Sunday, April 22, 2018

Destinasi Wisata Keluarga di Batam




Libur tlah tiba ... libur tlah tiba ... Hore! Hore! Hore!

Lihat kalender pendidikan, ternyata liburan kenaikan kelas kali ini panjang banget, ya. Kurang lebih 3 minggu, lho. Wah, harus dinikmati dengan maksimal, nih. Apalagi momen liburan kali ini juga bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, jadi semakin berkesan dong pastinya.

Karena berbagai alasan, keluargaku termasuk yang sangat jarang pergi liburan. Alasan utamanya sih pasti soal keuangan. Ya, mau gimana lagi harga tiket pesawat di hari libur itu selalu saja mahal. Akibatnya setiap musim liburan tiba kami sekeluarga hanya mutar-mutar di kota Duri aja, deh. Kadang suka iri juga melihat orang-orang yang bisa pelesiran ke tempat-tempat wisata yang indah. Dalam hati pun sering kali bertanya, “Kapan ya bisa jalan-jalan seperti mereka ?”

Berbicara tentang destinasi wisata, kami sekeluarga sudah lama mengidamkan bisa berwisata ke Batam. Batam merupakan kawasan terbesar di Kepulauan Riau yang menjadi jalur pelayaran internasional. Selain mengalami pertumbuhan yang pesat di sektor ekonomi, sektor wisata pun berkembang dengan sangat baik. Posisinya yang strategis juga membuat Batam menjadi sebuah kota yang multi cultural. Di sini bisa ditemukan berbagai tempat wisata yang ramah anak. Makanya kami sepakat menjadikan Batam sebagai destinasi wisata keluarga favorit.






Tempat Wisata Keluarga di Batam yang Ramah Anak


1.   Mega Wisata Ocarina Park
Terbentang di atas lahan seluas 40 ha, Mega Wisata Ocarina Park menjanjikan zona atraksi yang setara dengan Taman Impian Jaya Ancol. Dari 30 zona atraksi yang direncanakan baru terwujud 11 wahana, diantaranya yaitu Water Park, Kiddy Land, Kolam Bangau, Giant Wheel, dan Fliying Fox. Selain itu juga terdapat fasilitas mandi busa yang gratis. Ada juga food court, taman bermain untuk anak, dan juga tempat karaoke. Bahkan juga ada atraksi banana boat, diving, dan kapal dayung untuk penggemar olahraga air.

2.   Alun-alun Engku Putri
Dana yang terbatas jadinya pengen cari tempat wisata yang gratis, ya. Nah, Alun-alun Engku Putri ini adalah solusi yang paling tepat. Lingkungannya yang asri cocok banget dijadikan ajang foto-foto. Karena di tempat ini juga terdapat purna MTQ Nasional XXV dan taman. Karena tempatnya yang rindang dan sejuk, alun-alun ini juga sering dijadikan sebagai pusat olahraga seperti jogging, senam, tenis meja, dan juga skateboard. Anak-anak pasti betah nih.

3.   Hutan Wisata Mata Kucing
Rindu dengan wisata alam ? Nah, boleh banget nih menjajal Hutan Wisata Mata Kucing, yaitu kebun binatang mini yang terletak di tengah rimba belantara. Berbagai jenis satwa pun dipamerkan dalam kandang di kawasan ini. Ada primata, burung, hingga aneka ikan. Pernah melihat ikan arwana ukuran jumbo? Di sini kita akan menemukan ikan arwana gold yang ukurannya mencapai 1 meter, lho. Dan jumlahnya gak cuma satu, tapi puluhan ekor.
Bagi yang suka hiking berbahagialah karena di sini ada medan hutan lebat dan jalanan yang curam. Pasti bisa memacu adrenalin to the max, ya. Ditambah lagi dengan flying fox. Wah, bisa dijamin Abi Aira pasti betah. Hahaha.

4.   Kebun Raya Batam
Walaupun belum dibuka secara resmi, tetapi pesona Kebun Raya Batam ini sudah tercium oleh para wisatawan. Karena kawasan wisata ini menjadi Botanic Garden pertama di Kota Batam. Menurut info yang beredar, ada 9.480 bibit tanaman di tempat ini. Ada juga 2.017 bibit spesies tumbuhan pesisir seperti kantung semar, anggrek tanah dan lain-lain. Jadi pas banget nih untuk mengenalkan anak pada keragaman hayati.

5.   Miniatur House Indonesia
Puas menjelajah alam ? Saatnya menjelajah indonesia mini di Miniatur House Indonesia. pernah mendengar Taman Mini Indonesia Indah, kan ? Nah, Miniatur House Indonesia ini disebut-sebut kembarannya, lho.
Bangunan-bangunan tradisional dari Sabang sampai Merauke berjejer indah diselingi oleh jalan setapak yang alurnya dirancang meliuk-liuk. Lagi asyik berkeliling, tahu-tahu perut keroncongan. Tidak perlu merasa khawatir karena di area ini ada Golden Prawn Restaurant and Seafood yang menyajikan aneka kuliner nusantara. 

6.   The Illusion Museum
Tadaaaa! Akhirnya tiba juga di area foto-foto kreatif. The Illusion Museum menyediakan latar unik berupa studio dengan dekorasi terbalik. Ada ruangan kaca yang berkonsep mirror illusion dan perspective room, ada spot foto 3D art dan trick art. Totalnya ada 28 wahana yang siap memberikan sensasi baru dalam foto-foto kita. Wah, mengabadikan momen sekeluarga di sini pasti seru, ya.

7.   Pantai Nongsa
Pantai Nongsa ini menyuguhkan pemandangan laut dan lanskap gedung-gedung pencakar langit dalam sekali pandang. Karena Pantai Nongsa ini memang merupakan pintu gerbang terdekat menuju Negara Singapura. 
Pantai Nongsa ini dikelilingi panorama yang indah karena lautnya berpasir putih dan juga memiliki taman bawah laut yang menawan. Bisa diving dan snorkeling juga pastinya, ya.
Aaah, jadi semakin pengen mengunjungi Batam.

Teman-teman sudah pernah pergi ke Batam beluuuuum ?

No comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal.

Note : Mohon maaf, komentar anonim dan link hidup saya anggap spam, ya.