Friday, December 15, 2017



Perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat membawa dampak yang sangat membantu dalam segala aktivitas, termasuk aktivitas bisnis dan administrasinya. Misalnya saja dalam hal penggajian atau payroll, sistem payroll yang komperhensif yang ditawarkan oleh berbagai macam provider software atau aplikasi Payroll membuat kita semakin mudah untuk memperbaiki sistem yang tradisional yang selama ini anda kerjakan.

Namun sebelum itu, Sudah tahu apa itu software payroll atau hanya payroll saja? Sebelum tahu apa itu definisi dari software payroll Indonesia, cari tahu dulu yuk apa itu payroll.


Apa itu Payroll?


Kata payroll berasal dari bahasa inggris yang jika langsung diartikan adalah daftar gaji. Tapi pengertian payroll sebenarnya bukan itu. Payroll merupakan sebuah sistem administrasi penggajian yang merupakan pekerjaan rutin staf HRD dan hal ini masuk ke dalam bagian terpenting dari suatu perusahaan yang memiliki pegawai atau karyawan.

Payroll ini biasanya dikerjakan oleh bagian HRD di suatu perusahaan. Bagian HRD  menghitung berapakah gaji yang harus dibayarkan ke tiap pegawai dan apakah itu sudah sesuai dengan kinerja dari pegawai tersebut. Gaji yang diberikan ke tiap pegawai tersebut dihitung dari uang pokok uang makan uang transport  uang harian uang lembur dan lain-lain. Sudah pasti akan sangat memusingkan kalau dihitung secara manual.

Terlebih kalau jumlah pegawai di perusahaan tersebut mencapai ratusan atau bahkan ribuan. Ditambah lagi kalau staf bagian HRD tidak banyak. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untung menghitung dan sudah pasti akan memakan waktu yang sangat lama. Karena itulah kenapa akhirnya hadir software payroll.

Baca selengkapnya: Apa itu Payroll?

Software Payroll Memudahkan Payroll Pegawai


Software payroll merupakan sistem pengajian karyawan dari suatu perusahaan yang dibuat untuk bisa mempermudah dan membantu staf HRD dalam menghitung gaji pegawai.  Software payroll akan secara otomastis menghitung dari uang pokok, uang harian, uang makan, uang lembur dan lain sebagainya.


Apa Manfaat Perusahaan Menggunakan Software Payroll?


Ada cukup banyak manfaat yang bisa didapat oleh perusahaan yang menggunakan software payroll dan berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Menghemat waktu

Kalau dengan sistem manual penghitungan gaji untuk 100 orang pegawai bisa menghabiskan waktu beberapa hari, dengan software payroll bisa dikerjakan dengan lebih cepat,mungkin cukup dalam 1hari. Kenapa bisa? Karena di software payroll sudah tersedia penghitungan gaji yang didasarkan pada kehadiran yang sudah dihubungkan dengan alat finger print (absensi menggunakan sidik jari). Sudah terdapat pula modul lembur yang bisa mempermudah penghitugan gaji berdasarkan catatan lembur tiap pegawai pada software payroll.

2. Tidak membutuhkan terlalu banyak staf HRD

Kalau biasanya untuk menghitung gaji 100 orang pegawai dalam 1 hari butuh staf HRD lebih dari 3-5 orang, dengan software payroll, perhitungan gaji bisa dikerjakan oleh cukup dengan 1-2 staf HRD. Lebih sedikit karyawan yang di pekerjakan sudah pasti akan lebih menghemat keuangan perusahaan.

Bagaimana, masih ragu untuk menggunakan software payroll? Jika masih ragu, langsung saja konsultasi dengan penyedia software payroll karena saat ini sudah cukup banyak penyedia software payroll Indonesia yang siap membantu Anda dan salah satu yang terbaik adalah LinovHR. 
Segera hubungi LinovHR yang dengan senang hati akan menjawab semua pertanyaan yang akan Anda ajukan. Ingin mengetahui lebih lengkap tentang Software Payroll LinovHR? Kunjungi websitenya langsung aja, ya, https://www.linovhr.com/about/

1 komentar:

wah, aku baru tahu soal payroll ini Mba, sebelumny baru aja mau belajar soal paypall, ada lagi yang model lainnya ya

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id