Monday, November 8, 2021

5 Game Asah Otak Seru dari Solitaire.org

 



Yuhuuuu ... aku kembali dengan review situs game online yang ringan, tidak membebani perangkat, juga tidak membebani hati dan pikiran. Eaaa .....


Dari zaman dulu, dimana teknologi belum secanggih saat ini orang-orang sudah suka bermain game. Meskipun secara tradisional, dengan alat-alat yang juga seadanya, mereka sangat menikmati permainan itu. 


Hayooo, kamu masih ingat dengan aneka macam permainan tradisional seperti kelereng, ular naga, lempar sandal, congklak, polisi vs bandit, dan banyak lagi yang lainnya, kan? Waktu itu, saking asyiknya main kita jadi lupa waktu deh. Kalau emak gak teriak-teriak manggil sambila bawa sapu kita mana ingat pulang. Hahaha. Indahnya masa kecil yang tak mungkin terulang.


Yup, bermain game ini memang sebuah aktivitas menyenangkan yang bisa menyegarkan pikiran juga menghilangkan kejenuhan. Kalau orang-orang sekarang bilang, main game itu bisa jadi mood booster. Makanya kita tidak heran, deh. Dari anak-anak hingga orang dewasa suka melakukannya.


Di zaman digital sekarang, dunia game juga mengalami perkembangan dengan semakin menjamurnya jenis game yang bisa dimainkan dengan menggunakan gadget. Entah itu komputer, tablet, atau handphone, semua bisa digunakannuntuk bermain game.


Berikut beberapa jenis game online yang sedang tren saat ini:


1. Massively Multiplayer Online Role-playing Games (MMORPG)


Jenis game online ini merupakan salah satu yang paling terkenal dan banyak dimainkan oleh anak muda saat ini. Mereka menyebutnya dengan game RPG. 


Game RPG ini biasanya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Game ini lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi.


2. Massively Multiplayer Online First-person Shooter Games (MMOFPS)


Disebut juga FPS, game online jenis ini mengambil sudut pandang orang pertama sehingga seolah-olah pemain berada dalam permainan tersebut dalam sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, di mana setiap tokoh memiliki kemampuan yang berbeda dalam tingkat akurasi, refleks, dan lainnya. 


Game FPS ini dapat melibatkan banyak orang dan biasanya permainan ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer. 



3. Massively Multiplayer Online Real-time strategy games (MMORTS)


Ciri khas dari game online yang satu ini adalah pemain harus mengatur strategi permainan. Ada berbagai tema dalam permainan ini, seperti sejarah, petualangan, dan lain-lain.



4. Simulation Games


Game ini disukai banyak orang karena menawarkan sensasi yang unik berupa pengalaman melakukan sesuatu melalui simulasi. 

Game simulasi terdiri atas beberapa jenis yaitu life-simulation games, construction and management simulation games, dan vehicle simulation.


5. Massively Multiplayer Online Browser Game


Ini merupakan jenis game online yang bisa dimainkan pada browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, hingga Internet Explorer. 


Dari lima jenis game online di atas, Massively Multiplayer Online Browser Game merupakan satu-satunya jenis game yang ringan karena tidak mengharuskan pengguna untuk menginstalnya di perangkat. 


Game jenis Massively Multiplayer Online Browser Game ini merupakan game sederhana dengan pemain tunggal yang dapat dimainkan melalui HTML dan teknologi scripting HTML (JavaScript, ASP, PHP, MySQL).


Salah satu situs game yang menyediakan game ramah gadget ini adalah Solitaire.org.




Sekilas Tentang Solitaire.org


Solitaire.org adalah situs game online yang termasuk dalam jenis Massively Multiplayer Online Browser Game. Semua game yang ada di Solitaire.org bisa dimainkan langsung di browser tanpa harus di install dulu di perangkat.  

Kita bisa memainkan banyak macam game tanpa menghabiskan kuota RAM di gadget kita.



Macam-macam Game di Solitaire.org


Saat mendengar kata solitaire, ada gak yang dipikirannya terlintas, "Alaaah, paling game kartu doang."


Hehehe.


Tidak salah juga sih kalau di pikiran kamu terlintas hal itu mengingat nama situs game ini mengingatkan kita pada game jadul yang sudah ada di komputer sejak zamannya orang tua kita dulu. 


Namun, kamu sepertinya harus mengubah pikiran itu karena situs game online Solitaire.org ini menyediakan banyak sekali jenis game. Ada sekitar 100 game yang terbagi pada beberapa kategori.


Berikut beberapa kategori games di Solitaire.org


1. Card games

2. Mahjong Solitaire Tile Games

3. Hidden Object Games

4. Match 3 Games

5. Logic Puzzle Games

6. Word Games

7. Other Fun Arcade Games



Pengalaman Memainkan 5 Game Asah Otak Seru di Solitaire.org


Sudah berhadapan dengan situs game online yang ringan ini, sayang dong jika kita tidak coba memainkannya langsung. Dari sekian banyak pilihan game yang tersedia, pilihanku jatuh pada 5 game asah otak ini.


1. Daily Word Search



Sesuai namanya, game ini menantang kemampuan kita dalam menemukan kata yang diminta di dalam sebuah kotak yang berisikan huruf secara acak. Kita harus teliti karena kata-kata itu bisa saja tersusun dalam bentuk horizontal, vertikal, juga diagonal. 


Permainan ini membutuhkan konsentrasi tinggi, karena ketika naik level, tingkat kesulitan kata yang harus ditemukan juga bertambah. 


2. Daily Wordoku




Pernah bermain sudoku? Itu lho jenis permainan menyusun angka di dalam sembilan kotak, tapi tidak boleh ada angka yang sama pada baris itu.


Nah, permainan Wordoku ini kurang sebih sama hanya saja dalam bentuk huruf. Tantangan terbesar kita adalah harus mampu menebak kata yang tersembunyi pada garis diagonal yang berwarna merah muda. Jika huruf-huruf yang kita isikan pada kotak benar, maka akan terbentuk satu kata pada garis diagonal itu.


3. Letter Scramble




Permainan ini merupakan permainan adu cepat membentuk kata dari huruf-huruf yang dilontarkan oleh sistem. Kita harus melakukannya dengan cepat agar tumpukan huruf tidak semakin tinggi. 


Permainan ini menuntut penguasaan vocabolary yang baik, lho. Tanpa itu, bisa dipastikan kamu tidak akan mampu menyelesaikan tiap levelnya.


4. Daily Sokoban




Yuhuu, ini jenis game lama sebenarnya. Memainkan game ini berhasil membuka kenangan saat masih sekolah dulu. 


Game ini meminta kita untuk menyelesaikan misi meletakkan box pada titik yang sudah ditandai. Tantangannya adalah ruangan yang disediakan untuk menggeser box sangat sempit. Kita harus mampu memperhitungkan dengan cermat agar box yang kita geser bisa ditempatkan pada titik yang ditandai.


5. Daily Shirokuro



Satu lagi game yang super asyik adalah Daily Shirokuro. Game ini mengharuskan kita untuk bisa menghubungkan bulatan putih dan hitam yang tersebar di dalam kotak. Misi baru dikatakan selesai jika semua bulatan hitam putih itu berpasangan.


Nah, itulah pengalamanku saat mencoba memainkan beberapa game asah otak yang ada di Solitaire.org. 


Aku penasaran nih, ingin mencoba memainkan game yang lainnya. Aku baru mencoba lima game, kan? Masih ada ratusan game lagi yang belum aku mainkan.


Gimana, mau bermain bersama denganku?


No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.