Wednesday, May 13, 2015

Cinnamon Chocolate Roll Bread



Ini judulnya obsesi, meski tanpa oven tetap pengen coba buat roti hehe...alhasil dimanfaatkanlah Baking alias loyang tulban bakar..ternyata tralalala berhasil.... Rumusan [flour] + [yeast] =[bread] terbukti benar. Triknya balikkan adonan yg setengah matang selama 5 menit...maka permukaan roti akan matang dan coklat keemasan..daaan yummy. Ga ada yg nyangka kan kalo roti ini dibuat tanpa oven ? *kedip-kedip*

Untuk starter saya adaptasi teknik taizhong namun tidak memasak tepung di atas api, namun menyiramkan air mendidih pada tepung. Roti yg di hasilkan sangat moist dan lembut. Namun bila suka bisa ditambahkan baker bonus utk menambah kelembutan roti.


Bahan roti:
 
Bahan A (utk starter taizhong)
- 50 gram tepung terigu protein tinggi (misal Cakra Kembar)
- 35 gram air mendidih
 


Bahan B, aduk rata.  
- 150 gram tepung terigu protein tinggi (misal Cakra Kembar)
- 50 gram tepung terigu serba guna/protein sedang (misal Segitiga Biru)  
- 40 gram gula pasir halus (sy pake 50gr gula pasir biasa)  
- 1/2 sendok teh garam  
- 1 sendok makan susu bubuk  
- 1 sendok teh ragi instant (4 gram), saya pakai Fermipan

Bahan C, kocok menjadi satu:  
- 88 gram air
- 30 gram telur (1/2 butir telur kocok lepas; 1/2 bagian lainnya untuk olesan)

Bahan D:
- 30 gram mentega  
- 100gram coklat block  
- 1 sendok teh kayu manis bubuk

Cara membuat:

  1. Tuangkan bahan A ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata menjadi satu gumpalan kasar. Diamkan hingga dingin (ini yg saya maksud teknik semi taizhong).
  2. Siapkan mangkuk besar, masukkan bahan-bahan B ke dalam mangkuk, aduk rata. Buat sumur di tengah-tengah tepung, tuangkan bahan C ke dalamnya. Biarkan meresap kemudian aduk-aduk menggunakan spatula menjadi adonan basah. Tambahkan adonan bahan A ke dalamnya kemudian uleni adonan hingga rata. 
  3. Taburkan sedikit tepung pada permukaan meja datar, letakkan adonan di atasnya. Uleni adonan selama kurang lebih 10 menit. Taburi sedikit tepung jika adonan terasa lengket, atau celupkan tangan anda pada tepung dan terus uleni hingga adonan menjadi tidak menempel pada permukaan meja.
  4. Tambahkan mentega yang telah dipotong-potong ke adonan dan uleni kembali adonan hingga kalis. Terus uleni hingga adonan menjadi lentur, liat dan elastis, serta tidak menempel pada tangan anda, sekitar 25 - 30 menit. 
  5. Bulatkan adonan menjadi bola yang halus, masukkan ke dalam mangkuk yang telah diolesi minyak pada permukaannya. Tutup adonan dengan plastic wrap atau kain. Diamkan kira-kira selama 1 jam. 
  6. Keluarkan adonan dan tekan perlahan dgn telapak tangan dan pipihkan kira-kira 1-1,5 cm ketebalannya, lalu taburi cuklat block yg telah di potong-potong kecil/diparut. 
  7. Gulung adonan, potong sesuai tebal yang diinginkan.
  8. Susun di baking/loyang tulban/tube pan yg telah diolesi mentega. Diamkan lagi kira-kira 30 menit. Lalu olesi dengan telur dan taburi bubuk kayu manis. Lalu bakar dengan api sedang kira-kira 15 menit. Kemudian balikkan roti separo matang tersebut dan bakar lagi kira-kira  5 menit. Intip dan lakukan  tes tusuk ya. 
 Selamat Mencoba

With Love
~Esa~

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.