Saturday, February 29, 2020

Daftar Paket HOOQ yang Layak Kamu Coba

February 29, 2020 0 Comments

Hai, gaiiiis.

Khusus buat kamu yang hobi nonton aku punya kabar baik, nih. Berikut ini adalah informasi tetang daftar paket Hooq yang layak kamu coba. Yok, yang doyan streaming merapat, yaaah.

Bagi mereka pecinta liburan melalui visual, tentu kehadiran HOOQ akan sangat membantu mempermudah akses hiburan seperti film, hingga serial televisi favorit. Untuk membeli paket langganan HOOQ pun tersedia di berbagai provider termasuk provider telekomunikasi. Sayangnya, beberapa paket HOOQ dibanderol dengan harga cukup mahal, namun tidak demikian jika kamu berlangganan via Smartfren.

Smartfren merupakan salahsatu provider layanan telekomunikasi tanah air yang menawarkan beragam paket hiburan menarik untuk penggunanya. Salah satu paket hiburan yang ditawarkan adalah paket untuk nonton HOOQ.



Berbagai Paket Streaming HOOQ via Smartfren


Paket langganan aplikasi HOOQ yang ditawarkan Smartfren tersedia dalamtiga pilihan, yakni paket harian, mingguan dan bulanan. Kamu bisa menyesuaikan pilihan paket berlangganan sesuai kebutuhan. Berikut rincian paket yang ditawarkan:

1. Paket Movie Plan HOOQ Harian

Paket harian dapat digunakan untuk mengakses berbagai tayangan di HOOQ seharian penuh 24 jam. Biaya untuk berlangganan paket movie plan harian HOOQ dari Smartfren hanya sebesar Rp 3000 saja. Tidak hanya memperoleh berbagai akses premium ke tayangan film box office dan televisi favorit, Kamu juga mendapatkan bonus kuota untuk streaming dari Smartfren sebesar 300 MB.

2. Paket Movie Plan HOOQ Mingguan

Paket mingguan dapat digunakan untuk mengakses berbagai tayangan di HOOQ seminggu penuh 24 jam/ 7 hari. Biaya untuk berlangganan paket movie plan mingguan HOOQ dari Smartfren hanyase besarRp 10.000 saja. Tidak hanya akan memperoleh berbagai akses premium ke tayangan film box office dan televisi favorit, Kamu juga mendapatkan bonus kuota untuk streaming dari Smartfren sebesar 500 MB.

3. Paket Movie Plan HOOQ Bulanan

Paket bulanan dapat digunakan untuk mengakses berbagai tayangan di HOOQ sebulan penuh 30 hari. Biaya untuk berlangganan paket movie plan harian HOOQ dari Smartfren hanya sebesar Rp 30.000 saja. Tidak hanya akan memperoleh berbagai akses premium ke tayangan film box office dan televisi favorit, Kamu juga mendapatkan bonus kuota untuk streaming dariSmartfrensebesar 1 GB.

Untuk dapat mengaktifkan layanan HOOQ di Smartfren cukup melalui aktivasi SMS, aplikasi atau pun website Smartfren disini.







Cara Sederhana Menjaga Daya Tahan Tubuh

February 29, 2020 0 Comments

Menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk dilakukan. Dengan begitu tubuh akan selalu dalam keadaan fit, sehingga tidak mudah sakit. Meski pun untuk mendapatkan pengobatan saat ini tidaklah sulit, karena rumah sakit sudah tersebar hingga ke seluruh pelosok negeri. Namun mencegah akan selalu lebih baik dari pada mengobati. Kalau bisa selalu sehat, mengapa harus sakit? 

Hal yang Mempengaruhi Daya Tahan Tubuh

Pola hidup dan pola makan adalah salah satu kunci agar kesehatan terjaga. Sayangnya, tuntutan gaya hidup dan kebutuhan hidup membuat banyak orang yang lalai dalam menjaga kesehatannya. 

Tuntutan gaya hidup yang bisa merusak daya tahan tubuh itu tidak sedikit, lho. Dan terasa miris melihatnya ketika orang dengan santai melakukannya dengan alasan gaul dan modern. 

Contohnya rokok, alkohol, dan junk food. Banyak lho orang yang takut dibilang kuper alias kurang pergaulan hanya karena gak merokok. Padahal sudah sangat jelas, rokok itu bisa menggerus daya tahan tubuh.

Sedangkan tuntutan kebutuhan hidup yang membuat orang lupa dalam menjaga kesehatan, salah satunya adalah begadang. Sekalipun alasannya adalah untuk berkerja, tetap saja begadang tidak baik bagi kesehatan, karena kualitas tidur di malam hari tidak bisa digantikan dengan tidur siang.

Jadi jika kita di hadapkan dengan situasi kebutuhan hidup ini, tidak adakah solusi untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu fit?


Berikut cara sederhana menjaga daya tahan tubuh:

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Vitamin dan mineral yang banyak terkandung dalam sayur dan buah sangat bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kuat dalam menghadapi serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

2. Minum air putih yang cukup

Tubuh membutuhkan banyak cairan agar tidak dehidrasi. Dehidrasi bisa mengakibatkan daya tahan tubuh melemah. Untuk itu kita harus minum minimal 2 liter sehari. Dan kebutuhan akan air putih ini bisa meningkat jika tubuh banyak bergerak, atau lama berada di ruangan ber-AC. Jadi pastikan kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi.

3. Istirahat yang cukup

Seperti yang aku sudah singgung di atas tadi, tubuh membutuhkan tidur sebagai cara untuk recovery setelah digunakan untuk beraktivitas seharian. Metabolisme tubuh akan berkurang jika tidak diimbangi dengan tidur yang cukup. 

Normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam untuk tidur. Agar tidur kita berkualitas pastikan ruangan dalam keadaan nyaman. Minim cahaya, dan minim suara.

4. Jauhi stress

Saat stress tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dalam jangka panjang bisa menurunkan daya tahan tubuh. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan agar pikiran dan tubuh kita rileks, sehingga terhindar dari stress.

5. Berolahraga dengan teratur

Rutinitas yang padat menyebabkan orang tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Padahal olahraga teratur sangat penting dilakukan agar daya tahan tubuh selalu terjaga. Untuk menyiasatinya, bangunlah lebih awal, kemudian gunakan waktu sekitar 30 menit untuk berolahraga seperti lari atau senam.

6. Jauhi rokok, alkohol, dan obat-obatan

Rokok, alkohol, dan obat-obatan memiliki kandungan zat yang membahayakan tubuh. Terpapar zat-zat berbahaya ini menyebabkan daya tahan tubuh berkurang. Untuk itu, buatlah komitmen dengan diri sendiri agar bisa jauh dari rokok, alkohol, dan obat-obatan ini. 

7. Konsumsi vitamin C

Vitamin C bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C atau asam askorbat merupakan jenis nutrisi yang larut dalam air dan tidak diproduksi oleh tubuh. Untuk itu penting bagi kita mengonsumsi vitamin C ini dengan teratur agar kebutuhan vitamin C tubuh selalu terpenuhi. 

Salah satu cara alami mendapatkan vitamin C adalah dengan makan buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, nenas, dan lain-lain.

Selain itu, kebutuhan vitamin C juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C, salah satunya adalah Vitacimin.

Vitacimin adalah cara mudah dan praktis untuk mendapatkan vitamin C karena 1 tablet Vitacimin mengandung 250 mg vitamin C. 

Tablet hisap Vitacimin mudah didapat karena sudah dijual bebas di apotik atau pun toko obat di sekitar kita. Harganya pun sangat terjangkau. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh, konsumsi Vitacimin 2 tablet sehari.

Jangan lupa, untuk selalu memperhatikan aturan pakai, ya. Jika memiliki riwayat kontra indikasi, sebaiknya dihentikan. Atau kunjungi dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.


Jangan Sia-siakan Hidup Kita

So, hidup kita hanya sekali ya, gais. Jadi jangan pernah kita sia-siakan. Ayo, jaga diri kita agar daya tahan tubuh baik sehingga terhindar dari penyakit. Hindari hal-hal yang merusak tubuh, dan fokuslah dengan hal-hal yang baik bagi kesehatan. Jangan larut dengan gaya hidup yang tidak bermanfaat, karena ketika tubuh sakit semua gaya hidup yang kita agungkan selama ini tidak lagi berarti. Sayangi diri kita, gaiiis. Kalau bukan kita siapa lagi? Masak iya Pak Jokowi?





Friday, February 28, 2020

Kutemukan Hidden Gems via Treats by Traveloka Eats

February 28, 2020 16 Comments

Hidden Gems Traveloka Treats - Melakukan perjalanan bersama keluarga merupakan momen yang paling membahagiakan. Mengunjungi tempat-tempat wisata, pelesiran ke kota tetangga, hingga berburu kuliner yang memanjakan lidah. Tapi kalian tau gak, gais. Aku pernah mengalami pengalaman gak enak lho saat mencari tempat makan.

Waktu itu pagi hari, kami sekeluarga berangkat menuju kota tetangga yang sudah lama kami ingin kunjungi. Jauh-jauh hari kami sudah prepare tempat penginapan, dan menyusun rencana tempat-tempat yang ingin didatangi selama di sana.

Dari rumah kami bawa bekal sarapan, dengan harapan ntar di jalan bakal menemukan tempat makan yang sesuai selera, dan harganya cocok dengan isi kantong.

Sekitar pukul satu siang, kami baru menempuh setengah dari perjalanan. Perut sudah mulai keroncongan minta diisi. Kami putuskan untuk makan siang dulu, baru lanjut lagi ke kota itu.

Jadi kami susuri tempat-tempat makan yang tampak di sepanjang jalan. Tiga puluh menit berlalu, tidak ada satu pun tempat makan yang memenuhi harapan kami. Ada yang menunya tidak menarik, ada yang tempatnya jorok, ada juga yang tampaknya bagus tapi antriannya luar biasa.

Merasa putus asa dengan pemberontakan perut yang semakin brutal, akhirnya kami mencari minimarket terdekat, kemudian memenuhi tuntutan perut dengan sebungkus mie instan.

Saat melakukan perjalanan, soal tempat makan ini tidak boleh dianggap remeh ya, gais. Oleh sebab itu rencanakanlah tempat makanmu sebelum melakukan perjalanan, agar perutmu tidak protes.

Tempat makan bisa direncanakan, ya?

Bisa banget, gaaiis. Ini aku juga baru tau, kok. Makanya nyesel banget kenapa baru tau sekarang. Coba aku taunya sejak dulu, pasti ga bakalan mengalami kejadian apes seperti yang aku ceritakan tadi.

Nah, aku tuh orangnya kan baik hati-rajin belajar-dan suka menabung gitu kan, yes. Jadi aku pengen share ke kamu nih, gimana caranya agar kebutuhan kuliner kamu aman selama di perjalanan.

So, kini saatnya kamu untuk install aplikasi Traveloka, trus rencanakan tempat makanmu bersama Traveloka Eats.

Lho, Traveloka bukannya aplikasi untuk beli tiket pesawat?

Ish, kamu itu kuno. Traveloka itu bukan sekedar aplikasi jualan tiket aja, lho. Di Traveloka itu sekarang udah banyak fiturnya yang bisa mensupport kamu selama perjalanan. Salah satu fiturnya itu adalah Traveloka Eats.


Sekilas Tentang Traveloka Eats

Traveloka Eats merupakan fitur food directory dari Traveloka. Saat klik Traveloka Eats, kamu akan disuguhkan dengan beragam saran tempat makan. Nah, kamu tinggal sesuaikan saja dengan lokasi yang kamu inginkan.

Ada 3 fitur utama dari Traveloka Eats ini.

1. Panduan Kuliner

Fitur ini disediakan untuk kamu yang awam dengan daerah yang dikunjungi. Nah, klik menu ini, maka kamu akan mendapat panduan menuju kuliner yang tersedia di kota itu. Kamu tinggal pilih aja restoran mana yang sesuai selera.

2. Penawaran spesial

Menu ini cocok untuk kamu yang pengen makan enak tapi harga bersahabat. Dengan klik menu ini, kamu bakal mendapatkan informasi restoran-restoran yang memberikan diskon harga. Nah, tinggal pilih deh sesuai dengan budget kamu.

3. Treats

Nah, ini fitur baru lagi dari Traveloka Eats. Dengan meng-klik menu ini, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan, lho. Salah satunya 'booking promo' yang sedang berlangsung di restoran itu. Untuk penjelasan lebih lengkap, ntar kamu baca di bagian bawah, ya.

Dengan adanya fitur Traveloka Eats ini, kita terbantu banget, gais. Karena informasinya lengkap dan akurat. Setiap data restoran yang muncul sudah lengkap dengan ulasan atau review dari pengunjung yang sudah mencoba.

Kalau untuk urusan perut ini kita kan ga melulu soal rasa, ya. Tempat yang asyik, konsep yang unik, dan harga yang bersahabat bisa banget menjadi hal yang memuaskan kita.

Temukan Hidden Gems dengan Treats by Traveloka Eats


So, seperti yang aku sudah singgung di atas tadi, fitur Treats dari Traveloka Eats bisa memberikan banyak keuntungan, bagaikan mendapat hidden gems yang tidak kita sangka-sangka.

Hayo, coba aja kamu bayangkan. Bagaimana perasaan kamu ketika ketemu restoran yang desainnya cetar membahana, tapi harga kaki lima?

Atau, gimana perasaan kamu pas ketemu restoran yang sepi, tapi rasa masakannya enaaaaak banget, trus harganya juga ga ngeberatin dompet.

Atau ketemu restoran yang masakannya enak, trus ada playground yang ramah anak dan kekinian, trus anak-anak kamu bisa puas main di situ tanpa bayar.

Berasa dapat hidden gems kan, yaaah.

Bangetlah.

Kutemukan Hidden Gems di The Liter Tanjung Duren via Treats by Traveloka Eats

Aku ga menyangka sama sekali akan menemukan hidden gems via Treats by Traveloka Eats di The Liter Tanjung Duren ini.

Menunya enak, harganya sangaaaat terjangkau, dan tempatnya asyik, bahkan ada games corner juga, lho. Jadi sembari menunggu pesanan, bisa main game dulu. Seru banget.








Nah, bagiku hidden gems itu adalah sesuatu hal yang membahagiakan hati yang diperoleh tanpa ekspektasi berlebihan. Jadi kesannya jadi surprise gitu, deh.

So, penasaran pengen tau cara menemukan hidden gems via Treats ini? Ikutin cara berikut, ya.




1. Buka aplikasi Traveloka, pilih menu Eats.
2. Klik fitur Treats.
3. Ketik nama lokasi atau makanan yang diinginkan.
4. Pilih restoran yang kamu mau, klik 'I want it' di pojok kanan atas restoran.
5. Klik 'get deals'. 
6. Scan QR code setelah sampai di restoran yang dituju, klik Spend with Treats. 

Jadi dengan fitur Treats ini kamu bisa dapat voucher tanpa harus bayar dulu. Makanya tadi di atas aku sebut dengan istilah 'booking voucher atau booking promo'. Secara logika, Treats ini jelas sangat menguntungkan bagi pelanggan. 

So, gais.

Sudah siap untuk menemukan hidden gems kamu? Buruan install aplikasi Traveloka, ya. Jangan lupa, Traveloka Eats dulu, baru makan kemudian. Dengan Traveloka Eats, #PengalamanMengenyangkan akan menjadi pengalaman tidak terlupakan seumur hidup. Cobain, deh.




Wednesday, February 26, 2020

Review K-Drama: Crash Landing on You, Perjuangan Cinta di Zona Militer

February 26, 2020 0 Comments

Review Crash Landing on You. TvN kembali mengukir sejarah. Salah satu drama terbaiknya berhasil meraih rating tertinggi sepanjang masa penyiaran mereka. Rekor ini sempat dipegang oleh Goblin yang tayang pada tahun 2017 lalu. Crash Landing on You memang salah satu drama yang paling ditunggu di tahun 2020 ini, karena diperankan oleh aktor keren Hyun Bin dan aktris cantik Son Ye Jin. Sebelum bertemu dalam drama ini, mereka berdua sempat membintangi film The Negotiation. Setelah film itu berakhir, penonton pun berharap mereka akan dipertemukan dalam drama romantis. Wajar banget sih, karena gesture mereka berdua memang cocok, didukung oleh pengalaman akting yang mumpuni.

Sinopsis Crash Landing on You


Yoon Se Ri (Son Ye Jin) adalah putri bungsu dari konglomerat Korea Selatan. Meski pun terlahir dari keluarga super kaya, sayangnya Se Ri miskin kasih sayang. Bahkan dua kakaknya terus terang memperlihatkan rasa tidak suka mereka. Semua itu disebabkan karena Se Ri lahir dari hasil selingkuhan bapaknya.

Duuh ... Memanglah, ya, selingkuh ini dampak buruknya pasti anak yang menerima. Padahal anak kan ga punya salaaaah, mak-bapaknya noh yang kegatelan.

Istri pertama ayahnya pun bersikap dingin kepada Se Ri. Ga heran sih ya, lha ... Bukan anak kandungnya juga, kaan. Pasti si ibu selalu teringat si pelakor setiap kali melihat Se Ri. Karena luka dihatinya, si Ibu ini pernah meninggalkan Se Ri sendirian di pantai. Momen ini menjadi fase terkelam dalam hidup Se Ri, yang membuat dirinya merasa terbuang, dan tidak diinginkan

Hal itu membuat Se Ri pernah berniat untuk bunuh diri. Namun gagal karena seseorang.

Untuk mengobati harga dirinya yang terluka, Se Ri pun membangun kerajaan bisnisnya sendiri. Seolah memiliki sentuhan ajaib, semua bisnis yang Se Ri jalankan sukses besar. Hal ini membuat ayahnya semakin yakin untuk mewariskan perusahaannya kepada Se Ri.

Mendengar maksud ayahnya itu, saudara-saudara Se Ri tidak suka. Namun, Se Ri bergeming. Dia merasa dirinya memang layak menerima kepercayaan ayahnya.

Satu hari sebelum rapat direksi dengan agenda penunjukan dirinya sebagai CEO, Se Ri melakukan percobaan langsung atas produk barunya dengan bermain paralayang.

Aktifitas yang awalnya berjalan seru itu, tiba-tiba berubah menjadi bencana. Angin bertiup sangat kencang, menerbangkan Se Ri jauh dari tujuan, sehingga terdampar di demilitary zone Korea Utara.

Setelah pingsan selama 1 malam, keberadaan Se Ri ditemukan oleh Ri Jeong Hyeok seorang perwira Korea Utara yang sedang berpatroli dengan pasukannya.

Setelah mengetahui identitas Se Ri, Ri Jeong Hyeok mengalami dilema. Dia berhadapan dengan 2 pilihan, menyerahkan Se Ri ke Badan Keamanan Militer dengan resiko anak buahnya yang lalai akan dikenai hukuman. Atau diam-diam mengantarkan Se Ri kembali ke Korea Selatan.

Akhirnya Ri Jeong Hyeok memilih opsi yang kedua, diam-diam mengantarkan Se Ri ke perbatasan Korea Selatan.

Sayangnya niat Ri Jeong Hyeok diragukan oleh Se Ri. Kabar tentang keganasan tentara Korea Utara yanh sering ia dengar membuatnya ragu dengan keselamatannya. Di saat Ri Jeong Hyeok lengah, Se Ri pun melarikan diri.

Kejar-kejaran pun terjadi antara Se Ri dengan Ri Jeong Hyeok dan pasukannya. Sayangnya, Se Ri salah arah. Bukannya menuju daerah perbatasan, Se Ri justru sampai di perkampungan militer.

Se Ri hampir saja ketahuan oleh tentara yang sedang patroli, untungnya Ri Jeong Hyeok berhasil menariknya masuk dan bersembunyi di balik pagar. Demi kepentingan masing-masing, Se Ri disembunyikan oleh Ri Jeong Hyeok di rumahnya.

Di sinilah benih-benih cinta di antara mereka mulai bersemi.

Penasaran sama perjuangan cinta mereka di zona militer? Silakan tonton sendiri, yaaa.

Adegan-adegan yang tidak terlupakan dari Crash Landing on You


Drama Crash Landing on You ini mengusung genre komedi romantis, jadi tidak heran kalau ada adegan-adegan lucu yang bikin penonton terpingkal-pingkal, namun disusul dengan adegan romantis yang berhasil membuat hati penonton turut berbunga-bunga.

Berikut beberapa adegan yang tidak terlupakan dari drama Crash Landing on You.

1. Culture Shock

Korea Utara dan Korea Selatan memang sangat bertolak belakang dalam banyak hal. Hal ini mengakibatkan terjadinya cultural shock yang benar-benar lucu dan menggemaskan.

Puncaknya adalah ketika para anggota Ri Jeong Hyeok (aku menyebut mereka F5) ini datang ke Korea Selatan.



Mereka menatap takjup melihat listrik yang tidak pernah padam, air yang selalu mengaliri kran, dan internet yang bisa diakses dimana saja.

Kejadian super kocak adalah ketika 3 di antara mereka berada di depan mesin minuman. Lihat tayangan berikut ini, deh.






2. Aksi dramatis nan romantis.

Jadi Ri Jeong Hyeok mengatur waktu untuk memulangkan Se Ri dengan selamat. Beberapa siasat ia susun dengan pasukannya.

Pertama, menyelundupkan Se Ri lewat kapal. Sayangnya, misi ini gagal. Mereka justru terpaksa melakukan adegan 'yang penonton mau' demi menyamarkan misi mereka. Misi gagal, tapi cipika-cipiki berhasil. Wahaha. Jeong Hyeok menang banyak, ih.



Kedua, menyelundupkan Se Ri lewat ajang olahraga internasional. Lagi-lagi misi ini gagal, karena musuh Jeong Hyeok berusaha menggagalkan lewat penyerangan. Alhasil, Ri Jeong Hyeok mengalami luka tembak. Huhuhu ... Se Ri gagal berangkat, malah makin lengket sama pelet Jeong Hyeok.

Ketiga, ayah Ri Jeong Hyeok turun tangan. Dia mengetahui upaya anaknya untuk memulangkan Se Ri akan selalu gagal karena lawan-lawan politiknya justru pengen menangkap Se Ri, kemudian menggunakannya untuk menjatuhkan karirnya.

Tanpa sepengetahuan Jeong Hyeok, ayahnya mengutus orang untuk 'menculik' Se Ri.

Mengetahui Se Ri hilang dengan cara misterius, Jeong Hyeok panik. Dia langsung bisa menebak, ada campur tangan ayahnya di balik itu.

Tanpa basa-basi, Jeong Hyeok mendatangi ayahnya, menanyakan keberadaan Se Ri. Si ayah mah santuy aja ditanyain anaknya. Tapi ibunya engggak. Oohh ... hati seorang ibu memang gitu, yaa. Mana tega dia melihat anaknya yang udah mengumbar air mata dengan putus asa karena merasa gagal melindungi Se Ri. Si ibu pun mengeluarkan Se Ri dari persembunyiannya.

Reuni Ri Jeong Hyeok dan Se Ri pun berlangsung penuh drama di hadapan si Ayah, yang kemudian hanya bisa memalingkan muka dengan wajah merah sambil menepuk kepala. Hassooy. Asli, lucu banget ekspresi si kakek. Hahaha.

3. Cinta second lead yang bikin baper.

Jadi ceritanya si Jeong Hyeok ini udah punya tunangan nih, gais. Gadis cantik, anak horang terkayah di Korea Utara. Mamaknya punya mall gitu, jadi setailnya bedalah dari cewek-cewek Korut kebanyakan.

Mereka udah tunangan selama 10 tahun, tapi tanpa cinta. Eh, tepatnya cinta sepihak gitu. Tapi, dari kacamata aku nih, ga ada cinta juga sih sebenarnya, Seo Dan cuma terobsesi aja untuk milikin Jeong Hyeok karena ni cowok terkenal guantenge trus anak politikus ternama juga. Jadi sekali menepuk, 3 lalat mati. Nah, kalo mereka jadi nikah ni, Seo Dan merasa semakin 'wow' di mata orang banyak, kekayaan keluarga mereka semakin berlipat, daaan pengaruh mereka pun semakin kuat.

Tapi, sayang. Perjalanan cinta Dan ini terhambat karena Jeong Hyeok justru jatuh cinta dengan Se Ri.

Awalnya sih Dan ini unjuk taring gitu, dengan mencoba menampakkan eksistensinya di depan Se Ri. Dia memata-matai Se Ri lewat Gu Seung Jun, pelarian dari Korsel.

Seung Jun ini sempat dekat dengan Se Ri, tapi gagal karena niat bulusnya ketahuan oleh Se Ri. Trus Seung Jun ini kemudian membalas dendam dengan menipu abangnya Se Ri yang serakah. Dia ambil uangnya, trus kabur ke Korea Utara.

Hubungan Dan dengan Seung Jun yang awalnya hanya karena asas manfaat, justru berkembang menjadi cinta. Aku suka banget niih dengan couple yang satu ini. Karakter mereka cucok meooong. Hanya saja endingnya tragis. Hiiks.

4. Cinta yang menghangatkan hati.

Bukan hanya cinta antara RiRi couple, dan GuDan couple aja yang bikin baper, tapi cinta antara Kapten Ri dengan para anggota timnya pun bener-bener menghangatkan hati.

Aku bener-bener sulit menahan air mata haru ketika melihat adegan Kapten Ri bertemu kembali dengan anak buahnya di Korea Selatan.

Para F5 ini ditugaskan oleh ayahnya Kapten Ri untuk menyusul Kapten Ri ke Korea Selatan.

Di belantara kota Seoul yang padat itu mereka berusaha menemukan Kapten Ri dengan mengikuti jejak Se Ri via berita. Mereka mendatangi Se Ri di kantornya, tapi usaha mereka selalu gagal karena Se Ri di kelilingi oleh pengawalan berlapis.

Akhirnya mereka memberanikan diri menyamar sebagai customer di pusat perbelanjaan yang Se Ri baru resmikan.

Alih-alih menemukan Kapten Ri, mereka justru harus kejar-kejaran dengan petugas keamanan. Padahal petugas keamanan ngejar mereka cuma pengen mengembalikan sepatu Eun Dong yang ketinggalan ajaaah. Hahaha. Mereka justru lari terbirit-birit karena takut.

Untungnya pas Eun Dong jatuh nampak oleh Ri Jeong Hyeok. Kapten yang baik pasti kenal, dong, dengan anggotanya. Kapten Ri pun menyusul mereka.

F5 merasa udah cukup jauh berlari dari petugas keamanan, mereka pun beristirahat di taman. Saat itu mereka baru sadar kalau Eun Dong lari tanpa sepatu. Dalam suasana heboh itu, sepasang kaki melangkah mendekat, kemudian tangannya menyodorkan sepatu ke kaki Eun Dong, dan memasangkannya. Ooh, so sweet. Jelas banget Kapten Ri ini sayang dengan anggotanya. Begitu mengetahui lelaki itu Kapten Ri, mereka pun menghambur ke pelukannya. Aku terharuuu.

Sebenarnya masih banyaaak adegan memorable lainnya, cuman kalo ditulisin semua ntar kamu ga nonton lagi, doong. Jadi membahas adegannya aku stop di sini, ya.

Selanjutnya aku pengen bahas tentang life value dari drama ini. Penting nih, gais. Tontotan memang  hiburan, tapi kalau ga ada life value-nya, jadinya cuma sebatas cuci mata doang. Padahal tontonan itu harus ada manfaatnya, sehingga bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Value of life dari drama Crash Landing on You


Keserakahan akan menghancurkanmu

Keserakahan kakaknya Se Ri terhadap uang dan kekuasaan membutakan matanya. Membuatnya menghalalkan segala cara, untuk mendapatkan keinginannya. Akhirnya, dia justru kehilangan. Jangankan materi, bahkan cinta orangtuanya pun ikut berlalu pergi bersama keserakahannya.

Cinta yang tulus tidak pernah membebani

Ri Jeong Hyeok dan Se Ri saling menyintai. Status kewarganegaraan yang membuat mereka sulit untuk bersatu. Tetapi mereka tidak menjadikan cinta mereka sebagai beban. Mereka memilih untuk tetap menjalani cinta mereka dengan cara yang lain, tanpa harus terjebak dengan status kewarganegaraan.



Persahabatan tidak memandang status

Se Ri putri konglomerat, F5 berasal dari golongan ekonomi bawah, geng ibu-ibu rumpi di perkampungan militer pun masyarakat kelas menengah. Tetapi mereka semua menjadi sahabat baik bukan karena status, tapi karena hati mereka hangat oleh kebaikan.

Jangan siksa diri dengan menjalani hubungan tanpa cinta




Hubungan Seo Dan dan Ri Jeong Hyeok berjalan tanpa cinta. Akibatnya Seo Dan setiap hari harus selalu menahan perasaan gelisah dan was-was. Dengan kekayaan orangtuanya, seharusnya Dan bisa menikmati hidup dengan sukacita. Tetapi hubungan tanpa kepastian dengan Ri Jeong Hyeok membuatnya harus selalu berjalan di atas gunjingan orang lain.

Anak akan selalu menjadi korban dari sebuah perselingkuhan

Selingkuh itu nikmat. Itu kata beberapa pelaku selingkuh yang aku sempat kenal. Tapiii, ketahuilah wahai para selingkuher. Anak kalian akan menjadi korban utama dari prilaku buruk kalian. Mentalnya menjadi rusak karena melihat tingkah buruk orangtuanya. Hatinya akan rusak karena dicap sebagai anak selingkuhan, anak haram, anak pelakor. Hatinya akan terluka karena merasa dirinya tidak dianggap, tidak diinginkan. Lihat saja yang dialami oleh Se Ri. Dia bahkan nyaris kehilangan nyawanya karena kekecewaan istri pertama ayahnya.

Berbuat baiklah ke semua orang. Tuhan pasti Maha Melihat, dan CCTV bisa menjadi saksinya

Salah satu hal yang membuat pemerintah Korsel memutuskan untuk memulangkan Kapten Ri dan pasukannya tanpa mempersulit adalah karena 'jejak kebaikan' Kapten Ri selama di Seoul terekam oleh kamera CCTV.

Alih-alih ingin menemukan aksi spionase, mereka justru menemukan amal-amal sholeh Ri Jeong Hyeok selama di Seoul. Mulai dari ngambilin balon anak yang tersangkut, menolong nenek-nenek mendorong gerobak, daaan yang viral di media sosial ngebantuin orang-orang lewat dengan menahan pintu mall. Sampai-sampai pejabat NISnya bertanya, "Apa kita sedang mencari kandidat tentara teladan?" Hahahaha.

Yah, Tuhan pasti Maha Membalas kebaikan hambaNya.

So, gais.
Pelajaran hidup bisa didapat dari mana saja, ya. Termasuk dari drama Crash Landing on You ini. Yuuk, ambil yang positifnya, buang yang negatifnya. Semoga kita selalu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Aamiin.

Wednesday, February 5, 2020

Google Family Link, Cara Ampuh Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak

February 05, 2020 2 Comments


Salah satu tantangan terbesar para orangtua dalam mendidik anak saat ini adalah gadget.

Penggunaan gadget pada anak memang sudah berada dalam tahap yang cukup mengkhawatirkan.

Banyak orangtua yang mengeluh anak-anaknya berubah menjadi pemalas, pembangkang, bahkan ada juga kasus anak yang berani mencuri uang demi game online. Kecanduan gadget memang beresiko terhadap gangguan fisik dan psikis anak.

Tetapi hubungan anak dan gadget ini boleh dikatakan seperti ikan dan asam. Kalo ga dikasih asam, ikannya amis, dikasih kebanyakan rasa ikannya pun jadi masam sehingga tidak enak lagi untuk dimakan.

Nah, begitu juga anak dan gadget. Perkembangan zaman menuntut anak untuk harus bisa mengenal gadget sejak dini, karena faktanya banyak sekali tugas-tugas sekolah yang jawabannya harus browsing dulu di internet.

Anak pun dikenalkan dengan gadget, yang akhirnya secara tidak langsung juga menuntun anak mengenal fitur gadget selain browser seperti game, youtube, dan banyak lagi yang lain.

Keseruan bermain game dan menonton youtube inilah yang sering membuat anak-anak sulit lepas dari gadget. Mereka jadi lupa banyak hal karena keasyikan bermain gadget. Hal ini membuat orangtua harus ekstra nyinyir dalam mengingatkan anak-anaknya agar tidak melalaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pelajar.


Silakan baca juga: Anak dan Gadget, Kenal Boleh Intim Jangan


Dengan Aira pun aku begitu. Kalau dia sudah asyik dengan gadget, aku harus berulang kali menegur, mengingatkan, bahkan menyuruhnya untuk berhenti main susahnya minta ampun.

"Ra, udah adzan tuh. Sholat dulu."
"Ya, bentar, Nda."

Sepuluh menit berlalu, si anak masih aja dengan gadgetnya. Suara mamak pun naik 3 oktaf.

"Airaaaaa!"

Baru deh dia lepasin gadgetnya.

Itu baru tentang sholat aja, lho. Belum lagi kalau mengingatkan tugas sekolah, makan, mandi, dan lain-lain. Ampun dijeee. Bener-bener banyak drama yang harus selalu diakhiri dengan adegan mamak melontarkan mantra, "Mau bunda buang hapenya?"

Hal ini membuatku berharap ada inovasi untuk mengontrol penggunaan gadget ini pada anak.


Google Family Link, Cara Ampuh Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak




Apa itu Google Family Link?

Google family link adalah sebuah aplikasi dari google yang bisa digunakan orangtua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anaknya. 

Manfaat menggunakan google family link:

1. Membatasi waktu.



Dengan aplikasi google family link ini, orangtua lebih mudah dalam mengatur waktu penggunaan gadget pada anak. Fitur ini membuat gadget anak otomatis terkunci jika batas waktu yang diterapkan habis. 

2. Mengontrol pengunduhan aplikasi.



Paket data baru diisi tau-tau udah ga bisa internetan lagi. Usut punya usut ga taunya hape udah penuh sama aplikasi. Pernah mengalami, Moms?

Nah, dengan menggunakan aplikasi family link ini anak tidak bisa mengunduh aplikasi dengan bebas. 

Setiap anak mengunduh aplikasi di gadgetnya, di gadget orangtua akan muncul notifikasi berikut opsi persetujuannya. Jika orangtua klik 'setuju atau izinkan', barulah aplikasi bisa diunduh di gadget anak.

3. Mengawasi aktifitas di ponsel anak.

Google family link juga membuat orangtua bisa mengawasi aktifitas di ponsel anak. Orangtua jadi tahu anak menonton apa dan memainkan game apa.

4. Memeriksa lokasi anak.



Dengan fitur ini orangtua bisa memantau keberadaan anak, tapi dengan syarat anak membawa ponselnya, ya. Kalau ponselnya ditinggal di rumah, sudah pasti ga ada gunanya, ya.

Satu bulan lebih menggunakan aplikasi google family link ini aku benar-benar merasakan manfaatnya. Aku ga capek lagi ngomel kalau anak sudah pegang gadgetnya. Aku juga ga perlu merasa was-was dengan aktifitasnya di ponsel. Semua jauu lebih terkontrol.

So, bagi para orangtua yang merasa kewalahan atas penggunaan gadget pada anak, buruan deh pake aplikasi google family link ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Google Family Link


1. Pastikan ponsel orangtua dan ponsel anak sudah memiliki akun google.
2. Unduh aplikasi Family Link for Parents di ponsel orangtua.
3. Unduh aplikasi Family Link for Kids di ponsel anak.
4. Ikuti saja step-by-step arahan yang ada di aplikasi.


Aku percaya, pada dasarnya tidak ada anak yang pemalas, bandel dan pembangkang. Pola asuh dan prilaku orang-orang di sekitarnyalah yang membentuk karakter anak.

Jika kita tidak bisa menjauhkan anak dari penggunaan gadget,  sebagai orangtua kita harus mampu mengontrolnya. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari. Karena jika fisik dan psikis mereka sudah rusak karena efek negatif gadget, semua tools untuk kontrol ini tidak akan berguna lagi.

Prevent is always better.