Rabu, 18 Januari 2017

4 Hal Penting Ketika Jual Beli Rumah di Bandung



4 Hal Penting Ketika Jual Beli Rumah Di Bandung

Hai gais. Apa kabar ? Semoga pada sehat semua ya. Aamiin.

Berbicara tentang investasi, kayaknya dari zamannya Soekarno jadi presiden sampe di era Jokowi sekarang gak akan ada yang menampik bahwa properti merupakan salah satu pilihan investasi favorit sebagian besar masyarakat kita. Terutama rumah. 

Apalagi buat kamu-kamu yang tinggal di Bandung nih. Memiliki aset berupa rumah pribadi adalah sebuah investasi yang sangat menguntungkan saat ini. Mengapa begitu ? Karena nilai jual rumah di Bandung yang dipastikan naik setiap tahunnya. 



Namun sebagian masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal cenderung ingin memilikinya untuk mendapatkan tempat tinggal yang aman dan nyaman namun dengan harga terjangkau. 

Nah bagi masyarakat yang awam umumnya harga merupakan factor utama dalam membeli rumah, namun pada dasarnya ada beberapa hal lainnya yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan pula agar setelah membeli rumah tidak kecewa. 

Nah Kota Bandung merupakan pilihan favorit selain Jakarta untuk mendapatkan pilihan rumah murah. Tetapi hati-hati ya, gais. Jangan seperti membeli kucing dalam karung. Berharap kucing persia, eh yang muncul malah kucing garong. Hahahaha.

Tentunya agar rumah yang kamu beli tidak mengecewakan, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan, terutama jika memilih untuk membeli rumah di Bandung.

Berikut uraiannya lebih lengkap, antara lain :

  1.  Aman
Keamanan merupakan hal utama walaupun memang masih banyak hal lainnya yang  penting selain hal tersebut. Aman yang dimaksud adalah dari segala hal, sebagai contoh aman dari resiko kemalingan, perampokan, resiko banjir, resiko gunung meletus dan masih banyak lagi. Dampak dari hal tersebut adalah kenyamanan penghuni yang tinggal dirumah nantinya, itulah mengapa hal-hal tersebut menjadi prioritas. Sebagai contoh daerah kecamatan Bale endah Bandung yang daerahnya selalu dilanda banjir ketika hujan, karena dekat dengan sungai citarum.

  1. Harga
Umumnya harga jual rumah di Bandung yang berlokasi didaerah dekat dengan pusat kota Bandung jauh lebih mahal, oleh karenanya jika daerah yang kamu pilih aman maka tinggal pertimbangkan dari sisi harganya. 

Daerah pinggiran kota biasanya masih banyak yang dibangun dan dikembangkan dan harga perumahan didaerah tersebut masih lebih terjangkau dimana ditawarkan mulai dari 140 jutaan. Bahkan jika kamu jeli biasa mendapatkan yang harganya jauh lebih murah namun unit yang dipilih baru bias dari site plan atau brosurnya saja dan pembayaran dengan cara indent. 

Sebagai contoh perumahan Parahyangan Hill atau Villa Cilame Indah yang lokasinya berada di pinggiran kota Bandung tepatnya di Kabupaten Bandung Barat.

  1. Lokasi
Jika kamu masih ingin mempertimbangkan harga jual rumah di Bandung yang termurah untuk memiliki sebuah rumah di Bandung, maka Lokasi merupakan salah satu factor yang mempengaruhinya. Pertimbangkan lagi oleh kamu ingin yang lebih dekat dengan tempat kerja sehingga akses untuk bekerja tidak memakan waktu banyak atau yang sedikit lebih jauh. 

Namun jika lokasi tempat bekerja tidak berada di pusat kota Bandung tidak perlu khawatir karena rumah murah yang diinginkan akan mudah didapatkan dan dekat dengan lokasi tempat kamu bekerja. Jika kamu masih ingin mempertimbangkan harga yang termurah untuk memiliki sebuah rumah di Bandung, maka Lokasi merupakan salah satu factor yang mempengaruhinya. 

Pertimbangkan lagi oleh kamu ingin yang lebih dekat dengan tempat kerja sehingga akses untuk bekerja tidak memakan waktu banyak atau yang sedikit lebih jauh. Namun jika lokasi tempat bekerja tidak berada di pusat kota Bandung tidak perlu khawatir karena rumah murah yang diinginkan akan mudah didapatkan dan dekat dengan lokasi tempat kamu bekerja. 

Ingin punya sudut pandang lain juga bisa dilakukan misalnya kamu ingin memiliki lokasi rumah yang dekat dengan daerah wisata seperti didaerah Cisarua Bandung umumnya masih terjangkau dari sisi harga namun memang agak sedikit jauh dari pusat kota Bandung.

  1. Riwayat Pengembang
Hal ini harus dapat kamu ketahui pula agar dapat lebih meyakinkan kamu jika perumahan yang kamu pilih tidak akan bermasalah dari sisi pengembangnya. Kamu bias melakukan survey melalui badan pertanahan, atau internet berkaitan dengan riwayat pengembang yang membangun  perumahan yang akan kamu beli. 

Beberapa waktu yang lalu pernah dialami seseorang di daerah Jakarta dimana pengembang yang sudah menerima uang muka dari puluhan calon pembeli  menghilang tidak ada kabar dan kasus tersebut pun jadi pelajaran bagi para calon pembeli lainnya yang akan membeli rumah di perumahan.

Kota Bandung saat ini sudah seperti kota Jakarta, dari sisi udara yang sudah mulai menghangat tidak seperti beberapa puluh tahun yang masih sejuk menunjukkan bahwa kota tersebut semakin padat penduduknya. Sebagian besar penduduk Bandung memang sebagian besar adalah karyawan pabrik textile hingga wirausahawan, sehingga Bandung pun identic dengan tempat wisata kulinernya selain wisata fashion dan alamnya. 

Masyarakat saat ini memang melihat kota Bandung sebagai pilihan kedua setelah Jakarta untuk dijadikan tempat investasi dibidang property. Jadi jika kamu punya keinginan untuk memiliki rumah tinggal di Bandung atau untuk investasi dapat segera menabung sejak dini, atau mangambil pilihan rumah dengan system indent. Dengan cara tersebut kamu bisa mendapatkan rumah dengan harga murah walaupun memang konsekuensinya tidak bisa langsung dihuni dalam beberapa waktu kedepan hingga uang muka yang dibayarkan indent selesai bersamaan dengan selesainya pembangunan rumah yang akan dibeli.

Nah sudah siapkah memiliki rumah di Bandung? 
Jika belum segera persiapkan diri dan persiapkan pula finansial kamu sedini mungkin.

Yuk kita nabung dulu.

*Celengaaann.. mana celengaaannn*

0 komentar:

Posting Komentar


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal