promo enfa

Monday, November 18, 2019

Gak Nyangka Banget, Ternyata Begini Cara Mudah Menghilangkan Noda Tinta di Baju



Hai, Moms.

Punya uneg-uneg seputar noda tinta? Hmm, aku yakin banget, nih. Para Moms di rumah pasti punya banyak cerita tentang hal ini, terutama bagi Moms yang suaminya pekerja kantoran dan anak-anaknya masih usia sekolah.

Aku juga gitu, kok, Moms. Setiap kali mau cuci selalu aja pengen ngomel panjang kali lebar melihat noda tinta di mana-mana. Ada yang di kantong, ada yang di bagian tangan. Dan yang bikin aku pengen teriak kenceng itu adalah pas melihat ada lukisan abstrak di bagian lengan. Itu maksudnya apaaa? Aarrgh.

Nih, bocah bener-bener demen bikin mamaknya naik tensi.

Noda tinta ini termasuk salah satu noda bandel yang susah banget untuk dibersihkan. Udah dipakein pemutih pun nodanya masih aja ada. Karena itu para Moms selalu spaning kalau melihat baju terkena noda tinta. Apalagi kalau baju putih, noda bener-bener ga bisa disembunyiin, jadi kalo ga dibersihin bener-bener baju bakal terlihat kucel.

Jadi, Moms. Kemarin aku bikin eksperimen, nih. Cara menghilangkan tinta di baju pake Rinso cair anti noda. Pengen tahu hasil eksperimen aku, gak?

Yuk, kepoin, yah.

1. Serap bekas tinta di baju menggunakan tisu  dapur yang sudah dibasahi air. Tekan-tekan bagian yang terkena tinta dengan perlahan, hingga sisa tinta terlihat menempel di tisu.

2. Celupkan sikat gigi bekas ke deterjen Rinso cair anti noda, kemudian gosokkan pada bagian baju yang terkena tinta. Gosoknya ga usah keras-keras, karena bisa bikin warna baju pudar.

3. Setelah itu cuci pakaian seperti biasa, sesuai petunjuk label pencucian. Jika noda masih terlihat, bisa diulangi lagi. Tapi dari pengalamanku kemarin satu kali aja udah cukup, kok.

Pertanyaannya, apakah cara itu juga bisa diterapkan pada noda tinta lainnya seperti spidol?

Untuk noda tinta yang bukan berbahan air, dibutuhkan usaha ekstra, nih, Moms. Karena tidak cukup hanya dengan menggunakan deterjen saja. Gunakan bahan pelarut noda lainnya, dengan cara sebagai berikut.

1. Ambil sedikit alkohol, kemudian tuangkan sedikit pada bagian baju yang tersembunyi. Jika warna memudar, hentikan saja. Tetapi jika tidak, bisa lanjut tuangkan pada baju yang terkena noda. Kemudian usap dengan kapas atau kain bersih hingga noda tampak memudar.

2. Siapkan ember bersih, isi dengan air dingin, larutkan sejumlah garam. Perbandingannya 1:1. Satu liter air, satu sendok makan garam.

3. Masukkan pakaian kena noda tinta tadi, dan biarkan selama kurang lebih 2 jam (bisa lebih jika nodanya lebih tebal).

4. Kemudian bilas dengan air bersih, setelah itu cuci kembali seperti biasa sesuai petunjuk pencucian pada label.

Gimana, Moms? Cukup mudah, ya?

So, kalau melihat baju anak-anak dan suami terkena noda tinta ga perlu naik tensi lagi ya, Moms. Santuy aja. Dengan noda tinta di baju anak-anak, mari kita anggap anak-anak sedang mengembangkan kreatifitasnya. Selipkan doa aja, Moms. Semoga dengan noda tinta di bajunya itu, anak-anak kita tumbuh jadi manusia yang cerdas, kreatif, dan mandiri.

Kalo baju suami kena noda tinta juga ga perlu merepet, Moms. Rileks aja, kan kita udah tahu cara mudah menghilangkan nodanya. Masih mendinglah kena noda tinta, dari pada noda lipstik.

Hehehe.

Btw, kalo di baju suami ada noda lisptick, what should we do, Moms?







1 comment:

  1. Aku tahunya pakai cairan pembersih warna P**k itu. Tapi kadang belum bisa hilang juga nodanya. Baca postingan uni, jadi nambah wawasanku. Thx sharingnya ya Kak ^^

    ReplyDelete


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.