Wednesday, September 29, 2021

Mengenal Gigi Palsu dan Cara Tepat Merawatnya

September 29, 2021 0 Comments

 




Halo, Sobat Mei. Apa yang terbayang dalam pikiran kalian saat mendengar kata 'gigi palsu'? Apakah kakek nenek yang udah lansia. Atau bagi pecinta kartun Upin Ipin, langsung terbayang Tuk Dalang? Hahaha.

Yup, bukan hal yang aneh sih, karena dalam pandangan masyarakat kita gigi palsu ini memang identik dengan para lansia yang pada umumnya telah mengalami permasalahan gigi. Demi kelancaran saat mengunyah makanan maka mereka menggunakan gigi palsu.

Namun, tahukah Sobat Mei semua jika gigi palsu tidak hanya dipakai oleh para lansia, tetapi orang-orang yang masih usia produktif juga sudah ada yang pakai lho.

Kenapa bisa begitu? Mereka kan masih muda, dan gigi mereka juga masih kuat dan utuh.

Hmm ... tak kenal makanya tak sayang, nih.

Mari kita mengenal gigi palsu lebih jauh.

Gigi palsu merupakan jenis alat gigi lepasan atau permanen untuk menggantikan gigi yang hilang.

Ada 3 jenis gigi palsu yang umum dipakai, yaitu:

  • Gigi palsu lengkap: gigi palsu ini bertumpu pada gusi. Mereka menggantikan deretan gigi lengkap pada gusi atas, gusi bawah atau keduanya.

  • Gigi palsu sebagian: gigi palsu ini menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang. Gigi palsu menempel pada gigi yang ada atau terkadang pada implan gigi.

  • Jembatan gigi: gigi palsu ini secara permanen menempel pada gigi di sekitarnya. Hanya dokter gigi yang dapat melepas gigi palsu jenis ini.



Pada lansia, memang sudah sewajarnya mengalami gigi hilang atau tanggal. Berbeda dengan orang-orang yang masih lebih muda, gigi mereka hilang atau tanggal bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti gigi berlubang, cedera wajah, dan penyakit gusi yang kronis. Jadi untuk membantu mereka dalam mengunyah makanan, maka dipasanglah gigi palsu.

Namun, setelah memakai gigi palsu apakah bisa dibiarkan begitu saja tanpa perawatan?

Hmm ... tentu saja tidak.

Gigi palsu juga butuh perawatan agar tidak cepat rusak dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Untuk itu para pengguna gigi palsu harus mengetahui cara merawat gigi palsu yang benar.


Cara Tepat Merawat Gigi Palsu


Gigi palsu membutuhkan perawatan rutin sebagaimana perawatan pada gigi asli.

1. Bersihkan Sisa Makanan

Cara merawat gigi palsu yang pertama yaitu menghilangkan sisa makanan dan partikel kotoran lainnya yang ada di sela-sela gigi.

Lakukan hal ini sebelum menanggalkan gigi palsu lepasan. Siramkan air ke dalam gigi palsu atau bisa juga dengan cara berkumur.

Gunakan sikat gigi berbulu halus atau kasa untuk membersihkan lidah, pipi, dan langit-langit mulut.

Setelah itu, letakkan gigi palsu di atas handuk bersih dan keringkan.


2. Bersihkan dengan Sabun

Cara merawat gigi palsu berikutnya adalah dengan mencuci dengan sabun khusus pembersih gigi palsu.

Oleskan sabun atau pembersih gigi palsu secukupnya, kemudian sikat dengan sikat berbulu lembut yang dibuat khusus untuk gigi palsu lepasan atau permanen.

Hindari menggunakan pasta gigi atau sikat gigi biasa, ya, karena produk ini abrasif sehingga bisa menggores bahan plastik yang ada pada gigi palsu.

Langkah selanjutnya, bilas dengan air mengalir di wastafel dan pastikan gigi palsu tidak terjatuh ketika sedang dibersihkan.

Untuk hasil yang maksimal, sangat disarankan untuk pertimbangkan penggunaan pembersih ultrasonik yang mampu mengirimkan gelombang suara melalui cairan pembersih gigi palsu, sehingga kotoran akan lebih mudah untuk dibersihkan.


3. Rendam Semalaman

Cara merawat gigi palsu berikutnya yang penting dilakukan adalah merendam gigi palsu itu semalaman. Gigi palsu lepasan harus tetap lembab untuk menjaga bentuknya.

Masukkan gigi palsu ke dalam air atau larutan perendam gigi palsu yang ringan semalaman. Jangan lupa ikuti petunjuk perendaman yang ada pada kemasan larutan pembersih gigi palsu.

Jangan pernah merendam gigi menggunakan air panas atau air mendidih karena dapat merusak bentuk atau membuatnya melengkung.

Sebaiknya tanyakan pada dokter gigi masing-masing untuk mengetahui cara menyimpan gigi palsu dengan benar.


4. Bersihkan Gigi dari Air Bekas Rendaman


Setelah direndam semalaman, keesokan harinya gigi palsu harus dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.

Untuk menghilangkan sisa-sisa bahan kimia yang ada pada air rendaman bersihkan gigi palsu dengan air mengalir. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan efek samping dari bahan kimia tersebut. Meski tidak mematikan, tetapi tetap saja, bahan kimia itu bisa menyebabkan mual, muntah, dan rasa panas seperti terbakar pada mulut.


5. Periksa Gigi Palsu secara Teratur

Pemeriksaan gigi palsu secara teratur harus dilakukan terutama sekali pada gigi palsu permanen.

Dokter gigi akan merekomendasikan jadwal pemeriksaan gigi palsu agar bisa dibersihkan secara profesional. Tidak hanya itu, dokter gigi juga akan memeriksa secara mendetail kondisi gigi palsu demi mencegah ketidaknyamanan pada mulut.

Pastikan untuk segera menemui dokter gigi jika gigi palsu mulai terasa longgar. Ini berbahaya sekali ya, karena gigi palsu yang longgar bisa menyebabkan iritasi, luka, dan infeksi pada mulut, lho!

Nah, Sobat Mei. Itulah 5 cara tepat merawat gigi palsu yang perlu diterapkan agar kesehatan mulut saat menggunakan gigi palsu juga terjaga.


Friday, September 24, 2021

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merias Mata

September 24, 2021 0 Comments

 



Mata adalah jendela jiwa. Pernah mendengar ungkapan lama itu kan, Sobat Mei? Yup, aku yakin kamu pasti sudah familiar mendengarnya.


Lewat tatapan mata seseorang kita bisa mengetahui apa yang sedang ia rasakan. Sedang bergembira, sedih, atau marah, semuanya tergambar jelas lewat tatapan mata kita. Kita bisa berbohong dengan ekspresi wajah, tapi sorot mata kita tetap akan berkata yang sebenarnya. 


Mata akan selalu menjadi hal terpenting dalam hidup kita, selain sebagai indera penglihatan, mata juga bisa mewakili mulut untuk menyampaikan apa yang hati kita rasakan.


Maka dari itu, tidak heran jika mata mendapat perhatian tersendiri dalam dunia make-up. Namun, merias mata tidak bisa dilakukan secara sembarangan, ya, karena bisa menyebabkan iritasi. 


Kandungan yang ada pada maskara dan eyeshadow berpotensi menyebabkan bahaya pada kesehatan mata.


Agar terhindar dari hal-hal yang membahayakan kesehatan mata, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat merias mata.


5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merias Mata


1. Kualitas produk


Saat ini di pasaran sudah menjamur produk kosmetik dengan berbagai merek dan juga kualitas berbeda. Jangan tergiur dengan harga murah ya, Sobat Mei. 


Produk kosmetik yang murah biasanya juga terbuat dari bahan yang tidak terjamin keamanannya.


Jadi pilihlah produk yang memiliki kualitas bagus, dimana kandungan bahan pembuatnya dari bahan yang alami dan tidak memiliki efek samping. Pastikan produk perias mata yang digunakan telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan.



2. Pelajari cara pemakaian produk yang aman dan benar


Saat ini di media sosial sudah banyak orang-orang yang membagi pengalamannya dalam menggunakan produk untuk merias mata. Hal itu tentu saja bagus, karena bisa mengedukasi orang-orang awam yang mungkin belum pernah melakukannya. 


Namun, aku sarankan agar kamu tetap mempedomani petunjuk pemakaian produk yang terdapat pada kemasan, karena itu adalah cara benar yang direkomendasikan oleh pihak brand. 


Selain itu, pastikan untuk merias mata di tempat yang aman dan di ruang tertutup. Hindari merias mata di atas kendaraan karena bisa menyebabkan mata mengalami cedera.


3. Cuci tangan sebelum merias mata


Mata adalah salah satu organ vital yang rentan mengalami iritasi. Itu sebabnya, sebelum merias mata menggunakan make-up, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar debu-debu yang menempel di tangan tidak berpindah ke mata. 


4. Kenali produk kosmetik yang bisa membahayakan mata


Produk kosmetik itu banyak sekali jenisnya, dan tidak semuanya aman jika  bersentuhan dengan mata. Beberapa contohnya adalah glitter, kohl, dan maskara yang berserat kecil.


Pastikan untuk menghindari penggunaan produk yang beresiko melukai mata. Terutama sekali produk-produk yang memiliki label "non intended for use in the immediate eye area".


5. Perhatikan tanggal kadaluarsa produk


Pada umumnya, produk kosmetik memiliki jangka waktu yang panjang. Namun, jika produk itu sudah terbuka, pastikan untuk tidak menggunakannya lagi setelah lebih dari tiga bulan.


Selain itu, pastikan untuk tidak merias mata di saat mata sedang mengalami iritasi atau sedang menunjukkan reaksi alergi.


Nah, Sobat Mei. Itulah 5 hal yang harus kita perhatikan saat merias mata agar mata kita terhindar dari cedera.

Semoga bermanfaat, ya.

Jangan lupa jaga kesehatan. Tetap patuhi protokol kesehatan, pakai masker, rajin mencuci tangan, hindari kerumunan, dan dapatkan vaksin segera. 


Semoga pandemi ini segera berakhir, dan kita bisa kembali bisa beraktivitas dengan leluasa. Aamiin.


Sampai jumpa pada artikel berikutnya, ya. Bye!


 


Wednesday, September 22, 2021

Recommended! Inilah Situs Game Ringan Terbaik

September 22, 2021 0 Comments

 



Bermain game merupakan sebuah aktivitas yang bisa mengendurkan urat syaraf. Asal dilakukan dengan penuh tanggung jawab, bermain games sangat baik bagi kesehatan mental. Namun, tetap harus diwaspadai karena jika waktu bermain game tidak dikendalikan maka bisa menyebabkan kecanduan sehingga membahayakan kesehatan.


Berikut manfaat positif bermain game menurut para ahli:


Aktivitas otak meningkat

Bermain game membutuhkan kerjasama yang baik antara kinerja otak dan otot. Saat bermain game otak kita berkerja untuk menyelesaikan level demi level, dan otot-otot kita bergerak untuk memainkan karakter yang ada di dalam game. Dengan bermain game aktivitas otak menjadi meningkat.


Membangun semangat kompetisi

Salah satu tujuan dalam bermain game adalah untuk menjadi pemenang. Dengan begitu bermain game juga bisa membangun semangat kompetisi pada seseorang.


Melatih team work

Sebagian game dimainkan oleh l beberapa orang sekaligus, dimana akan membentuk dua tim yang berlawanan. Dengan memainkan game kelompok ini secara tidak langsung telah melatih kita untuk berkerjasama dalam team.


Moodbooster

Bermain game bisa menjadi moodbooster, mengembalikan mood yang hilang menjadi semangat kembali. Game telah menjadi sarana hiburan yang menyenangkan dan bisa dilakukan dimana saja.


Namun, sekali lagi aku sarankan dan ingatkan ya, gais. Meskipun bermain game ini banyak manfaatnya, tapi tetap jangan berlebihan ya, karena selain menyebabkan kecanduan, bermain game berlebihan juga bisa merusak mata.


So, back to topic.


Seiring dengan semakin canggihnya teknologi, para pengembang aplikasi game pun semakin kreatif dalam meramu bentuk permainan yang beragam. Itu sebabnya saat ini kita bisa menemukan beragam genre game, mulai dari game teka-teki, petualangan, hingga game dengan tema edukasi.


Sayangnya, dengan semakin banyaknya pilihan game yang ada, secara tidak langsung juga menuntut pengguna untuk memiliki gadget yang memadai untuk memainkan game tersebut. Hal ini dipahami oleh produsen gadget dengan memproduksi handphone dengan spesifikasi yang menunjang kebutuhan aplikasi game. Salah satu spesifikasi yang paling dibutuhkan untuk bermain game di handphone adalah kapasitas RAM yang besar. 


Lantas, ada ga sih game yang bisa dimainkan pada handphone dengan kapasitas RAM kecil?


Jawabnya, tentu saja ada, yaitu game-game yang ada di situs game online. Bermain game langsung di situs game ini tidak membutuhkan RAM yang besar karena game tidak perlu diunduh dan diinstall di gadget, tapi cukup dengan memainkannya di browser saja.


Penasaran dengan nama situs game onlinenya?


Jawabannya adalah plays.org



Plays.org, Situs Game Ringan Android Terbaik


Plays.org merupakan situs game online yang bisa dimainkan via browser di laptop ataupun di ponsel android. Namun, dari pengalaman aku pribadi nih, emang lebih puas memainkannya di laptop karena layarnya lebih besar. Apalagi bagi penyandang mata minus silindris seperti aku ini, main game di layar handphone itu ternyata butuh perjuangan banget, gais. Hahaha. Akan tetapi, keuntungan memainkan game di ponsel adalah kita bisa melakukannya di mana saja, bahkan saat berpergian sekalipun.


So, berikut beberapa keunggulan plays.org yang sudah aku rasakan sendiri:


Gratis

Nah, mendengar kata gratis daun telinga langsung berdiri, kan? Hahaha, ga usah malu karena Anda tidak sendirian, pembaca. 


Yup, plays.org menawarkan berbagai macam jenis game yang bisa dimainkan secara gratis. 


Ada ponsel dan quota internet? Cuuss ... udah bisa main game tanpa khawatir harus beli koin dan sebagainya. Asyik, kan?


Banyak Pilihan

Plays.org menyediakan banyak macam game yang terbagi dalam beberapa genre. Jadi kita bisa memilih game dengan sepuasnya sesuai dengan yang kita minati.


Ada genre sports, solitare, arcades, adventures, puzzles, cartoon games, comic games, educations, simulation games, dan banyak lagi pilihan lainnya.


Ringan

Game-game yang ada di plays.org ini ringan banget, gais. Jadi tidak akan menghabiskan RAM ponsel kita. Selain itu, game-game ini juga tidak perlu diinstall, karena bisa dimainkan langsung via browser.


Fleksibel

Game-game dari plays.org juga bisa dimainkan di laptop dan handphone. Fleksibel banget kan, ya? Saat berada di rumah, mainkan di laptop untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Di saat di luar rumah, mainkan di handphone kita. Keseruan tidak pernah terputus, deh.


Dari sekian banyak pilihan game, kamu udah coba yang mana aja, Mer?


So far, aku baru nyobain dua game nih, gais, yaitu Break the Worm dan Guardians: Defenders of Mathematica.


Seruuuuuuu baaaanget. 


Break the Worm ini permainan yang menuntut kita untuk mampu bergerak cepat mengalahkan di cacing. 






Bagi yang doyan matematika pasti betah memainkan game Guardians: Defenders of Mathematica ini. Ada operasi hitungan yang harus dituntaskan untuk menyelesaikan misi. 




So, setelah mencoba beberapa game di situs game ringan terbaik ini, aku rekomendasikan Sobat Mei semua untuk menjajal game-game yang ada di plays.org ini.


Selamat bersenang-senang, Sobat Mei. Jangan lupa untuk selalu menjalani protokol kesehatan, ya. Stay healthy, stay happy. 


Sampai jumpa di artikel berikutnya, ya.

Bye.




Tuesday, September 21, 2021

Resep Cara Membuat Rawon Yang Enak dan Lezat

September 21, 2021 0 Comments

 




Rawon merupakan salah satu masakan tradisional populer yang disukai banyak orang. Masakan khas Jawa Timur ini selalu menggunakan daging sapi. Namun, ada yang membuatnya lebih khas yakni tampilan kuahnya yang berwarna hitam pekat. Ini terjadi karena adanya buah keluak atau kluwek sebagai salah satu bahan pembuatan bumbu rawon ini. 


Nah, bagi Sobat Mei yang ingin coba membuat rawon daging sapi sendiri di rumah, berikut resep cara membuat rawon yang enak dan lezat : 


Rawon Daging Sapi (Daging sandung lamur sapi)


Bahan – Bahan :


500 gr daging sandung lamur sapi

1 dengkul sapi, belah dua

3 lembar daun jeruk purut segar

1 batang serai, memarkan

1 sendok makan air asam jawa

2 batang daun bawang, iris seukuran 1 cm

1 sendok makan bumbu penyedap rasa kaldu sapi

1 sendok makan garam

5 sendok makan minyak goreng

3 liter air

Bumbu Halus :

8 butir bawang merah

4 siung bawang putih

5 buah keluak, geprek dan rendam isinya dengan air panas

1 cm kunyit, bakar

4 butir kemiri, sangrai


Pelengkap :

Telur asin 

Sambal rawit

Taoge pendek

Emping

Jeruk nipis


Cara Membuat :

  • Pertama-tama rebus daging dan dengkul sapi hingga setengah lunak. Potong daging sesuai selera. Sisihkan.
  • Lalu masukkan bumbu penyedap rasa kaldu sapi dan garam ke dalam air rebusan daging
  • Tumis bumbu halus, lengkuas, daun jeruk, dan serai hingga harum dan matang.
  • Setelah itu masukkan potongan daging ke dalam tumisan, masak hingga bumbu meresap.
  • Masukkan tumisan daging ke dalam kuah kaldu. Masak dengan api kecil hingga daging empuk.


Agar lebih nikmat sajikan hangat beserta pelengkapnya.


Rawon Daging Sapi (Daging sengkel)


Bahan – Bahan :

400 gram daging sengkel potong kotak 2 cm

1500 ml air

6 lembar daun jeruk buang tulangnya

1 batang daun bawang potong 1 cm

1 batang serai ambil putihnya, memarkan

1 sendok makan garam

¼ sendok teh merica bubuk

3 sendok teh gula pasir

2 sendok makan minyak untuk menumis

1 sendok teh asam dilarutkan bersama 1 sendok makan air

Bumbu Halus :

3 siung bawang putih

8 butir bawang merah

5 buah keluak, diseduh

4 butir kemiri sangrai

1 cm kunyit bakar

Bahan Pelengkap :

6 buah kerupuk udang

100 gram tauge

3 sendok makan sambal terasi

6 potong tempe goreng

6 butir telur asin


Cara Memasak :

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah panaskan sedikit minyak untuk menumis. Lalu masukkan bumbu halus, daun jeruk, dan serat, masak sampai aromanya keluar.
  • Kemudian tambahkan daging aduk rata serta masak hingga daging berubah warna.
  • Tambahkan air dan perasa garam, merica bubuk, air asam, dan gula pasir. Lalu masak rawon di atas api kecil sampai nkuah mendidih dan daging empuk.
  • Langkah yang terakhir, sebelum diangkat, tambahkan daun bawang. Aduk rata.


Rawon yang enak dan lezat siap dihidangkan bersama pelengkap.


Friday, September 17, 2021

Daftar 34 Provinsi di Indonesia

September 17, 2021 0 Comments


Penduduk di Indonesia saat ini ada 270 juta jiwa yang tersebar di seluruh kepulauan di Indonesia. Di karenakan Indonesia terdapat banyak sekali wilayah-wilayah kepulauan, pada masing-masing kepulauan tersebut Indonesia dibagi menjadi beberapa provinsi. Jumlah provinsi di Indonesia saat ini adalah 34 provinsi. Setiap provinsi dipimpin oleh seorang gubernur. 

Awalnya, sebelum era reformasi Indonesia mempunyai 27 provinsi. Provinsi di Indonesia disebar lagi menjadi subdivisi yang disebut dengan kabupaten dan kota. Itu semua berada di bawah naungan gubernur dengan anggota badan perwakilan lainnya. Kepala daerah dipilih berdasarkan pemungutan suara dengan masa jabatan lima tahun. 

Maka dari itu setelah masa era reformasi beberapa provinsi melakukan pemekaran yang wilayahnya di bagi-bagi menjadi dua bagian yang memiliki luas wilayah daerah yang besar. Sampai saat ini di Indonesia tidak hanya satu kali melakukan pemekaran provinsi ini, yang terakhir melakukan pemekaran adalah Kalimantan Utara pada tahun 2012.

Indonesia mempunyai wilayah yang sangat luas yaitu 5.180.083 km2, dengan berbagai keanekaragaman budaya, ras, agama dan bahasa. Keberagaman tersebut terdapat di berbagai provinsi. 

Berikut adalah provinsi-provinsi yang ada di Indonesia yang berjumlah 34 provinsi :

  1. Daerah Istimewa Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat
  4. Riau
  5. Kepulauan Riau
  6. Jambi
  7. Bangka Belitung
  8. Bengkulu
  9. Sumatera Selatan
  10. Lampung
  11. Daerah Khusus Ibukota
  12. Banten
  13. Jawa Barat
  14. Jawa Tengah
  15. Daerah Istimewa Yogyakarta
  16. Jawa Timur
  17. Bali
  18. Nusa Tenggara Barat
  19. Nusa Tenggara Timur
  20. Kalimantan Barat
  21. Kalimantan Tengah
  22. Kalimantan Utara
  23. Kalimantan Timur
  24. Kalimantan Selatan
  25. Sulawesi Utara
  26. Gorontalo
  27. Sulawesi Barat
  28. Sulawesi Tengah
  29. Sulawesi Selatan
  30. Sulawesi Tenggara
  31. Maluku Utara
  32. Maluku
  33. Papua Barat
  34. Papua

Provinsi di Indonesia dibagi dalam daerah-daerah. Daerah-daerah tersebut diatur dan ditetapkan dengan undang-undang atau peraturan yang setara dengan undang-undang. 

Ada juga beberapa provinsi atau daerah yang bersifat khusus atau istimewa. Biasanya daerah atau provinsi istimewa itu memiliki peraturan yang berbeda dengan provinsi lainnya. 

Di antara 34 provinsi tersebut ada 5 provinsi yang memiliki sifat istimewa yaitu, Aceh, Jakarta, Yogyakarta, Papua dan Papua Barat.

Provinsi Aceh menggunakan hukum syariah sebagai hukum pidana di provinsi tersebut. 

Provinsi Jakarta adalah Daerah Khusus Ibukota. 

Provinsi Yogyakarta adalah Daerah Istimewa yang dikepalai oleh Sultan Hamengkubuwono sebagai gubernurnya selama turun temurun dan Paku Alam sebagai wakilnya yang juga turun temurun. 

Provinsi Papua dan Papua Barat dibagi lagi secara resmi menjadi tujuh unit geografis. 

Selama perjalanannya setelah kemerdekaan diproklamasikan, Indonesia telah membentuk 34 provinsi. Ada beberapa provinsi yang dimekarkan dan sebagian diubah bentuknya bahkan ada juga yang dibubarkan. Maka sekarang, ada 34 provinsi di Indonesia beserta dengan ibukotanya.

Adanya perubahan-perubahan pemekaran tersebut bertujuan supaya Indonesia menjadi negara kebanggaan kita yang bersatu padu dengan dengan semboyan bhineka tunggal ika (berbeda beda tetapi satu tujuan). Maka dari itu dengan adanya pemekaran jumlah provinsi di Indonesia masing masing wilayah mempunyai anggaran anggaran masing-masing untuk membangun daerahnya.

Itulah bahasan yang dapat disampaikan kali ini tentang jumlah provinsi di Indonesia. Semoga dapat menjadi referensi dan menambah wawasan nusantara untuk kita semua.

Friday, September 10, 2021

Mau Belajar Bahasa Mandarin Online Asyik dan Tidak Membosankan? Ke LingoAce Saja!

September 10, 2021 0 Comments



 Mau Belajar Bahasa Mandarin Online Asyik dan Tidak Membosankan? Ke LingoAce Saja!

Mandarin adalah bahasa yang paling umum dan populer untuk digunakan karena sekitar 70% penduduk China menggunakan bentuk bahasa ini dan setidaknya ada sekitar 960 juta penutur bahasa Mandarin secara  global. Belajar Mandarin online adalah sarana yang tepat untuk menguasai bahasa ini.

Bagi para orang tua yang ingin sekali buah hati tercinta menguasai bahasa Mandarin dengan fasih seperti penutur asli, maka LingoAce adalah tempat yang  sangatlah tepat. Di sini, anak akan mendapatkan materi pembelajaran dan suasana belajar yang asyik dan tentunya tidak membosankan.


Kelebihan Belajar Bahasa Mandarin di LingoAce

Banyak orang menyadari bahwa bahasa Mandarin adalah bahasa yang sangat penting untuk masa depan pasar global dan bahwa ada banyak manfaat bagi penutur bahasa Inggris yang belajar bahasa Mandarin baik dalam aspek bisnis maupun budaya kehidupan.

Untuk itulah, LingoAce hadir sebagai jawaban tempat kursus terbaik untuk sang anak. Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dengan mendaftarkan anak di LingoAce, di antaranya adalah :


Kelas Belajar yang Mengasyikkan

Memahami dan belajar bahasa asing jauh lebih mudah ketika dipelajari saat masih muda. Sayangnya, sistem sekolah di Indonesia sangat sedikit yang menawarkan pelajaran bahasa Mandarin, terutama di tingkat dasar.

Itulah mengapa LingoAce hadir untuk menjadi tempat anak belajar bahasa Mandarin selain di sekolah formal. LingoAce memiliki kelas belajar yang mengasyikkan. Ada 3 pilihan kelas untuk anak yaitu reguler, intensif dan private.

Semua pilihan kelas akan disertai dengan silabus pendidikan yang tidak membosankan sehingga anak akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan.


Tutor Adalah Native Asli

Banyak orang yang pernah belajar bahasa Mandarin menyadari betapa rumitnya bahasanya negara Cina ini untuk dipelajari. 

Memang, Mandarin bukan hanya mempelajari satu dialek bahasa saja, tetapi ada sekelompok dialek terkait yang sangat berbeda satu sama lain. Tidak heran jika banyak ahli bahasa menyebut Mandarin sebagai bahasa yang sama sekali berbeda dibandingkan Inggris.

Meski bahasa Mandarin sulit untuk dipelajari di awal-awal, namun kelas belajar akan dipandu oleh tutor yang berasal dari native sehingga anak akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Tutor native akan memandu proses belajar dengan lebih menyenangkan agar anak tidak bosan.


Kurikulum Dibuat Oleh Pakar

Belajar bahasa Mandarin dapat meningkatkan prospek pekerjaan. Penutur bahasa Mandarin yang mahir akan menemukan peluang kerja di berbagai bidang, seperti: bisnis, pariwisata, pemerintahan, pendidikan, dan penerjemahan. 

Permintaan akan guru yang bisa berbahasa Mandarin juga terus meningkat. Kalau kita ingin memberikan masa depan yang lebih baik untuk anak, maka kita harus mendaftarkannya kursus sejak sedini mungkin untuk memahami kurikulum bahasa Mandarin.

Nah, kurikulum dari LingoAce sendiri disusun oleh lulusan universitas ternama dan sudah pakar dalam bidangnya. Anak tidak akan kesulitan untuk memahami kurikulum yang sudah disusun oleh pakar di LingoAce ini sehingga mereka akan mahir dalam berbicara bahasa ini.

Anda yang ingin sekali memberikan pendidikan terbaik untuk sang anak, yuk daftarkan mereka segara di LingoAce! Ada kelas free trial lengkap dengan laporan hasil tes yang bisa Anda coba sebelum mulai mendaftarkan anak! 


3 Cara Perawatan Rambut Rusak

September 10, 2021 0 Comments

 



Rambut sehat, hitam, tebal, dan berkilau tentunya idaman semua orang, terutama para kaum hawa yang telah menjadikan rambut sebagai mahkotanya. Sayangnya nih, tidak semua wanita beruntung memiliki rambut yang sehat dan indah. Sebagian besar wanita di hadapkan pada berbagai macam masalah rambut mulai dari rambut kering, bercabang, kusam, hingga rontok.


Semua permasalahan itu membuat kepercayaan diri kita berkurang. Kita jadi ga pede untuk tampil dengan rambut terurai, lalu menutupinya dengan menggunakan topi dan penutup kepala lainnya. Padahal, kerusakan pada rambut itu seharusnya diatasi bukan disembunyikan, ya.  


Kalau sudah begini, apakah solusi terbaik untuk mengatasi kerusakan pada rambut ini?


Jawabannya hanya satu, yaitu dengan melakukan perawatan rambut yang tepat.


Yup, untuk mengatasi kerusakan pada rambut kita harus melakukan perawatan yang tepat, agar permasalahan rambut teratasi dan rambut bisa tumbuh dengan normal kembali.


So, apakah jenis perawatan rambut yang tepat untuk rambut rusak?


Check this out.



3 Cara Mengatasi Rambut Rusak


Ada 3 cara mengatasi rambut rusak yang bisa kita lakukan, yaitu:


1. Creambath


Kamu punya masalah berupa rambut kering dan kusam? Creambath adalah salah satu cara yang direkomendasikan untuk mengatasinya.


Creambath merupakan perawatan dasar rambut yang bisa digunakan untuk merawat rambut normal dan mengatasi masalah ringan pada rambut, seperti rambut kering dan kusam. Creambath bermanfaat dalam menutrisi rambut dan menjaga kelembabannya, sehingga rambut kembali sehat dan berkilau.


Prosesnya mudah, penata rambut akan mengoleskan krim rambut secara merata, disertai pijatan pelan pada kulit kepala. Setelah itu rambut dibungkus dengan handuk hangat atau diuapi menggunakan steam. Tujuannya adalah untuk membuka pori-pori kulit kepala sehingga nutrisi yang terdapat pada krim terserap sempurna dari akar rambut hingga ke ujung rambut.



2. Hair Spa


Hair spa bermanfaat untuk mengatasi permasalahan rambut keriting, bercabang, dan berminyak. Apalagi jika rambut sering terpapar sinar matahari secara langsung.


Proses hair spa ini kurang lebih mirip dengan proses creambath, bedanya hanya pada krim yang digunakan. Krim untuk hair spa lebih kaya nutrisi, itu sebabnya biayanya juga lebih mahal dari pada biaya creambath.


Namun, selain harga yang lumayan mahal, ada satu lagi kekurangan hair spa ini yang harus kita waspadai yaitu warna rambut akan memudar jika terlalu sering melakukan hair spa ini. So, sebaiknya lakukan secara berkala ya, Sobat Mei.



3. Hair Mask


Perawatan rambut rusak yang terakhir adalah hair mask. Hair mask merupakan perawatan rambut rontoh dan kerusakan rambut lainnya yang sudah dalam kategori parah akibat dari tindakan pewarnaan rambut, pengeritingan, pelurusan, dan lain-lain.


Hair mask memberikan efek yang lebih dalam dari pada creambath dan hair spa. Hair mask yang digunakan secara rutin membantu menyamarkan kerusakan rambut dan melembabkannya sehingga rambut lebih kuat dan tebal.


Dalam prosesnya, hair mask sedikit berbeda dari creambath dan hair spa karena tidak ada tindakan pijatan pada kulit kepala. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan dan kerontokan yang lebih parah. Namun, sebagai gantinya terapis akan melakukan pemijatan pada bagian tubuh lainnya seperti di area leher, bahu, dan punggung.


Nah, Sobat Mei, itulah 3 cara perawatan rambut rusak yang bisa kita lakukan agar kerusakan rambut bisa diatasi secepatnya.


Masing-masing treatment memiliki kelebihan dan kekurangan, ya. Namun, apa pun jenis treatment yang akan dipilih pastikan sesuai dengan permasalahan rambut yang dimiliki agar kita mendapatkan hasil yang diharapkan.


Sunday, September 5, 2021

Cara Mudah Investasi Reksadana

September 05, 2021 0 Comments

 


Yuhuuu, apa kabar Sobat Mei? Semoga semua dalam keadaan sehat, ya. Kali ini aku ingin membahas tentang investasi. 


Yup!


Tren berinvestasi memang masih sangat diminati banyak orang. Keinginan untuk leluasa atas beban finansial dikala masa pensiun nanti membuat orang-orang tidak jemu menggali lebih dalam seluk- beluk investasi ini.


Terdapat banyak instrumen buat digunakan berinvestasi, serta reksadana merupakan salah satu yang dinilai gampang dan banyak diminati masyarakat. 


Reksadana secara simpel merupakan paket investasi yang pengelolaan instrumen investasinya dicoba oleh Manager Investasi ataupun MI.


Pasti para MI ini telah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan( OJK). Manajer investasi inilah yang hendak membagi instrumen investasi ke bermacam industri.


Sebelum membahas metode investasi, pahami dahulu yuk jenis- jenis reksadana berikut:


1. Reksadana Pasar Uang (Money Market Fund)


Merupakan investasi yang berfokus pada surat utang jangka pendek serta deposito dengan jatuh tempo kurang dari 1 tahun.


Keuntungan dari reksadana pasar uang adalah tingkat resiko yang kecil, kemampuan imbal hasilnya lebih besar dari deposito, modal investasi kecil, serta gampang dicairkan.


Sedangkan kekurangannya adalah keuntungan yang tidak tentu serta kecil.


2. Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)


Reksadana pendapatan tetap ialah investasi yang sebagian besar alokasinya berfokus pada instrumen surat utang yang jatuh tempo di atas 1 tahun.


Para praktiknya, bunga dari surat utang tersebut tidak diteruskan kepada investor, tetapi diinvestasikan ulang. Hasil investasi ulang ini yang menaikkan nilai reksadana nasabah, sehingga biayanya bertambah.


Kekurangan dari reksadana ini adalah terdapatnya kemampuan wanprestasi ataupun kandas bayar dari penerbit surat utang ataupun obligasi yang menyebabkan jumlah pokok investasi menurun sehingga  mempengaruhi keuntungan nasabah.


3. Reksadana Canpuran (Balanced Fund)


Reksadana campuran menempatkan dana investasi nasabah pada sebagian tipe instrumen yang pembeliannya wajib mencakup instrumen investasi saham, surat utang utang( obligasi), serta pasar uang.


Keuntungan reksadana campuran terdapat pada tingkatan fleksibilitas. Bila saham lagi lesu, investasi dapat lebih difokuskan pada obligasi ataupun pasar uang 


Dikala satu jatah instrumen merugi, jatah lain dapat membagikan keuntungan.


4. Reksadana Saham( Equity Fund)


Reksadana saham merupakan reksadana yang sebagian besar dana investor difokuskan ke saham. Sedikitnya 80 persen dana investor hendak diinvestasikan ke saham serta sisanya ke instrumen lain.


Reksadana saham lebih sesuai untuk nasabah yang mau berinvestasi jangka panjang antara 5 sampai 10 tahun.


Tingkatan risikonya yang besar sebanding dengan tingkatan kemampuan keuntungan bila dibanding dengan reksadana lain.


Tetapi, kekurangan dari jenis reksadana ini merupakan harga saham yang fluktuatif sehingga tidak disarankan buat investasi jangka pendek.



Cara Investasi Reksa Dana


Ada dua cara investasi reksa dana yang dapat dilakukan yaitu cara online dan langsung.


Pembelian Reksa Dana secara Langsung 


Dilakukan dengan cara datang ke perusahaan sekuritas atau melalui lembaga perbankan. Yang manapun pilihan kita, pastikan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Isi formulir pembukaan rekening reksadana. Setelah mengisi formulir, calon nasabah akan mendapat satu nomor identitas. Nomor ini akan menjadi identitas nasabah setiap akan melakukan transaksi pembelian atau penjualan reksadana.



Pembelian Reksadana Online


Cari informasi terkait produk reksadana di e-commerce terpercaya, setelah itu belilah sesuai keinginan.


Isi data diri, dan unggah dokumen persyaratan. Setelah di verifikasi, nasabah akan mendapat nomor identitas untuk melakukan transaksi.


Lakukan pembayaran melalui layanan uang elektronik atau transfer.


Nah, Sobat Mei. Berminat untuk memulai investasi? Ayo, jatuhkan pilihanmu sekarang. Semakin cepat memulai investasi, maka semakin cepat juga kamu mendapatkan manfaatnya.


Saturday, September 4, 2021

4 Alat Elektronik yang Meringankan Perkerjaan Ibu Rumah Tangga

September 04, 2021 0 Comments

 


Yuhuuu ... ngomongin perkerjaan ibu rumah tangga nih, ya, memang tidak akan ada habisnya. Mulai dari bangun tidur, hingga tidur lagi, selalu saja ada perkerjaan yang ibu rumah tangga harus lakukan. Apalagi kalau ada bayi atau anak kecil. Hmm ... semakin banyak deh tugas si ibu.


Ah, ibu rumah tangga itu kan enak, lha ... seharian di rumah aja, kok. Kerja bisa sambil leyeh-leyeh gitu kok pada ngeluh repot.


Sound familiar?

Hahaha ... mari kita bawa ketawa aja. Yang ngomong gitu belum ngerasain betapa 'seru'nya dunia ibu rumah tangga.


Ibu rumah tangga zaman now dituntut untuk multitasking, harus mampu melakukan banyak perkerjaan dalam satu waktu. Mengapa begitu? Karena ibu rumah tangga zaman sekarang turut berperan sebagai pencari nafkah untuk keluarga. Meskipun hanya di rumah, ibu rumah tangga sekarang tetap bisa menghasilkan lewat usaha online. 


Jadi, kewajiban mengurus rumah tangga tetap terselesaikan, anak-anak tetap bisa didampingi, kewajiban sebagai ibu dan istri pun tertunaikan.


Namun, dengan semua kesibukan itu, tidak sedikit ibu rumah tangga yang mengeluh dengan perkerjaan rumah yang tak habis-habis. Lelah adalah alasan utama. Alasan kedua adalah kekurangan waktu untuk me time ataupun berkarya.


Itu sebabnya, para ibu rumah tangga yang juga berkerja dari rumah ini akhirnya membutuhkan asisten rumah tangga untuk meringankan perkerjaannya. 


Akan tetapi, mencari asisten rumah tangga yang jujur dan pekerja keras tidaklah mudah. Faktanya banyak terjadi kasus-kasus kriminal yang dilakukan oleh asisten rumah tangga.


Jadi, cara paling aman untuk meringankan perkerjaan ibu rumah tangga adalah dengan menggunakan alat bantu berupa alat-alat eletronik.


Berikut 4 Alat Elektronik yang Bisa Meringankan Perkerjaan Ibu Rumah Tangga


1. Mesin Cuci


Dulunya, mesin cuci mungkin hanyalah sebuah kebutuhan tertier dalam rumah tangga. Bahkan masih tergolong barang mewah karena hanya golongan menengah ke atas yang mampu membelinya.


Namun, di zaman sekarang mesin cuci bukan lagi barang mewah. Produsen mesin cuci sendiri sudah memproduksi mesin cuci sesuai dengan tingkat kemampuan finansial masyarakat.


Mesin cuci sekarang sudah memiliki banyak varian, mulai dari ukuran yang bervariasi dari 6 kg sampai 14 kg, hingga jumlah tabung, ada yang 1 tabung dan 2 tabung.


Apapun jenis mesin cucinya, fungsinya tetap saja sama. Berikut ini fungsi mesin cuci dalam meringankan beban kerja ibu rumah tangga.

- Hemat waktu dan tenaga 

- Mencuci lebih banyak

- Lebih cepat kering

- Mengurangi kerusakan pakaian.


2. Blender


Dalam urusan memasak, menghaluskan bumbu merupakan satu proses yang cukup menguras waktu dan tenaga.


Untuk itu, ibu rumah tangga patut mempertimbangkan untuk memiliki mesin blender ini di dapurnya. 


Mesin blender zaman sekarang pun semakin multifungsi, sehingga bisa digunakan untuk menghaluskan berbagai jenis bahan masakan, mulai dari bumbu dapur, kelapa, hingga daging.


3. Mesin Pencuci Piring


Siapa yang sering merasa heran dengan keberadaan piring dan gelas kotor di bak cucian piring. Perasaan baru aja semua dicuci bersih, ini kenapa ada piring dan gelas kotor lagi? Seolah-olah ada hantu yang ngumpetin piring kotor. Hahaha.


Kalau cuma satu dua buah sih ga bakalan terasa, ya, tapi kalau keseringan kan kesel juga!


Nah, solusi terbaik adalah miliki mesin pencuci piring. Jadi kapanpun ada piring atau gelas kotor, kita tidak repot lagi.



4. Smart Vacuum Cleaner


Bagi sebagian orang menyapu mungkin bukanlah perkerjaan yang merepotkan, tapi bagiku yang punya anak batita, menyapu rumah itu sungguh perkerjaan yang merepotkan karena harus berkali-kali dilakukan dalam satu hari.


Mau diabaikan mata risih melihat rumah yang kotor. Mau dikerjakan, kok bosan banget, baru saja disapu, eh kotor lagi. 


Nah, mungkin sudah saatnya kita menambahkan smart vacuum cleaner ke dalam keranjang belanja bulan ini. 


Jadi smart vacuum cleaner ini penggunaanya simple banget, tinggal dinyalakan, lalu letakkan di lantai, setelah itu dia akan berkerja sendiri, membersihkan sampah-sampah menyisir ke semua area lantai.



So, Sobat Mei.

Dari empat alat elektronik di atas, sudah punya semua belum, nih?

Aku baru punya tiga nih, sekarang lagi nabung untuk beli mesin cuci piring. Mohon doanya, yaaa.


7 Cara Mudah Merawat Rambut Agar Sehat

September 04, 2021 0 Comments

Rambut sehat merupakan mahkota yang memperindah penampilan seseorang. Tidak hanya pada wanita, pria pun akan tampak menawan dengan rambut yang tebal dan sehat. 


Selain untuk melindungi kulit kepala dari sinar matahari, rambut juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pemiliknya. Siapa sih yang tidak akan terpukau melihat rambut lebat dan tebal, tidak bercabang, dan bebas ketombe. 


Yup, rambut sehat adalah idaman setiap orang, tidak hanya wanita, pria pun sama. Itu sebabnya, perawatan rambut sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari kebotakan dini. 


Seiring dengan pertambahan usia, volume rambut juga akan semakin berkurang. Ini adalah hal yang normal, karena hormon pertumbuhan semakin berkurang, sehingga rambut yang rontok membutuhkan waktu lama untuk tumbuh kembali, bahkan berhenti tumbuh. 


Makanya jangan heran jika melihat orang tua yang rambutnya semakin tipis, bahkan mengalami kebotakan.


So, bagaimana caranya agar terhindar dari kebotakan dini? 


Rawatlah rambut sebaik mungkin dengan produk-produk yang tepat dan cara yang benar.


7 Cara Mudah Merawat Rambut Agar Sehat dan Tidak Rontok


1. Kenali jenis rambut


Sebelum melakukan perawatan rambut, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali jenis rambut kita, apakah rambut kering, berminyak, atau normal. 


Rambut kering memiliki ciri-ciri, rontok, patah, dan bercabang.


Rambut berminyak ciri-cirinya mudah lepek dan kusam.


2. Sisir rambut dengan cara yang benar


Untuk menghindari kerusakan rambut, maka sisir rambut dengan cara yang benar yaitu dimulai dari ujung rambut. Hal ini bertujuan agar rambut tidak mudah patah dan rontok. 


Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah karena rambut yang basah sangat rapuh dan mudah rontok. 


3. Pilih produk perawatan sesuai jenis rambut


Produk-produk perawatan rambut diproduksi sesuai dengan jenis rambut, jadi pilihlah yang sesuai dengan jenis rambut kita agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.


4. Cuci rambut dengan shampoo secara teratur


Kulit kepala juga mengeluarkan keringat seperti permukaan kulit lainnya pada tubuh. Jadi, harus rutin dicuci minimal dua kali seminggu.


Namun, bagi kamu yang sering melakukan aktivitas fisik, atau banyak beraktivitas di luar ruangan, maka mencuci rambut bisa dilakukan setiap hari. Apalagi jika kamu memiliki jenis rambut berminyak.


Akan tetapi, mencuci rambut setiap hari tidak dianjurkan pada pemilik rambut kering. Penggunaan shampoo yang terlalu sering justru bisa menyebabkan rambut semakin kering dan rontok. 


5. Lembabkan rambut dengan conditioner


Conditioner sama pentingnya dengan shampoo dalam hal perawatan rambut, karena conditioner bermanfaat untuk melembabkan rambut sehingga mudah diatur. 


Gunakan conditioner mulai dari pangkal hingga ujung rambut, tapi pastikan jangan sampai terkena kulit kepala karena bisa menyebabkan ketombe.


6. Gunakan hair tonic


Tidak jauh berbeda dengan kulit, rambut juga membutuhkan nutrisi agar bisa tumbuh dengan sehat. Hair tonic merupakan produk perawatan rambut yang berfungsi untuk menutrisi rambut.


Hair tonic memiliki kandungan zat-zat bermanfaat yaitu vitamin E, vitamin B2, asam laktat, dan bahan-bahan alami lainnya seperti ektrak ginseng, lidah buaya, dan urang-aring. 


Hair tonic bermanfaat dalam menguatkan akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok. 


7. Hindari penggunaan hair dryer


Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer terlalu sering sebenarnya tidak baik bagi kesehatan rambut. Hawa panas yang keluar dari hair dryer bisa menyebabkan rambut kering. Itu sebabnya mengeringkan rambut secara alami lebih dianjurkan. Atau jika ingin lebih praktis bisa gunakan kipas angin. Hal ini pastinya lebih menyehatkan bagi rambut.


So, Sobat Mei semua, itu dia 7 cara merawat rambut agar rambut kita tumbuh sehat, tidak mudah patah dan rontok.


Lakukan secara teratur, ya. Meskipun saat ini sudah banyak obat-obat penyubur rambut, tapi mencegah akan selalu lebih baik dari pada mengobati. Jika rambut kita sudah dirawat dengan rutin menggunakan produk-produk dan cara yang tepat, rambut kita akan tumbuh sehat dan bebas dari masalah.