Tuesday, February 7, 2017

7 Kebiasaan Aneh Anak-anak Sebelum Tidur dan Mitosnya

Hai, gais.

Pernah perhatiin gak ?

Di dunia ini ada 3 hal yang tingkahnya paling menggemaskan, lho.
* Tingkah orang yang lagi kasmaran
* Tingkah binatang yang asik bermain
* Tingkah anak-anak sebelum tidur

Nah, bagi kamu-kamu yang udah punya anak pasti paham nih sama yang aku maksud pada poin No. 3 di atas.

Aku ingat banget, Aira waktu masih balita dulu juga memiliki beberapa kebiasaan aneh sebelum tidur. Dan sampai sekarang aku masih suka senyum-senyum sendiri kalo ingat ulahnya itu. Dan cerita punya cerita, mertua pun bilang, kalo dulu ayahnya Aira waktu kecil juga punya kebiasaan aneh sebelum tidur. Duulaalaa ... jadi ketahuan deh Aira dapat kebiasaan aneh itu dari mana. Hahahaha.

Tetapi, selain tingkah anak yang menggemaskan itu, yang lebih bikin aneh adalah mitos-mitosnya, lho. Yang kalo dipikir-pikir ga ada hubungannya sama sekali, tapi kok ya bisa orang-orang zaman dulu punya pemikiran yang menurut aku gak nyambung itu.

Dari cerita beberapa orang terdekat, dan juga hasil mengamati kebiasaan para ponakan sebelum tidur, aku berhasil mengumpulkan 7 Kebiasaan Aneh Anak-anak Sebelum Tidur dan Mitosnya.

Check this out, guys !

1. Pegang benda kesayangan

Ini salah satu kebiasaan sepupu aku waktu kecil dulu. Dia ga akan bisa tidur sebelum ketemu dengan bantal guling kecilnya. Padahal bantal guling itu udah bulukan banget, banyak 'pulau-pulau' bertebaran. Dan aromanya gak usah ditanya. Bikin mual ! Tapi ya itu, dia butuh benda kesayangan ini untuk bisa tidur dengan pulas.

Dan lucunya, kebiasaan aneh ini berlanjut hingga dewasa. Jadi, setiap ada tamu yang datang, trus nginap gitu, dia pasti gelisah. Mau tidur ga bisa karena kudu pake bantal itu, kan. Tapi mau pake bantal itu, yaaa ternyata dia malu juga. Hahaha.

Tapi, syukurlah satu hari sebelum ijab kabul dia berhasil membuang bantal itu jauh-jauh. Kalo gak, kan kasihan suaminya harus ikut menikmati aroma bantal yang puluhan tahun gak di cuci itu. Hahahaha.

Anak pegang benda kesayangan sebelum tidur, mitosnya adalah itu anak orangnya cengeng tapi keras kepala.

Gak tau deh mitos ini sesuai apa enggak sama anak-anak lainnya, tapi kalo dari yang aku lihat dari sepupu itu, gak sesuai banget. Justru sebaliknya, orangnya care dan penurut banget, lho.


2. Pegang udel sendiri

Hahaha .. mertua bilang ini adalah habitnya abang ipar waktu kecil dulu. Jadi setiap kali mau tidur, dia pasti pegang-pegang udel sendiri, baru bisa tertidur pulas.

Dan kabarnya, nih, anak yang memiliki kebiasaan pegang udel sebelum tidur itu bakal gemuk karena dia doyan makan.

Kalo dilihat penampakan abang ipar sekarang, kok sesuai yah ? Hahaha ... peace Bang. Jangan coret aku dari daftar adek ipar yaaaa.


3. Pegang siku

Ini nih kebiasaan aneh dari putri kesayangan aku, Aira. Setiap mau tidur, dia bakal tarik tangan orang di sampingnya untuk dipegangin sikunya. Yang bikin sebelnya adalah, posisi tangan itu betul-betul harus terlipat sempurna, sehingga siku pun menjadi runcing. Nah, ujung siku yang runcing itu tuh yang dia demen banget. Hahahaha.

Waktu itu, ketika Aira masih kecil banget, neneknya bilang, itu tanda-tanda anak pemalu.

Apa iya ?

Kalo aku amatin, si Aira orangnya emangnya sedikit pemalu sih, tapi kalo di rumah. Kalo di sekolah justru sebaliknya, suka tampil banget. Aku aja gak nyangka, waktu pertama masuk SD, dia ngacung tangan duluan untuk memperkenalkan diri. Trus, dia juga mau di suruh nyanyi di depan kelas. Tapi kalo di rumaaah, boro-boro nyanyi. Disuruh baca doa aja, suaranya nyaris gak kedengeran.

Kira-kira mitosnya bener gak sih ?


4. Nyiumin ketek ibu

Muahaha... ini kebiasaan super aneh dari teman semasa SMU dulu. Dia paling suka nyiumin ketek ibunya sebelum tidur, dan akan semakin suka jika ibunya itu belum mandi. Ck.. ck.. ck..
Kayaknya, keringat ibunya seharum parfum bulgari deh sama dia. Hihihi.

Kebiasaannya aneh, kan ? Tapi mitosnya kejam banget. Anak yang suka nyiumin ketek ibu sebelum tidur itu katanya ciri-ciri anak pemalas.

Dan syukurnya itu hanya mitos, lho. Karena nyatanya teman aku itu orangnya rajin banget kok. Suka bersih-bersih lagi. Jadi ga perlu dikhawatirin itu, mah.


5. Pegang payudara ibu

Ehm ... ini sedikit memalukan, tapi ini nyata terjadi. Dan orangnya pun beneran ada.

Ssstt.. jangan bilang siapa-siapa ya, ini rahasia kita bersama aja. Kabarnya sih, ya, ini kebiasaan aneh ayahnya Aira waktu kecil dulu. Huahahaha..

Kebiasaanmu aneh banget sih biiii, untung sekarang udah gak lagi ya, objeknya udah ganti toh ?
Eeh ..

Mitosnya adalah itu ciri-ciri anak manja

Masa sih ?
Tapi kayaknya iya, orangnya suka manjaan.
Benerkan, bi ?
Kamu suka manja-manja sama akyuh.. haha

*dilempar galon sama abi*


6. Ngemut dot kosong

Kebiasaan ini aku lihat di beberapa anak kenalan yang biasa minum susu pake dot sebelum tidur. Sebuah kebiasaan yang terjadi tanpa disengaja sih sebenarnya. Setelah susu di dotnya habis, seharusnya mereka lepaskan dotnya kan, tapi mereka enggak lakukan itu, dan lanjut terus ngemut dot yang udah kosong.

Dan kebiasaan ini berlanjut, bahkan disaat mereka udah gak minum susu di dot lagi, tapi untuk tidur mereka tetap aja butuh dot kosong.

Beberapa orang tua yang aku kenal bilang, kalo anak yang suka ngemut dot kosong itu besarnya bisa bodoh. Aku antara setuju dan enggak sama mitos itu. Emang bener kalo kebiasaan itu dibiarkan sampai mereka besar mereka bakal kelihatan bodoh, tapi ga jaminan mereka jadi bodoh beneran kan ?

Bener ga, sih ?

7. Isap jari kaki

Aira waktu usia beberapa bulan sempat memiliki kebiasaan aneh ini. Ketika anak-anak seusianya waktu itu pada ngisap jari tangan, eh dia malah ngisap jempol kaki. Karena khawatir ntar bakal jadi kebiasaan yang sulit dirubah, aku selalu tegur dia saat melakukan itu. Dan alhamdulillaah, sekarang kebiasaan aneh itu udah ga ada lagi.

Tapi ada yang lucu dari kebiasaan anak mengisap jari kaki ini, konon katanya kalo ada anak yang suka ngisap jari kaki, itu pertanda bahwa dia minta adik.

Trus, karena merasa mitos itu lucu, aku pun cerita sama ayahnya Aira.
Tau gak, tanggapan dia kayak apa ?

"Seriusan tuh ???"
"Wah ... Airaaaa ... buruan ... isap jari kaki lagi dong, nak !"

Rrrrrrrrgghh ... what the ...


Naah, itu dia 7 Kebiasaan Aneh Anak Sebelum Tidur dan Mitosnya yang udah aku kumpulin.
Kamu sendiri punya kebiasaan apa sebelum tidur ?
Share di sini dong, gais.





7 comments:

  1. Marwah dulu seneng pegang dot kalau mau tidur, sekarng alhamdulillah udah engga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah.. ponakanku ada temen rupanya. Haha

      Delete
  2. Tfs ya Mak, saya lagi hamil nih semoga anaknha nurut dan ga rewel hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. moga persalinannya lancar ya mak.

      Delete
  3. Anakku Mbak suka banget megang PDku, tak tutupin mulu. Geli sih. Kalau nggak gitu cari udelku. Haahhaaha. Tak tutupin juga. Tak suruh megang udelnya sendiri nggak mau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muahaha.. pasti lucuk banget dramanya sebelum tidur

      Delete
  4. anakku 3..beda-beda kebiasaannya mba.. tp hampir sm sih setelah gosok gigi.. buka baju celana cuma pake CD sm singlet (gerah katanya.. 2 anak laki-laki) habis itu dipijetn pake lotion..habis itu cerita..habis itu minum..baru baca do'a dan tidur deeh hehehe.. ritual seblum bobo

    ReplyDelete


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal