promo enfa

Monday, December 21, 2020

Gusi Bengkak dan Berdarah? Waspadai 4 Macam Penyakit Gusi

December 21, 2020 0 Comments



Gusi bengkak dan berdarah mungkin pernah dialami oleh sebagian besar masyarakat kita. Entah saat menggosok gigi, ataupun saat menggunakan benang gigi. Sayangnya, kesadaran masyarakat akan kondisi ini masih cukup rendah, sehingga mereka cenderung mengabaikannya.

Gusi merupakan bagian yang sangat penting dalam mulut. Kesehatan gusi tidak hanya berperan dalam kesehatan gigj, tetapi juga dalam kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Gangguan pada gusi semestinya tidak diabaikan, karena apapun bentuk dan penyebabnya, gusi yang bengkak dan berdarah bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit pada gusi.


Penyebab Gusi Bengkak


Gusi membengkak ditandai dengan adanya bagian gusi yang membesar, menggelembung, dan menonjol. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sisa-sisa makanan

Kebiasaan tidak menggosok gigi dengan teratur menyebabkan sisa-sisa makanan tertinggal di sela-sela gigi dan gusi, sehingga mengundang kuman dan bakteri masuk. Jika diabaikan, bakteri dan kuman ini akan menumpuk sehingga bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi.

2. Perubahan hormon

Perubahan kadar hormon juga bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi. Hal ini biasa terjadi pada wanita, khususnya wanita hamil. Namun kondisi ini bersifat sementara saja, jadi tidak perlu panik. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan mulut, gigi, dan gusi agar peradangan gusi tidak meluas.


3. Obat-obatan

Penggunaan beberapa jenis obat-obatan juga bisa menyebabkan pembengkakan gusi, salah satunya adalah obat-obatan penurun tekanan darah. Obat-obatan tersebut bisa menyebabkan pertumbuhan berlebih pada jaringan gusi sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan.

4. Iritasi

Reaksi alergi terhadap makanan tertentu bisa memicu terjadinya iritasi, sehingga menyebabkan jaringan gusi menjadi merah, dan membengkak.

5. Tumpukan plak dan karang gigi

Plak merupakan lapisan lunak yang tidak terlihat, dan melekat erat pada permukaan gigi. Plak ini dibentuk oleh bakteri dalam mulut.

Kebersihan mulut yang tidak terjaga menyebabkan plak ini menebal, sehingga menimbulkan zat warna kuning pada gigi. Plak yang menebal dan mengeras membentuk karang gigi, sehingga menyebabkan gusi menjadi bengkak.

6. Kekurangan vitamin C

Vitamin C berperan dalam menguatkan jaringan ikat seperti gusi. Kekurangan vitamin C bisa membuat gusi mengalami pembengkakan.


4 Macam Penyakit Gusi yang Perlu Diwaspadai


1. Radang gusi (gingivitis)

Radang gusi (gingivitis) adalah salah satu penyakit gusi yang sering terjadi. Ciri-cirinya meliputi iritasi pada gusi, berwarna kemerahan, serta ditemukan adanya benjolan. Kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik adalah penyebab utama penyakit gusi ini terjadi.

Meski sering terjadi, namun jangan disepelekan, karena faktanya penyakit radang gusi ini justru bisa menyebabkan penyakit gusi yang lebih serius seperti periodontitis.

2. Mukokel (mucocele)

Mukokel atau kista mukosa merupakan benjolan berisi cairan yang sering muncul di bibir, mulut, dan gusi.

Hal ini terjadi karena saluran kecil pada kelenjar ludah rusak atau tersumbat. Salah satu penyebabnya yang sering tanpa sadar kita lakukan adalah kebiasaan menggigit bibir, atau mengisap bibir bawah.

Pada awal-awal terjadi, mukokel bisa sembuh dengan sendirinya. Tetapi perlu dilakukan tindakan pengobatan saat tingkat keparahan kista mukosa meningkat.

Agar infeksi dan kerusakan jaringan tidak terjadi, jangan pernah mencoba untuk membuka atau mengeluarkan cairan kista sendiri tanpa bantuan dokter.

3. Abses gusi

Abses gusi terjadi ketika terdapat kumpulan nanah di dalam gigi, gusi, atau tulang yang menahan gigi. Penyebab utamanya adalag infeksi bakteri.

Sebelum menyebar ke bagian tubuh yang lain, pastikan untuk segera mendapatkan pertolongan pertama dari dokter, karena abses gusi tidak bisa sembuh dengan sendirinya.

4. Oral lichen planus

Oral lichen planus merupakan penyakit gusi yang ditandai dengan adanya bercak putih, benjolan, atau luka terbuka pada area mulut bagian dalam seperti pipi bagian dalam, gusi, lidah, serta jaringan dalam bibir.

Kondisi ini juga tidak mungkin untuk sembuh sendiri, itu sebabnya kita membutuhkan bantuan dari dokter untuk mengatasinya.


Cara Mengatasi Gusi Bengkak dan Berdarah secara Alami


Sebelum berubah menjadi penyakit gusi yang serius, sebaiknya kita segera mengatasi masalah gusi bengkak dan berdarah ini dengan sebaik mungkin.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengatasi gusi bengkak dan berdarah yang Meirida ketahui.

1. Berkumur Dengan Air Garam

Sejak zaman dahulu, garam dipercaya bisa mengobati gusi bengkak dan berdarah. Cukup siapkan segelas air hangat, kemudian tambahkan satu sendok garam, aduk hingga rata.

Berkumurlah dengan air garam ini 3 kali dalam sehari, lakukan secara rutin hingga benjolan pada gusi hilang. Namun, jika lebih dari 3 hari bengkak pada gusi tidak juga hilang, segeralah temui dokter.

2. Kompres Dengan Es atau Air Hangat

Cara lain untuk mengatasi gusi yang membengkak adalah dengan mengompres gusi dengan es batu atau air hangat.

Gunakan kompres es batu disaat gusi bengkak tanpa disertai rasa nyeri, dan gunakan kompres air hangat disaat gusi bengkak disertai dengan rasa nyeri dan berdenyut.

Hati-hati jangan terbalik, ya.


3. Berkumur Menggunakan Lemon

Kandungan asam pada lemon bermanfaat untuk mengatur kadar keseimbangan pH dalam mulut, sehingga bisa membasmi bakteri-bakteri penyebab gangguan pada gigi dan gusi.

Berkumurlah dengan perasan lemon yang dicampur dengan air, gunakan 3 kali sehari.

Agar proses penyembuhan berjalan dengan baik, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan mulut, gigi, dan gusi dengan cara menggosok gigi dengan teratur.

Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa memperburuk kesehatan gigi seperti makanan dan minuman yang terlalu panas, alkohol, rokok, serta junkfood.


Penutup

Sejatinya hidup itu adalah sebuah pilihan, dan setiap orang pastinya memiliki pilihan yang berbeda untuk hidupnya. 

Tapi, menjaga kesehatan semestinya bukan pilihan, tetapi sebuah keharusan. Karena ketika diajukan pertanyaan, pilih 'sehat' atau 'sakit', semua orang di dunia ini pasti memilih 'sehat'.

Jika sehat adalah keinginan semua orang, maka menjaga kesehatan adalah kewajiban setiap orang. 

Mari jaga kesehatan diri kita dengan baik, karena tubuh yang sehat adalah salah satu modal untuk hidup bahagia.













Tuesday, December 8, 2020

Mari Kita Bersama Melangkah untuk Lebih Baik

December 08, 2020 0 Comments






Penyesalanku Melangkah dengan Cara yang Salah


Pernahkah teman-teman mengalami peristiwa yang sangat traumatik? Sebuah peristiwa yang berhasil memicu pikiran untuk mencetuskan ide 'bunuh diri'. Teman-teman berhasil survive, namun memori kalian tetap mengabadikannya sebagai fase terkelam dalam hidup. Melangkah dengan cara yang salah, membuatku jatuh dan terpuruk.

Delapan tahun yang lalu aku pernah berada di fase itu. Percayalah, terkadang aku masih merasa takjup dan tidak percaya bisa lepas dari kemelut itu.

Jadi, hari ini aku putuskan untuk berbagi sepenggal kisah perjalanan hidupku. Sedikit atau banyak, semoga bisa memberi inspirasi bagi orang-orang yang mungkin sedang terjebak dalam pusaran masalah yang sama.

Inilah kisahku.

Waktu itu adalah ulang tahun pernikahan kami yang ke-4. Meskipun sangat ingin merayakannya, tapi kami urung lakukan karena saat itu kondisi ekonomi sedang berada di level terbawah.

Usaha rental playstation yang kami jalankan sejak awal menikah, tidak lagi mampu menopang biaya hidup. Penghasilan kami menurun drastis setelah beberapa sudut di lingkungan kami berada berdiri warnet-warnet yang lengkap dengan game onlinenya.

Sementara suami baru saja dapat perkerjaan setelah tiga tahun lebih berjuang memasukkan berkas lamaran ke seluruh penjuru kota. Itu pun berstatus karyawan kontrak. Namun, rasa syukur tetap saja membuncah di dada kami. Bagaikan secercah cahaya yang muncul di terowongan panjang yang gelap. Kami optimis hidup kami akan segera membaik.

Jadi alih-alih merayakan hari jadi pernikahan, kami memutuskan untuk merencanakan usaha baru. Mungkin tidak akan membuat kami kaya, namun setidaknya penghasilan dari usaha itu bisa menopang kebutuhan ketika kontrak kerja suami berakhir kelak.

Kami sepakat untuk membuka usaha PPOB, yang menurut kami tidak butuh modal besar, dan pengerjaannya pun mudah. Jadi aku bisa jalankan usaha itu tanpa harus mengabaikan tugas dan kewajiban sebagai ibu rumah tangga.

Usaha PPOB kami berjalan lancar, semakin hari semakin banyak pelanggan yang datang. Deposit yang awalnya hanya satu juta rupiah, waktu itu mencapai sepuluh juta perhari.

Aku berhasil membukukan laba bersih sekitar 2 juta setiap bulannya. Untuk ukuran usaha rumahan, bagiku itu adalah sebuah pencapaian yang luar biasa.

Dengan penghasilan itu aku bisa meringankan beban suami dalam membiayai kebutuhan rumah tangga. Dengan penghasilan itu, kami bisa sedikit bernafas lega karena menjelang waktu gajian tiba, masih ada uang untuk kebutuhan sehari-hari, bahkan bisa aku tabungkan sebagiannya.

Hingga datanglah tawaran petaka itu.

Sebuah tawaran investasi dengan hasil yang sangat menggiurkan.

Awalnya aku tidak tertarik, karena aku merasa apa yang aku dapatkan hari itu sudah sangat lebih dari cukup.

Tapi, keimananku bener-bener sedang diuji. Sungguh tidak terduga sama sekali, tiba-tiba hujan deras semalam menyebabkan air meluap masuk ke dalam rumah. Akibatnya mesin cuci, kulkas, kasur, dan beberapa furnitur lainnya rusak.

Untuk membelinya semua dalam satu waktu jelas tidak mungkin karena tabunganku masih jauh dari kata cukup.

Seandainya saja saat itu aku memilih untuk bersabar lebih lama.

Tetapi, setan di kepala terus saja melancarkan rayuannya. "Sudaaah, ga usah banyak mikir. Terima aja tawaran investasi itu. Dalam satu bulan kamu bisa beli semua yang kamu butuhkan. Bahkan bisa nabung lagi, kok."

Dalam ragu, aku bertanya pendapat suami. Suami menolak, karena menurutnya tawaran investasi itu tidak masuk akal.

Tetapi kepalaku yang telah diselimuti setan tidak terima penolakan suami. Dalam pandanganku, suami perhitungan dan tidak peka kebutuhan istri. Dia tidak mengerti kalau istrinya gak kuat kalau harus menyuci dengan tangan. Dia ga ngerti kalau istrinya kerepotan harus belanja setiap hari. Dan yang paling bikin nyiksa, dia tidak mengerti kalau istrinya ga kuat tidur di kasur yang baunya bikin muntah.

Diam-diam, di belakang suami aku menerima tawaran investasi itu. Mereka janjikan keuntungan 25% setiap bulannya. Setelah mengkalkulasikan semua biaya yang dibutuhkan, aku putuskan untuk ikut yang jangka pendek saja, yaitu 3 bulan. Jadi dalam 3 bulan aku akan mendapatkan profit senilai 7,5 juta.

Waktu berlalu, di depan suami aku berusaha PPOBku tetap berjalan seperti biasa. Namun jumlah pelanggan tentu saja tak lagi sebanyak biasanya, karena deposit yang dimiliki sudah tidak besar lagi. Tapi aku tidak ambil hati, karena pikiranku fokus ke investasi yang aku jalankan.

Ternyata keinginan yang baik memang harus dilakukan dengan cara yang baik pula. Melangkah dengan cara yang salah bisa membuatmu tersesat sehingga tidak sampai di tujuan dengan selamat.

Itulah yang terjadi padaku. Tidak lama berselang petaka itu datang. Orang yang kupercayai untuk berinvestasi itu menghilang tanpa jejak. Di-sms tidak membalas, ditelepon tidak menjawab. Kantor mereka pun sudah tutup. Duniaku mendadak terasa gelap. Ingin rasanya berteriak sekuat-kuatnya untuk meluapkan semua rasa kecewa dan marah yang meletup-letup di dalam dada.

Aku benar-benar kalut saat itu, karena uang yang aku investasikan adalah modal usaha. Di dalamnya tidak hanya uangku sendiri, tetapi juga ada uang saudara ipar dan mertua.

Aku takut, aku malu, tidak tahu harus berbuat apa. Di benakku langsung terbayang sumpah serapah dan makian yang akan aku terima dari suami. Bagaimana jika dia menceraikanku? Bagaimana jika dia mengusirku? Bagaimana tanggapan mertua dan saudara ipar nantinya? Aarrghh ... Aku sungguh tidak sanggup membayangkannya lebih jauh.

Aku tidak ingin suami dan keluarganya tahu masalah yang kuhadapi. Sekuat tenaga aku berusaha menyimpan masalah itu rapat-rapat. Di dekat suami aku berusaha untuk beraktivitas seperti biasa seolah tidak ada yang terjadi meskipun sangat sulit.

Aku mencoba mencari solusi ke beberapa teman dekat, tapi gagal. Satu-satunya solusi yang tampak hanyalah pinjaman berbunga. Aku lebih takut lagi dengan konsekuensinya. Terbayang di benakku adegan kekerasan dari debt collector di film-film. Aku tidak berani mengambil resiko itu.

Dari hari ke hari aku semakin kalut membayangkan semua hal buruk yang akan suami dan keluarga katakan.

Dalam kekalutan itu, terbersit ide untuk mengakhiri hidup. Aku ingin mati saja agar lepas dari masalah ini. Tidak sanggup lagi rasanya menghadapi masalah itu sendiri.

Kuedarkan pandangan ke seluruh ruangan. Mataku tertumbuk pada cairan anti nyamuk yang ada di sudut lemari. Tanpa pikir panjang lagi, aku mengambil cairan anti nyamuk itu, kemudian menuangkannya ke dalam gelas.

Aku menangis keras membayangkan semua kesalahan yang kulakukan, aku ketakutan membayangkan kata-kata orang. Perlahan gelas berisi cairan anti nyamuk itu kubawa mendekat ke mulutku. Secepatnya, aku ingin pergi dari dunia ini.

Tapi, Allah Maha Baik. Dia tidak ingin hambaNya yang lagi salah jalan ini tersesat lebih jauh. Detik-detik yang krusial itu, ketika tepian gelas telah menyentuh bibirku, saat itu pula aku mendengar suara tangis Aira yang sangat keras.

Refleks gelas itu kulempar, dan aku segera berlari menuju kamar.

Alhamdulillah. Allah menyelamatkanku dari dosa besar, lewat tangisan malaikat kecilku.

Beberapa minggu berlalu, aku masih bertahan dengan rahasia besar yang kusimpan. Termasuk insiden gagalnya aksi suicide-ku itu.

Namun, sebaik-baik orang menyimpan bangkai, bau busuknya tetap tercium juga. Dan suamiku mulai curiga dengan sikapku yang tanpa kusadari ternyata banyak berubah. Tetapi setiap ditanya aku selalu mengelak.

Satu kali, dua kali, aku berhasil membohongi suami. Namun kali ke tiga tidak lagi. Aku tertangkap basah ketika terisak-isak di tengah malam. Mimpi buruk tidak lagi bisa kujadikan alasan.

"Kenapa menangis, Dek? Ada masalah apa? Abang ada berbuat salah?"

Pertanyaan itu berulang kali dilontarkan suami, tapi aku hanya menjawabnya dengan raungan keras. Aku menyesal ya Allaaah. Aku merasa berdosa sekali kepada lelaki yang tengah memelukku saat itu. Dia sangat baik dan tulus, tapi aku balas dengan mengkhianati kepercayaannya.

Aku sadar, permasalahan itu tidak akan selesai jika kuhadapi sendiri.

Aku membulatkan tekad, memberanikan diri agar bisa melangkah menjadi lebih baik. Aku harus jujur kepada suami. Aku yakin ada konsekuensinya, dan aku siapkan diri untuk itu.

Tangisku mulai reda. Ternyata pelukan dari suami mampu menenangkan dan menguatkanku saat itu.

Dengan suara bergetar akhirnya aku ceritakan semua masalah yang kuhadapi. Sesuai dugaanku, suamiku sangat kecewa. Dia marah besar dengan kebodohanku. Rahangnya mengeras, tangannya mengepal. Tubuhnya bergetar menahan amarah.

Aku langsung menundukkan kepala melihat ekspresi suami yang berubah drastis. Aku siap jika dia melampiaskan marahnya dengan memukuliku.

Beberapa saat suasana hening. Suami masih tidak beranjak dari tempatnya berdiri. Aku tidak tahu apa yang ada dalam pikirannya, yang pasti dadaku terasa begitu lapang saat itu.

Sebuah cengkraman terasa di kepalaku. Cukup keras, membuat jantungku berdetak cepat. Tapi hanya beberapa detik, cengkraman itu berubah menjadi elusan.

Aku mengangkat kepala, mendapati wajah suamiku yang penuh air mata. Tatapannya tak lagi beringas.

Melihatnya yang begitu dadaku bagaikan dihantam palu besar. Ya, Tuhan. Besar sekali damage yang kuberikan kepadanya.

"Sudahlah. Jangan menangis lagi. Ayo kita selesaikan masalah ini bersama-sama." Ujar suamiku sambil memegang tanganku.

Ya, Allah. Fabiayyi aalaaa i rabbikumaa tukazzibaan.

Ya, sebuah kejujuran itu sangat pahit. Tapi bisa menguraikan sepelik apapun masalah yang kita hadapi.

Jujur atas kesalahan yang diperbuat adalah sebuah keberanian. Meskipun sulit, namun berani lebih baik. Dan sesulit apapun keadaan, bisa dilalui asalkan dilakukan secara bersama-sama.

Bersama melangkah untuk lebih baik bukanlah sebuah kemustahilan.



Petik Hikmah dari Kejadian, Jadikan Sebagai Rambu dalam Melangkah untuk Lebih Baik


Dari kejadian itu aku mendapatkan pelajaran sangat berharga yang tidak akan aku lupakan hingga akhir hayat nanti. Pengalaman memang adalah guru kehidupan yang tak pernah gagal memberi pengajaran.

Terbukalah dengan Pasangan

Pernikahan menyatukan dua manusia yang berbeda yang lengkap dengan karakter, kisah masa lalu, dan impian masing-masing.

Suami dan istri adalah partner yang diikat oleh tali pernikahan. Itulah sebabnya suami dan istri harus berbagi kesedihan dan kegembiraan bersama. Saling memahami kesulitan yang dihadapi oleh pasangan.

Setiap masalah yang timbul dalam kehidupan suami-istri, maka masalah itu hendaknya dilihat sebagai suatu kecemasan kolektif. Dengan begitu suami dan istri bisa mencari solusi bersama.

Rahasia yang ditutupi bisa mengganggu keselarasan langkah suami dan istri. Menimbulkan ketimpangan hingga perpecahan di kemudian hari.

Suami dan istri senantiasa harus saling bergandengan tangan, bersama melangkah untuk lebih baik. Dengan begitu terbentuklah rumah tangga yang harmonis.

Setelah berhasil survive aku baru paham, bahwa kolaborasi itu membawa pada keberhasilan.



Jangan Mudah Tergiur Investasi yang Menawarkan Profit Besar

Secara umum, investasi adalah suatu kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak, dengan harapan pada waktu nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut.

Investasi merupakan salah satu cara yang sering dilakukan orang untuk meningkatkan nilai aset yang dimiliki. Namun, hati-hatilah dengan investasi bodong.

Investasi bodong adalah penanaman modal pada produk keuangan atau bisnis palsu atau bodong. Kita diminta untuk menanamkan modal pada suatu produk atau bisnis, yang sebenarnya tidak ada. Sehingga, oknum penipu akan membawa kabur uang tersebut.

Itulah yang persis aku alami delapan tahun yang lalu.

Bagaimana cara aman berinvestasi? Kenalilah ciri-ciri investasi yang aman.

Ketika kita mendapatkan tawaran investasi dari seseorang, maka terlebih dahulu kita harus memahami ciri-ciri investasi yang aman itu seperti apa.

Ciri-ciri investasi yang aman

- Berizin dan terdaftar di OJK dan BEI

Sebelum berinvestasi, pastikan kita mengecek di website OJK dan BEI. Jika perusahaannya terdaftar dan diawasi oleh OJK, maka sudah bisa dijamin ini merupakan ciri investasi aman.

- Cara kerjanya mudah dipahami

Salah satu ciri investasi aman adalah ketika cara kerjanya mudah kita pahami. Selain itu pihak yang menawarkan juga akan memberikan edukasi mengenai risiko yang mungkin terjadi. 

Investasi tanpa risiko itu bisa dikatakan mustahil. Itu sebabnya jika sampai ada klaim bahwa investasi tertentu sangat aman, 100% bebas risiko … nah, di situlah kita harus curiga.

- Tidak memberikan janji muluk-muluk

Selain menjanjikan 100% bebas resiko, ciri lain dari investasi bodong adalah menjanjikan imbal yang tinggi, melebihi suku bunga deposito BI.

Suku bunga deposito saat ini tidak lebih dari 6% pertahunnya. Nah, jika mereka menawarkan profit mencapai 20%-30% perbulan maka bisa dipastikan itu adalah investasi bodong. Kita harus 'say no' dengan keras, nih.

Jangan kejadian lagi seperti yang aku alami, ya. Tergiur dengan iming-iming profit 25% perbulan, sehingga mematikan akal sehatku untuk menggali informasi lebih jauh.


- Jangka waktunya masuk akal

Kita harus paham bahwa dalam investasi itu berlaku rumus high return, high risk. Semakin tinggi risiko maka jangka waktu untuk investasi bisa jadi lebih panjang. Bahkan sampai 10 tahun.

Jadi kalau ada yang menjanjikan profit gede dalam waktu singkat jangan dipercaya ya, gais. Cukup deh aku sendiri yang mengalami peristiwa pahit itu. Kalian jangan, ya.



Pentingnya Asuransi sebagai Proteksi

Asuransi adalah pertanggungan atau perjanjian antara dua belah pihak, di mana pihak satu berkewajiban membayar iuran/kontribusi/premi. Pihak yang lainnya memiliki kewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran/kontribusi/premi apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat.

Sebagaimana kisah yang aku ceritakan di awal tadi. Level kegalauanku meningkat drastis saat menjadi korban investasi bodong delapan tahun yang lalu. Selain mencemaskan dampak dari kesalahan yang kulakukan, di sisi lain aku juga mengkhawatirkan kelangsungan hidup anakku.

Apa yang terjadi dengan Aira jika aku meninggal dunia?

Apa yang akan terjadi pada Aira jika aku dan ayahnya bangkrut dan tidak lagi memiliki penghasilan?

Bagaimana dengan pendidikannya nanti?

Atau, bagaimana caranya jika tiba-tiba suami kena serangan jantung karena shock dengan masalah yang aku timbulkan?

Terlalu banyak kekhawatiran yang aku rasakan saat itu.

Seandainya saja aku punya asuransi, mungkin kekhawatiranku tidak akan berubah menjadi rasa panik. Sedikit banyaknya, aku pasti lebih tenang karena ada asuransi yang akan memberi proteksi saat dibutuhkan.

Saat ini sudah sangat banyak perusahaan asuransi yang produk-produknya memberikan proteksi sesuai kebutuhan kita. Salah satu perusahaan asuransi yang kredibilitasnya bisa dipercaya adalah Tugu Insurance.




Melangkah untuk Lebih Baik Bersama Tugu Insurance


Tugu Insurance merupakan perusahaan asuransi umum yang berpusat di Jakarta. Berdiri sejak 25 November 1981, Tugu Insurance terbukti telah menjadi salah satu perusahaan terbaik di Indonesia dengan ruang lingkup kegiatan di bidang industri, reasuransi, dan bisnis syariah.

Tugu Insurance sudah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan. Pada tahun 2018, OJK memberikan pernyataan efektif kepada Tugu Insurance untuk membuka Penawaran Umum Perdana Saham (IPO) kepada masyarakat umum. Ditahun yang sama juga Tugu Insurance efektif teedaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham TUGU. Hingga saat ini, lebih dari total saham Tugu Insurance dipegang oleh PT Pertamina (Persero) sebesar 58,50%.


Produk-produk asuransi Tugu Insurance


Asuransi Korporasi

Tugu Insurance memberikan jaminan perlindungan yang ditujukan untuk korporasi. Kita bisa memilih produk asuransi sesuai dengan yang perusahaan butuhkan.

Produk asuransi korporasi adalah sebagai berikut:

- Asuransi energi
- Asuransi kebakaran dan properti
- Asuransi kelautan
- Asuransi penerbangan dan satelit
- Asuransi rekayasa
- Asuransi kredit dan penjaminan
- Asuransi aneka
- Asuransi kesehatan


Asuransi Retail

Asuransi retail hadir untuk melindungi berbagai aset berharga seperti rumah, kendaraan bermotor, serta keselamatan diri.

Berikut produk-produk asuransi retail dari Tugu Insurance.

- tdrive, car insurance

Asuransi mobil yang memberi perlindungan mobil secara menyeluruh dan dengan berbagai macam perluasan.


- tride, asuransi motor

Asuransi motor memberi proteksi atas kehilangan atau kerusakan motor.

- tfracture, asuransi patah tulang

Asuransi yang menanggung biaya pengobatan medis & tradisional untuk tulang retak dan patah akibat kecelakaan.



Asuransi Syariah

Asuransi Syariah hadir untuk menjawab kebutuhan nasabah atas produk asuransi yang dikelola berdasarkan prinsip syariah.

Tugu Insurance menyediakan produk asuransi modern berbasis syariah yang dapat diakses secara langsung melalui aplikasi Tugu Web Access (TWA).

Berikut beberapa layanan asuransi syariah dari Tugu Insurance:

- Asuransi (Ta’min) Gangguan Usaha atau Business Interruption
- Asuransi (Ta’min) Kebongkaran atau Burglary
- Asuransi (Ta’min) Uang atau Money
- Asuransi (Ta’min) Pengangkutan atau Marine Cargo, yang memberikan jaminan atas pengiriman barang melalui: Pengangkutan via laut, Pengangkutan via udara, Pengangkutan via darat
- Asuransi (Ta’min) Tanggung Gugat
- Asuransi (Ta’min) Rekayasa, antara lain:
- Asuransi (Ta’min) Konstruksi
- Asuransi (Ta’min) Pemasangan Mesin
- Asuransi (Ta’min) Kerusakan Mesin atau
- Asuransi (Ta’min) Peralatan Elektronik
- Asuransi (Ta’min) Alat Berat atau
- Asuransi (Ta’min) Kecelakaan Diri meliputi Kecelakaan Diri haji dan Travel, Kecelakaan Diri Umroh
- Asuransi (Ta’min) Kendaraan bermotor






Tugu Insurance memiliki komitmen kepada masyarakat luas untuk terus memberikan inovasi.

Untuk itu Tugu Insurance melakukan Brand Transformation yang diiringi semangat Reaching New Height (RNH) dengan terus menjujung tata nilai perusahaan 6c yaitu Clean, Committed, Capable, Creative, Collaborative dan Customer Focused.

Reaching New Heights secara filosofis menjadi semangat Tugu Insurance dalam menginspirasi dan memberdayakan pelanggan.

Tugu Insurance berupaya dengan penuh rasa percaya diri untuk melangkah menuju tingkatan baru, bersiap menghadapi berbagai tantangan dan peluang kehidupan di masa mendatang.

Bersama melangkah untuk lebih baik dengan Tugu Insurance kita bebas dari rasa khawatir atas risiko berbagai ketidakpastian dalam hidup.

Friday, December 4, 2020

Keren Banget! Cat Seri Disney dari Avian ini Asli Bikin Kreatif

December 04, 2020 6 Comments



"Rumahku istanaku, kamarku singgasanaku". 

Aku yakin teman-teman pasti sudah sering mendengar kalimat di atas. Rumah tidak hanya sebatas bangunan tempat kita tinggal, namun lebih dari itu. Rumah adalah tempat kita menyiptakan kenangan bersama orang-orang terkasih. Sedangkan kamar adalah wilayah pribadi tempat kita menuangkan segala emosi dan imajinasi.

Makanya ga heran deh kalau orang-orang berusaha semaksimal mungkin untuk membuat rumah mereka menjadi tempat paling nyaman untuk di tinggali. Mereka berharap dalam kenyamanan itu, suasana harmonis terbentuk, dan kreatifitas penghuninya pun terpancar dengan terang.

Mereka pun melakukan banyak hal untuk mewujudkan harapan itu, seperti merancang bentuk rumahnya sesuai yang diinginkan, mengisi dengan berbagai furniture yang dibutuhkan, memajang hiasan, hingga mewarnai dindingnya dengan warna-warna yang indah.

Bicara tentang mewarnai rumah, ternyata tidak bisa dilakukan dengan sesukanya. Agar rumah terlihat indah, mewarnai dinding rumah harus dilakukan dengan cara yang tepat. Jika tidak, setelah diwarnai rumah bukannya tampak indah, tapi menjadi terlihat sempit, kotor, bahkan menyeramkan.


Nah, lho.
Angker, kan?


Tips Mengecat Rumah Agar Terlihat Cantik


1. Pastikan semua alat dan bahan tersedia.

Sebelum mengecat rumah, terlebih dahulu pastikan semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan tersedia. Ya, kali mau ngecat tapi catnya ga ada. Hehehe.

Apa saja alat dan bahan yang harus disediakan untuk mengecat rumah?

- Bak cat
- Kaleng/ember air
- Kuas
- Roller
- Lakban
- Masking tape
- Amplas
- Koran bekas
- Dempul
- Tangga
- Cat


2. Bersihkan tembok dari debu dan kotoran lainnya agar cat bisa menempel dengan baik.

3. Tutup bagian yang tidak ingin dicat dengan lakban atau masking tape. Pastikan juga barang-barang dan lantai ditutup dengan koran bekas agar tidak terkena tetesan cat.

4. Menutup retakan tembok untuk mendapatkan hasil yang rata dan mengkilap.

5. Gunakan cat yang tepat.
Secara umum, cat tembok terdiri atas dua jenis, ada cat interior untuk bagian dalam rumah dan eksterior untuk bagian luar rumah. Jangan gunakan cat interior untuk eksterior karena ketahanannya terhadap cuaca berbeda.

Saat ini sudah banyak sekali merk cat yang ada di pasaran.

Tetapi jika ingin merasakan sensasi yang berbeda setelah mengecat rumah, dengan penuh kebanggaan aku rekomendasikan cat seri Disney persembahan dari Avian Brands.


Pancarkan Kreativitas dengan Cat Seri Disney dari Avian





Avian Brands bersama dengan Disney menghadirkan produk baru berupa cat anti bakteri dan cat dengan efek spesial yang sangat menarik dalam rangkaian Produk Cat Seri Disney. Semua produk tersebut sudah terverifikasi oleh Green Label Singapore, jadi aman digunakan karena ramah lingkungan, tidak mengandung zat berbahaya, bebas merkuri, formaldehyde, dan memiliki kadar VOC (Volatile Organic Compound)  yang rendah.


Berikut rangkaian produk cat seri Disney dari Avian:


1. Cat Tembok Interior Avitex 4Kids 





Aku rekomendasikan cat ini kepada para orangtua yang ingin memberikan pengalaman menyenangkan kepada anak-anaknya berupa kebebasan memilih warna cat untuk dinding kamar mereka.

Cat Tembok Interior Avitex 4Kids ini dilengkapi dengan formula anti bakteri, anti jamur, dan lumut. Dengan begitu dinding kamar anak akan selalu dalam kondisi bersih, sehat, bebas kuman, dan bakteri.

Cat Tembok Interior Avitex 4Kids ini tersedia dalam 170 warna, sangat cocok digunakan untuk mewujudkan interior rumah yang ceria dan menyenangkan.



2. Cat Tembok Interior Everglo Kids Care 





Kembali sebuah rekomendasi produk untuk para orangtua. Kali ini khusus bagi orangtua yang ingin menghadiahi anak-anaknya kamar yang tampak mewah namun tetap sehat.

Tersedia dalam 888 warna, hasil akhir dari Cat Tembok Interior Everglo Kids Care ini berupa kilau mewah atau mid sheen.

Cat Tembok Interior Everglo Kids Care ini dibuat dengan formula anti bakteri, tahan sikat dan gosokan, sehingga mudah dibersihkan. Jadi orangtua juga tidak perlu khawatir lagi jika anak menuangkan imajinasi dan kreatifitasnya dengan mencoret-coret dinding. Mudah dibersihin kok, Moms.


3. Cat Efek Spesial HomeDeco Glow in the Dark 




Masa pandemi yang mengaharuskan kita untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, tidak ayal membuat anak-anak mudah merasa bosan. Nah, untuk itu aku rekomendasikan Cat Efek Spesial HomeDeco Glow in the Dark itu khusus kepada orangtua yang ingin memberikan pengalaman yang berbeda kepada anak.

Cat Efek Spesial HomeDeco Glow in the Dark ini adalah cat phosphorescence berbahan dasar air yang bisa menyala atau berpendar dalam gelap. Cat ini juga dilengkapi dengan stensil karakter Disney yang disukai anak. Siluet karakter ini akan berkilau saat lampu kamar anak dipadamkan.

Untuk mendapatkan stensil karakter Disney lainnya, silakan kunjungi https://avianbrands.com/disney/stensil


4. Cat Efek Spesial HomeDeco Magnetic





Anak susah dilepaskan dari gadget? Tidak bisa dipungkiri ini merupakan salah satu dampak negatif dari pandemi ini. Minimnya aktivitas selama #DiRumahSaja membuat anak-anak ketergantungan dengan gadget.

Nah, hal ini bisa disiasati dengan Cat Efek Spesial HomeDeco Magnetic, lho.

Cat Efek Spesial HomeDeco Magnetic ini bisa menyulap dinding kamar anak menjadi media kreatifitas bagi anak sehingga anak bisa dijauhkan dari gadget.

Aplikasikan cat ini 3-4 lapis, hasil akhirnya dapat menarik magnet dengan kuat, sehingga magnet mainan anak bisa langsung ditempelkan ke dinding.

Cat magnetik ini tersedia dalam warna black diamond. Untuk kreativitas tanpa batas, Cat Efek Spesial HomeDeco Magnetic ini bisa digunakan bersamaan dengan varian cat seri Disney lainnya tanpa mengurangi daya tarik magnetnya, sehingga bidang magnetik pada dinding bisa dijadikan elemen desain yang sesuai dengan minat dan kreativitas anak.


5. Cat Efek Spesial HomeDeco Glitz



Cat Efek Spesial HomeDeco Glitz ini hadir dalam 2 varian warna yaitu gold dan silver, sangat cocok digunakan untuk mewarnai ruang bermain anak guna mendukung daya imajinasi mereka dalam berkarya.

Cat ini berbahan dasar air dengan tekstur glitter di permukaannya, sehingga memberikan kesan mewah dan elegan.

Cat glitter ini tidak hanya untuk tembok, tetapi bisa juga diaplikasikan ke semua produk interior seperti furniture dan craft. Efek glitter yang ada pada cat ini akan membuat furniture dan craft terlihat menonjol saat terkena cahaya, sehingga terlihat mewah dan elegan.

Nah, inilah rangkaian produk cat seri Disney persembahan dari Avian yang keren banget. Aku yakin dengan menggunakan rangkaian produk cat seri Disney ini jiwa kreativitas kita akan terpanggil untuk menghasilkan karya-karya yang membuat hati ceria. Warna-warni dan fiturnya yang unik pastinya mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan, memberikan dinamika baru sehingga rumah kita terasa semakin menyenangkan.

So, kamu suka dengan varian cat Disney yang mana nih, teman?
















Tuesday, December 1, 2020

Cara Mudah Mengembangkan Dana Mulai dari 100 Ribu Rupiah

December 01, 2020 34 Comments

Cara Mudah Mengembangkan Dana Mulai dari 100 Ribu Rupiah


Temaaaaan. 

Adakah kalian yang merasa, sekarang ini kok uang Rp100.000 cepet banget habisnya, ya. Perasaan baru kemarin narik uang dari Anjungan Tunai Mandiri (ATM), tapi hari ini udah ga bersisa lagi. Trus, mulai deh mikir keras mengingat-ingat histori pembelanjaan. Oh, ternyata beli bahan dapur sama popok anak. See? Uang Rp100.000 kalau dibelanjain bentar doang udah habis itu untuk kebutuhan.

Terkadang biar lebih hemat, aku sengaja lho ga narik uang lagi dari ATM. Aku coba bertahan dengan sejumlah uang sesuai budget mingguan. Sayangnya, pengeluaran tidak terduga itu selalu aja ada. Sedih juga sih, kenapa aku ga bisa lebih hemat.

Trus, kalian pernah ga mengalami meminjamkan uang sama kenalan, giliran ditagih dia mendadak amnesia. Wakaka.

Ngeselin banget kan, yah. Dalam hati pasti terselip penyesalan, huuh ... tau gini ga aku pinjamin dia waktu itu.

Uang Rp100 ribu itu di zaman sekarang ga tau kenapa seolah ga ada artinya gitu, ya. Di belanjain, sekejap mata habis. Dipinjamin ke orang lain, eh resiko ga baliknya lebih besar.

Trus jadi bertanya-tanya sendiri, ada ga sih cara mudah mengembangkan dana mulai dari Rp100.000?

Beneran lho, gais.

Sebagai ibu rumah tangga, aku tuh mikir keras gimana caranya uang yang diterima setiap bulan itu tidak menguap begitu saja. Sebisa mungkin gimana caranya mendapatkan manfaat ekonomi dengan dana yang terbatas ini.

Setelah mencari referensi ke beberapa orang kenalan yang sukses dengan bisnis mereka, akhirnya aku tahu bahwa ternyata uang Rp100.000 itu bisa dikembangkan sehingga memiliki nilai lebih, lho.

Awalnya aku ga percaya, tetapi setelah mencoba sendiri, aku jadi percaya. Daaaaan .... caranya pun mudah banget, gaaiis. Yaitu dengan memanfaatkan teknologi fintech Peer to Peer (P2P) Lending.

Apa itu P2P Lending?


P2P Lending adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan yang mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman melalui sistem elektronik yang menggunakan jaringan internet.

Dengan kata lain P2P Lending ini merupakan sebuah wadah yang mempertemukan peminjam (borrower) dan pendana/pemberi pinjaman (lender) dengan menggunakan platform sebagai medianya.

Peminjam (borrower), bisa mendapatkan sejumlah dana untuk usaha mereka, setelah melalui serangkaian proses verifikasi data, surat perjanjian, dan agunan agar dana bisa dicairkan.

Pendana (lender) memiliki kesempatan untuk mengembangkan dana dengan meminjamkan sejumlah uang pada usaha yang ada di kampanye pinjaman. Dengan begitu lender bisa memperoleh manfaat ekonomi berupa bunga dan bagi hasil.

Nah, dari sini kita bisa tentukan posisi kita apakah akan menjadi pendana (lender) atau peminjam (borrower).


Berapakah Uang yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Pendana?






Jika kamu berpikir harus punya uang yang banyak, maka kamu salah besar karena faktanya untuk menjadi seorang pendana di P2P Lending bisa dimulai dari Rp100.000 saja.

Serius bisa dengan Rp100.000? Serius pake banget, gaaaais.

Daripada uang kita habis hanya untuk aktivitas konsumtif, jika ada kesempatan untuk mengembangkannya, mengapa tidak?

Tanpa harus bersusah payah, cukup dari smartphone yang dimiliki, kita bisa mengembangkan dana dari rumah. Waaah, sayangkan kalau dilewatkan?

So, berminat jadi pendana atau lender? Yuk, mari kita kepoin sebuah platform bernama Akseleran.



Cara Mudah Mengembangkan Dana Mulai dari 100 Ribu Rupiah dengan Akseleran


Akseleran adalah platform P2P Lending di Indonesia. Akseleran menghubungkan Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang membutuhkan pinjaman untuk pengembangan usaha dengan kumpulan pemberi pinjaman yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut.

Akseleran menyediakan akses permodalan kepada pelaku usaha dengan suku bunga yang kompetitif. Akseleran juga fleksibel dalam tenor pinjaman, model pembayaran, serta penyertaan agunan. Selain itu, Akseleran juga membuka alternatif bagi masyarakat dalam mengembangkan aset untuk mendapatkan imbal hasil yang menarik dan sepadan dengan risiko yang ada.

Sebagai pendana ataupun peminjam, kita tidak perlu khawatir untuk bertransaksi di Akseleran karena Akseleran merupakan anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

So, penasaran pengen tahu cara mudah mengembangkan dana di Akseleran?




Pertama, buka website www.akseleran.co.id atau download aplikasi Akseleran di Google Play Store bagi pengguna Android, Apple App Store bagi pengguna iOS.

Kedua, daftar sebagai pendana (lender). Jangan lupa baca kebijakan privasi dan pilih centang biru.

Tiga, masukkan kode referal AKSLMERIDA386400 untuk mendapatkan saldo Rp100.000

Empat, lengkapi data diri sesuai dengan kartu identitas dimiliki. Tunggu proses verifikasi.

Lima, setelah akun terverifikasi, langkah selanjutnya adalah beri pinjaman pada kampanye yang berjalan.

Klik menu 'peluang', kemudian pilih kampanye yang jumlah partisipannya belum terkumpul 100%. Masing-masing campaign memiliki kriteria tenor dan suku bunga yang berbeda. Pilihlah salah satu yang diminati, kemudian klik 'beri pinjaman'.



Masukkan nominal pinjaman yang akan diberikan, minimal 100.000 tidak berlaku kelipatan lho!

Enam, selesai.

Selanjutnya kita akan menerima email yang berisikan data pinjaman yang kita berikan.

Sekarang kita tinggal lanjut aktivitas seperti biasa deh. Dana yang kita pinjamkan berikut dengan imbal hasilnya akan masuk kembali ke saldo setelah tenor berakhir. Selanjutnya terserah kita apakah ingin menarik dana atau lanjut memberikan pinjaman kembali.

Tuh, benerkan mudah banget?!.

Mengembangkan dana di Akseleran ini memang sepraktis itu, gais. Jadi bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan ibu rumah tangga yang hobi rebahan sekalipun. Hehehe.


Keuntungan Memberi Pinjaman di Akseleran




- Imbal hasil hingga mencapai 21% per tahun.

- Proses mudah dan sederhana

- Transaksi aman dan terpercaya

- Nominal pemberian pinjaman terjangkau

So, jangan buang kesempatan ini, gais. Ayo, dapatkan manfaat ekonomi yang lebih dengan uang yang kita miliki. Tidak harus menunggu jadi jutawan dulu kok, mulai dari Rp100 ribu pun bisa, asalkan ada niat dan ada action. Kalo niat aja tanpa action mah sama aja boong yaaah.

Daripada pinjamin uang sama orang yang kalau ditagih suka lupa, mending pinjamin uangnya di Akseleran aja deh, gais. Hati dan pikiran kita jadi tenang. Hari gini yang minjam uang kan lebih galak dari yang minjamin uang. Wakaka.

Ups. Sorry

So, kapan kamu mau daftar? Jangan lupa gunain kode referral AKSLMERIDA386400, ya. Aku tunggu nama kamu di daftar teman akselerasi.

Sampai jumpa.