Thursday, October 5, 2017

8 Unsur yang Membuat Apartemen Bergaya Klasik Elegan




8 Unsur yang Membuat Apartemen Bergaya Klasik Elegan-Desain sebuah tempat tinggal merupakan hal yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan dalam sebuah tempat tinggal. Hunian yang layak dengan keindahan nuansa yang pas akan memberikan kedamaian saat berada di dalamnya. 

Apartemen merupakan suatu jenis hunian dengan konsep interior yang sudah maju.  Beragam inovasi sudah diterapkan oleh para arsitek. Salah satunya adalah desain klasik elegan seperti pada apartemen di Bandung pada umumnya. Namun, selain itu, owners juga bisa menciptakan nuansa klasik elegan tersebut dengan beberapa sentuhan seperti di bawah ini.

1.                  Tema Ruangan yang Klasik Elegan

 
Photo by Naomi HΓ©bert on Unsplash

Ruangan yang klasik elegan bisa ditemukan dalam desain interior dari apartemen klasik modern. Tema ruangan dengan pewarnaan yang klasik dengan perpaduan unsur modern bisa diterapkan. Wallpaper dinding dengan pola dan warna klasik, seperti cokelat dan cream, dapat Anda pilih. Unsur warna yang lebih terang seperti merah atau biru dapat menghidupkan suasana menjadi lebih elegan.


2.                  Penggunaan Furnitur Kayu

Photo by Alisha Hieb on Unsplash

Tema klasik elegan juga harus didukung dengan furnitur kayu. Ukirannya yang unik dapat menambah kesan klasik dan mampu memberikan panorama berbeda dari lainnya. Meja, kursi, ataupun rak TV yang terbuat dari kayu memang sesuai untuk konsep klasik elegan ini. Saat ini, model furnitur kayu tersedia dalam beragam pilihan, sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan dan selera, termasuk tipe multifungsi.


3.                  Penggunaan Lampion sebagai Penerangan

Photo by Henry McIntosh on Unsplash

Sistem penerangan sangatlah penting dalam setiap tempat, sebagai sumber cahaya pada saat gelap. Dalam desain klasik elegan, pencahayaan lampu di ruang tamu atau ruang keluarga dapat diganti dengan cahaya lampion yang bentuknya beragam. Warna cahaya lampu lampion dapat disesuaikan dengan konsep. Untuk konsep klasik elegan, pilihlah lampion bercahaya kuning agar mendapat kesan hangat yang temaram.


4.                  Pintu Berpola

 
Photo by Daniel von Appen on Unsplash

Siapa sangka ternyata pintu merupakan komponen penting dalam sebuah rumah. Fungsinya pun mulai bergeser dari yang awalnya hanya sebagai jalan masuk ke dalam ruangan menjadi aspek untuk menambah kesan tersendiri pada rumah. Sadar atau tidak, pintu sebenarnya merupakan satu dari berbagai hal yang menjadi pusat perhatian apalagi untuk orang yang berkunjung ke rumah Anda karena merupakan jalan masuk ke dalam rumah dan ruang. 

Pintu berpola sangat cocok diterapkan dalam desain klasik elegan, di mana pola dalam pintu, mampu mempercantik suasana. Pola yang dimaksud adalah pola dari pintu berbahan dasar kayu lengkap dengan ukiran uniknya. Bagi Anda yang tidak terlalu suka kayu,  Anda juga bisa  memilih pintu kombinasi kaca berpola dan kayu ukiran.


5.                  Pintu Kaca sebagai Sekat Ruangan

Photo by Nastuh Abootalebi on Unsplash

Nilai klasik dan elegan harus seimbang. Untuk mengimbangi desain klasik dari furnitur dan pintu kayu, disarankan untuk memilih pintu kaca sebagai sekat ruangan. Dalam penerapannya, tidak perlu semua sekat menggunakan pintu kaca ini, tetapi terapkan pada beberapa bagian saja. Hal ini bertujuan agar suasana ruangan apartemen di Bandung tidak monoton dan Anda bisa memperoleh nuansa lebih leluasa.

Sebagai contoh, bisa diterapkan pada sekat antara ruang makan dengan ruang keluarga, antara dapur dengan taman, atau ruang makan dengan taman. Dengan demikian, terdapat sinergi antara nuansa yang ada di satu ruang dengan ruangan lainnya. Ketika sedang melakukan kegiatan di satu ruang, panorama di ruang lain bisa memberikan kesan lebih luas dan sedap dipandang.



6.                  Taman Kecil di Dalam Apartemen



Taman kecil dengan air mancur bisa menjadi solusi bagi yang ingin memperoleh kesejukan nuansa yang elegan. Apartemen dengan taman kecil di dalamnya ini mampu memberikan panorama indah dan bebas. Anda bisa lebih leluasa menghabiskan waktu bersantai di taman kecil ini. Letaknya yang menyatu dengan apartemen bisa menjadi fasilitas refreshing bagi Anda dan orang-orang terkasih.


7.                  Hiasan Bernilai Seni

Hunian tanpa hiasan ibarat hidup tanpa warna. Usahakan agar apartemen Anda punya hiasan cantik dan unik, sehingga menghadirkan warna baru dan kedamaian saat berada di dalam rumah. Anda dapat memberikan hiasan berupa aksesoris ruangan, hiasan dinding, atau pernak-pernik dinding lainnya, agar mampu menghidupkan suasana dalam setiap ruangan.


8.                  Karpet Lantai Berpola Unik

Lantai dapat didesain sesuai dengan tema ruangan. apabila desain interior menggunakan konsep klasik elegan, Anda bisa memberikan karpet berpola unik dan berwarna cokelat, kuning, abu-abu, atau hitam. Perpaduan warna antara gelap dan terang juga bisa dikombinasikan, asal nuansanya masih seputar klasik dan elegan. Mengenai pola uniknya, Anda bisa menentukannya sesuai selera.

Anda harus memilih jenis apartemen yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan agar nyaman sebagai tempat tinggal. Kenyamanan merupakan hal terpenting dalam memilih tempat tinggal agar menghadirkan kedamaian dalam setiap momen. 8 desain klasik elegan dari apartemen di Bandung tersebut bisa menghadirkan nuansa yang berbeda bagi Anda dan keluarga, saat menempatinya. Setiap momen menjadi lebih berwarna tentunya.

Kalau kamu, suka desain yang mana nih ?
 

18 comments:

  1. tetep suka yang minimalis aja mbak πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimalis emang ga da matinya ya mba

      Delete
  2. Suka yg perabot kayu2 + taman2... 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss kita mba, kesannya jadi unik yah

      Delete
  3. Cakeeep minimalis Mbak Meirida :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyyah .. aku juga suka yg minimalis

      Delete
  4. Furniture kayu itu terlihat lebih klasik.. dan enak dipandang.

    ReplyDelete
  5. Kebayang pasti cantik banget apartemennya kalau semua elemen tadi bersatu. Tapi piye Mbak, aku lebih seneng tinggal di bangunan rumah, hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Bangunan rumah lebih asik utk bergaul ya mba

      Delete
  6. Suka jg sih disain yg unik atau klasik, tp kalo mikir simple dan perawatan mudah, disain minimalis ttp no 1
    Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba noe. Lebih simple juga yah

      Delete
  7. Aku suka sama furniture-furniture kayu mbak, terutama yang minimalis. Simpel tapi tetap cantik.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyya mba. Aku juga sukanya yg minimalis ajah

      Delete
  8. Ane Suka furniture bergaay klasik. Terlihat Antik Dan prestisi Walau belinya di tukang loak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga soal belinya dimana mba, yg pntg halal toh 😁

      Delete
  9. Aku pengen banget tinggal di apartmen. Mungil. Pas cuma berduaan sama suami. Gayanya minimalis. Trus ada taman mini di balkon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaa.. mba dian romantiiiis. 😊

      Delete


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal