Thursday, September 15, 2016

K-Drama W2W, Sebuah Ending Yang Bijak

Hai, gais !
Udah kelar download final episodenya W2W belum nih ?
Kalo aku sih udah. Udah kelar nontonnya juga malah. Dari pagi udah gregetan banget ga sabar pengen nonton, tapi barusan baru kesampaian.



Setelah kurang lebih 8 minggu menahan rasa baper yang luar biasa, akhirnya hari ini tuntas juga menonton drama W2W.

Oh ya, bagi kamu yang belum menonton drama ini sama sekali, aku kasih review singkatnya ya.

Drama W2W ini diperankan oleh Lee Jong Suk sebagai Kang Chul dan Han Hyo Jo sebagai Oh Yeon Joo. Dari awal sebelum penayangan drama ini di Korea sana, teasernya yang wara-wiri sukses buat para pencinta drama Korea merasa tidak sabar untuk menyaksikan drama fiksi fantasi ini.

Han Hyo Jo

Lee Jong Suk


Drama ini mengisahkan tentang hubungan cinta dua dunia yang berbeda antara Kang Chul yang berada di dunia webtoon yang disebut juga dengan W dan Oh Yeon Joo yang berada di dunia nyata. Dunia W itu sendiri adalah sebuah komik yang ditulis oleh Oh Seong Mo yang juga merupakan ayah dari Oh Yeon Joo. Di komik itu Oh Seong Mo menciptakan karakter Kang Chul yang seorang atlet menembak dituduh menjadi pembunuh keluarganya sendiri. Setelah beberapa tahun dalam penjara, dan tidak ditemukannya bukti atas tindakan pembunuhan yang dituduhkan kepada Kang Chul tersebut, maka Kang Chul pun akhirnya di bebaskan.

Selepas dari penjara, Kang Chul yang masih sangat penasaran dengan pelaku sebenarnya membeli sebuah perusahaan media, dan membuat satu program televisi tentang penyelidikan kasus kriminal. Dan program itu pun sukses memecahkan beberapa kasus yang tidak terselesaikan oleh kepolisian. Berkat program televisi yang ia buat, Kang Chul pun menjadi pahlawan di mata masyarakatnya.

Kepopuleran Kang Chul dalam menegakkan keadilan ternyata memancing pelaku pembunuhan atas keluarga Kang Chul kembali muncul dan menantang Kang Chul untuk menemukannya. Dia bahkan sempat melukai Kang Chul dengan menikamnya berkali-kali. Dalam keadaan sekarat itu, di dekat Kang Chul terluka muncul layar raksasa berwarna putih menyilaukan. Kang Chul memasukkan tangannya ke dalam layar itu, yang ternyata menghubungkannya dengan dunia tempat Yeon Joo berada. Kang Chul tidak tahu sama sekali bahwa seseorang yang dia raih lewat layar itu adalah Yeon Joo. Sejak itulah Yeon Joo 'tersedot' ke dunia W.

Drama W2W ini memang beda banget dengan drama-drama beda dimensi lainnya. Aku udah menonton beberapa drama Korea yang menceritakan tentang kisah cinta beda dimensi ini, tapi tidak ada yang seunik W2W ini. Jika di drama lain, hanya satu karakter yang bisa berpindah dimensi. Tapi di W2W ini tidak. Masing-masing karakter bisa berpindah dimensi dengan cara tertentu.

Menonton drama W2W ini bener-bener buat aku merasa seperti berada di atas roller coaster. Kadang bahagia banget, kadang sedih banget, bahkan kadang bergidik karena ngeri. Writernim-nya emang jago banget bikin twist yang ga terduga.

Hal lain yang membuat drama ini berbeda adalah fakta bahwa drama ini bertabur adegan kissing. Aaiiihh... Lee Jong Suk bener-bener seorang good kisser deh, huahahaha. Sepanjang 16 episode, aku mencatat sekitar 7-8 adegan kissing. Gimana, gais ? Kamu suka ga ? Well, kalo aku sejujurnya sih merasa agak risih ya, karena kebanyakan sih. Dari 7-8 adegan kissing itu yang benar-benar menyentuh bagi aku hanya 3. Momennya pas, sehingga adegan itu benar-benar bisa dinikmati dan sukses buat penonton baper. Selebihnya aku ngerasa kok ya terasa gampangan gitu. Dikit-dikit kiss, dikit-dikit kiss, padahal ga ada cerita atau alasan yang kuat untuk adegan itu. Tapi yah, kembali lagi itukan haknya sutradara dan writernimnya kan, yaa.

Kissing scene yang paling 'masuk akal' terjadi, dan sukses bikin baper.


Bicara soal ending, aku bilang sutradara dan writernimnya cerdas banget. Mereka sepertinya paham bahwa penonton yang udah menyaksikan 15 episode W2W itu udah sangat lelah dengan penderitaan Kang Chul yang bolak-balik nyaris mati. Dan pastinya penonton udah geram banget sama penjahat sebenarnya yang ga tobat-tobat. Alih-alih mati di tangan Kang Chul, akhirnya penjahatnya mati di tangan penciptanya sendiri. Good-good. Kreatif ni menurut aku.

Trus, biar penonton ga kecewa karena hubungan cinta Kang Chul dan Yeon Joo yang menggantung di halte bis, ending pun di tutup dengan Kang Chul yang akhirnya menjadi manusia nyata, menggantikan sosok ayah Yeon Joo yang memilih untuk berakhir di dunia W. Jadi mereka tukeran, gitu. Cara ini menurut aku masuk akal banget nih, karena kalo ayahnya Yeon Joo juga bertahan hidup dan kembali ke dunia nyata, maka Kang Chul tidak akan bisa bertahan di dunia nyata. Dia akan selamanya menjadi karakter komik.

So, finally, kita harus berterimakasih sama siapa nih ?
Sutradara ? Writernim ? atau Sang Tablet yang menjadi media lalu lintas mereka ?
Haha ... apa pun pilihannya yang jelas aku merasa terhibur banget dengan ending drama yang sangat bijak itu sehingga aku ga perlu mematikan tivi, lalu membuat ending dengan versiku sendiri. Endingnya cukup mampu mewakili hasrat penonton yang menginginkan akhir bahagia untuk Kang Chul.


0 comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal