Wednesday, May 3, 2017

www.meirida.my.id


Kalo aku ditodong pertanyaan, "Apa perkerjaan rumah tangga yang paling males kamu kerjakan ?"

Maka dengan lantang aku akan menjawab, MENYETRIKA !

Ada yang satu team sama aku ga, nih ?
Kalo iya, yuk ngacung dengan komen pake hashtag #TeamOgahNyetrika.

Menurut aku, menyetrika itu adalah perkerjaan yang sangat monoton, menyita waktu, bikin gerah, sekaligus bikin kaki selalu kram atau kesemutan. Dengan kata lain membosankan.



Jadi dari pada disuruh nyetrika sekeranjang baju, mending aku disuruh nyuci piring berlusin-lusin, nyapu rumah 10x sehari, plus ngepel 5x sehari. Begitulah saking gak sukanya sama kerjaan yang satu ini.

Makanya aku tuh nyetrikanya cukup 1x seminggu, dan itu pun hanya untuk pakaian yang penting-penting aja seperti seragam anak, dan baju kerja. Sisanya ? Bisa dilipat rapi aja udah syukur banget ituuuu. Hahaha.
*Anaknya males dan banyak alesyan*

Nah itu curhat aku tentang betapa menyiksanya perkerjaan rumah tangga yang namanya menyetrika itu.

Tetapi semua kegalauan tentang dunia persetrikaan ini akhirnya bisa aku atasi sekarang. Semua itu tak lain dan tak bukan berkat kegigihanku yang terus berpikir untuk keluar dari keterpurukan ini (baca : kemalasan).

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa, dan didorong oleh keinginan luhur *nah ... Lho ... Kok jadi UUD 45 ?* Dan pada akhirnya mengantarkan aku pada gerbang kemerdekaan. Merdeka dari setrika dan setrikaan.

Sekarang aku udah ga perlu setrika lagi
untuk melicinkan pakaian.

*Bye-bye setrika*

Akibatnya, akhir pekanku tidak lagi dilalui dengan kegalauan. Aku juga bisa lebih hemat dong, karena udah ga nyetrika lagi tagihan listrik berkurang, dan ga perlu juga beli pelicin pakaian dan sejenisnya itu.

Daaan... Yang tidak kalah bermanfaat adalah, aku jadi punya waktu luang ekstra buat nonton drama Korea. Yeeaayy !

*Tepuk tangan dong, gais*

Penasaran ga gimana caranya ?
Penasaran banget atau penasaran banget-banget ??

Hahahaha.

Dont worry, gais. Bunda Aira ini orangnya baik hati, suka berbagi, rajin menabung dan gak sombong kok.

Ntar lagi dia pasti bakal bagiin, Tips Melicinkan Pakaian tanpa setrika.

Yuk, check this out, yah :)


  • Jemur pakaian dengan cara dibentangkan dibawah panasnya sinar matahari langsung.

Sumber


Jika tempat jemuran kamu sulit mendapatkan sinar matahari langsung, maka bisa diakali dengan membentangkan pakaian palda seng plat, kemudian letakkan di bawah lampu.

Ini sesuai dengan pelajaran IPA dulu kan, yah. Kalori panas lebih cepat berpindah kepada penampang yang luas. Nah, teori perpindahan kalori ini berlaku disini. Kain yang dijemur dengan cara terbentang akan lebih cepat kering dari pada kain yang dijemur dengan cara digantung.


  • Setelah pakaian kering, langsung dilipat rapi dalam keadaan hangat. Jika perlu gunakan alat bantu melipat kain seperti karton atau seperti yang dijual di pasaran.

Mirip-mirip resep masakan, yah. "Hidangkan selagi panas". Kalo ini, lipatlah selagi hangat. Hahahaha.

Panas matahari atau panas seng plat yang diserap oleh kain akan memudahkan kita dalam melipat. Sehingga kain akan tetap licin dan rapi meski pun tidak di setrika.

Oh, ya.

Tips ini mungkin tidak berlaku pada semua jenis kain, ya, gais. Karena dari yang aku coba pakaian berbahan katun, jeans dan kaos bisa banget dengan cara ini.

Meskipun tidak bisa diterapkan pada semua jenis pakaian, setidaknya bisa mengurangi tumpukan setrikaan, kaaaan.

Nah, itu sedikit tips dari aku. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya, gais.

See ya 😄






8 komentar

wah ini tipsnya sederhana banget tapi sepertinya memang masuk akal. kalo saya dulu, pakaian dilipat, lalu ditaruh bawah kasur. besoknya dibuka sudah rapi deh lipatannya seperti bekas disetrika :)

REPLY

saya paling gak suka nyetrika mbak, makanya pas sudah kering pakaian langsung dilipet rapih

REPLY

Wah... Itu ide bagus juga tuh mas.

REPLY

Satu team kita nih mbak. Hehe

REPLY

Hihihii...klo lahan rumahnya sempit rada susah ya mba nggelar2 gini ini.

REPLY

haha samaaa Mbaa..saya juga males banget nyetrika. Saya juga tim yang pilih-pilih dulu yang mana yang mau disetrika, dan mana yang layak dilipat saja. :D

REPLY

Wah, tipsnya oke juga nih mbak. Bisa saya coba di rumah, apalagi saya termasuk orang yang males nyetrika. Hehehe...

REPLY

Wah klo aku pekerjaan yang paling aku ga suka adalah memasak bun bukan menyetrika. Hihihi. Oh ya bun kita sama2 penyuka drakor ya. Ayo tossss dulu hihihi

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id