Thursday, May 25, 2017

K-Drama : Best Couple Yang Bikin Baper

May 25, 2017 0 Comments

Annyeong, chingu !

Kalo bicara tentang K-Drama, apalagi yang genrenya roman gitu, pasti ga akan bisa lepas dari yang namanya best couple. Kemampuan mereka dalam menyerap karakter yang diberikan penulis dan juga kemampuan mereka dalam mentransfernya kepada penonton berhasil membuat penonton terbawa perasaan, meskipun drama itu sendiri telah usai masa tayangnya. Istilah orang-orang sekarang nih, chemistry-nya dapet banget !

Nah, ngomongin soal best couple dalam k-drama ini, sebagai penikmat drama Korea sejati ga afdol dong kalo aku ga punya daftar mereka.  Mana bisa aku ngaku-ngaku sebagai fans drama Korea kalo dengan mudahnya lupa dengan para best couple dari drama yang aku tonton. Hahaha.

10 Best Couple Drama Korea yang bikin Baper

Kita langsung aja, yah. Berikut ini adalah para best couple favorit aku dari sekian banyak drama yang aku tonton.


 Song Joong Ki dan Song Hye Kyo (Descendants of The Sun)



Aigoooo ... kalo ngomongin Song-Song Couple ini, nih, bisa tujuh hari tujuh malam gak bakal kelar-kelar cerita. Totalitas mereka ketika memerankan kapten tampan nan ‘bengal’ dan dokter cantik tapi keras kepala di Descendants of The Sun memang ga bisa terbantahkan.  Dan chemistry mereka dalam memerankan adegan roman pun luar biasa dahsyatnya. Kalo minjam istilahnya Teh Erry yang suhunya dunia perdramaan Korea itu, romantisme mereka mampu memporak-porandakan jiwa-jiwa para jomblo sedunia. Gila, gak tuh. 

Scene roman mereka bener-bener bisa sampai ke penonton, meskipun hanya lewat tatapan mata. Menghanyutkan. Jangan ditanya skin ship mereka, ya, gais. Asli, bikin penonton baper sampe akhir hayat. Hahaha.

Biar bapernya lengkap silahkan baca reviewnya di sini, gais. Tentang Descendants of The Sun


 Lee Jung Suk dan Han Hyo Jo (W2W)



Drama yang mengisahkan tentang kisah cinta beda dimensi ini twist plotnya emang gak bisa ditebak sama sekali. Meskipun telah menonton beberapa drama Lee Jung Suk dan Han Hyo Jo sebelum-sebelumnya, aku merasa chemistry mereka berdualah yang paling menggetarkan. Ditambah lagi tayangan-tayangan behind the scenes yang bertebaran di youtube, yang memperlihatkan keakraban yang mereka bangun demi mendapatkan chemistry yang click. Hmmm... skin ship mereka perlu aku bahas ga ya ? Kamu tonton sendiri aja lah ya, gais. Ntar kamu ga kuat lagi nahan bapernya, hahaha.

Review lengkapnya silahkan baca K-Drama W2W, Sebuah Ending Yang Bijak


Jung Young Hwa dan Park Shin Hye (Heartstring) 




Kerjasama yang melibatkan Park Shin Hye dan Jung Young Hwa sebenarnya bukan hanya di drama Heartstring, lho, gais. Sebelumnya mereka berdua sempat terlibat dalam drama yang sama yaitu He is Beautiful. Di drama ini Young Hwa menjadi second lead male-nya. Nah, chemistry mereka berdua sebenarnya udah mulai terasa nih di drama ini. Tapi sayang, scenario berkehendak lain, dan bunga-bunga cinta di hati mereka pun kandas di tangan writernim.

Nah, karena antusiasme penonton yang sangat tinggi terhadap pasangan ini, maka mereka berdua pun di dapuk untuk menjadi pemeran utama dalam drama Heartstring ini. Hmm... akhirnya ada juga writernim yang sehati sama penonton. Hihihi. Percintaan dua mahasiswa di sekolah musik ini memang mampu menggetarkan hati para penonton. Bahkan sampai sekarang nih, ya, julukan YounShin masih saja diberikan kepada mereka berdua. Dan, ssstt... denger-denger nih ya, Young Hwa emang ada hati gitu ama Shin Hye. Dan itu kentara banget pas syuting kiss scene di Heartstring, dimana Young Hwa tampak malu-malu waktu mo nyiumin Shin Hye. Lha... giliran sutradaranya bilang ‘cut’ dia malah ga ngeh, dan tetap lanjut nyiumin Shin Hye. Hahaha.


Lee Jun Ki dan IU (Scarlets Heart Ryeo)



Karakter pangeran yang terasingkan memang berhasil diperankan dengan sangat baik oleh Jun Ki. Untuk aktor yang satu ini aku emang ga pernah ragu dengan kualitas aktingnya. Justru awalnya aku sempat ragu dengan kualitas akting IU, yang menurut aku masih mentah kalo dibandingkan dengan Jun Ki. Tapi ternyata aku salah, lho. Chemistry mereka justru ‘wow’ banget. Dan itu ternyata berlanjut ke dalam kehidupan nyata mereka juga lho ternyata. Karena Jun Ki sering kali dikait-kaitkan dalam kandasnya hubungan IU dengan pacarnya yang beda usia belasan tahun itu. Meskipun pihak manajemen Jun Ki dan IU membantah rumor itu, tapi tetap aja orang-orang tidak menggubris. Dan tidak sedikit yang mendukung mereka berdua agar beneran jadi couple di dunia nyata. Hmm...


Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun (My Love From The Stars) 



Kisah cinta alien dan artis ini emang fenomenal banget nih gais. Dan sampai hari ini aku masih ga bisa lupa tuh, flying kiss scene mereka berdua. Hahaha. Trus paling ga bisa lupa lagi adalah ketika Do Min Joon yang diperankan Soo Hyun jatuh demam setelah kissing. Hahaha...

Dan chemistry mereka berdua pun berlanjut pada film layar lebar yang juga memasangkan mereka berdua sebagai pasangan.


Gong Yoo dan Yoon Eun Hye (Coffee Prince) 




Coffee Prince adalah satu dari sekian drama korea yang paling aku sukai. Meskipun plot mereka klise, chaebol jatuh cinta sama gadis miskin, tapi tetap saja alur ceritanya ga ngebosenin.

(Silahkan dibaca juga 10 K-Drama Yang Tetap Seru Meski Ditonton Berulang Kali)

Gong Yoo dan Eun Hye memang berhasil memerankan kisah cinta Han Kyul dan Eun Chan dengan sangat baik. Membuat penonton mengalami sindrom imaginer akut, yang gejalanya senyum-senyum sendiri, tertawa sendiri, dan nangis tiba-tiba.


Gong Yoo dan Kim Go Eun (Goblin) 



Duh, mestikah aku nulisin tentang pasangan di drama ini ? Karena jujur aja nih gais, sampai detik ini aku masih saja baper. Kisah cinta ahjussi yang berusia 900 tahun dan siswi sekolahan ini memang unik.

Karakter pria yang berwibawa, tapi terkadang juga lebay disandingkan dengan karakter siswi sekolahan yang polos tapi pintar. Kisah cinta mereka memang berhasil membuat para penonton turut merasakan apa yang namanya jatuh cinta.

(Baca review lengkapnya di Goblin, Drama TV Sensasi Layar Lebar )

Ditambah lagi dengan kualitas acting seorang Gong Yoo yang emang udah ga bisa lagi di ragukan. Tapi, meski begitu bukan berarti Kim Go Eun tidak bisa mengimbangi acting Gong Yoo loh.

Meskipun tergolong pendatang baru, Kim Go Eun ini adalah seorang aktris yang pernah menyabet 5 penghargaan di saat debutnya. Wow !!

(Baca juga review K-Movie : A Muse, Ketika Penulis Renta Berimajinasi)




Jo Jung Suk dan Gong Hyo Jin (Jealousy Incarnate) 



Duh ... ngomongin acting 2 artis ini bener-bener bisa menghabiskan semua perbendaharaan kata.
Gong Hyo Jin yang sudah lama malang melintang dalam dunia perdramaan Korea memang gak akan diragukan lagi kualitas actingnya.

(Silahkan baca juga Jealousy Incarnate, Mengedukasi Penonton Tentang Breast Cancer )

Bahkan masyarakat Korea sendiri menjuluki artis cantik sebagai wanita paling beruntung sedunia. Bahkan ada yang beranggapan bahwa di kehidupan masa lalunya Gong Hyo Jin ini pasti pernah menyelamatkan negara makanya di kehidupannya sekarang dia sungguh sangat beruntung. Gimana gak di sebut beruntung, ya ? Sebut saja nama-nama aktor super keren yang kamu suka saat ini. Semuanya pernah menjadi ‘kekasih’ Hyo Jin dalam dramanya.

Ga percaya ?

Yok, kita buktikan.
  • Rain di drama Sang Doo ! Let’s Go To School (2003) 
  • Kim Rae Won di drama Snowman (2003) 
  • Gong Yoo di drama Biscuit Teacher and Star Candy (2005) 
  • Jang Hyuk di drama Thank You (2007) 
  • Lee Sung Kyun di Pasta (2010) 
  • Cha Seung Won di Greatest Love (2011) 
  • So Ji Sub di drama Master’s Sun (2013) 
  • Jo In Sung di drama It’s Okay, Tha’s Love (2014) 
  • Kim Su Hyun di drama The Producers (2015)
Tuuuh ... lihat. Aktor-aktor keren semua, kan ? Dan di tahun 2016 ini adalah gilirannya JO Jung Suk untuk bisa merasakan hangatnya hati Gong Hyo Jin.

Tapi, beneran lho. Chemistry mereka gilak, ya ?

 
Park Hae Jin dan Kim Go Eun (Cheese in the Trap) 



Meskipun karakter yang dimainkan oleh Park Hae Jin rada-rada misterius, tapi aku suka banget sisi lembut yang ia bangun ketika berhadapan dengan Seol. Dia mengidap kelainan psikologis, semacam ketidak percayaan terhadap kepedulian orang lain. Dia beranggapan semua kebaikan yang ditawarkan orang lain hanyalah sebuah basa-basi karena mereka ada maunya.

Tapi semua tampang dinginnya itu akan luluh ketika berhadapan dengan Seol, gadis ‘unik’ yang sebenarnya secara materi jauh dari kelasnya Jung.


 So Ji Sub dan Shin Min Ah (Oh My Venus) 



So Ji Sub lagi-lagi tebar kepiawaiannya dalam drama ini. Memerankan sebagai chaebol yang pernah terluka, sebenarnya dia tampak kuat di luar tetapi rapuh di dalam. Terlebih lagi hubungannya yang tidak harmonis dengan sang ayah. Tetapi semua cerita pribadinya itu menjadi samar ketika dia sedang bersama dengan Min Ah, yang dalam drama ini memerankan seorang gadis yang semasa remaja sangat populer, tetapi justru terpuruk dalam obesitas ketika telah berkarir.

Diawali dengan hubungan instruktur dan pasien, hubungan mereka justru berkembang menjadi bunga-bunga cinta. Aku suka banget melihat romantisme yang mereka bangun. Alami dan tidak berlebihan. Pas banget !


Nah ... itu dia 10 Best Couple dalam drama Korea versi aku.
Kalo kamu gimana, gais ?
Siapa-siapa aja best couple favorit kamu ?
Share di kolom komentar dong ;)


Wednesday, May 24, 2017

Kenali Penyebab dan Gejala Anyang-Anyangan, Cegah dan Atasi Dengan Prive Uri-Cran

May 24, 2017 0 Comments

Kisahku dan Anyang-Anyangan


Dulu sekali, sewaktu aku masih kuliah, aku pernah mengalami rasa nyeri saat buang air kecil. Bolak-balik ke kamar mandi, tetapi urine yang dikeluarkan sangatlah sedikit. Waktu itu aku tidak tahu bahwa apa yang sedang aku alami itu adalah anyang-anyangan.

Hidup di rantau, jauh dari orang tua membuat aku pun kesulitan untuk berbagi cerita. Satu-satunya orang tempatku bercerita saat itu adalah kakak perempuan yang tinggal di kota yang sama. Tapi mungkin karena masih minimnya informasi yang ada saat itu, keluhanku bukannya mendapat solusi, tetapi malah disambut tatapan curiga, disertai pertanyaan sinis, “Kok bisa sakit waktu pipis ? Emangnya kamu habis ngapain ?”

Jiaaaahhh .... aku malah ditanya HABIS NGAPAIN ????

Ih ... sebelnya luar biasa. *kalo bukan sodara, gue layangin juga tuh tendangan seribu bayangan*

Tapi gak bisa disalahkan juga sih. Dalam pandangan orang yang sangat awam, mereka memang tidak bisa membedakan mana yang saluran kencing dan mana yang saluran vagina. Bagi mereka area yang berada di selangkangan perempuan itu adalah area sakral yang tidak akan merasakan ‘sakit’ sebelum waktunya.


Nah ... karena merasa tidak mendapat solusi yang diinginkan, dan dari pada harus mendapati kekecewaan lagi kalo curhat sama orang lain, akhirnya aku pun memutuskan untuk pergi ke dokter. Hanya dokter yang bisa menjawab pertanyaanku saat itu. Dan memang benar, dokter mengatakan bahwa aku terkena infeksi saluran kemih atau disebut juga anyang-anyangan.

Mumpung berada di ruang dokter, aku pun tidak mau melewatkan kesempatan untuk bertanya lebih lanjut tentang anyang-anyangan ini. Saat itu ada sekitar 9 pertanyaan yang aku ajukan sehubungan dengan anyang-anyangan ini.

Apa itu anyang-anyangan ?

Anyang-anyangan merupakan gejala awal infeksi saluran kemih adalah suatu gejala dimana penderita merasa selalu ingin buang air kecil, tetapi kuantitas urine sedikit. Dalam beberapa kasus, saluran kencing terasa panas dan perih.

Apakah anyang-anyangan itu sama dengan penyakit kelamin ?

Tidak.
Anyang-anyangan bukan penyakit kelamin. Rasa nyeri yang dirasakan saat buang air kecil adalah pada saluran kencing (uretra) bukan saluran vagina.

Apa penyebab anyang-anyangan ?

Anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra.

Ada 2 jenis infeksi saluran kemih, yaitu :
a. Infeksi saluran kemih atas, terjadi bila bakteri menyerang ureter dan ginjal. Gejalanya adalah nyeri pada selangkangan, mual dan demam.
b.  Infeksi saluran kemih bawah, terjadi bila bakteri menyerang uretra dan kandung kemih. Gejalanya meliputi selalu ingin buang air kecil, nyeri di saluran kencing, urine berwarna keruh dan baunya menyengat.

Bagaimana caranya bakteri bisa menyerang sistem saluran kemih ?

Bakteri bisa masuk dari mana saja, terutama pada area yang lembab dan kebersihannya kurang terjaga.

Pada wanita yang keputihan, anyang-anyangan ini semakin rentan untuk terjadi karena dalam hal ini bakteri itu ada pada vagina wanita. Sehingga bisa masuk ke saluran kemih.

Pada pria anyang-anyangan bisa terjadi karena faktor alergi yang disebabkan oleh lendir atau cairan vagina yang ada pada pasangannya setelah berhubungan intim.

Pada intinya, penyebab utama dari perkembangan bakteri ini adalah akibat dari kurangnya menjaga kebersihan organ intim. Arah penyiraman air yang salah saat membersihkan buang air besar juga bisa mempengaruhi kebersihan organ intim. Karena itu sangat disarankan agar membilas buang air besar dari depan ke belakang, sehingga bakteri yang ada di anus tidak masuk ke saluran kencing.



Selain itu, faktor kebiasaan juga bisa menyebabkan anyang-anyangan. Faktor kebiasaan yang paling beresiko adalah kebiasaan menahan buang air kecil. Orang-orang yang sibuk dengan aktifitas biasanya tanpa sadar sering melakukan kebiasaan ini. Urine yang seharusnya dikeluarkan, tetapi tertahan pada kandung kemih dalam waktu tertentu menyebabkan bakteri menumpuk di saluran kemih. Ditambah lagi dengan tekanan kontraksi otot kandung kemih sendiri yang secara otomatis akan mengecut ketika kandung kemih penuh. Nah ... ini juga bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan.

Selain karena gangguan bakteri, apakah ada penyebab lainnya ?

Selain karena faktor eksternal, akibat kurangnya menjaga kebersihan organ intim, anyang-anyangan juga bisa dialami oleh seseorang yang memiliki struktur organ intim yang tidak normal, dimana refluks urine yang lebih tinggi dari pada saluran kemih, sehingga bisa meningkatkan tekanan hidrostatik. Tekanan hidrostatik ini memunculkan infeksi saluran kemih.

Gangguan prostat dan diabetes disebut-sebut juga bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan. Hal ini terjadi karena prostat tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. 

Hal-hal lain yang juga bisa menyebabkan orang terkena anyang-anyangan adalah dehidrasi, kehamilan, alat kontrasepsi dan menopause.

Ketika tubuh dehidrasi, maka akan memproduksi urine dalam jumlah yang sedikit, sehingga menyebabkan dirinya sulit untuk berkemih. 

Kehamilan bisa menyebabkan anyang-anyangan karena kandung kemih yang tertekan oleh rahim yang membesar. Biasanya dialami oleh wanita yang telah memasuki usia kandungan besar.

Sementara alat kotrasepsi yang bisa menyebabkan anyang-anyangan adalah alat kontrasepsi yang dipasang pada rahim perempuan seperti spiral.

Pada wanita yang menopause anyang-anyangan juga bisa terjadi akibat dari turunnya kadar hormon estrogen yang bisa menyebabkan seseorang terkena infeksi saluran kemih.

Apakah anyang-anyangan hanya dialami oleh wanita ?

Tidak.
Anyang-anyangan bisa dialami oleh pria dan wanita. Tetapi wanita lebih beresiko terkena infeksi saluran kemih ini karena beberapa alasan berikut :
a.       Secara anatomi jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (anus) pada wanita lebih dekat. Sehingga jalannya bakteri untuk masuk itu lebih mudah.
b.      Wanita menggunakan alat kontrasepsi (spiral)
c.       Setelah menopause, kadar hormon estrogen menurun sehingga mengubah imun kandung kemih.

Secara umumnya, bagaimana gejala anyang-anyangan itu ?

Pada dasarnya, anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang khusus, tetapi secara umum bisa dikondisikan sebagai berikut :
a.       Hasrat berlebih untuk buang air kecil
b.      Buang air kecil sering, tetapi volume urine sedikit
c.       Nyeri pada panggul (wanita), nyeri pada anus (pria)
d.      Rasa perih dan panas ketika buang air kecil
e.      Urine berbau menyengat, lebih pekat, terkadang mengandung darah.
f.        Merasa lelah
g.       Demam

Jika dibagi pada bagian yang terinfeksi, maka gejala-gejala yang timbul bisa tampak sebagai berikut :
a.       Ginjal : nyeri pada pinggang belakang atas, demam tinggi, mual dan muntah
b.      Kandung kemih : buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri, panggul terasa ditekan, serta ada darah pada urine.
c.       Saluran kencing : kemaluan terasa perih dan panas saat buang air kecil.

Apakah yang terjadi jika anyang-anyangan ini tidak diobati ?

Jika tidak segera diobati, anyang-anyangan bisa membawa dampak resiko yang serius, seperti kerusakan ginjal akibat infeksi ginjal akut atau kronis. Terutama pada anak-anak. Sedangkan jika pada ibu hamil, jika anyang-anyangan tidak diobati dengan segera maka bisa beresiko bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan rendah.

Apakah anyang-anyangan ini bisa dicegah ?

Tentu saja. Mencegah pastinya jauh lebih baik dari pada mengobati. Begitu juga dengan anyang-anyangan ini, bisa dicegah dengan cara sebagai berikut :

a.       Menjaga kebersihan
Basuh organ intim dengan menggunakan air bersih, sebisa mungkin tidak usah menggunakan sabun, karena dikhawatirkan Ph atau kadar keasamannya tidak sesuai dengan organ intim terutama vagina.
b.      Membilas buang air kecil / buang air besar dengan cara yang benar
Kebanyakan orang membilas dari arah belakang ke depan. Itu adalah salah. Yang benarnya adalah dari arah depan ke belakang.
c.       Jangan menahan buang air kecil
Menahan kemih bisa membuat bakteri E.Colii yang sudah menempel semakin berkoloni menjadi banyak, sehingga menyebabkan infeksi.
d.      Jangan memakai pakaian dalam yang ketat.
Celana dalam yang ketat menyebabkan organ intim semakin dalam keadaan lembab, sehingga bakteri dan kuman yang ada di vagina semakin berkembang dan masuk ke saluran kemih.
e.      Mandi dengan air mengalir
Mandi dengan cara berendam di bath-up bisa membuat bakteri dan kuman yang berada dalam rendaman air masuk ke saluran kemih, karena itu mandi dengan air mengalir jauh lebih baik, alasannya air yang mengalir turut meluruhkan kuman dan bakteri yang ada. 
f.        Sering mengkonsumsi Cranberry
Buah Cranberry mengandung banyak proantocyanidin yang sangat berkhasiat karena mampu mencegah bakteri E.Coli menempel pada saluran kemih.




Kisahku dan Anyang-Anyangan setelah mengenal Prive Uri-cran

Apakah hubungan aku dan anyang-anyangan berakhir di ruang dokter di atas ? 

Hmmm ... tentu saja tidak. Setelah keluar dari ruang dokter itu pun beberapa waktu kemudian aku kembali mengalami anyang-anyangan. Tetapi tentu saja aku tidak lagi pusing memikirkan jalan keluarnya.

Dan aku juga tidak perlu lagi khawatir karena harus berhadapan dengan pandangan curiga orang lain, karena nyatanya aku sudah sangat paham apa itu anyang-anyangan.

Tetapi yang paling membuat aku sangat merasa lega saat ini telah ada suplemen yang mengandung ekstrak buah cranberry ini sehingga aku tidak perlu lagi repot mencari buahnya yaitu Prive Uri-cran, yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul dan yang dikemas dalam bentuk sachet yaitu Prive Uri-cran plus. Cukup dengan meminum 1-2 kapsul sehari atau konsumsi 1-2 sachet perhari anyang-anyangan pun bisa diatasi.



Mengatasi anyang-anyangan semudah membalikkan telapak tangan ?

Ho ... ho ... ho ... dengan Prive Uri-cran jelas bisa. Terlebih lagi jika yang dikonsumsi adalah Prive Uri-cran plus yang berbentuk sachet. Powdernya yang halus tidak hanya mengandung 375 mg ekstrak Cranberry tetapi juga mengandung 60 mg Vitamin C yang jelas sangat mudah larut dalam air, sehingga tidak kesat di tenggorokan, dan juga menyegarkan.

Aahh ... mau dimana lagi cari obat seenak ini ?

Yuk, ah. Buat kamu-kamu yang pusing mikirin cara mengobati anyang-anyangan, ga usah pake banyak pikir, tinggal datangi apotik-apotik terdekat trus tanyain Prive Uri-cran. Pasti ada. Harganya juga tidak begitu mahal kok, sekitar Rp94.000 – Rp121.000 per kotak.


Nah, gais. Itu dia kisahku dengan anyang-anyangan.
Jangan lupa tonton video singkat berikut ini, ya.
Terimakasih.

Friday, May 19, 2017

Ketika Aira Cemburu Dengan Anak Tetangga

May 19, 2017 0 Comments


Punya anak satu itu memang ga serepot ibu-ibu yang punya anak lebih dari satu. Tapi bukan berarti ibu dengan anak satu itu mulus-mulus aja lho ya.

Setidaknya itu yang aku alami sendiri.

Anakku Aira sekarang sudah duduk di kelas 1 SD, dan tiap hari mulutnya selalu ribut minta adek.

"Nabila aja baru 3 tahun, tapi dah mo punya adek. Aira kapan ?"

"Aira udah doa terus sama Allah, tapi kenapa masih belum di kasih adek juga ?"

"Aira sedihlah, Nda. Kak Ica aja udah mo dua adeknya, Aira satu aja gak punya."

Dan baaanyak lagi kalimat-kalimat protes yang dia lontarkan, yang semuanya cuman bisa aku jawab, "Sabar ya, nak. Insya Allah ntar Aira dikasih adek kok sama Allah."

Kalo udah bawa nama Allah, dia pun menurut dan ga banyak tanya lagi sejak itu.

Sore kemarin, Aira sedang asyik bermain sepeda di halaman rumah. Dipanggil-panggil untuk mandi, dia gak mau. Padahal udah pukul 5 lewat.

Gak lama kemudian, Nabila (4 th) anak tetangga main ke rumah. Dari penampilannya, aku bisa nebak nih bocah pasti udah mandi, karena udah wangi dan bedakan pula.

Trus iseng-iseng aku pun nanya, "Bila udah mandi, sayang ?"

Dengan cadelnya dia menjawab, "udah."

"Waaah... Nabila pintar, ya. Jam segini udah mandi." Kataku memujinya.

Tiba-tiba dari arah belakang Aira berlari dengan kencang dan langsung protes dengan keras, "Kenapa bunda puji-puji Nabila ? Bunda gak sayang Aira lagi ?"

Nah, lho. Bunda pun bingung.

"Bunda kan cuma bilang Nabilanya pintar karena udah mandi. Kenapa Aira kesal, nak ?"

"Aira ga suka bunda puji-puji Nabila. Bunda gak boleh sayang sama Nabila. Bunda tuh kan bunda Aira." Habis ngomong gitu, dia pun nangis dengan keras.

Satu kesimpulan pun didapat. Ini anak pasti cemburu, nih.

Melihat kondisi udah ga kondusif lagi untuk mereka main, aku pun mengarahkan Nabila untuk pulang dengan alasan kakaknya mau mandi dulu.

Setelah Nabila pulang, aku peluk Aira trus mengajak dia bercerita.

"Coba bilang sama bunda, kenapa Aira marah bunda puji Nabila ?"

Dia diam, dengan wajah di tekuk. Garis-garis kecemburuan terlihat jelas di keningnya.

"Gak mau cerita dengan bunda ?"

Kepalanya mengangguk kecil.

"Ya, udah. Sekarang cerita sama bunda. Kenapa Aira marah tadi ?"

Dia pun mulai bercerita, "Aira gak suka bunda puji orang lain, bunda puji Aira aja !" Katanya ketus.

"Lho, mengapa begitu, sayang ? Bunda puji Nabila kan karena dia sudah mandi jam segini. Itu berarti bundanya Nabila lebih hebat dari bunda Aira."

"Kenapa ?"

"Iya dong, Nabilanya kan masih kecil, dia belum bisa mandi sendiri. Berarti bundanya dong yang mandiin. Makanya bundanya Nabila lebih hebat dari bunda Aira, jam segini dia udah mandiin anaknya, sementara bunda Aira masih belum mandikan anaknya."

"Itukan karena bunda Aira sibuk. Bunda Aira tuh hebat, dia pintar masak, pintar menggambar, pintar menulis (sampai di sini kepala bunda terasa mengembang seperti balon ... Wakakaka) pintar juga ngajarin aira, mana pula bunda Nabila tu hebat, bunda Aira lah yang lebih hebat." Katanya dengan nada tinggi.

"Oh ya, tapi kenapa ya bunda Aira masih belum mandikan anaknya?"

"Itukan karena bunda sibuk. Lagian tadi bunda udah ajak kok Aira mandi, tapi Airanya yang gak mau. Airanya masih mau main tadi."

"Ooh... Gitu. Trus sekarang Aira udah mau mandi belum ?"

"Ya maulah, masa enggak. Aira mandi sendiri ya, Nda. Malulah Aira udah besar gini masih dimandiin. Gimana lagi nanti kalo adek Aira lahir. Diejek orang pula Aira nanti."

CASE CLOSED

Kadang kala, kecemburuan itu bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih baik.

Sedikit tips dari aku nih, jika menghadapi anak yang cemburu, bisa lakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Rangkul dan peluk anak

Anak yang sedang cemburua jangan dimarahi ya mom, karena itu bisa mengakibatkan rasa percaya dirinya berkurang dan semakin membenci orang yang dicemburuinya.

2. Berbicara dari hati ke hati

Anak yang cemburu sebenarnya karena takut kehilangan orang yang disayanginya. Karena itu dibutuhkan pendekatan psikologis agar si anak mengerti.

3. Alihkan rasa cemburunya kepada hal lain

Seperti yang aku ceritakan di atas tadi. Aku mengalihkan rasa cemburunya dengan membuat faktor pembanding, dalam hal ini adalah bundanya Nabila dengan aku sendiri. Rasa cemburu si anak jadi teralihkan.

Nah, itu sedikit tips dari aku. Bunda-bunda di sini pernah mengalami hal yang sama ga nih ? Yuk, share pengalamannya di kolom komen ya, terimakasih banyak.









Thursday, May 18, 2017

Capek Itu Mematikan Kreatifitas. Inilah Caraku Mengatasi Capek Karena Stamina Yang Turun.

May 18, 2017 0 Comments
Sebagai ibu rumah tangga dan karyawan dalam satu waktu itu memanglah sangat menguras energi. Jangankan berpikir untuk mengelak dari perkerjaan, bahkan untuk menundanya beberapa waktu saja sangat tidak mungkin. Jika dipaksakan, sesuatu yang buruk pasti terjadi.

Contohnya seperti yang aku alami satu minggu yang lalu. Gara-gara menunda-nunda perkerjaan rumah, akhirnya aku nyaris terlambat menjemput Aira dari sekolahnya.

Pikiranku udah parno banget sepanjang perjalanan dari rumah ke sekolah Aira. Karena isu penculikan anak lagi marak-maraknya di lingkungan kami. Sementara anak seusia Aira masih sangat mudah untuk mereka pengaruhi. Untungnya di tengah perjalanan aku teringat sama wali kelasnya, dan aku sempatin SMS memberi kabar bahwa aku terlambat, dan meminta bantuannya untuk menemani Aira menjelang aku datang. Alhamdulillaah, wali kelasnya baik banget. Aira aman sampai aku datang.

Agar rutinitas harian berjalan dengan lancar, maka tubuh harus dalam kondisi yang prima. Jauh dari kata stress dan lelah. Nah, untuk itu dibutuhkan stamina yang kuat. Gimana mau multitasking dari pagi sampai malam, kalo belum tengah hari badan udah loyo dan bawaannya pengen tidur ?

Apa lagi desa tempat kami tinggal ini masih belum dialiri listrik. Setiap malamnya aku harus berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan semua perkerjaan yang membutuhkan listrik sebelum mesin genset dimatikan.

Sementara siangnya aku juga ga boleh buang-buang waktu sedikitpun. Akses jalan yang masih belum disentuh aspal, membuat aku harus menyelesaikan semua perkerjaan kantor sebelum matahari tenggelam. Karena bagi kami, hujan dan malam adalah dua hal yang tidak bersahabat  jika bertemu dalam satu waktu. Jalannya jadi buecheck kakaaaaak.

Terkadang aku suka salut sendiri dengan ibu mertua yang walau pun usianya sudah mendekati kepala tujuh tapi masih saja bugar dan kuat. Aku tidak pernah melihat dia dalam keadaan lemas dan loyo. Capek pasti ada, tapi tidak kecapekan. Padahal dari pagi hingga sore hari dia sibuk mengurusi kebun sawitnya yang luasnya lumayan itu. Paling istirahatnya cuma di waktu makan siang dan sholat. Kalo hari ini dia membabat rumput, besoknya lagi menyemprot insektisida, besoknya lagi menyusun pelepah, besoknya lagi menabur pupuk. Belum lagi terkadang dia juga ikut dalam proses panen. Tidak pernah sekalipun dia tampak kelelahan.




Sementara aku yang masih 30an tahun baru menyapu dan mengepel semua ruangan rumah aja nafas udah ngos-ngosan.

Jadi bingung sendiri, “itu si Mama bisa seger terus makan apa , sih ?” tanyaku dalam hati.

Karena penasaran, suatu malam aku pun mengajukan pertanyaan itu kepada mama. “Ma, kerjaan seberat itu setiap harinya, tapi mama kok masih aja keliatan bugar. Rahasianya apa, sih, Ma ?”

Mama tertawa mendengar pertanyaanku itu. Bagi dia mungkin terdengar lucu, karena dia merasa tidak memiliki rahasia apa pun.

“Sebenarnya gak ada rahasia-rahasiaan kok, Mer. Mama tuh orang ‘lama’, dari zamannya nenek kalian masih hidup udah terbiasa kerja keras begini. Lagi pula, dari kecil tuh kami gak pernah makan makanan instant, makanan kami ya makanan yang diolah langsung dari bahan-bahan alami. Selain itu, istirahat cukup trus rutin mengeluarkan keringat,” jelas mama kemudian.

Bener juga, sih, yang mama bilang. Kalo orang-orang yang hidup di era modern sekarang pola hidupnya boleh dibilang jauh dari kata sehat. Kesibukan perkerjaan sering kali membuat orang menempuh jalan pintas dengan mengkonsumsi makanan instant. Dari pada berolah raga, orang lebih memilih untuk menikmati hiburan. Akibatnya tubuh jarang mengeluarkan keringat, dan endapan lemak dalam tubuh pun semakin banyak. Waktu tidur juga berkurang, karena sebagian besar waktu sudah tersita oleh perkerjaan.

“Tapi, kalo kamu mau ikut saran mama, coba deh kamu minum air rebusan temulawak. Minum secara teratur, setiap hari sebelum tidur, insya Allah, paginya badan segar. Jadi mo ngerjain apa pun hari itu, ya, hayook aja,” sambung mama lagi.

Temulawak ?
Awalnya aku masih asing banget dengan tumbuhan berjenis umbi-umbian ini. Setelah melakukan penelitian singkat di internet aku pun paham, betapa bermanfaatnya tumbuhan ini. Selain menjaga stamina tubuh, temulawak juga bermanfaat dalam memelihara kesehatan hati, mengurangi radang sendi, menjaga fungsi lambung dan juga bisa menurunkan kadar lemak dalam darah.




Pantesan mama selalu bugar dan sehat, selain pola hidupnya yang sehat ternyata karena dia rutin minum air rebusan temulawak.

Oh, ya. Ada sedikit pesan dan mama aku, nih. Untuk kita semua yang hidup di zaman sekarang, kalau ingin tetap sehat dan bugar seperti orang-orang zaman dahulu, maka lakukanlah hal-hal berikut ini dengan teratur.

·         Jaga pola makan

Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung serat, dan sebisa mungkin hindari makanan instant dan bersantan. Untuk sayur, lebih baik di rebus atau tumis dengan minyak goreng yang sedikit. Sebisa mungkin hindari makanan yang dibuat dengan santan, terutama santan yang dimasak dalam waktu lama. Santan yang dimasak dalam waktu lama mengandung kolesterol yang sangat tinggi sehingga bisa membahayakan kesehatan jantung.

·         Olahraga teratur

Tubuh yang jarang berkeringat akan menjadi sarang tempat penimbunan lemak. Makanya gak heran lah ya, orang yang jarang berolahraga pasti tubuhnya subur. Aku adalah salah satunya. Hahaha. Udahlah jarang olahraga, eh ... makanan yang dimakan setiap hari pun tinggi lemak. Ya, udah. Tinggal tunggu tanggal mainnya, deh, gue. Hik ... hik ...

Makanya, ini juga adalah reminder untuk diri sendiri. Pola makan yang kurang sehat harus diimbangin dengan olahraga yang cukup, agar semua lemak yang masuk lewat makanan tidak diserap semua oleh tubuh, tapi dikeluarkan lagi lewat keringat.

·         Tidur yang cukup

Bukan rahasia lagi, tidur adalah waktunya untuk recovery tubuh. Ibarat handphone, nih, ya. Tidur itu adalah waktunya untuk recharge energi. Disaat beli handphone baru, di manual booknya pasti ada anjuran agar mematikan ponsel saat pengecasan. Nah, tubuh juga gitu. Setelah seharian dipaksa melakukan rutinitas, tidur adalah pilihan terbaik dalam beristirahat.

Tidur yang cukup itu berkisar antara 7-8 jam sehari. Jika kurang dari itu, maka siangnya tubuh akan lemas dan cepat lelah. Ya, iya lah, genk. Baterainya belum 100%, lo mo pake buat internetan. Ya, pasti gak kuatlah. Ya, kan ?

·         Konsumsi suplemen atau minuman kesehatan

Sekarang ini di pasaran udah banyak banget beredar minuman-minuman berenergi. Tetapi hati-hati lho, gais. Tidak semua minuman berenergi yang dijual itu baik untuk kesehatan. Nyatanya banyak dari minuman berenergi itu justru membahayakan kesehatan karena mengandung pemanis buatan, zat pewarna bahkan alkohol. Memang setelah mengkonsumsi minuman ini tubuh terasa segar untuk sesaat, tetapi setelah itu tubuh kembali lelah, dan menuntut untuk diberikan minuman berenergi lagi. Akibatnya tubuh menjadi ketergantungan zat additif yang ada dalam minuman berenergi tadi, jadinya kecanduan deh.

Jadi gak ada yang lebih baik dari mengkonsumsi makanan dan minuman yang diolah langsung dari bahan-bahan alami.

Tapi, kendalanya adalah punya waktu, ga ?

Jika kamu merasa tidak punya cukup waktu untuk membuat minuman kesehatan yang alami, seperti air rebusan temulawak yang sering diminum mamaku tadi, saat ini di pasaran sudah ada dijual minuman kesehatan yang terbuat dari bahan herbal atau disebut juga Herbadrink.

Carilah herbadrink yang di produksi oleh perusahaan yang kredibilitasnya sudah terpercaya. Seperti Herbadrink Sari Temulawak produksi Konimex ini misalnya. Bahannya 100% alami, sudah pasti aman dan berkhasiat bagi tubuh.


Uniknya lagi, meskipun mengandung pemanis buatan, tetapi pemanis buatan yang digunakan untuk Herbadrink Sari Temulawak ini adalah sukralosa yaitu pemanis buatan yang tanpa kalori sehingga tidak memiliki efek pada metabolisme karbohidrat dalam tubuh, kontrol glukosa darah ataupun pelepasan insulin.

Bahannya yang 100% alami dan bebas dari pengawet membuat Herbadrink Sari Temulawak tidak kehilangan komposisi alami yang dimiliki oleh temulawak itu sendiri sehingga khasiat yang diberikannya pun tetap terjaga, dan pastinya juga aman untuk diminum oleh siapa saja. 

Sebagai bangsa Indonesia kita patut bangga nih, gais. Karena temulawak adalah tanaman asli dari Indonesia, yang memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa diantaranya yang menonjol adalah sebagai berikut :



Xanthorrizhol ini bermanfaat baik untuk liver, sebagai salah satu bahan moisturizer, pasta gigi, anti bakteria, anti inflamasi, anti kanker dan juga oral hygiene.



Minyak Atsiri dengan aromanya yang khas membantu mengelola stress dan mempromosikan relaksasi. Minyak Atsiri juga sangat aktif terhadap bakteri, jamur dan virus karena itu sangat baik terhadap berbagai macam infeksi kulit. Selain itu minyak atsiri juga memiliki kemampuan untuk mencerna bahan kimia beracun dalam tubuh sehingga sangat cocok detosifikasi darah dalam tubuh. Sebagai antioksidan yang kuat pun minyak atsiri dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur dan oksidasi dalam sel.


Flavonoid sangat berguna untuk memerangi efek radikal bebas di dalam tubuh, sehingga membantu tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit serius seperti kanker, jantung koroner dan stroke. Flavonoid juga bisa mencegah penyakit aterosklorosis yaitu sejenis penyakit yang menyerang dinding arteri. Senyawa flavonoid juga berperan aktif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih terbebas dari inveksi virus, kuman, dan bakteri sehingga sangat cocok mencegah alergi.



Kurkumin adalah senyawa berwarna kuning yang bersifat anti bakteria, anti kanker, anti tumor dan anti radang. Mengandung antioksidan dan hypokolesteromik.



Glikosida sangat banyak digunakan dalam pengobatan penyakit jantung. Selain itu juga berguna sebagai obat pencahar, dan juga sebagai penyedap rasa alami.



Kalagoga adalah zat yang digunakan sebagai peluruh atau penghancur batu empedu, mengurangi perut kembung akibat gangguan metabolisme lemak dan menurunkan kadar koleterol dalam darah.




Berkhasiat, praktis dan higienis. Adalah tiga kata yang bisa mewakiliki herbadrink Sari Temulawak. Karena dikemas dalam kemasan sachet, sehingga herbadrink Sari Temulawak ini mudah dibawa kemana saja.

Bahkan ketika harus perjalanan dinas ke Pekanbaru untuk mengurus pajak beberapa waktu lalu, yang memaksa aku untuk menginap karena habis terjebak macet 4 jam lebih, membuat aku terlambat sampai di kantor pajak. Keesokan harinya aku harus bertarung dengan para perwakilan perusahaan lainnya diantrian SPT yang panjangnya bikin istighfar. Untung malamnya aku udah minum herbadrink Sari Temulawak, jadinya mo ngantri berjam-jam pun badan masih saja fit.

Selain praktis, herbadrink Sari Temulawak ini juga lebih higienis, tidak terkontaminasi oleh virus dan bakteri yang ada di udara. Cara minumnya pun mudah, tinggal seduh dengan air hangat, bisa langsung diminum. Oh ... ya. Karena diproses dengan teknologi yang canggih herbadrink Sari Temulawak ini ketika diseduh juga tidak memiliki endapan, lho, sehingga bersih dan tidak akan menyisakan rasa kesat dilidah.

Dengan adanya herbadrink Sari Temulawak ini, sekarang aku udah ga khawatir lagi bakalan capek dan kehabisan stamina. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, sekarang aku bisa beraktifitas sehari penuh tanpa mengeluh.

Stamina terjaga, capeknya udah minggat, stress pun udah mengungsi jauh, jadinya kreatifitas pun lancar. “Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan ?”


Wednesday, May 3, 2017

Tips Merapikan Pakaian Tanpa Setrika

May 03, 2017 0 Comments
Kalo aku ditodong pertanyaan, "Apa perkerjaan rumah tangga yang paling males kamu kerjakan ?"

Maka dengan lantang aku akan menjawab, MENYETRIKA !

Ada yang satu team sama aku ga, nih ?
Kalo iya, yuk ngacung dengan komen pake hashtag #TeamOgahNyetrika.

Menurut aku, menyetrika itu adalah perkerjaan yang sangat monoton, menyita waktu, bikin gerah, sekaligus bikin kaki selalu kram atau kesemutan. Dengan kata lain membosankan.


Jadi dari pada disuruh nyetrika sekeranjang baju, mending aku disuruh nyuci piring berlusin-lusin, nyapu rumah 10x sehari, plus ngepel 5x sehari. Begitulah saking gak sukanya sama kerjaan yang satu ini.

Makanya aku tuh nyetrikanya cukup 1x seminggu, dan itu pun hanya untuk pakaian yang penting-penting aja seperti seragam anak, dan baju kerja. Sisanya ? Bisa dilipat rapi aja udah syukur banget ituuuu. Hahaha.
*Anaknya males dan banyak alesyan*

Nah itu curhat aku tentang betapa menyiksanya perkerjaan rumah tangga yang namanya menyetrika itu.

Tetapi semua kegalauan tentang dunia persetrikaan ini akhirnya bisa aku atasi sekarang. Semua itu tak lain dan tak bukan berkat kegigihanku yang terus berpikir untuk keluar dari keterpurukan ini (baca : kemalasan).

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa, dan didorong oleh keinginan luhur *nah ... Lho ... Kok jadi UUD 45 ?* Dan pada akhirnya mengantarkan aku pada gerbang kemerdekaan. Merdeka dari setrika dan setrikaan.

Sekarang aku udah ga perlu setrika lagi
untuk melicinkan pakaian.

*Bye-bye setrika*

Akibatnya, akhir pekanku tidak lagi dilalui dengan kegalauan. Aku juga bisa lebih hemat dong, karena udah ga nyetrika lagi tagihan listrik berkurang, dan ga perlu juga beli pelicin pakaian dan sejenisnya itu.

Daaan... Yang tidak kalah bermanfaat adalah, aku jadi punya waktu luang ekstra buat nonton drama Korea. Yeeaayy !

*Tepuk tangan dong, gais*

Penasaran ga gimana caranya ?
Penasaran banget atau penasaran banget-banget ??

Hahahaha.

Dont worry, gais. Bunda Aira ini orangnya baik hati, suka berbagi, rajin menabung dan gak sombong kok.

Ntar lagi dia pasti bakal bagiin, Tips Melicinkan Pakaian tanpa setrika.

Yuk, check this out, yah :)


  • Jemur pakaian dengan cara dibentangkan dibawah panasnya sinar matahari langsung.


Jika tempat jemuran kamu sulit mendapatkan sinar matahari langsung, maka bisa diakali dengan membentangkan pakaian palda seng plat, kemudian letakkan di bawah lampu.

Ini sesuai dengan pelajaran IPA dulu kan, yah. Kalori panas lebih cepat berpindah kepada penampang yang luas. Nah, teori perpindahan kalori ini berlaku disini. Kain yang dijemur dengan cara terbentang akan lebih cepat kering dari pada kain yang dijemur dengan cara digantung.


  • Setelah pakaian kering, langsung dilipat rapi dalam keadaan hangat. Jika perlu gunakan alat bantu melipat kain seperti karton atau seperti yang dijual di pasaran.

Mirip-mirip resep masakan, yah. "Hidangkan selagi panas". Kalo ini, lipatlah selagi hangat. Hahahaha.

Panas matahari atau panas seng plat yang diserap oleh kain akan memudahkan kita dalam melipat. Sehingga kain akan tetap licin dan rapi meski pun tidak di setrika.

Oh, ya.

Tips ini mungkin tidak berlaku pada semua jenis kain, ya, gais. Karena dari yang aku coba pakaian berbahan katun, jeans dan kaos bisa banget dengan cara ini.

Meskipun tidak bisa diterapkan pada semua jenis pakaian, setidaknya bisa mengurangi tumpukan setrikaan, kaaaan.

Nah, itu sedikit tips dari aku. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya, gais.

See ya 😄