Friday, March 27, 2020

Deretan Fashion Berkelas dari KIS.net

March 27, 2020 1 Comments



Fashion merupakan gaya berpakaian yang sedang populer dalam suatu masyarakat. Jika di awal-awal peradaban manusia, pakaian hanya sebatas sebagai alat untuk menutupi dan melindungi tubuh, maka seiring perkembangan zaman fungsi pakaian pun jauh lebih complicated. Salah seorang penulis satir dari Skotlandia bernama Thomas Carlyke bahkan menyebutkan bahwa pakaian adalah perlambang jiwa. Fashion yang dipilih oleh seseorang bisa menunjukkan bagaimana gaya hidup yang ia jalani.


Sesuai dengan perkembangan zaman, tren fashion pun turut berkembang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup manusia. Sehingga pengkotak-kotakan jenis pakaian pun terjadi. Ada yang dikelompokkan berdasarkan musim, profesi, aktifitas, kelompok usia, hingga event yang berlangsung. Maka dari itu kita akan semakin tercengang dengan banyaknya macam ragam jenis pakaian yang ada di dunia saat ini.


Dari sekian jenis pakaian, pakaian wanita merupakan yang paling banyak jenis dan bentuknya. Ada long elegant dresses, gaun, gamis, overalls, mini dresses, jumpsuit, catsuit, dan banyak lagi jenis lainnya. Selain untuk menutupi tubuh, semua jenis pakaian ini tentu saja bertujuan agar wanita selalu bisa tampil cantik dan memesona.


Deretan Fashion Berkelas dari KIS.net


Untuk memenuhi kebutuhan fashion wanita yang tidak ada batasnya, KIS hadir dengan deretan fashionnya yang berkelas.

KIS merupakan produsen pakaian wanita yang berkomitmen memberikan desain untuk semua wanita di dunia. KIS memiliki visi “Menjadi pemasok garmen dan pabrikan merek asli terkemuka di dunia”. Untuk mewujudkan visinya tersebut, KIS fokus pada desain yang menarik,

KIS menyadari sepenuhnya bahwa setiap wanita di dunia memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Oleh karena itu produk-produk KIS tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan para wanita di seluruh dunia.

Deretan fashion berkelas dari KIS yang bisa kamu coba di antaranya adalah:


Baju terusan (Dress)

Produk dress dari KIS meliputi elegant dresses, mini dresses, bohemian, midi, maxi, casual, formal, floral, vintage, vacation, dan sequin metalic dresses.









Baju atasan (Tops)


Produk-produks baju atasan dari KIS meliputi shirts, blouses, chiffon shirts, sweater, dan hoodies.





Bawahan (Bottoms)


Ada 4 produk bawahan (bottoms) dari KIS yaitu shorts, jeans, skirts, dan pants.



Overalls


Kamu menyukai style pakaian overalls? KIS memiliki koleksi produk yang meliputi setelan, jumpsuit, dan piyama.



Plus Size


Bagi pemilik tubuh dengan ukuran besar, seringkali merasa galau karena sulit menemukan pakaian jadi yang pas dan cocok. Memahami kondisi tersebut, KIS hadir dengan produk-produk yang memang diperuntukkan bagi wanita dengan ukuran tubuh di atas normal. Ada 4 jenis produk seperti plus size dresses, plus size tops, plus size pants, plus size jumpsuits, dan plus size swimwear.





Swimwear

Kepedulian KIS akan kebutuhan fashion wanita benar-benar tidak ada habisnya. Terbukti dengan adanya produk pakaian renang yang keren dan modis. Kamu tinggal memilih ingin yang model apa, apakah bikini, one-pieces, tankinis, atau cover ups. Bahkan tersedia juga pakaian renang untuk kamu yang bertubuh besar lho, yaitu plus sice swimwear.







Cara Berbelanja di KIS



So, melihat begitu lengkapnya produk yang disediakan oleh KIS, penasaran pengen tahu bagaimana cara berbelanja di KIS? Mudah banget, teman.


1. Buka website www.kis.net, kemudian ‘create account atau login’.

2. Pilih jenis pakaian yang kamu inginkan di bilah atas, atau klik langsung dari halaman ‘home’ yang memberikan info promo.

3. Klik ‘cart’, kemudian checkout.

4. Pilih ‘metode pengiriman’. Untuk pengiriman standar tidak dikenai ongkos kirim, namun jika ingin pengiriman cepat maka ada biaya tambahan senilai $13

5. Pilih metode pembayaran, via Paypal atau kartu kredit.


Pada sebagian negara, produk-produk KIS tidak dikenai bea impor, bea masuk, ataupun pajak. Kabar baiknya ke Indonesia juga bebas biaya lho, gais. Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat pada gambar berikut ini.



So, sekarang saatnya kamu mencoba fashion berkelas dari KIS yang kualitas dan desainnya premium, tapi harga terjangkau.

Friday, March 20, 2020

Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Kering di Wajah

March 20, 2020 0 Comments

Pengertian Kulit Kering


Kulit kering merupakan masalah kulit yang cukup sering terjadi. Masalah kulit ini terjadi pada lapisan kulit paling atas yang tidak terhidrasi dengan baik, sehingga menyebabkan kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, dan pecah-pecah.

Kulit kering ini sering terjadi pada area tangan dan kaki. Namun wajah juga bisa mengalami kulit kering, karena wajah merupakan area yang sering terpapar sinar matahari.

Kulit kering pada wajah tidak bisa diabaikan karena selain mengganggu penampilan dan merusak kecantikan, kulit wajah yang kering juga bisa menyebabkan masalah lainnya seperti rasa gatal yang hebat, rentan iritasi, rentan terhadap kuman dan bakteri, penuaan dini, hingga indikasi kanker kulit.

Oleh karena itu masalah kulit kering di wajah harus segera diatasi secepat mungkin.

Faktor-faktor Penyebab Kulit Kering


Sebelum mencari tahu cara merawat dan mengatasi kulit wajah yang kering, terlebih dahulu kita cari tahu faktor-faktor penyebab terjadinya kulit kering.

- Faktor usia
Semakin bertambahnya usia, maka kelembapan kulit juga akan semakin berkurang. Hal ini menyebabkan kulit menjadi kering.

- Kelembapan udara yang rendah.
Suhu udara yang tinggi bisa menyebabkan kulit mengalami dehidrasi, sehingga memicu terjadinya kulit kering.

- Mandi uap atau mandi air hangat.
Mandi uap atau mandi air hangat terlalu lama tidak baik untuk kelembapan kulit. Meskipun kulit terasa lembut, namun permukaan kulit akan mudah kering dan mengelupas.

- Penggunaan kosmetik yang salah.
Kandungan kosmetik yang tidak aman bisa merusak kulit. Karena itu berhati-hatilah memilih produk kosmetik. Hindari kosmetik yang mengandung alkohol dan merkuri yang bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi.

- Paparan sinar matahari.
Paparan sinat matahari langsung, selain menyebabkan rasa panas terbakar, juga menyebabkan kulit mengalami dehidrasi. Gunakan sunblock saat berada di bawah sinar matahari langsung.

- Menggosok kulit terlalu keras.
Menggosok kulit bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati. Namun menggosok kulit terlalu keras justru bisa merusak lapisan kulit terluar atau epidermis, sehingga kelembapan kulit menjadi hilang.

- Penyakit kulit tertentu seperti eksim atopik.
Penyakit kulit tertentu bisa menyebabkan kulit kering, bersisik, dan mengelupas.

Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Kering di Wajah


- Cuci wajah menggunakan air biasa, gosok perlahan dengan kain yang permukaannya halus.

- Gunakan pembersih wajah yang lembut, tanpa pewangi, dan tanpa alkohol.

- Gunakan pelembab wajah yang mengandung minyak alami seperti minyak zaitun atau minyak jojoba.

- Gunakan sunblock saat berada di bawah sinar matahari langsung.

- Gunakan masker untuk kulit kering, yang tidak hanya melembapkan tetapi juga menutrisi kulit.

Pastikan untuk selalu minum air putih yang cukup ya, Teman. Konsumsi buah dan sayur dengan teratur. Dan jangan lupa untuk menjalankan pola hidup sehat agar kondisi kulit selalu terjaga.




Jasa Montir Panggilan ke Lokasi Customer

March 20, 2020 0 Comments




Jasa montir panggilan ke lokasi customer - Kesibukan akan rutinitas membuat sebagian pemilik kendaraan merasa kesulitan untuk menyervis kendaraannya dengan teratur. Bukan rahasia lagi, ya. Untuk servis mobil ke bengkel itu memang membutuhkan effort khusus, karena tidak bisa dilakukan di sela-sela rutinitas yang padat. Mendatangi bengkel tanpa perencanaan hanya akan membuat kita terjebak di bengkel seharian. Iya, kalau cuman sekadar ganti aki mobil mungkin bisa lumayan cepat, tetapi kalau untuk jenis servis lainnya sulit untuk memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan. Karena itu pastinya akan terasa sangat membantu jika ada solusi untuk servis kendaraan tanpa harus mendatangi bengkelnya. Berterimakasihlah pada teknologi, teman. Sekarang sudah ada Montir.id, solusi servis mobil untuk Anda yang sibuk. Lewat Montir.id kita bisa gunakan jasa montir panggilan ke lokasi customer.



Apa itu Montir.id?


Montir.id merupakan platform servis mobil yang menyediakan layanan servis di lokasi yang customer inginkan. Dengan menggunakan aplikasi ini, pemilik kendaraan tidak perlu mendatangi bengkel lagi untuk menyervis mobilnya, cukup lakukan pemesanan lewat Montir.id, maka teknisi yang telah berpengalaman akan datang ke lokasi yang ditentukan.



Bagaimana Cara Kerjanya?


1. Download aplikasi Montir via google playstore.
2. Buka aplikasi, pilih lokasi.
3. Masukkan nomor HP, tunggu proses verifikasi.
4. Pilih jenis servis yang diinginkan.
5. Pilih merk mobil, model, tahun, dan varian.
6. Pilih jenis tindakan yang dibutuhkan.
7. Pilih lokasi dan waktu servis.
8. Mekanik akan datang untuk menyervis mobil.




Keuntungan Servis Mobil Menggunakan Aplikasi Montir.id



Servis Menjadi Lebih Mudah


Montir.id memberikan pelayanan setiap hari, sehingga kamu bisa melakukan servis mobil kapan saja dan dimana saja sesuai lokasi yang kamu inginkan. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi pengemudi mobil yang sedang berada di jalan raya. Ketika mobil mengalami kerusakan, kamu tidak perlu panik, karena mekanik dari Montir.id bisa membantu mengatasi masalah dengan segera.



Harga Lebih Murah dan Jujur


Salah satu momok besar saat menyervis mobil adalah besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Hal ini membuat sebagian pemilik mobil enggan melakukan perawatan mobilnya. Padahal hal ini tentu saja sangat beresiko, karena semua suku cadang dan komponen mobil memiliki jangka waktu pemakaian, yang jika terus digunakan bisa berakibat fatal, salah satunya kecelakaan.

Servis mobil dengan menggunakan jasa Montir.id hal seperti di atas tidak perlu terjadi karena Montir.id memberikan harga yang sangat murah dan transparan. Bahkan lebih hemat hingga 30%.




Servis Bergaransi

Montir.id menjamin kualitas servis yang dilakukan oleh mekaniknya dengan memberi garansi selama 3 bulan atau 3000 km, apabila terjadi permasalahan dalam masa garansi maka Montir.id bertanggung jawab mengatasi masalah tersebut tanpa mengenakan biaya tambahan. Namun, dengan syarat garansi hanya berlaku untuk pekerjaan servis yang dibooking melalui platform Montir.id, baik itu via website ataupun aplikasi.

Maka dari itu, pastikan kamu memilih jasa servis yang tepat saat melakukan booking di platform Montir.id. Jika bingung dengan jenis servis yang akan dilakukan, kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu. Klik saja fitur konsultasi, maka pihak Montir.id akan menjawab semua pertanyaan kamu.


Proses Booking Praktis, Servis Berkualitas

Proses booking servis di Montir.id sangat praktis, hanya dengan beberapa langkah, mekanik akan datang mengunjungi kamu di lokasi yang telah ditentukan dengan semua peralatan servis yang dibutuhkan. Pastikan lokasi yang kamu pilih memiliki space yang cukup, ya. Karena mekanik pasti akan kesulitan jika lokasi yang kamu pilih itu sempit.

Servis mobil di Montir.id terjamin kualitasnya karena setiap servis di Montir.id dilengkapi dengan inspeksi 45-poin yang sudah mencakup pengecekan mesin, aki, ban, filter, dan lainnya. Kamu akan mendapatkan laporan inspeksi yang berisikan hasil pengecekan dan rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan.

Bagaimana jika mobil perlu servis tambahan di luar proses booking?

Mekanik Montir.id selalu membawa sparepart umum yang sering diganti seperti filter udara, filter cabin/AC, busi, wiper, dan sparepart lainnya. Jika dalam saat inspeks mekanin melihat kerusakan pada komponen tersebut, mekanik akan memberitahukan kepada pemilik mobil, dan bisa langsung melakukan pergantian sparepart pada saat itu juga. Namun jika sparepart yang dibutuhkan tidak ada, maka mekanik akan menyarankan jadwal servis selanjutnya untuk penggantian sparepart tersebut.


Bayar Setelah Proses Servis Selesai

Pada umumnya, platform jasa akan meminta pembayaran dimuka untuk transaksi booking ataupun penggunaan jasanya. Tetapi tidak begitu dengan Montir.id. Saat melakukan booking di Montir.id, kita tidak perlu membayar apapun, karena Montir.id menerapkan sistem pembayaran setelah pengerjaan servis dilakukan. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai, ataupun transfer. Mekanik yang bertugas akan memberikan invoice sebagai bukti pengerjaannya.

Jika ada penambahan dan pengurangan sparepart selama proses servis, mekanik akan memberikan invoice dengan harga yang barus sesuai dengan penambahan atau pengurangan sparepartnya.


Untuk pertanyaan lebih lanjut kamu bisa hubungi Montir.id di nomor 021-2254-2502. Follow juga akun media sosial mereka berikut ini:


FB: https://facebook.com/montir.id
IG: https://instagram.com/montir.indo




































.




Wednesday, March 18, 2020

Mau Servis ke Bengkel, Booking Dulu via Otomall.id

March 18, 2020 31 Comments


Salah satu hal yang menyebalkan saat servis ke bengkel adalah antrian yang lama. Untuk menyiasatinya kita harus berangkat lebih awal, agar bisa dilayani lebih cepat. Benar-benar butuh effort ekstra, agar kendaraan selalu terawat. Tidak cukup sampai di situ, setelah kendaraan selesai diservis, giliran mau bayar di kasir kita juga sering kaget dengan biaya yang harus dibayarkan. Ternyata harga sparepart dan biaya perawatan di luar prediksi. Dua hal inilah yang membuat pemilik kendaraan akhirnya memutuskan untuk menunda-nunda, bahkan melakukan self service dalam perawatan kendaraannya. Padahal segala sesuatu yang berhubungan dengan perawatan kendaraan beserta komponennya akan lebih baik jika dilakukan oleh tenaga profesional, ya.

Jadi solusinya bagaimana, dong?

Beruntung kita hidup di era teknologi yang maju. Kendala terkait masalah servis kendaraan ini pun bisa diatasi dengan memanfaatkan teknologi digital.

Ingin servis kendaraan ke bengkel dengan harga yang bersahabat? Bisa banget, teman. Terlebih dahulu kita booking lewat Otomall.id.



Apa itu Otomall.id?

Otomall.id adalah platform penyedia sparepart dan booking servis rutin mobil di bengkel secara online. Customer bisa memilih dengan mudah jasa layanan servis yang disediakan seperti ganti oli, tune up mesin, servis kecil, servis besar yang kemudian akan dikerjakan oleh mitra bengkel Otomall.id terpercaya.

Setelah pesanan dikonfirmasi atau dibayar, Otomall.id akan mengirimkan sparepart yang dibutuhkan ke bengkel mitra yang sebelumnya telah dipilih oleh customer.



Dengan menggunakan Otomall.id, kita bisa servis di bengkel-bengkel terbaik dengan harga lebih murah hingga 40%. Selain itu, dengan menggunakan fitur Otomall.id, kita juga bisa melakukan perbandingan antara bengkel yang satu dengan yang lainnya tanpa harus bersusah payah mendatangi bengkel tersebut terlebih dahulu. 




Harga murah berarti kualitas rendah?

Itu tidak benar. Otomall.id bisa memberikan harga lebih murah hingga 40% karena Otomall.id menjual sparepart dengan harga distributor yang pastinya jauh lebih murah dibandingkan bengkel non-mitra. 



Otomall.id memberikan garansi 100% keaslian produk, jadi pemilik kendaraan tidak perlu khawatir. Tidak hanya itu, Otomall.id juga memberikan garansi servis selama 7 hari untuk sparepart dan jasa perbaikan.

Ingin meningkatkan performa kendaraan yang terasa mulai menurun? Manfaatkan fitur konsultasi yang ada di website Otomall.id. Atau teman-teman juga bisa menghubungi Otomall.id via telepon ataupun whatsapp. Service Advisor Otomall.id siap membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan, dan juga memberikan saran-saran yang tepat untuk kebutuhan servis.



Bagaimana Cara Kerjanya?


Cara kerja menggunakan fitur Otomall.id adalah sebagai berikut:

1. Buka website Otomall.id, “Pilih jenis mobil”.

Pada menu ini kita harus benar-benar teliti ya, Teman. Karena aplikasi akan meminta informasi akurat meliputi merk, type, tahun produksi, hingga jenis trimm mobil. Ini bertujuan agar sparepart yang diberikan juga tepat dan akurat. 



2. Pilih jenis servis yang dibutuhkan.

Pilih jenis servis yang dibutuhkan. Ada beberapa pilihan seperti ganti oli mobil, tune up mesin, tune up mesin dan servic rem, servis kecil, dan servis besar. Pada masing-masing pilihan tertera dengan jelas tindakan apa yang akan dilakukan, dan berapa harga yang harus dibayar.

3. Pilih bengkel dan jadwal servis sesuai minat dan kebutuhan.

Pada menu ini terdapat pilihan bengkel lengkap dengan rate yang diberikan oleh pelanggan sebelumnya. Untuk lebih meyakinkan, kita juga bisa baca ulasan-ulasan yang ada. Klik pada bengkel yang disukai, kemudian klik ‘tanggal dan waktu’ rencana servis. Pastikan jadwal servis yang dibuat tidak bentrok dengan jadwal rutinitas yang ada.

Setelah itu isi data pemesan dengan lengkap, klik ‘lanjutkan’. Selanjutnya kita akan menerima kode verifikasi via SMS, masukkan kode verifikasi tersebut hingga muncul halaman informasi pembayaran. Lakukan pembayaran ke rekening yang dituju. Proses booking pun selesai.

4. Datang ke bengkel sesuai jadwal servis yang telah dibuat.

Agar proses servis mobil berjalan lancar, datang ke bengkel tepat waktu ya, teman. Jika jadwal servis yang dibuat jaraknya cukup lama dari waktu pemesanan, pastikan kamu memasang reminder di ponsel. Jika tidak datang sesuai jadwal apakah bengkel akan menolak untuk melakukan servis? Jawabannya bisa ‘ya’ atau ‘tidak’. Tergantung kondisi bengkel saat kita datangi. Jika konsumen sedang ramai, bisa saja mereka menolak atau me-reschedule. Karena itu, untuk antisipasi kemungkinan terburuk, datanglah tepat waktu sesuai jadwal servis yang dibuat.



Dimana saja lokasi mitra Otomall.id?

Untuk saat ini Otomall.id telah menjalin mitra dengan puluhan bengkel terpercaya di kawasan Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan sekitarnya. Cakupan Mitra bengkel Otomall.id akan terus bertambah untuk melayani wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk kota-kota lainnya di Indonesia.



So, gais. Mau servis ke bengkel? Jangan lupa booking dulu lewat Otomall.id, ya.

Sunday, March 15, 2020

Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Cegah Covid-19

March 15, 2020 0 Comments

Cara mencuci tangan yang benar -  Temaaaan, masih khawatir dengan wabah virus corona covid-19? Sama, dong, kita. Semenjak Presiden Jokowi menyatakan ada WNI yang positif terkena virus ini, membuat kewaspadaanku terhadap kesehatan menjadi meningkat.

Yang bikin panik bin pusing itu adalah berseliwerannya berita-berita seputar virus corona ini di media sosial. Media ini bilang begitu, media itu bilang begini. Ditambah dengan beragam analisa yang tumpang tindih, membuat masyarakat menjadi semakin sulit untuk mendapatkan informasi yang benar.

Saking paniknya mereka melakukan hal-hal berlebihan seperti memborong masker, memborong hand sanitizer, bahkan memborong bahan makanan juga. Akibatnya bisa dilihat sendiri, stok masker, hand sanitizer, habis dimana-mana.

Bahkan ada juga pedagang nakal yang memanfaatkan situasi crowded ini untuk mendapatkan untung besar dengan menaikkan harga masker dan hand sanitizer. Ckckckck.

Sebagai warga negara yang lumayan melek digital, tentu saja aku ga boleh larut dengan berita-berita tanpa sumber yang jelas. Jadi agar pikiran tidak tersesat dalam pusaran berita hoax, aku memilih mencari informasi dari sumber-sumber yang benar-benar valid seperti dinas kesehatan dan instansi terkait.

Setelah membaca dengan teliti, aku akhirnya tahu bahwa WHO lebih menganjurkan cuci tangan dengan teratur sebagai langkah pertama agar terhindar dari virus corona covid-19 ini. Bukan memakai masker.

Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Cegah Covid-19


Sepintas, aktifitas mencuci tangan mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi seluruh manusia di dunia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa telah melakukannya berkali-kali.

Tapi, udah yakin cara mencuci tangannya sudah benar?

Telapak tangan merupakan salah satu tempat kuman, bakteri, dan virus berada. Oleh karena itu orang bisa sakit jika area mulut dan hidung sering disentuh dengan tangan.

So, biar ga siwer nih, aku mau ajak teman-teman semua untuk cek cara mencuci tangan kita selama ini, udah benarkah sesuai dengan standar kesehatan?



1. Gosok telapak dengan telapak.

Telapak tangan bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman, bakteri, dan virus penyakit. Terutama di saat berkeringat, kuman dan bakteri bisa berkembang biak dengan mudah. Untuk menghilangkannya, gosokkan kedua telapak tangan dengan menggunakan sabun.

2. Gosok punggung tangan dengan telapak.

Punggung tangan juga bisa menjadi tempat kuman bersarang. Bersihkan bagian punggung tangan dengan cara menggosokkan telapak tangan di atasnya, sampai ke sela-sela jari. Jangan lupa lumuri telapak tangan dengan sabun terlebih dahulu, ya.

3. Gosok telapak dengan telapak, dengan posisi jari saling berkait.

Langkah ini bertujuan untuk membersihkan kotoran, kuman, dan virus-virus penyakit yang ada di sela-sela jari.

4. Putar punggung jari di atas telapak tangan.

Langkah ini bertujuan untuk membersihkan area jari yang tidak tersentuh sabun pada langkah-langkah sebelumnya. Letakkan punggung jari kanan di atas telapak tangan kiri, lakukan gerakan memutar.

5. Gosok jempol dengan gerakan memutar, menggunakan telapak tangan.

Sela-sela ibu jari tidak bersih maksimal pada langkah-langkah sebelumnya. Karena itu dibutuhkan langkah khusus untuk membersihkan area di sekitar jempol. Genggam jempol kiri dengan telapak tangan kanan, kemudian gosok dengan gerakan memutar. Lakukan hal yang sama untuk jempol tangan kanan.

6. Kuncupkan jari, putar-putar di atas telapak tangan.

Langkah ini untuk membersihkan ujung-ujung jari, termasuk kuku yang merupakan salah satu sarang kotoran, dan kuman. Bersihkan area ini dengan cara menguncupka jari di atas telapak tangan, kemudian lakukan gerakan memutar.

Setelah semua langkah-langkah tersebut di atas dilakukan, bilas tangan dengan air bersih yang mengalir, sampai tangan terasa kesat. Pastikan tidak ada sisa-sisa sabun yang tertinggal. Kemudian keringkan tangan menggunakan handuk atau tissue bersih.

Untuk menjaga higienitas tangan terjaga, jangan matikan keran dengan tangan terbuka. Lapisi dengan handuk atau kain bersih, agar kuman yang menempel di keran air tidak berpindah ke tangan.

So, gais.

Mari lindungi diri kita dari kuman, dan virus-virus penyakit dengan rutin mencuci tangan dengan cara yang benar.

Cara sangat mudah, namun membutuhkan konsistensi dalam melakukannya.

Mungkin terasa canggung di awal-awal, terlebih lagi jika kita sedang dalam keadaan terburu-buru, menerapkan cara mencuci tangan dengan 6 langkah ini pasti terasa merepotkan.

Tapiiii ... kalau bukan kita yang care dengan kesehatan kita, siapa lagi? Ayo, biasakan mencuci tangan dengan cara yang benar sesuai standar kesehatan.

Mau, ya?








Sunday, March 8, 2020

Kawal Kesehatan Keluarga dengan Aplikasi SehatQ

March 08, 2020 0 Comments


Review aplikasi Sehatq - Sejak merebaknya informasi tentang virus Corona, aku langsung meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga kesehatan keluarga. Semaksimal mungkin aku berusaha mencari informasi yang valid agar tetap tenang dan tidak mudah panik. Dengan begitu aku pun bisa memastikan orang-orang di sekitarku terhindar dari berbagai serangan virus penyakit.

Berbicara tentang penyakit, sebenarnya bukan hanya virus corona saja yang harus diwaspadai. Karena faktanya, di Indonesia sendiri TBC masih salah satu penyakit yang tingkat kematiannya sangat tinggi.

Oleh karena itulah, aku pribadi memilih untuk lebih fokus dengan menjaga kesehatan saja, dari pada mengkhawatirkan virus-virus penyakit yang akan menyerang tubuh.

Lagi pula terlalu mengkhawatirkan sesuatu hal yang belum terjadi bisa menyebabkan stress, lho. Ini justru lebih berbahaya lagi. Disaat stress daya tahan tubuh bisa melemah, dampaknya tubuh menjadi mudah sakit.

Seorang pakar kesehatan pernah bilang gini, "Selagi daya tahan tubuhmu bagus, virus-bakteri-kuman akan sulit menyebabkanmu sakit."

Menurutku memang masuk akal sih yang beliau katakan itu. Tubuh kita itu ibarat sebuah benteng. Jika benteng itu kuat dan kokoh, tentu saja musuh-musuh sulit untuk menyerang, karena garis pertahanan kita kuat.

Jadi, bagaimanakah cara menjaga daya tahan tubuh agar selalu kuat?

1. Hindari paparan asap rokok
2. Hindari alkohol, dan obat-obatan.
3. Konsumsi air putih yang banyak.
4. Tidur yang cukup dan berkualitas.
5. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang cukup, seperti buah-buahan dan sayuran.
6. Hindari stress.
7. Rutin berolahraga.
8. Hindari junk food

Kawal Kesehatan Keluarga dengan Aplikasi SehatQ


Selain menerapkan 8 poin di atas, satu lagi langkah yang bisa diterapkan adalah mengawal kesehatan keluarga dengan menggunakan aplikasi Sehatq.

Apa itu Sehatq?

Sehatq adalah layanan konsultasi kesehatan yang bisa diakses secara online.

Aplikasi Sehatq bisa menjadi salah satu opsi pertolongan pertama bagi pasien.

Sehatq menawarkan layanan konten kesehatan yang valid untuk pasien yang membutuhkan informasi tentang self medication. Hal ini mungkin untuk dilakukan karena pada aplikasi Sehatq terdapat fitur Chat Dokter dan Booking Dokter.



Fitur Chat Dokter bisa digunakan pasien untuk melakukan konsultasi dengan dokter yang telah terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan telah memiliki Surat Tanda Teregistrasi (STR). Konsultasi ini tentu saja gratis ya, Teman.

Yang aku suka dari fitur ini, semua percakapan yang dilakukan via fitur Chat Dokter ini secara otomatis akan terekam dan tersimpan dalam sistem Sehatq, menjadi rekam medik digital. Jadi kapan pun pengguna membutuhkan, bisa diakses lewat aplikasi.



Fitur Booking Dokter bisa digunakan untuk mengetahui jadwal dokter di rumah sakit dan klinik sekitar. Jadi kalau pengguna ingin melakukan pemeriksaan fisik bisa menyesuaikan waktu tanpa harus menunggu lama.

Aku sering sebel saat mau berobat di beberapa faskes. Di papan tertulis jam praktek dokter pukul 17. Aku datang pukul 17, dokternya belum datang. Pernah sampai 2 jam nungguin dokternya, eh ... tau-tau asistennya bilang dokter ga bisa datang karena pasiennya lagi ramai di rumah sakit. Nyebelin banget, kan? Padahal aku pilih klinik itu karena dia satu-satunya faskes yang dekat.

Makanya aku merasa terbantu sekali dengan adanya aplikasi Sehatq ini.

Saat ini Sehatq sudah bisa menghubungkan pasien dengan lebih dari 8000 dokter di seluruh Indonesia.



Dengan aplikasi Sehatq ini kita juga bisa cek obat. Terkadang aku suka bingung tuh kalo dikasih dokter obat. Dalam hati bertanya-tanya ini obat apa, itu obat apa? Nah, dari pada bingung tanpa penjelasan, sekarang cari tau aja infonya via aplikasi Sehatq.

Selain fitur Chat Dokter dan booking Dokter, SehatQ juga menyediakan konten kesehatan informatif yang dipublikasi dengan verifikasi Chief Medical Editor.

Jadi, dengan menggunakan aplikasi Sehatq ini, kesehatan keluarga bisa dikawal dengan baik tanpa harus merasa panik. Jika tubuh terasa menunjukkan gejala sesuatu, konsultasi aja dengan dokter via fitur Chat Dokter.

Dengan konsultasi ini kita bisa mengambil keputusan apakah lanjut ke rumah sakit, atau self nedication saja di rumah. Sehingga lebih praktis, hemat waktu dan tenaga.

Sudah unduh aplikasi Sehatq, belum?

Tuesday, March 3, 2020

Jenis-jenis MPASI untuk Bayi

March 03, 2020 2 Comments


Usia 6 bulan merupakan fase dimana tumbuh kembang bayi semakin pesat. Saat ini bayi mulai aktif untuk bergerak seperti tengkurap, dan berbalik. Untuk itu kebutuhan akan nutrisinya pun meningkat. Oleh karena itu ASI saja tidak lagi cukup, maka ibu perlu menunjang kebutuhan nutrisinya dengan MPASI atau makanan pendamping ASI.


Meskipun perihal MPASI ini bukanlah hal yang baru, namun faktanya masih sering ditemukan cara pemberian MPASI yang tidak tepat. Bahkan, ada orangtua yang memberikan MPASI kepada bayi yang masih berusia 1 bulan. Akibatnya sangat fatal. Bayi meninggal dunia karena tersedak makanan yang diberikan.

Untuk menghindari hal-hal buruk terjadi, ibu harus paham bagaimana cara memberikan MPASI yang tepat untuk bayinya.


Silakan dibaca juga : Tips Menyajikan Menu MPASI Untuk Bayi

Jenis-jenis MPASI


Sebelum mengetahui cara yang tepat, terlebih dahulu ibu harus tau jenis-jenis MPASI yang baik untuk bayi.

Menu MPASI Perkenalan

1. Sayuran tumbuk, seperti wortel, labu, kentang, dan ubi.
2. Buah tumbuh, seperti apel, pir, pisang, dan pepaya.
3. Bubur susu atau biskuit yang dihaluskan.

Menu MPASI Lanjutan

Setelah bayi terbiasa dengan jenis makanan di atas, ibu bisa tingkatkan jenis MPASInya menjadi seperti berikut ini.

4. Daging tumbuk.
5. Kacang-kacangan tumbuk.
6. Sayuran dicmpur dengan kentang atau beras yang ditumbuk.
7. Sayuran hijau tumbuk, yang berisi kacang polong, kol, bayam atau brokoli.
8. Susu full cream, yogurt, krim keju.

Cara Tepat Menyajikan MPASI


Pada 1 bulan pertama fokus dengan menu makanan besar, berupa bubur tunggal seperti sayuran tumbuk, buah-buahan tumbuk, bubur susu atau biskuit bayi 6 bulan yang dihaluskan.

Pada bulan ke dua, ibu sudah mulai bisa memberikan menu MPASI lanjutan yang lebih bervariasi.

Hindari memberi camilan berlebihan, agar bayi tidak terlanjur kenyang sebelum makan.

Untuk menambahkan rasa, MPASI boleh diberi sedikit garam, gula, bawang merah, dan bawang putih. Tetapi tidak boleh menggunakan MSG.

Sajikan MPASI sebanyak 2-3 kali sehari, mengikuti waktu makan orang dewasa. Hanya saja porsinya jangan sama. Porsi makan pagi cukup 1/3 atau 1/2 porsi makan siang bayi.

Hindari memberi makan bayi sebelum tidur. Biasakan mengajak bayi bermain setelah makan.

Begitu juga dengan susu. Jangan susukan bayi langsung setelah makan. Beri jarak sekitar 15-30 menit untuk lambungnya mencerna makanan sebelumnya, baru diberi susu. Ini bertujuan agar perut bayi tidak kepenuhan.

Nah, itu cara menyajikan MPASI yang tepat versi Meirida ya, Moms. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Bye.