Tuesday, June 16, 2015

Membuat Book Cover dengan Photoshop

Aduuh.. kangennya sama blog ini. Seminggu lebih terabaikan karena aku harus perjadin a.k.a perjalanan dinas ke luar kota yang sinyalnya susah banget buat ngenet. *ga ada yang nanyak*

Jadi ceritanya disela-sela kesibukan di kantor cabang *pamer dikit* aku sempatin ngayal tentang nerbitin buku. *katanya sibuk, kok bisa ngayal ?* bisa donk, kan aku sempatin..  *tetep maksa*

Beberapa penerbit kan ada yang menyediakan paket mandiri ya, atau mungkin orang-orang sering juga menyebutnya secara indie. Apa pun namanya, yang jelas paket penerbitan ini menawarkan jasa penerbitan dengan harga miring dengan syarat penulis bisa mengedit, membuat layout dan cover sendiri.

Aku ini kan seorang blogger, yess,., sudah pasti donk I'm a writer wanna be. Aku pengen banget suatu saat bisa nerbitin buku sendiri, trus buku itu laris manis dipasaran dan jadi best seller, trus akunya terkenal seantero jagat...buaahahhahaa... *khayalan akut writer wanna be*
note : abaikan kalimat diatas.

Aku merasa kesempatan untuk menerbitkan buku itu terbuka lebar setelah mengetahui adanya paket indie ini dari penerbit.

Buat urusan ngedit aku udah mulai bisa nih gaiss, berkat contekan yang kudapat dari buku bahasa Indonesianya ponakan yang memberi petunjuk penggunaan EYD dan tanda baca yang tepat. Ntar dilain waktu aku kasih liat contekannya yaa.

Kembali ke topik, urusan ngedit anggaplah selesai, sekarang lanjut ke layout, itu juga ga terlalu susah ya, karena memang udah tersedia di Ms. Word. Teman-teman udah pada tau kan caranya ?

Sekarang tinggal pembuatan cover nih, secara aku tuh ga bisa menggambar, jadi urusan cover ini berhasil membuat aku demam karena stress. Tapi e tapi, kita ini pejuang pena kan yaaa.. masa urusan cover aja putus asa, kan ada oom google yang punya cara.. hehe..

Hmm.. dari pada lama-lama, yuk ah belajar sama-sama...

Persiapan Dasar

1. Buka Photoshop
2. Klik File -> New
3. Isi Name sesuai yang nama yang diinginkan, contoh Cover Buku
4. Preset pilih Custom
5. Untuk ukuran novel standar adalah 13x19 cm, jadi jika ketebalan novel diperkirakan adalah 1 cm, maka isi kolom Width dengan (2x13)+1 = 27 cm, Height = 19 cm.
6. Color Mode --> saya pilih CMYK
7. Background --> saya pilih White atau sesuai selera.
8. Klik OK

Persiapan Sisi

1. Masih di windows yang sama, klik File --> New
2. Isi Name : Sisi
3. Preset : Custom
4. Sesuai nomor lima pada Persiapan Dasar, Width = 1 cm, Height = 19 cm
5. Color Mode, Background samakan dengan Persiapan Dasar
6. Klik OK
7. Copy (Ctrl + A)
8. Kembali ke layer awal (cover buku), Paste.
9. Klik 2x pada Layer 1 atau dari menu pilih Layer - Layer Style, pilih Stroke

Persiapan Topping

Judulnya seperti step pembuatan kue ya, hihi.. Ga pa-pa lah yang penting paham to ?
Pada tahap inilah kita berkreasi menghias cover dengan menggunakan tool yang ada di Photoshop.

Gambar Tool

1. Pada Layer Background, Pilih warna yang diinginkan.
Clik Set Foreground Color (pada gambar Tool No.1) pilih warna yang diinginkan, kemudian tuang warna tersebut dengan Paint Bucket Tool (pada gambar Tool No.2).


Pada gambar ini tampak Sisi Buku berwarna putih, jika ingin warnanya sama dengan background atau diwarnai dengan warna lain ulangi step diatas pada Layer 1.


2. Pada layer Background, hiasi dengan menggunakan Brush Tool (pada gambar Tool No. 3). Klik segitiga kecil (pada gambar di bawah No. 1) untuk membuka Brush Preset Picker. Klik segitiga kecil lainnya (no. 2) untuk memilih Brush Type. Untuk yang di contoh ini saya memilih Special Effect Brushes
 
Gambar Brush Tool
 

Finishing
Tuliskan judul buku kamu dengan menggunakan Horizontal Type Tool (pada gambar Tool No. 4)


Taraaaa..... inilah dia penampilan cover yang telah di buat. Kalau penampakan bunga-bunga itu tidak seindah harapan kamu, hmmm...abaikan aja deh. Fokus ke caranya aja yaa.. 
Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.