Sunday, January 23, 2022

Ini Resep Bolu Kukus Chocolatos Lezat Dan Lembut. Dijamin Membuat Lidah Bergoyang

January 23, 2022 0 Comments



Sepertinya hampir setiap orang menyukai cokelat, termasuk kamu juga, kan? Rasa cokelat yang manis dan bisa membuat mood naik memang sangat cocok dijadikan camilan andalan kapan saja dan dimana saja. 

Selain bisa membuat mood naik, masih ada manfaat lain yang bisa kamu rasakan jika gemar mengkonsumsi cokelat, antara lain :

  • Meningkatkan Kesehatan Mata

Ternyata mengkonsumsi cokelat dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan aliran darah yang menuju ke retina akan meningkat dengan baik dan dapat membantu memperbaiki penglihatan serta kekuatan mata. 


  • Dapat Menghaluskan Kulit

Cokelat mengandung flavanols yang dapat melindungi kamu dari sinar UV, menjaga kelembapan kulit, dan menjaganya tetap bersinar. Cokelat pun bisa membantu mempertahankan elastisitas kulit serta meremajakan sel – sel kulit. Jadi, kulitmu akan terhindar dari bintik – bintik hitam dan kulit kasar. 


  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain memberikan efek senang, cokelat juga dapat membantu dalam program diet yang ingin kamu lakukan. Cokelat yang mengandung serat tinggi layaknya roti, gandum, dan juga buah – buahan dapat membantu kamu untuk diet. 


  • Sangat Baik Untuk Kesehatan Otak

Kamu mungkin tak menyangka sebelumnya jika ternyata cokelat juga bisa membuat cerdas. Bagaimana bisa? Cokelat ini akan membuat syaraf – syaraf kamu rileks sehingga bisa membantu sistem kerja otak yang bekerja untuk mengontrol semua organ. Termasuk rasa senang yang akan membuat kamu enjoy menjalankan aktivitas. 

Ternyata ada banyak sekali manfaat dari cokelat ini. Selain rasanya manis, namun juga dapat menyehatkan tubuh. Salah satu cara agar kamu bisa mendapatkan manfaat dari cokelat adalah dengan mengkonsumsi bolu kukus yang terbuat dari cokelat. 


Resep Bolu Kukus Chocolatos

Nah, di bawah ini adalah resep bolu kukus cokelat chocolatos lezat yang akan menggoyang lidahmu. Kamu tak perlu pakai cokelat yang mahal, karena chocolatos bubuk juga bisa digunakan, loh. Penasaran kan?

Yuk, langsung saja simak resep bolu kukus chocolatos lezat yang akan membuat lidah bergoyang di bawah ini !

  1. Bahan – Bahan Yang Perlu Disiapkan

Siapkan bahan – bahan ini :

  • Telur 2 butir

  • Gula pasir 6 sdm

  • Chocolatos 2 sachet

  • Air panas 6 sdm

  • Susu kental manis cokelat 2 sachet

  • Tepung terigu 6 sdm

  • Baking powder ¼ sdt 

  • Soda kue ¼ sdt

  • Garam ¼ sdt

  • Minyak 6 sdm


  1. Membuat Adonan 

Pertama – tama, masukkan Chocolatos bubuk kedalam wadah, kemudian larutkan dengan air panas, sisihkan. Selanjutnya, siapkan wadah lalu masukkan telur dan gula pasir, kocok dengan whisker sampai adonan tercampur rata. 


  1. Menambahkan Beberapa Bahan

Setelah itu tambahkan tepung terigu, baking powder, dan juga soda kue. Kocok kembali sampai tercampur rata. Selanjutnya, campurkan dengan chocolatos cair dan susu kental manis cokelat, kemudian aduk sampai tercampur rata. Tambahkan minyak lalu aduk – aduk kembali. 


  1. Kukus Sampai Matang

Setelah selesai membuat adonan, tuangkan adonan tersebut kedalam cetakan yang sudah diolesi margarin sebelumnya. Masukkan cetakan kedalam pengukus yang sudah dipanaskan. Kukus adonan sekitar 25 menit dengan api sedang. Setelah bolu matang, angkat lalu keluarkan dari pengukus. Setelah bolu hangat, segera keluarkan dari cetakan, kemudian potong – potong sesuai keinginan. 

Itulah resep bolu kukus chocolatos lezat dan lembut yang akan membuat lidah bergoyang. Cocok untuk dijadikan teman santai diakhir pekan. 

5 Tempat Makan dengan Pemandangan Indah di Jakarta

January 23, 2022 0 Comments
Cafe dengan nuansa alam, by Pixabay


    Bagi Anda para pecinta kuliner, pastinya Anda suka makan dengan nuansa alam. Pemandangan indah ini juga bisa jadi salah satu alasan Anda untuk mengunjungi tempat makan tersebut. 

    Seperti yang kita tahu Jakarta adalah sebuah kota yang besar, tapi jangan salah karena tempat makan di Jakarta juga ada yang memiliki nuansa alam. Jika kita mendatangi tempat yang berbau alam ini akan membuat aktivitas kita yang melelahkan jadi sedikit terobati.


Tempat Makan dengan Pemandangan Indah di Jakarta


Yuk kita langsung saja bahas beberapa restoran di Jakarta yang punya nuansa alam:

  • Pulau Dua Resto

Tempat makan yang pertama adalah Pulau Dua Resto. Tempat makan yang satu ini menyuguhkan pemandangan danau buatan yang sangat indah yang bisa Anda lihat dengan melewati jembatan kayu. Bangunan dari tempat makan yang satu ini  mirip dengan penginapan yang ada di desa, sehingga terasa semakin asri. Menu makan di sini terdiri atas menu Chinese food dan juga seafood, di antaranya ada udang goreng telur asin, ayam goreng daun pandan, kepiting asam manis, cumi lada hitam, dan brokoli saus tiram. Sangat cocok didatangi jika Anda pecinta seafood.


Alamat: Komplek Taman Ria Senayan, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.


  • Taman Piknik Satrimandala

Tempat makan yang kedua adalah taman piknik Satriamandala. Tempat makan yang satu ini merupakan tempat makan dengan konsep lesehan yang ada di luar ruangan. Tempat makan ini baru dibuka di awal tahun 2021. Sama dengan namanya, tempat makan ini mengusung konsep piknik, jadi saat makan Anda akan merasa seperti sedang piknik di taman. Pilihan menu di tempat makan ini cukup beragam di antaranya ada nasi ayam, pasta, dan roti bakar. Karena tempatnya outdoor sangat cocok Anda kunjungi di pagi atau sore hari.


Lokasi: Museum Satriamandala, Jalan Jenderal Gatot Subroto Nomor 14, Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.


  • Jetski Café

Tempat makan yang ketiga adalah Jetski Café, tempat makan yang satu ini sangat cocok Anda kunjungi jika suka pemandangan laut. Sangat enak jika Anda kunjungi di pagi hari atau malam. Di sini Anda juga bisa melihat sunset. Tempat makan di sini tersedia outdoor dan indoor. Untuk pilihan menunya cukup lengkap ada berbagai jenis seafood.


Lokasi: Jalan Pantai Mutiara Nomor 57, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.


  • Arborea Café

Tempat makan yang selanjutnya cocok Anda jumpai jika suka mengunjungi tempat yang memiliki nuansa teduh adalah Arborea Cafe. Tempat ini memiliki banyak sekali pepohonan yang bisa menjadikan udara di sekitarnya jadi lebih bersih. Cocok sekali untuk Anda jadikan tempat me time atau nongkrong dengan teman. Pilihan menu yang mereka sediakan di sini adalah makanan lokal, jika datang ke tempat ini Anda tidak akan merasa bahwa sedang nongkrong di Jakarta. 


Lokasi: Komplek Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto Nomor 1, Tanah Abang, Jakarta Pusat.


  • Daun Kelapa

Tempat makan yang terakhir adalah Daun Kelapa, tempat makan ini menyediakan berbagai jenis masakan Sunda. Jika ada di sini Anda akan merasakan sensasi nyaman karena pemandangannya yang sangat bagus, ada danau dan juga pepohonan yang rindang. Pilihan tempatnya ada indoor dan juga outdoor. Menu makan di sini semuanya adalah menu khas Sunda yang ditemani dengan nasi liwet. 


Lokasi: Ruko Inkopal Blok D Nomor 1, Jalan Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara.


So, siap menjelajah kuliner bernuansa alam di Jakarta?

Ketika Blogger Menjadi Novelis

January 23, 2022 0 Comments

Yuhuuu, apa kabar, Sobat Mei. Sudah lama banget ya aku tidak menyapa teman-teman semua secara personal begini. Ketahuan deh artikel-artikel sebelumnya sponsor post semua. Hahaha. 


Maapkeuuun sayyaah.


Ada yang kepo gak si Merry ini ngapain aja sampai blognya dianggurin begitu?


Ketika Blogger Menjadi Novelis


Sejak Juni 2021 lalu, aku menemukan dunia baru yang menyenangkan nih, gais. Masih seputar dunia menulis, hanya saja yang aku tulis bukan lagi artikel yang menyajikan fakta atau opini, tetapi wujud dari sebuah imajinasi. Halah!


Yup, dengan kata lain aku mencoba dunia baru yaitu menulis novel online.


Nnnaah!

Kok bisa jadi penulis novel online sih, Mer?


Awal terjun ke dunia novel digital ini sebenarnya gak sengaja juga. Bukan dari ajakan seseorang, bukan juga karena ingin beralih profesi karena bosan jadi blogger. Sama sekali bukan.


Semuanya berawal dari timeline FB yang memperlihatkan iklan novel online yang berjudul Charlie Wade. Aku tertarik menekan tombol lanjut membaca karena blurb yang disajikan berhasil mengundang rasa penasaran.


Tombol lanjut membaca itu membawaku pada laman novel digital Goodnovel. Aku mulai membaca novel Charlie Wade itu bab demi bab dengan semangat. Saat memasuki bab ke sekian, muncul notifikasi untuk membeli koin. Ternyata untuk buka bab selanjutnya harus pakai koin, dan koinnya harus beli. Huhuhu.


Aku lanjut mengunduh aplikasi karena ada keterangan bisa dapat bonus koin via aplikasi. Dari aplikasi Goodnovel inilah aku tahu bahwa siapa saja bisa bergabung jadi penulis di sana.


'Wah ... boleh juga, nih,' pikirku waktu itu.


Laman yang berisikan informasi untuk menjadi penulis di platform itu aku baca dengan serius, mulai dari syarat hingga benefit yang akan didapat oleh penulis setelah karyanya dikontrak. Di sana tertulis dengan jelas bisa mendapatkan uang senilai $100-$300 untuk kontrak eksklusif. Wow! Jelas aku tergiur banget, gaaais.


Hahaha, dasar mata duitan!


Merasa tertantang untuk mendapatkan uang itu, aku pun langsung mendaftar menjadi penulis di Goodnovel. Ternyata caranya mudah banget! Dalam hitungan detik, aku sudah punya akun penulis di platform itu, dan bisa langsung menulis cerita.


Dengan modal nekad, aku pun mulai menulis. Saat itu terlintas ide tentang wanita yang cantik dan pemberani, jadi novel itu aku beri judul 'Touch Me If You Dare'. 

Cover pertama Touch Me If You Dare



Setelah mendapatkan judul itu, aku langsung berburu gambar free copyright untuk cover. Selesai cover, apakah langsung menulis cerita? Ternyata beluuum. Hahaha, asli deh ga sabaran banget aku waktu itu. 

Formulir yang harus diisi sebelum mulai menulis bab


Sebelum menulis cerita, aku juga harus siapkan deskripsi singkat tentang novel itu dulu. Mulai deh mikir keras membuat blurb. Jujur saja, sebenarnya aku belum memiliki gambaran sama sekali itu ide cerita bakal dibawa kemana. Setelah bersemedi beberapa saat, akhirnya wangsit itu turun juga. Blurb selesai, baru deh aku lanjut menulis cerita per bab.


Aku tulis bab pertama sebanyak seribu kata, lanjut bab kedua, ketiga, dan seterusnya hingga mencapai enam ribu kata lebih pada bab lima. Jumlah ini sudah memenuhi syarat untuk pengajuan kontrak di Goodnovel.


Aku klik pengajuan kontrak, lalu isi semua kolom yang ada di formulir. Semuanya lancar banget sampai tiba di bagian akhir, yaitu outline. Mereka minta outline novel dalam 800 kata. Nah, mulai puyeng di Merry. 


'Outline itu apa lagii? Aaargh!' 


Akhirnya aku browsing, lalu baca-baca materi tentang outline novel, setelah itu shock. Outline itu garis besar cerita dari awal sampai akhir dengan alur yang lengkap dan saling berhubungan. Sementara ide di kepalaku masih mentok untuk sampai bab lima aja. Wakaka. 


'Lu niat nulis ga sih?' *ketok pake palu*


Demi menuntaskan perjuangan yang sudah dilakukan, aku kembali bersemedi. Wkekeke. 


Outline beres, klik submit, lalu menunggu kabar maksimal satu bulan. Sambil menunggu kabar dari Goodnovel, aku iseng mencari grup penulis dan fanpage Goodnovel ini di FB. Setelah bergabung di grup penulis Goodnovel, aku baru tahu kalau menulis di sana sebaiknya didampingi EA atau editor akuisisi agar proses pengajuan kontraknya lancar.


Nah, lho! Gimana, nih? Aku kan daftar dewe, ga pake EA, trus gimana pengajuan kontrakku? Apakah akan berakhir di recycle bin? Hahaha. Ya, enggaklah. Akunya aja yang lebay waktu itu. Tanpa EA pun pengajuan kontrak akan tetap diproses kok. Sayangnya aku yang belum tahu apa-apa waktu itu langsung panik.


Tanpa buang waktu, aku langsunv kontak salah satu nomor EA yang ada di grup itu, lalu menceritakan kondisiku yang terlanjur ajukan kontrak tanpa EA.


Awalnya dia bilang tidak bisa bantu karena aku masuk tidak melalui link referal miliknya. Aku nyaris pasrah, tapi dia chat lagi minta link novel yang aku ajukan.


Singkat cerita, dia bisa memasukkan ID penulisku ke bawah jaringannya, dan langsung follow up novelku ke editor in house Goodnovel. Tidak menunggu lama, hari itu juga aku dihubungi oleh editor pusat Goodnovel, menyatakan dia suka dengan cerita yang aku tulis. Selang beberapa menit, EA mengabariku kalau novelku yang berjudul TOUCH ME IF YOU DARE itu lolos kontrak ekslusif dengan nilai $110, dan profit sharing 50% dari bab terkunci. 


Aku terpana, takjup, merasa 'wow' sendiri membaca chat itu.


Ide cerita yang bener-bener mendadak itu bisa dapat kontrak ekslusif di Goodnovel?


'Ah ... aku pasti sedang beruntung,' pikirku saat itu.


Sebagai pendatang baru, yang bener-bener baru mengenal dunia menulis novel jujur aku merasa beruntung sekali mendapat kesempatan itu. Dengan senang hati aku pun menandatangani kontrak, lalu kebut menyelesaikan cerita itu hingga tamat.


Alhamdulillaah.


Oh, ya. Kalian sudah baca novelku, beluum? 


Baca dooong. Kasih kritik dan saran juga biar aku makin semangat.

Cover Touch Me If You Dare saat ini


Next artikel, aku akan sharing tentang perbandingan beberapa platform novel digital yang sudah aku coba setelah Goodnovel.


Lho, sudah menjelajah platform, Mer? 

Iya, dong. Nanti aku bagi alasannya di artikel berikut.


Sampai jumpa lagi. Jangan lupa baca novelku ya. 🤭🤭🤭





4 Aneka Resep Whipped Cream Homemade Yang Unik

January 23, 2022 0 Comments


Sajian Wipped Cream sering sekali kita temukan diberbagai makanan dan minuman untuk hiasan atas sekaligus perasa. Banyak juga beberapa orang yang menjadikan wipped cream sebagai tambahan wajib di penutup makanan seperti minuman milkshake, atau bahkan ke dalam es krim dan pudding. Wipped cream sendiri merupakan sajian lembut yang berbahan dasar putih telur, yang diadon hingga halus. Tak jarang juga, orang menjadikan wipped cream sebagai topping tambahan di atas makanan dan minumannya. Sekarang Anda tidak perlu lagi membeli sebuah minuman atau makanan yang ada wipped creamnya, karena Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang mudah ditemukan.

Berikut ini 10 aneka cara membuat whipping cream homemade yang unik.


  1. Vegan Tofu Whipped Cream

Whipped cream satu ini cocok untuk Anda yang sedang atau ingin diet.


Bahan

  • 1 pon tahu sutra

  • 1 sendok makan ekstrak vanila

  • 1/4 cangkir gula

  • 1/4 cangkir susu kedelai


Cara Membuat

  1. Jadikan semua bahan terkumpul.

  2. Campurkan tahu, vanila, dan gula dalam blender hingga halus.

  3. Dengan mesin menyala, tambahkan susu kedelai secara bertahap melalui tutup pengumpan. Dinginkan sampai waktu penyajian.

  4. Siap disajikan. (untuk gula bisa gunakan beberapa pengganti agar kalori lebih kecil seperti sirup, gula pemanis diabetes, dan sejenisnya)


2.  Chocolate Wipped Cream


Jika bosan dengan varian vanila, sebaiknya Anda coba pakai cokelat.


Bahan:

  • 3 ons coklat pahit atau  semi manis , cincang

  • 1 cangkir krim kental

  • 2 sendok makan gula opsional

  • 1/2 sendok teh ekstrak vanila murni , opsional

Cara Membuat: 

  1. Siapkan semua barang

  2. Siapkan kirim pengental 

  3. Cokelat batang yang sudah dicincang, tambahkan gula atau pemanis lainnya. Kemudian aduk dengan memasak di atas api sedang hingga mendidih.

  4. Setelah mendidih, tuangkan krim panas di atas cokelat. Aduk hingga semua merata.

  5. Tutup dan dinginkan selama kurang lebih 4 jam atau sampai benar-benar dingin. Untuk hasil lebih baik, masukan campuran tadi ke dalam lemari es jika Anda belum mengocok krim tersebut di hari yang sama.

  6. Krim yang sudah dingin dipindahkan ke dalam mangkuk, kemudian tambah sedikit ekstrak vanila. Kocok krim dengan arah teratur. Setelah tercampur dinginkan kembali 1 jam sebelum digunakan.

3. Whipped Cream Oreo

Anak-anak pasti menyukai rasa krim oreo ini. Anda bisa menjadikan whipped cream oreo sebagai varian baru.

Bahan:

  • 100 gram es batu

  • 2 sdt sp di-stim, lalu dinginkan

  • 2 sdm gula halus

  • 1 sachet kental manis

  • 1 sachet susu bubuk

  • Vanili bila ada/suka

  • Oreo opsional

Cara Membuat:

  1. Oreo dihancurkan terlebih dahulu sampai benar-benar halus.

  2. Campurkan semua bahan.

  3. Masak dengan api kecil hingga mendidih dan tercampur rata.

  4. Dinginkan sampai benar-benar dingin

  5. Bahan yang sudah dingin kemudian di blender atau di mixer


4. Whipped Cream Rainbow

Varian ini cukup mudah dibuat dan anak-anak juga pasti suka.

  • Pewarna buatan warna warni

  • 1 bungkus susu bubuk putih 27 gram

  • Es batu yang sudah dihaluskan

  • 2 sendok makan gula opsional

  • 1/2 sendok teh ekstrak vanila murni, opsional

Cara Membuat

  1. Campurkan semua bahan susu bubuk, es, gula atau pemanis lainnya, serta ekstra vanila opsional.

  2. Setelah tercampur, kocok pakai mixer atau sejenisnya hingga mengembang.

  3. Tambahkan pewarna makanan buatan sesuai dengan warna pelangi

  4. Ulangi beberapa kali hingga berwarna mirip pelangi: merah, kuning, hijau, biru, ungu, jingga.

    Itulah beberapa resep whipped cream dengan bahan ekonomis dan mudah didapatkan. Anda tidak perlu khawatir lagi membeli whipped cream yang mahal. Cukup membuat beberapa resep di atas anda sudah menikmati whipped cream ekonomis yang enak.

Selamat mencoba.