Kamis, 18 Mei 2017

Capek Itu Mematikan Kreatifitas. Inilah Caraku Mengatasi Capek Karena Stamina Yang Turun.

Sebagai ibu rumah tangga dan karyawan dalam satu waktu itu memanglah sangat menguras energi. Jangankan berpikir untuk mengelak dari perkerjaan, bahkan untuk menundanya beberapa waktu saja sangat tidak mungkin. Jika dipaksakan, sesuatu yang buruk pasti terjadi.

Contohnya seperti yang aku alami satu minggu yang lalu. Gara-gara menunda-nunda perkerjaan rumah, akhirnya aku nyaris terlambat menjemput Aira dari sekolahnya.

Pikiranku udah parno banget sepanjang perjalanan dari rumah ke sekolah Aira. Karena isu penculikan anak lagi marak-maraknya di lingkungan kami. Sementara anak seusia Aira masih sangat mudah untuk mereka pengaruhi. Untungnya di tengah perjalanan aku teringat sama wali kelasnya, dan aku sempatin SMS memberi kabar bahwa aku terlambat, dan meminta bantuannya untuk menemani Aira menjelang aku datang. Alhamdulillaah, wali kelasnya baik banget. Aira aman sampai aku datang.

Agar rutinitas harian berjalan dengan lancar, maka tubuh harus dalam kondisi yang prima. Jauh dari kata stress dan lelah. Nah, untuk itu dibutuhkan stamina yang kuat. Gimana mau multitasking dari pagi sampai malam, kalo belum tengah hari badan udah loyo dan bawaannya pengen tidur ?

Apa lagi desa tempat kami tinggal ini masih belum dialiri listrik. Setiap malamnya aku harus berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan semua perkerjaan yang membutuhkan listrik sebelum mesin genset dimatikan.

Sementara siangnya aku juga ga boleh buang-buang waktu sedikitpun. Akses jalan yang masih belum disentuh aspal, membuat aku harus menyelesaikan semua perkerjaan kantor sebelum matahari tenggelam. Karena bagi kami, hujan dan malam adalah dua hal yang tidak bersahabat  jika bertemu dalam satu waktu. Jalannya jadi buecheck kakaaaaak.

Terkadang aku suka salut sendiri dengan ibu mertua yang walau pun usianya sudah mendekati kepala tujuh tapi masih saja bugar dan kuat. Aku tidak pernah melihat dia dalam keadaan lemas dan loyo. Capek pasti ada, tapi tidak kecapekan. Padahal dari pagi hingga sore hari dia sibuk mengurusi kebun sawitnya yang luasnya lumayan itu. Paling istirahatnya cuma di waktu makan siang dan sholat. Kalo hari ini dia membabat rumput, besoknya lagi menyemprot insektisida, besoknya lagi menyusun pelepah, besoknya lagi menabur pupuk. Belum lagi terkadang dia juga ikut dalam proses panen. Tidak pernah sekalipun dia tampak kelelahan.


Mama dengan mesin rumput andalannya.


Sementara aku yang masih 30an tahun baru menyapu dan mengepel semua ruangan rumah aja nafas udah ngos-ngosan.

Jadi bingung sendiri, “itu si Mama bisa seger terus makan apa , sih ?” tanyaku dalam hati.

Karena penasaran, suatu malam aku pun mengajukan pertanyaan itu kepada mama. “Ma, kerjaan seberat itu setiap harinya, tapi mama kok masih aja keliatan bugar. Rahasianya apa, sih, Ma ?”

Mama tertawa mendengar pertanyaanku itu. Bagi dia mungkin terdengar lucu, karena dia merasa tidak memiliki rahasia apa pun.

“Sebenarnya gak ada rahasia-rahasiaan kok, Mer. Mama tuh orang ‘lama’, dari zamannya nenek kalian masih hidup udah terbiasa kerja keras begini. Lagi pula, dari kecil tuh kami gak pernah makan makanan instant, makanan kami ya makanan yang diolah langsung dari bahan-bahan alami. Selain itu, istirahat cukup trus rutin mengeluarkan keringat,” jelas mama kemudian.

Bener juga, sih, yang mama bilang. Kalo orang-orang yang hidup di era modern sekarang pola hidupnya boleh dibilang jauh dari kata sehat. Kesibukan perkerjaan sering kali membuat orang menempuh jalan pintas dengan mengkonsumsi makanan instant. Dari pada berolah raga, orang lebih memilih untuk menikmati hiburan. Akibatnya tubuh jarang mengeluarkan keringat, dan endapan lemak dalam tubuh pun semakin banyak. Waktu tidur juga berkurang, karena sebagian besar waktu sudah tersita oleh perkerjaan.

“Tapi, kalo kamu mau ikut saran mama, coba deh kamu minum air rebusan temulawak. Minum secara teratur, setiap hari sebelum tidur, insya Allah, paginya badan segar. Jadi mo ngerjain apa pun hari itu, ya, hayook aja,” sambung mama lagi.

Temulawak ?
Awalnya aku masih asing banget dengan tumbuhan berjenis umbi-umbian ini. Setelah melakukan penelitian singkat di internet aku pun paham, betapa bermanfaatnya tumbuhan ini. Selain menjaga stamina tubuh, temulawak juga bermanfaat dalam memelihara kesehatan hati, mengurangi radang sendi, menjaga fungsi lambung dan juga bisa menurunkan kadar lemak dalam darah.




Pantesan mama selalu bugar dan sehat, selain pola hidupnya yang sehat ternyata karena dia rutin minum air rebusan temulawak.

Oh, ya. Ada sedikit pesan dan mama aku, nih. Untuk kita semua yang hidup di zaman sekarang, kalau ingin tetap sehat dan bugar seperti orang-orang zaman dahulu, maka lakukanlah hal-hal berikut ini dengan teratur.

·         Jaga pola makan

Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung serat, dan sebisa mungkin hindari makanan instant dan bersantan. Untuk sayur, lebih baik di rebus atau tumis dengan minyak goreng yang sedikit. Sebisa mungkin hindari makanan yang dibuat dengan santan, terutama santan yang dimasak dalam waktu lama. Santan yang dimasak dalam waktu lama mengandung kolesterol yang sangat tinggi sehingga bisa membahayakan kesehatan jantung.

·         Olahraga teratur

Tubuh yang jarang berkeringat akan menjadi sarang tempat penimbunan lemak. Makanya gak heran lah ya, orang yang jarang berolahraga pasti tubuhnya subur. Aku adalah salah satunya. Hahaha. Udahlah jarang olahraga, eh ... makanan yang dimakan setiap hari pun tinggi lemak. Ya, udah. Tinggal tunggu tanggal mainnya, deh, gue. Hik ... hik ...

Makanya, ini juga adalah reminder untuk diri sendiri. Pola makan yang kurang sehat harus diimbangin dengan olahraga yang cukup, agar semua lemak yang masuk lewat makanan tidak diserap semua oleh tubuh, tapi dikeluarkan lagi lewat keringat.

·         Tidur yang cukup

Bukan rahasia lagi, tidur adalah waktunya untuk recovery tubuh. Ibarat handphone, nih, ya. Tidur itu adalah waktunya untuk recharge energi. Disaat beli handphone baru, di manual booknya pasti ada anjuran agar mematikan ponsel saat pengecasan. Nah, tubuh juga gitu. Setelah seharian dipaksa melakukan rutinitas, tidur adalah pilihan terbaik dalam beristirahat.

Tidur yang cukup itu berkisar antara 7-8 jam sehari. Jika kurang dari itu, maka siangnya tubuh akan lemas dan cepat lelah. Ya, iya lah, genk. Baterainya belum 100%, lo mo pake buat internetan. Ya, pasti gak kuatlah. Ya, kan ?

·         Konsumsi suplemen atau minuman kesehatan

Sekarang ini di pasaran udah banyak banget beredar minuman-minuman berenergi. Tetapi hati-hati lho, gais. Tidak semua minuman berenergi yang dijual itu baik untuk kesehatan. Nyatanya banyak dari minuman berenergi itu justru membahayakan kesehatan karena mengandung pemanis buatan, zat pewarna bahkan alkohol. Memang setelah mengkonsumsi minuman ini tubuh terasa segar untuk sesaat, tetapi setelah itu tubuh kembali lelah, dan menuntut untuk diberikan minuman berenergi lagi. Akibatnya tubuh menjadi ketergantungan zat additif yang ada dalam minuman berenergi tadi, jadinya kecanduan deh.

Jadi gak ada yang lebih baik dari mengkonsumsi makanan dan minuman yang diolah langsung dari bahan-bahan alami.

Tapi, kendalanya adalah punya waktu, ga ?

Jika kamu merasa tidak punya cukup waktu untuk membuat minuman kesehatan yang alami, seperti air rebusan temulawak yang sering diminum mamaku tadi, saat ini di pasaran sudah ada dijual minuman kesehatan yang terbuat dari bahan herbal atau disebut juga Herbadrink.

Carilah herbadrink yang di produksi oleh perusahaan yang kredibilitasnya sudah terpercaya. Seperti Herbadrink Sari Temulawak produksi Konimex ini misalnya. Bahannya 100% alami, sudah pasti aman dan berkhasiat bagi tubuh.




Uniknya lagi, meskipun mengandung pemanis buatan, tetapi pemanis buatan yang digunakan untuk Herbadrink Sari Temulawak ini adalah sukralosa yaitu pemanis buatan yang tanpa kalori sehingga tidak memiliki efek pada metabolisme karbohidrat dalam tubuh, kontrol glukosa darah ataupun pelepasan insulin.

Bahannya yang 100% alami dan bebas dari pengawet membuat Herbadrink Sari Temulawak tidak kehilangan komposisi alami yang dimiliki oleh temulawak itu sendiri sehingga khasiat yang diberikannya pun tetap terjaga, dan pastinya juga aman untuk diminum oleh siapa saja. 

Sebagai bangsa Indonesia kita patut bangga nih, gais. Karena temulawak adalah tanaman asli dari Indonesia, yang memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa diantaranya yang menonjol adalah sebagai berikut :



Xanthorrizhol ini bermanfaat baik untuk liver, sebagai salah satu bahan moisturizer, pasta gigi, anti bakteria, anti inflamasi, anti kanker dan juga oral hygiene.



Minyak Atsiri dengan aromanya yang khas membantu mengelola stress dan mempromosikan relaksasi. Minyak Atsiri juga sangat aktif terhadap bakteri, jamur dan virus karena itu sangat baik terhadap berbagai macam infeksi kulit. Selain itu minyak atsiri juga memiliki kemampuan untuk mencerna bahan kimia beracun dalam tubuh sehingga sangat cocok detosifikasi darah dalam tubuh. Sebagai antioksidan yang kuat pun minyak atsiri dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur dan oksidasi dalam sel.


Flavonoid sangat berguna untuk memerangi efek radikal bebas di dalam tubuh, sehingga membantu tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit serius seperti kanker, jantung koroner dan stroke. Flavonoid juga bisa mencegah penyakit aterosklorosis yaitu sejenis penyakit yang menyerang dinding arteri. Senyawa flavonoid juga berperan aktif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih terbebas dari inveksi virus, kuman, dan bakteri sehingga sangat cocok mencegah alergi.



Kurkumin adalah senyawa berwarna kuning yang bersifat anti bakteria, anti kanker, anti tumor dan anti radang. Mengandung antioksidan dan hypokolesteromik.



Glikosida sangat banyak digunakan dalam pengobatan penyakit jantung. Selain itu juga berguna sebagai obat pencahar, dan juga sebagai penyedap rasa alami.



Kalagoga adalah zat yang digunakan sebagai peluruh atau penghancur batu empedu, mengurangi perut kembung akibat gangguan metabolisme lemak dan menurunkan kadar koleterol dalam darah.




Berkhasiat, praktis dan higienis. Adalah tiga kata yang bisa mewakiliki herbadrink Sari Temulawak. Karena dikemas dalam kemasan sachet, sehingga herbadrink Sari Temulawak ini mudah dibawa kemana saja.

Bahkan ketika harus perjalanan dinas ke Pekanbaru untuk mengurus pajak beberapa waktu lalu, yang memaksa aku untuk menginap karena habis terjebak macet 4 jam lebih, membuat aku terlambat sampai di kantor pajak. Keesokan harinya aku harus bertarung dengan para perwakilan perusahaan lainnya diantrian SPT yang panjangnya bikin istighfar. Untung malamnya aku udah minum herbadrink Sari Temulawak, jadinya mo ngantri berjam-jam pun badan masih saja fit.

Selain praktis, herbadrink Sari Temulawak ini juga lebih higienis, tidak terkontaminasi oleh virus dan bakteri yang ada di udara. Cara minumnya pun mudah, tinggal seduh dengan air hangat, bisa langsung diminum. Oh ... ya. Karena diproses dengan teknologi yang canggih herbadrink Sari Temulawak ini ketika diseduh juga tidak memiliki endapan, lho, sehingga bersih dan tidak akan menyisakan rasa kesat dilidah.

Dengan adanya herbadrink Sari Temulawak ini, sekarang aku udah ga khawatir lagi bakalan capek dan kehabisan stamina. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, sekarang aku bisa beraktifitas sehari penuh tanpa mengeluh.

Stamina terjaga, capeknya udah minggat, stress pun udah mengungsi jauh, jadinya kreatifitas pun lancar. “Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan ?”


======================================
Tulisan ini diikut sertakan dalam :

Herbadrink Blog Compeition: Life Style Story with Sari Temulawak

26 komentar:

  1. Luar biasa mba Mer :) rutinitas yang bejibun apalagi mesti selesaikan pekerjaan krn pasokan listrik terbatas duh wonder women bgt mb Mer ini :)
    aku juga suka minum ini rasanya ga kek jamu y mba seger lebih suka pake es kalau aku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. tq mb. Kayaknya aku juga pengen coba pake air dingin. Seger pasti ya ?

      Hapus
  2. Orang tua dulu memang segar bugar ya, karena lebih sering konsumsi bahan alami, beda sama saya sekarang sudah banyak aditifnya. Temulawak baik banget buat kesehatan mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ev. Makanya suka salut sm mrk yg masih nampak bugar di usia senja

      Hapus
  3. Ini minuman favorit aku

    BalasHapus
  4. sari temulawak ini penemuan yg sangat baik karena ternyata temulawak kalo dikonsumsi langsung rasanya agak gak enak setelah ada herbadrink sari temulawak malah enak dan bisa dinikmati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, makin salut sama mama mertua yg selo aja minum lgsg. Hahaha

      Hapus
  5. Herbadrink ini emang enak banget, praktis, higienis, dan gampang didapat, uwaaah cocok banget buat minuman sehat keluarga ya mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba leha, cocok utk diminum siapa saja. Jd semua org bisa terjaga kesehatannya

      Hapus
  6. Alhamdlh ibu sy juga masih sehag aja pdhl bangun seblm subuh. Saya yg malah ga kuat sekrg bangun jam 3an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmg org2 dlu itu jago merawat tubuhnya ya mbak.

      Hapus
  7. kalau aku gak ngefek ke capek apa enggaknya, cuma emang ngefek ke nafsu makan hihihi... maklum si bayi lg aktif bgt jadi tetep aja capek walaupun sudah minum multivitamin hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.... Kalo lagi ngurusin debay gitu satu2nya obat capek yg manjur cuma tidur han. Hahaha

      Hapus
  8. Herbadrink itu praktis dan menyehatkan mbak, saya juga suka minum Herbadrink khususnya yg temulawak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Menyehatkan dan menyegarkan juga

      Hapus
  9. Knadungan Sari temulawak memang banyak khasiatnya mbak. Terima kasih sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Terimakasih sdh mampir

      Hapus
  10. minuman herba emang selalu jd pilihan dgn manfaat yg utama ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sebisa mungkin meminimalisir penggunaan zat kimia dlm makanan. 😊

      Hapus
  11. Mbak Merry tinggal dmn mbak? harus berpacu ama listrik ya, wow keren sangat mbak, salut! Btw, aku blm pernah coba herbadrink, mau ah tar cobain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tggl di salah satu desa di Duri mbak. Ya gitu deh, smp detik ini kami masih memimpikan cahaya

      Hapus
  12. Setuju mbak. bila capek dan lelah kreativitas hadi terhenti...dan temulawak ini yang sanggup membantu memulihkannya Untung sekarang ada Herbadrink Sari temulawak ya mbak...

    BalasHapus
  13. Untuk beraktivitas nggak gampang lelah, minum Jamu memang salah satu solusi. Saat ini kemasan yang praktis membantu banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi banget. Untng ada yg praktis kan, kalo ga, ga kebayang gimana repotnya. Hahaha

      Hapus


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal