Wednesday, May 24, 2017

www.meirida.my.id

Kisahku dan Anyang-Anyangan


Dulu sekali, sewaktu aku masih kuliah, aku pernah mengalami rasa nyeri saat buang air kecil. Bolak-balik ke kamar mandi, tetapi urine yang dikeluarkan sangatlah sedikit. Waktu itu aku tidak tahu bahwa apa yang sedang aku alami itu adalah anyang-anyangan.

Hidup di rantau, jauh dari orang tua membuat aku pun kesulitan untuk berbagi cerita. Satu-satunya orang tempatku bercerita saat itu adalah kakak perempuan yang tinggal di kota yang sama. Tapi mungkin karena masih minimnya informasi yang ada saat itu, keluhanku bukannya mendapat solusi, tetapi malah disambut tatapan curiga, disertai pertanyaan sinis, “Kok bisa sakit waktu pipis ? Emangnya kamu habis ngapain ?”

Jiaaaahhh .... aku malah ditanya HABIS NGAPAIN ????

Ih ... sebelnya luar biasa. *kalo bukan sodara, gue layangin juga tuh tendangan seribu bayangan*

Tapi gak bisa disalahkan juga sih. Dalam pandangan orang yang sangat awam, mereka memang tidak bisa membedakan mana yang saluran kencing dan mana yang saluran vagina. Bagi mereka area yang berada di selangkangan perempuan itu adalah area sakral yang tidak akan merasakan ‘sakit’ sebelum waktunya.


Nah ... karena merasa tidak mendapat solusi yang diinginkan, dan dari pada harus mendapati kekecewaan lagi kalo curhat sama orang lain, akhirnya aku pun memutuskan untuk pergi ke dokter. Hanya dokter yang bisa menjawab pertanyaanku saat itu. Dan memang benar, dokter mengatakan bahwa aku terkena infeksi saluran kemih atau disebut juga anyang-anyangan.

Mumpung berada di ruang dokter, aku pun tidak mau melewatkan kesempatan untuk bertanya lebih lanjut tentang anyang-anyangan ini. Saat itu ada sekitar 9 pertanyaan yang aku ajukan sehubungan dengan anyang-anyangan ini.

Apa itu anyang-anyangan ?

Anyang-anyangan merupakan gejala awal infeksi saluran kemih adalah suatu gejala dimana penderita merasa selalu ingin buang air kecil, tetapi kuantitas urine sedikit. Dalam beberapa kasus, saluran kencing terasa panas dan perih.

Apakah anyang-anyangan itu sama dengan penyakit kelamin ?

Tidak.
Anyang-anyangan bukan penyakit kelamin. Rasa nyeri yang dirasakan saat buang air kecil adalah pada saluran kencing (uretra) bukan saluran vagina.

Apa penyebab anyang-anyangan ?

Anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra.

Ada 2 jenis infeksi saluran kemih, yaitu :
a. Infeksi saluran kemih atas, terjadi bila bakteri menyerang ureter dan ginjal. Gejalanya adalah nyeri pada selangkangan, mual dan demam.
b.  Infeksi saluran kemih bawah, terjadi bila bakteri menyerang uretra dan kandung kemih. Gejalanya meliputi selalu ingin buang air kecil, nyeri di saluran kencing, urine berwarna keruh dan baunya menyengat.

Bagaimana caranya bakteri bisa menyerang sistem saluran kemih ?

Bakteri bisa masuk dari mana saja, terutama pada area yang lembab dan kebersihannya kurang terjaga.

Pada wanita yang keputihan, anyang-anyangan ini semakin rentan untuk terjadi karena dalam hal ini bakteri itu ada pada vagina wanita. Sehingga bisa masuk ke saluran kemih.

Pada pria anyang-anyangan bisa terjadi karena faktor alergi yang disebabkan oleh lendir atau cairan vagina yang ada pada pasangannya setelah berhubungan intim.

Pada intinya, penyebab utama dari perkembangan bakteri ini adalah akibat dari kurangnya menjaga kebersihan organ intim. Arah penyiraman air yang salah saat membersihkan buang air besar juga bisa mempengaruhi kebersihan organ intim. Karena itu sangat disarankan agar membilas buang air besar dari depan ke belakang, sehingga bakteri yang ada di anus tidak masuk ke saluran kencing.



Selain itu, faktor kebiasaan juga bisa menyebabkan anyang-anyangan. Faktor kebiasaan yang paling beresiko adalah kebiasaan menahan buang air kecil. Orang-orang yang sibuk dengan aktifitas biasanya tanpa sadar sering melakukan kebiasaan ini. Urine yang seharusnya dikeluarkan, tetapi tertahan pada kandung kemih dalam waktu tertentu menyebabkan bakteri menumpuk di saluran kemih. Ditambah lagi dengan tekanan kontraksi otot kandung kemih sendiri yang secara otomatis akan mengecut ketika kandung kemih penuh. Nah ... ini juga bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan.

Selain karena gangguan bakteri, apakah ada penyebab lainnya ?

Selain karena faktor eksternal, akibat kurangnya menjaga kebersihan organ intim, anyang-anyangan juga bisa dialami oleh seseorang yang memiliki struktur organ intim yang tidak normal, dimana refluks urine yang lebih tinggi dari pada saluran kemih, sehingga bisa meningkatkan tekanan hidrostatik. Tekanan hidrostatik ini memunculkan infeksi saluran kemih.

Gangguan prostat dan diabetes disebut-sebut juga bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan. Hal ini terjadi karena prostat tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. 

Hal-hal lain yang juga bisa menyebabkan orang terkena anyang-anyangan adalah dehidrasi, kehamilan, alat kontrasepsi dan menopause.

Ketika tubuh dehidrasi, maka akan memproduksi urine dalam jumlah yang sedikit, sehingga menyebabkan dirinya sulit untuk berkemih. 

Kehamilan bisa menyebabkan anyang-anyangan karena kandung kemih yang tertekan oleh rahim yang membesar. Biasanya dialami oleh wanita yang telah memasuki usia kandungan besar.

Sementara alat kotrasepsi yang bisa menyebabkan anyang-anyangan adalah alat kontrasepsi yang dipasang pada rahim perempuan seperti spiral.

Pada wanita yang menopause anyang-anyangan juga bisa terjadi akibat dari turunnya kadar hormon estrogen yang bisa menyebabkan seseorang terkena infeksi saluran kemih.

Apakah anyang-anyangan hanya dialami oleh wanita ?

Tidak.
Anyang-anyangan bisa dialami oleh pria dan wanita. Tetapi wanita lebih beresiko terkena infeksi saluran kemih ini karena beberapa alasan berikut :
a.       Secara anatomi jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (anus) pada wanita lebih dekat. Sehingga jalannya bakteri untuk masuk itu lebih mudah.
b.      Wanita menggunakan alat kontrasepsi (spiral)
c.       Setelah menopause, kadar hormon estrogen menurun sehingga mengubah imun kandung kemih.

Secara umumnya, bagaimana gejala anyang-anyangan itu ?

Pada dasarnya, anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang khusus, tetapi secara umum bisa dikondisikan sebagai berikut :
a.       Hasrat berlebih untuk buang air kecil
b.      Buang air kecil sering, tetapi volume urine sedikit
c.       Nyeri pada panggul (wanita), nyeri pada anus (pria)
d.      Rasa perih dan panas ketika buang air kecil
e.      Urine berbau menyengat, lebih pekat, terkadang mengandung darah.
f.        Merasa lelah
g.       Demam

Jika dibagi pada bagian yang terinfeksi, maka gejala-gejala yang timbul bisa tampak sebagai berikut :
a.       Ginjal : nyeri pada pinggang belakang atas, demam tinggi, mual dan muntah
b.      Kandung kemih : buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri, panggul terasa ditekan, serta ada darah pada urine.
c.       Saluran kencing : kemaluan terasa perih dan panas saat buang air kecil.

Apakah yang terjadi jika anyang-anyangan ini tidak diobati ?

Jika tidak segera diobati, anyang-anyangan bisa membawa dampak resiko yang serius, seperti kerusakan ginjal akibat infeksi ginjal akut atau kronis. Terutama pada anak-anak. Sedangkan jika pada ibu hamil, jika anyang-anyangan tidak diobati dengan segera maka bisa beresiko bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan rendah.

Apakah anyang-anyangan ini bisa dicegah ?

Tentu saja. Mencegah pastinya jauh lebih baik dari pada mengobati. Begitu juga dengan anyang-anyangan ini, bisa dicegah dengan cara sebagai berikut :

a.       Menjaga kebersihan
Basuh organ intim dengan menggunakan air bersih, sebisa mungkin tidak usah menggunakan sabun, karena dikhawatirkan Ph atau kadar keasamannya tidak sesuai dengan organ intim terutama vagina.
b.      Membilas buang air kecil / buang air besar dengan cara yang benar
Kebanyakan orang membilas dari arah belakang ke depan. Itu adalah salah. Yang benarnya adalah dari arah depan ke belakang.
c.       Jangan menahan buang air kecil
Menahan kemih bisa membuat bakteri E.Colii yang sudah menempel semakin berkoloni menjadi banyak, sehingga menyebabkan infeksi.
d.      Jangan memakai pakaian dalam yang ketat.
Celana dalam yang ketat menyebabkan organ intim semakin dalam keadaan lembab, sehingga bakteri dan kuman yang ada di vagina semakin berkembang dan masuk ke saluran kemih.
e.      Mandi dengan air mengalir
Mandi dengan cara berendam di bath-up bisa membuat bakteri dan kuman yang berada dalam rendaman air masuk ke saluran kemih, karena itu mandi dengan air mengalir jauh lebih baik, alasannya air yang mengalir turut meluruhkan kuman dan bakteri yang ada. 
f.        Sering mengkonsumsi Cranberry
Buah Cranberry mengandung banyak proantocyanidin yang sangat berkhasiat karena mampu mencegah bakteri E.Coli menempel pada saluran kemih.




Kisahku dan Anyang-Anyangan setelah mengenal Prive Uri-cran

Apakah hubungan aku dan anyang-anyangan berakhir di ruang dokter di atas ? 

Hmmm ... tentu saja tidak. Setelah keluar dari ruang dokter itu pun beberapa waktu kemudian aku kembali mengalami anyang-anyangan. Tetapi tentu saja aku tidak lagi pusing memikirkan jalan keluarnya.

Dan aku juga tidak perlu lagi khawatir karena harus berhadapan dengan pandangan curiga orang lain, karena nyatanya aku sudah sangat paham apa itu anyang-anyangan.

Tetapi yang paling membuat aku sangat merasa lega saat ini telah ada suplemen yang mengandung ekstrak buah cranberry ini sehingga aku tidak perlu lagi repot mencari buahnya yaitu Prive Uri-cran, yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul dan yang dikemas dalam bentuk sachet yaitu Prive Uri-cran plus. Cukup dengan meminum 1-2 kapsul sehari atau konsumsi 1-2 sachet perhari anyang-anyangan pun bisa diatasi.



Mengatasi anyang-anyangan semudah membalikkan telapak tangan ?

Ho ... ho ... ho ... dengan Prive Uri-cran jelas bisa. Terlebih lagi jika yang dikonsumsi adalah Prive Uri-cran plus yang berbentuk sachet. Powdernya yang halus tidak hanya mengandung 375 mg ekstrak Cranberry tetapi juga mengandung 60 mg Vitamin C yang jelas sangat mudah larut dalam air, sehingga tidak kesat di tenggorokan, dan juga menyegarkan.

Aahh ... mau dimana lagi cari obat seenak ini ?

Yuk, ah. Buat kamu-kamu yang pusing mikirin cara mengobati anyang-anyangan, ga usah pake banyak pikir, tinggal datangi apotik-apotik terdekat trus tanyain Prive Uri-cran. Pasti ada. Harganya juga tidak begitu mahal kok, sekitar Rp94.000 – Rp121.000 per kotak.


Nah, gais. Itu dia kisahku dengan anyang-anyangan.
Jangan lupa tonton video singkat berikut ini, ya.
Terimakasih.

16 komentar

Aku baru tau nih diabetes ngefek juga sama anyang2an

REPLY

Iya mbak. Ini terjadi krn efek dr diabetes itu sendiri

REPLY

Selamat bebas dari anyang-anyangan bersama Prive Uri Cran :) CAiyoooo Mba

REPLY

Wanita memang harus lebih ekstra dalam menjaga kebersihan dirinya ya Mbak.

REPLY

Yuhuuuu ... Selamat bebas dr anyang2an y mbak :)

REPLY

Ya, mbak. Wanita mmg complicated banget yah

REPLY

Nggak nyangka kalau biasa nahan pipis, bisa berakibat infeksi saluran kemih, yang diawali dengan anyang-anyangan. Perempuan harus semakin jaga kebersihan di bagian yang lembab nih.

REPLY

Harus banget mbak. Karena perempuan jauh lbh beresiko

REPLY

Ini penyakit langganan saya sejak kecil Bun, bikin serba gak enak aja

REPLY

Ya, bun. Emg bikin ga enak nih

REPLY

assalamualaikum, salam kena mbak.

anyang2an hampir semua kita pernah ngalamin.
rasanya gak bakalan terlupakan.
panas, nyeri, pengin pipis ..tapi...aaauuww sakiiiit.
bener deh bikin stress, apalagi pas di perjalanan ..

baru tahu saya dengan produk ini
dapat mengatasi anyang2an

terimakasih informasinya.

REPLY

Wa'alaikum salam. Salam kenal juga mbak. Alhamdulillaah ada uri-cran, jadi sdh bs diatasi ya mbak :)

REPLY

sama mba ruli aku juga baru tahu nih.

REPLY

Anyanga2an emang gak bisa disepelein ya mba... dulu aku kira cuma karna kurang minum, ternyata penyebabnya bisa lebih dari itu... serem iih kalo sampe kena infeksi saluran kemih...

REPLY

Waaah.. jgn sampe deh mbak. Bnr2 sakit lho..

REPLY

bersyukur saat ini udah ada prive uri cran ya mba, sudah ada solusinya

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id