promo enfa

Friday, January 10, 2020

Uniknya Mesin Kasir SPOTS di Gerai Potato Potate



Bagiku liburan akhir tahun 2019 lalu menjadi momen yang tidak akan terlupakan seumur hidup.. Selain menyegarkan pikiran dengan jalan-jalan, aku juga mendapat banyak pengalaman seru saat mengunjungi banyak tempat dan juga saat berbelanja di beberapa pusat kuliner. Salah satu yang tidak terlupakan adalah saat aku terkagum-kagum dengan uniknya mesin kasir SPOTS di gerai Potato Potate, di mall Living World Pekanbaru.

Aku masih ingat dengan jelas jam menunjukkan waktu pukul 2 siang, saat kami sampai di mall Living World Pekanbaru setelah dari pagi menjelajah area wisata lainnya yang ada di Pekanbaru.

Aroma wangi kentang goreng langsung menyeruak ketika kaki kami memasuki area lantai 1. Aroma itu berhasil menuntun mataku untuk mencari sumbernya, yang ternyata tidak jauh dari tempat kami berdiri.

Hmm... Pas banget, deh. Perutku memang udah teriak-teriak minta diisi dari tadi. Sebagai penikmat kentang sejati, tentu saja kesempatan emas ini tidak aku lewatkan sedikit pun. Tanpa buang waktu lagi, segera ku gandeng tangan suami dan Aira menuju gerai Potato Potate.



Potato Potate ini menghadirkan terobosan terbaru dalam bidang french fries, yaitu kentang goreng yang diolah dengan bumbu khusus dan disajikan dalam bentuk stik panjang dengan aneka toping yang bisa dipilih sesuai selera. Rasanya gurih dan garing di bagian luar, namun tetap lembut di bagian dalamnya.




Untuk harga pun aku merasa masih cukup terjangkau. Satu porsi Potato Potate dibandrol dengan harga 25 ribu rupiah. Porsinya cukup banyak, lho. Alhamdulillah, beneran bikin kenyang.

Mungkin karena sudah lewat waktu makan siang, pengunjung tidak lagi begitu ramai. Itu terlihat jelas dari beberapa meja yang masih berisikan peralatan makan pengunjung sebelumnya.

Setelah mendapatkan meja kosong, aku segera menuju meja counter untuk memesan. Sementara pesananku diproses, mataku jelalatan melihat ke arah meja kasir. Aku merasa ada yang aneh di meja kasir Potato Potate ini, karena tidak tampak adanya mesin kasir seperti pada umumnya. Sampai-sampai dalam hati aku bertanya, "Apa iya mereka totalin harga pesanan masih pake cara konvensional? Hari gini ga pake mesin kasir? Jadi pesimis bisa bayar kartu debit." Aku masih saja menggerutu dalam hati.

Tetapi semua pertanyaan dan penilaianku di dalam hati tadi tentu saja salah total. Justru aku yang kuno, Potato Potate mah kekinian banget. Mereka ga pake mesin kasir yang monitornya kayak layar tivi itu, gais. Mereka justru pake mesin kasir portable yang all-in-one-device juga, yaitu Mesin EDC SPOTS.

Apa itu SPOTS?

SPOTS merupakan mesin kasir online dengan sistem point of sale untuk mengelola pesanan. Produk ini adalah bagian dari Gojek, yang bertujuan untuk memudahkan para pemilik UMKM dan franchise dalam bertransaksi. Saat ini Mesin EDC Gopay sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia. 




Mesin EDC dengan Kartu Debit
Saat diluncurkan pertama kali, SPOTS hanya mengandalkan Gopay saja. Jadi untuk bertransaksi di mesin ini pelanggan harus menggunakan saldo Gopay mereka.

Sekarang Mesin EDC Gopay ini sudah bisa digunakan untuk transaksi pembayaran dengan kartu debit yang ada di Indonesia seperti kartu debit BCA, BRI, Mandiri, CIMB Niaga, BNI, dan lain-lain. Dalam beberapa waktu ke depan juga akan support untuk transaksi dengan kartu kredit.



Cara Menggunakan Mesin EDC Gopay
1. Masukkan pesanan pelanggan, kemudian pada 'detail pesanan', pilih 'pembayaran'.

2. Kemudian klik 'kartu debit'.

3. Cek kartu debit pelanggan, apakah memiliki chip atau tidak.

4. a. Jika kartu debit pelanggan memiliki chip, maka masukkan kartu pada slot di bagian bawah mesin EDC.

b. Jika kartu tidak memiliki chip, maka gesekkan kartu pada slot di samping mesin EDC dengan magnetic stripe menghadap ke dalam.

5. Cocokkan nomor yang ada di kartu dengan nomor yang muncul di layar mesin EDC, jika cocok, maka tekan tombol 'konfirmasi'.

6. Selanjutnya minta pelanggan untuk memasukkan PIN. Informasikan kepada pelanggan, bahwa keypad PIN pada Mesin EDC Gopay bersifat acak, demi keamanan PIN customer.

7. Mesin akan mengeluarkan struk bukti transaksi.


Keuntungan Menggunakan SPOTS

Dengan perangkat SPOTS ini, pemilik UMKM akan sangat diuntungkan, karena diberi beragam kemudahan seperti berikut ini.

1. Kemudahan mengatur menu produk.

Dengan aplikasi SPOTS ini, pemilik usaha akan sangat terbantu dalam hal mengatur jumlah menu atau produk, mulai dari foto, hingga harga. Semuanya bisa diinput manual, atau bisa juga dengan impor data dari GoFood.

2. Menerima pesanan lebih cepat.

Bagi merchant yang sudah berkerjasama dengan GoFood, setiap ada pemesanan via GoFood maka mesin EDC SPOTS akan menerima notifikasi secara real time. Hal ini tentu saja membuat segalanya jadi lebih efisien. Merchant bisa langsung menyiapkan pesanan, dan begitu driver datang pesanan bisa langsung dibawa.

3. Bisa menerima pembayaran dengan banyak cara.

Dengan adanya mesin EDC SPOTS ini merchant bisa menerima pembayaran dalam banyak cara. Bisa via saldo gopay, via kartu debit, dan beberapa waktu ke depan juga bisa dengan kartu kredit.

SPOTS merupakan mesin EDC pertama yang memiliki 3 opsi pembayaran ini. Hal ini tentu saja membuat transaksi di merchant bisa berjalan dengan lancar.

4. Bisa mencetak resi secara instant.

Mesin EDC SPOTS ini sangat ringan dan mudah untuk digunakan karena sudah dilengkapi dengan layar sentuh dan juga thermal printer yang bisa mencetak resi dengan cara instant. Sehingga merchant bisa lebih hemat, tanpa harus membeli perangkat mesin kasir yang mahal.

5. Mudah melihat laporan penjualan.

Satu perkerjaan yang membutuhkan effort besar dalam berjualan adalah pencatatan transaksi, karena dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi agar data yang diinput di laporan transaksi sesuai dengan jumlah uang yang diterima.

Dengan adanya mesin EDC SPOTS ini pencatatan transaksi penjualan dan pembayaran sudah dilakukan secara otomatis, sehingga laporan penjualan pun bisa dilihat kapan saja, dan pastinya juga lebih akurat. 



So, untuk kamu yang saat ini sedang merintis usaha kuliner, sekarang saatnya untuk mencoba menggunakan mesin kasir online SPOTS ini agar bisnis kamu lebih mudah dikelola.

Mesin EDC Gopay ini bisa didapat dengan cara melakukan pendaftaran di website SPOTS dengan biaya pendaftaran sebesar Rp490.000, dan biaya transaksi sebesar Rp4.900 per hari. Dengan fitur yang integratif dan berkualitas, harga tersebut sangatlah terjangkau.

Bagaimana, Teman. Tertarik untuk menggunakan SPOTS dalam bisnis kamu? Silakan baca informasi lengkapnya di spots.co.id, ya.






























16 comments:

  1. Pastinya dengan makin banyaknya pengusaha/UMKM yang menggunakan mesin EDC Gopay, sebagai konsumen kita merasa makin dimudahkan dalam hal pembayaran. Apalagi bisa pake kartu debet, berbiaya murah, tentunya konsumen akan merasa sangat terbantu dengan keberadaan mesin EDC ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mas. Makanya udah bijak bangetlah kalau UMKM menggunakan mesin kasir SPOTS ini.

      Delete
  2. keren juga mesin spot ini ya. Kemarin ga nyangka juga ternyata mesin ini bisa buat bayar gopay. Serba praktis

    ReplyDelete
  3. Wih EDC SPOTS punya fitur yg gak semua EDC lain tawarin! UMKM jadi gampang buat liat laporan penjualan. Ukuran layar EDC yg gede jadi nilai plus banget ya mbak Mer!

    Jadi manager UMKM gak repot soal recap penjualan harian. Tinggal lihat langsung di mesin EDC SPOTS ini. Harganya juga terjangkau, fee harian juga masih masuk akal.

    ReplyDelete
  4. Di tempat saya sudah ada menurut informasi yang ada. Tapi belum pernah tau sih. Dan terlepas dari apapun, Spots itu memudahkan transaksi Karena bisa cash dan nontunai. Misal GoPay, debit, dan kedepan bakal ada kartu kredit

    ReplyDelete
  5. Wah makasih ilmu nya kak.Biasa nya cuman beli dan langsung bayar gak.ternyata melek teknologi dan mempelajari nya Adalah hal yang penting juga di era revolusi 4.0

    ReplyDelete
  6. wah terima kasih ilmu nya kak. biasanya kalau beli langsung bayar saja ternyata melek teknologi dan mencari tau ilmu seperti ini sangat banyak manfaat nya khusus nya di era revolusi 4.0

    ReplyDelete
  7. Ternyata praktis banget yaa kalau ada SPOTS gini.. Fiturnya sangat memudahkan sekali, coba kalau aku jajan mulai perhatikan EDC yang ada deh hihi

    ReplyDelete
  8. Mbak Mer, ini aku baca dalam posisi lapar, begitu baca tentang si kentang langsung jadi lapar bangeet! Hahaha..
    Anyway, aku amaze dengan si mesin SPOTS. Keren ya! Dalam 1 mesin kecil, bisa multifungsi sebagai alat penerima orderan, sekaligus EDC. Makasih infonya mbak !

    ReplyDelete
  9. Wah satu mesin untuk segala transaksi itu emang memudahkan banget ya. Nhha ribet lagi mau bayar ina inunya, apalagi buat makhluk sejenis vina yang jarang banget megang cash dengan dalih mau hemat. Wkkwkwwk

    ReplyDelete
  10. wah, ternyata udah ada ya di potato potate. karena terakhir makan blm ada. mantablah ini

    ReplyDelete
  11. Penyebaran mesin EDC memang berguna banget sih untuk konsumen. Apalagi di era cashless gini, pelanggan lebih suka transaksi pakai kartu atau aplikasi kan ya.

    ReplyDelete
  12. Aku ngiler dengan kentang nyaa huhuu. Memudahkan ya mbk memakai mesin kasir spots ini

    ReplyDelete
  13. Oh wow,makin kesini Makin canggih alat penerimaan utk pembayaran ya, mana udah tersistemasi rapih begini juga 👍🏻

    ReplyDelete
  14. Infonya lengkap banget, ternyata bisa seefisien itu. Perlu dicoba buat yang punya bisnis nih..

    ReplyDelete
  15. Mesin kasir SPOTS dari Gojek ini emang keren banget, dan membantu terutama bagi para pengusaha.

    ReplyDelete


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.