in the dark) pada senter kamu, ya.


2. Lilin

Selain senter, sumber cahaya lain yang bisa kamu siapkan untuk mengatasi mati lampu adalah lilin. Selalu siapkan lilin dan korek api di rumah. Siapkan lilin berukuran besar agar awet digunakan hingga hitungan jam.



3. Korek gas

Meski bukan seorang perokok, tak ada salahnya jika kamu mengantongi korek gas. Sumber cahaya satu ini cukup praktis dan bisa dijadikan sebagai 'P3K' singkat saat aliran listrik terputus.

Gunakan korek gas untuk menemukan sumber cahaya lain yang lebih tahan lama seperti lilin dan lampu darurat.


4. Lampu darurat

Tak ada listrik yang mengalir? Cukup nyalakan emergency lamp alias lampu darurat.

Lampu disebut darurat karena hanya digunakan pada saat-saat tertentu. Umumnya, lampu berbentuk portable dan menyala dengan kekuatan daya yang dapat diisi ulang.


5. Power bank

Power bank tak hanya berguna saat bepergian dan sulit menemukan sumber listrik. Penyuplai daya satu ini juga bisa berguna pula saat aliran listrik terputus. Pastikan power bank selalu terisi penuh hingga sewaktu-waktu dapat diandalkan saat mati lampu.



Namun agar bisa beraktifitas dengan lancar saat pemadaman listrik, tentu saja penerangan dan alat komunikasi saja tidaklah cukup. Untuk itu penting memiliki sumber listrik cadangan agar perkerjaan bisa tetap berjalan dengan baik bila terjadi pemadaman listrik.

Salah satu sumber cadangan listrik adalah genset. Bila kamu tidak memiliki genset tidak perlu khawatir karena saat ini banyak yang telah menyediakan sewa genset

Perlu diperhatikan juga untuk mencari tempat penyewaan genset yang terpercaya, berpengalaman dan memiliki tim ahli seperti di sewatama.

Saturday, January 25, 2020

Menikmati Family Time di Area Bermain Cocoland Mall Mandau City

January 25, 2020 0 Comments


Pentingnya Family Time untuk Meningkatkan Bonding Orangtua dan Anak

Setelah berjibaku dengan rutinitas dari Senin hingga Jumat, akhir pekan adalah waktu yang paling tepat untuk digunakan sebagai family time.

Family time adalah waktu keluarga yang diisi dengan aktifitas yang melibatkan semua anggota keluarga. Seperti mengobrol bersama, bermain bersama, bercanda, beribadah bersama, makan bersama, dan kegiatan lainnya yang dilakukan bersama-sama.

Sebuah penelitian menunjukkan jika keluarga yang rutin mempraktikkan family time bisa membuat anak terhindar dari kecendrungan prilaku menyimpang di saat dewasa kelak.

Hal ini terjadi karena saat family time terjalin interaksi yang intens antara orangtua dan anak. Membuat orangtua menjadi lebih memahami karakter anak. Kepercayaan anak terhadap orangtua pun meningkat karena anak merasa lebih diperhatikan dan disayangi.

Dengan begitu ikatan emosi antara sesama anggota keluarga juga meningkat.


Sekilas tentang Mall Mandau City Duri
Kota Duri, tempat tinggalku ini boleh dikatakan minim tempat wisata dan rekreasi. Mungkin itu sebabnya mengapa Mall Mandau City selalu ramai di akhir pekan. Sebagai mall satu-satunya di kota Duri, Mall Mandau City memang belum bisa dikatakan memuaskan. Tetapi sedikit banyak kehadiran mall ini di kota Duri bisa mengurangi kegalauan para orangtua di akhir pekan.

Mall Mandau City Duri terletak di tengah kota, tepatnya di Jl. Jend. Sudirman, Duri. Berdampingan dengan bank Mandiri dan juga Swalayan Mandiri. Di depannya ada Hotel Shizuka. Posisinya memang sangat strategis dan mudah dijangkau.

Di dalam mall sendiri sudah cukup banyak fasilitas berbelanja, kuliner, dan hiburan seperti Matahari Dept. Store, Hypermart, Cabe Merah, Es Teler 77, optik Melawai, KFC, gerai Roti O, bioskop Cinemaxx, arena bermain Cocoland, dan banyak lagi lainnya.

Menikmati Family Time di Area Bermain Cocoland Mall Mandau City


Arena bermain Cocoland berada di lantai 4 Mall Mandau City. Arena bermainnya cukup luas, dengan berbagai wahana yang disukai anak-anak.

Saat kami kunjungi awal tahun 2020 lalu, ada 4 area bermain dengan wahana permainan yang berbeda.

Cocoland Adventure

Di area ini anak-anak bisa menikmati aneka permainan seperti mandi bola, perosotan, mainan edukatif, mini boat, mini train, dan lain-lain. Cocok untuk anak-anak usia 2-12 tahun. 


Oh, ya.

Di sini juga ada area untuk perayaan ulang tahun, lho. Pasti seru juga tuh, kalau pesta ulang tahun anak diadakan di Cocoland. 


Cocoland Sky Jumper

Di area ini anak-anak bisa bermain lompat-lompatan di trampolin, dan perosotan dengan seluncur ban. Anak-anak usia balita dianjurkan tidak memasuki area bermain ini. 



Kalau pun orangtua ingin mengenalkan anak dengan wahana sky jumper ini, sebaiknya dampingi anak saat bermain. Khawatirnya anak akan cedera karena bersenggolan dengan anak-anak lain, atau cedera karena wahana itu sendiri. 


Cocoland Machine Games 

Di area ini anak-anak bisa memainkan aneka permainan di machine games. Caranya isi ulang deposit kartu Cocoland, kemudian gesekkan kartu pada slot di mesin game. Saldo akan terpotong sesuai tarif setiap mesin. 



Cocoland Sky Rink

Ingin permainan yang lebih menantang, maka masuklah ke area Cocoland Sky Rink. Di sini kamu bisa merasakan sensasi bermain sky, lho. Arena ini cocok untuk anak-anak usia SD hingga remaja. 

Untuk melihat keseruannya, tonton video berikut ini, ya.



Harga Tiket Masuk dan Fasilitas yang Didapat

Harga tiket masuk Cocoland berbeda antara hari kerja dan hari libur. 

Pada hari kerja, yaitu Senin-Jumat harga tiket per area adalah Rp35.000 per anak, dan Rp20.000 untuk pendamping. 

Kebetulan kami mengunjungi Cocoland ini saat masih musim liburan tahun baru, jadi dikenai harga tiket hari libur sebesar Rp60.000 per anak, Rp25.000 untuk pendamping. 

Durasi permainan adalah 1 jam. 

Jika ingin bermain tanpa batas waktu, tarif tiket yang harus dibayar adalah Rp80.000 per anak, Rp30.000 untuk 1 orang pendamping, Rp25.000 untuk pendamping ke-2.

Mahal?
Untukku memang lumayan mahal, sih. Tetapi cukup sebanding kok dengan experience yang anak-anak dapatkan.

Di area bermain juga terdapat fasilitas loker untuk penyimpanan barang. Di loker ini kita bisa meletakkan sepatu, sendal, jacket, dan barang-barang lainnya. Tetapi demi keamanan, aku sarankan jangan menyimpan benda-benda berharga seperti dompet dan perhiasan, ya. 

Kunci loker bisa dimiliki selama berada di area permainan dengan uang jaminan sebesar Rp20.000. Uang ini akan dikembalikan setelah selesai bermain.
 
Nah, itu pengalaman keluargaku menikmati family time di Cocoland Mall Mandau City saat liburan awal tahun 2020 lalu. 

Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel lainnya.










Friday, January 24, 2020

Identifikasi Keterlambatan Bicara dengan Program Assesment Online dari Dini.id

January 24, 2020 0 Comments


Keterlambatan bicara atau speech delay pada anak seringkali dipandang sepele oleh orangtua. Mereka beranggapan hal itu biasa karena akan diimbangi dengan perkembangan dari sisi lainnya.

Psikiater Konsultan Anak & Remaja, dr. Anggia Hapsari, SpKJ (K), mengatakan bahwa perkembangan berbicara pada anak memiliki tolak ukur. Saat usia  12-13 bulan, anak seharusnya bisa memiliki satu kosa kata baru selain ‘mama’ dan 'dada'.

Anak yang mengalami speech delay  memiliki resiko terkena bermacam gangguan, seperti depresi, ansietas atau kecemasan, bahkan gangguan kejiwaan.

Mereka merasa tidak nyaman, tetapi mengalami kesulitan untuk mengungkapkannya.

Speech delay bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah lingkungan yang deprivasi. Contohnya bisa terjadi pada anak yang diajarkan multilingual di usia terlalu dini.

Interaksi sosial merupakan pondasi besar bagi kemampuan verbal anak. Kualitas interaksi antara orangtua dan anak bisa mengasah kemampuan berbahasa anak, karena anak jadi lebih mudah mengenal bahasa baru dan maknanya. Itu juga sebabnya kebersamaan orangtua saat anak bermain lebih penting dari pada mainan yang mahal.

Dalam dunia anak, bermain merupakan sarana belajar. Di saat bermain ini orangtua bisa mengarahkan hal yang baik, dan mencegah hal yang buruk dengan mengenalkan kosakata beserta contoh dalam perbuatan. Dengan begitu anak lebih mudah menyerap dan mencontohnya. Inilah pentingnya interaksi dua arah antara orangtua dan anak.


Identifikasi Keterlambatan Bicara dengan Program Assesment Online dari Dini.id


Dini.id merupakan startup yang khusus dirancang untuk memberikan program stimulasi dan intervensi dalam tumbuh kembang anak dengan memadukan antara teknologi, ilmu psikologi, orangtua, dan tim ahli.

Beberapa program Dini.id adalah:

1.Sistem assessment online gratis di website www.dini.id yang dapat mengidentifikasi keterlambatan dan potensi dalam perkembangan anak.

2.Kelas stimulasi dan intervensi sambil bermain yang dilakukan di playground-playground mitra  yang dirancang untuk mengaktifkan neuron dalam otak sehingga meningkatkan perkembangan kognitif dan menjadi dasar perkembangan tahap selanjutnya terutama untuk belajar.

3.Program assesment, observasi dan  investigasi berkala yang disupervisi oleh psikiater dan psikolog klinis untuk mengoptimalkan perkembangan anak yang berbeda-beda dan unik.

Dengan stimulasi dan intervensi dalam tumbuh kembang anak, diharapkan speech delay dapat teratasi dan anak menjadi lebih lancar berbicara.

Berikut video tentang Mengatasi Speech Delay pada Anak Usia Dini yang aku sudah tonton.



Aku suka banget karena videonya benar-benar memberi pengetahuan baru sehingga aku jadi lebih mengerti bahwa stumulasi dan intervensi itu sangat penting untuk mengatasi speech delay pada anak.













Wednesday, January 22, 2020

Pengalaman #MandiParfum Vitalis Body Wash, Aromanya Mengubah Perasaan Menjadi Bahagia

January 22, 2020 25 Comments

Sensasi Mandi Parfum Vitalis Body Wash - Setiap orang pasti ingin merasa bahagia. Berbagai cara dilakukan untuk menghadirkan rasa bahagia ini di dalam hati. Tetapi yang namanya hidup, kenyataan tidak selalu berjalan sesuai dengan harapan. Akibatnya kita pun menjadi sedih, kecewa, kesal, bahkan marah.

Untuk mengubah perasaan menjadi bahagia, orang-orang pun mencoba banyak cara. Ada yang pergi shopping, jalan-jalan, makan enak, nonton film, atau nongkrong bareng teman.

Berbeda dengan yang dilakukan orang pada umumnya, untuk mengubah perasaan jadi bahagia, aku punya cara yang unik yaitu dengan cara mencium aroma wewangian.

Aroma wewangian bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Di saat kita menghirup aroma, komponen kimianya masuk melewati bulbus olfactori, kemudian terus ke limbic sistem di otak. Limbic merupakan struktur bagian dari otak yang menjadi pusat nyeri, senang, marah, takut, depresi, dan berbagai emosi lainnya.

Jadi di saat hati sudah terasa penuh dengan energi negatif, biasanya aku segera mencari parfum, mengoleskannya ke kulit kemudian aku ciumi beberapa kali. Setelah itu biasanya hati terasa lebih ringan.






Pengalaman #MandiParfum Vitalis Body Wash, Aromanya Mengubah Perasaan Menjadi Bahagia


Begitu mendengar kabar Vitalis meluncurkan produk body wash, aku langsung bersorak girang.

Bagiku ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan karena aroma wewangian Vitalis tidak lagi hanya sebatas parfum, tetapi juga bisa dinikmati saat mandi. Wah, ini benar-benar #MandiParfum namanya.


Sebagai pencinta aroma wewangian, tentu saja kabar baik ini tidak boleh aku lewatkan begitu saja. Tanpa buang waktu lagi, aku segera menuju kamar mandi untuk mencoba mandi keharuman dari Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash.


3 Aroma Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash yang Wanginya Mampu Mengubah Perasaan jadi Bahagia



Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash White Glow




Botolnya yang berwarna merah muda berhasil memancing hasratku memilihnya menjadi yang pertama untuk kucoba keharumannya.

Begitu tutup botol kubuka, aroma wangi fruity langsung menyeruak. Parfum yang digunakan untuk variant ini adalah perpaduan manisnya Cherry dan Raspberry, disusul dengan wangi Marshmallow & Gardenia yang lembut dan elegan, dibungkus dengan kombinasi Woody & Suede yang glamour dan long lasting. Aromanya memberi ketenangan, membuat hati, tubuh, dan pikiran menjadi rileks.

Tidak mengherankan sih, gais, karena Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash White Glow ini mengandung ekstrak Licorice dan susu.

Ekstrak Licorice mampu mengendalikan kadar hormon kortisol yang berlebih dalam tubuh, sehingga kita terhindar dari stress.

Kandungan susu dalam Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash White Glow bermanfaat dalam menjaga kelembaban kulit, merawat kulit agar bersih dan tampak cerah bersinar.


Setelah mandi dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash White Glow ini aku benar-benar merasa terlahir kembali, dengan perasaan baru yang lebih positif dan bahagia.



Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle




Setelah bermanja-manja dengan keharuman Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash White Glow, aku semakin tidak sabar untuk mencoba Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle.


Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle ditempatkan pada botol berwarna hijau yang dari tampilannya saja sudah terbayang kesegaran yang bisa dinikmati. Variant ini menggunakan parfum yang diawali dengan segarnya wangi Bergamot, diikuti wangi Floral Bouquet yang elegan feminin dan disukai wanita, ditutup dengan Musk Amber yang long lasting.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle mengandung ekstrak Yuzu Orange dan Green Tea.

Pantas saja aroma Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle ini segar dan unik seperti perpaduan 3 aroma buah, yaitu lemon, jeruk mandarin, dan juga grapefruit, membuat moodku terasa jadi lebih baik.

Ekstrak Yuzu Orange selain aromanya yang unik, juga bermanfaat dalam menjaga kelembaban kulit.

Ekstrak Green Tea bermanfaat dalam mencerahkan kulit, membuat kulit tampak glamour dan dikagumi. Selain itu aromanya yang sejuk mampu memberi efek ketenangan dan relaksasi bagi tubuh.

Setelah mandi keharuman dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle ini aku merasa suasana hatiku menjadi baik dan ceria.



Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Soft Beauty




Waktu terasa begitu lama berputar, karena aku udah ga sabar menunggu pagi ingin mencoba mandi dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Soft Beauty.


Botolnya berwarna ungu, menggambarkan karakter yang ekslusif dan elegan.

Aroma Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Soft Beauty ini sangat lembut, memberi efek menenangkan sekaligus menceriakan, sehingga memunculkan hasrat untuk bersenandung bahagia. Tidak mengherankan memang, karena variant ini menggunakan perpaduan parfum yang diawali dengan wangi segar Fruity Aldehydic, dilanjutkan dengan wangi Rose & Violet yang feminine, diakhiri dengan manisnya Tonka Bean & Sandalwood yang premium.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Soft Beauty mengandung ekstrak alpukat dan vitamin E.

Ekstrak alpukat bermanfaat dalam melembabkan kulit, karena kaya akan minyak dan juga vitamin E, serta antioksidan yang baik bagi tubuh.

Setelah mandi dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Soft Beauty aku merasa kepercayaan diriku meningkat drastis. Aroma wanginya yang glamour dan elegan berhasil mengubah suasana hatiku yang down menjadi lebih percaya diri dan bahagia.


Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Memberi Pengalaman Mandi yang Berbeda


Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash merupakan body wash yang memiliki kandungan “superior parfum” yang memberi manfaat baik sesuai dengan kebutuhan kulit wanita Indonesia. Aroma parfumnya yang wangi dan segar, memberikan pengalaman mandi parfum berbeda dan lain dari yang pernah ada.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Aman dan Halal


Ada yang khawatir dengan keamanan dan kehalalan dari Vitalis Body Wash ini?

Don't worry be happy, gais.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash ini sudah terdaftar di BPOM, jadi pasti aman karena terbuat dari bahan-bahan alami dan aman untuk kulit.

Bagi kamu yang beragama Islam juga tidak perlu ragu untuk menikmati keharuman sabun kecantikan dari Vitalis ini karena sudah memiliki label halal dari MUI, jadi aman untuk digunakan beribadah. Apalagi kita sangat dianjurkan untuk bersih dan wangi saat beribadah, karena aroma wangi disukai oleh para malaikat.



“Happiness radiates like the fragrance from a flower and draws all good things toward you.” 

~Maharishi Mahesh Yogi~


Sejatinya kebahagiaan adalah sebuah perasaan yang positif dan menggairahkan, yang setiap manusia bisa rasakan dari hatinya yang terdalam. Sayangnya banyak orang yang berusaha mencari kebahagiaan di tempat-tempat yang salah dan justru berakhir dengan kehidupannya yang jauh lebih menderita dari sebelumnya.


So, gais.


Jika kamu merasa kesulitan untuk menemukan sumber kebahagiaan. Mengapa tidak mencoba mengubah hatimu untuk jadi bahagia.

Seperti yang aku lakukan ini, dengan menikmati aroma wewangian saat #MandiParfum Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash.

Vitalis Body Wash ini mudah ditemukan karena sudah ada di toko-toko dan mini market di sekitar rumah kita. Harganya pun terjangkau banget, temaaan. Untuk yang ukuran 200ml harganya 19 ribuan aja, lho. Jadi aku bener-bener yakin banget, bakal beli lagi, trus pake sampe habis, trus beli lagi-pake lagi-beli lagi-pake lagi gaaak bosan-bosan. Hehehe. Karena buatku Vitalis Body Wash ini sudah jadi kebutuhan.

Kamu sudah beli, belum?





















































Sunday, January 19, 2020

Mitsubishi Truk Terbaik

January 19, 2020 0 Comments

Transportasi sudah tidak lagi menjadi keinginan, melainkan sudah menjadi kebutuhan semua orang. Bayangkan saja hanya dengan kendaraan saja kita sudah bisa sampai ke lokasi tujuan lebih cepat dibanding berjalan kaki. Tidak hanya untuk mengantar orang tapi juga barang dengan menggunakan truk. Mitsubitshi masih menjadi truk Indonesia terbaik sampai saat ini.

Tidak heran jika penjualan truk di Indonesia masih tinggi dan tidak kalah dengan kendaraan-kendaraan bermotor lainnya. Pada produk Mitsubitshi juga terdapat banyak jenis truk sendiri yang bisa kita jadikan pilihan untuk menjalankan bisnis, khususnya untuk mengantarkan barang dalam jumlah yang besar dan juga terpaut jarak yang cukup jauh.

Jenis Truk Mitsubitshi


Tractor Head Truck



Yang pertama adalah Tractor Head Truk, sesuai dengan namanya truk yang satu ini hanya menyediakan bagian kepalanya saja sebagai daya tarik muatan. Fungsinya mirip seperti lokomotif yang menarik gerbong di bagian belakangnya. 

Tractor Head Truk memiliki ukuran 6x4 dan mampu menarik muatan dengan bobot 36 Ton.


Medium Duty Truck



Selanjutnya adalah Medium Duty Truck dengan ukuran yang sedikit lebih besar dibanding Ligth Truck Duty. Paling kecilnya saja berukuran 4x2 sampai 6x3 yang bisa mengangkat beban mencapai 26 ton. Tentu mesin yang digunakan sangatlah besar karena menggunakan mesin yang berukuran 240 sampai 270 PS yang di kontrol dengan Electronic Control Unit (ECU).


Light Truck Duty



Dan yang terakhir adalah jenis Light Truck Duty yang banyak digunakan para pengusaha bahan mentah atau ekspedisi untuk mengantar pesanan. 

Untuk yang satu ini bisa mengangkat beban mencapai 8,4 ton untuk sekali antar. Tidak ketinggalan juga fitur yang lengkap sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara. Dan juga penyelarasan putaran mesin dan juga roda agar hemat bahan bakar.

Masing-masing truk yang sudah dijelaskan di atas merupakan yang ada di Indonesia. Untuk mendapatkannya pun tidak sulit, jika teman-teman menginginkan brand Mitsubitshi, bisa langsung menghubungi distributor resmi Mitsubishi Fuso. Banyak variant warna dan model yang bisa kita pilih, tidak perlu ragu untuk masalah performanya.

Sunday, January 12, 2020

Haru Biru di Puncak Acara Wisuda STTB XIV 2020

January 12, 2020 0 Comments


Sabtu, 11 Januari 2020, akan menjadi hari yang tidak terlupakan oleh mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, karena hari ini adalah puncak acara Wisuda STTB XIV 2020.

Bertempat di Harris Hotel and Convention Hall Bojonglia Kaler, Kota Bandung. Acara dimulai sejak pukul 08.00-12.15 WIB. Pada acara wisuda tahun 2020 ini, STTB meluluskan mahasiswanya sebanyak 209 orang, dengan komposisi 113 orang dari Prodi Teknologi Industri, 70 orang dari Prodi Teknik Informatika, dan 26 orang dari Prodi Desain Komunikasi Visual.

Perjuangan mereka selama beberapa tahun di kampus STTB ini tentu patut mendapat apresiasi dari banyak pihak, karena di tengah gempuran godaan kenikmatan sesaat, mereka berhasil merampungkan pendidikan, mempersembahkan gelar sarjana bagi orangtua yang tercinta.

Coba saja bayangkan, orangtua mana yang tidak akan bangga buah hati tercinta telah lulus dan menyandang gelar sarjana dari kampus berkualitas seperti STTB ini. Berderet doa dan harapan pasti melangit di hari ini.

Haru Biru di Acara Puncak Wisuda STTB XIV 2020


Acara Wisuda STTB XIV 2020 ini dibuka dengan tarian Jaipong sebagai tarian selamat datang yang dibawakan dengan begitu indah oleh Unit Seni Tari STTB. Tari Jaipong sendiri merupakan tari tradisional yang berasal dari Pasundan.

Usai pertunjukan tarian, acara dilanjutkan dengan lagu Indonesia Raya dan Mars STTB yang dinyanyikan oleh Paduan Suara STTB.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan dan laporan prestasi para dosen yang disampaikan oleh Ketua STTB, yaitu Bapak Muchammad Naseer, S. Kom, M.T.

Berurutan setelahnya adalah kata sambutan yang disampaikan oleh Pembina Yayasan, dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi.

Rasa haru biru terasa begitu kuat ketika sosok DR.Ing.Ilham Akbar Habibie, M.B.A tampil sebagai keynote speaker.



DR.Ing.Ilham Akbar Habibie, M.B.A merupakan putra pertama dari Alm. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie yang baru saja berpulang beberapa waktu lalu. Melihat sosok DR.Ing.Ilham Akbar Habibie, M.B.A yang begitu mirip dengan ayahnya, membuat kerinduan akan sosok almarhum pun sedikit terobati.

DR.Ing.Ilham Akbar Habibie, M.B.A menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0.

Beberapa poin penting yang beliau sampaikan adalah bahwa ekonomi di masa mendatang harus mengandalkan inovasi. Untuk itu terdapat empat hal yang perlu diperhatikan oleh negara manapun di dunia ini untuk mencapai potensi maksimal di masa depan:

1. Berinvestasi ke Human Capital
2. Berinvestasi ke Ilmu Pengetahuan & Teknologi (IPTEK)
3. Membina dan mendukung Inovasi & Kewirausahaan
4. Meminimalkan Kemiskinan


Inovasi ini sangat dibutuhkan dalam menjawab beberapa megatrends global yang mengubah dunia, seperti:

1. Urbanisasi cepat
2. Perubahan iklim dan kelangkaan sumber daya
3. Pergeseran kekuatan ekonomi global
4. Perubahan demografi dan sosial
5. Gebrakan teknologi

Proses inovasi berawal dari ide yang diwujudkan dalam bentuk produk atau jasa dengan menyambungkan teknologi dan kewirausahaan. Alurnya prosesnya adalah sebagai berikut:

1. Ideasi
Biasanya dilakukan langsung oleh sang inovator sendiri, yang tidak jarang juga disempurnakan oleh rekannya.

2. Purwarupa
Mulai ada interaksi dengan inkubator.

3. Industrialisasi
4. Komersialisasi
Fase 3 dan 4 sudah sepenuhnya berkerja di inkubator.

Para Wisudawan dan Skripsi Terbaik di Wisuda XIV STTB 2020
Di momen wisuda XIV STT Bandung tahun 2020 ini tercatat beberapa nama wisudawan dan skripsi terbaik. Berikut nama-nama mereka:


SKRIPSI TERBAIK PRODI TEKNOLOGI INDUSTRI :


1. Nama : Virgiawan Candra Bhakti, S.T
Judul : Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed Dengan Pendekatan Karakuri

2. Nama : Indra Rukmana, S.T
Judul : Optimasi Produk Dyeing Finishing dengan Metode Integerlinear Programming

3. Nama : Zaenal Uyun, S.T
Judul : Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Mulitifungsi Ergonomis untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei Engineering


WISUDAWAN TERBAIK PRODI TEKNOLOGI INDUSTRI

Nama : Dheyu Laksmi Wulandari, S.T


SKRIPSI TERBAIK PRODI TEKNOLOGI INFORMATIKA


1. Nama : Deri Hermawan, S.Kom
Judul : Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Bebasis Android

2. Nama : Regina Sukma Citra, S.Kom
Judul : Klasifikasi Ujaran Kebencian dengan Metode Naive Bayes Classification di Sosial Media Facebook Berbasis Web

3. Nama : Yasti Aisyah Primianjani, S.Kom
Judul : Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik KWH Meter Pascabayar Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler


WISUDAWAN TERBAIK PRODI TEKNOLOGI INFORMASI


Nama : M. Rizal Mutaqin, S.Kom.


SKRIPSI TERBAIK PRODI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL


1. Nama : Andri Setiawan, S.Ds
Judul : Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah

2. Nama : Bagus Arya Suseno, S.Ds
Judul : Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung

3. Nama : Luthfi Alfaritzi, S.Ds
Judul : Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung


WISUDAWAN TERBAIK PRODI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Nama: Tiffani Zeta D, S.ds



Penandatanganan MOU dan Penutup


Di kesempatan ini, STTB juga melakukan penandatangan MOU dengan beberapa pihak, yaitu PT. Dirgantara Indonesia, Jasa Marga, dan Biofarma.





Acara Wisuda XIV STTB 2020 ditutup dengan rangkaian acara terakhir yaitu penyampaian kesan dan pesan para wisudawan selama menempuh pendidikan di STT Bandung yang disampaikan oleh perwakilan wisudawan. Kemudian dilanjutkan dengan pengucapan janji wisudawan serta pemberian apresiasi dan puisi untuk para orang tua. Sebagai penutup, dikumandangkan lagu kebangsaan “Bagimu Negeri” dan “Syukur” serta pembacaan doa.

Rasa puas, bangga yang berbalut rasa syukur tampak jelas di wajah para wisudawan dan juga semua hadirin yang menghadiri puncak acara Wisuda XIV STTB 2020. Semoga para wisudawan bisa mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya guna memajukan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Acara Wisuda XIV STTB 2020 ini juga diliput oleh Pasukan Blogger Joeragan Artikel, lho.



Sampai jumpa di acara liputan lainnya ya, gais.
See, you.










Friday, January 10, 2020

Uniknya Mesin Kasir SPOTS di Gerai Potato Potate

January 10, 2020 16 Comments


Bagiku liburan akhir tahun 2019 lalu menjadi momen yang tidak akan terlupakan seumur hidup.. Selain menyegarkan pikiran dengan jalan-jalan, aku juga mendapat banyak pengalaman seru saat mengunjungi banyak tempat dan juga saat berbelanja di beberapa pusat kuliner. Salah satu yang tidak terlupakan adalah saat aku terkagum-kagum dengan uniknya mesin kasir SPOTS di gerai Potato Potate, di mall Living World Pekanbaru.

Aku masih ingat dengan jelas jam menunjukkan waktu pukul 2 siang, saat kami sampai di mall Living World Pekanbaru setelah dari pagi menjelajah area wisata lainnya yang ada di Pekanbaru.

Aroma wangi kentang goreng langsung menyeruak ketika kaki kami memasuki area lantai 1. Aroma itu berhasil menuntun mataku untuk mencari sumbernya, yang ternyata tidak jauh dari tempat kami berdiri.

Hmm... Pas banget, deh. Perutku memang udah teriak-teriak minta diisi dari tadi. Sebagai penikmat kentang sejati, tentu saja kesempatan emas ini tidak aku lewatkan sedikit pun. Tanpa buang waktu lagi, segera ku gandeng tangan suami dan Aira menuju gerai Potato Potate.



Potato Potate ini menghadirkan terobosan terbaru dalam bidang french fries, yaitu kentang goreng yang diolah dengan bumbu khusus dan disajikan dalam bentuk stik panjang dengan aneka toping yang bisa dipilih sesuai selera. Rasanya gurih dan garing di bagian luar, namun tetap lembut di bagian dalamnya.




Untuk harga pun aku merasa masih cukup terjangkau. Satu porsi Potato Potate dibandrol dengan harga 25 ribu rupiah. Porsinya cukup banyak, lho. Alhamdulillah, beneran bikin kenyang.

Mungkin karena sudah lewat waktu makan siang, pengunjung tidak lagi begitu ramai. Itu terlihat jelas dari beberapa meja yang masih berisikan peralatan makan pengunjung sebelumnya.

Setelah mendapatkan meja kosong, aku segera menuju meja counter untuk memesan. Sementara pesananku diproses, mataku jelalatan melihat ke arah meja kasir. Aku merasa ada yang aneh di meja kasir Potato Potate ini, karena tidak tampak adanya mesin kasir seperti pada umumnya. Sampai-sampai dalam hati aku bertanya, "Apa iya mereka totalin harga pesanan masih pake cara konvensional? Hari gini ga pake mesin kasir? Jadi pesimis bisa bayar kartu debit." Aku masih saja menggerutu dalam hati.

Tetapi semua pertanyaan dan penilaianku di dalam hati tadi tentu saja salah total. Justru aku yang kuno, Potato Potate mah kekinian banget. Mereka ga pake mesin kasir yang monitornya kayak layar tivi itu, gais. Mereka justru pake mesin kasir portable yang all-in-one-device juga, yaitu Mesin EDC SPOTS.

Apa itu SPOTS?

SPOTS merupakan mesin kasir online dengan sistem point of sale untuk mengelola pesanan. Produk ini adalah bagian dari Gojek, yang bertujuan untuk memudahkan para pemilik UMKM dan franchise dalam bertransaksi. Saat ini Mesin EDC Gopay sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia. 




Mesin EDC dengan Kartu Debit
Saat diluncurkan pertama kali, SPOTS hanya mengandalkan Gopay saja. Jadi untuk bertransaksi di mesin ini pelanggan harus menggunakan saldo Gopay mereka.

Sekarang Mesin EDC Gopay ini sudah bisa digunakan untuk transaksi pembayaran dengan kartu debit yang ada di Indonesia seperti kartu debit BCA, BRI, Mandiri, CIMB Niaga, BNI, dan lain-lain. Dalam beberapa waktu ke depan juga akan support untuk transaksi dengan kartu kredit.



Cara Menggunakan Mesin EDC Gopay
1. Masukkan pesanan pelanggan, kemudian pada 'detail pesanan', pilih 'pembayaran'.

2. Kemudian klik 'kartu debit'.

3. Cek kartu debit pelanggan, apakah memiliki chip atau tidak.

4. a. Jika kartu debit pelanggan memiliki chip, maka masukkan kartu pada slot di bagian bawah mesin EDC.

b. Jika kartu tidak memiliki chip, maka gesekkan kartu pada slot di samping mesin EDC dengan magnetic stripe menghadap ke dalam.

5. Cocokkan nomor yang ada di kartu dengan nomor yang muncul di layar mesin EDC, jika cocok, maka tekan tombol 'konfirmasi'.

6. Selanjutnya minta pelanggan untuk memasukkan PIN. Informasikan kepada pelanggan, bahwa keypad PIN pada Mesin EDC Gopay bersifat acak, demi keamanan PIN customer.

7. Mesin akan mengeluarkan struk bukti transaksi.


Keuntungan Menggunakan SPOTS

Dengan perangkat SPOTS ini, pemilik UMKM akan sangat diuntungkan, karena diberi beragam kemudahan seperti berikut ini.

1. Kemudahan mengatur menu produk.

Dengan aplikasi SPOTS ini, pemilik usaha akan sangat terbantu dalam hal mengatur jumlah menu atau produk, mulai dari foto, hingga harga. Semuanya bisa diinput manual, atau bisa juga dengan impor data dari GoFood.

2. Menerima pesanan lebih cepat.

Bagi merchant yang sudah berkerjasama dengan GoFood, setiap ada pemesanan via GoFood maka mesin EDC SPOTS akan menerima notifikasi secara real time. Hal ini tentu saja membuat segalanya jadi lebih efisien. Merchant bisa langsung menyiapkan pesanan, dan begitu driver datang pesanan bisa langsung dibawa.

3. Bisa menerima pembayaran dengan banyak cara.

Dengan adanya mesin EDC SPOTS ini merchant bisa menerima pembayaran dalam banyak cara. Bisa via saldo gopay, via kartu debit, dan beberapa waktu ke depan juga bisa dengan kartu kredit.

SPOTS merupakan mesin EDC pertama yang memiliki 3 opsi pembayaran ini. Hal ini tentu saja membuat transaksi di merchant bisa berjalan dengan lancar.

4. Bisa mencetak resi secara instant.

Mesin EDC SPOTS ini sangat ringan dan mudah untuk digunakan karena sudah dilengkapi dengan layar sentuh dan juga thermal printer yang bisa mencetak resi dengan cara instant. Sehingga merchant bisa lebih hemat, tanpa harus membeli perangkat mesin kasir yang mahal.

5. Mudah melihat laporan penjualan.

Satu perkerjaan yang membutuhkan effort besar dalam berjualan adalah pencatatan transaksi, karena dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi agar data yang diinput di laporan transaksi sesuai dengan jumlah uang yang diterima.

Dengan adanya mesin EDC SPOTS ini pencatatan transaksi penjualan dan pembayaran sudah dilakukan secara otomatis, sehingga laporan penjualan pun bisa dilihat kapan saja, dan pastinya juga lebih akurat. 



So, untuk kamu yang saat ini sedang merintis usaha kuliner, sekarang saatnya untuk mencoba menggunakan mesin kasir online SPOTS ini agar bisnis kamu lebih mudah dikelola.

Mesin EDC Gopay ini bisa didapat dengan cara melakukan pendaftaran di website SPOTS dengan biaya pendaftaran sebesar Rp490.000, dan biaya transaksi sebesar Rp4.900 per hari. Dengan fitur yang integratif dan berkualitas, harga tersebut sangatlah terjangkau.

Bagaimana, Teman. Tertarik untuk menggunakan SPOTS dalam bisnis kamu? Silakan baca informasi lengkapnya di spots.co.id, ya.






























Thursday, January 9, 2020

Kenali, Penyebab Keringat Berlebih yang Beresiko Penyakit

January 09, 2020 0 Comments


Keringat merupakan hal yang normal, sebagai pertanda bahwa tubuh sehat karena saat berkeringat tubuh sedang mengeluarkan zat sisa metabolisme. Tetapi, jangan abaikan jika volume keringat lebih dari biasanya. Keringat berlebih patut diwaspadai, karena beresiko menyebabkan penyakit. Ayo, kenali lebih dekat penyebab keringat berlebih pada tubuh.

Tubuh bisa mengeluarkan keringat yang berlebih ketika kita sedang mengonsumsi makanan pedas, berolahraga, atau saat cuaca panas. Itu adalah hal yang wajar karena tubuh sedang melakukan proses mekanisme yang seharusnya. Tapi, waspadailah jika tubuh berkeringat disaat cuaca dingin, atau saat berada di ruangan ber-AC. Bisa jadi itu pertanda bahwa tubuh kita mengidap penyakit tertentu.


Kenali, Penyebab Keringat Berlebih yang Beresiko Penyakit


1. Kadar gula rendah

Normalnya, kadar gula darah berada pada kisaran angka 70-100 miligram per desiliter. Jika kadar gula darah berada di bawah 70, maka tubuh akan mengeluarkan keringat berlebih, terutama pada bagian belakang leher.  Segeralah makan dan minum, agar kadar gula darah kembali normal.

Jangan dibiarkan berlarut-larut karena akan beresiko menyebabkan hipoglikemia akut, yang beresiko mengakibatkan penurunan kesadaran dan kejang, hingga kerusakan permanen pada otak.


2. Stress

Stress juga bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat berlebih. Waspadailah jika kamu mengalami serangan panik dan stress dengan kehidupan sehari-hari, karena itu bisa menjadi gejala awal anxiety atau gangguan kecemasan. Segeralah hubungi tenaga profesional untuk membantu kamu mengendalikan rasa stress agar kelebihan keringat bisa dikontrol.


3. Hipertiroid

Hipertiroid terjadi ketika kelenjar tiroid menjadi hiperaktif sehingga memproduksi hormon tiroid dalam jumlah banyak. Akibatnya, proses-proses dalam tubuh pun berlangsung dengan lebih cepat, termasuk proses metabolisme. Sehingga menyebabkan keringat berlebih pada tubuh.

Hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena kelebihan hormon tiroid ini juga bisa memicu penyakit lainnya seperti jantung berdebar keras, sulit tidur, diare, penglihatan menurun, dan banyak lagi lainnya.


Itulah beberapa penyebab keringat berlebih yang patut kita waspadai ya, Teman. Ayo, tingkatkan pola hidup yang baik dan sehat agar kita selalu terjaga dari berbagai gangguan kesehatan. Dan satu hal yang perlu diingat, jika mengalami keringat berlebih dalam situasi normal, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.