Tuesday, November 23, 2021

Power Steering Bisa Mengalami Kerusakan, Kenali Tandanya

 



Hadirnya teknologi power steering dalam dunia otomotif sangat memudahkan pengemudi untuk mengendalikan stir karena sangat enteng. Fitur ini membantu pengemudi untuk tidak mengeluarkan terlalu banyak tenaga untuk bermanuver. 


Sama seperti mesin, penggunaan power steering pun harus benar supaya komponennya tidak mengalami kerusakan. Jika Anda menemukan gejala kerusakan pada power steering jangan menunda lagi untuk pergi ke bengkel Suzuki Persada Lampungraya


Menyerahkan perbaikan power steering pada ahlinya akan jauh lebih baik daripada mencoba memperbaiki sendiri. Anda hanya perlu mengenali gejala kerusakan apa saja yang biasanya muncul. 


Tanda-Tanda Terjadi Kerusakan pada Power Steering 


Kerusakan yang terjadi pada komponen mobil selalu memperlihatkan gejala. Tanda ini bisa terlihat ringan maupun berat. Jika tanda yang muncul dirasa berat artinya komponen sudah mengalami rusak parah, termasuk power steering. 


Selama mengemudi tentunya Anda tidak akan mengalami kesulitan mengenali gejala rusaknya power steering. Berikut ini tanda yang bisa diperhatikan dengan cermat. 


  1. Suara Aneh Muncul saat Memutar Kemudi

Tanda pertama yang paling mudah dikenali adalah timbulnya suara aneh ketika Anda memutar kemudi. Suara yang muncul terdengar memekik dan sangatlah mengganggu. Penyebab dari suara ini muncul biasanya adalah kurangnya cairan power steering. 


Suara ini akan muncul pada saat Anda berjalan lambat dan menggerakkan setir mobil. Bisa juga ketika Anda mulai menyalakan kunci kontak. Pada saat itu pompa power steering gagal berfungsi. Suara tersebut terdengar dari bagian bahwa kap mesin. 


  1. Melambatnya Respon Ban Bergerak

Power steering juga gagal bekerja dengan ciri respon putaran ban jadi melambat. Padahal Anda sudah memutar lingkar kemudi dengan benar. Bahkan pada beberapa kasus bahkan ban justru tidak bergerak sama sekali. 


Penyebab dari ban tidak berputar adalah karena jumlah minyak power steering yang seharusnya menghasilkan tenaga mekanik kurang. Bisa jadi kurangnya minyak tersebut akibat adanya kebocoran pada sistem power steering. 


Ada juga penyebab lain ban terasa berat yang tidak berkaitan dengan kerusakan power steering yaitu ban memiliki tekanan udara yang kurang. Oleh karena itu demi memastikan kerusakannya lebih baik Anda berkunjung ke bengkel resmi terdekat. 


  1. Berubahnya Warna Minyak Power Steering

Gejala yang membutuhkan pengecekan lebih dalam adalah mencermati perubahan warna pada minyak power steering. Minyak yang baru memiliki warna merah dan baunya sedikit aneh. Artinya kualitas masih bagus ketika Anda mengeceknya. 


Warna minyak sendiri akan berubah menjadi abu-abu gelap karena efek oksidasi ketika digunakan. Lebih berbahaya lagi jika udara atau air masuk ke dalam pompa power steering. Bahkan jika muncul buih pada minyak. 


Jika perubahan pada minyak ini terlihat, sebaiknya Anda membersihkan tabung power steering kemudian menggantinya dengan yang baru. Kerusakan bisa merambat pada komponen lainnya jika dibiarkan terlalu lama. 


  1. Getaran Terasa pada Lingkar Kemudi

Pada saat mengemudi, selain ban berat dan muncul suara Anda juga merasakan getaran pada bagian lingkar kemudi. Biasanya getaran akan terasa saat posisi mobil idle dan cukup mengejutkan. 


Getaran ini menandakan terjadinya kerusakan pada bagian drive belt, baik itu longgar atau justru minta diganti. Supaya berfungsi dengan baik, drive belt membutuhkan tegangan yang pas sehingga pompa power steering bisa bekerja menghasilkan tenaga.


Gejala rusaknya power steering ini bisa Anda kenali pada saat posisi mobil berhenti atau menyala. Khusus untuk mobil yang dalam kondisi berhenti Anda bisa merasakan getaran atau sulitnya kontak untuk diputar. 


Kegagalan power steering harus diatasi dengan cepat, karena komponen ini mahal harganya jika harus diganti. Deteksi dini kerusakannya dan langsung bawa ke bengkel resmi Suzuki berikut ini. 


  1. Sejahtera Buana Trada - Riau,  https://suzukimobilriau.co.id/ 

  2. Elang Perkasa Motor - Sumbar ,  http://suzukiepmsumbar.co.id/

  3. Jaya Indah Motor - Jambi,  https://suzukijambi.co.id/

  4. Kangaroo Motor Mandiri- Bengkulu,   https://suzukibengkulu.co.id/

  5. Nusa Sarana Citra Bakti - Sumsel,  https://suzukithamrin.co.id/

  6. Jagorawi Motor - Bangka Belitung,  https://suzukijagorawi.co.id/

  7. Persada Lampungraya - Lampung,  https://suzukilampung.co.id/

  8. Sejahtera Sumber Baru Trada Kalimalang - Jaktim,  https://suzukidealerkalimalang.id

  9. Sejahtera Armada Depok - Depok, https://suzukimargondadepok.co.id 


Supaya kerusakan power steering tidak semakin parah, segera jadwalkan servis mobil dengan mengunjungi salah satu website di atas. 

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.