Friday, September 24, 2021

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merias Mata

 



Mata adalah jendela jiwa. Pernah mendengar ungkapan lama itu kan, Sobat Mei? Yup, aku yakin kamu pasti sudah familiar mendengarnya.


Lewat tatapan mata seseorang kita bisa mengetahui apa yang sedang ia rasakan. Sedang bergembira, sedih, atau marah, semuanya tergambar jelas lewat tatapan mata kita. Kita bisa berbohong dengan ekspresi wajah, tapi sorot mata kita tetap akan berkata yang sebenarnya. 


Mata akan selalu menjadi hal terpenting dalam hidup kita, selain sebagai indera penglihatan, mata juga bisa mewakili mulut untuk menyampaikan apa yang hati kita rasakan.


Maka dari itu, tidak heran jika mata mendapat perhatian tersendiri dalam dunia make-up. Namun, merias mata tidak bisa dilakukan secara sembarangan, ya, karena bisa menyebabkan iritasi. 


Kandungan yang ada pada maskara dan eyeshadow berpotensi menyebabkan bahaya pada kesehatan mata.


Agar terhindar dari hal-hal yang membahayakan kesehatan mata, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat merias mata.


5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merias Mata


1. Kualitas produk


Saat ini di pasaran sudah menjamur produk kosmetik dengan berbagai merek dan juga kualitas berbeda. Jangan tergiur dengan harga murah ya, Sobat Mei. 


Produk kosmetik yang murah biasanya juga terbuat dari bahan yang tidak terjamin keamanannya.


Jadi pilihlah produk yang memiliki kualitas bagus, dimana kandungan bahan pembuatnya dari bahan yang alami dan tidak memiliki efek samping. Pastikan produk perias mata yang digunakan telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan.



2. Pelajari cara pemakaian produk yang aman dan benar


Saat ini di media sosial sudah banyak orang-orang yang membagi pengalamannya dalam menggunakan produk untuk merias mata. Hal itu tentu saja bagus, karena bisa mengedukasi orang-orang awam yang mungkin belum pernah melakukannya. 


Namun, aku sarankan agar kamu tetap mempedomani petunjuk pemakaian produk yang terdapat pada kemasan, karena itu adalah cara benar yang direkomendasikan oleh pihak brand. 


Selain itu, pastikan untuk merias mata di tempat yang aman dan di ruang tertutup. Hindari merias mata di atas kendaraan karena bisa menyebabkan mata mengalami cedera.


3. Cuci tangan sebelum merias mata


Mata adalah salah satu organ vital yang rentan mengalami iritasi. Itu sebabnya, sebelum merias mata menggunakan make-up, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar debu-debu yang menempel di tangan tidak berpindah ke mata. 


4. Kenali produk kosmetik yang bisa membahayakan mata


Produk kosmetik itu banyak sekali jenisnya, dan tidak semuanya aman jika  bersentuhan dengan mata. Beberapa contohnya adalah glitter, kohl, dan maskara yang berserat kecil.


Pastikan untuk menghindari penggunaan produk yang beresiko melukai mata. Terutama sekali produk-produk yang memiliki label "non intended for use in the immediate eye area".


5. Perhatikan tanggal kadaluarsa produk


Pada umumnya, produk kosmetik memiliki jangka waktu yang panjang. Namun, jika produk itu sudah terbuka, pastikan untuk tidak menggunakannya lagi setelah lebih dari tiga bulan.


Selain itu, pastikan untuk tidak merias mata di saat mata sedang mengalami iritasi atau sedang menunjukkan reaksi alergi.


Nah, Sobat Mei. Itulah 5 hal yang harus kita perhatikan saat merias mata agar mata kita terhindar dari cedera.

Semoga bermanfaat, ya.

Jangan lupa jaga kesehatan. Tetap patuhi protokol kesehatan, pakai masker, rajin mencuci tangan, hindari kerumunan, dan dapatkan vaksin segera. 


Semoga pandemi ini segera berakhir, dan kita bisa kembali bisa beraktivitas dengan leluasa. Aamiin.


Sampai jumpa pada artikel berikutnya, ya. Bye!


 


No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.