Kenali Darah Haid Yang Beresiko Penyakit

7 dari 10 wanita tidak pernah memperhatikan warna darah haid mereka ketika akan mengganti pembalut. Faktanya warna darah haid tertentu bisa mengindikasikan tubuh sedang menderita penyakit.

Upaya Pelestarian Sungai Yang Patut Dijadikan Contoh

Tahu kah kamu ? Ternyata ada satu daerah di Indonesia ini yang masyarakatnya selalu berupaya melestarikan sungainya ? Bahkan mereka rela untuk tidak mengambil ikan di sungai itu dalam waktu tertentu demi menjaga agar habitat alami sungai tetap terpelihara.

10 Best Couple Yang Bikin Baper

Kalo bicara tentang K-Drama, apalagi yang genrenya roman gitu, pasti ga akan bisa lepas dari yang namanya best couple. Kemampuan mereka dalam menyerap karakter yang diberikan penulis dan juga kemampuan mereka dalam mentransfernya kepada penonton berhasil membuat penonton terbawa perasaan, meskipun drama itu sendiri telah usai masa tayangnya. Istilah orang-orang sekarang nih, chemistry-nya dapet banget !

Kenali Penyebab dan Gejala Anyang-anyangan

Anyang-anyangan merupakan gejala awal infeksi saluran kemih adalah suatu gejala dimana penderita merasa selalu ingin buang air kecil, tetapi kuantitas urine sedikit. Dalam beberapa kasus, saluran kencing terasa panas dan perih

Tips Melicinkan Pakaian Tanpa Setrika

Menurut aku, menyetrika itu adalah perkerjaan yang sangat monoton, menyita waktu, bikin gerah, sekaligus bikin kaki selalu kram atau kesemutan. Dengan kata lain membosankan.Ada yang satu team sama aku ga, nih ? Kalo iya, yuk ngacung dengan komen pake hashtag #TeamOgahNyetrika

Senin, 24 April 2017

Penuhi Nutrisi Selama Kehamilan Dengan Menerapkan 5 Kunci T



Ngomongi soal kehamilan, duh ... tiba-tiba aku jadi baper, nih. Beberapa waktu belakangan ini aku tuh suka merasa cemburu banget melihat orang yang lagi gendong bayi. Ditambah lagi Aira yang hampir tiap hari nanyain, “Bunda, kapan Aira punya adek ?”

Dia gak tau aja tuh, kalo ayah bundanya tiap hari usaha, tapi masih belum membuahkan hasil. Hahaha.
(( USAHA ))

Tapi meskipun begitu pengen ketika melihat bayi, tapi jujur saja aku sebenarnya masih takut untuk hamil lagi. Bukan takut karena proses hamilnya, bukan pula takut karena proses persalinannya, tetapi aku takut kalo-kalo kejadian pas hamil Aira dulu terulang lagi. Bolak-balik masuk rumah sakit karena kondisi kehamilan yang lemah.

Aku ingat banget waktu itu dokter berkata dengan nada gusar kepada suami,” Kondisi rahim istri bapak dan janinnya sebenarnya tidak ada masalah. Masalah sesungguhnya justru ada di istri bapak yang tidak mau mengurangi egonya.”

PLAK !!!

Aku merasa tertampar dengan sangat keras saat itu. Awalnya aku marah dan kesel luar biasa kepada tuh dokter. Tetapi setelah melihat hasil USG, aku sadar dengan sendirinya. Di usia kehamilan yang lewat dari 8 minggu, ukuran janinku masih kurang dari 14 mm. Sedangkan normalnya berkisar di 14-20 mm. Dan ini sudah bisa dipastikan, janin dalam kandunganku kurang nutrisi.

Aku langsung menangis saat itu. Sadar sesadar-sadarnya, bahwa aku sudah berbuat zalim pada janinku sendiri.

Rasa bersalah yang begitu besar kepada bayi di dalam rahimku, tak urung membuat aku merenung, dan flashback ke beberapa waktu sebelumnya.

Ternyata selama ini aku begitu egois dan hanya mementingkan diri sendiri. Aku menolak semua makanan bergizi yang diberikan suami dengan alasan mual. Padahal sebenarnya aku tidak suka.

Dengan egonya hampir setiap hari aku hanya memakan makanan instant. Suami pun mengalah, karena tidak rela melihat istrinya tidak makan. Akibatnya, janin yang ada dalam kandunganku mengalami mal nutrisi.

Berbekal pengalaman ini, aku ingin berbagi kepada teman-teman yang saat ini sedang hamil, atau sedang mempersiapkan diri untuk hamil. Sedikit saran dan tips agar kehamilan berjalan nyaman dan nutrisi juga terpenuhi. Sekaligus sebagai reminder untuk diri sendiri, bisa suatu saat hamil lagi.

Penuhi Nutrisi Selama Masa Kehamilan dengan menerapkan 5 Kunci T

Mendengar kunci T yang terbayang maling motor bukan ?
Hahaha ... tenang aja, gais. Kunci T ini gak ada hubungannya sama sekali kok dengan maling motor.

1.      Kunci T Pertama : Trimester Pertama, Penuhi Nutrisi yang tepat pada periode Pembentukan Janin

Trimester Pertama yaitu usia kehamilan 1-12 Minggu, saat ini janin sedang mengalami proses pembentukan, sehingga membutuhkan nutrisi yang cukup agar kantung janin berisi. Nutrisi yang tepat pada trimester pertama ini harus dipenuhi dengan mekanisme sebagai berikut :
·         Minggu ke 1-4, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan mengandung kalori seperti daging. Jumlah kalori yang dikonsumsi minimal 2000 kalori perhari agar tubuh memiliki energi yang cukup dan janin yang sedang terbentuk bisa berkembang sempurna.
·         Minggu ke 5-6. Saat ini rasa mual dan muntah akan tetap menjadi bagian perjalanan kehamilan. Tetapi tentu saja bukan alasan untuk mengelak dari makan. Nah, makanan dengan sayuran hijau yang diolah menjadi soup sangat dianjurkan agar nutrisi tubuh tetap terpenuhi. Kandungan vitamin dan mineral yang banyak terdapat dalam sayuran hijau sangat baik untuk perkembangan janin.
·         Minggu ke 7-8. Pada periode ini janin membutuhkan kalsium untuk pembentukan rangka dan tubuh janin. Maka ibu hamil harus mengkonsumsi kalsium minimal 1000 mg perharinya.
·         Minggu ke 9, atau memasuki bulan ke tiga kehamilan. Saat ini asam folat sangat dibutuhkan, minimal 0,6 mg perhari.
·         Minggu ke 10, mulai proses pembentukan otak pada janin, maka nutrisi yang harus dipenuhi pada periode ini adalah Asam Amino, DHA dan Kolin.
·         Minggu ke 11-12, dibutuhkan nutrisi yang kaya dengan vitamin, demi menghindari bayi lahir cacat. Vitamin yang harus dipenuhi adalah vitamin A, B1, B3, B12 dan juga B6. Jumlah minimal yang harus dikonsumsi adalah 60 mg perharinya.

2.      Kunci T Ke-2 : Trimester Kedua, Lengkapi Kebutuhan Nutrisi Agar Janin berkembang sempurna.
Memasuki minggu ke 13-28, janin akan mulai mengalami kemajuan dan perkembangan yang pesat. Karena itu pemenuhan nutrisi harus meningkat dibandingkan pada saat trimester pertama.
·         Minggu ke 13-16, minimal sebanyak 3000 kalori harus dikonsumsi oleh ibu hamil agar kebutuhan energinya terpenuhi. Pada minggu ini janin akan mengalami pembentukan syaraf pusat, sehingga sangat disarankan agar ibu hamil menghindari makanan-makanan yang mengandung coklat, teh dan kafein yang diyakini beresiko  mengganggu perkembangan syaraf pusat.
·         Minggu ke 17-23, saat ini kandungan mulai membesar, sehingga ibu hamil beresiko mengalami sembelit. Untuk menghindarinya ibu hamil harus rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayur dan buah. Selain itu minum air putih yang cukup minimal 8 gelas perhari agar tubuh tidak dehindrasi dan mencegah sembelit. Agar perkembangan jantung dan sistem peredaran darah terbentuk sempurna, dibutuhkan sel darah merah yang cukup. Maka ibu hamil juga harus mengkonsumsi vitamin C dan minimal 100 gram zat besi setiap harinya yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah.
·         Minggu ke 24-28, bisa disebut sebagai puncaknya proses pembentukan pada janin. Ibu hamil diharapkan agar menkonsumsi makanan yang mengandung omega-3 dan juga vitamin E yang bermanfaat dalam membantu kecerdasan otak janin, dan juga sebagai antioksidan bagi tubuh ibu hamil. Selain itu, ibu hamil juga dilarang mengkonsumsi garam berlebih, untuk menghindari terjadinya kaki bengkak.

3.      Kunci T ke-3 : Trimester ketiga, Konsumsi Nutrisi Yang Tepat untuk Persiapan Persalinan
Ini merupakan trimester terakhir dari kehamilan, sehingga pemenuhan nutrisinya mulai berfokus untuk menyiapkan persalinan.
·         Kalori
Jumlah kalori yang dibutuhkan pada periode ini adalah 70.000 – 80.000 kalori perharinya. Dan bahkan akan meningkat menjelang waktu persalinan. Pada tahap ini kalori dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan pada janin dan juga pertumbuhan plasenta. Selain itu kalori juga diperlukan untuk menambah volume darah dan juga cairan ketuban pada ibu hamil.
·         Vitamin B6
Bermanfaat dalam reaksi kimia yang akan berlangsung sebanyak 100 kali atau lebih, antara lain dalam memproduksi asam amino, lemak, sel darah merah serta pembentukan karbohidrat. Minimal 2,2 mg perharinya.
·         Yodium
Berfungsi untuk membentuk senyawa tiroksin yang bermafaat dalam mengontrol metabolisme pembentukan sel baru. Kekurangan senyawa ini berakibat pertumbuhan otak janin terganggu dan janin pun tumbuh kerdil. Tetapi kelebihan senyawa ini pun mengakibatkan janin memiliki ukuran besar, sehingga akan menyulitkan proses persalinan. Jumlah yang disarankan adalah 175 mikrogram perharinya.
·         Vitamin B1, B2 dan B3
Tiga vitamin ini sangat dibutuhkan untuk membantu enzim dalam mengatur metabolisme dari sistem pernafasan janin dan juga pembentukan energi bagi janin. Karena itu sangat dianjurkan mengkonsumsi 1,2 mg vitamin B1 dan B2, dan 11 mg vitamin B3 setiap harinya.
·         Air putih
Minimal 12 gelas perhari agar tubuh tidak dehidrasi. Pada periode ini sangat berbahaya jika ibu hamil mengalami dehidrasi. Salah satu hormon dalam tubuh akan mengalami perubahan sehingga perut mengalami kontraksi sehingga memicu bayi lahir prematur.
Makanan Dengan Sumber Nutrisi yang tepat untuk ibu hamil.

Dari dari aku ngomongin Kunci T aja nih, berikutnya aku akan membahas tentang makanan yang tepat untuk memenuhi nutrisi selama kehamilan. Lebih jelasnya bisa dilihat pada tabel berikut ini, ya, gais.

No
Sumber Makanan
Kandungan Nutrisi
1
Ikan Salmon
Protein


Omega-3
2
Ubi Jalar
Vitamin A


Asam Folat


Serat


Vitamin C
3
Biji Gandum
Serat


Vitamin E


Selenium


Fitonutrien
4
Telur
Protein


Kalori


Mineral


12 Vitamin


Mineral


Omega-3
5
Sayuran Hijau
Serat


Vitamin A


Vitamin C


Vitamin K


Folat
6
Daging tanpa lemak
Kalori
7
Buah
Serat


Vitamin
8
Kacang Almond
Kalsium
9
Kacang Merah
Zat besi
10
Tomat
Vitamin A


Vitamin B6


Vitamin C


Vitamin D
11
Nasi Merah
Karbohidrat




4.      Kunci T ke-4 : Tidur Cukup dan Hindari Stress

Jika kamu berpikir bahwa memenuhi nutrisi selama kehamilan itu hanya lewat makanan saja, maka kamu salah besar.

Tubuh yang stress akan mengakibatkan semua nutrisi yang didapat lewat makanan tadi menjadi berkurang atau habis sama sekali karena terkuras oleh energi, tidak terserap maksimal sehingga tidak sampai ke janin.

5.      Kunci T ke-5 : Terapkan Pola Hidup Sehat

Makan makanan yang sehat, olah raga teratur dan hindari zat-zat berbahaya adalah tiga hal yang harus sejalan dalam menjalankan hidup sehat.

Kamu mengkonsumsi makanan bergizi setiap hari, tapi merokok. Gak ada gunanya.
Kamu rajin olah raga, tapi suka mengkonsumsi minuman keras, ya, tidak ada gunanya.
Kamu ga merokok, rajin juga olah raga, tapi tiap hari makannya makanan instant, ya, sia-sia juga.

Jadi tiga-tiganya harus sejalan.

Apa lagi selama hamil. 

Semua nutrisi yang sudah di dapat lewat makanan tadi, tidak akan ada artinya jika ibu hamil itu merokok atau meminum minuman keras. Bukannya janin sehat yang di dapat, tetapi janin bisa saja berhenti berkembang sehingga memicu terjadinya keguguran.

Nah, itu dia 5 Kunci T yang harus dijalankan demi memenuhi nutrisi selama kehamilan versi aku. Semoga tips ini membantu teman-teman yang sedang hamil, ya. Dan juga semoga ntar kalo aku hamil lagi, bisa istiqomah menjalaninya. Aamiin.

*doa’in aku hamil lagi, ya, gais.”

Terimakasih.









Senin, 17 April 2017

Surat Cinta Dari Korea, “Halalkan Aku di Itaewon”




Pagi ini, selembar brosur wisata ke Korea kembali tergolek manja di atas meja.

Paket wisata ke Korea 4D3N.
Hub : Ade.

*Eh .. namanya kok sama dengan suamiku sih ?*

Huft ... akhir-akhir ini aku paling sensi, nih, gais,  sama brosur-brosur kayak beginian. Rasanya ini brosur ngejek banget, seolah-olah berkata, “manaaaa, lu bilang impian lu pergi ke Korea, nah ini ada paket perjalanan murah kenape melipir lu ?”

Hiks...hiks.. sungguh terlaluh mereka. Mo mereka bilang super murah juga bagi aku ya tetap aja mihil, kan.

Tapi, ya, gitu deh. Walo pun terasa tersindir, toh tetap aja itu brosur aku pungut. Dan buat kamu-kamu sekalian tahu aja, yah, ini kayaknya udah brosur yang ke 100 deh aku kumpulin. Hahaha.

*gue, the brochure collector*
*itu pun dibanggain ??*


Hujan turun rintik-rintik, membuat suasana kantor semakin terasa syahdu. *ini cuaca kok mendukung perasaan melow gue sih ?* Aku melirik sekitar ruangan hanya ada hamparan meja kosong, dengan komputer dan printer di atasnya. Aku menghela nafas berat, dalam hati bergumam, “Udah tau jam kerja dimulai pukul 8, siapa suruh lu datang pukul 7 pagi ?”

Trus sisi hati aku yang lainnya pun menjawab dengan sengit, “Apa gunanya lu ngeluh, kan udah tahu alasannya apa.”

Hiks..hiks.. iya, sih. Jam kerja suami yang 1 jam lebih awal mau tak mau membuat aku juga harus ikut-ikutan nyampe kantor lebih awal. Mau gimana lagi kan, motor cuma satu, jadi berangkat ya kudu barenganlah. Kalo aku ngotot pake kendaraan umum jadi tambah biaya dong. Zaman uedan kayak sekarang mesti ekstra irit, kan, yah. Kalo gak mana bisa nabung untuk pergi ke Korea. Uhuk ..

Ah.. udahlah, ga ada juga gunanya berkeluh kesah. Demi waktu yang masih terluang, dan demi cuaca yang begitu menggoda, aku pun beranjak ke ruang meeting. Hamparan meja meeting yang luas mendadak tampak seperti hamparan kasur empuk yang menantang untuk ditiduri.

Tapi, ah .. ga boleh !

Segera aku tepis semua bayangan yang menari-nari di depan mata. Mataku terbentur pada tumpukan surat-surat masuk yang sepertinya masih belum tercatat di buku register. Oke, deh. Dari pada manyun mending ngerapiin surat-surat itu, kan ? Aku pun meraih buku register, membuka surat-surat itu, labeli dengan lembaran disposisi kemudian menulisinya satu persatu.

.
.
.

Ade-ssi, annyeong

Tidak terasa, ya. Hari ini genap tiga tahun perkenalan kita. Meski hanya bertukar kabar lewat foto dan tulisan, tapi aku bahagiaaaa sekali. Satu kata dari kamu ternyata mampu mempengaruhi hari-hariku. Aku jadi semakin semangat, dan juga termotivasi untuk menjadi wanita yang lebih menghargai diri.

Kamu merasa aneh, tidak ? Kita beda negara, beda bahasa, dan juga beda keyakinan, tapi kenapa aku bisa nyaman begini berteman dengan kamu ?

Aurat, jangan diumbar !

Itu, kan, yang selalu kamu bilang setiap kali aku kirimin kamu foto selfi.
Hehehe.

Gomawo, Ade-ssi.
Sejak mengikuti saran kamu, aku tidak pernah lagi digodain di jalanan.

Aku masih ingat dengan sangat jelas, di awal-awal perkenalan dulu betapa kerasnya masing-masing kita belajar bahasa satu sama lainnya, demi sekedar lebih akrab dalam menyapa. Tapi aku sedikit lebih beruntung dari kamu. Perusahaan tempatku berkerja memberi fasilitas untuk belajar bahasa Indonesia di Hankuk University of Foreign Studies (HUFS).



Kamu tahu tidak ? Minat orang-orang Korea saat ini sedang tinggi sekali untuk mempelajari bahasa asing, salah satunya bahasa Indonesia. Karena itulah pemerintah Korea berkerjasama dengan beberapa universitas membuka peluang bagi mahasiswa dan non mahasiswa untuk mempelajari bahasa Indonesia ini dengan mudah.

Yang aku tahu saja ada tiga universitas di Korea yang menawarkan program bahasa Indonesia yaitu Hankuk University of Foreign Studies (HUFS), Busan University of Foreign Studies (BUFS) dan Universitas Woosong. Bahkan setiap tahunnya diadakan lomba pidato berbahasa Indonesia, lho. Tapi aku belum berani ikutan. Menulis surat ini saja aku masih dibantu google translator. Hihihi.
*ssstt... ini rahasia, jangan bilang siapa-siapa, ya ?*

Bagaimana ? Kata-kataku sudah tidak salah-salah lagi, kan ?
He..he..he

Ade-ssi ...
Waktu itu kamu bilang, sangat ingin pergi ke Korea, kan ? Tapi kamu khawatir karena tidak ada biro perjalanan yang ‘sehati’ dan benar-benar memahami kebutuhan kamu. Aku tidak pernah bisa lupa kata-kata kamu saat itu, kamu tidak akan pernah pergi ke luar negeri jika travel yang membimbing kamu tidak mensupport wisata halal.

“Aku seorang muslim, jadi kemana pun pergi semua hal yang berhubungan dengan keimananku tidak boleh terabaikan. Dari tempat ibadah, sampai tempat tinggal. Apalagi kalau berhubungan dengan makanan, harus halal. Makanya aku tidak akan pergi kemana-mana kalau tidak ada menu halalnya.” Katamu saat itu.

Ya ... ya ... aku mengerti sekarang. Walau pun di awal-awalnya sempat bingung, tetapi setelah mencari tahu lebih lanjut sekarang aku paham. Karena Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa tentang pariwisata syariah, kan ?

Demi kamu, chinca ... chinca ... aku sampai mencari informasinya di google, lho. Fatwa MUI dengan nomor 108/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah.




Aigooo ... aigooo ... isinya panjaaang sekali, ya.

Meski tidak begitu paham, tapi dari uraian yang panjang itu aku ambil kesimpulan bahwa wisata syariah adalah wisata yang sesuai dengan prinsip syariah, berbagai kegiatan wisata harus didukung oleh berbagai fasilitas dan pelayanan yang sesuai dengan prinsip syariah, di antaranya tidak menyediakan fasilitas akses pornografi dan tindakan asusila, makanan dan minuman yang disediakan hotel telah bersertifikat halal, menyediakan fasilitas dan peralatan dan sarana yang memadai untuk pelaksanaan ibadah.

Oh, ya. Beberapa hari yang lalu aku bertemu dengan salah satu wisatawan asal Indonesia. Dan dia muslimah. Omo... dia cantik sekali. Aku jadi iri. Hihihi.

Awalnya aku heran, kenapa dia bisa berani begitu pelesiran ke negeri asing sendirian ? Tapi katanya dia menggunakan jasa biro perjalanan Cheria Wisata Tour Travel yang terkenal dengan promo Cheria Halal Holiday-nya. Dengan memilih Paket TourWisata Halal Korea Selatan, dia bisa menikmati memanjakan mata dan pikiran dengan nyaman. Cheria Wisata Tour & Travel ini sudah sangat profesional dalam mengantarkan para muslim dan muslimah berwisata di negara-negara yang mayoritas non muslim. Karena sudah terbukti, selain Korea Selatan, mereka juga menawarkan paket wisata halal ke Jepang, Australia, Beijing, Shanghai, dan lain-lain. Tidak terbantahkan lagi,  Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia. Nanti, kamu coba saja hubungi mereka, ya. Alamat lengkapnya di bawah ini.

Cheria Wisata Tour & Travel
Gedung Twink Lt.3
Jl. Kapten P. Tendean No. 82
RT.5 / RW.1
Mampang Prpt.
Jakarta Selatan.
Telp. 021-7900-216 (operator)


Oh .. ya .. Ade-ssi.
Kamu suka memancing, kan ? Tapi aku yakin kamu pasti belum pernah mencoba sensasi memancing di air beku. Di Korea, ada festivalnya juga, lho ! Namanya The Hwacheon Mountain Trout Festival. Berlangsung setiap bulan Januari di Sungai Hwacheon Propinsi Gangwon. Para pemancing membuat lubang di es dengan ukuran diameter sekitar 16 inchi, kemudian mereka berusaha untuk mendapatkan sebanyak mungkin ikan trout dengan menggunakan batang, umpan tradisional atau bahkan dengan tangan kosong mereka. Huuuu .... seru !




Kalau kamu datang ke Korea, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan makanan dan tempat penginapan. Karena pemerintah Korea sendiri sekarang ini sedang meningkatkan pelayanan wisata muslim. Jadi hotel-hotel berbintang pun sudah banyak yang menyediakan menu khusus untuk muslim. Bahkan mereka juga menyediakan ruang ibadah dan chef khusus untuk memasak menu halal. Kamu tidak usah ragu dengan sertifikasi halalnya, karena diberikan oleh Seoul Central Mosque, satu-satunya lembaga resmi sertifikasi halal di Korea yang diakui oleh negara-negara Islam. Sejak awal 1990-an, telah memberikan sertifikasi halal kepada 174 jenis barang ekspor, termasuk produk susu Korea, mie ramyeon, kimchi dan teh.

Tapi kalau kamu mau, Eomma-ga ... sudah bisa juga memasak masakan Indonesia. Seperti rendang dan soto kesukaan kamu itu. Bagaimana kalau kamu menginap di rumahku saja ?
Ups ... mianhe ... kamu pasti menolak, kan ? Karena kita bukan mukhrim ?
 (waaaahh.. aku makin pintar, ya?)

Gojongma ... tidak jauh dari rumahku, ada kok penginapan yang bernuansa islami. Namanya Eid Guesthouse. Eid Guesthouse ini adalah satu-satunya penginapan di Seoul yang melarang keras konsumsi alkohol. Jadi sangat cocok untuk wisatawan muslim seperti kamu yang mengutamakan pentingnya wisata halal.

Rumah singgah ini dibangun oleh seorang mualaf tampan bernama Yu Hyun Woo. Selain penginapan islami ini, dia juga pemilik dari restoran muslim Eid Halal Food Korea. Jadi para wisatawan muslim bisa tidur dan makan dengan tenang tanpa kuatir sedikit pun. Tapi sayangnya, saat ini penginapan ini baru menyediakan kamar untuk perempuan, tapi lagi-lagi aku bilang, jangan kuatir, karena mereka akan segera membangun kamar khusus untuk pria. Jadi kamu bisa tenang, deh. Kamu tidak akan digodain sama para agassi. Kalau pun ada yang godain kamu, itu pasti aku. Hahaha.

Oh, ya, Ade-ssi.
Kamu masih ingat Itaewon, kan ?
Aku masih ingat sekali, hal pertama yang kamu tanyakan di awal-awal chatting kita dulu adalah, “di Korea ada mesjid, ga ?”

Dan aku juga ingat sekali, chat board kita bertabur emotikon bahagia dari kamu saat aku menjawab, “ya, ada.”

Kemudian kamu pun bilang, tempat pertama yang ingin kamu kunjungi saat di Korea adalah Itaewon. Nah, Itaewon ini sebenarnya adalah nama daerah, bukan nama mesjidnya, lho. Lebih tepatnya adalah Seoul Central Mosque. Tapi masyarakat di sini lebih akrab menyebutnya dengan Itaewon saja. Itaewon ini tidak jauh dari Eid Guesthouse tadi.



Selain Seoul Central Mosque, di Itaewon ini juga ada Islamic Street. Disepanjang jalan ini kamu akan mudah menemukan makanan halal bermacam rasa. Agar kamu tidak bingung, berikut aku buat daftar restoran halal yang ada di Islamic Street.

1.       Salam
Restoran ini paling terkenal di Islamic Street, dengan masakan andalannya masakan tradisional Turki. Menghidangkan kebab daging sapi dan domba yang digaubungkan dengan sayuran.

2.       Wazwan
Wazwan ini adalah restoran India yang terletak di seberang Mesjid Sentral Seoul. Salah satu menunya yang poluler adalah menu khusus yang dilengkapi dengan samosa, tandoori ayam, kari dan India beras.

3.       Taj Palace
Jadi kepikiran Taj Mahal ? Hehehe... Wajar, kok. Karena Taj Palace ini juga restoran India lainnya yang menyajikan makanan halal.

4.       Mr. Kebab Itaewon
Adalah restoran Turki yang juga hanya menyediakan makanan halal.

Bukan hanya restoran, lho. Di Islamic street ini kamu juga akan mendapatkan banyak toko-toko yang menjual berbagai bahan dengan nuansa islam. Ada National Food Mart, Halal Meat Shop, Step In, Islamic Book Centre, dan Salam Bakery.

Ade-ssi, kemarin aku pergi ke Itaewon.
Kamu heran, kan ?
Buat apa, wanita non muslim seperti aku pergi ke sana ?

Walaupun sudah 25 tahun hidup di bumi Korea ini, ini adalah pertama kalinya aku menjejakkan kaki di Itaewon. Aku penasaran, apakah Itaewon sama dengan gambaran mesjid-mesjid yang kamu ceritakan di Indonesia.

Kamu pasti tidak percaya. Aku sangat terharu karena kedatanganku disambut ramah oleh pengurus mesjidnya. Mereka mengizinkan turis yang datang dan mau melihat bagian dalamnya, dengan syarat memakai pakaian sopan dan menutup aurat. Mesjid ini memiliki 3 lantai, yang memiliki fungsi berbeda-beda. Lantai pertama terdapat kantor Federasi Muslim Korea dan ruang pertemuan, lantai dua dan tiga adalah ruang sholat.

Ade-ssi ... ada yang aneh.

Aku merasakan perasaan nyaman di dalam bangunan ini. Tanpa sadar air mata aku menetes. Karena takut membuat mereka bingung, aku pun bergegas pergi.
Wae ... mengapa aku sampai mengeluarkan air mata ? Waeyo ?

Ade-ssi, kamu tahu jawabannya ?

Malamnya, aku tidak bisa memejamkan mata sama sekali. Aku pun membaca ulang percakapan-percakapan kita. Melihat foto-foto yang kamu kirimkan, membuat aku sangat ingin mengunjungi Indonesia.

Aku juga sangat tersentuh dengan pemandangan yang aku lihat di Itaewon tadi. Mereka berbaris rapi, berdampingan tanpa mempersoalkan jabatan. Bahkan salah satu yang datang terakhir, sepertinya orang kaya, dia turun dari mobil mewah dengan langkah tergesa, dan langsung berdiri pada barisan paling belakang, kemudian langsung mengikuti gerakan orang-orang di depannya. Tidak ada amarah karena dia didahului. Juga tidak ada protes karena dia tidak disisakan tempat di barisan depan. Rasanya tenang dan damai sekali.

Aku jarang menyaksikan pemandangan seperti itu.

Ade-ssi ...
Kamu masih ingin mengunjungi Korea, kan ?
Kamu masih penasaran tidak ? Mencoba serunya bermain ski Yongpyong Resort ? Atau di Pheonix Park yang pernah jadi tempat syutingnya drama Winter Sonata itu ?

Selain tempat-tempat yang kamu sebutkan itu, aku punya daftar tempat wisata yang sangat cocok untuk kamu. Kalau kamu datang ke Korea, aku pasti dengan senang hati menemani kamu menjelajah semua itu.

Kamu ingin tahu daftar yang aku buat ?
Boleh.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata yang cocok untuk muslim di Korea.

1.       Nami Island
Pulau ini memiliki daya tarik yang bagaikan magnet dengan pohon-pohonnya yang khas. Nami Island ini seru untuk dikunjungi di segala musim. Tapi aku paling suka mengunjunginya saat musim semi. Karena pohon-pohonnya tampak segar berwarna warni.




2.       Seoraksan National Park
Kamu juga menyukai kegiatan hiking? Kalau jawaban kamu, iya, maka berwisata ke gunung Seorak ini cocok sekali buat kamu. Di sini juga ada Taman Nasional yang oleh UNESCO telah diakui sebagai kawasan penting untuk perlindungan keanekaragaman hayati. Terdapat lebih dari 2000 spesies fauna ada di kawasan ini. Wow ... banyak sekali, ya. Ini aku baru tahu, lho.




3.       Gyeongbok Palace
Istana Gyeongbok adalah istana yang dibangun oleh Dinasti Joseon, simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea.




4.       National Folk Museum
Mengunjungi Gyeongbok Palace, berarti kamu juga akan bisa mengunjungi National Folk Museum yang posisinya tepat di halaman Gyeongbok Palace. Museum ini mengoleksi sebanyak 2.240 artefak dan alat-alat yang digunakan masyarakat Korea pada masa lalu.




5.       Namsan Seoul Tower
Objek wisata yang satu ini pasti kamu juga udah kenal, kan ? Karena sering muncul di drama-drama Korea. Menara setinggi 236,7 m ini merupakan landmark kota Seoul dan merupakan titik tertinggi di kota ini. Dari 3 dek observasinya di puncak menara, kamu bisa melihat panorama kota Seoul dari ketinggian. Dan yang gak boleh kamu lewatkan adalah ... ehm ... chhaaann ... gembok cinta. Banyak pasangan di Korea yang mempercayai kalau memasang gembok di sini akan mengabadikan cinta mereka. Hmm ... aku tidak begitu percaya, sih. Bagaimana kalau kita coba ?




6.       Haeundae Beach
Pantai yang satu ini sangat populer di saat musim panas. Selain pemandangan yang indah, di pantai ini juga sering diadakan festival, salah satunya festival membuat patung pasir. Tapi kalau mau ke pantai ini harus lebih awal, karena kalau datangnya terlambat bisa-bisa tidak kebagian tempat.




7.       Bulguksa Temple
Meskipun Bulguksa Temple ini adalah sebuah kuil peribadatan umat Budha, tapi aku tetap memasukkannya ke dalam daftar yang bisa kamu kunjungi. Kuil ini sangat penting karena merupakan situs peninggalan bersejarah sejak zaman kerajaan Silla, serta menyimpan 7 buah harta nasional Korea Selatan. Kuil ini merupakan salah satu UNESCO World Heritage Site di Korea Selatan.




8.       Changdeokgung Palace
Istana Changdeok merupakan istana kerajaan kedua yang dibangun oleh Dinasti Joseon. Istana ini semakin populer sejak dijadikan sebagai lokasi syuting drama terkenal Da Jang Geum. Kamu tahu, kan, drama itu ?




9.       Ulleungdo
Ulleungdo adalah sebuah pulau yang sering disebut sebagai pulau misterius, namun begitu pulau ini memiliki pesona dan keindahan yang luar biasa. Mulai dari bebatuan, tebing-tebing, pantai hingga air terjun bisa dengan mudah ditemui di pulau ini. Karena itu banyak wisatawan menjadikan pulau ini sebagai lahan untuk fotografi.




10.   Jeonju
Mengunjungi kota Jeounju mungkin akan sama halnya seperti kamu mengunjungi kota tua. Memang benar sekali, kota ini masih memiliki rumah-rumah tradisional masyarakat Korea yang disebut Hanok. Ada sekitar 800 Hanok yang berada di Jeounju Hanok Village ini.




Bagaimana ?
Banyak, kan ?
Kamu penasaran, tidak ?
Ingin mengunjungi bersama-sama ?

Datanglah, Ade-ssi.

Bagaimana kalau libur lebaran tahun ini ? Kalau aku tidak salah lebaran tahun ini ada di bulan Juni, kan ? Wah ... itu berarti sedang musim panas di Korea. Jadi suhunya tidak akan jauh beda dengan Indonesia. 

Kamu percaya tidak ? Aku sering menghayalkan menghabiskan liburan bersama keluargaku dan keluarga kamu juga. Lucu, ya ? Dan lebih lucu lagi karena yang aku bayangkan itu adalah liburan lebaran. Omo ... Keluarga kamu dan keluarga aku bersama-sama menghabiskan waktu di liburan lebaran ? Tapi bisa kita coba, kan, Ade-ssi ? 

Tidak tahu kenapa, aku selalu tertarik melihat tradisi umat muslim saat lebaran tiba. Saling berkunjung, saling memaafkan, makan bersama, jalan-jalan bersama. Rasanya pemandangan itu adalah sesuatu yang sangat langka akhir-akhir ini. Hmmm ... pasti menyenangkan sekali kalau kita bisa mewujudkannya, ya.

Tapi kalau kamu ingin merasakan sensasi ice fishing, datanglah saat libur akhir tahun atau tahun baru nanti, karena saat itu adalah musim dingin. Selain bermain ski dan ice fishing, masih banyak hal bisa dinikmati di musim dingin. Misalnya saja Taebaksan Snow Festival. Festival es yang satu ini paling populer di Korea. Para turis bisa menikmati salju atau juga ikut lomba membentuk salju. Selain itu juga ada Siberian Husky dog sleeding dan juga ice sleeding. Yang unik dari festival es ini ternyata juga ada sesi festival layang-layangnya. Nah ... bermain layang-layang di tengah-tengah salju ? Hmmm ... pasti kamu belum pernah coba, kan ?




Yang pasti, yang harus kamu ingat, kapan pun waktu pilihan kamu untuk datang, baik itu waktu liburan lebaran, akhir tahun atau pun tahun baru, aku akan menemani kamu mengunjungi tempat itu semua.

Tapi ... Ade-ssi ... sebelum kita pergi kesana, bolehkah aku mengajukan permintaan ?

Ani .. bukan permintaan. Tapi permohonan.

Sebelum kita mengunjungi semua tempat indah itu berdua, maukah kamu menemani aku ke Itaewon ?

Tolong kabulkan permohonan aku, ya.
Ade-ssi ...
Aku mau ...
Kamu ...
Halalkan aku di Itaewon ...
Jaebal ...

Mianhe ... aku tidak bisa lagi berteman dengan kamu karena aku jatuh cinta sama kamu.

Saranghaeyo.

Annyeong
.
.
.
.

“Meridaaaaaaa !!! Mau sampai kapan kamu akan membasahi buku register itu dengan iler kamu ? Hah ?!”

Aku tersentak, mengerjapkan mata berkali-kali. Kuedarkan pandangan ke sekeliling, ada komputer yang menyala, printer yang lampunya berkedap-kedip, meja meeting yang telah dikelilingi banyak orang, mereka memandangiku dengan pipi menggembung menahan tawa, dan di seberang meja ada Pak Bos yang menatap garang dengan kumis berpilin.

Baru aku sadar.

Ampuuunnnn ... aku ketiduran di meja meeting. Mana pake mimpi segala lagi.
Apa itu tadi ?
Korea ?
Libur lebaran ? Akhir tahun ? Tahun baru ?
Ade-ssi ??
Halalkan di Itaewon ???
Aaaah ... apa ituuuuuu ? Ga jelas banget !
*kabur ah ... kabuuuuuur*