Thursday, February 18, 2021

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Membersihkan Tubuh Ketika Hamil

tips membersihkan tubuh



Masa-masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting di mana ibu hamil harus melakukan perhatian yang lebih terhadap tubuhnya. Mulai dari asupan nutrisi yang dimakan, hingga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya.

Ada tiga alasan yang membuat ibu hamil harus lebih ekstra dalam menjaga kebersihan tubuhnya. Pertama, ibu hamil biasanya akan lebih berkeringat lantaran pengaruh hormon kehamilan. Kedua, ibu hamil akan lebih sering mengalami keputihan. Terakhir, risiko terserang infeksi kuman biasanya juga lebih besar.

Untuk itu, sudah sepatutnya ibu hamil memperhatikan kebersihan tubuhnya sebaik mungkin. Tujuannya agar kesehatan dirinya dan janinnya tidak terganggu.

Kalau begitu, hal apa saja yang harus diperhatikan ibu hamil ketika membersihkan tubuh? Simak rangkuman berikut.

Tips Membersihkan Tubuh saat Hamil


Rutin Mencuci tangan


Di masa pandemi ini, kebiasaan cuci tangan pasti semakin sering dilakukan. Ternyata, ibu hamil juga harus lebih sering melakukannya. Bukan hanya melindungi diri dari virus COVID-19, rutin cuci tangan bisa membantu ibu dan janinnya terhindar dari berbagai kuman dan virus pembawa penyakit yang tersebar dari udara, air liur, maupun kontak langsung.

Agar tangan Moms tak mudah kering karena sering cuci tangan, Moms bisa menggunakan hand cream yang diformulasikan khusus untuk melembabkan tangan. Pastikan juga hand cream yang dipilih aman untuk ibu hamil ya, Moms.


Jaga Kebersihan Organ Intim

Dr. Swati Mittal, dokter kandungan di Fortis Hospital, Gurgaon dan Dr. Seema Oberoi Lall, seorang senior Dermatolog berkata; ibu hamil akan lebih sering mengalami keputihan. Bila diabaikan, keputihan itu bisa merangsang pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan bakteri vaginosis atau infeksi vagina.

Infeksi tersebut tak boleh dianggap sepele, Moms. Vaginosis ini bisa menyebabkan komplikasi pada ibu hamil dan dapat menular ke anak saat persalinan berlangsung. Jadi, pastikan Moms selalu menjaga kebersihan vagina agar bakteri vaginosis tak berkembang biak.

Cara sederhana yang bisa Moms lakukan adalah menggunakan pakaian dalam berbahan katun dan rajin mengganti celana dalam lebih sering saat vagina mulai terasa lembab. Oh ya, hindari juga penggunaan celana ketat atau jeans agar sirkulasi udara di area vagina Moms tetap terjaga.
 

Perhatikan Kebersihan payudara

Mengutip laman Momslyfe, ukuran payudara ibu hamil akan membesar setidaknya 1,5 kali dari ukuran semula. Daerah puting serta area sekitar payudara juga akan berwarna lebih gelap dari biasanya. Belum lagi ketika memasuki trimester akhir kehamilan, puting susu Anda akan mengeluarkan kolostrum sehingga membuat payudara Moms lebih lembab.

Hal tersebut normal terjadi ya, Moms. Untuk itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan payudara Moms. Berikut ini cara membersihkan puting saat hamil yang bisa Moms lakukan:

- Gosok area payudara khususnya di bagian lipatan dengan perlahan saat mandi. Jangan menggosok atau memijatnya terlalu kencang agar tidak mengganggu keefektifan kelenjar susu saat mengeluarkan ASI. Moms juga bisa memakai minyak zaitun agar kulit payudara tidak kering ataupun terasa gatal.

- Hindari menggunakan sabun saat membersihkan payudara. Cukup bilas saja area payudara Moms dengan air hangat.

- Bila puting payudara terasa kering dan pecah-pecah, gunakan nipple cream untuk mengembalikan kelembabannya.

- Pastikan payudara Moms selalu kering dan tidak lembab. Lebih sering ganti bra jika Moms mulai merasakan gatal atau berkeringat.


Jaga Kebersihan Gigi

Peningkatan hormon estrogen saat hamil dapat memicu pembengkakan gusi. Sebab itu, wajib hukumnya ibu hamil menjaga kebersihan mulut dan giginya. Selalu pastikan Moms menggosok gigi minimal dua kali sehari. Usahakan untuk rutin mengunjungi dokter gigi semasa kehamilan untuk memastikan kesehatan gigi dan mulut ya, Moms.

Pasalnya, bila tidak diperhatikan dengan baik, gigi dan mulut yang tidak bersih dapat membuat Moms mengalami penyakit periodental (infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan tulang penyokong gigi) yang dapat mempengaruhi kesehatan janin  bahkan meningkatkan risiko kelahiran prematur.


Pastikan Kulit Selalu Bersih

Kulit Moms juga akan mengalami perubahan saat sedang hamil. Kulit bisa menjadi lebih sensitif dan timbul lipatan-lipatan tubuh. Bila tidak dijaga kebersihannya, kulit Moms bisa menjadi sangat kering dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi kulit berkelanjutan.

Maka itu, rawat kebersihan kulit tubuh dan wajah Moms sebaik mungkin selama kehamilan. Saat melakukan perawatan, jangan lupa untuk menggunakan produk kecantikan yang aman untuk ibu hamil.

Semoga Moms selalu sehat ya. Happy pregnant :)

  



No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.