promo enfa

Friday, November 29, 2019

Rempong tapi Asyik. Ini Kisah Seruku Saat Traveling dengan Baby Dzi

November 29, 2019 0 Comments
Masa-masa pasca melahirkan merupakan moment yang paling hectic bagi seorang ibu. Terlebih lagi saat itu aku mengalami jahitan perineum yang cukup banyak, jadi bisa dibayangkan betapa sulitnya mengurus bayi sendiri dengan kondisi tubuh yang belum pulih maksimal.

Jika diturutkan emosi, bisa saja depresi menghampiri. Luka jahitan masih nyeri, otot-otot tubuh terasa kram, tapi masih harus mengurus bayi seorang diri. Baru saja diberi ASI, dia ngompol. Baru saja popoknya diganti, dia pup. Baru saja mencoba memejamkan mata, bayi bangun lagi karena pengen ASI. Begitu terus dari pagi sampai pagi lagi.

Alhamdulillah, masa-masa berat itu sekarang telah berlalu. Aku bersyukur meski pun terasa sangat sulit, tapi aku masih bisa mengendalikan diri untuk tidak stress. Aku bersyukur karena melewati masa-masa sulit itu tidak sendirian. Ada suami yang senantiasa memberikan cinta, ada mertua yang senantiasa memberi semangat. Ada sahabat yang selalu mengantarkan cerita lucu. Jadi tanpa terasa semua kesulitan itu berlalu dengan sendirinya.

Sadar bahwa dirinya tidak bisa membantu banyak dalam mengurus Baby Dzi, suami pun menghadiahi izin untuk traveling dengan anak-anak. Kebetulan waktu itu bertepatan dengan masa liburan sekolah kakak, jadi kami pun pergi berlibur ke Pekanbaru.

Traveling sambil membawa bayi, rempong gak, sih?

Rempong bangeeeet.
Hahaha.

Baca juga: Tips Berpergian dengan Bayi

Karena kemana pun pergi bawaan ga bisa sedikit. Harus ada tas yang bisa menampung diapers, pakaian ganti, termos air dan makanan bayi, dan peralatan makan bayi. Dan satu lagi yang gak boleh lupa yaitu baby stroller.



Berjalan-jalan sambil membawa bayi itu bukan mudah, karena tidak mungkin untuk menggendongnya terus. Bisa-bisa remuk tulang punggung kalau menggendong bayi seharian. Karena itulah dibutuhkan baby stroller.

Dengan adanya baby stroller, traveling dengan bayi pun menjadi asyik untuk dilakukan, karena stroller tidak hanya berguna untuk mobile bersama bayi, tetapi ketika bayi mengantuk pun bisa ditidurkan di baby stroller. Sambil digoyang-goyang, bayi pun tidur nyenyak. Selain itu barang bawaan juga bisa diletakkan di bagian bawah baby stroller. Jadi ibunya tetap bisa menikmati perjalanan dengan nyaman tanpa harus terbebani dengan barang-barang bawaan.

So, bagi teman-teman yang pengen traveling dengan bayi jangan galau, ya. Asal ada baby stroller dijamin acara jalan-jalan bakal tetap terasa seru dan asyik.

Oh, ya. Baby stroller itu banyak pilihannya, ya. Kalau teman-teman pengen tahu jenis stroller bayi dan harganya bisa dilihat di Blibli. Di situ banyak banget pilihannya.

Jelang Hadapi Malaysia, Menpora Semangati Timnas

November 29, 2019 0 Comments


Menyambut laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia menghadapi Malaysia, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainuddin Amali memberikan dukungan bagi Yanto Basna cs. Seperti dikutip dari Bola Nusantara, Menpora berpendapat bahwa timnas senior harus mencontoh semangat juang yang ditunjukkan oleh timnas junior.

Meski saat ini Indonesia berada di posisi juru kunci dengan empat kekalahan dari empat pertandingan, menurut Menpora timnas tetap harus menunjukkan perlawanan menghadapi Malaysia yang akan disemangati oleh publik sendiri. Semangat yang ditunjukkan oleh timnas U-19 dan U-22 diharapkan menular kepada timnas senior.

“Saya kira semangat yang sudah diperlihatkan timnas U-19 dan U-22 kemarin harus ditiru yang senior,” ujar Zainudin kepada pers.

“Spirit itu harus menular ke timnas senior. Meskipun kita sudah tidak ada target lagi, timnas senior harus tetap termotivasi,” sambung pria berusia 57 tahun tersebut.

Timnas U-19 belum lama ini berhasil melaju ke putaran final Piala AFC U-19 dengan status sebagai pemuncak grup, sedangkan timnas U-22 baru saja menaklukkan raksasa Asia, Iran, dalam laga uji coba.

Laga melawan Malaysia merupakan laga kelima timnas di Grup G, sekaligus pertemuan kedua dengan Harimau Malaya yang sebelumnya berakhir dengan kekalahan 3-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 5 September silam.



Flu yang Diderita Anak Teratasi dengan Cara Alami Berikut

November 29, 2019 0 Comments


Anak-anak cenderung lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Ini disebabkan oleh antibody atau sistem imun tubuh sang anak yang belum sempurna dan ganasnya penyakit yang datang menyerang sang anak. Salah satu penyakit yang seringkali dialami oleh anak-anak adalah flu dan pilek.

Flu dan pilek yang diderita oleh anak-anak akan membuatnya rewel karena kesulitan bernapas. Selain itu, sang anak juga akan merasa tidak nyaman karena flu secara terus menerus. Untuk mengobatinya, sebetulnya Anda bisa memberikan Corticosteroid Nasal Spray goapotik. Akan tetapi, tak jarang orang tua yang memilih untuk melakukan pengobatan dengan cara yang alami. Beberapa cara alami berikut bisa dipilih untuk mengatasi penyakit yang umum menyerang anak-anak tersebut.


Berikan Sup Ayam Hangat

Saat pilek, kita tentu membutuhkan sesuatu yang hangat. Minuman hangat seperti teh atau jahe hangat bisa menjadi solusi yang praktis agar dapat melancarkan hidung yang tersumbat. Tapi, untuk anak-anak, Anda bisa memberikan sup ayam hangat sebagai sajian saat sang anak sedang menderita flu atau pilek.

Sup ayam hangat dengan tambahan lada di dalamnya dapat memberikan kehangatan dalam tubuh anak-anak. Anda bisa membuatkan sup ayam hangat untuk membantu mengatasi pilek yang sedang diderita sang anak agar bisa segera mereda. Selain itu, menu sup ayam hangat juga sangat cocok apabila diberikan saat cuaca sedang tidak bagus atau ketika musim penghujan tiba.


Berikan Probiotik

Mengatasi pilek pada anak-anak bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Selain menggunakan sesuatu yang hangat agar dapat mencairkan hidung yang mampet, Anda juga bisa memberikan perlindungan dari dalam tubuh sang anak agar dapat meredakan pilek yang dideritanya. Salah satunya yakni dengan menggunakan probiotik.

Probiotik yang baik bagi tubuh manusia dapat membantu menjaga sistem imun tubuh manusia. Bakteri baik yang masuk ke dalam tubuh dapat bekerja sebagai sistem imun yang membuat tubuh kita lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit. Anda dapat memberikan probiotik kepada anak Anda agar sistem imun tubuhnya bekerja dan membantu mengatasi pilek yang dideritanya. Sehingga, sistem pernapasannya akan kembali lancar dan membuatnya bisa beraktivitas secara normal kembali.



Langkah pengobatan alami atau medis sangat dibutuhkan agar anak-anak bisa merasa nyaman dengan kondisi tubuhnya lagi. Selain itu, siapkan juga obat-obatan yang dibutuhkan sang anak saat sewaktu-waktu ia jatuh sakit. Vometa tablet untuk perut kembung bisa menjadi salah satu obat yang perlu dipersiapkan saat Si Kecil mengalami masalah pada sistem pencernannya.

Suka Duka Jualan Pulsa

November 29, 2019 1 Comments


Semenjak diproduksinya ponsel sebagai alat komunikasi, orang-orang pun mulai banyak yang berjualan pulsa.

Bukan rahasia lagilah, sekarang orang rela ga makan enak asalkan ponsel selalu ada pulsanya. Terlebih lagi semenjak smartphone diluncurkan, kebutuhan orang akan pulsa tidak lagi sebatas untuk menelfon atau kirim pesan singkat karena dunia internet begitu membius. Biarlah makan pake tahu dan tempe, asalkan internet selalu on.

Berkat internet orang-orang bisa melakukan banyak hal hanya dengan sebuah ponsel. Mulai dari main game, menonton film, belajar, membaca, bahkan berbisnis pun bisa dilakukan.

Oleh karena itulah, jumlah pedagang pulsa pun semakin hari semakin banyak.

Sebagai ibu rumah tangga yang kekinian, jelas aku ga mau ketinggalan. Aku pun turut meramaikan kancah penjualan pulsa di negeri ini. Lagian modalnya juga ga perlu gede kok, gais. Dengan 100.000 aja udah bisa, kok.

Baca juga: Modal 100 Ribuan, Ini Dia Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet

Tapi, kalian tahu gak, gais? Banyak banget cerita suka duka aku selama berjualan pulsa ini. Semuanya akan aku kupas secara tajam ceritakan dengan detail, dengan harapan kalian bisa mengambil hikmahnya.

Suka Duka Jualan Pulsa


Hal-hal yang menyenangkan saat jualan pulsa.

1. Mau isi pulsa ga repot lagi.

Setiap kali kehabisan pulsa aku ga perlu repot lagi ke luar rumah, karena cukup pencet-pencet keyboard hape, pulsa hape pun langsung terisi.

Gitu juga dengan token listrik. Kapan pun meterannya 'menjerit' aku bisa isi, jadi ga perlu was-was kalo meteran listrik berbunyi tengah malam.

Jadi lebih hemat tenaga, hemat waktu, dan pastinya hemat uang juga karena bisa beli pulsa dan token listrik dengan harga modal.

2. Bisa menambah penghasilan.

Untung jualan pulsa ini emang ga seberapa, gais. Paling sekitar 1500-3000 rupiah per transaksi. Tapi, kan pepatah lama udah bilang, "sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit." Biar hasil jualan nampak, aku celengin deh setiap hari. Alhamdulillah, hasilnya bisa untuk bantu-bantu bayar listrik untuk bulan depan.

3. Memudahkan urusan orang lain.

Berjualan pulsa ini juga bisa memudahkan urusan orang lain, jadi secara gak langsung bisa jadi jalan amal juga.

Dengan aku berjualan pulsa, tetangga sekitar rumah ga perlu lagi jauh-jauh untuk beli pulsa. Bahkan mereka pun bisa membeli kapan saja tanpa perlu khawatir warung tutup, hari hujan, atau pun sedang ga enak badan. Sesama tetangga kan bisa kirim pesan singkat untuk beli pulsa atau pun token.

Ada hal yang menyenangkan, pasti ada juga yang menyedihkan. Apa saja sih yang bikin sedih saat jualan pulsa?

1. Beli pulsa dengan janji

Seperti yang aku sebutin di atas, jualan pulsa ini untungnya ga banyak. Jadi rasanya sedih banget kalo ada yang beli, tapi gak bayar. Mereka beli tapi pake janji.

"Kak, tolong isikan pulsa 10 ke nomor ini, ya. Uangnya besok siang diantar."

Pulsa pun dikirim sesuai permintaan. Trus satu-dua-tiga hari pun berlalu tanpa kepastian. Pas ditanyain, jawabnya lebih ngenes lagi. "Bukannya aku udah bayar, ya?" Aaarrrggh.

Please, ya, gais. Untung jualan cuma 2000, tapi kalo kamu ga bayar, jadinya malah rugi 10.000.

Haalaaah, pulsa 10 ribu aja pun, perhitungan banget.

Ya, harus, dong. Karena aku jualan, kudu dihitung dong untung ruginya. Kalo aku ga hitung namanya sedekah. Kalo mau sedekah ngapain sama kamuuu, masih banyak fakir miskin, anak yatim, anak terlantar, dan janda-janda tua yang lebih layak menerima sedekah.

Tuh, jadi nge-gas, kan, gue.
Hihihi.


2. Beli pulsa ga kenal waktu.

Emang sih tadi di atas aku sebutin bisa beli pulsa kapan aja. Tapiii, bukan berarti tengah malam juga.

Betapa pun kepepetnya kebutuhan kamu, tetap harus hargai yang jualan, dong. Karena yang jualan pulsa juga manusia yang butuh tidur. Jadi jangan lagi gedor pintu kalo lampu di rumah sudah dipadamkan. Jangan lagi kirim SMS kalau udah di atas pukul 10 malam.

Tetap ada waktunya, ya.

3. Bayar dengan uang sangat 'pas'

As you know, ya, gais. Kalo kamu beli pulsa, nilai pembayarannya pasti lebih besar dari nominal pulsa yang kamu beli. Misalnya beli pulsa 10.000, kamu bayarnya 12.000 - 13.000.

Nah, beberapa kali aku alami, nih. Dia beli pulsa 10 ribu, bayarnya 10 ribu juga.

"Maaf, Kak. Uangnya kurang. Nanti aku anterin kekurangannya, yaa."

Dan ... 'nanti'nya itu berlanjut hingga jangka waktu tak berhingga. Dia gak datang lagi belanja di tempat gueeee. Hahaha.

Duh, ya. Segini banget, nyari duit.

Jadi, teman-temanku yang baik hati, tidak sombong, dan suka menabung.

Jangan zalim dengan penjual pulsa di sekitar kalian, ya. Percaya, deh. Mereka ga nyari untung besar kok dari dagangannya. Tetapi untung jualan yang gak seberapa itu akan dikumpulkan, trus dipakai untuk biaya hidup sehari-hari.

Bayarlah sesuai harga, dengan uang bukan janji.

Mari kita saling memudahkan urusan, agar jalan rezeki kita juga dimudahkan oleh Allah.

Setuju?



Thursday, November 28, 2019

ASIku Melimpah, Seandainya Aku Jadi Sarwendah

November 28, 2019 1 Comments


Semenjak dinikahi oleh Ruben Onsu, kehidupan Sarwendah terlihat memiliki lebih banyak warna. Aku yakin pasti teman-teman pernah mendengar berita tentang teror yang dialami oleh mantan personil JKT48 ini.

Tetapi berkat Tuhan sepertinya tidak putus mengaliri keluarga artis ini, ya, karena terbukti meski pun mengalami banyak kejadian yang di luar akal sehat, rumah tangga dan karir pasangan ini tetap baik-baik saja. Bahkan di salah satu acara tivi pernah disebutkan kalau Ruben Onsu memiliki saldo ATM yang mencapai 27M.

Gila! Itu duit semua, kah?

Dari beberapa berita yang aku baca, Ruben dan Sarwendah ini terkenal dengan kedermawanannya. Jadinya aku ga heran sih, kalau Tuhan juga selalu melimpahkan karunianya kepada mereka.

Salah satu bentuk nyata kedermawanan pasangan ini adalah ketika mereka berani mengadopsi anak yang usianya memasuki masa remaja. Waaah! Aku benar-benar salut melihatnya. Mengurus anak sendiri saja tidak mudah, tetapi mereka sanggup mengurus anak orang lain yang notabene pasti memerlukan proses adaptasi yang tidak instant.

Tetapi, ya itu tadi, aku yakin ada Tangan Tuhan yang berkerja di sini. Lewat pasangan ini Tuhan ingin mengajarkan kita bahwa jika kau dalam kondisi berlebih, bantulah saudaramu yang dalam kekurangan. Jangan takut jadi miskin karenanya, karena rezekimu justru akan dilipat-gandakan.

Sekarang lagi viral tentang Betrand meminum ASI Sarwendah, ya?

Teman-teman, sudah dengar atau baca beritanya?

Mengapa ASI Sarwendah yang diminum Betrand jadi pro kontra?

Menurut kacamata Meirida, berikut alasan mengapa ASI Sarwendah yang diminum Betrand jadi pro kontra.

1. Yang kontra pasti muslim.

Dalam islam, ASI ini dipandang sakral. Bahkan anak-anak sepersusuan dilarang untuk menikah. Contoh, bayi A di susui oleh ibu bayi B, nah ... saat dewasa nanti A dan B ini dilarang untuk menikah.

Dalam hal ASI Sarwendah ini, si Betrand statusnya anak angkat, kan? Dengan kata lain Betrand ini ibu kandungnya berbeda. Makanya menjadi aneh jika Betrand meminum ASI Sarwendah, karena beresiko dalam hubungan Betrand dengan anak-anak kandung Sarwendah nantinya. Siapa yang bisa menjamin benih cinta tidak akan tumbuh di antara mereka?

2. Betrand sudah memasuki usia remaja

Seperti yang diketahui, ASI itu adalah minuman bayi, sementara Betrand sudah memasuki usia remaja. Makanya jadi janggal terdengar kalau dia ikut minum ASI. Meski pun dia meminumnya dari gelas, tetapi tetap saja rasanya aneh.

Tetapi apakah melanggar norma masyarakat? Setahuku sih enggak, kecuali si Betrand menyosor ASI dari 'tabung'nya langsung, baru deh salah.

Seandainya Aku jadi Sarwendah


Aku bakalan hidup wueenaak, dan kaya 7 turunan. Hahahaha.
*Evil mode on*

Becanda, ding.

Jika aku jadi Sarwendah, sebisa mungkin aku akan menghindari hal-hal yang pro dan kontra ini. Sudah cukuplah luka lahir batin dari peneror misterius yang lalu, ngapain harus menyiksa diri lagi dengan hujatan masyarakat.

Soal ASI yang melimpah biarlah untuk anakku saja, biarlah anakku saja yang menikmati dengan puas. Jika anak angkatku curhat mengatakan belum pernah merasakan ASI, alih-alih memberikan ASI, aku memilih untuk menghibur dia agar tidak lagi merasakan sedih, kemudian belikan dia susu formula yang rasanya dia suka.

Atau, kalau memang harus dilakukan juga karena satu dan lain alasan, please ... keep calm aja. Ga perlu di share beritanya ke masyarakat. Jadikanlah rahasia yang hanya diketahui oleh Tuhan dan keluarga saja.

Tapiii, inikan katanya Meirida, ya. Kalo aku orangnya ya gini, sebisa mungkin menghindari konflik, menghindari hal-hal yang pro kontra, jadinya lebih tenang.

*Ya, karena itu juga loe susah untuk jadi orang kaya, Meeerr*

Hahaha.

Tapi emang bener, sih. Untuk mereka yang mendulang rupiah dari konten ini memang sulit mungkin, ya. Apa pun yang dilakuin semuanya jadi materi konten. Pro atau pun kontra ga ada ruginya buat mereka. Apa lagi berita ini jadi viral. Semakin viral semakin banyak fulusnya. Hehehe.

What do you think, guys?




Wednesday, November 27, 2019

Mengapa Tidak Belajar dari Burung Merak?

November 27, 2019 1 Comments
Hai, Teman.

Pernahkah kalian memperhatikan burung merak?

Burung merak merupakan salah satu burung dengan bulu paling indah di dunia. Maka dari itu gak heran kalau corak burung merak ini kerap dijadikan inspirasi dalam desain pakaian oleh para perancang terkemuka. Seperti yang dilakukan oleh designer Agnes Budhisurya dalam pergelaran busana "Fashion Hall of Fame" tahun 2012 lalu.



"Merak merupakan lambang kejayaan dan kekayaan." Kata Agnes saat itu.

Tetapi, bisakah kamu membedakan burung merak yang jantan dan betina? Meskipun sesama burung merak, antara jantan dan betina ternyata bentuknya tidaklah sama. Bahkan sangat jauh berbeda.

Hayo, kamu bisa bedain, gak?

Kalau kamu bilang yang cantik adalah betina, kalian salah besar.

Burung merak dengan warna dan corak paling indah justru adalah yang berkelamin jantan. Merak betina bahkan tampak kusam dan tidak menarik sama sekali.

Burung merak jantan akan memperlihatkan keindahannya setiap kali ingin mendekati merak betina. Dengan penampilan indahnya inilah merak jantan menarik perhatian merak betina.





Dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat membuktikan bahwa tidak mudah bagi merak jantan untuk menarik perhatian merak betina karena merak betina merupakan hewan dengan tingkat kewaspadaan yang tinggi. Eksperimen ini membuktikan bahwa merak betina memiliki perhatian yang selektif.

Aku jadi merenungi banyak hal setelah melihat sebuah video yang menayangkan prilaku burung merak ini.

Sebagai manusia kita sering kali berkeluh kesah tentang penampilan pasangan. Terutama sekali bagi pasangan suami istri yang telah menikah cukup lama.

Pihak yang paling sering mengeluh itu tentu saja pria. Mereka bilang istrinya sudah tidak cantik lagi, sudah terlihat jelek dan tidak menarik lagi.

Mengapa istri harus selalu tampak cantik? Mengapa suami tidak bisa mengabaikan penampilan luar istri?

Seharusnya suami lebih fokus pada inner side istri yang justru merupakan bagian paling penting dalam kelancaran urusan rumah tangga. Inner side itu meliputi hati, mental, perasaan, dan kesehatan raga istri. Jika semua ini dalam kondisi prima yakin deh tidak akan ditemukan masalah apa pun dalam rumah tangga. Suami pasti terlayani dengan baik, anak-anak pasti terurus dengan baik, dan rumah pun pasti terawat dengan baik.



Mengapa tidak belajar dari burung merak? Bukan merak betina yang bersolek untuk menarik perhatian merak jantan, justru merak jantan yang berusaha nampak indah agar selalu menarik perhatian merak betina.

Istri mana yang tidak akan bahagia jika suami nya memiliki sifat yang indah. Tutur katanya lembut, pekerja keras, perhatiannya tulus, dan tidak banyak menuntut.

Percayalah, Wahai Suami.

Kalau bicara soal materi, sepertinya bukan hanya wanita yang suka, laki-laki juga menyukai materi, kan? Toh, hasil kerja keras suami bukan dinikmati oleh istri sendiri. Jadi, please. Berhentilah mengatai istri mata duitan. Di atas itu semua seorang istri hanya butuh diperlakukan dengan indah.

Jika suami perlakukan istri dengan penuh keindahan, suami tidak akan lagi menemukan celah keburukan pada diri istri, karena istri pun akan melayani suaminya dengan penuh pengabdian.

Tanpa riasan yang mahal pun istri akan terpancar kecantikannya jika suaminya memperlakukannya dengan indah.

Wahai, sahabat-sahabatku yang perempuan. Khusus untuk kalian yang masih jomblo, yang masih dalam tahap mencari pasangan hidup.

Kita juga bisa belajar dari burung merak, lho.

Tidak perlu terlalu sibuk untuk terlihat cantik di mata lelaki. Beriaslah secukupnya, tidak perlu merubah bentuk dengan berbagai perawatan. Mari jaga diri, jaga kebersihan tubuh kita, jaga kesehatan kita dengan pola makan yang benar. Dengan begitu kita akan selalu terlihat segar dan bugar.

Untuk mendapatkan lelaki yang baik, tidak melulu dengan modal wajah glowing. Kemolekan tubuh kita justru  bisa beresiko mendatangkan lelaki yang tidak benar yaitu lelaki yang hanya berhasrat pada penampilan fisik. Kita para wanita ini harus selalu waspada dalam menjaga kehormatan kita. Jangan mudah tergoda oleh penampilan luar lelaki, karena tidak sedikit lelaki yang tampak bagus di luar, tetapi kepribadiannya buruk.

Pepatah lama menyebutkan "Alam terbentang menjadi guru".

Memang tidaklah salah, kita mengambil hikmah hidup tidak hanya dari sesama manusia, bahkan dari para hewan pun bisa. Jadi mengapa kita tidak belajar dari burung merak?



Saturday, November 23, 2019

Cara Membuat Kerja Siklus Menstruasi Kamu Menjadi Lebih Bermanfaat

November 23, 2019 0 Comments


Selama ini, kita mungkin benci untuk mengakui bahwa sesuatu yang rutin setiap bulan, seperti haid sebenarnya membawa dampak pada kemampuan kita ketika dalam bekerja. Bukan rahasia lagi bahwa siklus menstruasi memengaruhi suasana hati, konsentrasi, penampilan, dan tingkat energi kita. Mari mengulas strategi yang tepat untuk menyesuaikan pekerjaan kita untuk kinerja terbaik sepanjang siklus menstruasi dan mencaritahu mengapa itu memiliki dampak yang sangat besar. Di akhir artikel, kamu akan tahu apa yang harus dilakukan ketika sedang haid.

Buat bagan atau grafik siklus haid kamu. Kamu dapat melacak perubahan siklus menstruasi kamu dengan aplikasi haid, untuk memahami kalender menstruasi kamu.Mengkoordinasikan agenda kamu dengan kalender menstruasi adalah langkah awal menuju membuat haid kamu efektif untuk kamu, mulai dari memetakan hari-hari ketika kamu merasakan yang terburuk.

Sebagian besar wanita terutama berfokus pada mencatat siklus haid untuk keperluan kontrasepsi, tetapi kamu dapat menggunakan pengetahuan ini untuk lebih dari sekadar mendapat persiapan haid tepat waktu. Selain itu, setiap siklus haid dapat mengalami keterlambatan dan perubahan dari bulan ke bulan, dan pencatatan memberimu banyak kemungkinan untuk merasa jauh lebih baik saat haid akan datang untuk memprediksi perubahan suasana hati dan kapasitas energi.

Jika kamu memiliki kepentingan di dalam jadwal kerjamu, kamu dapat menggunakan kalender menstruasi kamu untuk menyesuaikan tugas-tugas harianmu dengan memiliki pola pikir dan tingkat energi yang tepat untuk melaksanakannya. Ini akan membantu meningkatkan produktivitas dan menunjukkan keahlian kamu dengan cara terbaik.

Terlepas dari upaya terbaik kamu untuk mengubah ketidak seimbangan hormon sepanjang siklus menstruasi agar lebih bermanfaat, mungkin masih ada beberapa rasa sakit yang perlu kamu perhitungkan. Bersiap untuk gejala yang tidak menyenangkan dan memiliki persediaan yang tepat sebelumnya akan membantu mengatasi nyeri haid hari pertama (kram), sakitk epala, dan sisa gejala periode tidak nyaman.

Kamu dapat menjadwalkan waktu olahraga dalam jumlah sedang selama setiap tahap siklus menstruasi, ini penting sebagai cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan. Jadi semua bisa kamu rencanakan disesuaikan dengan siklus haid kamu, sangat efektif!

Friday, November 22, 2019

Ingin Jalan-Jalan Hemat dan Nyaman di Batam? Kenali 10 Kelebihan Airy Rooms

November 22, 2019 0 Comments

Batam dikenal sebagai salah satu pintu masuk menuju ke negeri Singapura. Padahal sebagai kota terbesar di provinsi Kepulauan Riau dan lebih ramai dibanding kota besar lain di Indonesia, Batam layak dikenal lebih dari sekadar pintu gerbang Indonesia. Anda bisa menemukan berbagai destinasi wisata di Batam yang menarik. Tidak hanya wisata alam, seperti pantai, pulau unik, bukit cantik, hingga air terjun yang indah.

Namun, wisatawan banyak yang ingin berwisata kuliner dan belanja di Batam dan sekitarnya. Oleh karenanya, Batam tak hanya sering disebut sebagai  destinasi wisata tropis yang eksotis, melainkan juga wisata belanja dan kuliner. Bagaimana tidak, Anda bisa berbelanja beragam elektronik, serta berbagai makanan impor dari Malaysia dengan harga terjangkau.

Sumber; Batamnews.com



Jika Anda ingin berwisata ke Pulau Batam ini, sangat disarankan untuk memilih hotel dalam jaringan Airy Rooms.Namun, jangan lupa sebelum berangkat jalan-jalan ke Batam, Anda sebaiknya telah mengunduh aplikasi Airy agar dapat memesan hotel di Batam dengan mudah. Dapatkan segera promo hotel dengan harga menarik di jaringan hotel Airy ini.

Nah, jika Anda ingin tahu keunggulan hotelAirysebelum berlibur ke Batam, ini penjelasan selengkapnya.

1. Terjangkau. Hotel dalam jaringan Airy harganya sangat terjangkau bila tidak ingin dibilang murah. Pasalnya dengan harga ratusan ribu Anda masih akan mendapatkan harga promo menarik di aplikasi Airy ini.

2. Memuaskan. Dengan rate harga minimal Anda akan mendapatkan fasilitas maksimal dari hotel Airy ini. Tersedia fasilitas standar meliputi 7 jaminan kenyamanan demi kepuasan para tamu. Dengan demikian, liburan Anda bisa jauh lebih nyaman, hemat, dan aman.

3. Nyaman. Jadi, Andatidak perlu ragu untuk menginap di jaringan hotel Airy.Walaupun harga yang dipatok kelas bujet, tetapi fasilitas lengkapdan tak kalah dengan hotel berbintang.

4. 7 Fasilitas Standar.Anda dapat menikmati kamar ber-AC dengan tempat tidur bersih, jaringan Wifi gratis, TV layar datar, shower air hangat beserta perlengkapan mandi, serta air minum mineral gratis.

5. Aplikasi Airy Mudah. Aplikasinyajuga sangat mudah diunduh dan digunakan di smartphone Anda.Jika Anda belum mengunduh pun masih ada website Airy untuk mencari penginapan strategis dalam jaringan Airy.

6. Jaringan Hotel Terbesar. Airy Rooms ini bekerja sama dengan banyak hotel lain, yang semuanya mengikuti standar hotel Airy dalam manajemennya.

7. Navigasi Lokasi Hotel. Melalui aplikasi Airy ini, dengan mudah Anda bisamencari lokasi hotel di Batam yang strategis. Ada tampilan harga, plus foto-fotokamar. Jadi, Anda tidak memesan kucing dalam karung.

8. Beragam Promo. Harga juga ditawarkan dengan beragam promo menarik, jadi Anda tidak perlu khawatir di luar bujet liburan Anda.

9. Strategis. Lokasi hotel Airy strategisdi tengah kota dan mudah ditemukandengan sekali klik di peta.

10. Proses pembayaran mudah. Metode pembayaran punfleksibel, bisa dilakukan dengan transfer bank, kartu kredit, ataupun gerai Indomaret terdekat.



Kemana pun Anda pergi, jaringan Airy Rooms bisa ditemukan di kota besar seluruh Indonesia. Jadi, tak perlu menunggu lama untuk menabung, agar bisa liburan ke Pulau Batam berkat adanya jaringan hotel Airy Rooms ini. Batam pun telah menanti Anda dan keluarga untuk bersantai di pulau dengan pantai eksotis ini!

Monday, November 18, 2019

Gak Nyangka Banget, Ternyata Begini Cara Mudah Menghilangkan Noda Tinta di Baju

November 18, 2019 1 Comments


Hai, Moms.

Punya uneg-uneg seputar noda tinta? Hmm, aku yakin banget, nih. Para Moms di rumah pasti punya banyak cerita tentang hal ini, terutama bagi Moms yang suaminya pekerja kantoran dan anak-anaknya masih usia sekolah.

Aku juga gitu, kok, Moms. Setiap kali mau cuci selalu aja pengen ngomel panjang kali lebar melihat noda tinta di mana-mana. Ada yang di kantong, ada yang di bagian tangan. Dan yang bikin aku pengen teriak kenceng itu adalah pas melihat ada lukisan abstrak di bagian lengan. Itu maksudnya apaaa? Aarrgh.

Nih, bocah bener-bener demen bikin mamaknya naik tensi.

Noda tinta ini termasuk salah satu noda bandel yang susah banget untuk dibersihkan. Udah dipakein pemutih pun nodanya masih aja ada. Karena itu para Moms selalu spaning kalau melihat baju terkena noda tinta. Apalagi kalau baju putih, noda bener-bener ga bisa disembunyiin, jadi kalo ga dibersihin bener-bener baju bakal terlihat kucel.

Jadi, Moms. Kemarin aku bikin eksperimen, nih. Cara menghilangkan tinta di baju pake Rinso cair anti noda. Pengen tahu hasil eksperimen aku, gak?

Yuk, kepoin, yah.

1. Serap bekas tinta di baju menggunakan tisu  dapur yang sudah dibasahi air. Tekan-tekan bagian yang terkena tinta dengan perlahan, hingga sisa tinta terlihat menempel di tisu.

2. Celupkan sikat gigi bekas ke deterjen Rinso cair anti noda, kemudian gosokkan pada bagian baju yang terkena tinta. Gosoknya ga usah keras-keras, karena bisa bikin warna baju pudar.

3. Setelah itu cuci pakaian seperti biasa, sesuai petunjuk label pencucian. Jika noda masih terlihat, bisa diulangi lagi. Tapi dari pengalamanku kemarin satu kali aja udah cukup, kok.

Pertanyaannya, apakah cara itu juga bisa diterapkan pada noda tinta lainnya seperti spidol?

Untuk noda tinta yang bukan berbahan air, dibutuhkan usaha ekstra, nih, Moms. Karena tidak cukup hanya dengan menggunakan deterjen saja. Gunakan bahan pelarut noda lainnya, dengan cara sebagai berikut.

1. Ambil sedikit alkohol, kemudian tuangkan sedikit pada bagian baju yang tersembunyi. Jika warna memudar, hentikan saja. Tetapi jika tidak, bisa lanjut tuangkan pada baju yang terkena noda. Kemudian usap dengan kapas atau kain bersih hingga noda tampak memudar.

2. Siapkan ember bersih, isi dengan air dingin, larutkan sejumlah garam. Perbandingannya 1:1. Satu liter air, satu sendok makan garam.

3. Masukkan pakaian kena noda tinta tadi, dan biarkan selama kurang lebih 2 jam (bisa lebih jika nodanya lebih tebal).

4. Kemudian bilas dengan air bersih, setelah itu cuci kembali seperti biasa sesuai petunjuk pencucian pada label.

Gimana, Moms? Cukup mudah, ya?

So, kalau melihat baju anak-anak dan suami terkena noda tinta ga perlu naik tensi lagi ya, Moms. Santuy aja. Dengan noda tinta di baju anak-anak, mari kita anggap anak-anak sedang mengembangkan kreatifitasnya. Selipkan doa aja, Moms. Semoga dengan noda tinta di bajunya itu, anak-anak kita tumbuh jadi manusia yang cerdas, kreatif, dan mandiri.

Kalo baju suami kena noda tinta juga ga perlu merepet, Moms. Rileks aja, kan kita udah tahu cara mudah menghilangkan nodanya. Masih mendinglah kena noda tinta, dari pada noda lipstik.

Hehehe.

Btw, kalo di baju suami ada noda lisptick, what should we do, Moms?







Wednesday, November 13, 2019

Nilai Sekolah adalah Bagian dari Rezeki

November 13, 2019 0 Comments


Nilai Sekolah adalah Bagian dari Rezeki. Orangtua mana sih yang tidak akan senang jika anak-anaknya memiliki prestasi akademik. Makanya aku sangat bersyukur ketika Aira meraih ranking di sekolahnya.

Tetapi, meski pun begitu, kami selalu sounding kepada Aira bahwa NILAI BUKANLAH YANG PALING PENTING, NILAI SEKOLAH BUKANLAH SEGALANYA.

Dengan begitu Aira tumbuh menjadi anak yang tidak ''mendewakan nilai" sehingga dia selalu jujur dengan nilai-nilai yang ia hasilkan di sekolah. Dia tidak perlu melakukan hal-hal curang demi nilai bagus. Dia pun  tidak perlu kuatir orangtuanya akan marah ketika nilainya tidak memuaskan, karena dia tau orangtuanya tidak mengutamakan itu.




Sebagai orangtua kami lebih menekankan pada pendidikan karakter. Kami lebih fokus pada pembentukan karakter Aira agar menjadi manusia yang penuh tanggung jawab dan berbudi pekerti.

Terkadang miris hati ini melihat sikap anak-anak zaman sekarang yang sangat jauh dari etika. Perkataan mereka tidak sopan, sikap dan tingkah lakunya pun nyaris tidak beradab. Mereka juga boleh dikatakan tidak memiliki kepekaan terhadap sekitar.

Memang tidak semua bersikap buruk seperti itu, tetapi tidak sedikit juga yang ditemui di tempat-tempat umum.

Kami tidak mau Aira tumbuh menjadi anak-anak berkepribadian negatif seperti itu.

Oleh karenanya, di rumah Aira kami beri bimbingan dan teladan tentang tugas dan tanggung jawab.  Alhamdulillah tanpa perlu diberi perintah dia sudah paham tugas dan tanggung jawabnya sebagai anak dan juga siswa.

Dia akan belajar tanpa perlu diingatkan. Dia akan kerjakan PRnya tanpa perlu suruh-suruh. Dia juga sudah paham dengan kesepakatan bahwa gadget hanya boleh dimainkan maksimal 1 jam sehari. Alhamdulillah, dengan begitu dia tumbuh menjadi anak yang kreatif.




Hari ini Aira mendapat pelajaran berharga dalam hidupnya, bahwa kelalaiannya dalam tanggung jawab menyebabkan banyak hal yang tidak diinginkan terjadi.

Aira lalai menjaga kesehatan tubuhnya  sendiri selama di sekolah. Dia tidak cukup minum air putih, padahal hari itu ada mata pelajaran olahraga. Akibatnya, tubuh Aira mengalami dehidrasi sehingga menyebabkan demam pada malam harinya. Tetapi dia tetap sekolah keesokan harinya karena ada ulangan harian. Qadarullah, ulangan hari itu ditunda. Selasa malam panas badannya masih naik turun, jadi agar bisa memberikan pengobatan yang maksimal Aira kami liburkan sekolah pada hari Rabu. Qadarullah (lagi), ternyata ulangan hariannya diadakan hari ini.

Raut wajah Aira langsung tampak sedih ketika aku menyampaikan info dari wali kelasnya bahwa tidak ada ulangan susulan untuk ulangan harian.

"Nilai Aira jadi kosong, dong, Nda." Ujarnya sedih.

Sebagai orangtua aku juga tidak kalah kecewa sebenarnya. Mengapa harus ada kebijakan seperti itu? Jika kebijakan ini diberlakukan pada siswa yang tidak masuk tanpa keterangan sih wajar. Tapi bagaimana dengan anak yang tidak masuk karena sakit. Adilkah kebijakan itu?

Tapi aku berusaha mengendalikan diri di depan Aira, karena aku ga mau Aira menjadi salah paham terhadap gurunya.

Untuk mengobati kekecewaannya aku pun mengajaknya bicara dari hati ke hati.

Aku katakan padanya bahwa aku paham dengan rasa kecewa yang ia rasakan. Tetapi, semua ini terjadi karena Allah. Segala sesuatu yang terjadi atas izin Allah pasti adalah yang terbaik bagi kita.

"Jika karena sakit Aira jadi gagal mendapatkan nilai, berarti nilai itu bukan rezeki Aira saat ini. Allah pasti berikan Aira rezeki dalam bentuk lain yang jauh lebih bermanfaat. Salah satunya adalah kesempatan untuk istirahat dengan tenang."

Aku ajak Aira untuk berprasangka baik pada Allah.

Alhamdulillah, dengan selalu melibatkan Allah dalam setiap hal yang kita pikir dan lakukan, in syaa Allah, hasilnya juga pasti akan baik.

Hati pun menjadi lebih lega dan ikhlas.

Aku percaya, sejatinya nilai-nilai sekolah yang diraih oleh anak-anak adalah rezeki dari Allah. Jadi gak ada tuh istilah anak pintar dan anak bodoh. Yang ada adalah Allah sedang membagi secuil 'keMahaanNya' kepada hambanya.

Oleh karena itu aku tanamkan di pikiran anak untuk tidak pernah bangga dan jumawa dengan semua kelebihan yang ia miliki saat ini, karena jika Allah berkehendak semua kelebihan itu bisa jadi kekurangan dalam hitungan detik.

Dengan tegas aku juga melarang keras anakku memandang rendah kekurangan orang lain. Karena bisa jadi di mata kita orang itu tampak kurang, tapi di mata Allah bisa jadi dia lebih mulia.

Jadi masih menganggap nilai sekolah anak itu yang paling penting?




Tuesday, November 12, 2019

OVO Udah Gak Asyik Lagi

November 12, 2019 0 Comments
Sejak menerapkan pola hidup cashless, OVO adalah salah satu aplikasi dompet digital yang paling aku sukai.

Menurutku, OVO ini dompet digital yang paling friendly dan terkoneksi dengan banyak aplikasi penting seperti Grab, Kudo, dan Tokopedia. Selain itu OVO juga memberikan banyak keuntungan saat digunakan berbelanja di banyak merchant seperti Matahari Dept. Store, Hypermart, dan banyak lagi lainnya. Dengan menyediakan saldo di OVO, bertransaksi di aplikasi dan merchant-merchant tersebut bisa dilakukan dengan lancar.

Tidak hanya itu, fitur OVO yang lengkap sungguh memberi banyak kemudahan terhadap penggunanya. Salah satu yang paling terasa adalah adanya fitur transfer. Fitur ini sangat bermanfaat bagi para orangtua yang ingin mengirimkan uang untuk anaknya yang sedang berada di kota berbeda. Terutama orangtua yang usahanya mengandalkan OVO sebagai dompet digital. Hanya dari satu aplikasi bisa multifungsi.

Pengisian saldo OVO pun bisa dengan banyak cara. Bisa via virtual account, transfer sesama pengguna OVO, transfer via ATM atau internet banking, dan juga setor tunai di gerai Alfamart.

Aku sendiri termasuk yang paling sering menggunakan pilihan isi saldo via Alfamart ini.

Tapi hari ini kabar tidak mengenakkan aku terima di notifikasi Grab Kios atau Kudo. Pertanggal 13 November 2019 ini OVO tidak lagi bisa diisi melalui gerai Alfamart.



Hal ini tentu saja terasa tidak bersahabat bagi UKM dengan saldo bank terbatas. Sedangkan untuk isi saldo OVO via virtual account hanya bisa dilakukan jika saldo di rekening bank tersedia.

Bandingkan dengan pengisian saldo via gerai Alfamart. Meskipun dengan dana terbatas, pelaku usaha tetap bisa bertransaksi dengan lancar karena untuk isi saldo bisa setiap saat ke Alfamart.

Dari segi efisiensi waktu, memang pengisian saldo via virtual account jauh lebih praktis. Hanya dari rumah pengisian saldo tetap bisa dilakukan. Tetapi kelemahannya ya itu tadi, saldo di rekening harus selalu tersedia.

Lha, kalau harus ke bank dulu untuk isi saldo rekening, di mana letak kepraktisannya?

Menurutku, dengan kebijakan baru ini OVO tidak lagi berpihak pada pelaku usaha dengan modal-modal kecil.

Jujur saja, aku sangat kecewa.


Wednesday, November 6, 2019

Untuk Kamu yang Bergelayut di Masa Lalu

November 06, 2019 1 Comments
"Ta.. aku rindu masa lalu", dengan tangan menopang dagu, May menatap Shinta dengan sendu.

Shinta balas menatap May lalu meletakkan buku yang sedang dibacanya ke pangkuannya dan berkata.

"Mengapa May? Apakah masa sekarangmu tidak cukup membahagiakan sehingga kau rindu dengan masalalu?"

May menggeleng lemah, dia sendiri juga bingung dengan perasaannya. Ada satu rasa yang menggelitik jiwanya menuntut untuk dipuaskan meskipun hanya sekejab.

"Kalau bukan lantas mengapa? Haruskah rasa itu kau angkat ke permukaan ?"

Kening Shinta berkerut melihat kegundahan di wajah May. Dia tidak bisa sepenuhnya memahami sekap sahabatnya ini. Sementara May hanya diam, jemari lentiknya memainkan sendok yang berada di dalam gelas. Sepertinya dia tidak mau mengakui isi hatinya yang sebenarnya kepada Shinta.

"May.. coba lihat mataku", Shinta memutar tubuh May agar bisa berhadapan dengannya. May menatap mata Shinta untuk sesaat namun kemudian dia kembali menunduk. Shinta kembali mengangkatnya, sehingga mata mereka kembali sejajar dan bertaut. May menyerah, diapun menuruti kemauan Shinta.

"Apakah Rian masih menghubungimu ?"

May tercekat mendengar pertanyaan Shinta, dia merasa tempat persembunyiannya mulai di ketahui, dan May tidak nyaman dengan itu. Segera dia mengalihkan pandangan ke arah lain, tidak ingin Shinta menemukan dan membongkar semua isi hatinya yang dia kunci rapat selama ini.

"May.. jawab aku.. Rian masih menghubungimu kan ?"

Shinta tidak mau menyerah, dengan gigih dia kembali menanyakan hal yang sama kepada May yang masih bungkam beribu bahasa. Namun lewat tatapan matanya Shinta bisa memperoleh semua jawaban yang dia butuhkan. Dia menghela nafas panjang, semakin bingung dengan sikap May.

"Mengapa sih May kamu masih saja melayani telepon dari Rian ? Sadarlah May, dia hanya masa lalu, sedangkan sekarang kamu sudah ada Romi yang mencintai kamu dengan tulus. Pantaskah ketulusannya kamu balas dengan semua ini ?"

May hanya diam, dalam hati menyadari sepenuhnya semua yang dikatakan oleh Shinta adalah benar adanya. Tetapi entah mengapa dia tidak bisa melupakan Rian dan semua kenangan masa lalu mereka. Dia masih saja rindu dengan suara renyahnya. Dia masih sangat ingin bermanja-manja kepadanya. Dan dia masih menuntut untuk diperhatikan olehnya. May sangat tersiksa perasaannya sendiri.

"Aku harus bagaimana Ta? Rasanya nyiksa banget, disatu sisi aku sadar udah nyakitin Romi dengan rasa ini, tapi aku tidak bisa menghentikan hati ini Ta, aku harus bagaimana?"

Tangis May pecah di hadapan Shinta, kedua tangannya ditangkupkan kewajahnya, bahunya terguncang dengan suara isak yang semakin lirih. Shinta merasa iba dengan sahabatnya itu, ada perasaan sesal di hatinya karena dia ada andil dalam terbukanya kembali hubungan May dengan pria masa lalunya itu.

"Itu semua terjadi karena kamu sendiri May, kamu yang memberi celah di hatimu sendiri sehingga semua kenangan masa lalu yang telah terkunci rapat itu bisa kembali. Dari awal aku sudah bilang kan, hati-hati May, jangan bermain api."

"Iya Ta.. aku tau.. aku sadar.. dan aku salah Ta. Ada kesombongan di hatiku ketika membuka lagi komunikasi dengan Rian. Aku mengira setelah sekian lama aku telah melupakannya. Ternyata aku salah Ta, yang ada makin kesini aku makin terjerat dalam pusaran kenangan masa lalu yang semakin kuat menuntut aku untuk mengulangnya kembali. Aku harus bagaimana Ta? Bagaimana caranya agar aku bisa bebas dari perasaan ini? Hatiku perih mengingat Romi, dan hatiku berdebar memikirkan Rian.. aku tersiksa Ta.. tersiksa banget.."

"Kendali ada di tanganmu May, sebelum perasaan itu terlalu jauh, hentikanlah sekarang. Ingatlah masa-masa sulit ketika Romi mengobati hatimu yang terluka. Dia sangat sabar May, meskipun kamu sering mengabaikannya waktu itu. Dia memaklumi sikapmu kala itu adalah dampak trauma yang kamu rasakan."

Shinta memang benar. Romi adalah dokter penyembuh luka di hati May. Dia mampu menjalankan peran ganda sebagai teman, abang sekaligus kekasih dalam satu waktu. Bahkan beberapa kali dia harus menggantikan sosok Papa ketika May sedang rapuh dan nyaris terpuruk dalam keputus asaan. May tersenyum membayangkan tingkah polah Romi ketika menghiburnya dulu. Mulai dari mengajaknya bermain permainan anak tempo dulu, menyanyikan lagu lucu sampai membisikkan kata cinta sebelum May tidur. Aahh.. May sungguh beruntung memilikinya.

"Satu lagi yang harus kamu sadari May, luka kamu yang telah sembuh itu adalah Rian penyebabnya. Dia mengkhianati kamu dengan menghamili mantan pacarnya. Mikir May.. mikir.. masih pantaskah hatimu bergetar untuk namanya?"

May tertunduk semakin dalam, mengakui dengan tulus semua kebenaran yang diungkap Shinta. Rian memang sungguh terlalu saat itu. Dua minggu sebelum hari pernikahan mereka May justru harus dihadapkan  pada fakta mereka gagal menikah karena Rian harus bertanggung jawab atas kehamilan mantan pacarnya. Meskipun pengakuannya Rian telah dijebak, rasa-rasanya jebakan itu tidak akan bisa terjadi kan? Jika saja Rian dan mantannya itu benar-benar tidak pernah melakukan hubungan terlarang itu.

"Sekarang Rian kembali dengan status barunya, dia duda. Pernikahannya dengan si mantan pacar itu hanya bertahan selama satu tahun, dia tidak bisa melanjutkan pernikahannya karena masih mencintai kamu.. katanya.. itu katanya kan May? Dan kamu percaya itu? Came on May.. wake up !! Dia hanya mempermainkan kamu, memanfaatkan sisi melankolis kamu yang menurutku useless banget itu. Dengan karakter flamboyannya itu, kamu percaya dia cinta mati sama kamu? Kamu percaya dia cuma mikirin kamu? Kamu percaya?"

Suara Shinta semakin tinggi. Sepertinya dia semakin sulit menahan emosinya melihat sahabatnya yang larut dalam cinta semu masa lalunya, bahkan menyia-nyiakan cinta nyata yang ada dihadapannya.

Sebenarnya May juga tidak begitu percaya dengan semua omongan Rian. Logikanya bilang begitu. Tapi hatinya yang tidak tahu diri justru terlena dengan semua rayuan itu, dan semakin hari semakin membuatnya mabuk kepayang. Huft..

"Secara akal sehat May, menurut kamu Rian itu pria seperti apa sih? Dia mengetahui status kamu adalah mantan tunangannya yang telah menikah dengan laki-laki lain, tetapi dia masih saja menggoda kamu dengan semua kenangan masalalu kalian. Dan kamu dengan bodohnya terlena akan semua itu. Coba kamu telaah dengan akal sehat May. Menurut aku, dimata Rian kamu itu tidak lebih dari wanita jablai yang jarang dibelai dan haus kasih sayang."

May tersentak mendegar kata-kata Shinta yang semakin tajam, menikam hingga ke ulu hati May. Dia manusia biasa yang tidak bisa menerima kata-kata seperti itu. Dia ingin membantah, namun Shinta lebih dulu melanjutkan bicaranya.

"Sorry kalo kamu tersinggung, tapi aku jujur dengan pendapatku tentang Rian. Dia itu 100% pemberi harapan palsu. Sekarang terserah kamu. Kalo kamu tetap kukuh untuk bertahan dengan getaran hati kamu itu, yaaa silahkan, tapi jangan pernah menyesal jika suatu saat Romi akan berpaling dari kamu. Ingat May.. karma itu ada."

Setelah mengungkapkan semua isi hatinya, Shinta kemudian kembali melanjutkan bacaannya yang tertunda. Sementara May kembali sibuk memaikan sendok digelas tehnya. Mereka tenggelam dalam pikiran masing-masing.

Langit yang semula mendung kembali menghadirkan matahari di balik awannya yang satu-persatu mulai pergi.  Dia tersenyum lebar kepada dunia seakan-akan ingin memberi semangat kepada jiwa-jiwa yang tengah gelap tertutup awan hitam.

May pun telah menetapkan hati pada sebuah keputusan yang terbaik untuknya dan semua orang yang peduli kepadanya.

Hubungan ini memang sangat indah, tapi juga menyakitkan. Agar tidak lagi melukai banyak orang, yang terbaik adalah hubungan ini memang harus diakhiri. 

May membatin dalam hati.